P. 1
ERD

ERD

|Views: 48|Likes:
Published by Rama Putra

More info:

Published by: Rama Putra on Dec 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/01/2010

pdf

text

original

ERD (Entity Relationship Diagram

)
ERD ERD adalah pemodelan data utama dan akan membantu mengorganisasikan data dalam suatu proyek ke dalam entitas-entitas dan menentukan hubungan antar entitas. Entitas (Entity) Entitas adalah suatu yang nyata atau abstrak dimana kita akan menyimpan data. Contoh entitas pegawai, entitas kampus, entitas buku dsb. Relasi (Relationship) Relasi adalah hubungan alamiah yang terjadi antara satu atau lebih entitas, misal proses pembayaran pegawai. Kardinalitas menentukan kejadian suatu entitas untuk satu kejadian pada entitas yang berhubungan. Misal, mahasiswa bisa mengambil banyak mata kuliah Atribut (Attribute) Atribut adalah ciri umum semua atau sebagian besar instansi pada entitas tertentu. Sebutan lain atribut adalah properti, elemen data dan field. Misal, nama, alamat, nomor pegawai, gaji dsb. Metodologi ERD

TUGAS LOG IN BASIS DATA/ ISTAKHORI [065108151] ILKOM 4F UNPAK

1

Tetapi seorang pegawai dapat libur dan tidak dapat tugas di proyek.Contoh Kasus: Sebuah perusahaan mempunyai beberapa bagian. Paling tidak satu pegawai mendapat tugas di satu proyek. Menentukan entitas Entitasnya : pengawas. Pegawai ditugaskan paling tidak di satu bagian (dapat pula dibeberapa bagian). Gambar ERD sementara Hubungkan entitas sesuai dengan matrik relasi yang dibuat 4. bagian. Mengisi kardinalitas Dari gambaran permasalahan dapat diketahui bahwa: a) masing-masing bagian hanya punya satu pengawas b) seorang pengawas bertugas di satu bagian c) masing-masing bagian ada minimal satu pegawai d) masing-masing pegawai bekerja paling tidak di satu bagian e) masing-masing proyek dikerjakan paling tidak oleh satu pegawai f) seorang pegawai bisa mendapatkan libur TUGAS LOG IN BASIS DATA/ ISTAKHORI [065108151] ILKOM 4F UNPAK 2 . Masing-masing bagian mempunyai pengawas dan setidaknya satu pegawai. Menentukan relasi dengan matrik relasi 3. pegawai. 1. proyek 2.

yaitu antara bagian dengan pegawai. Kunci utama dari entitas baru adalah kunci utama dari entitas lain yang akan menjadi kunci tamu di entitas yang baru. Nomor Pegawai. nomor pegawai. nomor pengawas. nomor proyek. nama pegawai. TUGAS LOG IN BASIS DATA/ ISTAKHORI [065108151] ILKOM 4F UNPAK 3 . nama proyek. pegawai dengan proyek. Nama Bagian. 7. nama pengawas. Menggambar ERD berdasarkan kunci Ada dua relasi many to many pada ERD sementara. Nomor Proyek 6.5. Oleh sebab itu kita buat entitas baru yaitu bagian -pegawai dan pegawai-proyek. Menentukan kunci utama Kunci utamanya: Nomor Pengawas. Menentukan atribut Atribut yang diperlukan adalah: nama bagian.

re. Menggambar ERD dengan atribut 10. Memeriksa hasil ERD akhir: untuk pemodelan data pada sistem.sukarata.8.id/erd-entity-relationship-diagram. Memetakan Atribut 9.or.htm TUGAS LOG IN BASIS DATA/ ISTAKHORI [065108151] ILKOM 4F UNPAK 4 .com/files/Membuat%20ERD.pdf http://blog. Referensi : http://www.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->