P. 1
Ekonomi - studi kasus

Ekonomi - studi kasus

|Views: 140|Likes:
Published by gakpenting

More info:

Published by: gakpenting on Dec 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2012

pdf

text

original

Latar Belakang

Di era globalisasi yang semakin modern seperti ini, kemajuan teknologi terus berkembang pesat seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Kita yang saat ini hidup di zaman modern pastilah tidak bisa terlepas dari berbagai kebutuhan akan barang-barang elektronik dan berbagai barang-barang modern lainnya. Keberadaan barang-barang modern itulah yang mempermudah kita untuk menyelesaikan pekerjaan dan juga dapat mempersingkat waktu serta memaksimalkan hasil yang dapat dicapai dibanding kita menggunakan alat-alat tradisional. Secara di sadari atau tidak, saat ini kita sangat bergantung dengan berbagai barang modern yang telah mendunia. Misalnya saja handphone, kita semua pasti telah mengenal dan mengerti tentang barang elektronik yang satu ini, banyak di antara kita yang telah memiliki dan menggunakannya, mulai dari para petinggi sampai kalangan bawahan, karena dengan adanya handphone kita dapat mempermudah menghubungi sanak saudara baik di dalam maupun luar negeri. Kecanggihan inilah yang menjadikan kita sangat sulit untuk bisa terlepas dari kebutuhan akan barang elektronik. Dengan kecanggihan teknologi seperti itu, barang-barang elektronik saat ini bisa dikatakan telah merajai pasar dunia, hal ini menyebabkan terbukanya lapangan perkerjaan bagi siapa saja yang berminat untuk terjun di dunia bisnis yang berhubungan dengan barang-barang elektronik, contohnya saja penjual handphone yang saat ini telah banyak kita temui, dengan adanya handphone pasti kita membutuhkan pulsa agar dapat menghubungi orang lain, maka selain penjual handphone juga banyak kita temui penjual pulsa, selain itu jika handphone kita mengalami masalah kita bisa membawanya ke tukang servis handphone untuk memperbaikinya, satu lagi yang bisa dijadikan peluang pekerjaan adalah penjual accessories handphone yang dapat mempercantik handphone kita agar tidak bosan dipandang. Jika satu barang elektronik saja bisa membuka banyak lapangan pekerjaan maka barang-barang yang lain pasti dapat kita jadikan peluang bisnis. Namun dibalik semua sisi positive dari barang elektronik tersebut pasti ada sisi negative yang timbul, baik dalam bidang social maupun dalam bidang ekonomi. Dalam masalah ini saya akan membahas dampak negative yang ditimbulkan oleh barang-barang elektronik dalam bidang ekonomi, seperti penggelapan atau penyelundupan barang-barang elektronik dari luar negeri ke dalam negeri untuk menghindari pajak yang dapat merugikan negara. Kejadian seperti ini banyak kita

keberadaan barang-barang elektronik semakin marak di pasaran. begitu juga dengan konsumen. Jika produsen berupaya untuk mendapat keuntungan maksimal. Dampak negative dalam bidang ekonomi yang diberikan dapat berdampak besar untuk ekonomi negara yang kebanyakan didapat dari sektor perpajakan. Para produsen tersebut semakin meningkatkan kualitas barang agar dapat menarik perhatian konsumen. karena jika suatu barang tidak mengikuti perkembangan yang ada maka akan sulit barang tersebut menembus pasaran. hal inilah yang membuat para produsen berlomba dan bersaing menguasai pasar. . Sedangkan barang-barang elektronik yang ada di Indonesia kebanyakan adalah barang-barang hasil produksi dari luar negeri yang telah dikenakan pajak sehingga harga barang-barang tersebut cenderung lebih mahal bahkan terkadang selisih harga barang yang ada di dalam negeri dengan harga barang yang ada di luar negeri cukup banyak. konsumen ingin mendapatkan barang berkualitas baik dengan harga rendah. Barang-barang tersebut nantinya akan di jual kembali di pasar gelap atau sering kita kenal dengan sebutan black market. Di pasar black market inilah barang-barang tersebut dijual kembali dengan harga jauh lebih rendah dari pada harga pada umumnya. inilah yang disebut barang gelap. Atas dasar latar belakang inilah saya akan membahas tentang maraknya penyelundupan barang-barang elektronik dari luar negeri ke dalam negeri untuk menghidar dari pajak yang merugikan negara di bidang perekonomian. apapun alasannya tujuan produsen adalah untuk mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya dari memasarkan barang-barang elektronik tersebut karena di zaman seperti ini barang elektronik sudah menjadi keperluan yang tidak bisa ditinggalkan sehingga masyarakat berupaya agar dapat mendapat barang-barang elektronik tersebut.temui dalam kehidupan sehari-hari dan juga di sekitar kita. karena barang-barang di black market tidak terkena biaya pajak. Maka dari itulah banyak oknum-oknum yang menggelapkan atau menyelundupkan barang-barang luar negeri untuk bisa masuk ke Indonesia tanpa dikenakan pajak. seperti membuat inovasi-inovasi baru agar tidak kalah dengan penemuan-penemuan yang selalu tercipta di setiap tahunnya. Karena barang-barang tersebut tidak terkena biaya pajak maka barang-barang tersebut tidak dilengkapi dengan surat-surat lengkap seperti barang-barang legal lainnya. Namun. Masalah Seiring dengan kemajuan teknologi.

Selain untuk menghindari terjadinya penggelapan barang-barang dari luar negeri. Diperlukan juga kesadaran dari diri kita masing-masing untuk taat pajak mulai dari sekarang. seperti di Batam atau tempat lainnya yang berbatasan dengan negara tetangga yang memudahkan untuk menggelapkan barang-barang dari luar negeri. diadakan juga operasioperasi di pasar-pasar yang menjual barang-barang selundupan. para pekerja kita dapat belajar banyak dari perusahaan-perusahaan . karena sebenarnya barang-barang hasil penggelapan itu banyak disekitar kita. karena apapun bentuknya. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapat dengan adanya pabrik produsen barang luar negeri tersebut. hanya saja kita kurang meyadari keberadaannya. pajak merupakan salah satu pendapatan negara yang sangat penting dan utama. padahal seperti yang kita tahu bahwa pajak negara sangat penting untuk pembangunan negara dan kesejahteraan rakyat. Dengan adanya kasus seperti ini diharap negara dapat lebih tegas menindak para oknum-oknum yang selalu menggelapkan barang-barang luar negeri untuk menghindar dari pajak. seperti di bandara. atau tempat-tempat umum lainnya. Karena kebanyakan kasus penggelapan terjadi di tempat-tempat terpencil dengan pengawasan yang kurang. pengawasan yang ketat juga akan mempersulit peredaran narkoba yang juga sering lalu-lalang antar negara.Dengan makin maraknya kegiatan penggelapan barang-barang dari luar negeri ke dalam negeri untuk menghindari pajak seperti ini akan semakin merugikan negara. pelabuhan. Pemecahan Solusi Dengan maraknya kasus penggelapan barang seperti yang telah dibahas diatas. Jika masih banyak yang menghidar dari pajak maka negara kita akan kekurangan biaya untuk pembangunan segala sarana dan prasarana yang semua itu diperuntukan untuk kepentingan kita semua. pemerintah tidak tinggal diam dengan hal ini. Selain memperketat pengawasan dan penjagaan. Hal yang paling penting adalah pembangunan pabrik yang memproduksi barang-barang luar negeri tersebut di dalam negeri. diantaranya adalah para pengusaha luar negeri dapat berinvestasi ke Indonesia yang nantinya akan berpengaruh dalam hal ekonomi negara yaitu meningkatnya pendapatan dalam negeri akibat investasi luar negari. selain itu kita dapat melakukan alih teknologi. banyak upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi hal-hal tersebut seperti meningkatkan pengawasan di titik-titik yang rawan terjadinya arus penyaluran barang-barang yang akan digelapkan.

Tindakan tegas tersebut dapat berupa hukuman kurungan maupun hukuman denda kepada para pelaku agar mereka jera dan tidak melakukan kesalahan tersebut kembali. karena setiap pajak yang kita bayar nantinya juga akan kembali untuk kepentingan kita semua. hal inilah yang menjadi salah satu penyebab banyaknya masyarakat menghindar dari pajak yang salah satu caranya adalah dengan menggelapkan barang dari luar negeri. Harusnya pemerintah dapat mengatasi masalah pengangguran di negara ini karena pengangguran membuat banyak orang tidak memiliki penghasilan yang layak. Pemerintah dapat lebih memperberat hukuman. karena menghindar dari pajak merupakan hal yang sangat merugikan negara apalagi jika hal itu dilakukan berkali-kali dan terus-menerus. Dan yang terpenting adalah kita dapat mempekerjakan para pekerja dalam negeri agar angka pengangguran menurun dan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat. Solusi Solusi dari permasalahan ini dapat dilakukan dengan cara menindak tegas para pelanggar. sedangkan dalam aktifitas sehari-hari kita sangat membutuhkan dengan adanya barang elektronik. Hal yang paling penting adalah sadar pajak mulai dari sekarang. Dan jika masyarakat merasa harga barang-barang elektronik buatan luar negeri tersebut terlalu tinggi setelah masuk ke Indonesia dan dikenakan pajak. karena sampai saat ini angka pengangguran di negara kita masih tinggi dan dibutuhkan banyak lapangan pekerjaan untuk bisa mengatasi hal ini. Sangatlah penting untuk menyerap tenaga kerja kita. karena bagi mereka untuk memenuhi kebutuhan saja terkadang masih sulit apalagi untuk membayar pajak. maka dapat pula pemerintah membantu dengan cara tidak menghapus pajak tetapi menurunkan pajak yang akan dikenakan agar harga barang-barang tersebut lebih mudah dijangkau. .besar luar negeri mengenai teknologi dan elektronik serta banyak hal lainnya.

5 / 16 .STUDI KASUS EKONOMI OLEH : Feny Fitria Dewi X.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->