TRANSAKSI JUAL BELI MUSAQOH

Pokok - Pokok Pembahasan:  Pengertian Musaqah Dasar Hukum Musaqah  Syarat dan Rukun Musaqah  Contoh Musaqah  Manfaat Musaqah

atau pohon-pohon lainnya dengan maksud untuk mengurusi /merawatnya supaya mendatangkan kemaslahatan dan mendapatkan bagian tertentu dari hasil yang diurus.anggur. ‡ Sedangkan secara terminologi.Pengertian Musaqah ‡ Secara etimologi kata musaqoh berasal dari kata Al-saqa yang artinya seseorang yang bekerja pada pohon tamar. . musaqah adalah suatu bentuk kerja sama antara pemilik kebun deangan penggarap dengan tujuan agar kebun tersebuat dipelihara /dirawat saehingga dapat memberikan hasil yang baik dan dari hasil tersebut akan dibagi menjadi dua bagian sesuai dengan akad yang telah disepakati.

Dasar Hukum musaqah ‡ Dasar hukum musaqah yaitu Al-Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari ibnu umar bahwa Rasulallah saw bersabda Sesungguhnya nabi muhammad saw telah memberikan kebun beliau kepada penduduk Khaibar agar dipelihara oleah mereka daengan perjanjian. akan diberaai dari sebagian penghasilannya baik dari buah-buahan maupun hasil tanaman .

yakni menyeluaruh sampai akhir dan Pekerjaan yang harus diselesaikan penggarap harus jelas baik itu waktu dan jenis Rukun Musaqah meliputi: Shigat. yang diisyaratkan daengan lafaz dan tidak cukup dengan perbuatan saja Kedua belah pihak yang melakukan akad harus mampu dalam bertindak yaitu dewasa (akal baligh) dan berakal Objek Musaqoh abaik berupa kebun.Syarat dan Rukun Musaqah A. yaitu ucapan yang disampaikan kadamg-kadang dengan jelas dan samaran.tanaman dan semua pohon yang berbuah.      B.     Syarat Musaqah meliputi: Mampu melakukan akad Menjelaskan bagian penggarap Hasil dari pohon atau tanaman dibagi antara kedua belah pihak yang menyetujui akad akad Sampai batas akhir. hendaklah ditentukan lama waktu yang akan dikerjakan . Masa Kerja.

si A adalah orang yang sangat kaya dan memiliki banyak tanah atau ladang.Contoh Musaqah ‡ Misal. Karena si B orang yang jujur adan dapat dipercaya maka si A menyerahkan sebagian kebunnya kepada si B dengan ketentuan ketentuan tertentu yang ataelah di setujui oleh kedua belah pihak. Dan deangan disetujuinya perjanjian tersebut maka si B pun harus merawat kebun si A dengan sebaik baiknya sampai waktu panen tiba. . Sedangkan si B adalah orang yang rajin beakearja tapi kekurangan lapangan pekerjaan.

Mampu menghilangkan kefakiran dan kemiskinan b.Manfaat Musaqah: Adapun manfaat musaqah adalah meliputi: a. Bagi pemilik kebun. tentu saja kebunnya akan terpelihara dari kerusakan dan akan tumbuh subur karena dirawat . Mampu memenuhi segala kekurangan dan kebutuhan orang yang membutuhkan c. Terciptanya saling memberi keuntungan/manfaat antara sesama manusia d.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful