P. 1
Sistem AC Kendaraan

Sistem AC Kendaraan

|Views: 220|Likes:
Published by andreas_sinay

More info:

Published by: andreas_sinay on Dec 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/28/2014

pdf

text

original

Sistem AC Kendaraan Air Conditioning, AC sebuah perangkat pengatur udara dalam kabin kendaraan meliputi kelembaban, sirkulasi, kebersihan

serta temperatur udara yang mutlak diperlukan dalam setiap kendaraan. Ada tiga model AC. 1. AC biasa (Khusus pendingin) Pada model ini, sistem AC hanya memproduksi udara dingin. Bila menghendaki tidak dingin, caranya sangat mudah, tinggal menekan/menggeser tombol ke posisi off. Model ini biasa terdapat pada kendaraan jenis passenger seperti model kijang dan sejenisnya. 2. AC Pengatur dingin & hangat Jenis ini lebih sempurna setingkat dibanding model AC biasa. Selain dapat diatur temperatur dinginnya, dapat juga diatur pada temperatur hangat. Jenis ini umumnya dipakai pada kendaraan jenis sedan menengah seperti Corolla, Corona dan sedan sekelasnya. 3. AC Otomatis Sebuah mikroprosesor (Amplifier) dapat mendeteksi kondisi temperatur luar dan dapat mengirim sinyal melalui actuator (perangkat AC) sehingga dapat mensuplai temperatur udara sesuai keinginan pengendara.Tidak perlu melakukan seting secara manual pada sistem kontrol panelnya. Baik cuaca musin dingin, hujan, kemarau, kabut sekalipun dapat dideteksi secara otomatis. Model ini biasanya dipasangkan pada kendaraan mewah seperti Crown dan sekelasnya.

Prinsip kerja ac mobil Sistem kerja AC terdiri dari bagian yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan tekanan supaya penguapan dan penyerapan panas dapat berlangsung.Sistem kerja AC dapat diuraikan sebagai berkut :

Zat pendingin bertekanan tinggi dari kompresor berupa gas.karena adanya tekanan maka zat pendingin menjadi panas. berubah bentuk menjadi uap. Kondensor akan medinginkan zat pendingin tersebut (kondensasi). . 4. 6. Zat pendingin yang telah diturunkan tekanannya oleh katup ekspansi. Zat pendingin yang telah menyerap panas pada evaporator berubah bentuk menjadi gas.sementara tekanan zat pendingin masih tetap tinggi dan berubah bentuk menjadi cair. 3.1. Zat pendingin yang berbentuk gas diberi tekanan oleh kompresor sehingga beredar dalam sistem AC. Zat pendingin yang sudah didinginkan oleh kondensor berubah bentuk dari gas menjadi cair. 2. 5.

Latar Belakang Perkembangan ilmu dan teknologi pada era sekarang sangatlah pesat dari peningkatan kemampuan. apalagi menghadapi serbuan negara-negara produsen otomotif dengan pemasaran produk mereka memasuki era pasar bebas. industri berlomba-lomba menciptakan inovasi baru untuk menambah kenyamanan mobil yang mereka produksi salah satunya dengan pengaturan suhu. Berbagai usaha peningkatan telah dilakukan pada semua bidang termasuk dalam bidang otomotif. Untuk itu perlu adanya tenaga.POSISI PARTS AC MOBIL DALAM SYSTEM« http://autobliz. Perkembangan teknologi pada bidang otomotif berperan cukup besar terhadap kemajuan bidang-bidang lainnya. kelembaban udara. Pada masa era globalisasi ini kenyamanan pada mobil sangatlah diperlukan. keterampilan dan profesionalisme sumber daya manusia. Sistem AC dipergunakan untuk mempertahankan kondisi udara baik suhu dan .wordpress.com/2008/05/22/prinsip-kerja-ac-mobil-anda/ BAB I PENDAHULUAN A. dan kebersihan didalam ruangan.tenaga ahli dalam bidang ini.

Sebagai sumber pengetahuan dan pembelajaran untuk dapat memahami dan mempelajari fungsi komponenkomponen dan prinsip kerja sistem AC mobil. 5. kelembaban udara berkurang sehingga kelembaban udara di pertahankan pada tingkat yang nyaman. . 2. 4. Apakah mesin 3R itu dan bagaimana prinsip kerjanya? 5. 3. Mengetahui dan memahami komponen-komponen pada sistem AC mobil dan fungsinya. Prinsip dasar AC adalah proses penyerapan dan pelepasan panas dengan menggunakan suatu zat yang mudah menyerap (refrigerant). Bersamaan dengan hal itu. Manfaat Manfaat yang dapat diberikan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut: 1. Rumusan Masalah Berdasarkan pemilihan judul di atas maka permasalahan yang diangkat dapat dirumuskan sebagai berikut: 1.Apa saja komponen-komponen pada sistem AC mobil dan apa fungsinya? 2. B. Mengetahui dan memahami prinsip kerja sistem AC mobil. Apakah refrigerant itu dan apa saja persyaratan untuk refrigerant dan oli pelumas pada sistem AC mobil? 4. serta tentang mesin 3R. Mengetahui dan memahami apa itu mesin 3R dan bagaimana prinsip kerjanya. Sebagai sumber pengetahuan dan pembelajaran untuk dapat memahami dan mempelajari bagaimana cara merawat AC mobil. Kondisi refrigerant di pengaruhi oleh pengatur dan tekanan yang diberikan kepadanya. Tujuan Tujuan penulis menyusun makalah ini adalah sebagai berikut: 1. D. Pada saat suhu ruangan tinggi AC akan menyerap panas dari lingkungan sehingga suhu di ruangan itu akan turun dan sebaliknya saat suhu ruangan rendah AC akan melepaskan panas ke udara sehingga suhu akan naik. 3. Bagaimana prinsip kerja sistem AC mobil? 3. persyaratan refrigerant dan pelumas yang digunakan. Mengetahui dan memahami apa itu refrigerant dan persyaratan untuk refrigerant dan oli pelumas pada sistem AC mobil. Makalah ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang lebih tentang sistem AC mobil. 2. 2.kelembabanya dengan cara sebagai berikut: 1. Bagaimana cara merawat AC mobil? C. Mengetahui dan memahami bagaimana cara merawat AC mobil.

Prinsip Pemindahan dan Penyerapan Panas . Kebanyakan bangunan berukuran sedang dan besar. maka panas yang diberikan agar temperatur naik disebut pemanasan. AC pada mobil pada umumnya terdiri dari cooler dengan pembersih embun (moisture remover) dan pengatur aliran udara. energi panas dipindahkan dengan menggunakan udara. kebersihan dan kelembabannya menyenangkan serta nyaman. maka panas yang diambil agar temperatur turun disebut pendinginan. air dan kadang-kadang refrigerant. Prinsip pemindahan dan penyerapan panas tersebut secara sederhana dapat dicontohkan pada hal seperti berikut: 1. Hal ini disebabkan air di badan menyerap panas dan menguap. alkohol tersebut menyerap panas dan terjadi penguapan. Kondisi refrigerant dipengaruhi oleh temperatur dan tekanan yang diberikan kepadanya. Pengetahuan Dasar tentang Air Conditioner (AC) Air Conditioner (AC) merupakan suatu perlengkapan yang memelihara dan mengkondisikan kualitas udara di dalam kendaraan agar temperatur/suhu. Pendingin (cooler) akan mendinginkan dan mengurangi kelembaban udara di dalam kendaraan sehingga dihasilkan kondisi udara yang nyaman. ketika temperatur di dalam ruangan rendah. Seseorang akan merasa dingin setelah berenang meskipun saat siang hari. Prinsip dasar pendinginan adalah proses penyerapan dan pelepasan panas suatu media dengan menggunakan zat yang mudah menguap (refrigerant). Seseorang akan merasa dingin saat mengoleskan alkohol. Sebaliknya. Gambar 1. Apabila di dalam ruangan temperaturnya tinggi. 2. Perpindahan energi panas ini seringkali dengan membawa energi tersebut dari suatu ruangan ke suatu penyerap kalor sentral (unit refrigerasi) atau membawa kalor dari sumber kalor (pemanas atau ketel) ke ruangan.BAB II PEMBAHASAN A.

Dalam air conditioner. Katup ekspansi menurunkan tekanan dan temperatur/suhu cairan refrigerant yang bertekanan dan bertemperatur tinggi menjadi rendah.Prinsip Kerja dan Komponen-Komponen Sistem AC Mobil 1. penyerapan ada pemindahan panas dengan menggunakan refrigerant dapat berfungsi sebagai penyerap dan pemindah panas. . di dalam kondensor gas refrigerant dikondensasikan menjadi cairan atau terjadi perubahan keadaan yaitu pengembunan refrigerant. B. Gambar 3. b. Refrigerant menguap dan menyerap panas dari udara luar atau terjadi pengkabutan udara sehingga suhu di luar akan dingin. Gas refrigerant mengalir ke dalam kondensor. Siklus Kerja Sistem AC a. c. Kompresor mengkompresikan gas/uap refrigerant yang bertemperatur tinggi dan bertekanan tinggi karena menyerap panas dari evaporator ditambah panas yang dihasilkan saat langkah pengeluaran (discharge). Cairan refrigerant mengalir ke dalam receiver untuk disaring antara cairan refrigerant dengan oli sampai evaporator memerlukan refrigerant untuk diuapkan.Prinsip Kerja Sistem AC Mobil Prinsip kerja sistem AC pada mobil dapat dijelaskan pada gambar siklus kerja sistem AC sebagai berikut: Gambar 2. d. Siklus Kompresi Uap Sistem AC ‡ 1 ± 2 Cairan refrigeran dalam evaporator menyerap panas dari sekitarnya. e. Gas refrigerant yang dingin dan berembun ini mengalir ke dalam evaporator.

sebab bagian energi yang menuju proses kompresi dipindahkan ke refrigeran. . Bagian awal proses refrigerasi menurunkan panas superheated gas sebelum gas ini dikembalikan menjadi bentuk cairan. Komponen-Komponen Sistem AC Mobil Sistem AC mobil terdiri dari beberapa komponen.1 Cairan yang sudah didinginkan dan bertekanan tinggi melintas melalui peralatan ekspansi. ‡ 3 ± 4 Superheated gas bertekanan tinggi lewat dari kompresor menuju kondensor. Selama proses ini cairan merubah bentuknya dari cair menjadi gas. Panas yang timbul kemudian akan dikondensasikan melalui kondensor. ‡ 2 ± 3 Uap yang diberi panas berlebih masuk menuju kompresor dimana tekanannya dinaikkan. 2. ‡ 4 . akibatnya temperatur refrigerant juga ikut naik. yaitu sebagai berikut: a. Refrigerasi untuk proses ini biasanya dicapai dengan menggunakan udara atau air. sehingga cairan refrigeran didinginkan ke tingkat lebih rendah ketika cairan ini menuju alat ekspansi. Suhu juga akan meningkat. air atau cairan proses lain. dan pada keluaran evaporator gas ini diberi pemanasan berlebih/superheated gas. yang mana akan mengurangi tekanan dan mengendalikan aliran menuju kondensor harus mampu membuang panas gabungan yang masuk evaporator dan kondensor. Kompresor Kompresor adalah alat yang digunakan untuk menaikan tekanan refrigerant dengan mengkompresikan dalam bentuk gas/uap. Penurunan suhu lebih lanjut terjadi pada pekerjaan pipa dan penerima cairan.biasanya udara.

Kompresor Mobil Energi mekanik pada motor penggerak diubah menjadi energi pneumatis oleh kompresor sehingga zat pendingin bersedar dalam instalasi sistem AC. Kompresor Torak Gerak Tegak Lurus b) Memanjang .Gambar 4. Secara umum kompresor terdiri dua jenis yaitu sebagai berikut: 1) Kompresor Model Torak Kompresor model torak terdiri dari beberapa bentuk gerak torak yaitu: a)Tegak lurus Gambar 5.

Kompresor Torak Gerak Aksial Keterangan: 1 = silinder 4 = poros 2 = torak 5 = bantalan 3 = bola baja 6 = piring goyang d) Radial . Kompresor Torak Gerak Memanjang c) Aksial Gambar 7.Gambar 6.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->