Istilah-Istilah Teknis dan Cara Menuliskannya dalam Naskah Multimedia Interaktif

Seorang programmer. Hasil kerja mereka sangat ditentukan oleh kreatifitas yang sesuai dengan tuntunan naskah. dan animasi. animator. keterangan gambar yang dimaksud. Mereka bekerja sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. sebaiknya naskah multimedia interaktif ditulis secara jelas ( mudah dibaca dan menggunakan bahasa yang baku ). Dengan begitu akan memperlancar proses produksinya. Juru foto. Setiap anggota tim mempunyai tugas masing-masing. Grafis Artis. Istilah-istilah teknis yang digunakan haruslah istilah yang baku (telah disepakati oleh tim produksi) untuk produksi program multimedia interaktif. Sebagai panduan kerja mereka adalah naskah yang akan diproduksi. movie. ilustrator (disainer grafis). uraian proses animasi atau movie yang diinginkan ) dan menggunakan istilah-istilah teknis yang dapat dipahami oleh semua orang yang terlibat dalam proses produksi. serta navigasi (tombol pengendali) . Animator. dan mengurangi kesalahan-kesalahan dalam membaca dan mengartikan sebuah naskah. rinci ( perintah untuk programmer. lancar-tidaknya suatu produksi program multimedia sangat tergantung dengan naskah yang akan diproduksi. Tampilan dapat berupa gambar (image). Istilah-istilah teknis yang bisa digunakan dalam menulis naskah program multimedia interaktif dapat dikelompokkan kedalam: • Istilah-istilah teknis untuk tampilan • Istilah-istilah teknis untuk pemrograman • Istilah-istilah teknis untuk audio • Istilah-istilah teknis untuk video/movie • Istilah-istilah teknis untuk animasi Istilah-istilah teknis untuk tampilan. Sebuah Naskah idealnya akan mudah dibaca dan dipahami oleh seluruh anggota tim produksi. dll. Penata Suara. seperti Tim leader (sutradara). Yang dimaksud dengan tampilan adalah semua yang terlihat di layar monitor komputer. Programmer.Pendahuluan Program Multimedia Interaktif dalam proses produksinya melibatkan sebuah tim. teks. dan anggota tim yang lain akan bekerja berdasarkan apa yang dipahaminya setelah membaca dan mempelajari naskah. atau gabungan dari elemen-elemen tersebut. Baik-buruknya.

Istilah-istilah teknis untuk pemrograman. antara lain: Build Down (tampil/menghilang dari bagian atas ke bawah) Build Left (tampil/menghilang dari bagian kanan ke kiri) Build Right (tampil/menghilang dari bagian kiri ke kanan) Build Up (tampil/menghilang dari bagian bawah ke atas) Dissolve (tampil/menghilang secara perlahan) Barn Door Open (tampil/menghilang dari bagian tengah ke samping) Barn Door Close (tampil/menghilang dari bagian samping kiri dan kanan ke tengah) Cover Up ( tampil/menghilang didorong dari bagian kanan ke kiri) Cover Down (tampil/menghilang didorong dari bagian bawah ke atas) Cover Left (tampil/menghilang didorong dari bagian kanan ke kiri) Cover right (tampil/menghilang didorong dari bagian kiri ke kanan) Mozaik (tampil/menghilang berupapotongan-potongan kotak) Venentin Blind (tampil/menghilang berupa potongan memanjang arah horizon) Vertical Blind (tampil/menghilang berupa potongan memanjang arah vertikal) Zoom from Line (tampil/menghilang dari bagian tengah ke atas dan bawah) Zoom from Point (tampil/menghilang dari bagian tengah ke seluruh layar) Untuk istilah-istilah yang berhubungan dengan transisi dalam penulisannya dapat tidak disebutkan apabila dirasa tidak perlu. Istilah-istilah ini pada umumnya berfungsi sebagai informasi kepada programmer dalam membuat program. khususnya berkaitan dengan unsur interaksinya. Navigasi biasanya berbentuk ikon-ikon atau tombol (button). • Transisi. Jenis transisi yang ada (untuk pemrograman dengan menggunakkan Authoware). gambar sebagai media penjelas dari pesan (content) • Navigasi. tampilan pada layar yang mempunyai fungsi interaksi untuk menggendalikan/mengontrol program. . efek tampil atau hilangnya suatu bagian atau keseluruhan tampilan.• Ilustrasi.

 Last Page. ialah perintah untuk mengklik mouse dan menggeser suatu obyek pada tampilan. perintah untuk menyimpan data dan masukkan yang diberikan oleh user. perintah untuk menampilkan tampilan terakhir.Random umumnya digunakan untuk menampilkan soal-soal latihan atau tes. tampilan yang berisi komentar terhadap sesuatu yang telah dilakukan user pada program.  Score. Hasil penyimpanan dapat ditampilkan pada layar.ialah perintah ke tampilan lain. suatu fasilitas interaksi tampilan yang dapat digulung untuk menampilkan keseluruhan isi. perintah untuk menampilkan tampilan pertama.  Respon. Istilah-istilah teknis untuk Audio.  Simulasi. animasi. fasilitas interaksi yang berupa pemberian masukan data dengan menggunakan keyboard (papan ketik). Fasilitas ini biasanya digunakan untuk menampilkan tampilan teks yang panjang. perintah untuk menampilkan tampilan sebelumnya. gambar.  Scrolling Text.Respon dapat berupa teks. lamanya tampil suatu tampilan yang dibatasi oleh waktu.  Hypertext. ialah tampilan teks yang mempunyai fungsi interaksi ke tampilan lain.  First Page.bagian tampilan layar yang berbentuk tomboldan mempunyai fungsi interaksi tertentu. Istilah teknis yang berhubungan dengan Audio.  Previous Page. nilai yang diberikan kepada user pada saat menjawab suatu latihan atau tes.movie atau animasi.Informasi yang tampil dapat berupa keterangan.  Jump to/Go to. movie. perintah untuk membuat menu pilihan yang akan tampilpada Menu Bar. perintah untuk keluar dari program. tampilan pada program yang dapat dikendalikan oleh user dan mempunyai fungsi seperti benda/alat sesungguhnya.  Entry Text.  Pulldown Menu. Fasilitas ini biasanya digunakan untuk tampilan tes atau kuis.  Random. Contoh: user mengetikkan namanya sebelum mengikuti tes atau kuis.  Exit atau Quit. Perintah interaksi akan berfungsi apabila mouse di klik pada butto tersebut. perintah untuk menampilkan tampilan selanjutnya.yaitu: . atau gabungan dari media tersebut. suara. suara. perintah untuk menampilkan sesuatu secara acak. yang dimaksud dengan hotspot/pop up adalah bagian tampilan (teks atau gambar) yang apabila terkena kursor akan menampilkan informasi lain.Istilah-istilah itu antara lain:  Button.  Klik and drag.  Next Page.  Hotspot/pop up.  Time Limit. Audio adalah elemen tampilan yang berupa suara yang didengar oleh user.  Record.

3. Fade out. dll) oleh user. format dan ukuran pengambilan gambar. Animasi umumnya digunakan untuk menjelaskan suatu proses yang sulit diterangkan dengan teks. suara yang ditimbulkan oleh suatu peristiwa di alam. salah satu bentuk pengambilan gambar. kamera bergerak dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Long Shot. 2. Sound Effect. Istilah-istilah teknis untuk Animasi. 6. atau diambil secara live (video). suatu animasi yang bentuk tampilannya memperlihatkan kedalaman obyeknya. AVI (Audio Video Interlave ). Dialog. suara pintu dibanting.      Narasi. 4. suatu bentuk animasi yang dapat dikontrol (diputar. Musik. (suara klakson. . 2. bentuk hilangnya suara atau musik secara perlahan. Virtual Reality.kamera bergerak dari area yang luas ke area yang lebih sempit pada objek tertentu. Fade in.dll). yaitu: 1. diperkecil. Istilah teknis yang berhubungan dengan Animasi. suara hujan dan petir. Yang dimaksud dengan animasi adalah tampilan bergerak yang berasal dari hasil rekayasa terhadap objek diam(gambar atau benda). suatu animasi yang bentuk tampilannya tidak mempunyai kedalaman (flat). bentuk tampilnya suara atau musik secara perlahan. salah satu format media digital video. informasi yang diberikan dalam bentuk suara manusia. Zoom In. Istilah teknis yang berkaitan dengan Video/Movie. 3 Dimensi. 3. Big Close Up. informasi yang diberikan dalam bentuk percakapan dua orang atau lebih. yaitu: 1. QuickTime. Medium Shot. 5. salah satu format media digital video. Video atau Movie ialah gambar bergerak yang berasal dari rekaman peristiwa tertentu (kejadian sebenarnya). Format-format shoot antara lain: Close Up. dll. salah satu bentuk pengambilan gambar. Shoot. salah satu bentuk pengambilan gambar. Zoom Out. Pan. kamera bergerak dari area yang sempit ke area yang lebih luas pada objek tertentu. Istilah-istilah teknis untuk Video/Movie. diperbesar. 2 Dimensi.

dan Last page. Kemudian disusul dalam tulisan judul tampil dengan transisi Barn Open Door.  Musik tampil dengan fade in. Penulisan untuk Tampilan. no frame 1. halaman 25. Atau  Close up Radiator kemudian Zoom out hingga tampak keseluruhan mesin mobil. halaman 55. Setelah mengetahui istilah-istilah teknis yang biasa digunakan dalam penulisan naskah multimedia interaktif. Dibawah judul tampil tulisan “untuk Siswa SMK kelas I” dengan transisi Build Left. selanjutnya perlu diketahui bagaimana cara penulisannya pada naskah.  Pada setiap tampilan diberikan navigasi:  First page. dan menghilang dengan fade out.”  Narasi tampil diawali dengan musik yang lembut. Penulisan untuk Audio  Narasi: “Komponen-komponen sistem pendingin udara pada mobil terdiri atas komponen 1.no frame 1.Next page. dan komponen 3. no frame 1.  Gambar mesin mobil sebagai latar belakang tampil dengan transisi Dissolve. • Fungsi dan Cara Kerja go to nama frame Fungsi dan Cara Kerja.Cara penulisan istilah-istilah Teknis dalam Naskah Multimedia Interaktif. • Tes go to nama frame Tes. .  Pulldown menu utama: • Komponen go to nama frame Komponen. halaman 10. seterusnya musik menjadi latar belakang narasi. Penulisan untuk Video/Movie  Terlihat Mesin mobil secara keseluruhan kemudian Zoom in ke Close up komponen Radiator. Berikut ini adalah beberapa contoh penulisan keterangan pada naskah. komponen 2. Penulisan untuk Pemrograman. Previous page.

Atau  Animasi 3D.Penulisan untuk Animasi. dan diperkecil oleh user).  Animasi VR. . diperbesar. komponen Radiator tampak depan berputar kekiri (360°) hingga kembali ke posisi semula. komponen Radiator (dapat diputar.

Tampilan dan Interaksinya Tampil logo Depdiknas dengan latar belakang angkasa luar. Audio Ket.Judul : Motor Bensin Nama Frame : Menu Utama No. User dapat mempercepat proses tampil dengan mengklik mouse.Video atau Animasi Animasi 3D Logo Depdiknas Gerakan animasi Disesuaikan dengan musik. kemudian Go to ke nama frame 1 dan 2. Musik dinamis (Fide In) .Frame: 1 Hal: 3 Departemen Pendidikan Nasional Ket. Lamanya logo tampil sekitar 3 detik..

Video atau Animasi .Frame: 1 Hal: 2 Motor Bensin Untuk Siswa SMK Jurusan otomotif Kelas 1 Cawu 1 Ket. Tampilan dan Interaksinya Audio Ket.Judul : Motor Bensin Nama Frame : Judul No.

kemudian Go to ke nama frame Menu utama no frame 1 hal 3. User dapat mempercepat proses tampil dengan mengklik mouse.Judul ini diberi latar belakang sebuah gambar mesin motor bensin. Frame: 1 Hal: 3 Menu Utama Komponen Cara Kerja Tes Video Mesin Mobil yang sedang bekerja Ket.. Tampilkan Teks judul secara dissolve. Lamanya logo tampil sekitar 3 detik. Judul : Motor Bensin Nama Frame : Menu Utama No. Tampilan dan Interaksinya Audio Ket. Musik lanjutan frame sebelumnya. Video atau Animasi .

” . Button: Komponen. Musik dinamis (Fide In) Video: “ Medium Shot mesin mobil yang sedang bekerja. halaman 25 Tes. tampil tulisan “Anda akan mempelajari Cara Sistem Pendingin Udara. go to nama frame Tes.” diiringi suara klakson.” diiringi suara klakson.klik mouse. Button Cara Kerja. tampil tulisan “Anda akan mengikuti tes Sistem Pendingin Udara. halaman 55.Tampil tulisan Menu Utama dengan transisi Build Right. Hot spot pada: Button Komponen. tampil tulisan “Anda akan mempelajari Komponen-komponen Sistem Pendingin Udara. Button Tes.” diiringi suara klakson. No frame1. klik mouse. go to nama frame Komponen. No frame1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful