BIOLOGI 3 SKS ( 2 TEORI + 1 PRAKTEK

PENGAJAR: DRA. UMUL AIMAN, M.Si. HP : 081802653800

biologi molekul hereditas ‡konsep evolusi mikroevolusi makroevolusi ‡diversitas atau keanekaragaman dan penggolongan makhluk hidup ‡struktur dan fungsi tumbuhan ‡struktur dan fungsi hewan ‡Ekologi dan tingkah laku mahkluk hidup .Deskripsi Singkat Mata Kuliah Pembahasan dalam mata kuliah Biologi Dasar meliputi: ‡kesamaan dan keragaman makhluk hidup. ‡metoda dalam biologi ‡hirarki dalam biologi ‡sel sebagai unit fungsional terkecil ‡makhluk hidup dari aspek sejarah dan teori sel struktur dan fungsi sel ‡konsep dasar hereditas pembelahan sel konsep Mendel.

konsep evolusi. ekologi dan tingkah laku. sehingga keragaman dan keseragaman makhluk hidup di dunia dapat dibandingkan . struktur dan fungsi tumbuhan.Tujuan pembelajaran : Setelah menempuh satu semester pembelajaran mk Biolgi Dasar. struktur dan fungsi hewan. mahasiswa akan dapat menguraikan konsep-konsep dasar metoda biologi. konsep hereditas. struktur dan fungsi sel.

menguraikan struktur dan fungsi tumbuhan 19. mendiskripsikan siklus sel 12. menguraikan ciri-ciri makhluk hidup 3. menguraikan struktur dan fungsi hewan 20. membedakan makhluk hidup dari yang tidak hidup 2. dicapai melalui tahapan-tahapan atau tujuan-tujuan khusus yaitu mahasiswa akan dapat : 1. menguraikan konsep Mendel dalam pewarisan gen 14. menyusun hirarki atau organisasi biologi 4. menerangkan mikroevolusi 16. mendeskripsikan interaksi makhluk hidup dan abiotik dalam ekosistem 21. trampil menggunakan mikroskop dengan benar 6. mendeskripsikan metoda biologi 5. menguraikan hubungan antar sel 8. menerangkan konsep dasar fotosintesis 11. menerangkan konsep dasar respirasi sel 10. mendiskripsikan tingkah laku mahkluk hidup . menguraikan keanekaragaman makhluk hidup dan pengelompokannya 18. menerangkan makroevolusi 17. menghubungkan hukum thermodinamika dan metabolisme sel 9.Untuk mencapai tujuan mk tersebut. menerangkan biologi molekuler materi genetik 15. membandingkan mitosis dan meiosis 13. mendiskripsikan struktur sel 7.

PENILAIAN TEORI NILAI UJIAN I 15%  NILAI UJIAN I ( MID TERM )  NILAI UJIAN II ( AKHIR )  NILAI TUGAS I  NILAI TUGAS II  NILAI QUIZ II  NILAI QUIZ II 30 % 30% 10% 10% 10% 10% .

PENILAIAN PRAKTIKUM PELAKSANAAN PRE/ POST TEST TUGAS RESPONSI 25% 25% 40% 10% .

65.9 56 .9 46 ² 55.9 < 45.KRITERIA PENILAIAN MUTLAK / RELATIF ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ A B C D E > 80 66 ² 79.9 KETUA KELAS : HP : .

dan bereproduksi .Ciri mahluk hidup 1. tumbuh. METABOLISME Makhluk hidup atau hidup dicirikan dengan adanya aktivitas metabolisme Hanya sel-sel yang hidup yang dapat mengadakan aktivitas metabolisme Metabolimse didefinisikan sebagai kapasistas sel untuk: Mendapatkan dan mengubah energi dari sekelilingnya Menggunakan energi untuk memelihara.

kita menyebutnya suatu kondisi homeostasis . dan respon tersebut membantu menjaga kondisi yang disukai di dalam sel atau badan multiseluler Organisme memiliki sel-sel yang berarti merasakan perubahan pada lingkungan dan membuat pengaturan untuk menanggapinya Biasanya lingkungan internal organisme multiseluler dijaga selalu konstan Apabila kondisi lingkungan internal sedang terjaga dalam kondisi minimum yang dapat ditolerir. TANGGAP TERHADAP RANGSANG Organisme tanggap dan berespon terhadap perubahan lingkungannya.2.

misalnya bentuk tubuh. REPRODUKSI Kita adalah bagian dari perjalanan abadi yang dimulai dari jutaan tahun yang lalu Dengan reproduksi. ke anakannya . perjalanan kehidupan berlanjut Reproduksi melibatkan pewarisan Orang tua menstransmisikan intruksi DNA untuk menduplikasikan sifat yang diturunkan ( trait ). yaitu produksi anakan.3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful