P. 1
alat pendeteksi gempa

alat pendeteksi gempa

|Views: 1,327|Likes:
Published by arief22

More info:

Published by: arief22 on Dec 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/03/2013

pdf

text

original

1) Seismometer Seismometer (bahasa Yunani: seismos: gempa bumi dan metero: mengukur) adalah alat atau sensor getaran

, yang biasanya dipergunakan untuk mendeteksi gempa bumi atau getaran pada permukaan tanah. Hasil rekaman dari alat ini disebut seismogram. Prototip dari alat ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 132 SM oleh matematikawan dari Dinasti Han yang bernama Chang Heng. Dengan alat ini orang pada masa tersebut bisa menentukan dari arah mana gempa bumi terjadi. Dengan perkembangan teknologi dewasa ini maka kemampuan seismometer dapat ditingkatkan, sehingga bisa merekam getaran dalam jangkauan frekuensi yang cukup lebar. Alat seperti ini disebut seismometer broadband. Seismograf adalah sebuah perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi. Pada prinsipnya, seismograf terdiri dari gantungan pemberat dan ujung lancip seperti pensil. Dengan begitu, dapat diketahui kekuatan dan arah gempa lewat gambaran gerakan bumi yang dicatat dalam bentuk seismogram. Seismograf memiliki instrumen sensitif yang dapat mendeteksi gelombang seismik yang dihasilkan oleh gempa bumi. Gelombang seismik yang terjadi selama gempa tergambar sebagai garis bergelombang pada seismogram. Seismologist mengukur garis-garis ini dan menghitung besaran gempa. Dahulu, seismograf hanya dapat mendeteksi gerakan horizontal, tetapi saat ini seismograf sudah dapat merekam gerakan-gerakan vertikal dan lateral. Seismograf menggunakan dua gerakan mekanik dan elektromagnetik seismographer. Kedua jenis gerakan mekanikal tersebut dapat mendeteksi baik gerakan vertikal maupun gerakan horizontal tergantung dari pendular yang digunakan apakah vertikal atau horizontal. Seismograf modern menggunakan elektromagnetik seismographer untuk memindahkan volatilitas sistem kawat tarik ke suatu daerah magnetis. Peristiwaperistiwa yang menimbulkan getaran kemudian dideteksi melalui spejlgalvanometer.

ALARM l QUAKE ALARM l ALARM DETEKSI l DETEKSI GEMPA BUMI Quake Alarm" adalah sebuah alat yang dirancang untuk memberikan peringatan dini pada sebuah gempa bumi tektonik dengan secara seketika mendeteksi gelombang kompresi ( P compression wave) yang selalu menjalar lebih cepat dari pada gelombang perusak ( Sshear wave) . Quake Alarm" sangat sensitif untuk mendeteksi gempa bumi tektonik yang berpusat ratusan kilometer jauhnya serta dapat mendeteksi gempa- gempa susulan yang terjadi didaerah sekitar Anda.Quake Alarm" memberikan detik- detik berharga bagi Anda beserta keluarga untuk dapat beraksi cepat dan tepat dalam mengambil langkah- langkah perlindungan.Quake Alarm" sangat berguna pada malam hari karena bunyi alarm- nya dapat membangunkan Anda dari tidur sehingga Anda sekeluarga dapat segera bersiaga dan berlindung ketempat yang lebih aman.Quake Alarm" dapat mengeliminasi keraguan mengenai adanya suatu gempa bumi dikarenakan pada saat bumi bergetar, kita mengalami disorientasi keseimbangan tubuh yang mirip dengan gejala kesehatan vertigo ( kepala pening) . Suara keras dari pintu garasi yang tertutup atau gemuruh kendaraan truk besar yang lewat juga dapat mengagetkan banyak orang dan berpikir bahwa mereka sedang mengalami gempa bumi. Dengan adanya Quake Alarm" , kita dapat memastikan bahwa yang terjadi pada saat itu adalah benar- benar sebuah gempa bumi sehingga tidak ada lagi kebimbangan atau waktu yang tersia- sia untuk segera bertindak.5 keunggulan quake alarmtm: simpel, mudah dan terjangkau membangunkan anda saat tidur memastikan adanya sebuah gempa bumi memberikan detik- detik berharga untuk berlindung selain gempa, juga dapat mendeteksi tanah longsor Apakah Quake AlarmTM ? Quake AlarmTM adalah alat deteksi gempa bumi dengan harga terjangkau dari JDS Products, Inc. ( California, A.S.) untuk rumah, kantor, sekolah, dll. yang akan berbunyi keras pada saat gempa terjadi.Bagaimana cara Quake AlarmTM bekerja? Quake AlarmTM adalah sebuah alat seukuran termostat yang ditempel didinding dengan pelekat velcro and dioperasikan oleh baterei 9- volt. Komponen sistem pendulum terbaliknya sangat sensitif dan telah dipatenkan untuk mendeteksi gelombang kompresi ³ P´ yang selalu menjalar mendahului getaran gempa bumi. Pendulumnya bergerak memicu sirkuit yang menyalakan suara alarm.Dapat mendeteksi gempa berkekuatan berapa skala Richter? Sensivitas Quake AlarmTM bisa diatur sehingga dapat

Dapat mengirimkan data status gempa melalui SMS ke lebih dari 200 nomor. Quake AlarmTM berhasil mendeteksinya. yang selalu menjalar lebih cepat. terbentuk gelombang.sia untuk segera bertindak.Apakah gelombang kompresi " P" itu.4 Level contac Sensor Input . bahkan yang berpusat ratusan kilometer jauhnya. dan ternyata setiap kejadian gempa berskala besar maupun kecil.Buzzer Warning Indicator .S.GSM Support ( SMS ONLY) .3 indicator Sensor status .Bagaimana cara kerja Quake AlarmTM dapat dibuktikan? Kami telah melakukan tes sistim pendulum terbalik ini lebih dari 5 tahun dan mempunyai catatan dari kejadian.S. seperti menerapkan ³ Perlindungan Segi Tiga´ ( lihat: http: / / www.40W PMPO Audio Output .org) . diameter/ tebal 3 cm 3 ) Informasi Status Gempa Alat informasi status kekuatan gempa. dan gelombang perusak ³ S´ .kira 2 mil/ detik dibanding dengan 3 mil/ detik) .3 Mode SMS Massages .mendeteksi gempa bumi tektonik berkekuatan 4.75 kali lipat dibanding gelombang ³ P´ ( atau kira.3 Level Indicator Sinyal GSM .Berapa lama kita baru merasakan getaran sebuah gempa setelah Quake AlarmTM berbunyi? Tergantung seberapa jauh kita dari lokasi pusat gempa dan seberapa kuat gempanya.8 Sensor Universal Alarm . Dua gelombang utamanya adalah gelombang kompresi ³ P´ . Lebar 7 cm. Quake AlarmTM mampu mendeteksi gelombang ³ P´ sehingga memberi waktu berharga bagi Anda sekeluarga untuk berlindung ketempat yang lebih aman. Beberapa unit kami pasang di pemukiman dan sekolah sekitar Los Angeles untuk melapor setiap kali alat tersebut berbunyi. Suara alarmnya juga dapat membangunkan Anda dari tidur. Dapat mengeluarkan sinyal peringatan suara status gempa ( Format MP3) Spesifikasi Teknik: .Berapa perbandingan kecepatan jalar gelombang kompresi ³ P´ dengan ³ S´ ? Badan Pengawas Geologi A.amerrescue.kejadian gempa aktual yang membuktikan bahwa alat ini dapat bekerja dengan baik. Quake AlarmTM akan berbunyi puluhan detik sebelum gempa terasa sehingga kita mempunyai waktu untuk mengambil langkah. menyatakan bahwa gelombang ³ S´ menjalar lebih lamban 1. Quake AlarmTM juga dapat membangunkan kita dari tidur dan memastikan adanya gempa bumi sehingga tidak ada lagi kebimbangan atau waktu yang tersia.0 pada skala Richter. Kami kemudian mencocokannya dengan catatan di Badan Pengawas Geologi A.Apakah produk Quake AlarmTM bergaransi? Volume: Tinggi 15 cm.gelombang yang disebabkan oleh pergeseran plat bumi dibawah permukaan.langkah penyelamatan diri dan keluarga. yang lebih lamban.0 sampai lebih dari 6. Berdasarkan perhitungan gelombang kompresi ³ P´ yang selalu menjalar lebih cepat daripada gelombang ³ S´ . dan bagaimana Quake AlarmTM mendeteksinya? Pada saat terjadi gempa.3 Mode Digital Sound level sensor .

Studi retakan ( cracking) . Adanya pergerakan tanah pada saat awal terjadi retakan pada bendungan atau jalan tol misalnya apat mengeksitasi gelombang berfrekuensi rendah. Sehingga sensor ini bermanfaat dalam pengukuran sinyal dengan karakteristik amplitudo dan frekuensi kecil yang biasanya ditemui dalam monitoring . longsor dll) . sensitivitas output tinggi dan mempunyai noise sangat rendah.menghasilkan air berkualitas tinggi ( jernih dan segar) . cukup dengan tenaga manusia yaitu dengan di engkol pada alat tersebut. Remote area/ pelosok.4) Alat Penyaring Air Ultrafiltrasi Darurat Utk Air Bersih. . Tanpa memerlukan tenaga listrik maupun diesel.Air Minum Alat Penyaring air dengan Teknologi Ultrafiltrasi menghasilkan air minum dan air bersih sangat cocok digunakan pada saat darurat/ Emergency ( banjir. analisa struktur.tanpa menggunakan bahan kimia . Gelombang dalam rentang frekuensi ini dapat dikarakterisasi melalui sensor ULSA yang merupakan kombinasi antara akselerometer piezoelektik sangat sensitif dan ultra low.750 ltr/ hour Operasi : Manual Housing Material : PVC Dimension : L35 x W30 x H120 cm Weight : 15 kg Penggunaan/ Peruntukan : Camping.sangat kompak . gempa bumi.Akselerometer ULSA adalah sensor gelombang seismik/ akselerometer dengan respon frekuensi rendah.noise amplifier.Instalasi yg mudah dan cepat Spesifikasi teknis : Kapasitas : 500 . safety mining.mudah di pindah/ dibawa ( mobile) . situasi darurat karena kondisi Alam dlsb 5) Ultra Low Accelerometer ( ULSA) Pengukuran gelombang frekuensi rendah sangat diperlukan terutama untuk monitoring dan proses pengukuran pada banyak industri. gerakan tanah dan gempa termasuk didalamnya aktivitas gunung api adalah beberapa kajian yang memanfaatkan sifat gelombang frekuensi rendah.

Demikian juga dengan kajian gempa bumi misalnya.Low pass filtered to eliminate high frequencies .4 mA Keutamaan: . untuk monitoring sinyalnya harus menggunakan sensor dengan frekuensi dan noise rendah Akselerometer ULSA dapat mengukur level vibrasi sangat rendah sampai dengan rentang micro.Ultra high sensitivity .g levels .noise amplifier dan sensitifitas elemen sensor dengan massa sangat kecil yang tidak terdiri atas pergerakan koil sehingga terbebas dari gangguan medan magnet sekitar.Ultra low.struktur dan vibrasi.Low frequency capable .g melalui desain ultra low.noise electronics for clear signals at sub micro. Amplifier didesain untuk memaksimalkan kemampuan sensor akselerometer dengan kemampuan conditioning dan amplifikasi sinyal noise rendah melalui arus tetap 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->