RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT

)

Nama Mata Kuliah/ sks/ Kode Nama Tutor/ NPP Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kompetensi Dasar

: Statistika Dasar/ 3/ PAMA 3226 : Adi Nur Cahyono, S.Pd., M.Pd./088201206 : Mata kuliah ini disajikan dalam 9 modul yang terdiri dari Pengetahuan Dasar Statistika; Penyajian Data dalam Bentuk Tabel; Penyajian Data dalam Bentuk Diagram; Ukuran Pemusatan; Ukuran Lokasi dan Dispersi; Ukuran Kemiringan, Ukuran Keruncingan dari Kurva Normal; Kurva Normal dan Kegunaannya; Kurva-Kurva Lain dan Penggunaannya; Distribusi Sampling. : Setelah mempelajari modul ini diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan pengetahuan tentang statistika dalam bidang penelitian. Pokok Bahasan Pengetahuan Dasar Statistika Sub Pokok Bahasan 1. Data Statistik 2. Dasar-Dasar Analisis Model Tutorial Ceramah, diskusi Tugas Tutorial dan Bobot Nilai Mengerjakan Tes Formatif 1 dan Tes Formatif 2 Estimasi Daftar Waktu Pustaka 90 menit Modul 1 Tutorial ke1

No.

Indikator

1. Mahasiswa dapat: a. Menjelaskan pengertian statistik; b. Menjelaskan pengertian statistika; c. Menjelaskan pengertian data statistik; d. Menjelaskan contoh macammacam data; e. Menjelaskan cara-cara pengumpulan data; f. Menjelaskan pengertian populasi; g. Menjelaskan pengertian sampel; h. Menjelaskan aturan-aturan pembulatan bilangan; i. Menggunakan aturan-aturan pembulatan bilangan; dan j. Menggunakan notasi jumlah dalam perhitungan-perhitungan.

diagram lingkaran. Menggambarkan diagram garis berdasarkan data waktu. Menggambarkan kurva frekuensi yang merupakan penghalusan poligon frekuensi. d. diskusi Mengerjakan Tes Formatif 1 dan Tes Formatif 2 90 menit Modul 2 2 Penyajian Data dalam Bentuk Diagram 1. f. dan diagram lambang berdasarkan data kuantitatif. Macam-macam Bentuk Diagram untuk Data Terkelompok Ceramah. Mahasiswa dapat: a. Menggambarkan diagram batang.2. diskusi Mengerjakan Tes Formatif 1 dan Tes Formatif 2 90 menit Modul 3 3 . c. Macam-macam Penyajian Data dalam Bentuk Tabel 2. Menyusun sekumpulan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi kumulatif. Menyusun sekumpulan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Menggambarkan grafik histogram berdasarkan data yang sudah disusun dalam tabel distribusi frekuensi baik frekuensinya berupa data absolut maupun relatif. 3. Macam-macam Tabel Distribusi Frekuensi Ceramah. Menyusun sekumpulan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi relatif. diagram titik. b. Menggambarkan poligon frekuensi berdasarkan histogram. c. baik frekuensinya berupa absolut maupun relatif. Penyajian Data dalam Bentuk Tabel 1. Menggambarkan ogive berdasarkan tabel distribusi frekuensi kumulkatif. d. Macam-macam Bentuk Diagram untuk Data Tidak Terkelompok 2. baik frekuensinya dalam bentuk mutlak (absolut) maupun relatif. Menyusun sekumpulan data dalam bentuk tabel baris kolom dan tabel kontingensi. Mahasiswa dapat: a. b. e.

diskusi Mengerjakan Tes Formatif 1 dan Tes Formatif 2 90 menit Modul 5 5 . e. dan modus. 2. Nilai rata-rata Modus dan Median Ceramah. Ukuran Dispersi Ceramah.4. median. Menentukan nilai modus dari kelompok data yang ditentukan distribusi frekuensinya. c. Menentukan nilai persentil dari data tersebar. Menentukan nilai persentil dari data terkelompok. Membedakan antara kegunaan nilai rata-rata hitung dengan rata-rata ukur. dan modus. d. Menentukan nilai kuartil dari data tersebar. Menentukan rentang sekelompok data yang diketahui. Desil. Menentukan nilai kuartil dari data terkelompok. g. f. Menentukan nilai desil dari data terkelompok. Menentukan nilai median dari kelompok data yang ditentukan distribusi frekuensinya. Ukuran Pemusatan 1. Merumuskan nilai rata-rata untuk data tersebar. Mahasiswa dapat: a. f. b. b. Persentil 2. Membedakan antara rumus nilai rata-rata hitung. Kuartil. Menentukan nilai desil dari data tersebar. diskusi Mengerjakan Tes Formatif 1 dan Tes Formatif 2 90 menit Modul 4 4 Ukuran Lokasi dan Dispersi 1. Mahasiswa dapat: a. g. d. e. 5. Menentukan hubungan antara nilai rata-rata hitung. median. c. Menghitung nilai rata-rata untuk data terkelompok.

a. Menentukan nilai simpangan baku dari data tersebar. Menghitung koefisien keruncingan dari sekumpulan data. e. Menyebutkan interval pada fungsi distribusi normal dari Gauss. 7. Menyelesaikan perhitungan yang berkaitan dengan penggunaan kurva normal. k. Mahasiswa dapat: a. Mencari nilai baku z jika ditentukan unsur-unsurnya. Mencari luas aerah di bawah kurva normal yang dibakukan jika diketahui unsur-unsurnya. Menghitung koefisien kemiringan dari sekumpulan data. Ukuran Keruncingan Ceramah. Ukuran Kemiringan 2. Menunjukkan rumus transformasi distribusi normal yang dibakukan. d. j. b. Distribusi Student Ceramah. Menentukan nilai simpangan baku dari data terkelompok. Menentukan model distribusi dari sekumpulan data ditinjau dari keruncingannya. Menunjukkan fungsi distribusi normal yang ditemukan oleh Gauss. c. Menghitung nilai rata-rata simpangan. Menentukan hubungan antara nilai kuartil.h. i. Mahasiswa dapat: a. Ukuran Kemiringan. Menentukan model distribusi dari sekumpulan data ditinjau dari kemiringannya. dan persentil. desil. b. 6. diskusi Mengerjakan Tes Formatif 1 dan Tes Formatif 2 90 menit Modul 6 5 Kurva Normal dan Kegunaannya 1. Ukuran Keruncingan dari Kurva Normal 1. c. Distribusi Gauss 2. d. diskusi Mengerjakan Tes Formatif 1 dan Tes Formatif 2 90 menit Modul 7 6 .

Mahasiswa dapat: a. Distribusi Nilai RataRata dan Distribusi Proporsi 2. Mempergunakan dan membaca tabel-tabel kurva. b. Menyebutkan perbedaan yang khas antara kurva distribusi khi kuadrat dengan kurva distribusi t. Menunjukkan rumus simpangan Kurva-Kurva Lain dan Penggunaannya Distribusi Sampling 1. i. Mencari nilai khi kuadrat dari daftar. Mencari luas daerah distribusi F yang ditentukan nilai F-nya. h. n. m. Distribusi Khi Kuadrat (X2) 2. c. Membedakan antara rumus distribusi normal baku dengan rumus distribusi t. j. diskusi Ceramah. Mahasiswa dapat: a. Distribusi Simpangan Baku dan Distribusi Selisih/Jumlah Nilai Ceramah. Menentukan luas daerah di bawah kurva khi kuadrat yang ditentukan nilainya dan tingkat berartinya. 9.f. Menggunakan nilai t dalam bentuk soal terapan. 8. Mencari luas daerah t yang diketahui nilai t-nya. o. Distribusi F 1. Menggunakan nilai z dalam bentuk soal terapan. l. Menunjukkan perbedaan yang khas antara mencari nilai F dengan nilai t. g. Mencari nilai t jika ditentukan unsur-unsurnya. diskusi Mengerjakan Tes Formatif 1 dan Tes Formatif 2 Mengerjakan Tes Formatif 1 dan Tes Formatif 2 90 menit Modul 8 7 90 menit Modul 9 8 . k. Menunjukkan rumus nilai rata-rata dari distribusi nilai rata-rata. Menyebutkan arti distribusi sampling nilai rata-rata.

Menunjukkan rumus simpangan baku dari distribusi selisih/jumlah nilai rata-rata. Menggunakan rumus distribusi nilai rata-rata dalam memecahkan soal. q. i. Menunjukkan rumus nilai rata-rata simpangan baku dari distribusi simpangan baku. j. g. d. Menggunakan rumus distribusi simpangan baku dalam memecahkan soal. l. Menyebukan arti distribusi Rata-Rata 3. n. Menunjukkan rumus nilai rata-rata dari distribusi proporsi.baku dari distribusi nilai rata-rata. h. e. Menunjukkan rumus simpangan baku dari distribusi proporsi. Menunjukkan rumus nilai rata-rata dari distribusi selisih/jumlah nilai rata-rata. Menyebutkan arti distribusi proporsi. p. m. f. Menyebutkan arti distribusi simpangan baku. o. Menggunakan rumus distribusi selisih/jumlah nilai rata-rata dalam memecahkan soal. Menunjukkan rumus simpangan baku dari distribusi simpangan baku. Menggunakan rumus distribusi proporsi dalam memecahkan soal. k. Menyebutkan arti distribusi selisih/jumlah nilai rata-rata. Distribusi Selisih Proporsi dan Distribusi Sampling Lainnya .

r. t. s. Adi Nur Cahyono. 088201206 . Semarang.selisih/jumlah proporsi.Pd. S. Menunjukkan rumus nilai ratarata dari distribusi selisih/jumlah proporsi. M. Menunjukkan rumus simpangan baku dari distribusi selisih/jumlah proporsi.Pd.. Menggunakan rumus distribusi selisih/jumlah proporsi dalam memecahkan soal. NPP. 30 Juli 2008 Tutor.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful