P. 1
Metode Jigsaw

Metode Jigsaw

|Views: 146|Likes:
Published by heripahrudin

More info:

Published by: heripahrudin on Dec 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2010

pdf

text

original

1. Metode jigsaw 2.

Meningkatkan hasil belajar PKn melalui model Problem Based Learning

Judul PTK 2. kelas dan waktu) Contoh judul PTK ► Meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran X ► Peningkatan kreativitas siswa dalam proses belajar mata pelajaran X melalui penerapan model pembelajaran generatif ► Penerapan pembelajaran model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran X ► Meningkatkan kemampuan membaca pemahamaman pada mata pelajaran X melalui penerapan cooperative learning ► Pembelajaran berbasis konstruktivistik dan kontekstual pada pelajaran X untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep ► Penggunaan model pembelajaran Learning Cycle untuk meningkatkan keterampilan siswa pada mata pelajaran X ► Meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada matapelajaran X dengan penggunaan model pengajaran inkuiri ► Pembelajaran dengan model Realistic mathematical education dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika . Kajian/ Tinjauan Pustaka  Menguraikan kajian teori yang menemukan gagasan yang mendasari usulan PTK 4. sarana pendukung. Judul PTK ► Singkat dan spesifik ► Gambaran permasalahan (misal: peningkatan hasil belajar) ► Bentuk tindakan untuk mengatasi masalah (misal: penggunaan model pembelajaran) ► Dapat ditambahkan subjudul ( tempat. Penjelasan kegiatan pendukung (jadwal penelitian. Pendahuluan  Latar Belakang. 5. Tujuan dan Manfaat Hasil penelitian 3. observasi dan evaluasi.MENYUSUN USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) 1. Metodologi Pelaksanaan  Menjelaskan rencana dan prosedur penelitian (diagnosis masalah. pelaksanaan. perencanaan tindakan. Perumusan masalah dan cara pemecahan. kelayakan pembiayaan) 1. repleksi hasil penelitian.

Cara pemecahan masalah ditentukan berdasarkan akar penyebab dalam bentuk tindakan (action)yang jelas dan terarah. diskusi. apakah penerapan pembelajaran model X dapat meningkatkan kreativitas ? 2. PENDAHULUAN Tujuan dan manfaat penelitian ► Kemukakan tujuan yang ingin dicapai secara singkat berdasarkan masalah yang telah dirumuskan. sebaiknya dibuat dalam kalimat tanya dengan mengajukan alternatif tindakan dan indikator keberhasilan. guru maupun komponen pendidikan lainnya. mengajukan gagasan dll Kemampuan dalam proses dan hasil Y melalui berbagai tes yang dilakukan Adanya rancangan dan bahan ajar. Mengembangkan pembelajaran model X di sekolah Indikator kinerja Kemauan dan kemampuan Y serta aktivitas dalam bertanya. seberapa jauh penerapan pembelajarn model X dpt meningkatkan kemampuan Y pada pelajaran Z? Tujuan 1. meningkatkan kreativitas belajar 2. pendekatan dan konsep yang digunakan untuk menjawab masalah.2.benar terjadi di sekolah. Perumusan masalah dan cara pemecahan. . ► Pemecahan masalah menjelaskan tentang uraian alternatif tindakan . penting dan mendesak untuk dipecahkan ► Jelaskan hal yang diduga menjadi akar penyebab masalah tsb ► Berikan alasan/argumentasi yang dapat menarik kesimpulan tentang akar masalah secara sistematis dan cermat PENDAHULUAN perumusan dan pemecahan masalah ► Perumusan masalah dituangkan dalam bentuk rumusan penelitian tindakan kelas (ada definisi. dan lingkup penelitian). asumsi. ► Uraikan kontribusi hasil penelitian terhadap kualitas pendidikan/ pembelajaran shg terlihat manfaatnya bagi siswa. Judul : Penerapan pembelajaran model X untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan Y pada mata pelajaran Z Rumusan masalah: 1. Pendahuluan Latar Belakang. kemukakan juga inovasi yang dihasilkan dari penelitian ini. meningkatkan kemampuan Y 3. Tujuan dan Manfaat Hasil penelitian PENDAHULUAN Latar belakang pada PTK ► Masalah yang diteliti benar. Tujuan umum dan khusus diuraikan dengan jelas dan dapat diukur tingkat keberhasilannya.

► Tulis hipotesis tindakan yang menggambarkan indikator keberhasilan tindakan yang diharapkan 4. (3) observasi. ► Kemukakan temuan. Kajian Pustaka Menguraikan kajian teori yang menemukan gagasan yang mendasari usulan PTK Kajian pustaka ► Uraikan dan jelaskan kajian teori dan pustaka yang menumbuhkan gagasan yang mendasari rancangan PTK.serta Lokasi penelitian Contoh Rencana dan Prosedur Siklus I Perencanaan: Identifikasi masalah dan penetapan alternatif pemecahan masalah ► Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam PBM ► Menentukan pokok bahasan ► Mengembangkan skenario pembelajaran ► Menyusun LKM ► Menyiapkan sumber belajar ► Mengembangkan format evaluasi ► Mengembangkan format observasi pembelajaran ► Menerapkan tindakan mengacu pada skenario dan LKM ► Melakukan observasi dengan memakai format observasi ► Menilai hasil tindakan dengan menggunakan format LKM Tindakan Pengamatan . refleksi hasil penelitian) RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN Uraikan secara jelas prosedur penelitian yang terdiri dari (1) perencanaan. ► Susun kerangka berpikir atau konsep yang digunakan dlm PTK berdasarkan uraian pada 2 point di atas. (4) evaluasi dan refleksi yang bersifat daur ulang atau siklus. perencanaan tindakan. Metodologi Pelaksanaan (Menjelaskan rencana dan prosedur penelitian (diagnosis masalah. Kemukakan Objek.3. bahan penelitian yang mendukung pilihan tindakan untuk mengatasi permasalahan. observasi dan evaluasi. Waktu dan lamanya tindakan. pelaksanaan. (2) pelaksanaan tindakan.

LKM. dan lain-lain ► Memperbaiki pelaksanaan tindakan sesuai hasil evaluasi.Refleksi ► Melakukan evaluasi tindakan yang telah dilakukan yang meliputi evaluasi mutu. saran. rekomendasi ► Pelaksanaan program tindakan II ► Pengumpulan data tindakan II ► Evaluasi tindakan II 5. untuk digunakan pada siklus berikutnya ► Evaluasi tindakan I Siklus II Perencanaan ► Identifikasi masalah dan penetapan alternatif pemecahan maslah ► Pengembangan program tindakan II Tindakan Pengamatan Refleksi Siklus-siklus berikutnya Kesimpulan. sarana pendukung. jumlah dan waktu dari setiap macam tindakan ► Melakukan pertemuan untuk membahas hasil evaluasi tentang skenario. kelayakan pembiayaan) Contoh Jadwal Rencana Kegiatan . Penjelasan Kegaitan Pendukung (Jadwal penelitian.

No 1 Rencana Kegiatan Persiapan Menyusun konsep pelaksanaan Menyepakati jadwal dan tugas Menyusun instrumen Seminar konsep pelaksanaan Pelaksanaan Menyiapkan kelas dan alat Melakukan tindakan siklus I Melakukan tindakan siklus II Penyusunan laporan Menyusun konsep laporan Seminar hasil penelitian Perbaikan laporan Penggandaan dan pengiriman hasil Waktu (minggu ke) 1 x x x x x x xx xx x x x x x 2 3 4 5 6 2 3 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->