Peran Internet Dalam Pendidikan

Peran Internet Dalam Pendidikan, Langkah dalam Pembelajaran Modern Oleh : Miftah Nashir BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Pendidikan merupakan hak dan tanggung jawab setiap individu, untuk mendapatkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu.[1] Dan pendidikan layak merupakan hak bagi setiap manusia dalam kehidupannya, ini merupakan kebutuhan dasar yang mau tak mau harus terpenuhi, bila tidak maka akan terjadi ketimpangan dalam segala hal. Pendidikan merupakan media pembentuk insan yang cendekia, bermoral dan menjungjung tinggi nilai kemanusiaan juga ketuhanan. Dan selayaknya pula bila kita dituntut untuk mendukung berbagai aspek yang berkaitan dengan pendidikan , baik itu sarana prasarana ataupun berbagai hal yang mendukungnya, karena hal itu akan menunjang keberhasilan pendidikan. Alat untuk menunjang keberhasilan pendidikan itu terdapat banyak aspek, termasuk di dalamnya sarana prasarana, lingkungan, juga tak kalah pentingnya adalah sistem pendidikan itu sendiri. Sejauh mana keberhasilan pendidikan bisa dicapai tergantung bagaimana kualitas dari sistemnya. Media yang terkait dengan dunia pendidikan itu bervariasi, bisa melalui media konvensional dan juga yang melalui media modern, seperti komputerisasi sekolah. Kenyataan dilapangan membuktikan bahwa penggunaan media modern seperti itu masih langka dan belum sepenuhnya merata di Indoensia . Kenyataan ini dapat dimaklumi mengingat dunia pendidikan di Indonesia masih sangat ketinggalan , bahkan jauh di bawah tetangga kita Malaysia. Anggaran yang diberikan oleh pemerintah untuk dunia pendidikan belum memadai yakni hanya 10 persen, maka tak heran kalau prestasi dunia pendidikan di Indonesia semakin menurun dan tak berdaya. Padahal kalau kita melihat di negara - negara yang sudah maju, komputerisasi pendidikan merupakan suatu hal yang diutamakan dan sistemnya sudah berjalan dengan baik , hal itu disebabkan karena para pendidiknya mampu menggarap teknologi dan punya kesadaran bahwa untuk belajar itu tidak melulu menggunakan media tradisional yang sudah usang. Kenyataan di Indonesia masih banyak yang menggunakan metode tradisional yang kaku dan kurang mengeksplorasi kemampuan siswa dalam mencari informasi.

Penggunaan media modern dalam pendidikan seperti komputer memang terkesan mahal atau dikesankan mahal, tetapi sangatlah besar manfaatmya. Apalagi kalau komputer yang terhubung dengan saluran Internet, dapat dipastikan bahwa informasi yang didapat oleh siswa maupun guru akan lebih kaya dan bervariasi dibanding hanya berkutat dengan buku teks pelajaran saja. Berkaitan dengan hal di atas penulis tertarik untuk mengupas fenomena pendidikan yang berkembang di era globalisasi, hanya saja penulis menitikberatkan untuk membahas tentang perkembangan dunia pendidikan yang berkaitan dengan media pembelajarannya, apalagi sekarang telah banyak berkembang Pembelajaran Jarak Jauh ( Distance Learning ) dimana pembelajaran model ini sudah banyak diterapkan di negara-negara maju. Budi Raharjo berpendapat bahwa sebelum adanya Internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan di seluruh dunia adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi penting dan sayangnya tidak murah. Buku-buku dan jurnal harus dibeli dengan harga mahal. Pengelolaan perpustakaan sekolah yang baik juga tidak mudah. Sehingga akibatnya banyak tempat di berbagai lokasi di dunia (termasuk di dunia Barat) yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap. Adanya Internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, dengan adanya Internet masalah akses tidak akan menjadi masalah lagi. [2] Di Indonesia, masalah kelangkaan sumber informasi konvensional (perpustakaan) lebih berat dibanding dengan tempat lain, pada kenyataannya perpustakaan di Indonesia sangat langka sekali keberadaanya , kalaupun ada itupun hanya ada di tingkat Kabupaten atau Provinsi yang aksesnya jauh dari desa, bisa dibayangkan betapa minimnya informasi yang diterima oleh siswa di daerah. Meskipun di tiap sekolah memiliki perpustakaan , kenyataannya masih jauh dari memadai. Adanya Internet merupakan salah satu solusi jitu untuk mengatasi masalah ini. Selanjutnya dalam artikel yang berlainan Budi Raharjo menjelaskan tentang kemudahan dalam mengakses perpustakaan lewat Internet serta dalam mengakses perpustakaan di negara lain.[3] Sesuai dengan perkembangan zaman, materi perpustakaan berkembang tidak hanya berupa bahan kertas, akan tetapi dapat berupa bentuk lain, seperti film, file komputer dan CD. [4] Adanya Internet membuka sumber informasi yang tadinya susah diakses. Akses terhadap sumber informasi bukan menjadi malasah lagi. Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang mahal harganya. Adanya Internet memungkinkan seseorang di Indonesia untuk mengakses perpustakaan di Amerika Serikat. Mekanisme akses perpustakaan dapat dilakukan dengan menggunakan program khusus (biasanya menggunakan standar Z39.50, seperti WAIS) aplikasi telnet (seperti pada aplikasi hytelne atau melalui web browser (Netscape dan Internet Explorer).[5] Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Bidang apapun

yang kita minati, pasti ada informasinya di Internet. Contoh-contoh sumber informasi yang tersedia secara online antara lain: Library, Online Journal dan Online courses. Di era globalisasi ini , Internet merupakan sebuah alat untuk menyebar luaskan seluruh informasi., tanpa batas bahkan tanpa sensor dari pihak manapun, yang uniknya kita bisa membagi (share) informasi apa saja dan siapapun bebas untuk mengaksesnya. Menurut para ahli, pengguna Internet semakin bertambah dari tahun ke tahun, pada tahun 1994 pengguna Internet hanya berkisar 3 juta orang, pada tahun 1996 jumlah ini menjadi dua kali lipat yaitu menjadi 60 juta pengguna, 100 juta pada tahun1998 dan pada tahun 2006 mencapai 1 miliar orang yang menggunakan Internet. Menurut hasil survey Netcraft Secure Server Survey yang meneliti tentang perkembangan web ternyata web sudah tumbuh menjadi 74.409.971 buah pada bulan Oktober 2006. Dalam survey tersebut disebutkan bahwa layanan berupa e-mail, newsgroup, chat, file sharing, digital library, blog, community serta e-commerce adalah layanan yang banyak diminati para pengguna Internet.[6] Kelebihan Internet yang tidak ada pada perpustakaan konvesional sangatlah beragam, berikut adalah kemudahan akses yang ditawarkan Internet : 1. Akses ke pakar. Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinan seorang siswa berkomunikasi dengan pakar di tempat lain. Seorang siswa di Jakarta dapat berkonsultasi dengan dosen di Bandung atau bahkan di San Fransisco, Amerika Serikat. 2. Media kerjasama. Internet bisa dijadikan sebagai media penghubung antara berbagai civitas akademika di Nusantara yang mudah, efisien, dan lebih murah. Para siswa ataupun guru bisa saling bertukar informasi dengan yang lainnya di seluruh Indonesia atau dunia sekalipun. Dari kegiatan komunikasi yang intensif inilah diharapkan muncul kerja sama yang saling menguntungkan berbagai pihak. [7] 3. Pertukaran informasi yang lebih cepat. 4. Bisa dilakukan secara langsung dan live. 5. Cakupannya mengglobal dan mendunia ,sehinga kita leluasa untuk mencari referensi kapanpun dan di manapun . 6. Meningkatkan pergaulan global . Terlepas dari semua dampak negatif Internet yang selalu mengintai, penulis berpendapat bahwa pembelajaran melalui Internet adalah suatu hal yang urgen dan keadaannya sangat dibutuhkan bagi para pelajar di Indonesia khususnya bagi para santri SMA Plus Muallimin Persis Rajapolah. Maka pengajaran dengan melibatkan Internet adalah penting sekali. Oleh karena itu pemahaman yang benar tentang Internet mutlak diperlukan, mengingat banyaknya tantangan yang akan dihadapi di masa depan yang semakin terbuka dan up to date. Maka selayaknya para praktisi pendidikan pun tak ketinggalan untuk berkecimpung dalam bagian ini, karena belajar pada dasarnya bisa dilakukan kapanpun, siapapun dan di manapun tanpa ada batas ruang dan waktu.

Signifikansi Penulisan Setiap karya yang dibuat tentunya mempunyai tujuan tertentu untuk apa karya tersebut dibuat.” Penulis melihat bahwa ke depan perilaku manusia sedikit besarnya akan berubah seiring dengan memasyarakatnya Internet . maka tujuan dari karya ini adalah : 1. Bagaimana contoh pola pembelajaran modern melalui Internet ? C. Untuk mengetahui sejauh mana Internet berperan dalam pendidikan. Melalui karya tulis ini diharapkan guru dan siswa mampu memanfaatkan Internet sebaik mungkin. Rumusan Masalah Berdasarkan permasalahan yang telah di uraikan. 4. Apa manfaat Internet bagi guru dan siswa? 3. Dan berdasarkan rumusan di atas. 3. Untuk mengetahui contoh pola pembelajaran modern melalui Internet.Dari latar belakang di atas. LANGKAH MENUJU PEMBELAJARAN MODERN . Untuk mengetahui manfaat Internet bagi guru dan siswa. B. Dan hal ini bisa dimafaatkan dalam bidang pendidikan. apalagi jika Internet sudah menyentuh kalangan menengah ke bawah. 2. Adapun kegunaan dari karya tulis ini adalah sebagai berikut : 1. maka penulis merumuskannya sebagai berikut : 1. Apakah Internet itu ? 2. Melalui karya tulis ini diharapkan guru dan siswa dapat berpartisipasi . Bagaimana peran Internet dalam pendidikan ? 4. Untuk mengetahui tentang Internet. penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “ PERAN INTERNET DALAM PENDIDIKAN. 2.

baik berupa artikel. Metode Penulisan Dalam penelitian karya tulis ini. Dikatakan juga sebagai a global network of computer networks yang berarti Internet merupakan sebuah jaringan komputer dalam skala global. Dalam penelitian ini. [8] .oke. Metode Penelitian. Penulis mengunakan metode kepustakaan (Library Research). yaitu dengan cara mengumpulkan dan merangkum sumber-sumber bacaan. dan situs www. Sumber Primer. Pengertian Internet Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking.dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional. penulis menggunakan metode Deskriptif . 2. D. a. b.id. Metode Penelitian dan Penulisan.or. yaitu mendeskripsikan atau memaparkan apa yang telah penulis baca dari sumber –sumber yang berkaitan dengan penelitian ini. Penulis juga menggunakan menggunakan metode pencarian sumber di Internet pada situs – situs yang di percaya. yaitu buku berjudul “ Komputerisasi Pendidikan Nasional”. diantaranya. Sumber Sekunder. yang berhubungan dengan pembahasan ini. karangan Oemar Hamalik . jurnal. 1. yaitu dengan mengumpulkan sumber-sumber bacaan. BAB II INTERNET DAN PERKEMBANGANNYA A. 3. buku-buku. Melalui karya tulis ini diharapkan timbulnya kesadaran pada diri guru dan siswa tentang pentingnya pemanfaatan Internet dalam pendidikan.

[10] Internet merupakan sarana yang ampuh yang dapat menghubungkan ke sejumlah besar informasi seperti koleksi dan layanan perpustakaan. All these computers are able to share information with each other because they use common communications protocols.) interconnected through the worldwide telecommunications systems. dia menuliskan : At a technological level. menempatkan dan atau bertukar informasi di Internet. the Internet is the people who use those computers and the information they share. Everyone on the Internet can publish information on any subject they wish. tapi Internet sebagai sumber daya informasi yang sangat lengkap.. hukum ataupun budaya. hiburan. [9] Secara umum Internet adalah sebuah database yang sangat besar yang menampung berbagai macam informasi yang sangat banyak. ….id menyatakan bahwa Internet tidak hanya berupa interkoneksi antar jaringan komputer saja. the Internet is millions of computers (no one is quite sure how many. Node bisa berupa komputer. Secara fisik Internet dianalogikan sebagai jaring laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik (node) yang saling berhubungan. radiolink) maupun satelit . walaupun secara fisik Internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum Internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di Internet seperti bisnis. At the human level. and almost everything published is .Dan dinyatakan pula bahwa Internet adalah jaringan komputer dunia yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya dan terhubung melalui IP (Internet Protocol). acting both as private individuals and representatives of organisations. Node terdiri dari pusat informasi dan database. olah raga. serat optik. peralatan komputer dan perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari. [11] Menurut Lani Sidharta dalam Oke. The people come from all walks of life. jaringan lokal atau peralatan komunikasi. sehingga bisa dianalogikan sebagai sebuah perpustakaan besar yang bersumber dari berbagai belahan dunia. dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Hal ini diungkapan Yannis Karaliotas. politik dan lain sebagainya.or. Isi Internet adalah informasi. sedangkan garis penghubung antar simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) yaitu media komunikasi terestrial (kabel. Sehingga memungkinkan komputer-komputer yang ada di dunia ini dapat saling berkomunikasi tanpa batas wilayah . [12] Dalam lingkup teknologi Internet merupakan jutaan komputer bahkan lebih yang saling terhubung dalam sistem komunikasi global. microwave.

penelitian.Internet sebagai alat Research and Development . Tanenbaum (1996) berpendapat bahwa yang berandil besar dalam perwujudan . Jaringan ini diharapkan kuat dan aman terhadap berbagai kemungkinan kerusakan seperti bencana atau perang.Internet sebagai sarana Pertukaran Data [14] B.Keterbukaan “tanpa sensor” . Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghubungkan lebih dari 20 host dan disebut sebagai ARPANet. Tahun 1986 ARPANet mulai dikomersialkan dan dikelola oleh Advanced Network Service (ANS). [13] Secara umum Jasmadi meringkas keunggulan Internet sebagai berikut : .Jangkauan yang tidak terbatas Sedangkan kegunaan Internet di spesifikasikan sebagai berikut : .available to everyone else.Internet sebagai Media Komunikasi .Komunikasi murah .[16] Andrew S.Internet sebagai Media Promosi . the content is staggeringly extensive and varied.Sumber informasi besar . Standar baru ini harus mampu menghubungkan seluruh komputer yang ada di DoD dengan komputer milik kontraktor dan organisasi ilmiah serta penelitian di universitas.Internet sebagai Media Komunikasi Interaktif . ARPANet kemudian menjadi backbone Internetworking institusi pendidikan. Sejarah Internet Internet muncul pertama kali pada akhir dekade 60-an saat United States Department of Defense (DoD) membutuhkan standar baru dalam komunikasi jaringan militer (MILnet). As a result. industri dan kontraktor .Tantangan baru untuk berusaha . [15] Tahun 1969 dibentuk Advanced Research Project Agency (ARPA) yang bertugas melakukan penelitian jaringan komputer menggunakan teknologi packet switching.

[19] Menurut Khoe Yao Tung . MIDNet. [18] Drew Heywood menjelaskan bahwa standar bahasa komputer itu terdiri dari serangkaian TCP yang berperan sebagai pengendali transmisi paket data serta menyatukan bahasa dan kode berbagai komputer di dunia. bebas digunakan. Drew Heywood dan Andrew S. MYSERNet. Tanenbaum dalam oke. BITNET (jaringan mainframe IBM). Jaringan pendukung Internet di seluruh dunia adalah : Amerika didorong oleh NFS ANSNet dan CO+RE (jaringan non profit terbatas)yang bekerjasama dengan Commercial Internet Exchange (CIX) serta Sprint(perusahaan telekomunikasi umum) tahun 1990.or. Pengesahaan RUU NREN (National Research and Education Network) oleh Kongres Amerika pada Desember 1991.seperti : Amerika . NorthWestNet. SURANet dan WestNet.[17] Jaringan Internet di dunia pada awalnya didukung oleh beberapa negara.2 Mbps pada tahun 1988. Standar bahasa komputer universal telah dikembangkan sejak 1969. CoREN bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi komersial MCI. Hal ini diungkapkan oleh Khoe Yao Tung dalam Oke.Internet adalah tergabungnya jaringan regional seperti SPAN (jaringan fisika energi tinggi). Ditambah 8 aliansi jaringan regional yang tergabung dalam The Corporation for Regional an Enterprise Networking (CoREN) yaitu : BARRNet.or. Japan Academic Interuniversity Network (JAIN) dan Japan UNIX Network (JUNET). Kanada dengan jaringan backbone nasional CA* NetAustralian Academic and Research Network (AARNET)The Europe Backbone (EBONE) dan The European UNIX Network (EUNet) dan RIPE organisasi jaringan e-mail Eropa Jepang memiliki Widely Integrated Distributed Environtment (WIDE). Kanada.id. Today International Science Network (TISN).id fungsi utama protokol IP adalah : File Transfer Protocol (FTP) yaitu fasilitas transfer file antar komputer Surat elektronik (E-mail) atau fasilitas surat menyurat antar komputer yang terdiri atas Simple Mail . IP berkembang cepat dan kaya fasilitas karena bersifat terbuka. EARN (jaringan akademis Eropa dan digunakan pula di Eropa Timur) dan ditambah dengan sejumlah link transatlantik yang beroperasi pada 64 Kbps . Protokol IP menyatukan bahasa dan kode berbagai komputer di dunia sehingga menjadi standar utama jaringan komputer. Protocol yang bertugas sebagai pengenal (identifier) dan pengantar paket data ke alamat yang dituju. koreksi kesalahan dan kompresi data dan Internet. CICNet. EARNet. ditambahkan kemampuan baru oleh siapapun dan gratis karena tidak dimiliki oleh siapapun. terdiri dari serangkaian protokol komunikasi disebut Transfer Control Protocol yang bertugas mengendalikan transmisi paket data. Eropa. Jepang dan Asia.

Web. artikel dan diskusi melalui e-mail Emulasi terminal jarak jauh (Telnet. warna.id menjelaskan tentang apa yang disebut dengan Web dan HTML . Karena berbasis teks. disebut Hypertext Markup Language (HTML). dan suara agar dapat ditransmisikan melalui e-mail. Dengan HTML seluruh sistem komputer yang saling berbeda dapat mengenali format yang ditampilkan dalam situs Internet. Remote Login dan Transfer File. Multi Purpose Internet Mail Extensions (MIME) yaitu standar format binergrafik. suara. Remote Login) yang memungkinkan suatu komputer (client) untuk masuk dan mengendalikan host yang terletak jauhdarinya.Transfer Protocol (SMTP) sebagai dasar komunikasi e-mail. Network News Transfer Protocol (NNTP) sarana pertukaran berita. Semula tampilan Internet masih berupa teks murni.or. misalnya pada network yang lain atau di Internet Simple Network Management Protocol (SMNP) yaitu protokol pengendalianperalatan network jarak jauh. serta link yang menghubungkan berbagai topik. HTML berbasis teks yang sangat sederhana dan praktis sehingga dapat dipahami oleh berbagai jenis komputer dalam platform sistem yang berbeda. WEB adalah sekelompok kode berbasis teks yang sederhana dan universal. News. HTML dikenali dan diterjemahkan segala jenis komputer dalam bentuk tampilan informasi yang sama. Tanenbaum memberi pengertian fungsi secara singkat : “ Aplikasi TCP / IP menghasilkan 4 fasilitas penting E-mail. HTML adalah kreasi Tim Berners Lee. video. Dengan adanya HTML maka tampilan situs menjadi lebih cantik [23] C. gambar. animasi dsb.tampilan grafis dan multimedia di Internet) diperkenalkan WEB dan HTML. Maret 1989 Tim memperkenalkan WEB dan HTML sebagai standar antar muka distribusi informasi di Internet yang mampu menggabungkan teks. Post Office Protocol(POP) yaitu sistem penerima e-mail. grafik dan multimedia dengan metode navigasi menu pada mesin UNIX.”[22] Sampurna dalam Oke. ketika itu pengguna Internet membentuk The Internet Society yang mempromosikan Internet. Internet dan Perkembangannya Perkembangan Internet berawal sejak Januari 1992. Dokumen HTML mengandung perintah teks yang disebut tag untuk menampilkan tulisan. kumpulan ilmuwan di Geneva Swiss. Tahun 1994 CERN dan .” [21] Sedang Andrew S. HTML adalah bahasa kode pemrograman yang menjadi dasar bagi terwujudnya WEB.[20] Drew Heywood menyebutkan : “ fungsi utama itu masih diikuti dengan fasilitas Domain Name System (DNS) yaitu metode penamaan dan pengalamatan suatu network berdasarkan kelompoknya. revolusi terjadi ketika WEB atau World Wide Web (WWW .

).[24] Menurut Andrew S. pemerintahan. suara. Maka didirikanlah perusahaan penyedia jasa yang membangun infrastruktur koneksi ke Internet (diluar sistem telepon) dan kemudian membagi kapasitas yang dimilikinya kepada pelanggan. satuan ini dibakukan sebagai standar kecepatan modem. foto. Sebagai organisasi komersial. jutaan host dan pengguna. ISP harus berbentuk badan usaha yang sah menurut hukum yang berlaku juga terdaftar dalam lembaga Internet internasional serta memiliki alokasi IP address (alamat Internet) yang diatur oleh Internet Address Network Authority (IANA) dan memiliki domain yang terdaftar dan diakui komunitas Internet.or. Internet Service Provider (ISP) Kehadiran ISP sangat membantu dalam penghematan biaya akses karena biaya akses akan ditanggung bersama oleh sejumlah pelanggan ISP tersebut. Bandwidth adalah lebar pita saluran yang dapat dilewati data pada saat yang sama.MIT membentuk World Wide Web Consortium (W3C) sebagai badan tunggal bagi pengembangan WEB serta berwenang menetapkan berbagai standar di dalamnya. Semakin besar bandwidth yang dimiliki maka . maka semakin cepat data dipertukarkan. video dan dimensi virtual (3D). ratusan jaringan menengah regional. ” [26] D. “Kini WEB adalah antar muka paling populer di Internet yang mampu menampilkan tidak hanya teks namun juga grafik. Tahun 1992 satu juta host terhubung ke Internet dan tahun 1995 terdapat puluhan backbone. Beberapa kriteria umum untuk mengetahui kehandalan provider di Indonesia: Dari sisi pelanggan perlu diketahui berapa banyak data dapat dipindahkan antara 2 titik dalam 1 detik ? Ini merupakan ide dasar bagi standar laju transfer data yang dinyatakan dalam satuan Bit Per Second (Bps. sekarang mampu menampilkan berbagai objek seperti gambar. Diperkirakan pada akhir 1998 telah lebih dari 10 juta WEB site dibangun oleh institusi pendidikan.id : akhir 1990 telah berkembang menjadi 3 ribu jaringan dan 200 ribu komputer. Dengan demikian biaya koneksi akan menjadi ringan karena ditanggung bersama. dapat dianalogikan dengan 'berapa lebar jalan yang akan dilewati mobil'. hiburan.bisnis. Semakin besar nilai Bps. Tanenbaum dalam Oke. 1996). puluhan ribu LAN. atrau animasi. Koneksi langsung ke Internet akan memakan biaya tinggi yang tidak mungkin ditanggung oleh pengguna perorangan.[25] Perkembangan WEB semakin pesat sehingga yang tadinya tampilannya hanya berupa teks. militer dan sebagainya dengan pengguna lebih dari 100 juta. media massa. [27] Yang tak kalah penting adalah bandwidth yang dimiliki ISP. Pertumbuhannya mencapai dua kali lipat setiap tahun (data penelitian Paxton.

Peralatan Standar yang Perlu Dimiliki untuk Akses Internet Pada dasarnya Internet bisa di akses melaui komputer jenis apapun. IRC. Perangkat yang lebih baik dan lengkap akan banyak membantu terutama dalam hal kecepatan proses. Karena jenis komputer yang paling populer adalah PC dengan sistem Windows maka referensi ini berdasarkan kriteria PC. OS2 atau System Mac. sistem lain mengikuti standar yang setara dengannya. Finger.x. Telnet. chipset teknologi terakhir . DOS. [29] Untuk perangkat lunak. Palmtop.Sistem Operasi : MS Windows 3.8 Kbps. Windows. plus Harddisk 1 Gb. IBM OS2. Dan yang tak boleh ketinggalan adalah Anti Virus yang bisa bekerja menangkal serangan dari Internet..x. Processor sekelas Pentium generasi terbaru.CPU 486 16 Mb. [28] E. Mail + News Reader dan sebagainya .x (+ Win32s).x (Communicator) Utility lain : FTP. dan modem 28. telah cukup cukup memenuhi syarat minimal untuk memakai Internet secara lengkap. monitor layar lebar. 4. MS Windows 95. Notebook.6 Kbps.56 Kbps yang mendukung berbagai standar transmisi data serta koreksi kesalahan adalah pilihan terbaik. Dan jenis komputer yang popular digunakan oleh pengguna adalah Sistem Operasi Windows. Mini komputer yang menjalankan sistem UNIX. multimedia dan modem 33. 4. RAM diatas 32 Mb.x. PC. umumnya pengguna di Indonesia familiar dengan komputer jenis PC dengan perangkat lunak yang bekerja di platform DOS dan Windows dengan uraioan sebagai berikut : .Browser : Internet Explorer 3. NT. Utility Lain Browser adalah software navigasi yang berfungsi sebagai penunjuk dan penuntun sekaligus menampilkan apa yang dijumpai di Internet bagi pengguna Finger adalah fasilitas pencari identitas suatu alamat di Internet Telnet adalah suatu fasilitas yang memungkinkan seseorang menghubungi dan menggunakan komputer yang berada di tempat lain (remote) melalui Internet FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang menjembatani pertukaran file antara dua sistem di Internet. LINUX / UNIX .semakin banyak data dapat ditransmisikan. . [30] . Netscape Navigator 3. Internet dapat diakses siapapun melalui segala jenis komputer seperti Mac.

[31] Seluruh protokol ini dapat mengetahui lokasi suatu informasi berkat adanya metode pengalamatan di Internet yang disebut URL (Uniform Resource Locator).mtv. Formatnya adalah sebagai berikut : protokol_transfer://nama_host/path/nama_file contohnya : http://www. Dengan DNS setiap nama di Internet harus mengikuti kategori domain yang sudah ditentukan agar bisa dikenali. Selain itu sistem pengenal dan penamaan di Internet mengikuti suatu standar pengkategorian yang disebut Domain Name System (DNS). . hal ini memudahkan pengguna dalam menggunakan email serta memastikan setiap email yang dikirim sampai pada tujuan yang dimaksud. (music) adalah path yang dicari dan (index. Telnet adalah protokol untuk melakukan remote access melalui Internet antara dua node yang terpisah jauh. Sistem Kerja E-Mail Sistem mail Internet bekerja sebagaimana kotak surat biasa.html) adalah dokumen yang akan ditampilkan oleh browser dalam format HTML. NNTP (Network News Transfer Protocol) adalah protokol yang mendistribusikan beritadi Usenet yang sering disebut sebagai News SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah protokol untuk pengiriman e-mail POP (Post Office Protocol) adalah protokol untuk menerima.html (http) protokol transfer yang dipakai. (www) menunjukkan host tersebut mendukung WEB.F. (mtv) adalah nama host yang dituju. Bagaimana Setiap Sistem di Internet Dapat Saling Mengenali ? Sistem di Internet dapat saling mengenali berkat adanya berbagai protokol transfer data dan sistem pengalamatan yang unik untuk masing-masing node dan berbeda satu sama lain.[32] G. namun bedanya surat dikirim dalam bentuk dokumen dan di distribusikan secara elektronik sehingga disebut E-mail. (com) adalah nama top domain.com/music/index. Macam-macam protokol ini adalah : HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol utama WEB yang mengatur tata cara yang harus dipakai oleh Browser untuk mengambil dokumen WEB dalam format HTML FTP (File Transfer Protocol) yaitu protokol yang mengatur tata cara transfer file dalam bentuk biner dan teks antara dua node Internet Gopher yaitu protokol yang dirancang untuk mengakses sistem gopher (suatu server dengan sistem menu) atau melalui Telnet. jarak ribuan mil hanya akan ditempuh selama beberapa detik sedang dengan jasa pos bisa memakan waktu berminggu-minggu. Kelebihan e-mail adalah kecepatan. Format pengalamatan e-mail terdapat beberapa aturan yang berlaku. mengenali dan menyimpan e-mail Dan sejumlah protokol lain yang bertambah sesuai perkembangan teknologi Internet.

(ywcn) nama host. BAB III . Koran on line akan menghadirkan berita terkini dengan lebih cepat daripada loper koran. Sehingga bisa dikatakan Internet merupakan sumber dunia hiburan tak terbatas. dan koran online ini cukup mudah untuk di cetak. Media massa adalah kelebihan lainnya.id (dna3dc) menunjukkan identitas pemilik alamat kotak surat (mail box).Format pengalamatan mail mengikuti standar sebagai berikut : identitas_pemilik@nama_host misalnya dna3dc@mlg. video. Banyak fans club yang membuka kios Internet dengan beragam informasi yang tidak terdapat dalam situs resmi. Demikian juga game baik yang on line maupun yang harus dibeli. (id) identitas top domain host yaitu berada di negara Indonesia. suara. Jutaan kios yang mendukung multimedia (grafis.[33] H. Kita bisa mendapatkan klip video yang di sukai dalam bentuk MPEG yang dengan mudah dapat di download secara gratis. efek 3D dsb. Dengan teknologi tele conference konsep kegiatan pendidikan jarak jauh bisa diwujudkan. Informasi mengenai artis. film. Hal ini akan lebih menghemat waktu serta uang jika dibandingkan dengan membeli koran dari loper koran. animasi. gosip dan pernik selebritis lainnya tersedia melimpah. Dunia hiburan adalah daya tarik yang lain bagi Internet karena kekayaannya. teater juga telah berada di Internet. (@) menunjukkanbahwa format pengalamatan ini khusus untuk e-mail. (or) menunjukkan identitas domain host ywcn yaitu organisasi umum. sehingga kalau seseorang tidak mendapatkan koran edisi cetak. maka jalan keluarnya adalah dengan mengakses edisi online. Secara umum format ini mirip URL dan tetap mengikuti standar DNS. tabloid. Protokol yang menentukan distribusi mail di Internet disebut Simple Mail TransferProtocol (SMTP) yang berbasis kode ASCII. koran. (mlg) lokasi geografis host (Kota Malang). Bahkan kini dengan software tertentu PC anda bisa dijadikan video phone ke tujuan manapun dengan pulsa local. Internet Mendukung Multimedia. televisi.[34] Layanan lain yang tersedia di Internet adalah koran online. Game dan Hiburan Dengan kemajuan yang diraih oleh WEB kini semakin banyak macam informasi yang dapat ditampilkan di Internet.ywcn. shareware dan freeware telah menjadi bagian dari kekayaan Internet. majalah. Dunia hiburan yang lain seperti musik. film.or.) muncul dalam berbagai tujuan dan visi.

” Banyak yang diharapkan dari alat-alat teknologi pendidikan untuk membantu mengatasi berbagai masalah pendidikan. dan lain – lain segera dimanfaatkan dalam pendidikan. sejak ditemukannya kertas. Digital-Age Literacy for Teachers: Applying Technology Standards to Everyday Practice menyatakan bahwa siswa-siswi lebih menyukai mengerjakan tugas dengan bantuan teknologi dari pada dengan cara tradisional : . Model laboratorium simulasi 6. Susan Brooks Young menulis dalam bukunya .[37] Selain itu. Padahal sejak dulu terknologi telah diterapkan dalam bidang pendidikan. karena bagaimanapun berbicara Internet berarti berbicara komputer. komputer. Penggunaan komputer sebagai kalkulator super. radio. Penggunaan komputer untuk mengajarkan komputer dan programnya 3. mesin cetak. TV. Peran Komputer dalam Pendidikan Sebelum penulis membahas tentang peran Internet dalam pendidikan. Alat-alat ini dimanfaatkan dalam pendidikan sebagai “teaching machine” yang sengaja dibuat khusus untuk tujuan pendidikan [36] Penggunaan teknologi dalam pendidikan bertujuan untuk mengatasi kekurangan guru dalam mengatasi berbagai masalah dalam bidang pendidikan. Penggunaan komputer sebagai alat bantu dalam pembelajaran 4. Model pengajaran [35] Selama ini media belajar masih menggunakan media tradisional yang dianggap masih memenuhi kebutuhan belajar.PERAN INTERNET DALAM PENDIDIKAN A. misalnya untuk mengatasi kekurangan guru guna memenuhi aspirasi belajar penduduk yang cepat pertumbuhannya atau untuk membantu pelajar untuk menguasai pengetahuan yang sangat pesat berkembang sehingga disebut eksplosi pengetahuan untuk membantu siswa belajar secara individual dengan lebih efektif dan efisien. maka penulis akan membahas dahulu tentang peranan komputer dalam pendidikan. 2. Oemar Hamalik menyebutkan bahwa terdapat enam peranan komputer dalam pendidikan : 1. Model tutor pengganti 5.

tetapi pengalaman penggunaan teknologi dalam pendidikan mengatakan bahwa dalam proses belajar mengajar guru tetap memegang peranan yang sangat penting. kalau tidak memimpin.[38] Lebih khusus. tetapi ini akan membuat siswa-siswi menjadi dingin. Dalam proses belajar dengan komputer setiap murid secara individual menghadapai komponen dalam mata pelajaran menurut keinginan masing-masing ….jadi boleh dikatakan bahwa murid itu sendiri yang bertanggung jawab atas pelajarannya masingmasing.Selain membimbing murid dalam pelajaran . Komputerisasi mempercepat pengolahan data pendidikan.Kenapa? karena di luar kelas mereka mempunyai akses ke teknologi yang dapat membuat mereka dapat mengerjakan tugas-tugas yang sama yang lebih masuk akal bagi mereka. ….[41] Penggunaan komputer dalam pendidikan antara lain berfungsi sebagai berikut : 1. maka agar tidak terjadi masalah .Hari ini guru-guru harus mendapatkan kenyataan bahwa menyelesaikan tugas-tugas dengan metode tradisional masih bisa berjalan. Kesalahan menghitung dapat dihindari pada tingat minimal. komputer juga dapat menyimpan informasi lebih banyak yang dapat digunakan oleh setiap murid yang ingin memperluas pengetahuannya lebih dari apa yang di tuntut dalam kelas. para pendidik diharapkan memiliki keterampilan serta sikap positif terhadap perkembangan alat teknologi yang bermanfaat bagi pendidikan.[39] Selain itu. Pekerjaan analisa data tepat dan mantap. penggunaan teknologi dalam pendidikan salah satunya adalah penggunaan komputer yang berkaitan erat dengan Internet. Pada awalnya. mencerminkan. penggunaan teknologi dikelas. Daripada memegang cara lama bagaimana dahulu guru-guru belajar. 2.[40] Untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang berkembang saat ini. 3. Komputer membantu proses belajar [42] . guru seharusnya memanfaatkan teknologi di dunia nyata dan paling tidak. Komputer memiliki daya ingat yang sangat besar. 4. penggunaan komputer dalam pendidikan dikhawatirkan akan mengubah peranan guru. 5. penggunaan teknologi dalam pendidikan dalam hal ini penggunaan komputer dapat merangsang murid untuk belajar lebih kreatif.

Dengan adanya sistem ini maka seorang pelajar tidak perlu lagi pergi ke sekolah selayaknya sekolah formal.[44] Lebih lanjut. The Road Ahead. selain pelajar lebih antusias dalam belajar kelompok juga mereka lebih dekat dengan alat teknologi sehingga merangsang mereka untuk lebih tahu terhadap “alam yang baru ditemui” (virtual reality). . Saya melihat dari pengalaman pribadi bagaimana pembelajaran akan meningkat jika alat.com terhadap penggunaan mail elektronik dan pencarian informasi di kalangan pelajar menengah mendapati bahwa .[45] Kajian yang dilakukan oleh Christie (1996) dalam Angelfire.[43] .alat yang tepat ada di tangan dan bagaimana sulitnya itu ketika alat yang baik dan informasi tidak tersedia.[46] Dengan adanya pembelajaran dalam suasana baru seperti menggunakan internet di sekolah telah membawa banyak perubahan kepada para pelajar. Potensi manusia terbuang ketika siswa-siswi di mana saja –terutama sekali anak-anak.tidak mempunyai akses ke teknologi informasi yang menjadi barang biasa dalam dunia bisnis yang berpikir ke depan. Mereka lebih mahir dalam membuat kajian dan berpikir lebih kritis. Maka tak heran kalau terjadi sebuah kecenderungan baru bagi pola pikir pelajar modern yang lebih memilih Internet sebagai media penyedia informasi daripada harus bersusah payah mencari dari berbagai buku yang belum jelas ada atau tidak informasi yang di cari. bahwa ketika alat teknologi yang tepat berada di tangan siswa-siswi maka hal itu akan merangsang mereka untuk lebih mengeksplorasi potensinya : Saya selalu peduli tentang pendidikan. Manfaat Internet dalam Pendidikan Internet memberikan kontribusi pada pendidikan berkaitan dengan penyediaan informasi yang tepat. Sehingga guru dituntut untuk merancang aktifitas pembelajaran agar internet dapat digunakan secara maksimal. yang secara ilmiah mencintai komputer dan interaksi. Internet hanya akan bertindak sebagai sebagai sumber dan alat bantu dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). cepat dan cermat. tetapi sekarang saya seorang ayah sehingga saya memberikan pemikiran yang lebih mendalam. dampaknya mereka selalu mendapatkan informasi terbaru.[47] Terdapat beberapa hal yang penting yang perlu diketahui oleh pendidik berkaitan dengan internet : Pertama.Namun cukup meluangkan waktunya untuk “bertatap muka” dengan dosen lewat monitor komputer.Bill Gates. perkembangan internet dalam dunia pendidikan telah menghasilkan sebuah sistem pembelajaran yang atraktif dan inofatif yang disebut dengan sistem pembelajaran jarak jauh. pendiri Microsoft mengatakan dalam bukunya.

teratur dan sistematis. c. Malah sebaliknya. terlebih dalam bidang Informasi dan Teknologi. selain berbagai tugas dapat diselesaikan dengan cepat. sosial bahkan pendidikan. b. budaya. oleh karena itu perlu diperhatikan oleh segenap masyarakat khususnya warga pendidikan serta orang tuanya. murid serta ibu bapaknya dalam menghadapai perkembangan informasi dan teknologi juga era glonalisasi. Software ini sering . Semakin berkembambangnya industri berbasis informasi yang akan menjadi corak kehidupan masa yang akan datang. Internet akan bermanfaat bagi guru. Keempat. maka pengguna diberi kesempatan yang sebebas-bebasnya untuk mengakses informasi yang ada di Internet. Adapula forum yang hanya mengkhususkan pada satu segmen saja misalkan pendidikan. pendidikan. Meningkatkan Pengetahuan Internet merupakan sebuah data base yang sangat besar yang menyimpan banyak informasi. dari mulai hiburan. Manfaat Internet Untuk Guru a. informasi yang terlingkup di Internet mencakup tentang politik. Berbagi Sumber dengan Rekan Seprofesi Banyak layanan Internet yang menyediakan forum diskusi online. biasanya program ini berupa penawaran produk pendidikan berupa software sebagai alat untuk mempermudah dalam penyampaian materi kepada murid. Penggunaan Internet dapat mengurangi beban guru dan murid. Biasanya sebuah forum dispesifikasi dengan berbagai segmen yang berbeda beda. Komputer dan Internet tidak akan mengubah peranan guru. Forum tersebut dimaksudkan untuk mengumpulkan orang yang mempunyai hobi. Sehingga guru yang akrab dengan Internet akan selangkah lebih maju dari yang lain dan menjadi orang yang lebih dulu tahu. Dengan segala kemudahan yang diberikan Internet. guru akan dituntut untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. kesehatan.Kedua. gaya hidup dan sebagainya. Ketiga.profesi ataupun daerah yang sama untuk saling berbagi informasi sehingga terjadi diskusi. yang berarti topik diskusi yang dibahas dalam forum ini adalah pendidikan. teknologi. Bekerja Sama dengan Guru di Luar Negeri Hal ini bisa dilakukan dengan adanya berbagai program yang tersedia di Internet. [48] 1.

Kebijaksanaan akan mencegah anda tersesat atau membuang sumber daya (waktu.com dan yang lainnya merupakan tool yang bisa digunakan untuk mempermudah dalam pencarian informasi. Untuk menggunakan alat ini perlu adanya konsistensi dari pengguna tentang iformasi apa yang akan dicarinya. sebagian maupun tidak sesuai. maka search engine langsung menyediakan URL yang mengandung informasi tersebut. Sering pengguna intenet tidak menyadari bahwa dirinya berada dalam suatu tempat yang tidak memberikan manfaat atau tidak menemukan apa yang dicarinya sesuai dengan minat dan tujuan berInternet. Mencari Sumber Bahan Mengajar Dengan adanya mesin pencari ( Search Engine) seperti Google. Hal ini dimungkinkan karena search engine memiliki features atau fasilitas pencarian berdasarkan kesesuaian kata kunci yang dimasukkan terhadap data base yang dimilikinya baik itu sesuai seluruhnya. Tentukan terlebih dahulu tujuan anda berInternet.Yahoo. msn. Penentuan sikap dan tujuan sebelum melakukan koneksi Internet adalah patokan perilaku yang harus selalu diingat. tenaga. bahwa terdapat forum online yang menampung user dari berbagai belahan dunia manapun. Pengguna hanya tinggal mengetikan keyword ( kata kunci) informasi yang ingin di cari lalu dengan sekali klik. Hal ini untuk menghindari pemborosan waktu juga biaya. sehingga KBM terselenggara dengan efektif dan terarah. Internet adalah rimba belantara informasi.com.com. pulsa) secara percuma atau untuk hal2 yang kurang bermanfaat. cari . d.com. karena bagaimanapun pengalaman setiap orang berbeda-beda. uang. Features ini dapat berperan berkat adanya operator logika dalam metode digital yang berbentuk pemisahan kriteria atas batasan "dan" "atau" "sama dengan" "tidak sama dengan" serta "benar" "salah". siapapun bisa tersesat didalamnya. di sini guru bebas mengungkapkan pengalamannya ke sesama teman seprofesi. "hendak ke mana ?" adalah pertanyaan yang umum. Berpartisipasi dalam Forum Pendidikan Regional Maupun Internasional Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan yang terdahulu. sehingga lewat forum inilah para pendidik meningkatkan pengetahuannya dengan bergabung pada forum diskusi regional ataupun internasinal.menawarkan metode yang praktis dalam mengajar maupun dalam pembuatan soal. Masalah ini muncul akibat ketidaktahuan. e. Altavista.

Meningkatkan Pengetahuan Semakin banyaknya layanan yang membidik segmen pelajar semisal yahooligans. buku. teknik belajar modern. Manfaat Internet bagi Siswa a. Salah satu kelebihan internet adalah pertukaran informasi yang serba cepat. belajar yang baik. f. sehingga perubahan informasi terbaru yang terkait dengan bahan yang di ajarkan bisa langsung di akses tanpa harus membeli buku keluaran terbaru. google scholar dan lain – lain yang mengkhususkan diri untuk melayani siswa – siwa yang ada di seluruh dunia membuat mereka semakin aktif dan kreatif untuk menambah ilmu pengetahuan mereka. Internet bisa di jadikan sebagai media suplemen informasi yang tidak di . majalah atau media lain di mana alamat yang berhubungan. Lalu setelah itu klik perintah pencarian. Tidak hanya itu. 2.informasi dari teman. fokuskan pencarian pada topik dan informasi yang anda inginkan dan pergunakan search engine untuk memaksimalkan pencarian. Selain itu. atapun bisa di cari menggunakan bantuan search engine dengan menggunakan kata kunci ( keyword) yang tepat. siswa zaman sekarang sangat diuntungkan sekali dengan adaanya Internet. informasi yang ada di belahan dunia manapun bisa sampai kepada kita dalam hitungan detik. buku pelajaran tidak bisa di up date secara instant saat suatu data dalam buku tersebut telah berkembang seiring perubahan zaman. Sebenarnya bila dibandingkan dengan para siswa zaman 70-an . misalkan kita mau mencari topik “teknik belajar yang baik” maka pengguna mengetikan di kotak pencarian dengan menggunakan keyword seperti : teknik belajar. belajar modern. maka siswa sekarang dimanjakan dengan banyaknya layanan di Internet yang membantu mereka dalam menyelesaikan masalah mereka di sekolah.com. setelah beberapa saar maka akan muncul judul – judul artikel yang dimaksud. kalau dulu untuk mencari referensi harus membeli buku atau meminjam buku ke perpustakaan yang memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Mencari Metode Belajar Baru Hal ini bisa saja didapatkan dari teman seprofesi lain lewat diskusi online. [49] Maka keberadaan mesin pencari ini akan mempermudah guru untuk mencari bahan pelajaran tambahan yang tidak ada dalam buku pelajaran.

dalam . kecenderungan siswa untuk mencari informasi adalah dengan Internet. d. agama dan negara. dengan begitu kepekaan berpikir dan respon akan permasalahan nasional ataupun global siswa semakin terasah . sehingga nantinya informasi yang telah didapat bisa disintesiskan dengan pelajaran yang telah dipelajari. Mengembangkan Kemampuan di Bidang Penelitian Internet juga secara langsung ataupun tidak langsung turut mengembangkan kemampuan siswa dalam bidang penelitian. bahkan di up date setiap jam.co. selain itu bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk bisa berinteraksi dengan sesamanya yang berbeda latar belakang budaya.co. Google Talk dari Google ataupun bisa mengunakan IRC (Internet Relay Chat). secara otomatis dalam kegiatan komunikasi tersebut terjadi sharing ilmu pengetahuan yang bisa menambah pengetahuan siswa. siswa dirangsang untuk lebih mengetahui informasi yang tersedia tersebut. maka tak heran kalau siswa akan lebih dulu mengetahui informasi daripada gurunya. Meningkatkan Komunikasi dengan Siswa Lain Salah satu kelebihan internet yaitu transfer informasi yang serba cepat. Ketika melakukan surfing di dunia maya. ketika seorang siswa di beri tugas untuk membuat sebuah karya tulis.com. Belum lagi konsumsi informasi dari situs berita luar negeri yang mudah di akses akan memberikan khazanah ilmu pengetahuan bagi siswa . republika. Meningkatkan Kepekaan Akan Permasalahan yang Ada di Seluruh Dunia Banyaknya situs berita seperti detik. sehingga memungkinkan terjadi komnikasi lisan ataupun tulisan secara langsung. Dengan keberadaan layanan – layanan seperti itu memungkinkan siswa yang ada di seluruh dunia bisa saling berkomunikasi secara langsung. kompas. apalagi kebanyakan situs berita di Internet hampir setiap hari di up date. c.com yang selalu mengup date beritanya setiap terjadi perkembangan berita tersebut. dengan bantuan mesin pencari informasi apapun akan mudah untuk didapatakan. b.berikan oleh gurunya di kelas . seperti detik.id.id dan lain–lain memberikan konsumsi informasi kepada siswa dengan lebih banyak. Layanan internet yang bisa menyediakan fasilitas ini adalah Yahoo Messenger dari Yahoo.

Merangsang Siswa untuk Menggunakan Bahasa Asing Karena banyaknya sumber yang tersedia dalam format bahasa Inggris. Belajar Jarak Jauh ( E-Learning ) a. yang menyediakan Pendidikan Korespondensi sejak 1946. C. maka secara ototmatis siswa dirangsang untuk mempelajari bahasa tersebut untuk bisa mengetahui informasi lebih jauh. maka pada tahap ini siswa dituntut untuk menganalisis sumber tersebut dan mensinkronkan dengan tema yang telah ditentukan. Adapun yang lainnya yaitu University of South Africa. dan kebanyakan informasi yang berbahasa Indonesia umumnya mengambil referensi dari sumber yang berbahasa Inggris. dengan begitu siswa diharapkan mampu mencari bahan yang belum diterima oleh gurunya. Pola Pembelajaran Modern di Internet 1. e. f. University of London adalah yang pertama kali menawarakan gelar untuk program belajar jarak jauh yang mendirikan External Programme pada tahun 1858. Sejarah E-learning Pembelajaran modern jarak jauh dimulai ketika Isaac Pitman berpikir untuk menulis dengan cepat Britain lewat korespondensi pada tahun 1840-an. untuk kemudian dicarinya di Internet karena bisa saja bahan yang ditemukan di Internet lebih baik dan bermutu daripada yang siswa dapatkan di sekolah. Sejak perkembangan layanan pos berkembang pada abad ke 19 korespondensi komersial yang diadakan oleh universitas mulai berkembang dengan menyediakan pendidikan jarak jauh kepada mahasiswanya yang ada di luar negeri.[50] . banyak istilah yang berkaitan dengan Internet menggunakan bahasa Inggris. Sebagai Media Praktek Ilmu yang Didapatkan Di Sekolah Terdapat banyak situs yang menyediakan tentang materi pelajaran yang dipelajari di sekolah dan sesuai dengan kurikulumnya . Selain itu.Internet informasi tersebar dan berserakan sehingga dibutuhkan kemampuan khusus untuk mencari informasi yang tepat dan dapat di percaya. Setelah adanya komputer dan Internet kegiatan belajar model ini menjadi semakin mudah.

1) sebagai media interpersonal dan juga sebagai media massa yang memungkinkan terjadinya komunikasi one-to-one maupun one-to-many. [51] E-learning juga didasari ide dengan pertanyaan tentang bagaimana cara membelajarkan masyarakat dan memasyarakatkan belajar. CD-ROM dan pelatihan komputer non Internet. Implementasi ketiga karakter tersebut. [52] Selain itu metode pengajaran tradisional dianggap masih kurang efektif jika dibandingkan dengan metode pengajaran modern. buku. dan mengarahkannya untuk memperoleh kemampuan secara optimal. yaitu : 1) merupakan sebuah sistem pembelajaran yang disajikan dari jarak jauh dan dapat menjangkau peserta didiknya dimanapun mereka berada.b. [53] Ada beberapa karateristik sistem belajar jarak jauh ( E-Learning ) yang membedakannya dengan program pendidikan lainnya . 2) Proses belajar dilakukan secara mandiri berdasarkan pendekatan . maka terciptalah sebuah metode yang atraktif dan komunikatif dalam sistem pembelajaran yakni sistem pembelajaran jarak jauh secara online. Oleh sebab itu perlu adanya sistem pembelajaran yang memberikan kesempatan belajar kepada mereka yang bersifat lebih menantang. 3) memungkinkan terjadinya komunikasi secara sinkron ( synchronous ) maupun tertunda (asynchronous ). merangsang. media Internet memiliki tiga karakter khas yang menyebabkannya menjadi sangat penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Sistem ini diharapkan dapat menambah metode dan materi pengajaran tradisional seperti diskusi dalam kelas. Konsep E-Learning Dalam bidang pendidikan. mendorong. 2) memiliki sifat interaktif . Hal ini didasari karena masih banyaknya kelompok sosial dalam masyarakat yang berdiam diri secara pasif dan tidak mempunyai upaya untuk melakukan kegiatan belajar secara terencana dan tertuju.

bahkan ibu rumah tangga dan orang lanjut usia (pensiunan). Programn E-Learning disusun dalam jenjang-jenjang pendidikan sesuai dengan jenis dan sifat pendidikannya. maka hal yang . Sebagian karena alasan sibuk sehingga siswa yang tempat tinggalnya dekat dari lokasi lembaga pendidikan tidak dapat mengikuti proses pembelajaran. siswa tidak perlu repot untuk datang ke kampus tapi cukup mempelajari di rumah atau di manapun juga. sistem pendidikan jarak jauh merupakan metode pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar. 5) Diselenggarakan dalam satuan waktu tertentu sesuai dengan tuntutan program. Dengan adanya E-learning. pendidikan jarak jauh merupakan alternatif pendidikan yang cukup digemari. . siswa. Beberapa tahun yang lalu. Dan instruktur yang sedang berada di kampus bisa memperhatikan siswa melalui layar televisi pula.[56] Untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar dalam e-learning. eksekutif. Tapi. berbeda dengan penilaian summatif yang menitikberatkan mutu secara nasional. Program E-learning bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Mendengarkan penjelasan instruktur dari layar televisi dan sekaligus bisa bertanya melaui microphone dan monitor. Australia dan Eropa berbasis pada web atau teknologi informasi dan dapat diakses melalui Internet. karyawan. Proses belajar mengajar bisa berlangsung secara normal sabagaimana layaknya sistem pendidikan langsung. saat ini hampir semua sistem pendidikan jarak jauh atau distance learning khususnya di Amerika. Keterpisahan kegiatan pengajaran dari kegiatan belajar adalah ciri yang khas dari pendidikan jarak jauh. siswa dapat mengikuti proses belajar mengajar. melainkan dengan bantuan dan bimbigan oleh tutor yang memiliki kualifikasi professional tertentu. 4) Interaksi belajar mengajar dilakukan secara tidak langsung . hampir semua sistem pendidikan jarak jauh dilakukan dengan surat menyurat. 3) Sumber belajar adalah bahan – bahan yang telah disediakan berupa modul yang telah dikembangkan sesuai kurikulum.[54] Lebih khusus. Duduk di depan layar televisi yang dilengkapi dengan monitor yang tersambung dengan jaringan internet atau web-camera. Siswa tidak perlu datang ke kampus. meskipun siswa dan instruktur berada di tempat yang berbeda. Hal ini dikarenakan siswa bertempat tinggal jauh atau terpisah dari lokasi lembaga pendidikan. [55] Di beberapa negara maju. 6) Penilaian dalam program ini lebih ditekankan pada menilai diri sendiri secara formatif. Sistem pendidikan ini diikuti oleh anak-anak.cara belajar siswa aktif. tapi cukup duduk di rumah atau di kantor. atau dilengkapi dengan materi audio dan video.

Keberhasilan sistem pendidikan jarak jauh ditunjang oleh adanya interaksi dan komunikasi yang efektif dan maksimal antara intstruktur (guru) dan siswa. Sarana bisa juga berbasis teknologi informasi. tapi sebaliknya bisa juga menjadi penghambat. Hal ini memungkinkan terbentuknya kesempatan bagi siapa saja untuk mengikuti berbagai jenjang pendidikan sejak taman kanak-kanak (TK) sampai perguruan tinggi (PT). Sebagaimana sistem pendidikan langsung atau konvensional. Seperti dapat dilihat. Pada tahap ini. percaya diri guru. termasuk anggota keluarga memegang peranan penting dan strategis. Dari sisi siswa. dengan menggunakan fasilitas internet.[57] c.[58] Tercapainya keberhasilan dalam sistem e-learning ini ditunjang dengan adanya komunikasi yang efektif dan maksimal antara guru dan siswa dengan menggunakan fasilitas pendidikan yang tersedia. mudah menggunakan perlaatan. agar tujuan umum pendidikan bisa diwujukan sesuai dengan jenjang pendidikannya. dan kemampuan menjalin interkasi dan komunikasi jarak jauh dengan siswa. kreatifitas. active learning. dengan munculnya berbagai pendidikan secara online atau web-school atau cyber-school. salah satu faktor yang penting adalah keseriusan mengikuti proses belajar mengajar di saat instruktur (guru) tidak berhadapan langsung dengan siswa. keterlibatan dan kehadiran ‘orang-orang’ di sekitar. Kehadirannya bisa mendukung berlangsungnya proses belajar mengajar secara efektif. Faktor yang lainnya adalah active learning dan komunikasi yang efektif. dan adanya pola pendidikan aktif . pengalaman. beberapa faktor yang penting untuk keberhasilan sistem pendidikan jarak jauh adalah perhatian. Faktor Penunjang Keberhasilan E-learning Dari sisi instruktur (guru). Sarana penunjang biasanya berupa modul-modul pelajaran yang dikirim kepada siswa. Munculnya teknologi informasi dan komunikasi pada pendidikan jarak jauh ini sangat membantu sekali. interaksi antara siswa dengan berbagai fasilitas pendidikan seperti mudul-modul pendidikan interaksi antara siswa dengan ‘orang-orang’ sekitarnya.diperlukan adalah sarana penunjang yang berbasis teknologi informasi. sistem pendidikan jarak jauh juga membutuhkan sarana prasarana penunjang pendidikan. Partisipasi aktif siswa akan mempengaruhi cara bagaimana mereka berhubungan dengan materi yang akan dipelajari. Pendekatan sistem pengajaran yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengajaran secara langsung (real time) ataupun dengan cara menggunakan sistem sebagai tempat pemusatan pengetahuan (knowledge).

[59] d. b) Mengefektikan Waktu dan Biaya Lembaga penyelenggara e-learning dapat mengurangi bahkan menghilangkan biaya perjalanan untuk pelatihan. memungkinkan 30% pendidikan lebih baik. dan lain lain. Melalui GDLN ini maka World Bank dapat memberikan e-learning kepada mahasiswa 5 kali lebih banyak dengan biaya 31% lebih murah. pusat yang beroperasi baru 15 negara. Kelebihan dan Kekurangan E-Learning 1) Kelebihan E-Learning Dalam bentuk yang beragam. e-learning menawarkan keuntungan-keuntungan yang tidak ternilai untuk para pengajar dan pelajar. Computer based distance-learning sangat efektif. Kelebihan e-learning adalah sebagai berikut. keterbatasan tenaga pengajar. : a) Jalan Alternatif Untuk Pemerataan Dalam Bidang Pendidikan Sistem ini dijadikan satu alternatif pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Bank Dunia (World bank) pada tahun 1997 telah mengumumkan program Global Distance Learning Network (GDLN) yang memiliki mitra disebanyak 80 negara di seluruh dunia (sampai dengan Juni 2000. Juga keaktifan dan kemandirian siswa dalam pendalaman materi. mengerjakan soal-soal ujian.dalam masing-masing interaksi tersebut. Hasil survei di Amerika. kelangkaan pengajar berkualitas. dan 5 diantaranya di Asia tetapi belum di Indonesia). menyatakan bahwa program ini sangat efektif dalam meningkatkan kualitas dan dapat menekan biaya serta waktu menjadi lebih singkat . menghilangkan biaya pembangunan sebuah kelas dan mengurangi waktu yang dihabiskan oleh pelajar untuk pergi ke sekolah. 40% waktu lebih singkat. [60] . Sistem ini dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat beberapa diantaranya. jarak antara lembaga pendidikan dan siswa yang berjauhan. dan kreativitas mencari materi-materi penunjang dari sumber-sumber lain seperti internet atau digital-library. dan 30% biaya lebih murah.

[61] 2) Kekurangan E-learning Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh pemanfaatan E-learning adalah sebagai berikut : a) Kurangnya Interaksi Antara Pengajar dan Pelajar Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar mengajar. mengumpulkan bahan-bahan sesuai dengan kebutuhan. pengujian. d) Mudah dicapai Pemakai dapat dengan mudah menggunakan aplikasi e-learning di manapun juga selama mereka terhubung ke internet. penilaian. E-learning dapat dicapai oleh para pemakai dan para pelajar tanpa dibatasi oleh jarak. pengembang dan pemilik) dapat bertanggung jawab terhadap kewajiban mereka masing-masing di dalam proses belajar mengajar. memilih sendiri peralatan yang digunakan untuk penyampaian belajar mengajar. e) Meningkatkan Kemampuan Bertanggung Jawab Kenaikan tingkat.c) Lebih Mandiri dalam Belajar Menjadikan siswa untuk berusaha melangkah maju. tempat dan waktu. dan pengesahan dapat diikuti secara otomatis sehingga semua peserta (pelajar. b) Mengabaikan Aspek Sosial dan Akademik .

Para siswa serta guru di SMA Plus Muallimin khususnya dapat membiasakan diri dalam menggunakan Internet sebagai alat bantu dalam pendidikan. Saran – saran Setelah karya tulis ini sampai kepada Pembaca. c) Perubahan Peran Pengajar Berubahnya peran pengajar dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional. sistem pendidikan jarak jauh membutuhkan pengelolaan dan manajemen pendidikan yang “khusus”. maka Penulis berharap : 1. Kesimpulan Dari pembahasan yang tercantum dalam karya tulis ini. e) Membutuhkan Manajemen Khusus Tidak seperti sistem pendidikan langsung. kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT (Information.[62] BAB IV PENUTUP A.Serta kurangnya yang mengetahui dan memiliki keterampilan tentang internet dan penguasaan bahasa komputer.Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis. Pendidikan harus fokus pada kebutuhan instruksional siswa. 2. 2. telepon ataupun komputer). baik dari sisi siswa maupun instruktur (guru) agar tujuan pendidikan bisa terwujud. Kepada Kepala Sekolah serta Dewan Sekolah SMA Plus Muallimin agar memprioritaskan perencanaan pembangunan Laboratorium Komputer yang . Communication and Technology). d) Membutuhkan akses Internet Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet ( mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik. dapat disimpulkan bahwa ketersediaan akses Internet untuk pelajar maupun pengajar dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan dapat mengjemat waktu serta biaya untuk pendidikan.

wordpress.or. “ Revolusi Pendidikan di Iran ”. Percikan Iman.id/~budi/articles/internetpendidikan. hal. 2002. Library Service .com. Budi Raharjo. 45 . DAFTAR PUSTAKA Deshinta Arrova Dewi . 2001. Juli 2005. www. “ Internet Untuk Pendidikan”. Membina Perpustakaan Madrasag dan Sekolah Islam.Bandung: ADi Citra Karya Nusa. 2004.aurajogja. hal. “ Implikasi Teknologi Terhadap Pendidikan”.doc. www.60.cert. Budi Raharjo. hal. 2006. Jakarta : Murai Kencana. Losa HS.dilengkapi dengan akses Internet sebagai penunjang prestasi sekolah. 23 Shari Buxbaun.

” Sukses Dalam Belajar”. “ Kampanye Internet Sehat ”.wordpress.h. Nelza M.angelfire.hal. SMAN 1 Probolinggo.h.h.. Percikan Iman. .http://fauzan. Maret 2007. Bandung: Bumi Aksara. Teknologi Pendidikan. http://oke. 22 Mei 2007. “ Kebaikan Internet”.n . “ Distance Education “. “ Definisi Internet “ .Nana. 1994.t. [1] Oemar Hamalik. “ Peran Internet dalam Pendidikan”. 46. t. “Sistem Pendidikan Jarak Jauh”. 1989. 100 T. “ 10 Pertanyaan Pokok tentang Internet dan Intranet” .id. 2005.p. hal.n . “ Revolusi Pendidikan di Iran ”. [1] Deshinta Arrova Dewi . M.or. T. . Percikan Iman.wikipedia.Bandung: Mandar Maju.n . T. t. September 2006.or. Juli 2005.org. Ikbal. T. 69 Nasution.net . www.id. t. http://www.total.bocsoft. Komputerisasi Pendidikan Nasional. 2007.com.Januari 2006. t.com . www.04 Juli 2006. Fauzan . http://en. hal. Yudha Yudhanto.

Op. “ Implikasi Internet Terhadap Pendidikan ”. Percikan Iman. C it. “ Definisi Internet “ . 2005.Bandung: ADi Citra Karya Nusa.total. hal. 2001.hal. “ 10 Pertanyaan Pokok tentang Internet dan Intranet” .aurajogja.60. [2] Budi Raharjo. t.cert.Januari 2006. http://oke.wordpress. “ Implikasi Teknologi Terhadap Pendidikan”. Op. .hal.doc. [4] Losa HS. 23 [5] Budi Raharjo.id/~budi/articles/internetpendidikan.n . t. [8] Nana. 2002. www. [7] Budi Raharjo. [3] Budi Raharjo. 2006. “ Implikasi Teknologi Terhadap Pendidikan”.com.t.id.or. http://www. 46. [6] Yudha Yudhanto.id. Membina Perpustakaan Madrasag dan Sekolah Islam.h.or. “ Kampanye Internet Sehat ”.or. [9] T. Cit. “ Internet Untuk Pendidikan”. www.

“ 10 Pertanyaan Pokok Tentang Internet dan Intranet”.Yogyakarta: Andi.otenet. Panduan Praktis Menggunakan Fasilitas Internet . Op. Cit. Op.[10] Yudha Yudhanto. [13] Yannis Karaliotas.Op.. [19] Ibid. Cit. Cit. 45 [12] T.. “ Learning on and Over the Internet”. “ 10 Pertanyaan Pokok Tentang Internet dan Intranet”.n. Op. 45 [15] Yudha Yudharto. [17] Ibid. 46 [11] Shari Buxbaun. . Library Service .. [14] Jasmadi .t.gr. [20] Ibid. hal. hal. Jakarta : Murai Kencana. [16] T. 2004. [21] Ibid. 2004. hal.n. [18] Ibid.. t.hal. 46. http://users. [22] Ibid. [23] Ibid. Cit.

hal. [32] Ibid. 69 .Bandung: Mandar Maju. [34] Ibid. [29] Ibid. [28] Ibid. [33] Ibid. [27] Ibid. [31] Ibid. Komputerisasi Pendidikan Nasional. [30] Ibid.[24] Ibid. [35] Oemar Hamalik. 1989. [25] Ibid. [26] Ibid.

Cit. [44] M.h. 107 [42] Oemar Hamalik. 109 . 22 [43] T. Bandung: Bumi Aksara. hal.angelfire. “ 10 Pertanyaan Pokok tentang Internet dan Intranet”. t.[36] Nasution.net . hal. 22 Mei 2007. [47] Ibid. Teknologi Pendidikan.h. “ Kebaikan Internet”. [41] Ibid.. t. hal. Op.n. t. [49] T.. Op.com. Cit.. 111 [40] Ibid.n . Cit. hal 24 [38] T. [48] Ibid. www..n .. [46] T. [39] Nasution. t.h. t.bocsoft. “ Peran Internet dalam Pendidikan”. hal. 2007. Nelza M.. Op. Op. SMAN 1 Probolinggo. . .n .h. 100 [37] Ibid . hal.h. 1994.h. . www. Maret 2007. Ikbal. t. Cit..” Sukses Dalam Belajar”. [45] Ibid.

t. hal. hal. 26 [55] Fauzan .org.. [59] Ibid. Op..h. [51] M. . Op.. t. Ibid.h [57] Ibid. Iqbal. M.. [52] Oemar Hamalik..h. Cit. 23 [53] Frita Romaru. Op. t. Cit. http://en. t.h. “ Distance Education “.h.04 Juli 2006.h. t. Cit. t.Cit.h.wordpress. Op. t.http://fauzan.. September 2006.n. .com ..wikipedia. “Sistem Pendidikan Jarak Jauh”. [54] Oemar Hamalik. Nelza. [58] Ibid.[50] T. [56] Fauzan.

..h...[60] Ibid. Memilih buku Bacaan Bermutu Untuk Anak Membaca Skimming dengan bantuan Sofware Teknik Membaca Cepat yang Baik Sistem Penerimaan Siswa Baru Online ( PSB Online ). t..t. and miNe said… wadUH.h posted by jhibriel @ 11:47 PM 1 Comments: • At 2:00 AM. mySeLf. [62] Ibid. itZ aboUt me.. [61] Frita Romaru. SMA Swasta Kurang Diminati Calon Siswa PERBEDAAN HASIL BELAJAR MEMBACA ANTARA Membantu Anak Belajar .. nGGak nyanGka karYA saya bisa dikembanGKan sekOmPLeks Ini Post a Comment << Home Previous Posts • • • • • • • • • • Strategi Menghemat Biaya Kuliah Strategi Memilih Perguruan Tinggi Problema Pendidikan di Indonesia dan Solusinya M. Cit.. t. Op.h.

Artikel Lain Seafood Membuat Cerdas Otak Anak  Kursus Gratis Program Komputer  Kesempatan Kuliah Gratis di Jerman  Cegah Dini Penyakit Jantung Enter your search terms Web þÿ Submit search form Search infosiswa.com .blogspot.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful