P. 1
Makalah Aurora sistem operasi

Makalah Aurora sistem operasi

|Views: 263|Likes:
Published by Azie Caynk Bunda

More info:

Published by: Azie Caynk Bunda on Dec 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2014

pdf

text

original

MAKALAH MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

AURORA SISTEM OPERASI UNTUK NETBOOK YANG DULU BERNAMA EEBUNTU

Oleh:

NAMA NIM

: NUR NGAZIZAH : D3MI10004

PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA STIMIK TUNAS BANGSA BANJARNEGARA 2010

KATA PENGANTAR

Assalamu ’alaikum wr.wb. Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Alloh SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul”AURORA SISTEM OPERASI NETBOOK YANG DULU BERNAMA EEBUNTU”. Penulisan makalah adalah merupakan salah satu persyaratan guna untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi(PTI) yang di ampu oleh Bpk. Sutejo, S.kom. Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini. Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan penelitian ini, khususnya kepada :
1. Drs.H.Ali Hanan selaku pendiri STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara. 2. H. Abdul Haris FY, S.IP, MSi ketua STIMIK.

3. Dosen wali D-III Manajemen Informatika. 4. Sutejo,S.Kom selaku dosen pengampu mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi(PTI). 5. Teman-teman semua khususnya Semester 1 D-III MI, S1 SI, dan S1 TI. 6. Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada penulis, baik selama mengikuti perkuliahan maupun dalam menyelesaikan makalah ini. 7. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan dalam penulisan makalah ini. Semoga makalah yang telah penulis buat ini dapat bermanfat bagi kita semua. Amien. Wassalamu ’alaikum Wr.Wb

Banjarnegara, 2010 Penulis DAFTAR ISI

25

November

HALAMAN JUDUL KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PEMBAHASAN
1. AURORA SISTEM OPERASI NETBOOK YANG DULU BERNAMA

EEBUNTU.
2. AURORA SISTEM OPERASI NETBOOK YANG DULU BERNAMA

EEBUNTU YANG DI KEMUKAKAN OLEH MR. ROCCO.
3. UBUNTU LIGH DAN UBUNTU UNITY SEBAGAI UBUNTU EDISI

NETBOOK YANG RINGAN DAN CEPAT.
4. UBUNTU 5.

LUCID LYNX (10.04) DAN KENALI FITUR BARUNYA.
OPENSUSE.

SMEEGOL SISTEM OPERASI NETBOOK TERBARU VARIAN MEEGO
DARI

BAB II PENUTUP
1. SIMPULAN 2. SARAN

REFERENSI

BAB I PENDAHULUAN

1.

LATAR BELAKANG MASALAH Dengan berkembangnya teknologi informasi di dunia, sesuai dengan

perkembangan zaman khususnya sesuai dengan makalah yang penulis buat yaitu tentang software dengan judul aurora sistem operasi untuk netbook yang dulu bernama eebuntu. Pengetahuan akan teknologi informasi tentunya sangat penting bagi kita para mahasiswa untuk menunjang pengetahuan dalam proses kegiatan belajar mengajar(KBM) agar dalam setiap penjelasan dapat kita tangkap dengan mudah.
2.

TUJUAN a. Untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar teknologi

Informasi(PTI).
b. Untuk mengetahui tentang Aurora Sistem Operasi Linux Untuk

Netbook Dulunya Bernama EeeBuntu.
c. Aurora Sistem Operasi Linux Untuk Netbook Dulunya Bernama

EeeBuntu yang di kemukakan oleh Mr. Rocco.
d. Ubuntu Lucid Lynx (10.04) dan Kenali Fitur Barunya. 3.

METODE PENULISAN Penulis mempergunakan metode observasi dan mengunjungi situs-

situs di internet.

Cara-cara yang digunakan pada penelitian ini adalah : Dalam metode ini penulis membuka situs-situs di internet yang berkaitan dengan penulisan makalah ini.

BAB II PEMBAHASAN

Aurora Sistem Operasi Linux Untuk Netbook Dulunya Bernama EeeBuntu.

(Aurora Sistem Operasi Linux untuk Netbook yang dulu bernama Eebuntu)

Pemilik Eee PC yang telah menggunakan Linux untuk netbook mereka mungkin telah mendengar EeeBuntu Linux sebelumnya, yang merupakan salah satu distro linux yang populer untuk netbook. Awalnya eeebuntu berbasis pada Ubuntu Linux, tapi telah beralih menggunakan Debian Linux sebagai basis (meskipun ubuntu juga berbasis Debian). Perubahan terbesar baru-baru ini adalah bahwa pembuat EeeBuntu telah mengubah nama distro untuk Aurora, terutama karena tidak lagi didasarkan pada Ubuntu. Versi pertama dari Aurora akan diluncurkan dengan desktop open source GNOME, bersama dengan Firefox sebagai browser web default.

Perangkat lunak lain termasuk adalah Thunderbird untuk email, Pidgin untuk instant messaging, OpenfOffice.org, dan bercicit.

Aurora Sistem Operasi Linux Untuk Netbook Dulunya Bernama EeeBuntu yang di kemukakan oleh Mr. Rocco. Aurora Sistem Operasi Linux Untuk Netbook Dulunya Bernama EeeBuntu. Mr. Rocco Mendeteksi Modem Sierra dengan Wine iwaknilaUntuk menarik pengguna netbook, pemutar kode pemroman C#, kode pemrograman untuk antarmuka alternatif bernama mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi. Linux dulunya Sebuah perusahaan Jerman bernama E ini tentu diperuntukkan untuk pasar PC dengan sistem operasi Windows atau mungkin Linux. komputer kasir on Aurora Sistem Operasi Linux Un…Pemilik Eee PC yang telah menggunakan Linux untuk netbook mereka mungkin telah mendengar EeeBuntu Linux sebelumnya, yang merupakan salah satu distro linuxaurora, inilah sistem operasi linux yang baru; fitur baru digunakan di netbook saja, tetapi dapat digunakan untuk perangkat lain tahap pengembangan, tetapi sistem operasi Mounting: Meskipun saya beranggapan linux merupakan sistem operasi yang Terdapat satu lagi antivirus untuk Linux yang mac osx, anda perlu memasang perisian bernama Netbook Pertama dengan Sistem Operasi Moblin 2 dari Dell; Aurora Sistem Operasi Linux Untuk Netbook Dulunya Bernama EeeBuntu; OpenSUSE Bakal Dirilis Tiap 8 Bulan[MailPlus] Aurora Sistem Operasi Linux Untuk Netbook Dulunya Bernama EeeBuntu. Mr. Rocco Wed, 30 Jun 2010 01:43:36 -0700Aurora Sistem Operasi Linux Untuk Netbook Dulunya Bernama EeeBuntu menemui satu perisian yang comel bernama Gwibber dan bertekad untuk anda memasang XBMC kedalam apa jua sistem operasi samada linux tema aurora leopard sedang dipreview.

Ubuntu Light & Ubuntu Unity Sebagai Ubuntu Edisi Netbook yang Ringan & Cepat. Canonical baru saja meluncurkan lingkungan desktop baru bernama Unity pada Ubuntu Developer Summit (UDS) di Belgia pada 10 Mei 2010 kemarin. Unity akan menjadi desktop standar untuk Ubuntu 10.10 edisi Netbook yang dirilis Oktober 2010 dan saat ini telah tersedia bagi pengembang saja. Unity didesain untuk netbook dan perangkat sentuh. Desktop baru ini menawarkan panel baru dan launcher aplikasi yang membuat cepat dan mudah mengakses aplikasi, seperti browser dan menghilangkan bagian layar yang jarang digunakan untuk penggunaan mobile maupun di netbook. Selain lingkungan desktop baru Unity, Canonical juga mengumumkan secara paralel Ubuntu Light yaitu implementasi Ubuntu berbasis pada Unity dan ditujukan pada pasar dual-boot “web-instan”. Versi Ubuntu ini menawarkan chat, IM, browser, aplikasi media player bagi pabrikan komputer yang ingin menawarkan pengalaman “web-instan” yang bisa melengkapi Windows pada pasar komputer konsumen. Jadi lebih jelasnya, Ubuntu Light merupakan varian Ubuntu baru untuk pasar netbook yang menggunakan lingkungan desktop UI Unity. UI Unity ini memiliki dock (konsep mirip Mac OS) yang memudahkan kita menjalankan aplikasi. Anda bisa melihat tampilan lebih jelas pada gambar berikut: Kehebatan Ubuntu Light yang utama adalah menawarkan fitur booting sampai bisa mengakses browser hanya kurang dari 10 detik, bahkan katanya hanya 7 detik saat diukur menggunakan Dell Mini 10v dengan solid state disk. Varian baru Ubuntu ini juga menawarkan media player dan alat untuk mengintegrasikan dengan Windows untuk mengakses file musik, foto, dll. Jadi Ubuntu Light ini lebih ditujukan sebagai sistem operasi kedua atau pilihan dari yang standar.

Ubuntu Lucid Lynx (10.04) dan Kenali Fitur Barunya.
Wah akhirnya Ubuntu baru yaitu Lucid Lynx sudah siap didownload neh. Versi ini merupakan versi LTS yang merupakan kependekan dari Long Time Support jadi Anda bisa mendapatkan 3 tahun dukungan teknis untuk Desktop dan 5 tahun untuk Server. Apa yang baru di Ubuntu 10.04 ini? 1. Theme default baru: Ada dua pilihan yaitu Ambiance (Black) dan Radiance (White). Ubuntu-Theme-Radiance 2. Waktu Booting Lebih Cepat: hanya kurang dari 10 detil di Dell Mini 10 (Netbook dengan prosesor 1.5 GHZ) 3. Gnome 2.30 4. Menu : Menu baru ini menggantikan menu untuk user aktif 5. Aplikasi-aplikasi baru:
• • • • • •

Gwibber merupakan platform microblogging PiTiVi, Video editing software OpenOffice.Org 3.2 Ubuntu One Music Store untuk membeli musik online Firefox 3.6 Simple Scan untuk scan

Linux Kernal 2.6.32 yang merupakan kernel linux yang mengalami banyak peningkatan kecepatan.

Smeegol Sistem Operasi Netbook Terbaru Varian Meego dari OpenSuse.
Para pengembang di balik openSUSE Linux telah meluncurkan varian baru MeeGo yang menjadi basis sistem operasi baru untuk netbook yang

mereka

kembangkan,

bernama

Smeegol.

Seperti

MeeGo,

Smeegol

dirancang untuk netbook dan perangkat lain dengan daya rendah dengan layar kecil, yang terhubung dengan infrastruktur openSUSE, sehingga memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi pihak ketiga dari repositori openSUSE. Meego sendiri merupakan varian distro Linux yang dikembangkan oleh Nokia dan Intel untuk berbagai macam perangkat mobile termasuk ponsel maupun netbook.

(Smeegol Sistem Operasi Netbook) Smeegol terutama menggunakan antarmuka MeeGo pengguna yang bergantung pada serangkaian tab yang membantu Anda menavigasi program tanpa bergantung pada menu start tradisional atau taskbar.

BAB III PENUTUP

1.

SIMPULAN

Berdasarkan uraian bahasan “Aurora Sistem Operasi Netbook Yang Dulu Bernama Eebuntu” dapat disimpulkan bahwa : 1. Perubahan terbesar baru-baru ini adalah bahwa pembuat EeeBuntu telah mengubah nama distro untuk Aurora, terutama karena tidak lagi didasarkan pada Ubuntu. Versi pertama dari Aurora akan diluncurkan dengan desktop open source GNOME, bersama dengan Firefox sebagai browser web default.
2. Aurora Sistem Operasi Linux Untuk Netbook Dulunya Bernama

EeeBuntu. Mr. Rocco Mendeteksi Modem Sierra dengan Wine iwaknilaUntuk menarik pengguna netbook, pemutar kode pemroman C#, kode pemrograman untuk antarmuka alternatif bernama mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi.
2.

SARAN

Sebaiknya setiap perubahan-perubahn dalam sistem informasi khususnya tentang software di paparkan atau di jelaskan secara jelas atau detail agar tidak timbul pertanyaa-pertanyaan oleh si pembaca.

REFERENSI

http://www.beritateknologi.com http://www.auroraos.org http://www.google.com http://dl4all.com http://canonical.com/product/unity http://www.2lisan.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->