LAPORAN PRAKTIKUM IPA 3 ADAPTASI MAKHLUK HIDUP

(Laporan ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Praktikum IPA III) Dosen Pengampu : Asri Widowati, M.Pd.

Disusun oleh : 1. Yanustiana Nur P. 2. Lutfaatul Atika Nengrum 3. Wiworo Retnadi Rias Hayu (08312241004) (08312241026) (08312241030)

PRODI PENDIDIKAN IPA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010

2. Kemudian kaktus juga dapat menampung air yang . Adaptasi Morfologi b. Gambar perilaku makhluk hidup C. 4. Alat dan Bahan 1. Karena batang kaktus yang memiliki tebal dan berongga untuk menyimpan air. Mengamati gambar-gambar yang terdapat pada tabel. Tabulasi Data No Gambar 1 Adaptasi Adaptasi laku Alasan Tingkah Karena tingkah ekornya cicak laku ketika mempunyai memutuskan menghadapi suatu bahaya. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia dan menyimpulkan. 3. 2 a. Alat tulis 2. Melengkapi tabel tersebut dengan jenis adaptasi yang sesuai. Karena kaktus memiliki klorofil yang menyebar di bagian daun dan batangnya. Langkah Kerja 1. Tujuan Mengetahui cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya. b. Adaptasi Fisiologi a. D.Bagaimana Cara Makhluk Hidup Untuk Bertahan Hidup ? A. B. selain itu daun kaktus berbentuk duri untuk mengurangi penguapan. Memberi alasan mengapa gambar dikategorikan dalam bentuk adaptasi.

b. 7 a. Adaptasi fisiologi c. selain berongga mengapung. Karena cara dalam burung memiliki lebah untuk yang berbeda-beda betina menarik sebelum kawin. di bawah tingkah laku ketika terbang akan bergerombol atau berkelompok. . Karena komodo (reptil) mempunyai tingkah laku berjemur matahari. 6 a. 5 Adaptasi Morfologi Karena stomata daunnya teratai yang lebar memiliki dan banyak sehingga penguapannya lebih maksimal. 3 a. Adaptasi Tingkah laku b. Karena nektar lebah bunga nektar.banyak. Adaptasi Fisiologi b. Adaptasi Tingkah laku b. 4 Adaptasi laku Tingkah Karena burung mempunyai a. Adaptasi Morfologi a. Karena bunga memiliki menghasilkan sehingga untuk dan menarik mendekati menghisap itu batang sehingga teratai dapat warna mencolok sehingga menarik mendekat. Adaptasi Fisiologi a.

Karena cumi-cumi mempunyai tingkah laku . Karena burung memiliki pundi-pundi udara dan bulu burung memiliki kelenjar minyak sehingga bulunya tidak basah. Karena cumi-cumi memiliki organ yang dapat mengeluarkan tinta. Adaptasi Tingkah laku a. b. b. 9 Adaptasi laku Tingkah Karena bunglon mempunyai tingkah laku mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempat dia berada. Karena paus memiliki hidupnya atau tingkah laku sering muncul di permukaan untuk bernafas. 10 a. Adaptasi Tingkah laku b.c. 8 a. Adaptasi Morfologi b. Karena mamalia paus termasuk alat dimana pernafasannya parru-paru sehingga paus tidak dapat menghirup oksigen dalam air. Karena bentuk kaki dan bentuk paruh burung menyeusaikan dengan jenis makanan dan lingkungan tempat habitat. Adaptasi Fisiologi a. Adaptasi Fisiologi b. c.

b.mengeluarkan tinta dalam keadaan bahaya untuk mengaburkan musuhnya 11 a. 13 a. Adaptasi Morfologi b. tidak langkah mngasah cakarnya. Adaptasi Morfologi c. Karena kucing mempunyai tingkah laku menggosokgosokan batang cakarnya pohon pada untuk memangsa. Adaptasi Tingkah laku b. Adaptasi Fisiologi a. Karena kaki pandangan kucing memiliki bulu dan bantalan sehingga ketika kucing mengendap-endap pada saat akan mangsanya mendengar kakinya. 12 Adaptasi Morfologi Karena bentuk mulut serangga berbeda-beda disesuaikan dengan jenis makanannya. Karena mempunyai cangkang berbeda yang setiap siput bentuk berbeda- E. Adaptasi Tingkah laku a. Pembahasan . Karena siput mempunyai timgkah laku masuk ke dalam cangkang ketika menghadapi musuhnya. b.

Percobaan ini berjudul ³Adaptasi Makhluk Hidup´. Adaptasi fisiologi karena kaktus memiliki klorofil yang menyebar di bagian daun dan batangnya. Gambar tumbuhan kaktus termasuk jenis adaptasi morfologi adaptasi fisiologi. Dari diskusi yang telah kami lakukan didapatkan hasil sebagai berikut : 1. Gambar reptil (komodo) termasuk jenis adaptasi tingkah laku karena reptil (komodo) mempunyai tingkah laku berjemur di bawah matahari. 5. Tujuan dari percobaan yang kami lakukan adalah untuk mengetahui cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya. 4. Kemudian kaktus juga dapat menampung air yang banyak. 3. Alat dan bahan yang kami gunakan adalah alat tulis dan gambar perilaku makhluk hidup. selain itu di bawah daunnya terdapadat gelembung-gelembung air yang berfungsi sebagai pelampung. Gambar sekelompok burung yang sedang terbang termasuk jenis adaptasi tingkah laku karena burung mempunyai tingkah laku ketika terbang akan bergerombol atau berkelompok. 2. Gambar bunga yang sedang dihinggapi lebah termasuk jenis adaptasi fisiologi dan morfologi. . selain itu daun kaktus berbentuk duri untuk mengurangi penguapan. 6. Setelah itu kami menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah tersedia. Gambar cicak memutuskan ekornya termasuk jenis adaptasi tingkah laku karena cicak mempunyai tingkah laku memutuskan ekornya ketika menghadapi suatu bahaya. Adaptasi fisiologi karena menghasilkan nektar sehingga menarik lebah untuk mendekati bunga dan menghisap nektar. Prosedur kerja yang pertama kali kami lakukan adalah mengamati gambar-gambar yang terdapat dalam tabel kemudian kami menentukan jenis adaptasi mana y ang sesuai dengan gambar dan memberikan alasannya. Gambar teratai di atas permukaan air termasuk jenis adaptasi morfologi karena teratai memiliki stomata yang banyak dan daunnya lebar sehingga penguapannya lebih maksimal. Adaptasi morfologi karena kaktus memiliki batang yang tebal dan berongga untuk menyimpan air.

Adaptasi fisiologi karena cumi-cumi memiliki organ yang dapat mengeluarkan tinta. Gambar cumi-cumi yang mengeluarkan tinta termasuk jenis adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku. Adaptasi tingkah laku karena cumi-cumi mempunyai tingkah laku mengeluarkan tinta dalam keadaan bahaya untuk mengaburkan pandangan musuhnya. Adaptasi morfologi karena kaki kucing memiliki bulu dan bantalan sehingga ketika kucing mengendap-endap pada saat akan memangsa. mangsanya tidak mendengar langkah kakinya.Adaptasi morfologi karena bunga memiliki warna mencolok sehingga menarik lebah untuk mendekat. Adaptasi morfologi karena bentuk kaki dan bentuk paruh burung menyesusaikan dengan jenis makanan dan lingkungan tempat hidupnya atau habitat. Adaptasi fisiologi karena burung memiliki pundi-pundi udara dan bulu burung memiliki kelenjar minyak sehingga bulunya tidak basah. 10. Gambar bunglon yang sedang menyesuaikan warna kulitnya dengan batang di mana dia berada termasuk jenis adaptasi tingkah laku karena bunglon mempunyai tingkah laku mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempat dia berada. Adaptasi tingkah laku karena kucing mempunyai tingkah laku menggosok-gosokan cakarnya pada batang pohon untuk mngasah cakarnya. Gambar macam-macam bentuk paruh dan kaki burung termasuk jenis adaptasi tingkah laku. 7. adaptasi fisiologi dan adaptasi morfologi. 11. Adaptasi tingkah laku karena paus memiliki tingkah laku sering muncul di permukaan untuk bernafas. Gambar telapak kaki kucing termasuk jenis adaptasi morfologi dan adaptasi tingkah laku. Adaptasi fisiologi karena paus termasuk mamalia dimana alat pernafasannya parruparu sehingga paus tidak dapat menghirup oksigen dalam air. 9. . Gambar paus muncul di permukaan air termasuk jenis adaptasi tingkah laku dan adaptasi fisiologi. Adaptasi tingkah laku karena burung memiliki cara yang berbeda-beda dalam menarik betina sebelum kawin. 8.

(http://www. 13. Gambar siput termasuk jenis adaptasi tingkah laku. (http://kambing.ac. Makhluk hidup yang telah beradaptasi dengan suatu lingkungan tertentu akan sulit beradaptasi dengan lingkungan lain. Proses adaptasi sering tidak dapat diamati karena berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama. Hal yang dapat diamati adalah hasil adaptasi.ui.crayonpedia. kemudian makhluk hidup yang hidup di padang rumput tidak dapat hidup di padang pasir. Adaptasi Morfologi . yaitu: 1. Gambar macam-macam mulut serangga termasuk jenis adaptasi morfologi karena bentuk mulut serangga berbeda-beda disesuaikan dengan jenis makanannya. Adaptasi mengakibatkan perubahan pada makhluk hidup. Adaptasi yang dilakukan makhluk hidup bertujuan untuk dapat bertahan hidup dari kondisi lingkungan yang mungkin kurang menguntungkan. Agar dapat hidup dan melestarikan keturunannya makhluk hidup harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya.1 ) Makhluk hidup melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan di sekitar habitat tempat hidupnya tidak terkecuali manusia.id/bebas/v12/sponsor/Sponsor - Pendamping/Praweda/Biologi/0027%20Bio%201 -6b.htm). Ada bermacam-macam adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungannya. Lingkungan dapat berubah-ubah sehingga agar dapat bertahan hidup. Adaptasi tingkah laku karena siput mempunyai timgkah laku masuk ke dalam cangkang ketika menghadapi musuhnya. Contohnya makhluk hidup yang hidup di air tawar tidak dapat hidup di air laut.org/mw/Kelangsungan_Hidup_Makhluk_Hidup_Me lalui_Adaptasi. Adaptasi morfologi karena setiap siput mempunyai bentuk cangkang yang berbedaberbeda Adaptasi adalah penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya. makhluk hidup harus beradaptasi. Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan disebut adaptasi.12. adaptasi morfologi dan adaptasi fisiologi._Seleksi_Alam_Dan_Perkembangbiakan_9.

4). Paruh burung bangau kokoh dan lehernya panjang yang memudahkan dirinya dalam menangkap mangsa dalam air. Makanan trenggiling adalah semut. Misalnya seperti gigi singa. 3). Pada burung elang pendek tetapi runcing dengan tepi yang tajam untuk merobek mangsanya. Hewan ini mempunyai moncong panjang dengan ujung mulut kecil tak bergigi dengan lubang berbentuk celah kecil untuk mengisap semut dari sarangnya. 2). citah. Di bawah ini merupakan contoh adaptasi morfologi yaitu : a. penusuk pada nyamuk dan penghisap pada kupu-kupu. dan sebagainya yang runcing dan tajam untuk makan daging. Bentuk paruh burung Paruh burung penghisap madu bentuknya panjang dan runcing. domba dan lain sebagainya tidak runcing dan tajam karena giginya lebih banyak dipakai untuk memotong rumput atau daun dan mengunyah makanan. Paruh burung pelatuk panjang dan runcing sehingga memudahkan aktivitasnya dalam mematuk kayu keropos. kuat sebagai pemakan biji-bijian. Berbagai bentuk kaki burung yang disesuaikan dengan lingkungan hidupnya. Sedangkan pada gigi sapi. seperti tipe mulut penggigit dan pengunyah pada belalang. Paruh burung pipit kecil. biri-biri. harimau. Hewan ini mempunyai lidah panjang dan bergetah yangdapat dijulurkan jauh keluar mulut untuk menangkap serangga. Paruh bebek memiliki pipih dan lebar untuk menyusur cacing-cacing kali di dalam air. . Berbagai tipe mulut pada serangga. rayap. kerbau. Trenggiling besar adalah hewan menyusui yang hidup di hutan rimba Amerika Tengah dan Selatan. kambing. macan. dan serangga lain yang merayap. Adptasi morfologi pada hewan 1).Adaptasi morfologi adalah penyesuaian pada organ tubuh yang disesuaikan dengan kebutuhan organisme hidup.

akar sangat luas untuk mencari air.) Jumlah sel darah merah orang yang tinggal di pegunungan lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang tinggal di pantai/dataran rendah. Hal ini disebabkan kadar oksigen di pegunungan lebih sedikit dibanding dataran rendah. 3). Tanaman hidrofit merupakan tanaman yang hidup di air. Contohnya eceng gondok. 5). Tanaman higrofit merupakan tanaman daerah lembab daun lebar untuk mempercepat penguapan air. Bentuk gigi hewan. Bentuk tubuh ikan yang ramping dan berbentuk streamline memudahkan untuk bergerak. Adaptasi morfologi pada tumbuhan 1).4). beberapa dapat mengapung di permukaan air karena batang berongga dan berdaun lebar tipis. Contohnya kaktus. b. Adaptasi fisiologi pada manusia 1. Contohnya keladi dan lumut. Adaptasi Fisiologi Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang menyebabkan adanya penyesuaian pada alat-alat tubuh untuk mempertahankan hidup dengan baik. seperti karnivora bertaring (kucing dan singa) . Tanaman Xerofit merupakan tanaman daerah kering. Contoh adapatasi fisiologis adalah seperti pada binatang / hewan onta yang punya kantung air di punuknya untuk menyimpan air agar tahan tidak minum di padang pasir dalam jangka waktu yang lama serta pada anjing laut yang memiliki lapisan lemak yang tebal untuk bertahan di daerah dingin. Bentuk daun dan batang teratai disesuaikan dengan lingkungan tempat mereka hidup. kadar oksigen yang rendah membuat tubuh membentuk sel darah . Di bawah ini merupakan contoh adaptasi fisiologi pada makhluk hidup yaitu : a. pada mamalia gigi geraham depan dan belakangnya berbentuk lebar dan datar (sapi dan kerbau). teratai. 2). daun kecil berduri untuk mengurangi penguapan air. 2.

Untuk mencerna tumbuhan yang umumnya mempunyai sel-sel berdinding sel keras. Dengan ukuran jantung yang besar. Pada saat udara dingin orang lebih cenderung lebih banyak mengeluarkan urin. Dalam cuaca atau lingkungan sekitar yang dingin. . Selain itu ada pengaruh tekanan udara. Fenomena ukuran jantung atlet yang besar memang sudah lama diketahui. Penelitian terbaru yang menunjukkan para atlet sepeda memiliki ukuran jantung 40 persen lebih besar dari ukuran normal.merah lebih banyak untuk mengikat oksigen lebih banyak. rata-rata usus herbrvora lebih panjang daripada usus karnivora.blogspot. seperti bersepeda. antara lain terdapat pada ukuran (panjang) usus dan enzim pencernaan yang berbeda. 2).(http://batuacuan. serta omnivora (pemakan daging dan turnbuhan). herbivora (pemakan tumbuhan). Penyesuaian hewanhewan tersebut terhadap jenis makanannya. salah satu caranya adalah dengan lebih sering mengeluarkan cairan melalui urin. atau perenang. darah pun akan terpompa lebih banyak ke seluruh tubuh. b. pelari. Ukuran jantung para atlet rata-rata lebih besar dari pada ukuran jantung orang kebanyakan. terutama para atlet yang melakukan olahraga bersifat aerobik. Adaptasi fisiologi pada hewan Berdasarkan jenis makanannya. hewan dapat dibedakan menjadi karnivora (pemakan daging).html) 3). tubuh manusia cenderung untuk tidak mengeluarkan banyak keringat. Padahal tubuh membutuhkan jalan keluar cairan lain agar jumlah cairan dalam tubuh tetap normal.com/2010/10/ingin-jantunganda-sehat. Tekanan atmosfer secara progresif berkurang seiring dengan peningkatan ketinggian. Akibatnya kadar oksigen dalam darah meningkat dan daya tahannya pun tinggi. selain itu dinding jantung menjadi lebih tebal sehingga mampu mengakomodasi penambahan volume darah.

Musang dapat mensekresikan bau busuk dengan cara menyemprotkan cairan melalui sisi lubang dubur. tinta disemprotkan ke dalam air sekitarnya sehingga musuh tidak dapat melihat kedudukan cumi-cumi dan gurita. Misalnya semak azalea di jepang menghasilkan bahan kimia beracun sehingga rusa tidak memakan daunnya. Adaptasi Tingkah Laku Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian mahkluk hidup pada tingkah laku / perilaku terhadap lingkungannya seperti pada binatang bunglon yang dapat berubah warna kulit sesuai dengan warna yang ada di . Tumbuhan tertentu menghasilkan zat khusus yang dapat menghambat petumbuhan tumbuhan lain atau melindungi diri terhadap herbivora. Bila musuh datang. 3. Secara fisiologis daun eceng gondok beradaptasi ditunjukkan kandungan klorofilnya pada ketiga perairan tercemar limbah ( Sri Haryanti. Pengeluaran urin pada ikan yg hidup di laut lebih sedikit mengeluarkan urin dibandingkan ikan yang hidup di air tawar karena tekanan osmosis sel tubuh ikan di laut lebih rendah daripada tekanan osmosis air laut. Kulit kadal dapat berubah warna karena pigmen yang dikandungnya. dkk:2009:42 ). Adaptasi fisiologi pada tumbuhan Tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh serangga mempunyai bunga yang berbau khas. Perubahan warna ini dipengaruhi oleh faktor dalam berupa hormon dan faktor luar berupa suhu serta keadaan sekitarnya. c. Secara fisiologis daun eceng gondok beradaptasi ditunjukkan kandungan klorofilnya pada ketiga perairan tercemar limbah. Sekret tersebut berfungsi untuk menghindarkan diri dari musuhnya. Penggunaan insektisida yg banyak membuat serangga jadi lebih kebal dengan insektisida. Cumi-cumi dan gurita memiliki kantong tinta yang berisi cairan hitam.

Adaptasi tingkah laku pada hewan 1). Paus melakukan tindakan demikian karena alat pernapasannya berupa paru-paru tidak dapat memanfaatkan oksigen yang terlarut di dalam air. yaitu memutuskan ekornya. 4). 3). Cumi-cumi mengeluarkan tinta atau cairan hitam ketika ada bahaya yang mengancamnya. Setelah itu. paus muncul di permukaan air untuk menghirup udara dan menyemprotkan air. . Dengan mengubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya. Dengan udara sebanyak itu. hasil oksidasi biologi dihembuskan melalui lubang hidung. Dalam keadaan bahaya. Dengan demikian. Pada saat muncul kembali di permukaan air. Cumi-cumi juga mampu mengubah-ubah warna kulitnya sesuai dengan warna lingkungannya.350 liter. 2).lingkungan sekitarnya dengan tujuan untuk menyembunyikan diri. yaitu sekitar 3. Sisa oksidasi ini berupa karbon dioksida yang jenuh dengan uap air yang telah mengalami pengembunan (kondensasi). bunglon dapat terhindar dari bahaya dan sekaligus lebih mudah menangkap mangsanya. Ekor cecak yang terputus tetap dapat bergerak sehingga perhatian pemangsanya beralih pada ekor tersebut dan cecak dapat menyelamatkan diri. yaitu mengubah-ubah warna kulitnya sesuai dengan warna lingkungan atau tempat hinggapnya. Setiap saat paus muncul ke permukaan air untuk menghirup udara sebanyakbanyaknya sampai paru-parunya penuh sekali. seperti pancaran air mancur. paus akan menyelam kembali ke dalam air. Secara berkala. Bunglon melakukan mimikri. paus mampu bertahan selama kira-kira setengah jam di dalam air. Contoh adaptasi tingkah laku pada hewan dan tumbuhan : a. bunglon terlindung dari pemangsanya sekaligus tersamar dari hewan yang akan dimangsanya. cecak melakukan autotomi.

lemur kerdil akan mengestivasi diri di tempat yang aman dan terlindung. misalnya tupai Virginia. tupai. Rayap-rayap kecil yang baru menetas mendapatkan flagellata dengan jalan menjilat dubur rayap dewasa. Hibernasi biasanya membutuhkan energi yang sedikit. dan lain-lain. Hibernasa adalah teknik bertahan hidup pada lingkungan yang keras dengan cara tidur menonaktifkan dirinya (dorman). Contoh hewan yang berhibernasi yaitu seperti ular. 7). Rayap secara periodik melakukan aktivitas ganti kulit dan meninggalkan bagian usus lama. Tanpa flagellata rayap tidak akan mampu mencerna kayu yang masuk ke dalam tubuhnya. 6). Binatang tersebut akan kembali aktif atau bangun setelah masa sulit terlewati. . 8). Beberapa hewan berpura-pura tidur atau mati. detak jantung yang lambat. Bedanya dengan hibernasi adalah di mana pada estivasi dilakukan pada musim panas dengan suhu udara yang panas dan kering. karena selama masa itu binatang yang berhibernasi akan memiliki suhu tubuh yang rendah. pernapasan yang lambat. Hewan-hewan seperti kelelawar. Hibernasi bisa berlangsung lama secara berbulan-bulan seperti beruang pada musim dingin. kurakura. Hewan ini sering berbaring tidak berdaya dengan mata tertutup bila didekati seekor anjing. ikan.5). sehingga rayap akan memakan kulit yang mengelupas untuk memasukkan kembali flagellata ke dalam usus pencernaannya. Estivasi Estivasi adalah menonaktifkan diri (dorman) pada saat kondisi lingkungan tidak bersahabat. beruang. Simbiosis Rayap dan Flagellata Rayap membutuhkan bantuan makhluk hidup lainnya yaitu flagelata untuk mencerna kayu yang ada di dalam usus rayap. bengkarung.

misalnya pohon jati dan randu. Ikan salem raja di Amerika Utara melakukan migrasi untuk mencari tempat yang sesuai untuk bertelur. Gambar dua yaitu tanaman kaktus. kami mengkategorikan tanaman kaktus ke dalam adaptasi morfologi dan adaptasi fisiolog Adaptasi i. Setelah itu ikan dewasa biasanya mati. Gambar satu yaitu cicak memutuskan ekornya kami mengkatagorikan ke dalam adaptasi tingkah laku karena cicak mempunyai tingkah laku memutuskan ekornya ketika menghadapi suatu bahaya. Setiap tahun. Ekor cicak yang telah terputus masih bisa bergerak sehingga perhatian pemangsa akan beralih pada ekornya dan cicak dapat melarikan diri. Telur yang telah menetas untuk sementara tinggal di air tawar. Adaptasi tingkah laku pada tumbuhan Pada saat lingkungan dalam keadaan kering. morfologi karena kaktus memiliki bentuk batang dan daun yang disesuaikan dengan lingkungan kering. Adaptasi fisiologi karena pad a tanaman kaktus klorofil menyebar di seluruh bagian kaktus. Ikan ini hidup di laut. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penguapan. ini sesuai dengan literatur yang kami baca bahwa dalam keadaan bahaya cicak akan melakukan autonomi (memutusakan ekornya). tumbuhan yang termasuk suku jahe-jahean akan mematikan sebagian tubuhnya yang tumbuh di permukaan tanah.9). Saat di sungai. Contoh lain adalah keladi meneteskan air untuk mengurangi kelebihan air. menggugurkan daunnya. Setelah menjadi lebih besar mereka bergerak ke bagian hilir dan akhirnya ke laut. ikan salem dewasa yang berumur empat sampai tujuh tahun berkumpul di teluk disepanjang Pantai Barat Amerika Utara untuk menuju ke sungai. selain itu . b. Kemudian pada musim kemarau tumbuhan tropofit. batang kaktus tebal dan berongga untuk menyimpan air sedangkan daunnya berbentuk duri sehimgga menguragi penguapan. ikan salem jantan mengeluarkan sperma di atas telur-telur ikan betinanya.

kami mengkategorikan ke dalam adaptasi morfologi karena teratai memiliki bentuk daun yang menyesuaikan lingkungan mereka tinggal. Pada dasar teori disebutkan bahwa tanaman kaktus termasuk dalam tanaman xerofit yang merupakan tanaman daerah kering. Ini sesuai dengan dasar teori di atas yang menyebutkan bahwa tanaman teratai termasuk tanaman hidrofit merupakan tanaman yang hidup di air. Gambar tiga yaitu reptil yang sedang berjemur di bawah terik matahari. daun teratai berbentuk lebar hal ini menyebabkan penguapannya maksimal. Adaptasi fisiologi karena menghasilkan nektar sehingga menarik lebah untuk mendekati bunga dan menghisap nektar. Gambar enam yaitu Gambar bunga yang sedang dihinggapi lebah. akar sangat luas untuk mencari air. Selain itu teratai juga mempunyai banyak stomata dan batang teratai berongga yang menyebabkan teratai mengapung. Adaptasi fisiologi karena reptil dapat Gambar empat yaitu sekelompok burung yang sedang terbang. Adaptasi tingkah laku karena reptil mempunyai tingkah laku berjemur di bawah terik matahari hal ini disebabkan karena reptil merupakan hewan berdarah dingin. kami mengkategorikan ke dalam aptasi fisiologi dan morfologi. beberapa dapat mengapung di permukaan air karena batang berongga dan berdaun lebar tipis. fisiologi dan morfologi. kami mengakategorikan ke dalam adaptasi tingkah laku karena burung mempunyai tingkah laku ketika terbang mereka akan berkelompok membentuk suatu pola Gambar lima yaitu teratai.tanaman kaktus memiliki kemampuan untuk menyimpan air dalam jumlah yang banyak. Adaptasi morfologi karena bunga memiliki warna mencolok sehingga menarik . bentuk daun dan batangnya disesuaikan dengan lingkungan tempat mereka hidup yang hidup di air. Adaptasi morfologi. daunnya kecil berduri untuk mengurangi penguapan air. kami mengkategorikan ke dalam adaptasi tingkah laku.

lebah untuk mendekat. F. Daftar pustaka . 2.data diatas dan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Ukuran hidung dan luas lubang hidung berpengaruh terhadap kepekaan dalam membedakan berbagai wewangian. Ini sesuai dengan literatur yang menyebutkan bahwa Kesimpulan Percobaan kami memperoleh data. Ukuran hidung dan luas lubang hidung berpengaruh terhadap jarak penciuman pada manusia.

google.52 Poppy k. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. -. 18 okt 2010 jam 9.27 Psychemate.html Pada hari senin.com/2007/12/watchingsmell-and-taste-movie.com/doc/6266971/Kelas04-Ipa-Poppy Pada hari senin. 2008. Diambil dari http://psychemate. -. ILMU PENGETAHUAN ALAM.scribd.Anonim.blogspot. 18 okt 2010 jam 9. SISTEM INDERA & KESEIMBANGAN.id/index. Diambil dari http://wiki. Adil .53 Ellyzar I. Diambil dari http://ypwi. KEPEKAAN HIDUNG. devi dan Sri Anggraeni.36 Anonim. 2007.php?option=com_content&view=articl e&id=109:kekuatan-indera-manusia&catid=25:pendidikan Pada hari senin.or. Diambil dari http://books. 18 okt 2010 jam 9.feureau. 18 okt 2010 jam 9. M.co.com/wiki/Praktikum_Psikologi_Eksperim en Pada hari senin.19 . -.id/books?id=Xp4ulSSBIOQC&pg=PA 13&lpg=PA13&dq=kepekaan+hidung&source=bl&ots=gaTB K9G3CW&sig=thAlRU8Pim01U_4xC0dvEWv6XoE&hl=id &ei=7rC7TJPLOsKrcaXLjc8M&sa=X&oi=book_result&ct= result&resnum=7&ved=0CCkQ6AEwBg#v=onepage&q=kep ekaan%20hidung&f=false Pada hari senin. 18 okt 2010 jam 9. PRAKTIKUM PSIKOLOGI EKSPERIMEN. Diambil dari http://www. WATCHING "SMELL AND TASTE MOVIE" .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful