.

cari Untuk kegunaan lain dari Daun.Daun Dari Wikipedia bahasa Indonesia. lihat Daun (disambiguasi). . ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi.

Daun merupakan organ terpenting bagi tumbuhan dalam melangsungkan hidupnya karena tumbuhan adalah organisme autotrof obligat.2. dengan variasi cuping menjari atau menjadi elips dan memanjang. Gambaran dua dimensi daun digunakan sebagai pembeda bagi bentuk-bentuk daun.2 Jaringan mesofil  3. .1 Epidermis o 3. Bentuk ekstremnya bisa meruncing panjang.Daun ceplukan (Physalis).3 Berkas pembuluh angkut o 3. ia harus memasok kebutuhan energinya sendiri melalui konversi energi cahaya menjadi energi kimia. Daun dapat ditembus oleh cahaya sehingga fotosintesis dapat berlangsung. Daun merupakan salah satu organ tumbuhan yang tumbuh dari batang. Daun juga bisa bermodifikasi menjadi duri (misalnya pada kaktus). Bentuk dasar daun membulat.1 Jaringan bunga karang o 3. bisa tipis atau tebal. umumnya berwarna hijau dan terutama berfungsi sebagai penangkap energi dari cahaya matahari melalui fotosintesis. namun biasanya berupa helaian. dan berakibat daun kehilangan fungsinya sebagai organ fotosintetik. Daftar isi [sembunyikan] • • • 1 Morfologi 2 Fungsi 3 Anatomi o 3.4 Stoma [sunting] Morfologi Bentuk daun sangat beragam. Daun tumbuhan sukulen atau xerofit juga dapat mengalami peralihan fungsi menjadi organ penyimpan air.

atau ungu. sedangkan pada tumbuhan monokotil. misalnya karoten (berwarna jingga). pada tumbuhan dikotil. xantofil (berwarna kuning). Alat perkembangbiakkan vegetatif. Di daun terdapat stomata yang befungsi sebagai organ respirasi (lihat keterangan di bawah pada Anatomi Daun). fotosintesis terjadi pada jaringan spons. terjadinya fotosintesis di jaringan parenkim palisade. • • • Tempat terjadinya transpirasi.Daun segar (kiri) dan tua. • Sebagai organ pernapasan. Warna hijau pada daun berasal dari kandungan klorofil pada daun. tergantung derajat keasaman). Misalnya pada tanaman cocor bebek (tunas daun). Klorofil adalah senyawa pigmen yang berperan dalam menyeleksi panjang gelombang cahaya yang energinya diambil dalam fotosintesis. biru. Daun tua kehilangan klorofil sehingga warnanya berubah menjadi kuning atau merah (dapat dilihat dengan jelas pada daun yang gugur). dan antosianin (berwarna merah. [sunting] Fungsi • Tempat terjadinya fotosintesis. Tempat terjadinya gutasi. Daun tua telah kehilangan klorofil sebagai bagian dari penuaan. . Sebenarnya daun juga memiliki pigmen lain.

Pada akar. [sunting] Jaringan mesofil Jaringan Tiang. jaringan ini mengandung banyak kloroplas yang berfungsi dalam proses pembuatan makanan [sunting] Jaringan bunga karang Disebut juga jaringan spons karena lebih berongga bila dibandingkan dengan jaringan palisade. Pada batang. berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. pada tumbuhan dikotil keduanya dipisahkan oleh kambium. berfungsi melindungi jaringan yang terdapat di bawahnya. xilem berfungsi sebagai sponsor penegak tumbuhan Floem berfungsi mentransfor hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan [sunting] Stoma . Xilem berfungsi mengangkut air dan mineral menuju daun.[sunting] Anatomi [sunting] Epidermis Jaringan ini terbagi menjadi epidermis atas dan epidermis bawah. [sunting] Berkas pembuluh angkut Terdiri dari xilem atau pembuluh kayu dan floem atau pembuluh tapis.

Epidermis Epidermis merupakan lapisan terluar daun.Stoma (jamak: stomata) berfungsi sebagai organ respirasi. stoma berguna untuk tempat berlangsungnya pertukaran gas dari dan ke luar tubuh tumbuhan. Anatomi daun dapat dibagi menjadi 3 bagian : 1. merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun. 2. sedangkan hidung mengambil O2 dan mengeluarkan CO2. ada epidermis atas dan epidermis bawah. yakni palisade (jaringan pagar) dan spons (jaringan bunga karang). 3. Selain stoma. keduanya mengandung kloroplast. Pada epidermis terdapat stoma/mulut daun. lapisan epidermis dilapisi oleh lapisan kutikula. mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis. Jaringan pagar selselnya rapat sedang jaringan bunga karang sel-selnya agak renggang. Parenkim/Mesofil Parenkim daun terdiri dari 2 lapisan sel. Stoma ibarat hidung kita dimana stoma mengambil CO2 dari udara dan mengeluarkan O2. Stoma terletak di epidermis bawah. Stoma mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan bahan fotosintesis. untuk mencegah penguapan yang terlalu besar. Kegiatan fotosintesis lebih aktif pada jaringan pagar karena kloroplastnya lebih banyak daripada jaringan bunga karang. sehingga masih terdapat ruang-ruang antar sel. Jaringan Pembuluh . Daun Biologi Kelas 2 > Struktur Tumbuhan < Sebelum Sesudah > 53 Daun merupakan modifikasi dari batang. tumbuhan tingkat tinggi juga bernafas melalui lentisel yang terletak pada batang.

merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun. . terdapat di dalam tulang daun dan urat-urat daun. Gbr. Jaringan daun.Jaringan pembuluh daun merupakan lanjutan dari jaringan batang. Daun Biologi Kelas 2 > Struktur Tumbuhan < Sebelum 53 Sesudah > Daun merupakan modifikasi dari batang.

Pada epidermis terdapat stoma/mulut daun. Daun Biologi Kelas 2 > Struktur Tumbuhan < Sebelum 53 Sesudah > Daun merupakan modifikasi dari batang. terdapat di dalam tulang daun dan urat-urat daun. Epidermis Epidermis merupakan lapisan terluar daun. Jaringan pagar selselnya rapat sedang jaringan bunga karang sel-selnya agak renggang. ada epidermis atas dan epidermis bawah. 2.Anatomi daun dapat dibagi menjadi 3 bagian : 1. keduanya mengandung kloroplast. yakni palisade (jaringan pagar) dan spons (jaringan bunga karang). stoma berguna untuk tempat berlangsungnya pertukaran gas dari dan ke luar tubuh tumbuhan. sehingga masih terdapat ruang-ruang antar sel. Jaringan Pembuluh Jaringan pembuluh daun merupakan lanjutan dari jaringan batang. Gbr. Kegiatan fotosintesis lebih aktif pada jaringan pagar karena kloroplastnya lebih banyak daripada jaringan bunga karang. lapisan epidermis dilapisi oleh lapisan kutikula. Parenkim/Mesofil Parenkim daun terdiri dari 2 lapisan sel. Jaringan daun. merupakan bagian tubuh tumbuhan yang . untuk mencegah penguapan yang terlalu besar. 3.

Jaringan Pembuluh Jaringan pembuluh daun merupakan lanjutan dari jaringan batang. yakni palisade (jaringan pagar) dan spons (jaringan bunga karang). keduanya mengandung kloroplast. ada epidermis atas dan epidermis bawah. Daun Biologi Kelas 2 > Struktur Tumbuhan < Sebelum 53 Sesudah > . Gbr. terdapat di dalam tulang daun dan urat-urat daun. sehingga masih terdapat ruang-ruang antar sel. untuk mencegah penguapan yang terlalu besar.paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun. stoma berguna untuk tempat berlangsungnya pertukaran gas dari dan ke luar tubuh tumbuhan. Epidermis Epidermis merupakan lapisan terluar daun. Parenkim/Mesofil Parenkim daun terdiri dari 2 lapisan sel. 2. Pada epidermis terdapat stoma/mulut daun. Anatomi daun dapat dibagi menjadi 3 bagian : 1. lapisan epidermis dilapisi oleh lapisan kutikula. Jaringan daun. Jaringan pagar selselnya rapat sedang jaringan bunga karang sel-selnya agak renggang. 3. Kegiatan fotosintesis lebih aktif pada jaringan pagar karena kloroplastnya lebih banyak daripada jaringan bunga karang.

Epidermis Epidermis merupakan lapisan terluar daun. Gbr. Pada epidermis terdapat stoma/mulut daun. terdapat di dalam tulang daun dan urat-urat daun. stoma berguna untuk tempat berlangsungnya pertukaran gas dari dan ke luar tubuh tumbuhan. sehingga masih terdapat ruang-ruang antar sel. keduanya mengandung kloroplast. untuk mencegah penguapan yang terlalu besar. 2. 3. Anatomi daun dapat dibagi menjadi 3 bagian : 1. Jaringan pagar selselnya rapat sedang jaringan bunga karang sel-selnya agak renggang. Kegiatan fotosintesis lebih aktif pada jaringan pagar karena kloroplastnya lebih banyak daripada jaringan bunga karang.Daun merupakan modifikasi dari batang. Parenkim/Mesofil Parenkim daun terdiri dari 2 lapisan sel. Jaringan daun. lapisan epidermis dilapisi oleh lapisan kutikula. yakni palisade (jaringan pagar) dan spons (jaringan bunga karang). Ikatan Pembuluh Sel Epidermis Trikoma Rambut Tunggal . merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun. Jaringan Pembuluh Jaringan pembuluh daun merupakan lanjutan dari jaringan batang. ada epidermis atas dan epidermis bawah.

dan fungsi yang bervariasi terdiri dari satu sel atau banyak sel yang dibentuk dari sel epidermis. tetapi dibawah kondisi tertentu rambut akar dapat berkembang pada bagian lain tubuh . Terdiri dari beberapa tipe: Rambut bersel satu atau bersel banyak dan tidak pipih Gambar 1 Sel Epidermis Trikoma Rambut Tunggal Gambar 2 Sel Epidermis Trikoma Bersel banyak Trikoma Bersel banyak Gambar 3 Gambar 4 Rambut sisik yang memipih dan bersel banyak Gambar 5 Rambut bercabang. jamak: trikomata) adalah turunan epidermis yang mempunyai bentuk.TURUNAN EPIDERMIS TRIKOMA Definisi Trikoma (rambut. bersel banyak Gambar 6 Dendroid hairs of Pterospermum Trikoma Rambut Bercabang Gambar 7 Trikoma Rambut Bercabang Gambar 8 Rambut akar Gambar 9 Gambar 10 Rambut akar adalah khas pada akar. struktur. Pembagian Trikoma berdasarkan ada/tidaknya secret Trikoma non glanduler (rambut biasa) Adalah trikoma yang tidak menghasilkan sekret. Fungsi Sebagai pelindung terhadap gangguan dari luar dan mengurangi penguapan.

Inti biasanya terletak dekat ujung pertumbuhan akar. mengeluarkan sekret berbagai bahan antara lain larutan gum. dan terpentin. Sel kepala merupakan bagian sekretoris trikoma.tumbuhan. yaitu kearah ujung akar. Gambar 15 Gambar 16 SEL GABUS Pada sebagian besar akar dan batang berkayu. dinding buku akar seperti ini menebal dan kehilangan kemampuan menyerap air dalam tanah. Rambut akar biasanya hanya hidup dalam waktu singkat. Trikoma granduler dapat tersusun oleh satu sel atau banyak sel. Dengan kematian rambut akar dan jika sel tidak mengelupas. Gambar 11. pembentukan . Rambut akar memanjang diujungnya dengan dinding tipis dan lunak. Rambut akar timbul sebagai papilla kecil pada atau dekat ujung apical sel. Jika setelah muncul papilla ini sel tersusun memanjang. Drosera Colleters Kepala Badan Sel Epidermis Trikoma Glandular Gambar 12 Gambar 13. Unicellular Glandular Trichome (Urtica) SEL SILIKA Sel silika merupakan turunan dari epidermis yang mengandung silika. umumnya hanya beberapa hari. Multicellular Glandular Trichome (Coleus) Trikoma Glandular Satu sel Gambar 14. Tipe kedua yang trikoma granduler terdiri atas tangkai dan kepala yang tersusun dari satu atau banyak sel. larutan gula. Trikoma granduler yang tersusun atas satu sel merupakan tonjolan kecil disebut papula atau dapat berupa sel yang panjang. Trikoma galnduler Trikoma ini disebut juga trikoma granduler. Rambut akar berkembang secara akropetal. rambut akar terletak agak berjarak dari ujung ini. namun posisi rambut akar akhirnya tetap terminal. Pada beberapa tumbuhan. dinding sel epidermis menjadi bergabus dan berlignin.

Gambar 17 Gambar 18 SEL BULIFORM Sel buliform merupakan sel epidermis yang mengalami perubahan ukran dan bentuk menyerupai kipas. Gabus atau felem.gabus biasanya mengikuti dimulainya pembentukan xylem sekunder dan floem sekunder. Gabus dibentuk ke arah permukaan luar dari kambium gabus dan feloderm dibentuk ke arah permukaan dalam dari kambium gabus. dibentuk oleh kambium gabus atau felogen. Fungsinya untuk membuka dan menutupnya daun (daun menggulung). yang mungkin juga membentuk feloderm (kulit gabus). oleh karena itu sering disebut sebagai sel kipas. Litokis pada ficus • • • • . dan feloderm membangun periderm. litokis pada Cannabis sativa Gambar 23. Gambar 19 Gambar 20 SEL LITOKIS Litokis merupakan derivate epidermis yang berisi calsium karbonat yang dinamakan sistolit Gambar 21 Gambar 22. dan jaringan gabus itu menggantikan epidermis sebagai pelindung bagian-bagian tumbuhan. Secara bersama ketiga jaringan ini gabus. kambium gabus.

Jaringan meristem. 2. Meristem yang terdapat di ujung batang dan ujung akar disebut meristem apikal. JARINGAN MERISTEM Jaringan meristem adalah jaringan yang terus menerus membelah dan dibagi 2 macam.þÿ Blogablak Where I Can Show Off My Longor Attitude Struktur dam Fungsi Jaringan Tumbuhan by : 404 NOT FOUND on Tuesday. Schooling Tubuh tumbuhan pun terdiri dari sel-sel.Jaringan Meristem Primer Jaringan meristem yang merupakan perkembangan lebih lanjut dari pertumbuhan embrio. December 22. ujung akar. Kegiatan jaringan meristem primer menimbulkan batang dan akar bertambang panjang Pertumbuhan jaringan meristem primer disebut pertumbuhan primer. Di sini akan dibahas macam-macam jaringan dan organ yang membentuk tubuh tumbuhan. . Jaringan tumbuhan dapat dibagi 2 macam : 1. Contoh: ujung batang. jaringan akan berkumpul membentuk organ dan seterusnya sampai membentuk satu tubuh tumbuhan. Jaringan dewasa A. 2009 ada juga di : Biologi. yaitu : 1. Sel-sel tersebut akan berkumpul membentuk jaringan.

Penyimpanan cadangan makanan dan air oleh tubuh tumbuhan dilakukan oleh jaringan parenkim.Jaringan Epidermis Jaringan yang letaknya paling luar. Bentuk sel parenkim bermacam-macam. Pertumbuhan jaringan meristem sekunder disebut pertumbuhan sekunder. kulit akar. JARINGAN DEWASA Jaringan dewasa adalah jaringan yang sudah berhenti membelah. daging buah dan endosperm. yakni: akar. batang.Jaringan Parenkim Nama lainnya adalah jaringan dasar. menutupi permukaan tubuh tumbuhan. . Jaringan parenkim dijumpai pada kulit batang. akar dan batangnya sudah tidak lagi memiliki jaringan epidermis. Bentuk jaringan epidermis bermacam-macam. 2. daun. dibagi menjadi beberapa macam : ORGAN TUMBUHAN Organ tumbuhan biji yang penting ada 3. Sedang bagian lain dari ketiga organ tersebut adalah modifikasinya 1. daun. Fungsi jaringan epidermis untuk melindungi jaringan di sebelah dalamnya. daging.Jaringan Meristem Sekunder Jaringan meristem sekunder adalah jaringan meristem yang berasal dari jaringan dewasa yaitu kambium dan kambium gabus. Sel parenkim yang mengandung klorofil disebut klorenkim. Kegiatan jaringan meristem menimbulkan pertambahan besar tubuh tumbuhan.2. B. Pada tumbuhan yang sudah mengalami pertumbuhan sekunder. yang mengandung ronggarongga udara disebut aerenkim.

.3. jaringan sklerenkim mengandung senyawa lignin. Terdiri dari kolenkim dan sklerenkim. sehingga sel-selnya menjadi kuat dan keras.Jaringan Penguat/Penyokong Nama lainnya stereon. Batok kelapa adalah contoh yang baik dari bagiantubuh tumbuhan yang mengandung serabut dan sklereid. Kolenkim Sebagian besar dinding sel jaringan kolenkim terdiri dari senyawa selulosa merupakan jaringan penguat pada organ tubuh muda atau bagian tubuh tumbuhan yang lunak. Sklerenkim terdiri dari dua macam yaitu serabut/serat dan sklereid atau sel batu. Fungsinya untuk menguatkan bagian tubuh tumbuhan. a. b. Sklerenkim Selain mengandung selulosa dinding sel.

contoh: umbi modifikasi akar. pembentukan jaringan gabus ke arah dalam berupa sel-sel hidup yang disebut feloderm. pada Dikotil. 5. akar lembaga mati. mengingat sel-sel gabus yang bersifat kedap air. yakni xilem atau pembuluh kayu dan floem atau pembuluh lapis/pembuluh kulit kayu.Jaringan Gabus Fungsi jaringan gabus adalah untuk melindungi jaringan lain agar tidak kehilangan banyak air. kemudian pada pangkal batang akan tumbuh akar-akar yang memiliki ukuran hampir sama sehingga . Pada Dikotil. pada Monokotil. Xilem bertugas mengangkut air dan garam-garam mineral terlarut dari akar ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Ada 2 macam jaringan.Jaringan Pengangkut Jaringan pengangkut bertugas mengangkut zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan.4. bunga modifikasi dari ranting dan daun.Floem bertugas mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. akar lembaga terus tumbuh sehingga membentuk akar tunggang. jaringan gabus dibentuk oleh kambium gabus atau felogen. AKAR Asal akar adalah dari akar lembaga (radix). ke arah luar berupa sel-sel mati yang disebut felem. Xilem ada 2 macam: trakea dan trakeid.

Endodermis. d. Silinder Pusat/Stele a. Anatomi Akar Pada akar muda bila dilakukan potongan melintang akan terlihat bagian-bagian dari luar ke dalam. c. Akar monokotil dan dikotil ujungnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra.Silinder Pusat/Stele Silinder pusat/stele merupakan bagian terdalam dari akar. yang fungsinya melindungi ujung akar sewaktu menembus tanah. dinamakan titik Caspary. Sel-sel endodermis dapat mengalami penebalan zat gabus pada dindingnya dan membentuk seperti titik-titik. Sel-sel tersebut dinamakan sel penerus/sel peresap. Epidermis Susunan sel-selnya rapat dan setebal satu lapis sel. Terdiri dari berbagai macam jaringan : . c. sel-selnya tidak tersusun rapat sehingga banyak memiliki ruang antar sel. sel-sel kaliptra ada yang mengandung butir-butir amylum. b. sehingga memungkinkan air dapat masuk ke silinder pusat. Epidermis. Menyerap air dam garam-garam mineral terlarut 2. bertugas menyerap air dan garam-garam mineral terlarut. Pada pertumbuhan selanjutnya penebalan zat gabus sampai pada dinding sel yang menghadap silinder pusat. dinamakan kolumela.membentuk akar serabut. d. Tetapi tidak semua sel-sel endodermis mengalami penebalan. a. Sebagian besar dibangun oleh jaringan parenkim. dinding selnya mudah dilewati air. Fungsi Akar a. bila diamati di bawah mikroskop akan tampak seperti hutuf U. b. Endodermis Merupakan lapisan pemisah antara korteks dengan silinder pusat. 1. Bulu akar merupakan modifikasi dari sel epidermis akar. bulu akar memperluas permukaan akar. Untuk menambatkan tubuh tumbuhan pada tanahb. Dapat berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan b. disebut sel U. Korteks. Korteks Letaknya langsung di bawah epidermis. sehingga air tak dapat menuju ke silinder pusat.

. Endodermis Endodermis batang disebut juga kulit dalam. tidak mempunyai ruang antar sel. Fungsi epidermis untuk melindungi jaringan di bawahnya. Stele/ Silinder Pusat . Endodermis tumbuhan Anguiospermae mengandung zat tepung.Persikel/Perikambium Merupakan lapisan terluar dari stele. Pada dikotil di antara xilem dan floem terdapat jaringan kambium. tersusun atas selapis sel. 1.Berkas Pembuluh Angkut/Vasis T Terdiri atas xilem dan floem yang tersusun bergantian menurut arah jari jari. Akar cabang terbentuk dari pertumbuhan persikel ke arah luar. yang dekat dengan lapisan epidermis tersusun atas jaringan kolenkim. . Batang Dikotil Pada batang dikotil terdapat lapisan-lapisan dari luar ke dalam : a. merupakan lapisan pemisah antara korteks dengan stele. Korteks Korteks batang disebut juga kulit pertama. c. d. b. Epidermis Terdiri atas selaput sel yang tersusun rapat.Empulur Letaknya paling dalam atau di antara berkas pembuluh angkut terdiri dari jaringan parenkim. terdiri dari beberapa lapis sel. makin ke dalam tersusun atas jaringan parenkim. Batang Terdapat perbedaan antara batang dikotil dan monokotil dalam susunan anatominya. tetapi tidak terdapat pada endodermis tumbuhan Gymnospermae. Pada batang yang mengalami pertumbuhan sekunder. . lapisan epidermis digantikan oleh lapisan gabus yang dibentuk dari kambium gabus. 1.

setiap lapis menunjukkan aktivitas pertumbuhan selama satu tahun. berkayu keras dan hidupnya menahun. . pada perkembangan selanjutnya jaringan parenkim yang terdapat di antara berkas pembuluh angkut juga berubah menjadi kambium. Batang Monokotil Pada batang Monokotil. merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun. untuk mencegah penguapan yang terlalu besar.Anatomi daun dapat dibagi menjadi 3 bagian : 1. tetapi hanya pada saat air dan zat hara tersedia cukup. lapis-lapis lingkaran tersebut dinamakan Lingkaran Tahun. misalnya pada pohon Hanjuang (Cordyline sp) dan pohon Nenas seberang (Agave sp). Pada stele monokotil terdapat ikatan pembuluh yang menyebar dan bertipe kolateral tertutup yang artinya di antara xilem dan floem tidak ditemukan kambium. batas antara korteks dan stele umumnya tidak jelas. 2. xilem di sebelah dalam dan floem sebelah luar. stoma/mulut daun. Parenkim/Mesofil Parenkim daun terdiri dari 2 lapisan sel. stoma berguna untuk tempat berlangsungnya pertukaran gas dari dan ke luar tubuh tumbuhan. 5. Keduanya dapat mengadakan pertumbuhan sekunder yang mengakibatkan bertambah besarnya diameter batang. Daun Daun merupakan modifikasi dari batang. Letak saling bersisian. Tidak adanya kambium pada Monokotil menyebabkan batang Monokotil tidak dapat tumbuh membesar. Pada tumbuhan Dikotil. yang disebut kambium intervasikuler.Merupakan lapisan terdalam dari batang. lkatan pembuluh pada stele disebut tipe kolateral yang artinya xilem dan floem. Antara xilem dan floem terdapat kambium intravasikuler. sehingga masih terdapat ruang-ruang antar sel. 2. keduanya mengandung kloroplast. pertumbuhan menebal sekunder tidak berlangsung terus-menerus. Lapis terluar dari stele disebut perisikel atau perikambium. Pada epidermis terdapat. Kegiatan fotosintesis lebih aktif pada jaringan pagar karena kloroplastnya lebih banyak daripada jaringan bunga karang. Epidermis Epidermis merupakan lapisan terluar daun. epidermis terdiri dari satu lapis sel. dengan perkataan lain tidak terjadi pertumbuhan menebal sekunder. lapisan epidermis dilapisi oleh lapisan kutikula. Jaringan pagar sel-selnya rapat sedang jaringan bunga karang sel-selnya agak renggang. sedang pada musim kering tidak terjadi pertumbuhan sehingga pertumbuhan menebalnya pada batang tampak berlapis-lapis. ada epidermis atas dan epidermis bawah. yakni palisade (jaringan pagar) dan spons (jaringan bunga karang). ada Monokotil yang dapat mengadakan pertumbuhan menebal sekunder. Meskipun demikian.

Indonesia .3. terdapat di dalam tulang daun dan urat-urat daun. Jaringan Pembuluh Jaringan pembuluh daun merupakan lanjutan dari jaringan batang. it's ME! Talita Sagitarani Batu. Reactions: 0 comments: Post a Comment Links to this post Create a Link Newer Post Older Post Home Numpang Lewat download free hit counter code Yes. Jawa Timur.

Ketika Ocehan Mulai Mblarah . Buat Kamu Dari Hatiku  Ini Aku Kini o ► April (5)  Dearest Boyf  Stuff That You Never Know Before  Jamsyuuur. pragmatic. mind reader.  Gaplek! Gatel Kabeh!!  Sekali Lagi.com/talitasagitarrr http://www. I Do Feel It  Parampaa 1 dan 2 o ► March (6)  What is lasting forever?  Just Like I Love Rain  Sistem Ekskresi  Sistem Respirasi : Hewan  Sistem Respirasi : Manusia  For A Guy Whom I'm Thinking Of o ► February (1)  ketika semuanya seakan-akan kamu SENDIRIAN o ► January (5)  Last Holiday .com/brutalita View my complete profile Keranjang Sampah • ► 2010 (33) o ► July (1)  PEMUMUNGAN! o ► June (7)  Pasca Ujian  Sistem Pencernaan  Sistem Reproduksi  Sistem Indera  Sistem Hormon  Sistem Saraf  Mood Dangdut Yeeek o ► May (8)  Long Short-Story!  Latest Info  The Same Hand  INFO!  My Boyf Said. 21121993. has sixth sense.Talita Sagitarani..twitter. positive thinker. careless.friendster. 1st kid of 3. perhaps :) add my url : http://profile.com/talitasagita http://www. self lover.. love everybodies.facebook. Nulis Akeh Moro Ilang!!  Yes.

. Alpha-Omega.  Struktur Hewan dan Jaringan Organ  Struktur dam Fungsi Jaringan Tumbuhan  Capek Lahir Batin  Back Againnn  Struktur dan Fungsi Sel o ► November (2)  Besok Makan Kambing !  After Her Funeral o ► October (3)  M-E-N-Y-U-K-A-I I-N-I  Reinkarnasi  Lagi di Warnet o ► September (8)  Tentang Future Project  Apa ini?  A Pair of Hope  Unforgettable Holy Ied  1 Syawal... ▼ 2009 (67) o ▼ December (6)  Toloooong! Saya 'digarap' remaja-tanggung!! (sessi.    • Welcoming The Holidays Kisah Ajib di Malem Sabtu --' Ruwet dan Mbulet Ketika A-Z. Awal Lembar yang Baru  Potonyah DPM pas bukber :D o ► August (14) o ► July (29) o ► June (5) The Dumbs • • • • • • • • • • • Biologi (11) Cerpen dan sebangsanya (12) Download (2) Future Project (2) Games (1) Only Once (10) Pas Celeron (14) Pas Core i7 Extreem (13) Pengumuman (4) Schooling (11) Sumpah Gak Penting (21) . Aleph-Tav Terpapar dengan..

Protes Disini Cuap-Cuap-Parapap Chitchat! Twitter Feed Follow Me ! =) Also Visit • • • • • • • • Blog Adel Blog Denia Blog Erlanda Blog Mas Sulis Blog Raditya Dika Blog Rahardyan Blog RichardBule Blog Smaba .

Copyright 2009 Blogablak. All rights reserved. Blogger Template created by Deluxe Templates Wordpress Theme by EZwpthemes Site powered by Blogger .