P. 1
Modul Struktur Dan Fungsi Sel & Jaringan

Modul Struktur Dan Fungsi Sel & Jaringan

|Views: 753|Likes:
Published by srehuel

More info:

Published by: srehuel on Nov 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/29/2012

pdf

text

original

SEL DAN JARINGAN

MATERI BAHAN PELATIHAN UNTUK GURU-GURU SMA / MA

OLEH: DRS. TAUFIK RAHMAN, MPD UPI BANDUNG

NANGRO ACEH DARUSSALAM 5-10 JULI 2007

1

SEL DAN JARINGAN
(Oleh: Drs. Taufik Rahman, M.Pd.)

I. Pendahuluan Bahasan tentang sel merupakan hal mendasar untuk memahami organisme, karena sel mrupakan struktur dan fungsi terkecil dari organisme, dan hampir semua organisme tersusun atas sel. Sel umumnya tersusun atas membran, sitoplasma, dan inti. Ada

organisme yang tidak tersusun atas sel contohnya virus. Virus tidak memiliki sitoplasma, terdiri atas protein, RNA atau DNA, karbohidrat, lemak, dan mineral. Organisme seluler ada yang terdiri atas satu sel atau uni seluler dan ada yang terdiri atas banyak sel atau mullti seluler. Cabang biologi yang membahas khusus tentang sel disebut sitologi. Pada organisme multi seluler, kumpulan sel membentuk jaringan. Jaringan adalah kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Kumpulan jaringan membentuk organ, dan kumpulan organ membentuk sistem organ, selanjutnya kumpulan sistem organ membentuk organisme. Cabang biologi yang khusus membahas tentang jaringan disebut histologi. Sel dan jaringan terdapat baik pada organisme tumbuhan maupun hewan. Dalam modul pelatihan ini, keduanya akan disajikan secara singkat sebagai bahan untuk didiskusikan dan jika memungkinkan dapat dipraktikumkan.

a. Standar Kompetensi Peserta didik mampu menginterpretasi organisasi seluler serta mengkaitkan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.

b. Kompetensi Dasar Peserta didik mampu: 1. Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan. 2. Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan.

2

dan sel eukarion contohnya sel tumbuhan dan hewan tingkat tinggi. lisosom. badan golgi. 2. sifatnya selektif 3 . dan funngsi dari jaringan hewan dan tumbuhan. Contoh organel misalnya retikulum endoplasma.5 . mengisi ruangan di antara membran plasma dan inti sel. lipid. Membran Plasma Membran sel merupakan selaput terluar sel yang berupa bilayer lipida dengan protein integral dan ferifer. atau karbohidrat. Mahluk hidup yang seluler dapat terdiri atas satu sel (uni seluler) contohnya Bakteri dan banyak sel (multi seluler) contohnya tumbuhan dan hewan tingkat tinggi. menjelaskan ragam. 1. menjelaskan struktur. Uraian Materi A. Sel yang di bahas dalam modul ini hanya sel eukarion organisme multi seluler yakni sel tumbuhan dan hewan. yang terbungkus membran ataupun tidak. funngsi dari sel hewan dan tumbuhan beserta organelnya. protein. Tujuan Setelah pembelajaran selesai. II. Komponen terluar sitoplasma adalah membran plasma (plasmolemma). sel terbagi atas sel prokarion (tdak memiliki membran inti) dan sel eukarion (memiliki membrane inti). Inklusion adalah benda sitoplasma yang berupa kumpulan pigmen. Sel Hewan a. sedangkan sel prokarion dan organisme uni seluler di bahas pada modul mikro organisme. peserta didik diharapkan mampu: 1. Sel Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil dari mahluk hidup seluler. Tebal membran sel antara 7. Organel merupakan komponen permanen sel yang umumnya di selaputi membran. kloroplas dan nucleus. Sitoplasma terdiri dari matriks yang di dalamnya terdapat inclusion dan organel. struktur. dan mengandung enzim-enzim untuk metabolisme. Sel eukarion umumnya memiliki bagian-bagian yang sama yaitu: membran plasma. Ada maluk hidup yang bukan merupakan sel contohnya virus.c. Sitoplasma merupakan cairan sel yang terdapat di luar inti.10 nano meter. Berdasar ada tidaknya membran inti. mitokondria. Sel prokarion contohnya bakteri dan ganggang biru. sitoplasma dan organel-organelnya.

Peran katabolik yakni dapat mengubah atau menetralisir bahan yang bersifat toksik. Transpor aktif adalah pergerakan molekul melalui membran yang memerlukan energi ATP. c. (didalamnya terdapat pula yang bundar dan tubuler). dan asam-asam empedu. Ada dua jenis RE yaitu RE halus (REH) yani RE yang tidak dilekati ribosom. Membran yang membentuk kantong sebanyak selapis. Badan Golgi berfungsi menghasilkan lisosom. dan membran tersebut ada yang berhubungan dengan membran inti dan membran plasma sehingga dapat berperan sebagai penghubung antara bagian luar sel dengan bagian dalam sel. b. Fungsi membrane sel adalah untuk pelindung. Osmosis adalah pergerakan air dari konsentrasi air tinggi (banyak air) ke konsentrasi air rendah (sedikit air) melalui membran semi permeabel. yang sangat kompleks yang memiliki dua permukaan yakni permukaan luar berbentuk cembung (forming face) dan permukaan dalam berbentuk cekung (maturing face). reseptor dan mengatur keluar masuknya zat dari dan ke luar sel dengan cara difusi. hormonehormon steroid. atau tubuler dan satu sama lain dapat berhubungan. RE memiliki peran anabolik dan protektif. Mekanisme kerja antar RE dan organel lain seperti mitokondria dapat saling berhubungan. dan menyimpan protein serta enzim yang akan disekresikan. Peran anabolik yakni mensintesis kolesterol. dan RE kasar (REK) yakni RE yang dilekati ribosom. Difusi berfasilitas adalah difusi atau perpindahan zat yang menggunakan protein pembawa tanpa memerlukan energi (ATP). difusi berfasilitas. Badan Golgi Struktur Badan Gogi berbentuk tumpukan kantong-kantong pipih. Retikulum Endoplasma (RE) Retikulum endoplasma berupa vesikel atau kantung yang dapat berbentuk pipih. 4 .permeabel. RE memiliki selapis membran. dan transport aktif. bundar. osmosis. Difusi adalah pergerakan molekul dari konsentrasi tinggi (hipertonis) ke konsentrasi rendah (hipotonis). secret.

terdiri atas selapis membrane. Struktur mitokondria dikelilingi dua lapisan membrane yaitu membran luar dan membran dalam. g. Lisosom primer yakni lisosom yang belum melakukan pencernaan.d. Ribosom yang bekerja mensintesis protein berada dalam suatu unit yakni gabungan atas sub unit besar dan sub unit kecil. e. Membran dalam membentuk lipatan-lipatan ke dalam membentuk krista. Flagel dan Silia Pada mahluk hidup yang bersel tunggal (uniseluler) misalnya pada beberapa hewan Protozoa ada yang memiliki alat gerak flagel dan silia. Fungsi mitokondria yaitu tempat respirasi atau oksidasi karbohidrat yang menghasilkan energi (ATP). terdapat pada sitoplasma secara bebas atau menempel pada reticulum endoplasma. proten. terdiri atas sub unit besar 60 S dan sub unit kecil 40 S. Ribosom merupakan organel yang tidak bermembran. Ribosom Ribosom sangat kecil (diameternya 20 – 25 nm). Unit (monomer) ribosom eukarion adalah 80 S. Lisosom sekunder yakni lisosom yang telah/sedang melakukan pencernaan. Unit (monomer) ribosom prokarion adalah 70 S. berupa padatan yang tersusun atas RNA. Lisosom berfungsi untuk bahan makanan yang masuk ke dalam sel. Ribosom berfungsi sebagai alat untuk sintesis protein. dan sekunder. karbohidrat. terdiri atas sub unit besar 50 S dan sub unit kecil 30 S. Ruang dalam mitokondria berisi matrik mitkondria yang mengandung banyak enzim. mencerna dan diameternya kurang lebih 500 nm. Mitokondria banyak terdapat pada sel yang sedang aktif. sedikit lemak dan mineral. baik secara pinositosis (makanan yang ‘ditelan’ berupa cairan) maupun secara fagositosis (makanan yang ‘ditelan’ berupa padatan). Lisosom meliputi lisosom primer. ukurannya 500 sampai 2000 nm. Lisosom Lisosom terdapat pada sel hewan. Mitokondria Mitokondria berbentuk bulat lonjong atau bercabang. f. bentuknya seperti bola. Struktur flagel terdiri dari dua 5 .

Bahan kimia yang terdapat pada nukleoplasma yaitu larutan fosfat.Membran inti Membran inti memisahkan inti sel dari sitoplasma. protein. Membran inti terdiri dari dua lapisan membran dan pada daerah-daerah tertentu terdapat pori-pori yang berfungsi tempat keluar masuknya bahan kimia.Nukleolus 6 . nukleotida. Sentrosom Umumnya sel hewan mengandung sentrosom yang letaknya pada sitoplasma dekat membran inti. Bagian-bagian inti sel . . Pada saat pembelahan mengandung dua sentriol. gula ribose. h.Nukleoplasma dan Kromosom Inti sel mengandung nukleoplasma atau plasma inti. Fungsi kromosom yaitu mengandung material genetik yang berguna untuk mengontrol aktivitas hidup sel dan pewarisan sifat-sifat yang diturunkan. Sebuah sentriol terbentuk dari 9 set tabung yang masing-masing set terdiri dari 3 buah mikrotubul yang berfungsi menggerakkan kromosom pada saat pembelahan sel. i. dan asam nukleat. Sedangkan fibril keluarnya dari granula basal dan secara kimia terdiri dari tubulin dan protein dinein dan ATP.fibril yang dikelilingi oleh 9 fibril yang terletak sebelah luar. Pada nukleoplasma terdapat benang-benang kromatin yang tampak jelas pada saat pembelahan sel membentuk kromosom. Inti atau Nukleus Letak inti pada sitoplasma biasanya di tengah. Umunya sel mahluk hidup mengandung satu inti. tetapi ada pula yang memiliki inti lebih dari satu misalnya sel otot lurik. . Lapisan membrane yang sebelah luar berhubungan dengan membrane reticulum endoplasma.

antosianin. kloroplas. alkaloid dan protein. Plastida yang tidak berwarna disebut leukoplas sedang kan yang berwarna disebut kromoplas. Secara kimia nukleolus mengandung RNA dan protein. Pada beberapa sel tumbuhan sel yang satu dengan sel lainnya dihubungkan dengan plasmodesmata.Nukleolus mengandung nukleoli yang berbentuk bulat. b. Sedangkan kromoplas yang mengandung klorofil disebut c. Leukoplas yang berfungsi untuk membuat amilum disebut amiloplas dan yang membuat lemak disebut lipoplas. Sel Tumbuhan Di tinjau dari bagian-bagiannya. tetapi pada sel tumbuhan tampak lebih besar dan jelas terutama pada sel yang sudah tua. Dinding sel Dinding sel tumbuhan terbentuk dari bahan polisakarida yaitu selulosa. kloroplas. sedangkan pada sel hewan tidak. Vakuola Vakuola terdapat baik pada sel tumbuhan maupun sel hewan. 2. Perbedaan tersebut yakni: pada sel tumbuhan memiliki dinding sel. Vakuola sel tumbuhan umumnya berisi air. sel tumbuhan memiliki sedikit perbedaan dengan sel hewan. phenol. ukuran diameternya 4 -6 mikron (µ). Bagian-bagian lain yang terdapat pada sel tumbuhan umumnya sama dengan sel hewan. dan vakuola besar. Vakuola pada sel tumbuhan dikelilingi membran tunggal disebut tonoplas. Nukleolus berfungsi untuk sisntesis RNA ribosom. Plastida ada yang berwarna ada yang tidak. 7 . Plastida Umumnya sel tumbuhan mengandung plastida. a. plasmodesma. Fungsi dinding sel yaitu melindungi sitoplasma dan membran sitoplasma.

Jaringan Embrional Jaringan embrional adalah jaringan muda yang sel-selnya senantiasa membelah. Dalam pembahasan jaringan ini. Proses ini yang disebut spesialisasi. sel-sel tersebut akan membelah dan akan mengalami perubahan bentuk maupun fungsinya. dan jaringan lemk a. pertama akan dikemukakan jaringan pada hewan. Artropoda. Jaringan Sebagai mana telah dikemukakan . sel-sel penyusunnya memiliki bentuk sama. jaringan syaraf. jaringan epitel. Ada hewan yang embrionya terdiri atas dua lapis disebut diploblastik (ectoderm dan endoderm contohnya Coelenterata). b. Hasil dari proses spesialisasi tersebut antara lain dihasilkannya lapisan jaringan embrional. Jaringan Epitel Jaringan epitel yaitu jaringan yang menutupi atau melapisi permukaan tubuh dan rongga di dalam tubuh.Gambar B. bahwa jaringan merupakan kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. dan Cordata). Jaringan Pada Hewan Jaringan pada hewan multi seluler meliputi jaringan embrional. dan ada yang terdiri atas tiga lapis disebut triploblastik ( ectoderm. lokasi dan fungsinya dapat dikemukakan sebagai berikut. dan endoderm. Macam-macam jaringan epitel. Pada tahap awal terbentuknya embrio. Namun dalam perkembangan selanjutnya. 1. selanjutnya jaringan pada tumbuhan. 8 . Jaringan ini merupakan hasil pembelahan sel zigot. Cabang biologi yang membahas khusus tentang jaringan disebut histologi. contohnya Cacing tanah. jaringan penyokong. mesoderm. jaringan otot.

9 . absorpsi. tiroid. Semua sel melekat pada membran basal namun tidak semua muncul di permukaan Pipih. kandung empedu Proteksi. Proteksi. Proteksi. c. sekresi. Proteksi. Jaringan Otot 1) Otot Lurik atau otot serat lintang Tersusun dari sel-sel berbentuk silindris panjang dengan banyak inti di bagian pinggir. esophagus. mengalami keratinisasi (kering) Pipih. dst. pericardium. sekresi. peritoneum Fungsi Kubus Silindris Berlapis semu Silindris. rongga hidung Proteksi. mencegah hilangnya air. Kerja otot lurik menurut kehendak karena di bawah control kesadaran. Trakea. bronkus. filtrasi. epitel kubus berlapis banyak. absopsi Ovarium. vagina Kubus Transisional Silindris Kelenjar keringat. transport partikel ke lar saluran nafas. sekresi. lubrikasi. sekresi. lembab Mempermudah gerakan.Tabel 1: Jenis-jenis Lapisan Epitel Umum Tubuh Manusia Lapisan Sel Sederhana (Satu Lapis) Bentuk Sel Pipih Terdapat di Pembuluh darah (sel endotel). pencegah hilangnya air. epitel silindris berlapis tunggal. reaksinya cepat terhadap rangsangan. Berlapis (2 lapis atau lebih) Kulit Proteksi. folikel ovarium Kandung kemih. epitel silindris berlapis banyak semu. Proteksi Proteksi Mulut. Otot lurik disebut juga otot serat lintang atau otot rangka karena melekat pada rangka. ureter Konjungtiva mata Buatlah penamaannya! Contoh: Epitel pipih berlapis tunggal. sekresi Usus.

Berfungsi menghantarkan impuls dari pusat saraf ke efektor. Sebuah neuron terdiri dari badan sel. b) Neuron Motorik. a) Neuron Sensorik. Kerja otot polos tidak menurut kehendak sehingga disebut otot involuntir dan reaksinya lambat. Jaringan Syaraf Tersusun dari kumpulan sel syaraf (neuron). pernapasan. reaksi terhadap rangsang lambat. c) Neuron Konektor (penghubung). Neuron ini bagian dendrite dan neuritnya berhubungan dengan neuron lain. pembuluh darah dan pembuluh limfe. Berfungsi menghubungkan neuron yang satu dengan neuron yang lain. jaringan rawan. Jaringan Penunjang Jaringan penunjang disebut juga jaringan penyokong atau jaringan penguat. Berdasarkan fungsinya. 10 . d. dendrite. sedangkan aksonnya berhubungan dengan efektor. sel syaraf dibedakan menjadi 3 macam.2) Otot Polos Tersusun atas sel-sel yang berbentuk lonjong dengan satu inti di tengahnya serta miofibrilnya homogen. e. jaringan darah. Neuron ini bagian dendritnya berhubungan dengan neuron lain dan aksonnya berhubungan dengan efektor. Berfungsi menghantarkan impuls dari pusat saraf ke efektor. Kerjanya tidak menurut kehendak. jaringan tulang. Otot polos terdapat pada dinding saluran pencernan. bercabang dengan inti di tengah. Neuron ini bagian dendritnya berhubungan dengan reseptor. dan jaringan limfa atau getah bening. dan neuron atau akson. Jaringan penunjang meliputi: jaringan ikat. 3) Otot Jantung Tersusun dari sel-sel berbentuk silindris panjang seperti otot lurik.

elastin. Jaringan Tulang (Osteon) Tersusun atas sel-sel tulang dengan matriks yang kokoh karena ada pengapuran garam-garam mineral seperti kalsium karbonat dan kalsium fosfat. mengandung banyak berkas serabut kolagen. bronkus. Berdasarkan matriks penyusunnya. matriks tersusun atas serabut kolagen. ujung tulang iga. dan retikulin. b) Jaringan ikat padat Tersusun atas matriks yang rapat. Berdasarkan susunan matriksnya osteon terdiri atas: a) Jaringan tulang spon (bunga karang) 11 . saluran eustachius. saluran telinga luar. kartilago terdiri atas tiga macam yaitu: a) Rawan hialin Matriks bawahnya putih kebiru-biruan. trakea. b) Rawan Elastin Matriks agak keruh. sel-sel pembentuk tulang (osteoblas) berada dalam lakuna (rongga). 2).1) Jaringan ikat a) Jaringan ikat longgar Tersusun atas sel-sel yang jarang. gelap dan keruh. mengandung serabut elastin kuning yaitu serabut kolagen yang tersusun seperti jala. misalnya pada tendon. Terdapat pada rangka embryo. Jaringan Rawan (Kartilago) Tersusun atas sel-sel pembentuk rawan (kartilago) dan matriks. 3). Terdapat pada daun telinga. antar ruas-ruas tulang belakang. c) Rawan Fibrosa (serabut) Matriks sedikit. antara lacuna yang satu dengan yang lain dihubungkan oleh saluran kecil (kanalikuli). Terdapat pada persambungan tulang kemaluan (simpisis pubis). ujung tulang pipa. terdiri dari serabut kolagen. jernih dan transparan. dan elastin. misalnya antara kulit dengan struktur di bawahnya. Terdapat antara berbagi alat.

penyokong. 4) Jaringan darah Darah terdiri atas sel-sel darah. dan saluran havers. Fungsi jaringan limfa adalah untuk mengangkut cairan jaringan . Getah bening beredar ke seluruh tubuh melalui pembuluhnya. lemak. matriks. Jaringan ini terutama terdapat di bawah kulit. terdapat pada ujung-ujung tulang pipa. b) Jaringan tulang kompak Jaringan tulang kompak antara lain terdiri atas lapisan semen di bagian paling luar. berbentuk bulat atau poligonal. Fungsi tulang kompak adalah sebagai alat gerak fasif. berfungsi sebagai tmpat memproduk sel darah merah. dan melindungi organ tubuh. dan zat-zat lain dari jaringan ke sistem pembuluh darah. Matriks tulang tersusun atas zat kolagen dan endapan kapur. sel-sel tulang atau osteosit. protein. 12 . Plasma darah yakni berupa cairan yang didalamnya antara lain terdapat protein. lemak. 5) Jaringan limfe atau getah bening Getah bening adalah bagian dari darah yang keluar dari pembuluh darah. Pembuluh getah bening berada parallel dekat pembuluh vena. keeping-keping darah. glukosa. garam-garam mineral. f. dan plasma darah. dan garam mineral. Sel-sel darah meliputi sel darah merah atau eritrosit antara lain berperan dalam mengikat oksigen dan sel darah putih atau leukosit antara lain berperan dalam pertahanan tubuh. Keping-keping darah atau trombosit berperan dalam pembekuan darah. Sel-selnya kaya rongga sel yang terisi tetes minyak. lemak. di sekitar alat-alat dalam. berisi sum-sum merah. tempat perlekatan otot. tulang pendek dan tulang pipih. dan cairan yang mengandung glukosa. di sekitar pensendian. dan di dalam sum-sum tulang pipa. dan garam mineral. Jaringan Lemak Jaringan lemak terdiri atas sel-sel lemak.Matriks berongga-rongga. Jaringan getah bening terdiri atas bagian seluler berupa sel darah putih limfosit dan granulosit.

jaringan dewasa. a. Ragam Jaringan Tumbuhan 1) Jaringan Meristem Jaringan meristem adalah jaringan muda yang sel-selnya selalu membelah atau bersifat meristematik. Meristem yang ada di ujung akar dan ujung batang disebut meristem apikal. yaitu meristem yang sel-selnya merupakan perkembangan langsung dari sel-sel embrional sehingga merupakan kelanjutan dari pertumbuhan embrio. jaringan pengangkut. 13 . Jaringan Tumbuhan Jaringan pada tumbuhan dapat dibedakan atas jaringan meristem. Jaringan ini hanya terdapat pada bagian bagian tertentu dari tumbuhan. dan melindungi hilangnya panas secara berlebihan. mencegah. Gambar 2. Ciri-ciri jaringan meristem: Terletak pada kumpulan sel yang berdinding tipis Bentuk dan ukurannya relatif serupa Kaya protoplasma Umumnya memiliki vakuola yang kecil. menyimpan cadangan makanan. Misalnya ujung batang dan ujung akar. Jaringan meristem terbagi atas dua macam yaitu: a) Meristem primer. jaringan penyokong. dan jaringan gabus.Jaringan lemak umumnya disokong oleh serabut kolagen. Fungsi jaringan lemak adalah untuk menyimpan lemak.

ruang antar selnya relative besar. Jaringan dewasa terdiri dari: a) Jaringan epidermis. d) Parenkim lipatan. Pada umumnya jaringan dewasa tidak membelah diri. yaitu meristem yang berasal dari jaringan dewasa yang telah mengadakan diferensiasi. yaitu: a) Parenkim palisade. yaitu jaringan paling luar yang menutup seluruh permukaan. 14 . bentuk dan susunan selnya tidak teratur. b) Jaringan parenkim. Parenkim ini merupakan penyusun mesofil daun. Misalnya kambium dan kambium gabus yang terjadi dari parenkim atau jaringan dasar parenkim.b) Meristem sekunder. ujungnya saling berhubungan sehingga mempunyai banyak ruang antar sel. b) Sklerenkim. merupakan jaringan penguat atau kadang-kadang sebagai jaringan pelindung. dinding selnya mengadakan lipatan kea rah dalam serta banyak mengandung kloroplas. Contoh sklerenkim. b) Parenkim bunga karang. merupakan jaringan penyokong atau penguat pada jaringan tubuh muda dan organ tua pada tumbuhan lunak. Fungsi utama jaringan ini adalah menguatkan bagian tubuh tumbuhan. c) Parenkim bintang. a) Kolenkim. Berdasarkan bentknya. 2) Jaringan Dewasa Jaringan dewasa merupakan jaringan yang tela mengalami diferensiasi. Jaringan sklerenkim terdiri dari serabut sklerenkim. parenkim dapat dibagi menjadi beberapa macam. mempunyai bentuk seperti bintang. sering disebut jaringan dasar karena terbentuk dari meristem dasar. sel-selnya mengalami penebalan sekunder dengan lignin atau zat kayu. tegak dan banyak menandung klorofil. 3). bentuk memanjang dengan penebalan dinding yang tidak merata di sudut-sudutnya. jaringan ini terdiri atas kolenkim dan skelerenkim. Jaringan Penyokong Jaringan penyokong disebut juga jaringan penguat atau stereom. bentuknya memanjang.

banyak ruang antar sel yang penting untuk pertukaran zat. sel serabut. Jaringan pada Akar Jaringan pada sayatan melintang akar (akar muda) tampak dari luar ke dalam yaitu epidermis. Xylem berfungsi untuk mengangkut zat-zat mineral dan air dari dalam tanah ke daun. korteks. Jaringan Pada Organ Tumbuhan 1. 15 . Sel xylem dan sel serabut umunya mengalami penebalan dari zat kayu dan mati. parenkim. dan serabut. b. b. Sel-sel xilem terangkai memanjang dan membentuk pembuluh. dan stele. susunannya tidak rapat. terdiri atas lapisan-lapisan sel yang berdinding tipis.misalnya pada batang jagung. Jaringan ini terdiri dari xilem atau pembuluh kayu dan floem atau pembuluh tapis. serta tidak mempunyai ruang antar sel. Xylem merupakan jaringan kompleks. Fungsi floem adalah mengangkut hasil fotosintesis. Epidermis Sel-selnya tersusun rapat. dan sel parenkim. Contoh sklereid misalnya pada pteolus daun teh dan tempurung kelapa dan kemiri. merupakan jaringan kompleks yang terdiri dari sel pengiring. 4) Jaringan pengangkut Jaringan pengangkut yaitu jaringan tumbuhan yang berfungsi untuk transport atau pengangkutan zat. setebal selapis sel. Floem. yang dapat terdiri dari sel xylem. Jaringan ini berfungsi melindungi jaringan di bawahnya agar tidak terlalu banyak kehilangan air. a. Korteks Berada di bawah epidermis. endodermis. 5) Jaringan gabus Jaringan gabus yaitu jaringan yang tersusun atas sel-sel gabus. dinding selnya tidak mengalami penebalan dan dapat dilalui air dan garam mineral.

Sel-sel endodermis umumnya mengalami penebalan bentuk U. 2.c. Tempat cadangan makanan. berdinding tipis tidak mengalami penebalan dan bersitoplasma. terdiri atas satu lapis sel. Jaringan pada Batang Secara sederhana. dan sekaligus sebagai pemisah antara korteks dengan selinder pusat. Endodermis /fluterma. Stele / elinder pusat yaitu bagian dalam dari batang. tersimpan dalam sel-sel terutama sel parenkim. Korteks. jaringan pada sayatan melintang batang (batang muda) dari luar ke dalam adalah sebagai berikut: a. Endodermis Yaitu lapisan terdalam korteks. b. 16 . terdiri dari xylem dan floem. Fungsi jaringan pada batang antara lain : sebagai penyokong atau penegak tubuh tumbuhan tempat pengang kutan air dan garam mineral (xylem) serta pengangkutan hasil fotosintesis (floem). terdiri atas selapis sel yang tersusun rapat dan tidak mempunyai ruang antar sel. d. Epiermis. merupakan jaringan pengisi diantara berkas-berkas pembuluh angkut. yaitu bagian kulit sebelah dalam dari epidermis yang tersusun atas jaringan parenkim dan memiliki banyak ruang antar sel. Stele / Selinder pusat Merupakan bagian terdalam dari akar. merupakan pemisah antar korteks dengan selinder pusat. terdiri dari: 1) Perisikel atau perikambium yaitu bagian terluar dari stele. dan ada diantaranya yang tidak mengalami penebalan yang disebut sebagai sel pelalu atau sel penerus yang berperan sebagai jalan untuk masuk dan keluarnya air dan garam mineral. 2) Berkas pembuluh angkut. c. sel-selnya tersusun rapat tanpa ruang antar sel. 3) Jaringan parenkim. d.

Epidermis Tersusun oleh satu lapis sel yang dinding selnya mengalami penebalan dari kutikula atau dari lignin. Sel-sel parenkim yang panjang-panjang dan tersusun rapat disebut jaringan palisade atau jaringan tiang/pagar. Sel-sel parenkim di bawah palisade yang tersusun renggang-renggang banyak ruang antar selnya disebut jaringan spon atau jaringan bunga karang. b.3. Pertanyaan 1. celah ini disebut stoma (mulut daun). a. Kedua jaringan parenkim ini banyak mengandung kloroplas. 17 . c. dapat ditemukan jaringn epidermis (atas dan bawah). terdiri dari jaringan pembuluh angkut xylem dan floem serta parenkim. Mesofil Terdiri dari sel-selparenkim. Tulang daun Tulang daun atau urat daun (cabang dari tulang daun). Gambarkan struktur dari sel tumbuhan dan hewan. dan jaringan tulang daun atau urat daun. Di antara epidermis daun terdapat alat tambahan misalnya trikoma (bulu daun). Gambar III. jelaskan fungsi organelorganelnya dan apa perbedaannya satu sama lain ? 2. Pada epidermis (umumnya epidermis bawah) terdapat celah yang diapit oleh dua sel penutup. jaringan mesofil atau daging daun. Jelaskan ragam jaringan pada hewan dan tumbuhan serta fungsinya ? (penjelasan disertai gambar). Jaringan pada Daun Pada sayatan melintang daun.

Anatomy of Seed Plants. Preparat awetan yakni preparat permanen yang sudah jadi dan tinggal mengunakan. Canada: John Wiley & Sons. Untuk praktik atau praktikum dapat dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil (3-7 orang). Bandung: ITB JunQueira. Pelaksanaannya bisa terpisah atau terintegrasi. Sains Biologi. Literatur Esau.V. Gambar dan jelaskan perbedaan dan persamaan antara jaringan penyusun batang tumbuhan monokotil (jagung) dengan dikotil (tanaman jarak) ? IV. Jakarta: PT Bumi Aksara. menggunakan preparat dan mikroskop. 18 . S. batang. Biologi Sel.3. (1988). organel. B. Dj. C. Inc. epitel bawang merah. N. Untuk pembelajaran teori sebaiknya dilengkapi dengan media gambar tentang sel. Terpisah artinya pembelajaran teori terpisah dari pembelajaran praktik. New Delhi: C P Mohan for WileyEastern Private Limited. Jakarta: Universitas Terbuka. EGC Penerbit Buku Kedokteran. Thorpe. Preparat segar yakni preparat yang langsung dibuat. (1994). Prawirohartono. Jakarta: C. Anatomi Tumbuhan Berbiji. Basic Histology. misalnya preparat jaringan epitel mulut. E. (1984). Gambar dan jelaskan perbedaan dan persamaan antara jaringan penyusun akar tumbuhan monokotil (jagung) dengan dikotil (bunga mata hari) ? 4. Terintegrasi dalam arti pembelajaran praktik bersama-sama teori atau sebaliknya pembelajaran teori bersama-sama praktik. dan daun. L. Preparat dapat preparat segar dan atau preparat awetan. Cell Biology. Winatasasmita. atau preparat jaringan tumbuhan lainnya misalnya jaringan pada akar. (1995). (2004). teori dulu kemudian praktik atau sebaliknya. Saran Pembelajaran Pembelajaran disarankan meliputi pembelajaran teori dan praktik atau praktikum. O. dan jaringan. K. Hidayat. (1974).

2. Lapisan lipida pada membran plasma bersifat asimetri. 5. protein dan asam nukleat b. dinding sel b. 3. 1.SOAL TES SEL DAN JARINGAN Petunjuk: 1. sebab sel tumbuhan memiliki bagian yang tidak terdapat pada sel hewan yaitu … a. adanya vakuola d. protein dan lemak c. dan DNA c. suspensi d. 2. Untuk soal 1 s/d 15 pilih salah satu jawaban yang benar. membran. Ukuran ion-ion dan moleluk-molekul matriks sitoplasma berkisar antara 0. lisosom d.1 µ . inti d. lapisan lemak berubah-ubah ketebalannya. 7. terdiri atas protein. Komponen kimia utama yang membangun membranplasma yaitu … a. Virus bukanlah organisme seluler. karbohidrat. Oksidasi karbohidrat atau respirasi sel berlangsung pada organel … a. I . koloid c. karbo hidrat dan asam nukleat. lapisan bimolekuler tidak sama tebal c. Jawablah pertanyaan di bawah ini (dengan memberi tanda silang) pada lembar jawaban yang telah disediakan. larutan b. lapisan lemak tidak sama distribusinya d. lapisan bimolekuler berbeda komponen lipidanya b. badan Golgi c. reticulum endoplasma halus. protein dan karbohidrat d. Kita dapat membedakan sel hewan dari sel tumbuhan. tidak memiliki sitoplasma d. adanya ribosom c. Lembar soal dibiarkan bersih tanpa dicoreti dan dikumpulkan kembali. dengan demikian sitoplasma tersmasuk sistem … a. Kalau kita amati struktur sel prokarion dan eukarion tampak perbedaan. Perbedaan ini menyangkut … a. adanya plastida b. mitokondria b. karena virus … a. dapat mengkristal. organisme yang tidak memiliki organel b. 4. suspensi dan koloid. adanya RE. jumlah kromosom c. 19 . 6.01 – 0. hal ini disebabkan karena … a.

lemak. ikat longgar c. d. kemudian berturut-turut bergabungnya asam amino hingga dihasilkannya protein. 10. bergabungnya sub unit besar dengan rRNA diikuti dengan sub unit kecil. Di bawah ini terdapat tanda-tanda dari profase. Suatu jaringan mempunyai cirri-ciri: matriksnya gelap dan keruh. c. tampak plasma dan inti d. kemudian berturut-turut bergabungnya mRNA yang membawa asam amino hingga dihasilkannya protein. Pernyataan berikut ini berkaitan dengan sifat dan ciri otot polos. kecuali … a. epitel b. 11. Berikut ini merupakan urutan peristiwa dalam sisntesis protein: a. terjadi di tilakoid b. mempunyai serabut kolagen tersusun sejajar. kecuali … a. kartilago hialin b. otot d. 9. kemudian berturut-turut bergabungnya tRNA yang membawa asam amino hingga dihasilkannya protein. selnya berbentuk kumparan dan memiliki satu inti b.8. Pada reaksi terang fotosintesis meliputi hal-hal berikut. bergabungnya sub unit kecil dengan rRNA diikuti dengan sub unit besar. kartilago fibrosa 20 . kecuali … a. tampak sel utuh b. c. terjadi fotolisis c. berperan untuk menggerakan rangka. kromosom membelah secara memanjang membentuk dua kromatid d. kromosom memendek dan bertambah tebal b. kromosom bergerak menuju kutub-kutub. 12. b. dihasilkan karbon dioksida. bergabungnya sub unit kecil dengan mRNA diikuti dengan sub unit besar. otot c. terdapat pada perlekatan ligamen dengan tulang. Jaringan yang menutup seluruh permukaan tubuh manusia adalah jaringan … a. 14. tampak sel-sel kosong yang tinggal dindingnya. terdapat di usus d. bergabungnya sub unit besar dengan mRNA diikuti dengan sub unit kecil. nucleoli mejadi bertambah kecil c. Kalau kita mengamati sel-sel gabus tutup botol di bawah mikroskop dengan perbesaran 10 x 10 maka … a. bekerja involunter c. . tampak sel tidak utuh. Jaringan tersebut adalah jaringan … a. dihasilkan oksigen d. kulit d. kemudian berturut-turut bergabungnya tRNA yang membawa asam amino hingga dihasilkannya protein. 13.

Badan Golgi 18. keduanya ada hubungan sebab akibat. 16. Bila pernyataan benar. Glikolisis dan siklus Krebs 2. Jika (1) dan (3) benar D. III. Bila pernyataan benar. jaringan batang dikotil memiliki kambium pada monokotil tidak 2. pilih: A. kecuali … a. memiliki kloroplas b. 17. alasan benar. Untuk Soal dari nomor 16 s/d 20. 21 . alasan benar. 19. II. terdapat di korteks c. alasan salah. C. Bila pernyataan salah. dihasilkannya ATP 3. RE 3. terbentuknya asam virufat dari karbohidrat di sitoplsma 2. tempat pigmen dan alkaloid. terbentuknya air dan karbondioksida. Jika (1) dan (2) benar C. D. terbentuknya air dan karbon dioksida dari asam virupat. Aktivitas yang terjadi di mitokondria meliputi … 1. sebab Sel syaraf sensoris maupun sel syaraf motoris sama-sama memiliki badan sel yang letaknya di bagian ujung. Beda jaringan batang dikotil dengan monokotil adalah sebagai berikut: 1. Jika (2) dan (3) benar B. Vakuola pada sel tumbuhan mempunyai fungsi untuk … 1. memasukan air melalui tonoplas untuk mengatur turgor 3. dinding sel mengalami penebalan d. Bila pernyataan benar. atau sebaliknya. alasan salah. 20.15. Berikut ini merupakan karaktristik dari jaringan kolenkim. keduanya tidak ada hubungan sebab akibat. 2. B. jaringan ikat pembuluh pada monokotil dikelilingi oleh seludang sklerenkim pada dikotil tidak. Siklus krebs dan rantai respirasi 3. 21. jaringan ikat pembuluh pada monokotil teratur pada dikotil ter sebar 3. tempat penimbun sisa-sisa metabolisme 2. Organel utama sel yang terlibat untuk dihasilkannya air liur adalah … 1. Jika semua benar. mitokondria. syaraf sensoris memiliki fungsi yang sama dengan syaraf motoris yakni dapat meningkatkan impuls. berperan sebagai penyokong. Hal yang merupakan bagian dari proses glikolisis adalah … 1. Untuk soal dari nomor 21 hingga 25 pilihlah: A.

Fagositosis hanya dapat dilakukan oleh sel tumbuhan. 22 .22. penghilangan ekor merupakan aktifitas dari lisosom. Pada proses pencangkokan tanaman perlu menghilangkan korteks atau kulit pada bagian yang akan dicangkok Sebab Menghilangkan kulit pada pencangkokan dapat merangsang tumbuhnya jaringan floem sekunder untuk pembentukan akar. sebab Masuknya zat yang berupa padatan ke dalam sel perlu bantuan dinding sel. Pada proses metamorfosis dari berudu menjadi katak dewasa. sebab lisosom mengandung enzim-enzim yang berperan baik dalam untuk proses autofagi maupun heterofagi. 25. Pada pembuatan ikan asin terjadi proses osmosis. 23. sebab adanya air yang keluar melalui membrane semipermeabel dari sel-sel jaringan ikan menuju garam yang dilumurkan pada ikan. 24.

LEMBAR JAWABAN NAMA : NO. ABSEN : MATA KULIAH : BERI TANDA SILANG PADA SALAH SATU HURUF NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 A B C D NO 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 A B C D SKOR 23 .

24 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->