P. 1
Makalah Fisika Dasar

Makalah Fisika Dasar

|Views: 1,988|Likes:
Published by Atiqoh Mahfud

More info:

Published by: Atiqoh Mahfud on Dec 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/09/2013

pdf

text

original

MAKALAH FISIKA DASAR

USAHA,DAYA, DAN ENERGI

Lihat pula orang yang sedang mendorong dinding balok namun tidak mengubah posisi balok. yaitu: W=Fxs Keterangan : W = Usaha (j) F = gaya (N) S = jarak (m) Jika gaya yang bekerja membuat sudut terhadap perpindahannya. Gambar orang di atas dikatakan telah melakukan usaha. USAHA AKAN BERNILAI APABILA ADA PERPINDAHAN. Dengan kata lain. Dalam fisika usaha mendeskripsikan apa yang dihasilkan gaya yang bekerja pada benda. atau dengan kata lain usaha didefinisikan sebagai hasil kali besar perpindahan dengan komponen gaya yang sejajar dengan perpindahan. Usaha (W) oleh suatu gaya (F) sama dengan hasil kali antara gaya (F) dengan perpindahan (S) yang searah dengan gaya tersebut. Karena. USAHA d Lihat gambar orang yang sedang menarik balok sejauh d meter di atas. Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut: W = F s cos α .BAB I PEMBAHASAN A. Usaha yang dilakukan adalah hasil kali komponen gaya yang searah dengan perpindahan (Fcos alfa) dikalikan denganperpindahannya (d). tidak terjadi perpindahan pada dinding balok. Gambar orang tersebut dikatakan tidak melakukan usaha.

• 1 joule = 0. seperti di bawah ini Energi pada benda di atas dapat dilihat dari kedudukan benda atau posisi benda. jika usaha yang dilakukan berlawanan arah dengan perpindahan. Buah kelapa yang bergantung dipohonya menyimpan suatu energi yang disebut energi potensial. belajar dan bernyanyi memerlukan energi yang besar. ENERGI Setiap saat manusia memerlukan energi yang sangat besar untuk menjalankan kegiatanya sehari hari. Usaha positif. B.24 kalori • 1 kalori = 4. yaitu: 1. Berpikir. a. Dari ilustrasi diatas.2 joule Energi dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam. b. dapat disimpulkan bahwa energi merupakan kemampuan melakukan usaha. baik untuk kegiatan jasmani maupun rohani. Energi tersebut disebut energi potensial. bekerja. Energi potensial potensial akibat gravitasi bumi disebut energi potensial . Setiap manusia membutuhkan berjuta juta kalori setiap harinya untuk melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari hari. Satuan energi dalam SI adalah Joule. jika usaha yang dilakukan searah dengan perpindahan. dan ketinggian dari benda itu yang menjadi titik acuan.Besar usaha yang dilakukan sama dengan energi yang dipindahkan dari suatu benda. Energi potensial Ada sebuah benda yang digantung. Usaha negatif. Energi potensial yang dimiliki buah kelapa di akibatkan oleh adanya gaya tarik bumi sehingga jatuhnya selalu kepusat bumi.

Hubungan energi dan usaha Teorema usaha-energi apabila dalam sistem hanya berlaku energi kinetik saja dapat ditentukan sebagai berikut. W=F. Adapun energi potensial yang dimiliki suatu benda akibat pegas atau karet yang kamu regangkan disebut energi potensial pegas. g . Energi potensial gravitasi pun bisa diakibatkan oleh tarikan benda benda lain seperti tarikan antarplanet. m . Persamaan energi kinetik adalah. Karena.gravitasi.s W = m a. Energi petensial dirumuskan sebagai berikut: Keterangan : Ep = energi potensial (joule) Ep = m .s W = ½ m. Energi potensial gravitasi dimiliki oleh benda yang berada pada ketinggian tertentu dari permukaan bumi.2as Karena v22 = v21 + 2as dan 2as = v22 – v21 maka W = ½ m (v22 – v21) W = ½ m v22 – ½ m v21 W = D Ep Untuk berbagai kasus dengan beberapa gaya dapat ditentukan resultan gaya sebagai berikut. v2 Keterangan : Ek = energi kinetik (joule) m = massa benda (kg) v = kecepatan gerak suatu benda (m/s) C. Ek = ½ . energi kinetik timbul dari gerakan atau kelajuan dari suatu benda. Energi kinetik Setiap benda yang dapat bergerak pasti memiliki enegi kinetik. . h m = massa (joule) g = percepatan gravitasi (m/s2) h = ketinggian terhadap titik acuan (m) 2.

s = ½m (Vt2-Vo2) F cos α – fk . s = ½ m (Vt2 – Vo2) . s = ½ m (Vt2-Vo2) · Pada bidang miring . s = ½ m (Vt2 – Vo2) (F cos β – w sin α – fk) .· Pada bidang datar -fk .w sin α – fk .

maka tiap detik lampu tersebut akan mengubah 100 joule energi listrik yang memasuki lampu menjadi 100 joule energi cahaya. Kemampuan mengubah bentuk energi menjadi bentuk energi lain disebut daya. Persamaannya adalah P=W/t Keterangan : P = daya (watt) W = usaha (joule) t = waktu (s) . DAYA Sebuah lampu 100 watt yang efisiensinya 100 %.D. atau laju melakukan usaha. Daya juga merupakan usaha yang dilakukan gaya dalam satuan waktu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->