P. 1
MakalahJaringanKomputer

MakalahJaringanKomputer

|Views: 156|Likes:
Published by wahyuaga
tugas PTI kelompok
tugas PTI kelompok

More info:

Published by: wahyuaga on Dec 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2012

pdf

text

original

MAKALAH JARINGAN KOMPUTER

Disusun Oleh :  Wahyu Aga Setiyawan (D3MI100020)  Utami Tia Ningsih (D3MI100021)  Eko Susilo (D3MI100017)  Yogie Meinarsih (D3MI100012)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STIMIK) TUNAS BANGSA BANJARNEGARA 2010

i

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan berkat dan rahmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah tentang Jaringan Komputer ini. Penulisan makalah ini dapat terselesaikan karena bimbingan dan pengarahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankanlah penulis mengucapkan terima kasih kepada : 1. Sutejo, S. Kom selaku dosen mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi. 2. Orang tua yang telah memberikan doa serta dukungan. 3. Teman-teman yang telah membantu dalam penulisan makalah ini, sehingga makalah ini dapat selesai dengan baik. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak kekurangan. Untuk itulah kami mengharap saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan dan kesempurnaan makalah ini dan semoga makalah ini bisa menambah ilmu pengetahuan serta bermanfaat bagi para pembaca dan apabila ada kesalahan dalam penulisan, penulis mohon maaf. Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih.

Banjarnegara, 27 November 2010

Penulis

ii

DAFTAR ISI
Halaman HALAMAN JUDUL KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN A. Sejarah Jaringan B. Topologi Jaringan 1. Topologi Bus 2. Topologi Token Ring 3. Topologi Star BAB II PEMBAHASAN A. Jenis Jaringan 1. Berdasar Skala 2. Berdasar Fungsi 3. Berdasar Media Transmisi Data B. Komponen Jaringan 1. Komponen Hardware 2. Komponen Software C. Manfaat Jaringan Komputer 1. Resource sharing 2. Reliabilitas tinggi 3. Menghemat Uang BAB III PENUTUP Kesimpulan REFERENSI i ii iii 1 1 3 3 4 4 6 6 6 7 7 8 8 10 10 10 11 11 12 12 13

iii

BAB I PENDAHULUAN
A. Sejarah Jaringan Konsep jaringan komputer telah lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada awalnya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan satu perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian. Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa terminal seperti pada Gambar 1 dibawah.

Gambar 1.1 Jaringan komputer model TSS Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

1

Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed

Processing). Seperti pada Gambar 2, dalam proses ini beberapa host
komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal - terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

Gambar 1.2 Jaringan komputer model distributed processing Selanjutnya ketika harga - harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer

System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah
berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network). Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN (Wide Area Network).

2

B. Topologi Jaringan Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Banyak cara yang digunakan dalam menghubungkan computer, diantaranya yang akan dibahas adalah Topologi Bus, Token-Ring, dan Star. Masing - masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Berikut penjelasannya : 1. Topologi Bus Pada topologi Bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat di mana seluruh workstation dan server duhubungkan.

Gambar 2.1 Topologi Bus Keuntungan : - Hemat kabel, Layout kabel sederhana, Pengembangan, Jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa menggangu workstation lain. Kerugian : - Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil, kepadatan lalu lintas pada jalur utama, kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

3

2.

Topologi Token Ring Di dalam topologi Ring semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain, bila alamat - alamat yang dimaksudkan sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan dlilewatkan.

Gambar 2.2 Topologi Bus Kelemahan: - Setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan, sehingga bila terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu. Keunggulan: - Tidak terjadinya collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada topologi Bus, karena hanya satu node dapat mengirimkan data pada suatu saat. 3. Topologi Star Pada Topologi Star, masing - masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau HUB. Keunggulan dari topologi tipe

4

Star ini adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan. Dan juga bila terdapat gangguan di suatu jalur kabel maka ganguan hanya akan terjadi dalam komunikasi antara workstation yang bersangkutan dengan server, jaringan secara keseluruhan tidak mengalami gangguan. Kelemahan dari topologi Star adalah kebutuhan kabel yang lebih besar dibandingkan dengan topologi lainnya.

Gambar 2.3 Topologi Star Keuntungan : - Paling fleksibel, pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringann lain, kontrol terpusat, Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan jaringan Kerugian : - Boros kabel, perlu penanganan khusus, kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

5

BAB II PEMBAHASAN
A. Jenis Jaringan 1. Berdasarkan Skala Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputerkomputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi. b. Metropolitan Area Network (MAN) Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. c. Wide Area Network (WAN) Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. d. Internet Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbedabeda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang a. Local Area Network (LAN)

6

seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet. 2. Berdasar Fungsi Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya. b. Peer-to-peer Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer. 3. Berdasar Media Transmisi Data Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel

a. Client - Server

a. Jaringan Berkabel (Wired Network)

7

jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan. b. Jaringan Nirkabel(WI-FI) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan. Jaringan komunikasi tanpa kabel bisa merupakan dilakukan suatu dengan solusi terhadap yang yang tidak jaringan

menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. B. Komponen Jaringan Komputer Jaringan Komputer tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, yaitu : 1. Komponen Hardware a. Repeater Berfungsi untuk menerima sinyal kemudian meneruskan kembali sinyal yang diterima dengan kekuatan yang sama. Dengan adanya repeter, sinyal dari suatu komputer dapat komputer lain yang letaknya berjauhan. b. Hub Fungsinya sama dengan repeater hanya hub terdiri dari beberapa port, sehingga hub disebut juga multiport repeter. Repeater dan hub bekerja di physical layer sehingga tidak mempunyai

8

pengetahuan mengenai alamat yang dituju. Meskipun hub memiliki beberapa port tetapi tetap menggunaka metode broadcast dalam mengirimkan sinyal, sehingga bila salah satu port sibuk maka port yang lain harus menunggu jika ingin mengirimkan sinyal. c. Bridge Berfungsi seperti repeater atau hub tetapi lebih pintar karena bekerja pada lapisan data link sehingga mempunyai kemampuan untuk menggunakan MAC address dalam proses pengiriman frame ke alamat yang dituju. d. Switch Fungsinya sama dengan bridge hanya switch terdiri dari beberapa port sehingga switch disebut multiport bridge. Dengan kemampuannya tersebut jika salah satu port pada switch sibuk maka port-port lain masih tetap dapat berfungsi. Tetapi bridge dan switch tidak dapat meneruskan paket IP yang ditujukan komputer lain yang secara logic berbeda jaringan. e. Kabel Kabel yang paling umum dan mudah pemasangannya adalah kabel jenis Coaxial. Namun sesuai perkembangan HUB atau Concentrator penggunaan kabel ini pun mulai berkembang dan kabel UTP yang dipilih, karena selain harganya tidak terlalu mahal namun kemampuannya bisa diandalkan. Kabel jenis lain yang sempat populer awal tahun 1990-an adalah kabel coaxial. Kabel jenis ini hampir sama seperti kabel antena televisi. Kabel lain yang juga sangat populer adalah Fiber Optik (F/O). Kabel jenis ini sangat mahal harganya, tetapi kemampuannya mendukung kecepatan transfer data sangat tinggi. Berikut ini beberapa kabel yang sering digunakan :

Gambar 3.1 Kabel Coaxial

9

Gambar 3.2 Kabel Twisted Pair

Gambar 3.3 Kabel Fiber Optic f. Network Interface Card (NIC) Kartu jaringan atau LAN Card berupa papan elektronik yang nantinya ditanam atau dipasang di setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan. Jaringan ini tidak terbatas pada LAN (Local Area Network) saja bisa juga Workgroup. g. User Merupakan pengguna atau pemakai sebuah perangkat jaringan komputer.

2. Komponen Software Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan. C. Manfaat Jaringan Komputer Di bawah ini merupakan beberapa manfaat jaringan, yaitu: 1. Resource sharing Dapat menggunakan sumberdaya secara bersama-sama. Misalnya seorang pengguna yang berada di 100 Km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut dan seolah olah data tersebut berada di dekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.

10

2. Reliabilitas tinggi Dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya semua file dapat disimpan atau di copy ke dua, ketiga , atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila satu mesin rusak maka salinan di mesin lain bisa digunakan. 3. Menghemat uang Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kira – kira sepuluh kali lebih kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetapi harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer Pribadi. Ketidak seimbanggan rasio Harga/ Kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer – komputer Pribadi.

11

BAB III PENUTUP
Kesimpulan Jaringan Komputer telah ada sejak tahun 1940-an. Banyak jenis – jenis jaringan mulai dari yang lokal sampai yang memiliki jangkauan luas seperti Internet. Selain itu dari segi media transmisi data, ada yang melalui kabel dan tanpa kabel. Masing – masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Sampai saat ini yang paling pesat perkembangannya adalah jaringan tanpa menggunakan kabel. Karena orang tidak hanya terpaku di satu tempat saja. Mobilitas sangat dibutuhkan saat ini. Sebagai contoh, sekarang orang bisa mengakses Internet saat ia sedang dalam perjalanan menggunakan mobil. Sedangkan bila menggunakan kabel tidak mungkin orang bisa mengakses Internet saat dalam perjalanan menggunakan mobil. Selain itu kecepatan yang dimiliki jaringan tanpa kabel juga sangat tinggi. Meskipun begitu jaringan yang menggunakan kabel juga terus berkembang dengan hadirnya kabel – kabel yang sangat berguna yang memiliki kecepatan tinggi dan memiliki daya tahan terhadap kondisi alam yang ada. Dengan menggunakan jaringan komputer banyak sekali manfaat atau keuntungan yang akan diperoleh, diantaranya tukar-menukar data yang cepat, dapat saling berbagi informasi, memudahkan dalam menggunakan perangkat hardware secara bersama-sama misalkan printer, lebih hemat biaya, efisiensi kerja menjadi meningkat, file-file data dapat lebih mudah dipelihara dan diproteksi Dengan manfaat yang begitu banyak tak dipungkiri, perkembangan jaringan komputer akan semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

12

REFERENSI
http://www.agash.co.cc/2010/04/topologi-jaringan.html http://www.agash.co.cc/2010/04/type-jaringan.html http://m4skoko.wordpress.com/jaringan/manfaat-jaringan-komputer/ http://sinauonline.50webs.com/cisco%20Komponen%20Jaringan%20Komput er.html http://www.baqare.com/index.php/komponen-jaringan-komputer http://fadel05.tripod.com/network/jaringan.html id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

13

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->