1. apa persamaan dan perbedaan pemimpin dan manajer 2. apa bedanya kepemimpinan dan manajemen 3.

cari 10 definisi menurut para ahli

1. Charles c. Manz : kepemimpinan adalah seni untuk membuat orang lain mengikuti kehendak kita; kepemimpinan merupakan bentuk seni untuk meyakinkan orang lain. atau dengan kata lain, kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi. F. Rudi Dwiwibawa dan Theo Riyanto. Siap Jadi Pemimpin? Latihan Dasar Kepemimpinan. Yogyakarta : Kanisius. 2008. http://books.google.co.id/books?id=Upm_Kdw0KNwC&pg=PA7&dq=kepemimpinan&hl=id &ei=6lPNTM7aBMq3cLqPpbwO&sa=X&oi=book_result&ct=book-previewlink&resnum=10&ved=0CFgQuwUwCQ#v=onepage&q&f=false 2. james A.F. Stoner : kepemimpinan adalah proses pengarahan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan tugas dari para anggota kelompok. Riset SDM dalam Organisasi. Husein Omar. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. 1998. http://books.google.co.id/books?id=MRTUS9tkWj4C&pg=PA31&dq=pengertian+kepemimp inan+menurut+ahli&hl=id&ei=v1PNTITXF8f4cbXv8MUO&sa=X&oi=book_result&ct=boo k-preview-link&resnum=5&ved=0CDwQuwUwBA#v=onepage&q&f=false 3. Ordway Tead : kegiatan mempengaruhi orang lain agar mau bekerja untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 4. Howard H. Hoyt : seni untuk mempengaruhi tingkah laku manusia, termasuk di dalamnya kemampuan membimbing. 5. Kimbali Yeung : bentuk dominasi yang didasari kemampuan pribadi yang sanggup mendorong atau mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu berdasarkan akseptasi/penerimaan oleh kelompoknya, dan memiliki keahlian khusus yang tepat bagi situasi khusus. 6. Ralph M. Stogdill : suatu proses mempengaruhi kegiatan-kegaiatan sekelompok orang yang terorganisasi dalam usaha mereka menetapkan dan mencapai tujuan. 7. Sutarto : rangkaian kegiatan penataan berupa kemampuan mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu agar bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen Publik. Hessel Nogi S. Tangkilisan. Jakarta : Grasindo. 2005. http://books.google.co.id/books?id=kWGVXrjpcjQC&pg=PA7&dq=definisi+kepemimpinan &hl=id&ei=4WfNTJT0HMrCcf6SmY0O&sa=X&oi=book_result&ct=book-previewlink&resnum=8&ved=0CE4QuwUwBw#v=onepage&q=definisi%20kepemimpinan&f=false 8. Hemphill & Coons : perilaku seorang individu ketika ia mengarahkan aktivitas sebuah kelompok menuju suatu tujuan bersama. 9. Weschler Tannenbaum & Massarik : pengaruh antarpribadi yang dilaksanakan dan diarahkan melalui proses komunikasi ke arah pencapaian tujuan atau tujuan-tujuan tertentu. 10. Jacobs : interaksi antamanusia dimana salah satunya menyajikan satu jenis informasi tertentu sedemikian rupa sehingga yang lain yakin bahwa hasilnya akan lebih baik jika ia berperilaku sesuai dengan cara-cara yang dianjurkan atau diharapkan. 11. Roach & Behling : proses mempengaruhi aktivitas sebuah kelompok yang terorganisasi menuju pencapaian suatu tujuan. Psikologi Sosial : Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan. Sarlito Wirawan Sarwono. Jakarta : Balai Pustaka. 2005.

manajer melihat hasil pokok. pemimpin melakukan hal yang benar PEMIMPIN y y y y y y y y y y y y y y Pokok pekerjaan mempengaruhi orang Perencanaan berdasarkan visi Daya pengaruh pada personal power Bawahan mengolah sendiri Pengarahan dan pengendalian menggunakan inspirasi Berurusan dengan inovasi / perubahan Berusaha melakukan peningkatan/pengembangan Berorientasi pada manusianya Berkaitan dengan tugas jk.Perbedaan pemimpin dan manajer : a. pemimpin menatap masa depan¶ d. MANAJER y y y y y y y y y y y y y y Pokok pekerjaan mengola sumber daya Perencanaan berdasar usaha Daya pengaruh mengandalkan position power Bawahan dikendalikan Pengarahan dan pengendalian menggunakan standar Berurusan dengan ketatalaksanaan/ketertiban Menjaga/meningkatkan yang ada dengan baik Berorientasi pada sistem/peraturan Berkaitan dengan tugas jk. pemimpin menghasilkan e. pemimpin menginovasi b. pemimpin mengembangkan c.pendek dan operasional Bagaimana ? Menegakan aturan Mengurusi kompleksitas Menyusun anggaran Mengembangkan kapasitas untuk merealisasikan rencana . manajer meniru. manajer mengelola. manajer melakukan hal2 dengan benar.panjang dan strategis What and why ? Membangun komitmen Mengurusi perubahan Menetapkan arah tujuan Melakukan persamaan pandangan dr orang lain. manajer mempertahankan.

namun justru anak buahnya akan dengan senang hati merealisasikannya untuknya keempat. tanpa menjelaskan bagaimana. dan energik dalam berpikir. teknis.MANAJER Membuat perkiraan dan aturan dengan : 1. misalnya manajer akan cenderung selalu memberikan tugas ini itu dan sebagainya. dalam mengatur sumber daya manusia di organisasinya Manajer akan memilih untuk memberikan perintah ini dan itu ketimbang menunggu anak buahnya melakukan sesuatu untuknya. yang artinya dia akan memiliki pengaruh ketika dia secara formal diberikan jabatan seorang manajer kalau pemimpin memiliki pengaruh luas.Membuat rencana tindakan dengan jadwal 3.Mengkomunikasikan dan menjelaskan visi 3. dalam hal perencanaan manajer akan merencanakan sesuatu berdasarkan hal-hal yang sifatnya prosedural. dalam hal pengaruh manajer memiliki pengaruh hanya dalam batasan formal. dan siapa yang harus merealisasikannya. tugas itu biasanya terkesan menuntut jika pemimpin justru akan memberikan kekuatan wewenangnya untuk memberdayakan (empowering) anak buahnya.Memotivasi dan memberikan inspirasi kpd orang lain untuk mencapai visi pertama. dalam mengontrol organisasi dan anak buahnya Sang manajer akan cenderung malas untuk memberikan perhatian moral dalam mengontrol anak buahnya. pemimpin lebih memiliki visi atau pandangan dalam perencanaannya kedua. dan tidak bertele-tele namun jika pemimpin tidak merencanakan sesuatu karena pemimpin tidak merancang rencana prosedural.Mengorganisasi dan menugaskan orang dalam struktur organisasi 5.Menyusun visi masa depan dengan strategi 2. biasanya pemimpin akan menjelaskan keinginan yang berkaitan dengan organisasi dengan anak buahnya. kharismatik. pendapat-pendapatnya akan tetap di pertimbangkan dan diutamakan ketiga. tegas. karena pemimpin(leader) justru akan memberikan kepedulian kepada anak buahnya jika performa anak buahnya menurun.Memantau hasil dan menyelesaikan masalah PEMIMPIN Berusaha membuat perubahan dalam organisasi dengan : 1. bahkan ketika pemimpin itu sudah tidak jadi pemimpin lagi. apa. namun justru lebih sering memberikan control yang sifatnya prosedural.Mengalokasikan sumberdaya 4. terarah. .Menetapkan sasaran operasional 2. seperti memberikan sanksi untuk memotivasi anak buahnya yang sudah menunjukkan gejala penurunan performa hal ini berbeda dengan sang pemimpin.

kepemimpinan berfokus pada menginspirasi dan memotivasi bawahan. pemahaman. . berbicara. kepemimpinan menciptakan visi dan strategi . pemikiran cerdas kepatuhan dan pemahaman dalam organisasi. .arah : manajemen melaksanakan perencanaan dan berfokus pada bottom line. kepemimpinan menciptakan perubahan radikal Persamaan : .kewajiban : manajemen berkewajiban dalam pengorganisasian serta pengarahan yang menciptakan jarak. dan pengambilan keputusan) . pemimpin ataupun manajer sama-sama menduduki posisi pelaksana puncak. kepemimpinan menciptakan nilai dan budaya serta mengurangi jarak.hasil yang dicapai : manajemen mempertahankan stabilitas. kepemimpinan hubungan emosional trbuka. pemrosesan informasi. namun ketrampilan yang diperlukan berbeda. .hubungan : manajemen berfokus pada objek produk menjual barang dan jasa berdasarkan kekuatan jabatan organisasi.kualitas personal : manajemen menciptakan jarak emosional. yaitu mendapatkan hasil yang sudah digariskan perusahaan atau organisasi miliknya namun pemimpin akan lebih suka memperbaiki sistem di organisasinya yang ia rasakan kurang atau belum sempurna persamaan : peran mereka sama seperti dikemukakan oleh Mintzberg (antar pribadi.kelima. mendengarkan. Persamaan dan perbedaan kepemimpinan dan manajemen : Perbedaan : . dalam hal tujuan yang ingin dicapai manajer memiliki tujuan yang jelas dan memiliki target kuantitatif.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful