P. 1
panduan_PPL

panduan_PPL

|Views: 1,206|Likes:
Published by Dwi Purwanto

More info:

Published by: Dwi Purwanto on Dec 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2013

pdf

text

original

Sections

  • BAB 2 PENGERTIAN, TUJUAN DAN PRINSIP PELAKSANAAN PPL
  • A. Pengertian PPL
  • C. Prinsip Pelaksanaan PPL
  • BAB 3 PROSES PELAKSANAAN PPL
  • A. Persyaratan Peserta PPL
  • B. Persiapan PPL
  • 1. Pembekalan PPL
  • 2. Pembentukan Kelompok dan Penyusunan Jadwal
  • C. Pelaksanaan PPL
  • 1. Tahap Perencanaan
  • 2. Tahap Pelaksanaan
  • 3. Tahap Refleksi
  • D. Administrasi Perangkat PPL
  • E. Mekanisme Pembimbingan PPL
  • F. Monitoring Pelaksanaan PPL
  • G. Penilaian PPL
  • H. Penyerahan Nilai PPL
  • BAB 4 DESKRIPSI TUGAS
  • B. Dosen Pembimbing
  • A. Hal-Hal yang Dilaporkan
  • B. Tatatulis Laporan
  • C. Format Penulisan Laporan
  • LAMPIRAN

Panduan Pemantapan Praktik Lapangan

Konsorsium Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Penyelenggara Pendidikan Jarak Jauh Strata 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PJJ S-1 PGSD)

Direktorat Ketenagaan Direkorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 2008

Panduan Pemantapan Praktik Lapangan
Konsorsium Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Penyelenggara Pendidikan Jarak Jauh Strata 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PJJ S-1 PGSD)

Tim Penyusun
Soekirman (Universitas Negeri Yogyakarta) Eded Tarmedi (UPI Bandung) Yudha Prapantja (SEAMOLEC)

Direktorat Ketenagaan Direkorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 2008

KATA PENGANTAR
Pemantapan Praktik Lapangan (PPL) merupakan suatu matakuliah praktik dan salah satu matakuliah kulminasi atau muara kegiatan perkuliahan pada PJJ S1-PGSD. Matakuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial dalam rangka perbaikan pembelajaran di kelas. Mahasiswa PJJ S1-PGSD adalah para guru Sekolah Dasar yang tersebar di pelosok Indonesia, sedangkan dosen berada jauh dari tempat belajar mereka. Selain itu, penyelenggaraan PPL akan banyak melibatkan berbagai pihak. Oleh karena itu diperlukan panduan PPL yang mengatur pelaksanaannya. PPL untuk mahasiswa PJJ S1-PGSD ini dilaksanakan secara berkelompok dan dibimbing oleh seorang dosen pembimbing dan seorang guru pamong. Kerja kelompok ini dilakukan dalam setiap kegiatan PPL, yaitu: penyusunan RPP, implementasi RPP, observasi, dan refleksi. Penyusunan RPP harus bertolak dari permasalahan pembelajaran pada kelas yang akan digunakan untuk praktik. Pada kegiatan observasi, observer adalah anggota kelompok dan guru pamong yang selain mengamati kegiatan praktikan, justru ditekankan dalam mengamati aktivitas belajar siswa. Hasil pengamatan pada aktivitas belajar siswa ini sangat penting dalam menyusun perencanaan pembelajaran berikutnya. Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim penyusun panduan PPL ini, semoga panduan ini dapat memberi arah pelaksanaan PPL menuju guru yang profesional. Jakarta, Juli 2008 Direktur Ketenagaan, Prof. Dr. Muchlas Samani NIP 130516386

(i)

DAFTAR ISI
Kata Pengantar Daftar Isi Tata Tertib Pelaksanaan PPL BAB 1: Pendahuluan BAB 2: Pengertian, Tujuan dan Prinsip Pelaksanaan PPL A. Pengertian PPL B. Tujuan PPL C. Prinsip Pelaksanaan PPL BAB 3: Proses Pelaksanaan PPL A. Persyaratan Peserta PPL B. Persiapan PPL 1. Pembekalan PPL 2. Pembentukan Kelompok dan Penyusunan Jadwal PPL C. Pelaksanaan PPL 1. Tahap Perencanaan 2. Tahap Pelaksanaan 3. Tahap Refleksi D. Administrasi Perangkat PPL E. Mekanisme Pembimbingan PPL F. Monitoring Pelaksanaan PPL G. Penilaian PPL H. Penyerahan Nilai PPL BAB 4: Deskripsi Tugas A. Guru Pamong B. Dosen Pembimbing C. Pengelola PPL BAB 5: Laporan Pelaksanaan`PPL A. Hal-hal yang Dilaporkan B. Tatatulis Laporan C. Format Penulisan Laporan BAB 6: Penutup Lampiran i ii iii 1 4 4 4 5 7 7 7 7 8 9 9 11 12 14 15 15 16 17 19 20 20 20 22 22 23 23 25 26

(ii)

maka pada masa residensial mahasiswa harus membentuk kelompok mahasiswa PPL yang terdiri dari 3 – 6 mahasiswa/kelompok.TATA TERTIB PELAKSANAAN PPL 1. 5. Setiap kelompok dibimbing oleh seorang dosen pembimbing dan seorang guru pamong yang ditentukan oleh Dekan atas usul Ketua Program Studi/Pengelola PJJ S1-PGSD. 8. dan kegiatan refleksi pelaksanaan pembelajaran. yaitu: penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dilengkapi dengan panduan observasi. 3. 6. Setiap mahasiswa melakukan minimal 4 kali praktik pembelajaran. 9. LKS dan panduan observasi yang akan diimplementasikan harus merupakan hasil diskusi kelompok dan guru pamong. Setiap peserta PPL harus mengikuti semua kegiatan dalam residensial yang diselenggarakan di kampus dan semua kegiatan PPL di sekolah. 7. 2. serta disetujui oleh guru pamong atau dosen pembimbing. (iii) . RPP. yang terdiri dari 2 kali pada kelas I – III dan 2 kali pada kelas IV – VI. Pada masa residensial. tanpa seijin Pengelola PJJ S1-PGSD. praktik implementasi RPP dan observasi. Kelompok PPL yang dibentuk harus mendapat persetujuan dari Pengelola PJJ S1-PGSD. setiap kelompok harus membuat jadwal rencana kegiatan PPL dan disampaikan kepada Pengelola PJJ S1-PGSD untuk memperoleh persetujuan. 4. Diskusi pembahasan RPP dan perangkat lain yang telah disusun oleh seorang mahasiswa dan kegiatan refleksi harus dilaksanakan di luar tugas mengajar. Setiap praktik pembelajaran terdiri tiga kegiatan. Mahasiswa tidak diperbolehkan pindah kelompok PPL. LKS dan media pembelajaran. PPL dilaksanakan secara berkelompok. media pembelajaran. 10.

14. guru pamong atau dosen pembimbing bertindak sebagai observer. 12. Setiap observer harus merekam/mencatat hal -hal penting dalam lembar observasi yang berguna sebagai pertimbangan dalam perbaikan proses pembelajaran selanjutnya atau untuk merevisi RPP yang telah disusun. Setiap mahasiswa harus membuat laporan PPL yang isi dan sistematika penulisannya diatur dalam buku pedoman. 15. Setiap hasil diskusi baik dalam pembahasan RPP. Semua kegiatan PPL. dilakukan di luar tugas mengajar (praktikan). (c) Tidak memperoleh nilai PPL. sedangkan mahasiswa lain dalam kelompoknya. Mahasiswa yang tidak mematuhi tata tertib dan tidak memenuhi tugas dan kewajibannya dapat dikenakan sanksi berupa: (a) Peringatan secara lisan oleh guru pamong atau dosen pembimbing. kecuali kegiatan implementasi RPP dan observasi. Implementasi RPP dilakukan oleh penyusunnya. ketua kelompok atau mahasiswa yang ditunjuk oleh guru pamong. 13. Hasil setiap refleksi harus dituliskan dalam laporan PPL. Diskusi dipimpin oleh guru pamong. Pelaksanaan kegiatan refleksi dilaksanakan setelah selesai implementasi RPP dalam bentuk diskusi untuk perbaikan atau sebagai pertimbangan perencanaan PPL berikutnya. (b) Peringatan tertulis dari Ketua Program Studi/Dekan. (iv) . kegiatan refleksi dan revisi RPP harus ditandatangani guru pamong atau dosen pembimbing. 16.11.

mahasiswa dan materi ajar. yaitu interaksi antar mahasiswa. 1 . kompetensi kepribadian. profesional dan sosial dalam rangka memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. kompetensi profesional. mahasiswa dan siswa. Proses pemerolehan kompetensi tersebut melalui banyak interaksi bermakna. Sebagai wujud dari penguasaan kompetensi itu. Oleh karena itu. mahasiswa dan dosen pembimbing. profesi dan moral. Kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa dalam PPL diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan yang sistematik dan terpercaya oleh institusi yang berkompeten.BAB 1 PENDAHULUAN Pemantapan Praktik Lapangan (PPL) dalam program PJJ S1-PGSD merupakan salah satu kulminasi atau muara program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memantapkan kompetensi pedagogik. kepribadian. Mengelola pembelajaran di kelas merupakan salah satu pekerjaan guru profesional yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik. dan kompetensi sosial. mahasiswa dan guru pamong. pelaksanaan PPL harus memberikan kesempatan agar terjadi interaksi-interaksi tersebut yang akan menumbuhkembangkan kompetensi yang perlu dimiliki oleh seorang guru. yaitu kompetensi pedagogik. Oleh karena itu untuk menjalankan profesi tersebut diperlukan penguasaan sejumlah kompetensi yang mendukung. setiap tindakan guru dalam mengelola pembelajaran merupakan tindakan pengambilan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

mengolah dan mengemukakan hasilnya. Dalam kebersamaan ini diharapkan terjadi sharing pengalaman dan pengetahuan dalam menyusun persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. mengobservasi praktik implementasi RPP di kelas dan kegiatan refleksi yang mendiskusikan kegiatan pembelajaran yang baru saja dilaksanakan berdasarkan hasil observasi dalam rangka perbaikan RPP dan perbaikan pembelajaran berikutnya. tanpa menunjukkan bagaimana siswa yang menjadi subjek pembelajaran. yaitu seorang mahasiswa/ praktikan mempersiapkan rencana pembelajaran dan mengimplementasi kannya secara mandiri di bawah bimbingan guru pamong dan dosen pembimbingnya. yang menjadi fokus utama dalam PPL adalah praktikan. Dengan adanya kegiatan observasi akan memberikan kesempatan kepada para praktikan untuk berlatih dalam mengevaluasi pembelajaran yang di dalamnya tersirat adanya ketrampilan mengumpulkan data. 2 .PPL yang diselenggarakan oleh kebanyakan LPTK dilaksanakan secara individual. LKS atau alat pembelajaran. demikian pula harus memperbaikinya berdasarkan hasil diskusi/ pembahasan yang telah dilakukan. Selain itu. Kemampuan ini sangat penting bagi guru dalam menjalankan tugasnya sehari-hari untuk senantiasa memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajarannya yang didasarkan pada hasil observasi. Kebersamaan ini tidak akan mengurangi kemandirian praktikan. karena praktikan tetap menyusun RPP secara mandiri. Kebersamaan itu terjadi pada pembahasan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan perangkatnya. seperti media. tanpa melibatkan mahasiswa/pratikan lain. Pada pelaksanaan PPL mahasiswa PJJ S1-PGSD ini didesain adanya kebersamaan mahasiswa/praktikan dalam melaksanakan PPL.

yaitu pengelola program. guru pamong. dosen pembimbing. yang pada akhirnya dapat mewujudkan proses dan hasil PPL yang diharapkan. Keterlibatan berbagai pihak tersebut berpotensi menimbulkan terjadinya perbedaan persepsi dalam menangani pelaksanaan PPL. agar semua pihak yang terlibat memiliki kesamaan persepsi. 3 . Untuk itu diperlukan pedoman pelaksanaannya.Dalam pelaksanaan PPL program PJJ S1-PGSD melibatkan banyak pihak. kepala sekolah dan mahasiswa.

dosen pembimbing dan guru pamong. ketrampilan mengobservasi pembelajaran dan melakukan refleksi serta menyusun laporannya.BAB 2 PENGERTIAN. melakukan praktik pembelajaran yang sesuai dengan RPP. Tujuan Melalui kegiatan PPL. Mendalami karakteristik dari peserta didik dalam rangka memotivasi belajarnya. Pengertian PPL Pemantapan Praktik Lapangan (PPL) merupakan salah satu matakuliah kulminatif pada Program PJJ S1PGSD yang membekali mahasiswa dalam ketrampilan menyusun RPP (skenario perbaikan pembelajaran) sebagai suatu rencana pemecahan masalah pembelajaran. mahasiswa diharapkan mampu: 1. B. 2. Selain itu. Ketrampilan dan peningkatan kompetensi tersebut diperoleh dari kegiatan yang dilakukan secara kolaboratif antara mahasiswa. kepribadian dan sosial yang diperoleh selama perkuliahan. Melakukan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik dalam mengembangkan potensinya. ketrampilan itu merupakan pencerminan sekaligus peningkatan kompetensi pedogogik. 3. 4. profesional. Melakukan pemantapan kemampuan profesional guru. Menemukan permasalahan yang menghambat proses pembelajaran di kelas dan mengatasi 4 . TUJUAN DAN PRINSIP PELAKSANAAN PPL A.

menyusun rencana pembelajaran. 9. Secara rinci prinsip pelaksanaan PPL adalah sebagai berikut: 1. C. Melakukan evaluasi proses dan hasil pembelajaran. 2. 5. 6. Kegiatan PPL bertolak dari permasalahan pembelajaran suatu bidang studi di Sekolah Dasar. Menerapkan pembelajaran inovatif. 8. 10.permasalahan pembelajaran tersebut secara individu atau kelompok mahasiswa. Trampil dalam mengobservasi kegiatan pembelajaran. yang bertolak dari suatu permasalahan pembelajaran. Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang baik dan mampu mengimplementasikannya. Mampu bekerja sama dalam mengembangkan kepribadiannya sebagai guru. Prinsip Pelaksanaan PPL Pelaksanaan PPL pada program PJJ S1-PGSD berprinsip adanya kerjasama sesama mahasiswa. sehingga saling memberi dan menerima (sharing) pengalaman belajar dalam menentukan masalah pembelajaran di kelas. mengolah hasil observasi dan menyampaikannya secara sistematis. Mampu mengkomunikasikan proses dan hasil pembelajaran nya secara lisan dan tertulis. Semua kegiatan PPL dilaksanakan secara 5 . implementasi rencana dan mengobser vasi serta melakukan refleksi pada kegiatan-kegiatan tersebut. 7.

5. demikian pula pada kegiatan refleksinya. 6. Adanya observer dari mahasiswa dan guru pamong dalam praktik pelaksanaan pembelajaran. bukan hanya berdasarkan pada teori/opini. 8. 9. 7. Diskusi dalam kegiatan refleksi didasarkan pada hasil observasi. Adanya kesepakatan (hasil diskusi) dalam penyusunan RPP yang merupakan pemecahan masalah atau penerapan pembelajaran inovatif dan pedoman observasinya. Observasi proses pembelajaran. 3. Adanya kegiatan refleksi yang dilaksanakan sesegera mungkin setelah selesai praktik pembelajaran dan observasi. Pembelajaran yang dilakukan harus berorientasi pada kegiatan siswa dalam rangka mengembangkan potensinya. yaitu mengamati kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan RPP dan lebih menekankan pengamatan pada aktivitas belajar siswa sebagai respon dari implementasi RPP. 10.kolaborasi antara mahasiswa dan pembimbing berdasarkan prinsip-prinsip kolegialitas (kesejawatan) dan mutual learning (pembelajaran yang saling membantu). Praktikan harus menyusun laporan PPL sesuai dengan sistematika yang ditentukan dalam panduan ini. Adanya komitmen bersama di antara anggota kelompok mahasiswa untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. 4. 6 .

2. Persyaratan Peserta PPL Setiap peserta PPL PJJ S1-PGSD harus memenuhi persyaratan sebagai berikut: 1. dengan IP Kumulatif minimal 2. Terdaftar sebagai mahasiswa PJJ S1-PGSD pada semester diselenggarakannya PPL. 3. 4) Membentuk kelompok PPL dan menyusun jadwal rencana PPL. Pada semester tersebut memprogramkan matakuliah PPL dalam rencana studinya. Tujuan Pembekalan PPL 1) Memiliki persepsi yang sama dalam melaksanakan PPL. 3) Memiliki ketrampilan dalam mengelola kelas berdasarkan prinsip-prinsip kesejawatan. 2) Memiliki keterampilan dasar pembelajaran dan pembelajaran inovatif. B. Persiapan PPL 1.BAB 3 PROSES PELAKSANAAN PPL A.50. 7 . Pembekalan PPL Pembekalan PPL dilaksanakan pada masa residensial di kampus dengan tujuan dan materi pembekalan sebagai berikut. a. termasuk matakuliah Strategi Pembelajaran dan Asesmen Pembelajaran. Telah menempuh matakuliah PJJ S1-PGSD minimal 70 sks.

Tematik). Perencanaan ini harus dinyatakan secara tertulis dan diusulkan ke Pengelola PJJ S1-PGSD untuk memperoleh persetujuan. Atas pertimbangan lokasi atau pertimbangan lain. tempat pertemuan. mahasiswa dapat membentuk kelompok dan mengusulkannya ke Pengelola PJJ S1-PGSD untuk memperoleh persetujuan. tempat praktik dan refleksinya. CTL. 8 . kesepakatan tentang jadwal pertemuan. Tiap kelompok harus menyusun komitmen bersama. Penentuan kelompok mahasiswa. 4) Latihan Penyusunan RPP dan Lembar Observasi. 2. 3) Strategi pengembangan profesional guru melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif sesama guru.b. Materi Pembekalan 1) Pemahaman Pedoman Pelaksanaan PPL. dosen pembimbing dan guru pamong diatur oleh Pengelola PJJ S1-PGSD. praktikan dan observernya. seperti pembentukan ketua dan sekretaris. Pembentukan Kelompok dan Penyusunan Jadwal PPL Pembentukan kelompok mahasiswa PPL dan penyusunan jadwal PPL dilakukan pada masa residensial. 2) K e t r a m p il a n D as ar M e n ga ja r dan Pembelajaran Inovatif (PAIKEM. PPL dilaksanakan secara berkelompok yang terdiri 3 – 6 mahasiswa/kelompok dengan seorang dosen pembimbing dan seorang guru pamong. dan aturan-aturan lain.

Pelaksanaan PPL 1. cara pembelajaran. Penetapan permasalahan tersebut merupakan hasil diskusi kelompok yang membahas alasan dan unsur-unsur permasalahan. para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok. seperti: kompetensi dasar. kondisi siswa. yang berisi rencana pemecahan permasalahan yang telah ditetapkan. cara membuat siswa belajar. materi ajar. Tahap Perencanaan Sebelum menyusun RPP. Selama pelaksanaan kegiatan PPL. Penyusunan RPP mengikuti format yang telah ditentukan (terlampir). C. Permasalahan itu dapat berupa satu atau beberapa hal tentang kompetensi yang mesti dimiliki siswa. Selanjutnya didiskusikan bagaimana pemecahannya. Perencanaan diawali dengan kegiatan menganalisis kebutuhan untuk pemecahan masalah yang dihadapi.Hal penting yang harus diperhatikan dalam jadwal kegiatan PPL adalah semua kegiatan tersebut tidak boleh mengganggu tugas mengajar mahasiswa (praktikan) dan sekolah yang digunakan untuk kegiatan PPL. Dalam tahap perencanaan. jika terjadi perubahan jadwal atau lainnya segera menyampaikan ke Pengelola PJJ S1-PGSD untuk memperoleh persetujuan. media atau lainnya. yang akan digunakan sebagai dasar penyusunan RPP. mahasiswa perlu menetapkan permasalahan pembelajaran pada suatu bidang studi di suatu kelas. berkolaborasi untuk membahas RPP yang telah disusun oleh tiap mahasiswa. menyiasati kekurangan 9 .

Alat atau media pembelajaran di SD sangat diperlukan. sehingga RPP menjadi sebuah perencanaan yang sangat matang. maka RPP tersebut dapat disebarluaskan kepada para guru untuk dilaksanakan di kelasnya. oleh karena itu pemilihan dan penetapan media pembelajaran perlu didiskusikan secara matang dan dipersiapkan keberadaannya. tahap inti sampai dengan tahap akhir pembelajaran. karena siswa SD masih dalam tahap operasional konkrit. kegiatan penting yang harus dilakukan sebelum implementasi RPP di kelas 10 . termasuk instrumen evaluasi/penilaiannya. Sebagai suatu skenario pembelajaran mesti memuat suatu alur dan urutan kegiatan pembelajaran serta garis besar materi dari setiap kegiatan yang tidak membingungkan. Sehingga. Perlu ditekankan bahwa RPP merupakan suatu skenario pelaksanaan praktik pembelajaran di kelas yang akan dilakukan oleh guru. urutan kegiatan dan garis besar materi pembelajarannya. Dengan demikian. Kesimpulan dari hasil analisis kebutuhan menjadi bagian utama yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan RPP. Selain penyusunan RPP. maka terdapat kemiripan dalam alur. sehingga dapat diketahui berbagai kondisi nyata yang akan digunakan untuk kepentingan pembelajaran. RPP yang baik adalah RPP yang apabila dilaksanakan oleh guru-guru lain.fasilitas dan sarana belajar dan sebagainya. yang di dalamnya sanggup mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi selama pelaksanaan pembelajaran berlangsung. baik pada tahap awal. jika implementasi suatu RPP memberikan hasil pembelajaran yang baik.

pengamat tidak diperbolehkan mengganggu 11 . 2. adanya hal-hal menarik dari para siswa. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tahap pelaksanaan. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran lebih alami.adalah menyusun panduan observasi yang didasarkan pada RPP. Apakah siswa menjadi senang dan termotivasi belajarnya atau malah sebaliknya. konsentrasi belajar siswa. Konsultasi penyusunan RPP dengan dosen pembimbing dapat dilakukan melalui online/email. adanya kelainan belajar dari beberapa siswa dan sebagainya. karena guru telah mengenal dengan baik situasi dan kondisi siswa. (2) Kegiatan pengamatan atau observasi yang dilakukan oleh anggota kelompok dan guru pamong. terdapat dua kegiatan utama. Panduan observasi. b. yaitu: (1) Kegiatan praktik pembelajaran yang dilakukan oleh salah seorang mahasiswa untuk mempraktikkan RPP yang telah disusun. Mahasiswa melaksanakan praktik pembelajaran sesuai dengan RPP hasil diskusi bersama. Praktik diusahakan pada kelas yang menjadi tugasnya sehari-hari. yang lebih utama berisi bagaimana respon/tanggapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Tahap Pelaksanaan Pada tahapan ini. kecuali berisi aspek-aspek kesesuaian pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa praktik dengan RPP. adalah: a. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Diusahakan kelas yang digunakan untuk praktik adalah kelas dari praktikan.

siswa .lingkungan lainnya.guru. Pengamat cukup mencatat kesalahan atau keganjilan tersebut. meskipun terdapat kesalahan atau keganjilan dalam proses pembelajaran. dengan menggunakan lembar pengamatan yang telah disiapkan sebelumnya. e. Observer melakukan pengamatan secara teliti terhadap interaksi siswa-siswa.bahan ajar. terutama respon siswa dalam proses pembelajaran. c. Pengamat dapat melakukan perekaman melalui tape recorder. Tahap Refleksi Kegiatan refleksi dilaksanakan setelah selesai praktik/ pelaksanaan pembelajaran dan observasi. Kegiatan refleksi dilakukan dalam bentuk diskusi yang diikuti seluruh anggota kelompok yang dipandu guru pamong atau anggota kelompok yang ditunjuk. Tahapan ini merupakan refleksi dari proses pembelajaran yang baru saja dilaksanakan berdasarkan analisis hasil pengamatan dari para observer dan guru pamong. siswa . misalnya mengenai kesulitan dan permasalahan yang 12 . kamera video atau kamera digital untuk keperluan dokumentasi dan bahan analisis lebih lanjut atau sebagai bukti yang dapat diperlihatkan dalam kegiatan refleksi. siswa . d. Diskusi dimulai dengan penyampaian kesan dan komentar mahasiswa yang mempraktikkan pembelajaran. 3. indikator pencapaian kompetensi dan urutan kegiatan pembelajaran yang tercantum dalam RPP.jalannya kegiatan pembelajaran dan mengganggu konsentrasi guru maupun siswa. Catatan pengamatan dibuat berdasarkan pedoman observasi.

pengamat harus didukung oleh bukti-bukti yang diperoleh dari pengamatan dan tidak hanya berdasarkan teori/opini. dan refleksi disebut satu siklus/ putaran/daur. implementasi RPP dan observasi. setiap mahasiswa PPL harus melaksanakan kegiatan PPL minimal 4 (empat) siklus (lihat Gambar 1). tetapi lebih ditekankan pada kegiatan siswa). Dalam satu semester. Tiga tahap tersebut. Semua kegiatan perencananaan. Oleh karena itu. yaitu perencanaan. sebaiknya seluruh peserta memiliki catatan-catatan pembicaraan yang berlangsung dalam diskusi. Kegiatan refleksi ini harus memperoleh kesimpulan tentang apa saja yang harus diperbaiki dalam proses pembelajaran dan khususnya untuk revisi RPP dan penyusunan perencanaan pembelajaran berikutnya. implementasi rencana dan refleksi dapat dilakukan juga melalui video conference.dirasakan dalam melaksanakan RPP yang telah disusun. Selanjutnya. Setiap siklus. Berbagai pembicaraan yang berkembang dalam diskusi dapat dijadikan umpan balik bagi seluruh peserta untuk kepentingan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran berikutnya. Dalam menyampaikan saran-sarannya. pengamat menyampaikan tanggapan atau saran secara bijak terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan (bukan hanya terhadap guru yang bersangkutan. 13 . semua kegiatan PPL dilaksanakan dalam kelompok mahasiswa PPL.

hasil diskusi dalam refleksi harus dikirim kepada dosen pembimbing melalui email. LKS.D. Administrasi Perangkat PPL Semua perangkat PPL. Selain itu. i = 1. sebagai data sumber penilaian akhir mahasiswa untuk mata kuliah PPL. IIi : Implmentasi RPP dan observasi pada siklus ke i. Siklus 1 I1 II1 III1 Siklus 2 III2 II2 I2 Siklus 3 I3 II3 III3 Siklus 4 III4 II4 Gambar—1 I4 Keterangan: Ii : Identifikasi masalah dan perencanaan pemecahan masalah (RPP) pada siklus ke i. foto pelaksanaan praktik. rekapitulasi hasil observasi. seperti : RPP hasil diskusi. 3. 4 14 . 2. perangkat tersebut sebagai bahan penulisan laporan PPL dan sebagai lampiran laporan PPL. IIIi : Refleksi pada siklus ke i.

Guru pamong perlu diberi jadwal kegiatan yang telah disusun kelompok. Monitoring dapat dilakukan dengan kunjungan ke tempat kegiatan PPL dan/atau laporan pelaksanaan PPL melalui email.E. PD I. maksimal 3 kelompok mahasiswa. Koordinator PPL dan/ atau Pengelola PJJ S1-PGSD. Setiap guru pamong membimbing 3 – 6 mahasiswa dan maksimal satu kelompok. Ketua Program Studi. F. Mahasiswa wajib melakukan bimbingan setiap rancangan kegiatan PPL dan implementasinya. Mekanisme Pembimbingan PPL 1. 6. 3. Guru pamong dan dosen pembimbing melakukan penilaian selama proses pelaksanaan PPL dari setiap mahasiswa bimbingannya. 3. Jadwal monitoring kunjung disusun oleh Pengelola PJJ S1-PGSD yang disusun berdasarkan jadwal 15 . Guru pamong wajib membimbing mahasiswa asuhannya dalam semua kegiatan PPL yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa. 4. 2. Monitoring pelaksanaan PPL dilakukan oleh Dekan. Setiap dosen pembimbing membimbing 6 – 12 orang mahasiswa. Khusus bimbingan kepada dosen pembimbing dapat dilakukan lewat email. 2. 5. Monitoring Pelaksanaan PPL 1. baik kepada guru pamong atau dosen pembimbing. Dosen pembimbing wajib membimbing semua mahasiswa asuhannya dalam semua kegiatan PPL baik dengan berkunjung ke tempat kegiatan atau melalui email.

b. Peranserta mahasiswa dalam observasi pembelajaran. Peranserta mahasiswa dalam kegiatan refleksi. Kemampuan interpersonal. Penilaian PPL Penilaian pelaksanaan PPL setiap mahasiswa dilakukan oleh dosen pembimbing dan guru pamong dengan pembagian komponen penilaian sebagai berikut. c. RPP yang telah direvisi. e. RPP yang telah direvisi berdasarkan hasil pembahasan kelompok. e. kedisiplinan. kerajinan. b. G. Hasil observasi dari setiap mahasiswa dalam pembelajaran. f. d. khususnya dalam kegiatan yang berkaitan dengan persiapan PPL. c.kegiatan PPL kelompok-kelompok mahasiswa yang akan dimonitor. 1. seperti: kerjasama. Dosen Pembimbing menilai pada komponenkomponen: a. 2. Praktik implementasi RPP di kelas. Peranserta mahasiswa dalam pembahasan RPP. sopan santun. Guru Pamong menilai pada komponen-komponen: a. 16 . tanggung jawab. d. Peranserta dalam kegiatan residensial. f. seperti: kerjasama. Peranserta mahasiswa dalam kegiatan refleksi. Kemampuan interpersonal. Praktik implementasi RPP di kelas.

tanggung jawab. Selanjutnya Dosen Pembimbing menyerahkan nilai akhir PPL dari mahasiswa asuhannya. g. Guru Pamong memberikan nilai PPL dari setiap mahasiswa asuhannya kepada dosen pembimbing/Pengelola PJJ S1-PGSD. Laporan PPL. Nilai akhir PPL merupakan rerata dari nilai-nilai PPL dari Dosen Pembimbing dan Guru Pamong. Penilaian PPL dilaksanakan oleh guru pamong dan dosen pembimbing secara kontinu mulai saat residensial. kedisiplinan. sopan santun saat residensial dan di sekolah. Nilai akhir dipertimbangkan dari nilai kumulatif rerata dari setiap komponen dan bobot dari tiap komponennya seperti tampak pada Tabel 1 berikut ini. 17 . Penyerahan Nilai PPL Selambat-lambatnya satu minggu setelah kegiatan PPL mahasiswa berakhir. Tidak ada ujian akhir untuk mata kuliah PPL. H.kerajinan. siklus pertama hingga siklus terakhir.

..Tabel—1 Kartu Nilai PPL Mahasiswa S1 PGSD-PJJ Nama Mahasiswa Nomor Mahasiswa Lokasi Praktik No 1 2 Komponen Penilaian Peranserta dalam residensial Peranserta dalam diskusi RPP........ observasi dan refleksi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Implementasi RPP di kelas Kemampuan interpesonal Laporan PPL : : : SD Bobot (A) 1 1 I Nilai pd siklus II III IV Rata2 (B) A× B 3 2 4 5 6 3 1 2 Total Nilai Nilai PPL = Total Nilai 10 = .. Catatan : *) Coret yang tidak perlu Guru Pamong mengisi komponen 2 sd 5 18 .....— 20. Dosen Pembimbing/GuruPamong*) ____________________________ NIP........—.

Melakukan presensi kehadiran praktikan dalam setiap kegiatan PPL. Menyampaikan hasil evaluasi akhir yang disusunnya kepada dosen pembimbing atau Pengelola PJJ S1PGSD. Guru Pamong Guru Pamong PPL adalah guru/Kepala Sekolah pada SD yang memiliki ijazah S1 dan memiliki pengalaman mengajar di SD minimal 5 tahun. Mengevaluasi semua kegiatan praktikan. b. Memberikan bimbingan kepada mahasiswa asuhannya (praktikan) dalam setiap kegiatan PPL yang terdiri atas: a. telah mengikuti sosialisasi sebagai guru pamong PPL dan memperoleh penugasan dari Dekan. 19 . 5. sebagai bahan penyusunan RPP. Sebagai moderator atau menugaskan seorang praktikan sebagai moderator dalam diskusi dan memberikan kesimpulan diskusi. c. Observasi implementasi RPP. 3. media pembelajaran dan lembar observasi. Tugas guru pamong adalah : 1. Melakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah tempat praktik dan guru kelas yang digunakan untuk praktik. 4. Memberikan tugas/bahan kepada praktikan. Diskusi pembahasan RPP. 2. Diskusi dalam kegiatan refleksi.BAB 4 DESKRIPSI TUGAS A. 6. 7.

2. memberi persetujuan dan mengarsipnya. Menyusun rencana kegiatan residensial dan mengorganisir pelaksanaannya. 3. jika diperlukan. Bersama dengan guru pamong berdiskusi tentang kemajuan dan kendala pelaksanaan PPL. memeriksa daftar kelompok dan jadwal kegiatan PPL yang diusulkan oleh mahasiswa. Dosen Pembimbing Dosen Pembimbing PPL adalah dosen PJJ S1. 7. baik dengan berkunjung atau melalui email. 3. Membimbing dan menilai laporan PPL. 2.PGSD yang berjabatan minimal Lektor atau guru pemandu di KKG yang ditunjuk LPTK dan telah mengikuti sosialisasi sebagai dosen pembimbing PPL PJJ S1PGSD.B. Pada masa residensial. C. Membimbing praktikan dalam setiap kegiatan PPL. serta mendapat penugasan dari Dekan. Pengelola PJJ S-1 PGSD 1. Bertugas atas nama Fakultas menyerahkan mahasiswa praktikan ke sekolah tempat latihan. Melakukan koordinasi mahasiswa asuhannya dan guru pamong dalam pelaksanaan PPL. 5. Mengevaluasi semua kegiatan praktikan. 6. 4. Tugas dosen pembimbing adalah : 1. Mengkoordinasikan pelaksanaan PPL yang berkaitan 20 . Membuat rekapitulasi nilai PPL mahasiswa asuhannya dari guru pamong dan dosen pembimbing.

4. dosen pembimbing dan guru pamong. 5. 21 . serta mengusulkannya ke Dekan untuk memperoleh SK Dekan.dengan jadwal kegiatan PPL kelompok. guru pemandu KKG dan penentuan guru pamong. Bekerja sama dengan Ketua Program Studi menyusun pembagian tugas pembimbingan bagi para dosen. Membuat rekapitulasi nilai PPL mahasiswa.

berisi kesimpulan pelaksanaan PPL dan saran-saran yang perlu disampaikan agar 22 . kondisi siswa. kondisi dan kejadian-kejadian penting dan hasil dalam setiap kegiatan. hambatan yang datang dari Kepala Sekolah. Tuliskan pula kondisi siswa dan respon/tanggapan para siswa selama implementasi RPP yang didukung dengan hasil refleksi yang bersesuaian. misalnya : waktu. berisi antara lain: pentingnya melaksanakan PPL.BAB 5 LAPORAN PELAKSANAAN PPL A. khususnya dalam mencapai kompetensi yang diperlukan guru. tuliskan cara pemecahan yang diambil saat itu yang disertai alasannya. 5. uraian setiap kegiatan PPL seperti penyusunan RPP dan pembahasannya. guru pamong atau dosen pembimbing. alat atau media pembelajaran. Pelaksanaan PPL. 3. dan sebagainya. Selanjutnya. berisi antara lain: kendala/hambatan apa saja yang terjadi selama kegiatan pelaksanaan PPL. berisi antara lain: Jadwal rencana pelaksanaan PPL. garis besar isi laporan dan hal-hal yang sangat penting dan menarik dalam pelaksanaan PPL. Pendahuluan. kekompakan kelompok. 4. tuliskan situasi. Kata Pengantar. 2. Hal-Hal yang Dilaporkan Garis besar laporan pelaksanaan PPL memuat: 1. Penutup. berisi tujuan PPL dan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan PPL. Hambatan Pelaksanaan PPL dan Pemecahannya. implemantasi RPP di kelas dan kegiatan refleksi.

6. Jarak margin tepi kiri 4cm. Hasil Refleksi Pembelajaran 23 . 3. foto-foto kegiatan. B. 1. Implementasi RPP 3. semua RPP yang telah direvisi berdasarkan pembahasannya dan refleksi setelah diimplementasikan di kelas. Format Penulisan Laporan Halaman Judul Halaman Pengesahan Laporan PPL Kata Pengantar Daftar Isi BAB I PENDAHULUAN BAB II PELAKSANAAN PPL A. Menggunakan kertas kuarto jenis HVS. 2. Kegiatan Putaran I 1. atas 3 cm. C. hasil diskusi dalam pembahasan RPP dan hasil diskusi dalam kegiatan refleksi.5 spasi. 4. Huruf menggunakan Times New Roman dengan ukuran 12 atau Arial ukuran 11. Jadwal PPL B. Pembahasan RPP 2. kanan 3cm. Lampiran.pelaksanaan PPL yang akan datang dapat lebih baik. bawah 3 cm. memuat jadwal kegiatan PPL. Jarak antar baris 1. Tatatulis Laporan Penulisan laporan PPL mengikuti aturan tatatulis sebagai berikut.

Kegiatan Putaran II 1. Kegiatan Putaran III 1. Hasil Refleksi Pembelajaran E. Implementasi RPP 3. Pembahasan RPP 2. Hasil Refleksi Pembelajaran BAB III HAMBATAN DAN PEMECAHANNYA BAB IV PENUTUP A. Pembahasan RPP 2.C. Hasil Refleksi Pembelajaran D. Kesimpulan B. Pembahasan RPP 2. Saran LAMPIRAN 24 . Implementasi RPP 3. Kegiatan Putaran IV 1. Implementasi RPP 3.

di samping lembaga pelaksana. 25 .BAB 6 PENUTUP Kualitas pelaksanaan PPL merupakan salah satu unsur utama dari kualitas Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan sebagai penghasil calon guru. guru pamong. Terlebih pada pelaksanaan PPL bagi para mahasiswa PJJ. maka dengan komitmen yang tinggi dari para mahasiswa akan benar-benar meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada gilirannya akan meningkatkan kulitas bangsa. dosen pembimbing dan Kepala Sekolah tempat praktik. Namun hal tersebut masih sangat tergantung pada komitmen dari para pelakunya dalam melaksanakan PPL. Mengingat mahasiswa PJJ diyakini mempunyai motivasi tinggi dalam meningkatkan kemampuannya. Diharapkan dengan pelaksanaan PPL yang berkualitas tinggi akan menghasilkan calon-calon guru yang profesional. kualitas pelaksanaan PPL sangat bergantung dari komitmen mahasiswa.

Contoh Instrumen Penilaian Implementasi RPP 7. Deskriptor Penilaian Laporan PPL 9. Contoh Lembar Observasi Aktivitas Belajar Siswa 4. Format Daftar Kelompok Mahasiswa PPL dan Jadwal Rencana Kegiatan PPL 2. Contoh Halaman Judul Laporan PPL 10. Format Penilaian PPL 5. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 3.LAMPIRAN 1. Contoh Halaman Pengesahan Laporan PPL 26 . Contoh Instrumen Penilaian RPP 6. Format Penilaian Laporan PPL 8.

........ Daftar Kelompok Mahasiswa PPL Ketua Sekretaris Anggota : .... .................... jam Jenis Kegiatan Pembahasan RPP Implementasi RPP dan observasi Refleksi Pembahasan RPP Implementasi RPP dan observasi Refleksi Pembahasan RPP Implementasi RPP dan observasi Refleksi Pembahasan RPP Implementasi RPP dan observasi Refleksi Tempat SD ...................... 2.... Putaran II Pimp Disksi/ Prktn Ket Putaran I Putaran III Putaran IV Catatan: 1..... Kegiatan pembahasan RPP dan refleksi harus dilaksanakan di luar tugas mengajar... 2.......................... SD ........... kelompok mahasiswa PPL secara bersama melakukan pembahasan RPP..... 3............... Jadwal Rencana Kegiatan PPL Mahasiswa PJJ S-1 PGSD No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Hari..... kelompok mahasiswa dapat membahas lebih dari satu RPP........ asalkan tidak mengganggu tugas/kewajiban mengajar. implementasi RPP........... SD ............ 27 ...................... observasi dan refleksi............ Dalam setiap putaran... demikian pula untuk kegiatan implementasi RPP...................... Penyusunan RPP dikerjakan secara mandiri untuk dibahas dalam kelompok diskusi... B........ observasi dan refleksinya....... tgl............. .. . Dalam satu hari... 4................ : ............... : 1...... 3.........Lampiran—1 Contoh Daftar Kelompok dan Jadwal Kegiatan PPL A... 4. .....

Materi Pelajaran: E. Standar Kompetensi: B. Kompetensi Dasar (KD): C. Sumber Pembelajaran: G. Indikator Pencapaian KD: D. Skenario Pembelajaran: Tahap Pendahuluan Kegiatan Inti Penutup Uraian Kegiatan Pembelajaran Alat dan Media Pem Estimasi Waktu F.Lampiran—2 Format RPP RPP awal Revisi 1 Revisi 2 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran :……………… Kelas/Semester : ……………… Alokasi Waktu : ……………… A. Penilaian: 1. Teknik Penilaian: 2. ………200. Instrumen Penilaian: ……………. Mengetahui Guru Pamong/Dosen Pembimbing Mahasiswa/Praktikan 28 ..

....... ......... 5................Lampiran—3A Contoh Lembar Observasi Aktivitas Belajar Siswa LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA 1.......................... Aktif bertanya saat proses penjelasan materi 3.................. 6.. Catatan II III ASPEK YANG DIAMATI Pra Pembelajaran 1....... Aktif mencatat berbagai penjelasan yang diberikan 4. ...................... .... Siswa mampu menjawab pertanyaan apersepsi 2................................... 3............ Kesiapan menerima pembelajaran Kegiatan Membuka Pelajaran 1..... Siswa terlibat aktif dalam kegiatan belajar 2.............................. Penjelasan materi pelajaran 1...... Adanya interaksi positif antara siswa – guru. Adanya interaksi positif antar siswa 4. Siswa termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran 5........................... siswa – materi pelajaran B...... Pendekatan/strategi belajar 1........ .... Siswa memberikan pendapatnya ketika diberikan kesempatan 3... ....... 2........... Siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan tenang dan tidak merasa tertekan 6........... NO I Nama Mahasiswa Tempat Praktik Kelas Mata Pelajaran Waktu Tanggal : : : : : : .. Memperhatikan dengan serius ketika dijelaskan materi pelajaran 2............... Siswa merasa senang menerima pelajaran 29 ........... 4.. Siswa menempati tempat duduknya masing-masing 2............... Mendengarkan secara seksama saat dijelaskan kompetensi yang hendak dicapai Kegiatan Inti Pembelajaran A......

Adanya interaksi positif antara siswa dan media pembelajaran yang digunakan guru 2. Siswa tertarik pada materi yang disajikan dengan media pembelajaran 3. Siswa mampu menjawab dengan benar pertanyaanpertanyaan yang diajukan guru E. Siswa tampak tekun mempelajari sumber belajar yang ditentukan guru.NO IV ASPEK YANG DIAMATI C. Siswa mampu mengajukan pertanyaan dengan lugas Penutup 1. Pemanfaatan media pembelajaran / sumber belajar 1. Siswa secara aktif memberi rangkuman 2. Siswa menerima tugas tindak lanjut dengan senang Catatan Catatan tambahan : Nama Pengamat Tandatangan : : 30 . Penggunaan bahasa 1. D. Siswa merasa terbimbing 2. Penilaian proses dan hasil belajar 1. Siswa mampu mengemukakan pendapatnya dengan lancar 2.

Kapan siswa mulai berkonsentrasi untuk belajar? (Harus berdasar pada fakta konkrit yang diamati dengan disertai nama siswa) B. Kapan para siswa berhenti berkonsentrasi dalam belajar? (Harus berdasar pada fakta konkrit yang diamati dengan disertai nama siswa) C.Lampiran—3B Contoh Lembar Observasi Aktivitas Belajar Siswa LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN BELAJAR SISWA A. Pelajaran berharga apa yang anda petik dari pengamatan tadi? Nama Praktikan : SD/ Kelas : Mata Pelajaran : Tanggal : Obersever : 31 .

Lampiran—4 Format Penilaian PPL Kartu Nilai PPL Mahasiswa PJJ S-1 PGSD Nama Mahasiswa NIM Lokasi Praktik No 1 2 Komponen Penilaian Peranserta dalam residensial Peranserta dalam diskusi RPP... Dosen Pembimbing/GuruPamong*) _____________________________ NIP.... Catatan : *) Coret yang tidak perlu Guru Pamong mengisi komponen 2 sd 5 32 .............— 20.. observasi dan refleksi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Implementasi RPP di kelas Kemampuan interpesonal Laporan PPL : : : SD Bobot (A) 1 1 I Nilai pd siklus II III IV Rata2 (B) A× B 3 2 4 5 6 3 1 2 Total Nilai Nilai PPL = Total Nilai 10 = ..—...

..............................................................................................Lampiran—5 Instrumen Penilaian RPP INSTRUMEN PENILAIAN RPP PROGRAM PJJ S-1 PGSD 1.. ........ 5............ ........ Nama Mahasiswa Tempat Praktik Kelas Mata Pelajaran Tanggal : : : : : .............................. 4......... 3........ ................................. No I 1 2 3 II 1 2 3 III 1 2 3 4 IV 1 2 3 Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Perumusan Masalah Kejelasan masalah Sifat masalah Pemecahan melalui perbaikan pembelajaran Rumusan Kompetensi dan indikatornya Kejelasan rumusan Kelengkapan cakupan rumusan Kesesuaian indikator dengan kompetensi dasar Pemilihan dan pengorganisasian materi ajar Kesesuaian materi dengan kompetensi Kesesuaiannya dengan karakter peserta didik Keruntutan dan sistematika/organisasi materi Kesesuaian materi dengan alokasi waktu Pemilihan sumber belajar/media pembelajaran Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan kompetensi Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan materi pembelajaran Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan karakter peserta didik Skor 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 1 1 1 2 2 2 2 3 3 3 3 4 4 4 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 33 ............... 2..... ............

........................... .No V 1 2 3 4 VI 1 2 3 Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Strategi pembelajaran Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan kompetensi Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan materi pembelajaran Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakter peserta didik Kesesuaian penerapan strategi pembelajaran dengan alokasi waktu Penilaian hasil belajar Kesesuaian teknik penilaian dengan kompetensi Kesesuaian item soal dengan indikator Kejelasan prosedur penilaian Total Skor 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Komentar: ...................... Pengamat/Penilai: Nama : NIP/NIK : Tanda Tangan : 34 ................................................................................... ........................................................................................................... ................... ...........................................................................................................

alat dan media pembelajaran 2. Menguasai kelas 5..... Melaksanakan pembelajaran secara runtut 4........ Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif 7... Menyampaikan materi ajar sesuai dengan hierarki belajar 4... Kesesuaian kegiatan apersepsi dengan materi ajar 2.. 4. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai 2........................ .... Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan B.................... .......... Penguasaan materi pelajaran 1.. 2............................................ 5...................... 3......... Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan 3. No I Nama Mahasiswa Tempat Praktik Kelas Mata Pelajaran Waktu Tanggal : : : : : : .......... Kesiapan ruang.. 6.. Menyampaikan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai Kegiatan Inti Pembelajaran A...... Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa 3.........Lampiran—6 Instrumen Penilaian Implementasi RPP INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIK PEMBELAJARAN PROGRAM PJJ S-1 PGSD 1...................... Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual 6............. Skor 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 II III Aspek yang Diamati Pra Pembelajaran 1................ Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran 2................. ...... . Pendekatan/strategi pembelajaran 1.... Memeriksa kesiapan siswa Membuka Pembelajaran 1.... Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah dialokasikan 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 1 1 1 2 2 2 2 3 3 3 3 4 4 4 4 1 2 3 4 35 ............... ...............

.. Pengamat/Penilai: Nama : NIP/NIK : Tanda Tangan : 36 ...... Pembelajaran yang menantang dan memacu keterlibatan siswa 1..... Melaksanakan tindak lanjut Total Skor 1 1 1 1 2 2 2 2 3 3 3 3 4 4 4 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 IV Komentar: .... dan sumber belajar 4... Memantau kemajuan belajar 2........... Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan) G. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai Penutup 1. Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media D....... Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar 2........ Menyusun rangkuman dengan melibatkan siswa 3...... Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media 2.......... Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran 2... siswa. Menggunakan media secara efektif dan efisien 4... Pemanfaatan media pembelajaran/sumber belajar 1... Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif 6.......... Memfasilitasi terjadinya interaksi guru.... Menghasilkan pesan yang menarik 3... Penggunaan bahasa 1.............................. Melakukan refleksi pembelajaran dengan melibatkan siswa 2... Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar F......No Aspek yang Diamati C... Penilaian proses dan hasil belajar 1.. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa 5....... Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar 3............... ........... Merespons positif partisipasi siswa 3...

.................................... : ....................Lampiran—7 Format Penilaian Laporan PPL (Skala Nilai 1 – 100) Nama Mahasiswa NIM Tempat Praktik : .................. No 1 2 3 4 Aspek yang Dinilai Sistematika Penulisan Penggunaan Bahasa Isi Laporan Kelengkapan Lampiran Jumlah Nilai (N) Bobot (B) 1 3 4 2 10 NxB Nilai Laporan = ∑ N x B = 10 Penilai : Nama Dosen Pembimbing NIP Tanda tangan : : : (37 ............................................. : ....................

d. kompetensi yang ingin diperoleh dan garis besar isi laporan secara jelas dan runtut. Sistematika Penulisan Deskriptor : a.Lampiran—8 Penilaian Laporan PPL 1. Bab pelaksanan PPL memuat uraian siklus pertama hingga terakhir yang diungkapkan secara jelas. Mengemukakan hambatan dalam melaksanakan PPL dan upaya pemecahannya dengan jelas dan rasional. b. b. Penggunaan Bahasa Deskriptor : a. Tatatulis sesuai dengan yang disarankan dalam pedoman ini. Memuat minimal 4 (empat) RPP yang direvisi b. Kelengkapan Lampiran Deskriptor : a. Memuat bab-bab yang lengkap sesuai format laporan. c. Isi Laporan Deskriptor : a. Format penulisan sesuai dengan yang disaran kan dalam pedoman ini 2. Bab pendahuluan memuat pentingnya PPL. Menggunakan bahasa formal/ilmiah c. Menggunakan ejaan bahasa indonesia baku 3. 4. Memuat foto kegiatan PPL 38 . e. Memuat hasil diskusi pembahasan RPP dan refleksi. c. Penutup memuat kesimpulan dan saran yang lugas dan rasional. Menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan benar. b.

Lampiran—9 Contoh Halaman Judul Laporan PPL LAPORAN PEMANTAPAN PRAKTIK LAPANGAN (PPL) Oleh Nakulo Sadewo NIM 0613244672 PJJ S1 – PGSD FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2008 39 .

.. NIP ............ Guru Pamong .... SD Muhammadiyah Pandowo Diajukan untuk melengkapi salah satu tugas matakuliah PPL Menyetujui: ... SD Negeri Pringgodani 2.....Lampiran—10 Contoh Halaman Pengesahan Laporan PPL LAPORAN PEMANTAPAN PRAKTIK LAPANGAN (PPL) Lokasi PPL : 1........ NIP 40 ....... ...........20.....20... Dosen Pembimbing ........................................ ............

.

.

.

.

Direktorat Ketenagaan Direkorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 2008 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->