P. 1
Lumut Kerak (Lichen)

Lumut Kerak (Lichen)

|Views: 1,503|Likes:
Published by Annisa Setyadi

More info:

Published by: Annisa Setyadi on Dec 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2013

pdf

text

original

LUMUT KERAK (LICHEN

)
Merupakan simbiosis antara jamur dari golongan Ascomycota atau Basidiomycota dengan Chlorophyta (alga hijau) atau Cyanobacteria (alga hijau-biru) bersel satu (uniseluler).

Menyediakan air, mineral, Melakukan pertukaran gas

Jamur memperoleh makanan dari hasil fotosintesis alga.

Menyerap mineral yang dibutuhkan dari udara, debu atau air, sebagai Pengikat nitrogen.

STRUKTUR TUBUH
‡ Tubuh bertalus ‡ Bagian luar tersusun oleh miselium yang kompak, bagian dalam terdpat susunan hifa yang longgar. Diantara hifa yang longgar terdapat sel-sel alga.

‡ Hidup epifit pada batang pohon atau batuan. ‡ Pada batuan yang ditumpangi, dapat melepaskan zat kimia yang membantu proses pelapukan batuan menjadi tanah (organisme perintis)

REPRODUKSI LUMUT KERAK 

Secara Aseksual 1. Fragmentasi. Fragmen lichen terlepas dan ditempat cocok akan tumbuh individu baru. 2. Membentuk soredia Soredia adalah kelompok kecil sel - sel alga yang diselubungi benangbenang hifa yang terdapat pada permukaan talus lichen.

Soredia tampak seperti serbuk putih di permukaan talus lichen. Dengan robeknya dinding thallus, soredium dapat tersebar. 

Secara Seksual
Perkembangan seksual pada lichenes dilakukan sendiri-sendiri baik alga ataupun jamur. Jamur membentuk ascokarp/ basidiokarp yang didalamnya ada spora. Jika spora masak, spora akan terlepas dan terbawa angin kemana-mana, jika jatuh di tempat cocok dan bertemu alga maka akan memebentuk lichen baru.

‡ 3 TIPE LICHEN: 1. Crustosa talus seperti kerak, kulitnya keras dan melekat erat pada substrat (Ex:Physcia) 2. Frutikosa talus tegak seperti semak atau menggantung seperti jumbai atau pita. (Ex:Usnea) 3. Foliosa talus seperti daun. (Ex:Parmelia)

MANFAAT LUMUT KERAK
Indikator polusi udara Sebagai bahan ramuan obat, menghasilkan asam usnin (Usnea dan Certraria) Pigmen yang dihasilkan dapat dibuat kertas lakmus celup atau indikator pH (Roccelia tinctoria) Sebagai tumbuhan perintis. Berperan dalam pembentukan tanah dengan melapukkan permukaan batuan dan menambahkan kandungan zat-zat yang dimilikinya.

MIKORIZA ( akar jamur )

‡ Merupakan jamur yg bersimbiosis dengan akar tumbuhan tertentu. ‡ Jamur membantu tumbuhan menyerap zat mineral dari tanah, tumbuhan memberi zat makanan hasil fotosintesis simbiosis mutualisme.

‡ Dua tipe mikoriza: 1. Endomikoriza hifa yang berada di antara sel-sel akar dan menembus sampai jaringan korteks. Mis: jamur yang hidup pada akar anggrek, sayuran & berbagai jenis pohon. 2. Ektomikoriza hifa menembus hingga jaringan epidermis akar saja. Mis: pada kulit akar pinus,sehingga tumbuhan pinus tahan terhadap kekeringan & serangan jamur yang berbahaya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->