Nama NIM

: Adi Prayitno : F1D006031

Mata Kuliah : Pemikiran Politik Negara Berkembang Pemikiran Mahatma Gandhi Mahatma Gandhi yang mempunyai nama asli Mohandas Karamchand Gandhi adalah seorang pemimpin spiritual dan politikus dari India. Gandhi lahir pada 2 Oktober 1869 di negara bagian Gujarat di India. Hari lahirnya tanggal 2 Oktober tersebut, diperingati sebagai Gandhi Jayanthi dengan doa-doa dan semangat patriotisme seluruh India, bahkan oleh PBB dijadikan “Hari Non-Kekerasan Internasional”.1 Beberapa dari anggota keluarganya bekerja pada pihak pemerintah. Tokoh yang disebut sebagai “Sang Pengemis Telanjang” yang penuh kharisma ini merupakan seorang pendobrak ketidakadilan di negerinya, India. Ia adalah pribadi yang unik. Di satu sisi merupakan orang suci yang hidup bersama rakyat jelata, tapi dia juga politisi yang ulung. Sebuah kombinasi yang langka. Saat remaja, Gandhi pindah ke Inggris untuk mempelajari hukum. Setelah dia menjadi pengacara, dia pergi ke Afrika Selatan, sebuah koloni Inggris, di mana dia mengalami diskriminasi ras yang dinamakan apartheid. Gandhi adalah seorang Hindu namun dia menyukai pemikiran-pemikiran dari agama-agama lain termasuk Islam dan Kristen. Dia percaya bahwa manusia dari segala agama harus mempunyai hak yang sama dan hidup bersama secara damai di dalam satu negara. Meskipun Gandhi seorang Hindu, tapi nilai-nilai yang dibawanya tak terbatas hanya untuk orang-orang Hindu saja, namun bernilai universal. Hal itu datang dari keyakinannya bahwa agama mengajarkan kebaikan dan moralitas. Semua manusia adalah saudara. Kejahatan harus dilawan dengan kebaikan. Misi hidup Gandhi sebenarnya perjalanan pencarian diri. Segenap kemampuan jiwa raga dikerahkannya demi pelbagai “eksperimen spiritual” untuk mencapai kebenaran dan non-kekerasan. Manurutnya, pemerintah yang ideal seharusnya terdiri para “filsuf”. Demokrasi menuntut kedisiplinan, toleransi, dan saling peduli. Dalam demokrasi,
1 http://aansetia.wordpress.com/2009/12/05/jejak-pemikiran-mahatma-gandhi dikutip pada tanggal 24 0ktober 2010

” Salah satu kata-kata bijaknya yang terkenal adalah.perubahan apa pun haruslah lahir dari proses musyawarah. Secara harfiah kata Sanskrit itu berarti ketiadaan gangguan.” Tiga konsep Gandhi yang sangat terkenal: 1. Memang penyelesaian masalah tanpa kekerasan butuh waktu tak sebentar. Ahimsa adalah gaya hidup yang menjauhkan diri dari segala perbuatan yang menyakiti siapa pun atau merusak apa pun. ketiadaan serangan atau ketiadaan kejahatan. Setelah sekian abad kata ahimsa dipakai secara terbatas di kalangan agama Hindu. mendadak pada tahun 1920-an kata itu mencuat menjadi populer ke seluruh dunia. “Kebenaran yang absolut hanya Tuhan dan satu-satunya sarana untuk menciptakan kebenaran itu adalah ahimsa. Yang memperkenalkan kata itu adalah Mahatma Gandhi. kata Gandhi. Yoga Sutra dan Bhagavad Gita. tapi yang jelas. dalam bentuk peluang-peluang yang semakin luas dalam pelayanan. kekerasan tak akan pernah menuai keberhasilan. Bagi Gandhi. Kondektur kereta yang berkulit putih itu dengan sinis mengatakan bahwa selain orang kulit putih tidak diperkenankan menempati kursi kelas utama.“ Gandhi mengawali karirnya sebagai seorang pengacara di Afrika Selatan. Makin dalam kita menggali ke dalam tambang kebenaran. Ahimsa adalah nazar asketis bagi orang yang mencari kebenaran dan kekudusan. “Sarana harus sejalan dengan tujuannya. Tapi. Banyak orang berpikir: tujuan menghalalkan cara. dalam perjalanan di atas kereta api menuju Pretoria. Tetapi Gandhi menolak dan . Pemerintah itu bukan Tuan tapi Pelayan Bagi rakyat. Ahimsa (Anti Kekerasan ) Kata ahimsa terdapat dalam buku-buku suci agama Hindu klasik Upanishad. Gandhi diminta meninggalkan kursi penumpang kelas satu yang ditumpanginya meskipun ia telah membayar tiketnya. Kebebasan yang dimiliki seseorang menuntut juga penghargaan terhadap kebebasan yang dimiliki orang lain. Suatu ketika.”Kelembutan dapat menggoncangkan dunia. makin berhargalah bebatuan yang akan kita temukan terkubur disana. Kata itu diterjemahkan menjadi nonviolence atau nirkekerasan. Keduanya tidak dapat dipisah-pisahkan. di mana ia menemukan berbagai persoalan rasial untuk pertama kalinya.

2 http://www. Semasa di Afrika Selatan-lah Gandhi mulai mengembangkan idenya yang disebut Ahimsa atau antikekerasan.com/index.2 Belum lama rakyat Indonesia berang terkait lepasnya pulau Sipadan dan Ligitan. Termasuk oleh masyarakat Indonesia. Karena penolakan ini.bersikeras untuk tetap menempati kursi yang telah dibayarnya itu. namun bukan berarti Indonesia harus keras terhadap Negara tetangga tersebut. Malaysia kembali membuat ulah dengan berusaha mencaplok selat Ambalat Kalimantan Timur sebagai wilayah kedaulatannya. sang kondektur menurunkannya di sebuah stasiun kecil. Justru perang menurut saya hanya akan menimbulkan kekacauan. dengan menolak-bekerjasama. si oknum akhirnya akan menyadari kesalahannya dan kemudian menghentikan sikap tak adilnya. itulah salah satu kejadian yang kemudian membuatnya selalu berjuang untuk keadilan. Mungkin akhir-akhir ini sering terdengar konflik antara Indonesia dengan Malaysia. tahun 2005. Gandhi yakin bahwa. Dia selalu mencontohkan bahwa kita dapat melawan ketidak adilan tanpa melakukan kekerasan.php?option=com_ dikutip pada tanggal 22 0ktober 2010 . Metode yang disebut juga sebagai perlawanan pasif atau anti-bekerjasama dengan mereka yang melakukan ketidak-adilan. Konon.harian-global. Setelah terlepasnya Sipadan dan Ligitan pada 17 Desember 2002 Indonesia dan Malaysia terus-menerus menuai perseteruan urat-syaraf dalam beberapa kasus pengklaiman. dan mengajarkan orang-orang India yang hidup di sana bagaimana menerapkan Ahimsa untuk mengatasi berbagai ketidak adilan yang mereka alami. Memang sulit untuk menerapkan ahimsa di dalam kehidupan bernegara seperti Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang melimpah dan memiliki ribuan pulau. membuat Malaysia geregetan dan secara sepihak mengklaim Selat Ambalat sebagai wilayah perairan Malaysia. namun bukan berarti perang adalah jalan keluar untuk menyelesaikan konflik Indonesia dengan Malaysia. Negara tetangga sepertinya menginginkan beberapa wilayah yang dimilik oleh Indonesia. Konflik Indonesia dengan Malaysia dapat diselesaikan tanpa perlu adanya kekerasan di antara keduanya. Endusan kekayaan minyak di selat yang masih dalam perairan Indonesia itu. Hanya orang-orang yang mati karena perang yang mengetahui akhir dari peperangan. Konsep Gandhi mengenai ahimsa ini menurut saya sangat cocok diterapkan oleh siapapun dan dimanapun.

Brunei. Sabah dan Sarawak yang terjadi antara Federasi Malaysia dan Indonesia pada tahun 1962-1966. Akhirnya hingga sekarang kasus-kasus antara Indonesia dengan Malaysia terus bermunculan. Jr. dan Sabah menjadi satu kesatuan koloni yang diberi nama dengan Malaysia. Serawak. Namun saya berharap konsep ahimsa yang dibawakan Gandhi semoga dapat diaplikasikan di Indonesia.Konfrontasi Indonesia – Malaysia memang telah terjadi sejak pemerintahan Presiden Soekarno. Tanggal 27 Juli 1963 Soekarno mencetuskan situasi perang terhadap Malaysia ketika terjadi perobekan foto Soekarno.3 Tahun 1961. Kisah ini berawal dari ketika dia kembali ke India.org/wiki/Konfrontasi_Indonesia-Malaysia. Rakyat dari agama dan suku yang berbeda yang hidup di India kala itu yakin bahwa India perlu dipecah menjadi beberapa negara agar kelompok yang berbeda dapat mempunyai negara mereka sendiri. sering diterjemahkan sebagai “jalan yang benar” atau “jalan menuju kebenaran”. agar memperoleh kemenangan seperti India memperoleh kemenangan dari inggris. Pemerintahan Kolonial Inggris ingin mempersatukan wilayah Kalimantan. telah menginspirasi berbagai generasi aktivis-aktivis demokrasi dan anti-rasisme seperti Martin Luther King. satyagraha. dia membantu dalam proses kemerdekaan India dari jajahan Inggris. Dia percaya bahwa manusia dari segala agama harus mempunyai hak yang sama dan hidup bersama secara damai di dalam satu 3 http://id. dan Nelson Mandela. Satyagraha (Penegakan Kebenaran) Prinsip Gandhi.net/mahatma-gandhi-dan-empat-teori-perilaku-kepemimpinan.4 Gandhi sering mengatakan kalau nilai-nilai ajarannya sangat sederhana. Gandhi adalah seorang Hindu namun dia menyukai pemikiran-pemikiran dari agama-agama lain termasuk Islam dan Kristen. Konfrontasi Indonesia-Malaysia atau yang lebih dikenal sebagai Konfrontasi saja adalah sebuah perang mengenai masa depan Malaya. Banyak yang ingin agar para pemeluk agama Hindu dan Islam mempunyai negara sendiri. dikutip pada tanggal 24 0ktober 2010 . dikutip pada tanggal 22 0ktober 2010 4 http://yasinta.wikipedia. Soekarno tidak menyetujui hal ini. 2. Kerajaan Brunei. yang berdasarkan kepercayaan Hindu tradisional: kebenaran (satya). hal ini memberikan inspirasi bagi rakyat di koloni-koloni lainnya agar berjuang mendapatkan kemerdekaannya dan memecah Kemaharajaan Britania untuk kemudian membentuk Persemakmuran.

maka tidak akan terjadi korupsi. Hal ini tidak disetujui Gandhi. dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka. Gandhi yakin kepada setiap usaha dan perjuangan yang dilakukan oleh mereka yang dibimbing langsung olehnya dalam menjalankan Satyagraha. Apabila pemerintahan di Indonesia memegang dan menjalankan konsep Gandhi yang satu ini.wikipedia.org/wiki/Daftar_kasus_korupsi_di_Indonesia.negara. Beberapa kasus korupsi yang ada di Indonesia adalah:6 • • • Kasus dugaan korupsi Soeharto: dakwaan atas tindak korupsi di tujuh yayasan Pertamina: dalam Technical Assistance Contract dengan PT Ustaindo Petro Gas Bapindo: pembobolan di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) oleh Eddy Tansil 5 http://id. Pada 1947.wikipedia. Ia menyebutnya Satyagraha – Penegakan Kebenaran. dikutip pada tanggal 24 oktober 2010 6 http://id. aksi-damai yang menuntut kemerdekaan. dan karena ajaran dan pelatihan Satyagraha inilah perjuangannya membawa hasil. dikutip pada tanggal 22 0ktober 2010 . Satyagraha kemudian dijalankan secara luas dan efektif dalam perjuangan kemerdekaan. India menjadi merdeka dan pecah menjadi dua negara. Korupsi adalah perilaku pejabat publik. India dan Pakistan.5 Korupsi adalah sebuah tindakan pemerintah yang sangat merugikan Negara hingga akhirnya rakyat yang menjadi korbannya. Ia mengubah Kongres Nasional India menjadi sebuah kekuatan politik yang besar. Gandhi menggunakan teknik satyagraha dalam beberapa kesempatan untuk membuat pengaruh yang besar.org/wiki/Korupsi. yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya. Betapapun. baik politikus/politisi maupun pegawai negeri. Perjuangan ini akhirnya mencapai satu titik dimana Inggris tak sanggup bertahan menentang ribuan massa rakyat yang menetangnya. Gandhi tetap melanjutkan pencariannya akan kebenaran dan merancang strategi yang sesuai untuk menghadapi musuh. Gandhi yakin bahwa dengan melihat penderitaan seseorang yang menegakkan kebenaran akan memberi pengaruh dan akan menyentuh nurani pelaku kesewenangan (musuh). Sementara Pergerakan terus berlangsung.

ingin membeli. Sebagai kata sifat.wikipedia. maka politik dari imperialisme Inggris di India 7 http://id. Veer Savarkar. and Lala Lajpat Rai. artinya menjadi "negara sendiri". 3. Swadeshi (Cinta Produk Dalam Negeri) Kata Swadeshi merupakan turunan dari kata berbahasa Sansekerta (Sanskrit) Sandhi. gerakan ini terus membesar hingga tahun 1908. Swadesi menjadi gerakan yang dilembagakan dalam sebuah organisasi. Satyagraha perlu diterapkan oleh pemerintah di Indonesia agar terwujud bangsa yang sejahtera di bawah pemerintahan yang jujur dan adil yang selalu berpegang teguh pada kebenaran. Agar rakyat India bisa membeli. Handels-imperialisme. Swadeshi dapat berarti "dari negara sendiri". pisau. Bisa juga dimaknai sebagai penggabungan dari dua kata Sansekerta. Bahkan gerakan ini merupakan salah satu yang tersukses sebelum era Gandhi. Imperialisme Inggris ke India itu terutama sekali adalah imperialisme dagang. Para pemimpinnya antara lain Aurobindo Ghosh.org/wiki/Swadesi. dikutip pada tanggal 22 0ktober 2010 .7 Di India semasa penjajahan kolonialisme Inggris. dan Tommy Soeharto. Swa yang berarti "diri" atau "mandiri" atau "sendiri" dan Desh yang berarti "negara". • • Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI): penyimpangan penyaluran dana BLBI Abdullah Puteh: korupsi APBD. mesin jahit dan bahan pakaian. Bila digabungkan. sejumlah pejabat Departemen Kehutanan. suka membeli. sepeda. Swadeshi makin mendapatkan ruhnya ketika ia mendefinisikannya sebagai "panggilan bagi konsumen untuk waspada tehradap bahaya yang ditimbulkan dari mendukung industri mereka (asing atau penjajah) yang menghasilkan kemiskinan dan berbahaya bagi para pekerja dan manusia serta makhluk-makhluk lain. Di masa Mahatma Gandhi.• HPH dan dana reboisasi: melibatkan Bob Hasan. Prajogo Pangestu. Bermula dari pemisahan negara bagian Bengal dari koloni Inggris pada 1905. Lokmanya Bal Gangadhar Tilak. Barang-barang seperti gunting. Membawa barang ke India untuk dijual ke India .

mula-mula terutama sekali keluarnya dari kelas pertengahan dan kelas borjuis. menenun sendiri. Gerakan Swadesi mempunyai harga moril yang tinggi sekali bagi bangsa India . memintal benang. Inggris tidak mematikan India sama sekali. Swadesi artinya desa sendiri. Swadesi dianggap menghambat kemajuan negeri India dikarenakan gerakan ini sangat anti terhadap mesin yang mengganti pekerjaan manusia dan Ghandi menganggap kalau mesin tersebut sebagai setan. Mungkin para pengusaha bangsa India dalam hal ini kaum menengah yang terkena dampak dari imperialisme Inggris berpikir keras bagaimana melawan gempuran yang dilakukan produk buatan Inggris kalau hanya mengandalkan tenaga manusia. di dalam praktiknya gerakan Swadesi langsung menyentuh sektor riil yaitu rakyat memulai dengan menanam kapas sendiri. Tetapi hal ini kemudian mendapat tentangan dari kelas pertengahan dan kelas borjuis yang hendak tumbuh dengan penjualanpenjualan produk mereka sendiri. Dianjurkan bagi kepada bangsa untuk membuat sendiri keperluan hidupnya. yaitu negeri sendiri. Maka dibuatlah sekolah-sekolah untuk mereka. Kemudian penentangan tersebut mendapat dukungan dari rakyat India . Kemudian yang terjadi adalah bangsa India tenggelam dalam euforia dalam menentang semua produk-produk Inggris dan mengabaikan pendapat Ghandi itu sendiri. Swa artinya sendiri. desi dari perkataan desa. mereka menumbuhkan kemauan membeli dan kemampuan membeli rakyat India dengan membentuk pola pikir rakyat agar menjadi pintar. jadi yang paling mendapat saingan dari handlesimperialisme Inggris itu. dengan tidak mau . Pada hakekatnya gerakan Swadesi ini adalah satu penentangan terhadap imperialisme.berbeda dengan Belanda di Indonesia. Oleh karena itu gerakan menentang imperialisme Inggris ini. ialah justru kelas pertengahan dan kelas borjuis. Implikasinya adalah mereka sangat menghargai hasil karya sendiri. Pemikiran yang di kreasi oleh Ghandi ini bukan tidak ada kelemahannya sama sekali. Yang terjadi adalah kaum menengah di India dengan dukungan rakyat India menginginkan produk mereka sendiri yang harus menjadi tuan di negeri sendiri. Pemimpin-pemimpinnya ialah kaum kapital. Semboyan ekonomisnya ialah Swadesi yang diajarkan oleh Mahatma Gandhi. seperti universitas Koopracht dan koopwil. Yang kemudian membentuk Indian National Conggress tahun 1885. menurut founding father kita yaitu Soekarno.

misalnya produk otomotifnya yang harganya jauh dari pasaran yang sedang berlaku di Indonesia. Bahkan barang-barang buatan Inggris kadang-kadang diserbu. King apa yang dilakukan JK identik dengan apa yang diperjuangkan tokoh kemerdekaan India Mahatma Gandhi.8 Wapres RI ini selalu mendengungkan "berdiri di atas kaki sendiri" dengan mencintai dan menggunakan produk dalam negeri yang disebut King sesuai dengan ajaran Swadesi. kemudian merambahnya produk-produk sepatu Cina yang harganya jauh dibawah harga sepatu produk lokal.membeli produk-produk Inggris (boycot action) .php/news/id/6688/Masyarakat-Indonesia-Keturunan-India-DukungJK. menurut pengusaha nasional keturunan India. Indonesia sebagai negara berkembang tentu ingin produk-produk dalam negerinya bisa mengglobal dan membawa nama negeri ini dalam kancah ekonomi global. Tidak boleh rakyat terutama sekali anggota-anggota dari Indian National Conggress membeli barang-barang buatan Inggris. swadesi (cinta produk dalam negeri). ditumpuk. dibawa ke luar. Sumber Referensi 8 http://www. dan satyagraha (jujur). semangat nasionalisme harus segera ditonjolkan mulai dari sekarang. Dengan gerakan swadesi ini maka handels-imperialisme Inggris menjadi lumpuh. Pihak imperialisme Inggris kewalahan dan pada tahun 1947 India diberi kemerdekaan kemudian pada tanggal 26 Januari 1950 menjadi Republik India tetapi masih didalam Commonwealth. Seketika hal seperti ini adalah mimpi yang sangat sulit menjadi kenyataan. Membuat hancurnya pasaran produk lokal. Masyarakat Indonesia perlu menyadari bahwa betapa pentingnya konsep swadesi ini agar dapat menerapkannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.jakartapress. Seperti yang terjadi di Chouri Chora. dengan kualitas sama.jp. dibakar. Swadesi akhirnya berhasil. Sebagai contoh ketika produk Cina menyerbu pasaran di Indonesia. JK sudah menjalankan ahimsa (perdamaian). Fakta berbicara orang Indonesia sendiri lebih menyukai produk luar dari pada produk nasional. Mr. Namun. Seperti yang telah dicontohkan oleh yusuf kalla.com/www. ditimbun. dikutip pada tanggal 22 0ktober 2010 . karena seluruh rakyat tidak mau membeli barang-barang buatan Inggris itu. yang memang dari segi kuantitas maupun kualitas sangatlah sulit bagi produk nasional untuk bisa bersaing.

jakartapress.wikipedia.org/wiki/Korupsi http://id.com/www.net/mahatma-gandhi-dan-empat-teori-perilaku-kepemimpinan .wikipedia.harianglobal.wordpress.org/wiki/Swadesi http://www.jp http://yasinta.wikipedia.com/index.wikipedia.org/wiki/Daftar_kasus_korupsi_di_Indonesia http://id.php/news/id/6688/Masyarakat-Indonesia-KeturunanIndia-Dukung-JK.php? option=com_content&view=article&id=44304:perang-dingin-indonesia-vsmalaysia&catid=57:gagasan&Itemid=65 http://www.com/2009/12/05/jejak-pemikiran-mahatma-gandhi http://id.http://aansetia.org/wiki/Konfrontasi_Indonesia-Malaysia http://id.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful