P. 1
kop surat

kop surat

|Views: 133|Likes:
Published by dwi_utami59

More info:

Published by: dwi_utami59 on Dec 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2013

pdf

text

original

LPIA Cabang Pondok Kopi

:

WE ARE FOR BETTER FUTURE
No Lampiran Hal : 075/PIA-II-III/X/2010 : 1 Proposal : Penawaran Kerjasama

Jl. H. Naman No. 2 Pondok kopi (Samping Poll Taksi KOSTI JAYA)

Kepada Yth, Bapak/Ibu Di Tempat Dengan Hormat Assalamu’alaikum Wr.Wb dan salam sejahtera kamI sampaikan, semoga bapak/ibu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa dan senantiasa dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, amin. Bertitik tolak dari kenyataan yg ada dewasa ini, Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) siswa – siswi Sekolah Dasar dan Menengah Atas adalah mutlak membutuhkan keperdulian/keterlibatan lembaga – Non formal melalui pendidikan dan pelatihan yang aplikatif dengan dunia kerja atau peningkatan nilai siswa di sekolah. Dengan surat ini kami menawarkan kerjasama pelatihan komputer kepada perusahaan/instansi Bapak/Ibu pimpin. Adapun bentuk kerjasama terlampir bersama surat ini. Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatianya diucapkan terima kasih.

Hormat kami, Lembaga Pendidikan Indonesia Amerika CABANG PONDOK KOPI

Rhenaldhy,AM.d,SH Manajer Marketing

Belajar bahasa inggris di LPIA dengan metode FAIES ( First Aid in English System ) yang terbukti dapat menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan. kita harus menyadari bahwa semua hal tersebut tidak dapat dipungkiri akan menjadi kebutuhan mendesak pada generasi kita selanjutnya di masa depan. PEMBUKAAN Sejak Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa asing pertama yang digunakan sebagai literatur yang mendukung pemerolehan dan peningkatan pengetahuan di segala bidang kehidupan.I. karena belajar bhasa inggris di LPIA bisa lebih menyenangkan dan bisa belajar sambil bernyanyi dan dengan bermacam permainan atau bahkan menonton film. jawabannya hampir sama. Setelah melakukan berbagai penelitian. maka dengan sendirinya seseorang yang sedang mempelajari bahasa inggris akan lebih cepat memahami apa yang dipelajari. INILAH FUNGSI OTAK MANUSIA . tetapi bisa berbahasa inggris. LATAR BELAKANG Selama ini kita banyak menggunakan fungsi otak kiri dalam mempelajari bahasa inggris. Contoh penelitian lainnya ialah para pedagang di bali dan Yogyakarta yang banyak bisa berbahasa inggris padahal mereka tidak pernah kursus atau belajar secara khusus atau sekolah. karena mereka lebih banyak mempelajari kalimat-kalimat secara langsung dengan turis asing yang banyak dating berwisata kesana. hal itu di sebabkan dalam metode pembelajaran yang dimulai dengan rumus–rumus tata bahasa sehingga dalam berbicara bahasa inggris siswa membutuhkan waktu yang lama karena sebelum diucapkan akan terlebih dahulu melalui pengelolaan rumus-rumus yang justru mengakibatkan kesan kaku dan keragu-raguan dalam pengucapan . II. dan menjadi fondasi dasar yang mendukung kemajuan baik dalam bidang pengetahuan dan teknologi. barulah setelah mengerti dan bisa berbahasa Indonesia kita mempelajari pengetahuan tentang bahasa tersebut. LPIA menerapkan metode belajar yang dapat membangkitkan jiwa kreatifitas dan intuition siswa melalui interaktif langsung dengan teman belajar dan pengajar sehingga diharapkan belajar bahasa inggris jadi lebih MUDAH DAN MENYENANGKAN. diantara mengapa kita bisa berbahasa Indonesia sejak kecil. jawabannya karena kita tidak pernah memulainya dengan rumus-rumus seperti Subjek + Predikat + Objek untuk menyusun sebuah kalimat tetapi langsung dengan pengucapan kalimat sesuai dengan kondisi.

Pengajar adalah seorang . LPIA PONDOK KOPI menyediakan informasi kepada para siswa sebagai pelanggan kita. Pendekatan secara langsung 2. dengan mentranfer konsep-konsep atau atau metode pengajaran pada proses pembelajaran bahasa inggris dengan system khusus. Adapun pendekatan yang di aplikasikan pada konteks kelas yang dikombinasikan dengan pendekatan aktifitas situasi nyata. Metode pengajaran yang disiapkan dan ditawarkan dikenal dengan FAIES ( First Aid in English System ) atau pendekatan pengajaran yang lebih mengutamakan dan membentu siswa dalam mengerti bahasa inggris pada aspek berbicara.OTAK KIRI ( LEFT BRAIN ) MENGIKUTI ATURAN (Suquence) Analisa (Analysis) Arah (linear) Ilmu hitung (Maths) Bahasa (Language) Perkataan (Verbal) Fakta (Fact) Pikiran dengan perkataan (Think in Word) Seni kata (Word of Song) Mengira (Compitation) Logika (Logic) OTAK KANAN ( RIGHT BRAIN ) MENYELURUH (Wholistic) PAHAM TANPA berfikir (Intuition) KREATIF (Creatif ) SENI (Arts/Motor Skill) IRAMA (Rhythm/Beats) TANPA perkataan (Non Verbal) PERASAAN (Feeling) FIKIR DENGAN GAMBARAN (Think in picture) RENTAK LAGU (tune of song) ANGAN-ANGAN (Day Dreaming) IMAJINASI (Imagination) III. Pendekatan Secara Langsung Maksudnya adalah tidak ada proses penerjemahan secara langsung pada proses pembelajaran dan peserta alan memperoleh arti dari penampilan alat-alat bantu pengajaran dan peserta akan memperoleh arti dari penampilan alat – alat bantu pengajaran oleh intruktur di kelas. Pendekatan Respon Fisik 4. Metode ini dibagi dalam empat pendekatan. Pendekatan Fungsi Bahasa 3. METODE PEMBELAJARAAN BAHASA INGGRIS Sebagai salah satu lembaga pendidikan non – formal. Selanjutnya akan membuat siswa menguasai bahasa inggris itu sendiri tanpa ada kesulitan. baik dengan system didalam atau di luar kelas. dan semua pendekatan tersebut adalah: 1. yang melibatkan siswa pada kegiatan. Pendekatan Situasi Yang Nyata Keterangan : 1.

teknik yang kami gunakan adalah membuat para peserta mengetaui kata-kata yang mereka gunakan pada bahasa target. kami membimbing mereka pada pendekatan fungsi itu sendiri. Pendekatan Fungsi Bahasa kepada para peserta untuk Orang – orang menyadari metode penggunaan tata bahasa memiliki banyak kelemahan kerena kadang – kadang menyebabkan seorang peserta yang pintar membuat suatu kalimat yang benar dalam bahasa inggris. Pendekatan pada situasi yang nyata . Tetapi sebelum kami memakai langkah tersebut. 4. namun kalimat tersebut tidak komunikatif. Jika maksud arti kata telah didapatkan. 2. dengan membuat peserta mampu berkomunikasi. Tetapi sebelum kami memakai langkah tersebut. 3. Pendekatan Respon Fisik Ide berfokus pada proses pendengaran secara cermat selama proses pengajaran berlangsung. dan juga membimbing mereka sebelum memasuki pola pendekatan situasi nyata. kami membimbing para peserta untuk mengetahui bahasa tanbahan atau awalan. peserta akan mengikuti tindakan-tindakan pengajar dan mengaplikasikan tanpa mengucapkan sepotong katapun. Para peserta diharapkan mendapatkan kontek sebenarnya dari kata-kata dengan melakukan beberapa aktifitas tersebut. setelah itu para siswa akan meniru contoh yang telah di berikan oleh pengajar.pembimbing dan petunjuk memahami pelajaran. dan hanya melakukan kegiatan fisik. Ini mengidentifikasikan dalam mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa asing harus mulai dari fungsi itu sendiri. Untuk beberapa aktifitas. Kami juga memberikan contoh model kalimat dengan waktu yang singkat dan bila para peserta tidak dapat memecahkan petunjuk dari kalimat tersebut. kami membimbing mereka pada pendekatan fungsi itu sendiri. selanjutnya para peserta akan dibawa pada kontek penggunaan situasi yang nyata. Maksudnya adalah untuk mendapatkan arti dari daftar kata yang akan di gunakan tanpa harus member arti. pengajar tetap mengerjakan keefektifan dari proses pembelajaran dengan menerangkan bahasa target. kami membimbing para peserta mengetaui kata-kata yang mereka gunakan pada bahasa target. Sebagai sebuah prosedur.

Jadi empat keterampilan bahasa tersebut menjadi alat ukur pemerolehan keterampilan para peserta selama berlangsungnya proses pembelajaran. Dan untuk ke efektifan dan efisien metode. MATERI Materi yang disediakan oleh LPIA Pondok Kopi diperluas dari silabus sebagai pemenuhan kebutuhan peserta. sebagai langkah untuk menghilangkan keraguan dan tekanan di dalam perasaan para peserta. yang mana memaksa seseorang pembelajaran menjadi seorang penutur yang aktif pada metode FAIES. belajar adalah keinginan individu. kami memberikan sebanyak mungkin contoh dialog selama pelajaran. dalam proses pembelajaran. Ini adalah langkah awal untuk meraih tujuan dari pelajaran. tetapi secara jujur mempelajari bahasa asing tidak dapat dipisahkan dari situasi nyata. Dan berharap peserta akan banyak berlatih dialog untuk meningkatkan kemampuan dalam berbicara bahasa asing waktu yang cepat dan tepat.Meskipun bahasa adalah untuk berkomunikasi. dengan memberikan teknik seperti. para peserta mendapatkan langkah-langkah ini untuk meraih . Muda dan Dewasa ) Tujuan dari konsep materi itu sendiri adalah mengkombinasikan empat jenis keterampilan berbahasa. sebagai keterampilan dasar untuk menguasai pendekatan secara komunikatif. tetapi itu adalah cara pandang yang cukup meragukan. Pendekatan Tulisan Proses Membaca Dalam penampilan dan pandangan secara umum. sebagaimana diketahui. kemajuan dari peruses pembelajaran akan terlihat pada waktu yang tepat dari aktifitas yang sebenarnya sebagai bagian terkecil dari contoh kehidupan nyata yang kami rancang sebagai bentuk drama. Konsep-konsep dari materi yang kami tawarkan adalah: A. Bagaimanapun juga. keterampilan ini akan membuat siswa merasa bosan. keterampilan pendengaran untuk pemahaman. sebagai pengajar atau instruktur akan menyediakan materi dalam kondisi proses pendengaran yang menyenangkan. Bahasa Ingris untuk ( Pembelajaran awal. Pengajar atau instruktur akan membimbing peserta untuk menemukan proses yang mutakhir untuk membaca yang akan membuat peserta menemukan cara yang menyenangkan untuk mengikuti langkah ini. dan keterampilan tersebut disebut dengan Oral – Aural Aproach: Pendekatan Bahasa Lisan Proses Pendengaran Untuk melalui langkah ini para peserta harus mengkonsentrasikan dengan aktifitas yang diberikan instruktur mereka dengan mencakup 10% dari keseluruhan pelajaran. Dengan kata lain.

Presentasi Langkah ini diberikan pada sebagai penampilan pertama untuk calon peserta. tetapi pengajar atau instruktur mencoba menjalankan teknik ini dengan mengatur kelas dengan memberikan banyak teknik-teknik latihan menulis. Langkah ini mengambil 10% dari seluruh pelajaran atau tergantung dari kebutuhan waktu dari materi itu sendiri. pemahaman dan membaca cepat. seperti menulis untuk kesenangan. 3. setelah keterampilan tersebut di atas. 4. Tes Penempatan Tujuan utama dari langkah ini adalah untuk mengetahui kemampuan peserta sebelum proses belajar diberikan. Hal ini dapat mengaktualisasikan semua ide-ide para peserta dengan menghasilkan kemampuan menulisnya berdasarkan konsep-konsep dan langkah-langkah yang lain sebelumnya. Tes Pertengahan . Keterampilan ini mengambil 10% dari seluruh pelajaran atau tergantung dari kebutuhan waktu dari materi itu sendiri. PENGATURAN PROSES PEMBELAJARAN Untuk meraih pengaturan yang baik dalam mengaktualisasikan proses pembelajaran berdasarkan kebutuhan materi LPIA Pondok Kopi mengatur baik langkah-langkah proses pembelajaran sebagai berikut: 1. bahwa menulis adalah keterampilan yang sangat sulit.kemudahan dalam membaca. sebagai contoh kegiatan-kegiatan yang diperlihatkan sebagai sambutan dari konsep pendekatan pembelajaran LPIA Pondok Kopi. Proses Menulis Kadangkala beberapa pandangan mengatakan. diantanranya adalah keterampilan membaca untuk kesenangan. 2. 5. Orientasi Orientasi artinya memberikan pemahaman pada peserta dalam konsep materi yang diambil sebagai tujuan yang akan mereka lalui selama proses pembelajaran. Proses Pembelajaran Proses pembelajaran akan diberikan berdasarkan silabus dan materi dari konsep prosedur pembelajaran pada metode FAIES. dan keterampilan pemahaman menulis.

Pihak Sekolah menyediakan : ◊ ◊ Peserta dan ruangan belajar ( dilengkapi dengan kursi. Theory Pemahaman materi secara teoritis. Sarana dan Prasarana Lembaga akan menyediakan : ◊ ◊ Guru ( tutor ) yang professional dengan kualitas lulusan sarjana bahasa inggris dari institusi terbaik. LPIA cabang Pondok Kopi menerapkan metode CIA ( Computer intergreated Abilities ). Jumlah peserta yang mengikuti pendidikan/pelatian.Tujuan dari proses ini adalah untuk mengamati perolehan peserta selama setengan dari serluruh pertemuan. 750. Tes Akhir Untuk langkah selanjutnya dari semua materi yang telah diikuti peserta. VI. meja. 2.000 Ses i 24 X Minimal jumlah peerta 100 . 4. 3. 1. 6. dan penerangan lampu. Pratice Pengasahan skill dengan latihan-latihan langsung. KOMPUTER Untuk program computer. Komponen dalam bidangnya masing-masing dan pengalaman. Tes akhir akan diberikan untuk mengetahui pencapaian hasil akhir dari kemampuan aktifitas peserta dan penampilan dikelas. Development Pengembangan skill dengan memaksimalkan penggunaan fasilitas suatu program. papan tulis. BIAYA PENDIDIKAN Program Bahasa Inggris : Program CORVERSTION Harga Satuan Rp. VII. Intergate Mengintergrasikan penggunaan dari bermacam program.

3.100.Program Komputer : N O 1 PROGRAM APLIKASI PERKANTOR AN MATERI HARGA SATUAN SES I 2. 75.000/Bulan 16X Rp. besar harapan kami LPIA Pondok Kopi dapat menjalin kerjasama dalam memenuhi segala kebutuhan pembelajaran yang Bapak/Ibu pimpin. PENUTUP Demikian surat penawaran kerjasama ini kami ajukan. 4. VII.SH ( 021) 85380738 . atau dapat Informasi lebih lanjut Hub : Rhenaldhy. 50.000/Bulan 16X Rp. Peserta mampu mengoprasikan : • Microsoft word untuK membuat surat menyurat • Microsoft excel untuk membuat laporan keuangan • Microsoft power point Membuat slide untuk presentasi DESAIN Peserta mampu membuat GRAFIS desain : • Mengedit photo • Membuat brosur • Membuat layout Majalah/Koran • panduk. 75.000/Bulan 16X Rp. Banner AutoCad Peserta mampu melakukan : • Menggambar I • Menggambar II • Modifikasi Objek • Pencitraan 3 Dimensi • Render • Plot PERKAITAN Peserta mampu melakukan : DAN • Merakit fisik computer PERAWATA • Instalasi Program N Komputer KOMPUTER • Perawatan computer • Solusi praktis penanganan kerusakan • Bisnis komputer Rp.000/B ulan 16X Minimal jumlah peserta 100 Catatan : Waktu pembelajaran bersifat flexible disesuaikan dengan kebutuhan peserta.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->