P. 1
Masalah sosial sebagai efek lingkungan hidup dan upaya pemecahannya

Masalah sosial sebagai efek lingkungan hidup dan upaya pemecahannya

|Views: 393|Likes:
Published by dwi_lestary

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: dwi_lestary on Dec 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2010

pdf

text

original

MASALAH SOSIAL SEBAGAI EFEK PERUBAHAN (KASUS LINGKUNGAN HIDUP) DAN UPAYA PEMECAHAN NYA DISUSUN OLEH: Dwi

vindi lestary NPM : 12110215 Kelas : 1 KA 34 Program Sistem Informasi Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar Dosen : Muhammad Burhan Amin Topik Tugas : Masalah sosial sebagai efek perubahan (kasus lingkungan hidup) dan upaya pencegahan nya Kelas : 1 KA 34 PERNYATAAN Dengan ini kami menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam tugas ini kami buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain. Apabila terbukti tidak benar, kami siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini. NAMA DWI VINDI LESTARY NPM 12110215 TANDA TANGAN

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadiran Allah Swt,yang telah memberikan kesehatan kepada saya dalam menyelesaikan susunan makalah ini.shalawat serta salam terlimpah kepada junjungan nabi besar muhamad SAW hingga akhir zaman.Makalah ini di buat untuk mendapat nilai mata kuliah ilmu social dasar dan sebagai penunjang pembalajaran softskill pada mata kuliah ilmu social dasar. Di dalam makalah ini akan di sampaikan mengenai masalah social sebagai inspirasi perubahans dan upaya pemecahan nya agar masyarakat biasa merasakan dan bias memawas diri lagi sebab di NKRI,hal demikian telah di atur di undang-undang dasar 1945.

Berkasi, 20 November 2010

DAFTAR ISI

Kata Pengantar BAB I 1.1 PENDAHULUAN 1.2 TUJUAN 1.3 SASARAN :

BAB II

:

2.1 KEKUATAN (STRENGTH) 2.2 KELEMAHAN (WEAKNESS) 2.3 PELUANG (OPPORTUNITY) 2.4 TANTANGAN/HAMBATAN (TREATS)

BAB III

:

3.1 KESIMPULAN 3.2 REFERENSI 3.3 REKOMENDASI

Masalah Sosial Sebagai Efek perubahan ( Kasus Lingkungan Hidup ) dan Upaya pemecahan nya

I.I PENDAHULUAN

Masyarakat terbentuk dari individu-individu.individu yang terdiri dari berbagai latar belakang tentu akan membentuk suatu masyarakat heterogen yang terdiri dari kelompok-kelompok social.dengan adanya atau terjadinya kelompok-kelompok social ini maka terbentuklah suatu pelapisan masyarakat atau terbentuklah masyarakat yang bersastra. Masyarakat merupakan suatu kesatuan yang di dasarkan ikatan-ikatan yang sudah teratur dan boleh di katakana stabil.sehubungan dengan ini,maka dengan sendirinya masyarakat merupakan kesatuan yang dalam pembentukan nya mempunyai gejala yang sama. Dan masyarakat tidak dapat di bayangkan tanpa individu,seperti juga individu tidak dapat di bayangkan tanpa adanya masyarakat. Betapa individu dan masyarakat adalah komplementer dapat kita lihat dari kenyataan. Bahwa : a) Manusia di penaruhi oleh masyarakat demi pembentukan pribadinya. b) Individu mempengaruhi masyarakat dan bahkan bias menyebabkan ( berdasarkan pengaruhnya ) perubahan besar masyarakat. Namun demikian,fakta di lapangan sering kali bertentangan dengan apa yang di harapkan.hal ini terbukti dengan menurun nya kualitas lingkungan hidupdari waktu ke waktu di tunjukan beberapa fakta di lapangan yang dapat di amati. Hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup di daerah dalam era otonomi daerah antara lain : • Ego sektoral dan daerah.otonomi daerah yang di harapakan dapat melimpah sebagian kewenangan megelola lingkungan hidup di daerah yang belum mampu di laksanakan dengan baik.

Pandangan yang masih sangat kurang untuk bidang lingkungan hidup.progam dan kegiatan di dukung dengan dana yang memadai apabila mengharapkan keberhasilan dengan baik.walaupun begitu namun kenyataan tidak adanya dana dari APBN yang di alokasikan langsun ke daerah untuk pengelolaan lingkungan hidup.

Eksploitasi sumber daya alam masih terlalu mengedepankan keuntungan dari sisi ekonomi sumber day alam seharusnya di gunakan untuk pembangunan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Walaupun kenyataan tidak demikian,eksploitasi bahan tambang hanay menguntungkan sebgian masyarakat.

Lemah nya penegakan hukum lingkungan,khusus nya dalam pengawasan berkaitan dengan implementasi peraturan perundangan adalah sisi pengawasan pelaksanaan peraturan perundangan. Banyak pelanggaran yang di lakukan (pencemaran lingkungan,perusakan lingkungan ) namun sangat lemah di dalam pemberian sanksi hukum.

Penerapan teknologi yang tidak ramah lingkungan.penerapan teknolgi tidak ramah lingkungan dapat terjadi untuk mengaharapkan hasil yang instant. Dan cepat untuk dapat di nikmati

I.2 TUJUAN
Rusaknya lingkungan hidup terutama masalah perubahan iklim saat ini menjadi pembicaraan yang serius karena merupakan ancaman bagi kehidupan di bumi. Perubahan iklim saat ini membuat naik nya suhu bumi yang merupakan hasil dari aktivitas manusia dan menjadi bukti gagal nya model pembangunan global yang bersandar pada eksploitasi dan ekstrasi sumber daya alam secara berlebihan. Masalah rusak nya lingkungan hidup lain nya yaitu khasus lumpu lampindo.tenggelam nya beberapa wilayah kecematan porong,sidoarjo karena semburan lumpur yng muncul dari kegiatan eksploitasi. Ini adalah contoh salah satu sebagian masalah lingkungan yang terjadi di negeri kita.

Untuk menengani masalah lingkungan perlu penanganan secara intents dan serius. Mungkin bisa kita lakukan terlebih dahulu di lingkungan sekitar rumah agar menjaga segala pesediaan sumber daya alam. Banyak hal yang bisa di lakukan agar tidak terjadi pemanasan bumi. Seperti membuang sampah pada tempat nya, melakukan go green menanam pohon-pohon atau tanaman,tidak melakukan penebangan pohon di hutan secara liar dan pengundulan hutan,tidak melakukan pemburuan secara liar, menjaga hutan bakau, membangun sungai –sungai liar di daerah aliran sungai. yang bisa mengurangi kerusakan lingkungan. Tujuan dari upaya menjaga kelestarian alam dan lingkungan dapat mengurangi bencana atau kerusakan pada bumi seperti :

Terjadi nya pencemaran sebagai dampak adanya kawasan industri (pencemaran udara, air tanah, dan suara )

Terjadinya banjir,sebagai dampak buruknya drainase atau system pembuangan air dan kesalahan dalam daerah aliran sungai dan dampak pengerusakan hutan.

Terjadi nya tanah longsor,sebagai dampak langsung dari rusak nya hutan

Tujuan Khusus Penanggulangan kerusakan lingkungan pesisir dan laut berbasis masyarakat dalam hal ini yang di lakukan adalah : • Meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menanggulangi kerusakan lingkungan. • Meningkatkan kemampuan masyarakat lingkungan secara terpadu yang sudah di setujui bersama. • Membantu masyarakat setempat dan mengebangkan aktivitas ekonomi yang lebih ramah lingkungan • Memberikan pelatihan mengenai system pelaksanaan dan pengawasan upaya penanggulangan kerusakan lingkungan pesisir dan berbasis masyarakat.

Mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikitan dan kemampuan kritikal terhadap masalah budaya.

I.3

SASARAN

Dari pengertian lingkungan, yaitu kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Kita sudah dapat menyimpulkan bahwa siapa saja orang yang melakukan atau menjaga lingkungan lalu daerah mana sajakah yang menjadi sasaran mereka untuk menjaga lingkungannya.Daerah masyarakat besarlah yang menjadi sasaran utama,sebab banyaknya peluang bagi mereka untuk memperoleh atau menjadikan lingkungan yang bersih aman dan nyaman.terutama di daerah perkotaan besar yang memiliki banyak pusat-pusat industri.

BAB II PEMBAHASAN

2.1.KEKUATAN (strength)
a. Intensitas dan Kompleksitas

Rusaknya lingkungan hidup terutama masalah perubahan masalah perubahan iklim saat ini menjadi pembicaraan yang serius merupakan ancaman bagi kehidupan di bumi. Perubahan iklim terjadi akibat naik nya suhu bumi yang merupakan hasil dari aktivitas manusia dan menjadi bukti gagal nya model pembangunan global yang bersandar pada eksploitasi dan ektraksi sumber daya alam secara berlebihan.

Kerusakan samudra.sebagian besar ikan di samudra di kuras.suatu laporan oleh progam lingkungan.hidup PBB menyatakan bahwa 70% wilayah penangkapan ikan di laut sangat dieksploitasi sehingga reproduksi tidak dapat atau dapat menghasilkan ikan sejumlah yang di tangkap nelayan.

• •

Kerusakan hutan.deforensi yang berlebihan memberikan banyak sisi negative terhadap hutan. Lenyap nya pepohonan mengakibatkan pengurangan kapasitas bumi untuk menyerap korban dioksida dan ini menjadi penyebab pemanasan global. Limbah beracun.pembangunan bahan berbahaya di darat maupun di laut adalah problem serius yang berpotensi mendatangkan bahaya besar.

2.2.Kelemahan (weakness)
1. Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Peristiwa Alam Berbagai bentuk bencana alam yang akhir-akhir ini banyak melanda Indonesia telah menimbulkan dampak rusaknya lingkungan hidup. Dahsyatnya gelombang tsunami yang memporak-porandakan bumi Serambi Mekah dan Nias, serta gempa 5 skala Ritcher yang meratakan kawasan DIY dan sekitarnya, merupakan contoh fenomena alam yang dalam sekejap mampu merubah bentuk muka bumi. Peristiwa alam lainnya yang berdampak pada kerusakan lingkungan hidup antara lain: • Letusan gunung berapi Letusan gunung merapi terjadi karena aktivitas magma di perut bumi yang menimbulkan tekanan kuat keluar melalui puncak gunung berapi. Bahaya yang ditimbulkan oleh letusan gunung berapi antara lain berupa: 1. Hujan abu vulkanik, menyebabkan gangguan pernafasan. 2. Lava panas, merusak, dan mematikan apa pun yang dilalui. 3. Awan panas, dapat mematikan makhluk hidup yang dilalui. 4. Gas yang mengandung racun. 5. Material padat (batuan, kerikil, pasir), dapat menimpa perumahan, dan lain-lain. • Gempa bumi Gempa bumi adalah getaran kulit bumi yang bisa disebabkan karena beberapa hal, di antaranya kegiatan magma (aktivitas gunung berapi), terjadinya tanah turun, maupun karena gerakan lempeng di dasar samudra. Manusia dapat mengukur berapa intensitas gempa, namun manusia sama sekali tidak dapat memprediksikan kapan terjadinya gempa. Oleh karena itu, bahaya yang ditimbulkan oleh gempa lebih dahsyat dibandingkan dengan letusan gunung berapi. Pada saat gempa berlangsung terjadi beberapa peristiwa sebagai akibat langsung maupun tidak langsung, di antaranya: 1. Berbagai bangunan roboh. 2. Tanah di permukaan bumi merekah, jalan menjadi putus. 3. Tanah longsor akibat guncangan. 4. Terjadi banjir, akibat rusaknya tanggul. 5. Gempa yang terjadi di dasar laut dapat menyebabkan tsunami (gelombang pasang).

2.3.Peluang (opportunity)
1. Mengembangkan Sistem Sosial Yang Responsif Menanggulangi banjir di jakarta perlu peran aktif masyarakat. Pemprov DKI telah meminjam dana kepada bank dunia sebesarRp 1,2 triliun hanya untul mengeruk klai di jakarta yang penuh sampah dan lumpur. Kalau idak di dukung oleh masyarakat dengan membuang sampah ke sungai,maka usaha pemprov DKI akan sia-sia,jadi upaya meminimalkan terjadinya banjir sangat tergantungpada kesadaran masyarakat. Kasus yang sma lin nya mengenai semakin menurun kualitas air sunagi surabaya padalah dari sunai surabaya inilah dua juta orang menggantungkan kebutuhan air minummnya.untuk mengembalikan kualitas kali surabaya.yaitu mempekuat kontrol masyarakta melalui pengembangan tranparansi peran masyarakat. Sungai surabaya merupakan urat nadi kebutuhan ait wargasurabaya,di awali tahun 1960 masih banyak di jumpai puluhan jenis ikan lokal yang setiap sore sering di jumpai bocah piggirkali bermain dan mandi,nelayan menjaring ikan dan mancing bulus. Tingginya keanergaman hayati baik flora maupun fauna,teridetifikasi 112 jenis tanaman yang berakhasiat obat,puluhan jenis ular,serangga dan merupakan sarang berbagai jenis burung air. Industri tersebut umumnya membuang limbah ke sungai dalam bentuk cairan yang secara morfologis keruh dan berbau.beberapa paramenter penting yang di gunakan untuk memantau kualitas air antara lain. • Kekeruhan.kekeruhan akibat tingginya padatan teralut dalam limbah yakni sebesar 100 ppm. Sedangkan padatan teralut pada badan air sungai surabaya mencapai 200- 1500 ppm.akan menhgakibatkan penerasi cahaya matahari yang masuk ke dalam badan air. Bahan organik. Beberapa industri juga membuang limbah yang kaya akan bahan organik terutama pabrik kertas kandunganorganik yang tinggi pada perairan dapat meningkatkan eutrofikasi (pemupukan perairan ) dan eceng gondok.peledakan populasi tumbuhan air seperti, algae,phitoplankton,dan eceng gondok mengakibatkan berdapak pada meningkatnya kebutuhan oksigen Temperatur limbah yang di buang oleh industri umumnya memiliki temperatur yang tinggi terutama isdustri yang melakukan proses fermentasi. Dampak nya pembangan limbah yang yang menimbulkan pencemaran kali surabaya di indikasikan dengan seringnya terjadi peristiwa kematian ikan secara masal. Air keruh,anyir dan sesekali dari dasar sugai muncul gumpalan lumpur yang amis. PDAM pun harus meningkatkan penjernihan bahan air minum.sangat di sayangkan,pemerintahan dengan segala instansi yang membawahi masalah lingkungan seolah-olah tidak ikut campur dan terkesan melindungi idustri pencemar menjadi bukti mereka tidak pernah benar-benar serius menangani masalah tersebut.

• •

Pemanfaatan Modal Sosial & Pemanfaatan Institusi Sosial a) Organisasi masyarakat Organisasi masyarakat yang ada merupakan salah satu faktor paling penting dalam mengurangi masalah lingkingan hidup yang ada. Salah satunya adalah gerakan umat islam.secara demografis jumlah umat islam relatf cukup besar yaitu sekitar 1,5 milyard dan jumlah tersebut di perkirakan akan terus bertambah umat islam mempunyai potensi yang besar dalam penyelamatan lingkungan.oleh karna itu umat islam untuk mengatasi krisis lingkungan dapat di mulaidari budaya di tingkat keluarga,organisasi pemerintahan,lembaga keagamaan,partai politik,pondok pesantren,perguruan tinggi. b) Organisasi swasta Orgaisasi swasta juga ikut ambil bagian dan upaya menanggulangi masalah kerusakan lingkungan.topik ini di pilih seiring dengan makin memburuknya kualitas lingkungan hidup di indonesia dari hari ke hari.kondsi ini di sebabkan antara lain oleh masih banyak nya masyarakat yang tidak peduli terhadap lingkungan masih rendah nya pengetahuan terhadap dampak negatif dari kerusakan lingkungan serta masih beragamnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya menjaga kualitas lingkungan yang baik.faktor kemiskinan dan masih berjalan nya penegakan hukum linkungan yang tegas juga berpengaruh terhadap membruknya kualitas lingkungan. c. Optimalisasi Kontribusi Dalam Pelayanan Sosial Konsep pembangunan berkelanjutan merupakan kesepakatan hasil KTT Bumi di Rio de Jeniro tahun 1992. Di dalamnya terkandung 2 gagasan penting,yaitu:  Gagasan kebutuhan, khususnya kebutuhan pokok manusia untuk menopang hidup.  Gagasan keterbatasan, yaitu keterbatasan kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan baik masa sekarang maupun masa yang akan datang.  Adapun ciri-ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan adalah sebagai berikut : a) b) c) d) Menjamin pemerataan dan keadilan. Menghargai keanekaragaman hayati. Menggunakan pendekatan integratif. Menggunakan pandangan jangka panjang.

2.4.Tantangan/Hambatan (threats)
1. Upaya penanganan masalah Melestarikan lingkungan hidup meupakan kebutuhan yang tidak bisa di tunda lagi dan bukan hanya menjadi tangung jawab pemerintah atau pemimpin negara saja,melainkan tanggung jawab setipa insan di bumi. Upaya pemerintah untuk mewujudka kehidupan adil dan makmur bagi rakyat nya tanpa harus meninbulkan kerusakan lingkungan ditindaklanjutidengan menyusun progam pembangunan berkelanjutan yang sering disebut sebagai pembangunan berwawasan lingkungan.pembangunan memerhatikan faktor lingkungan.  Pelestarian tanah (tanah datar,lahan miring/perbukian) Upaya pelestarian tanah dapat di lakukan dengan cara menggalakan kegiatan menanam pohon atau penghijauan kembali (reboisasi)  Pelestarian udara Udara merupakan unsur vital bagi kehidupan,karena setiap organisme bernafas memerlukan udara.kalian mengetahui bahwa udara terkandung beranekaragaman gas,slah satunya oksigen.udara yang kotor karena debu atau pun asap sisa pembakaran menyebabkan kadar oksign berkurang. Keadaan ini sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup setiap organisme,maka perlu di upayakan kiat-kiat untuk menjaga kesegaran udara lingkungan agar tetap bersih,segar,sehat, upaya ini di lakukan untuk menjaga agar udara tetap bersih antara lain: - Menjalakan penanaman pohon atau pun tanaman hias di sekitar kita. Karan tanaman dapat menyerap gas-gas yang membahayakan bagi mausia. - Mengupayakan pengurangan emisi atau pembuangan gas sisa pembakaran hutan maupun pembakaran mesin.

 Mengurangi atau bahkan menghindari gaskimia yang dapat merusaklapisan ozon atmosfer.gas freon yang di gunakan untuk pendinginpada AC maupun kulkas serta di pergunakan di berbagai produk kosmetika adalah gas yang dapat bersenyawa dengan gas ozon, sehinga mengakibatkan lapisan ozon menyusut lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer yang berperan sebagai filter bagi bumi.  Pelestarian hutan
Eksploitasi hutam yang terus menerus berlangsung sejak dahulu hingga kini tanpa di imbangi dengan penanaman kembali.

- Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul - Melarang pembabatan hutan secara sewenang-wenang - Menerapkan sistem terbang pilih dalam menebang pohon - Menerapkan sistem tebang tanam dalam kegiatan penebangan hutan.
- Menerapkan sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar ketentuan mengenai

pengelolaan hutan Menciptakan kondisi yang baik sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah • Progam adipura Progam yang menangani salah satu upaya limbah padat domestik di perkotaan dalam perkembangan lingkup kerja progam adipura di fokuskan pada upaya mendorongkotakota di indonesia.

Progam Amdal AMDAL adalah kajian mengenai dampak besar dan penting untuk pengambilan keputusan suatu usaha dan kegiatan yang di rencanakan pada lingkungan hidup yang di perlukan bagi proses pengambilan tentang analisis mengenai dampak lingkungan.

Progam balai kliring keaneragaman hayati nasional Indonesiatelah merantifikasi konvensi keaneragaman hayati dalam bentuk undangundang No 5 Tahun 1994 tentang pengesahan konvensi perserikatan bangsa-bangsa.

Progam kalpataru Pendahulu indonesia dan penelitian lingkungan hidip memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam upaya meningkatkan sumber data manusia bidang lingkungan idup melalui pendekatan metode andralogi peninjauan lapangan yang di laksanakan oleh pusat pendidikan dan pelatihan.di harapkan memberikan perubahan perilaku serta sikap positif terwujud nya pelestarian lingkungan hidup.yang di laksanakan prinsip pembangunan berkelnajutan.

Progam Kalpataru Pendahulu indonesia menorehkan pahatan KALPATARU utuk menggambarkan suatu tanaman lingkungan yang serasi selaras dan seimbang antara hutan tanah dan air serta mahluk hidup. Salah satu prinsip pembangunan adalah berkrlanjutan dan berwawasan lingkungan.

BAB III

PENUTUP
3.1 kesimpulan Masalah Perubahan Lingkungan yang kini banyak terjadi sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab selalu melanggar dan mengabaikan peratura -peraturan serta tidak memperdulikan fungsi lingkungan sehingga banyak bencana alam yang tidak harusnya terjadi semakin sering terjadi. Perubahan Iklim seperti Pemanasan Global juga menjadi dampak dari manusia itu sendiri yang tidak mengindahkan alam sehingga alam menjadi kacau, dan mempunyai dampak yang cukup besar seperti suhu bumi yang selalu saja meningkat Sehingga masyarakat memahami penting nya menjaga lingkungan di sekitar dan menjalankan perintah-perintah yang sudah di terapkan oleh pemerintah agar mengurangi bencana yang akan terjadi.
3.2 Referensi wartawarga.gunadarma.ac.id/.../masalah-sosial-sebagai-efek-perubahankasus-lingkungan-hidup-dan-upay lovelycimutz.wordpress.com/.../masalahsosial-sebagai-efek-perubahan-kasus-lingkungan-hidup-dan-upayapemecahannya/ - Temboloka-pemecahann

http://ninjacloak.com/index.php/1010110A/0aefd9292cffa7cc8aa99fc8d761

Buku Ilmu social dasar Edisi Revisi Drs,H. Abu Ahmadi,Dkk Penerbit Rineka Cipta

3.3 Rekomendasi Menjalankan berbagai solusi yang sudah di buat dan butuh banyak dukungan untuk menjalankannya seperti kebijakan pemerintah. Dan menjaga serta mengerti pentingnya menjaga lingkungan di sekitar untuk meminmalkan terjadi nya bencana atau pemanasan global.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->