Nama : Fajar Sardi Syahputra NIM : 090502074 Tugas : Sistem Informasi Manajemen (Artikel

)

“e-Commerce” Model Bisnis Masa depan

Oleh : Nukman Luthfie Setiap bisnis online memiliki model bisnis masing-masing, entah itu B2B, B2C maupun C2C. Masing-masing juga memiliki sumber pendapatan yang berbeda pula. Sebagai contoh, portal (berita) seperti Detik.com berusaha menjaring sebanyak mungkin pembaca online, dan mengandalkan iklan online sebagai sumber pendapatannya. Demikian pula portal berita lain seperti Kompas.com, Vivanews.com, Okezone.com dan lainnya. Namun DetikPortal.com mengandalkan pendapatan dari pelanggan berbayar. Sedangkan Juale.com mengandalkan dari sewa toko online. Google, Yahoo, dan Bing yang selama ini berkutat di mesin pencari online. Bahkan Twitter dan Facebook yang merajai media sosial dunia pun (juga Kaskus.us yang menguasai media sosial lokal) masih melihat iklan online sebagai sumber pendapatan utama mereka. Tentu hal ini berbeda dengan model bisnis toko online, seperti Amazon.com, Alibaba.com, eBay.com (di luar), dan di dalam negeri Plasa.com, Tokopedia.com, Tokobagus.com, serta Juale.com, yang sumber pendapatan terbesarnya dari transaksi online, bukan iklan. Namun, saya menduga, ke depannya, sebagian besar bisnis online akan mencari sumber pendapatan lain melalui e-commerce. Detik.com misalnya, sudah merintis dengan membangun Detikshop.com sejak beberapa tahun lalu. Kaskus juga sudah membangun Kaskus Jual Beli (KJB) sejak lama.

1

dengan komisi transaksi yang murah. kecuali masih mahal komisinya. telah dilakukan kurang lebih sejak 25 tahun yang lalu. saya sendiri. bukan hanya mengandalkan iklan. tidak disukai pengguna Internet di Indonesia. “diam-diam” para pengguna Internet Indonesia juga membangun pengalaman melakukan transaksi via online.Mereka yang memiliki basis komunitas dan pembaca yang sangat besar. kemudian interaksi via online. Jangan heran pula jika Facebook pun sudah memiliki Facebook Credit yang bisa dibeli dengan kartu kredit atau Paypal. hampir separo pengguna Internet di Indonesia pernah melakukan transaksi online. dan mengambil komisi dari transaksi. Di tengah fenomena ini. Mengapa ke e-commerce? Karena perilaku pengguna Internet di Indonesia sudah semakin baik. Keunggulan utama aplikasi e-commerce ini terletak pada kemampuan untuk melakukan busines setiap saat. Itu sebabnya. agar pasar transaksi online di Indonesia tumbuh pesat. Kaskus membangun kaspay yang menfasilitasi jual beli barang di FJB. E-COMMERCE GLOBAL Aktivitas elektronik global seperti electronic Funds Transfer dan Electronik Data Interchange dalam mendukung B2B dan repetitif lain serta transaksi keuangan standardisasian. Yang jelas. tiap portal akan membangun strategi dan menyediakan layanan yang mungkin berbeda. model bisnis portal akan berkembang ke arah e-commerce. sangat mahal karena basis transaksinya US$. Mengapa rindu? Sebab jika mengandalkan fasilitas dari luar. Bahkan. Sementara kartu kredit. Jika dulunya hanya membaca. seperti Paypal. seperti Detik. selalu berusaha mencari jalan untuk memonetisasi trafik. Salah satu peluangnya adalah e-commerce. bahkan kemudian bermediasosial. kemungkinan besar angkanya akan naik. Berhasil atau tidak langkah-langkah para portal-portal besar itu tidak perlu diperdebatkan. Hasil riset dari AC Nielsen dua tahun lalu menunjukkan. Kalau riset yang sama dilakukan tahun ini. sangat merindukan alat bayar online yang khas Indonesia. Facebook akan memperluas Facebook Credit untuk bisa dipakai sebagai alat bayar belanja online. dari 2 .com dan Kaskus. dan bisa digunakan untuk membayar berbagai game yang disediakan di Facebook. Bagaimana caranya menuju ke sana.

bergabung dengan komunitas online dan terakhir. menjadi strategik. perusahaan dihadapkan pada berbagai pekerjaan yang berisiko dan menjadi lebih sulit ketika dampak internasional dipertimbangkan. pemenuhan order dan pengiriman atau distribusi barang dan jasa yang tepat waktu. melakukan lokalisasi. pembayaran secara elektronik harus aman. Isu kultural. isu administratif isu geografik dan lokalisasi serta isu ekonomi merupakan area identifikasian dari sifat atau penghalang yang dibuat seseorang untuk menghalangi e-commerce global. Keberhasilan pada tahapan implementasi e-commerce untuk usaha kecil dan menengah tidak hanya terkait dengan masalah kesempatan. Beberapa bisnis eCommerce yang sukses dibidangnya adalah sebagai berikut: EBAY. sebuah web seharusnya menyediakan berbagai jasa atau fitur yang diperlukan oleh konsumen atau pelanggan. namun terdapat beberapa hambatan pada global e-commerce. Para peneliti telah mengidentifikasi faktor-faktor kesuksesan kritis yang dapat membantu perusahaan dalam menentukan kesuksesan usaha kecil dan menengah dalam e-commerce. dukungan pemasok. berpikir global dan bertindak secara konstan. Solusi yang dapat diaplikasi untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu. penggenerasian dan pemeliharaan kepercayaan. kultur dan transalasi bahasa. pengendalian inventori merupakan hal yang krusial. Situs web pelelangan online ini ditemukan di San Jose. pada tahun 1995 oleh Programer Komputer Prancis kelahiran Iran yang bernama Pierre Omidyar.COM Ebay adalah situs Jual-beli yang paling terkenal dan laku dipergunakan oleh masyarakat di dunia. metoda pembayaran harus fleksibel. Faktor-faktor tersebut antara lain. memandang produk sebagai sesuatu yang kritis. adanya dukungan pemilik.berbagai tempat dan biaya yang layak. California. mendokumentasi dan menjelaskan serta menawarkan jasa yang dapat mereduksi hambatan. Meskipun terdapat peluang dan benefit yang ditawarkan oleh globalisasi. visibilitas pada internet yang tinggi. keamanan dan nama domain. Item barang yang pertama dijual di Ebay adalah tongkat laser yang rusak dengan harga 3 . Beberapa hambatan tersebut antara lain. jasa logistik harus cepat dan reliabel. menilai campur tangan manusia. mengklarifikasi. Hambatan ini meliputi autentikasi pembeli dan penjual. mengenal audiensi. Aplikasi e-commerce juga termasuk aplikasi internet pada usaha kecil dan menengah dipertimbangkan sebagai alat busines yang dapat dinilai.

eBay mencapai persetujuan lisensi pertama. Pada bulan September 1997. yang merupakan perusahaan konsultasi Omidyar.COM Bermula dari garasi yang disewanya. permainan. DVD. Melalui moto “tumbuh lebih besar dengan lebih cepat”. Ketekunan. perusahaan ebay ini secara resmi merubah namanya menjadi AuctionWeb to eBay. perhiasan. tetapi ternyata ditemukan dengan nama Echo Bay Mines. yang kemudian perusahaan tersebut dibeli oleh PayPal pada tanggal 14 Oktober 2002. hingga makanan. keahlian teknis. dan komitmen terhadap kualitas yang dimilikinya. Didalam emailnya.$14. yang sebelumnya bernama Echo Bay Technologi Group. Chris Agarpao sebagai pewagai pertama di eBay dan Jeffrey Skoll disewa sebagai presiden pertama perusahaan tersebut pada tahun 1996. mulai dari buku.com pada tahun 1994. Omidyar telah menaruh namanya di daftar domain. Dan ini tiga kali angka (situs ini merupakan salah satu situs jual-beli terbesar juga). 4 . Herannya. usaha awalnya berubah dari satu toko buku sederhana menjadi raksasa perdagangan virtual dan toko online terbesar di dunia karena menyediakan berbagai barang dagangan yang super lengkap. AMAZONE. yaitu dengan Perusahaan Perjalanan Pelelangan Elektronik yang berkerja sama dengan SmartMarket Technology untuk menjual tiket pesawat dan produk-produk perjalanan lainnya. Omidyar di hubungi oleh seorang pembeli dan dia menyuruh Omidyar untuk menjelaskan kerusakan Tongkat laser tersebut. Pada bulan November 1996. Si pembeli mengatakan bahwa dia seorang pengumpul Tongkat laser yang rusak. 33 tahun. membuat Bezos mampu menjadi salah satu orang terkaya di dunia pada usia yang amat muda. eBay menjadi perusahaan masyarakat pada 21 September 1998 dan kemudian Omidyar dan Skoll menjadi billiuner. Bezos mendirikan Amazon. Dia juga pernah dipilih sebagai man of the year pada tahun 1999 oleh majalah Time. perangkat lunak komputer. Ebay memiliki jumlah pengunjung paling sedikit 902 juta / per tahunnya. CD musik.83. pakaian.

”sebutnya. Amazon sudah mendapat pelanggan di lebih dari 50 negara bagian dan 45 negara di dunia. ia kemudian bekerja di Wall Street. Di perusahaan inilah. Jeff dengan Amazonnya kini juga sering mendermakan sebagian pendapatannya. Bernard Ryan. Pria Kelahiran 12 Januari 1964 dari Albuquerque. nama lengkapnya adalah Jeffrey P Bezos Bersama dengan istrinya. Sehingga Jeff kemudian kuliah di Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Listrik di Universitas Princeton. Tekad Jeff Bezos untuk merebut peluang yang ada dengan mengorbankan posisi dan jabatannya menunjukkan dirinya adalah seseorang dengan kemauan dan komitmen yang kuat. kurang dari 30 hari. Dengan bekal keyakinan akan peluang yang menantang. ia mencoba mencari kira-kira sesuatu yang bisa dengan mudah dijual dari internet. Jr dengan baik mengisahkan perjalanan hidupnya yang luar biasa dan rahasia di balik sukses kehidupan bisnis dan pribadinya Jeff Bezos. New Mexico ini sejak kecil sudah menunjukkan bakatnya di bidang teknik. Jeff kemudian mendirikan Amazon.E.Dalam buku ini. Dari perkembangan Amazon kini telah mengantarkan Jeff Bezos menjadi miliarder dunia. Ia menemukan. Dari sana. Mackenzie ia membangun Amazon menjadi pelopor toko buku online yang kini telah mendunia. Shaw&Co.com. Terakhir. Jeff akhirnya memilih meninggalkan karier untuk mencoba peruntungan berbisnis di bidang teknologi informasi. Saat itu.7 miliar. ia bekerja keras membesarkan Amazon. khusus menangani bidang komputer. bahwa katalog buku dengan mudah bisa di-upload sehingga lebih mudah ditampilkan di internet. toko buku online-yang menjual berbagai produk selain buku. 5 . Jeff bekerja untuk sebuah perusahaan keuangan yang mengembangkan aplikasi komputer untuk pasar saham. ia bertemu dengan calon istrinya. Setelah lulus. D. Dengan pendapatan US$10. Seorang pria pemilik Amazon. dengan harapan usahanya pun akan terus berkembang tanpa batas dengan cabang di mana-mana.com. Sikap Jeff yang mampu mempertemukan peluang dengan sikap kerja keras dan komitmen kuat patut dijadikan teladan siapapun yang ingin mengembangkan jiwa kewirausahaan. “Mendermakan sebagian uang kita memerlukan perhatian sama besar dengan membesarkan sebuah perusahaan. nama ini ia ambil dari nama sebuah sungai terpanjang di dunia.com. Keputusannya berhenti dari pekerjaan yang sangat menjanjikan segera dibayarnya dengan kerja keras. ia kemudian bergabung di beberapa perusahaan.

amazon. penggunaan bisnis online kurang diminati oleh masyarakat indonesia karena tingkat kepercayaan masyarat yang masih sangat minim. yang tidak jarang cenderung menyesatkan. Untuk mempercepat dan meningkatkan penjualan cepat maka dengan melihat perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tersebut kita dapat memanfaatkan suatu layanan secara on-line yang berupa e-commerce. Awalnya. Selama ini. Efektif dan efisien. itulah alasan mengapa perusahaan sudah banyak beralih menggunakan bisnis online. penggunaan internet sebagai media penjualan online mulai digandrungi oleh masyarakat luas.Summary Transaksi bisnis menggunakan media internet secara online semakin berkembang pesat dewasa ini. Namun. seiring berkembangnya teknologi informasi. Sebut saja berbagai macam toko online seperti ebay. Selama ini juga pelanggan yang ingin membeli suatu produk diharuskan untuk mendatangi tempat dari penjual produk sendiri dan hal itu sangatlah tidak efisien bagi para pelanggan yang mempunyai kesibukan kesibukan yang sangat padat sekali.com yang sudah dikenal oleh masyarakat luas skala internasional atau kaskus.us yang juga sudah berkembang di indonesia. Maka dari itu saat sekarang sangat diperlukan dan diminati perusahaanperusahaan yang menerapkan layanan ecommerce. sehingga perusahaan tersebut akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik dan tercepat bagi para pelanggan. Dengan adanya layanan electronic commerce (e-commerce) ini maka pelanggan dapat mengakses serta melakukan pesanan dari berbagai tempat. Dengan adanya era teknologi yang canggih saat ini para pelanggan yang ingin mengakses e-commerce tidak harus berada di suatu tempat. 6 . Dengan adanya layanan jasa berupa e-commerce yang dapat secara cepat dapat dinikmati oleh pelanggan maupun perusahaan sendiri maka segala layanan yang diinginkan oleh para pelanggan dapat segera ditindak lanjuti dengan secepat mungkin. hal itu dikarenakan di kota kota besar di Indonesia telah banyak tempat tempat yang menyediakan suatu fasilitas akses internet hanya dengan menggunakan laptop/notebook ataupun dengan Personal Digital Assistant (PDA) dengan menggunakan teknologi wifi.com. sistem penjualan dari pelanggan yang digunakan oleh perusahaan hanya bersifat secara tertulis dan manual. Penerapan teknologi e-commerce merupakan salah satu faktor yang penting untuk menunjang keberhasilan suatu produk dari sebuah perusahaan.