BAB 6 PENGEMBANGAN SISTEM DAN TEKNIK DOKUMENTASIKAN

Pendahuluan Dokumentasi meliputi bentuk naratif, bagan alir (flowchart), diagram, dan materi lainnya, yang menjelaskan bagaimana sebuah sistem bekerja. Beberapa alat yang popular untuk mendokumentasilkan sebuah sistem adalah diagram, bagan alir, tabel, dan bentuk grafis lainnya untuk mewakili informasi. Alat-alat tersebut kemudian dilengkapi dengan deskripsi naratif system, yaitu penjelasan per tahap mengenai komponen dan interaksi sistem. Alat-alat pendokumentasian yaitu : 1. Diagram arus data (data flow diagram- DFD), sebuah deskripsi grafis atas sumber dan tujuan data, yang memperlihatkan arus data dalam suatu organisasi, proses yang dilakukan atas data tersebut, serta bagaimana data tersebut disimpan. 2. Bagan alir (flowchart) dokumen, sebuah deskripsi grafis atas arus dokumen dan informasi antar departemen atau bidang tanggung jawab dalam sebuah organisasi. 3. Bagan alir (flowchart) sistem, sebuah deskripsi grafis atas hubungan antara input, pemrosesan dan output sebuah sistem informasi. 4. Bagan alir program, sebuah deskripsi grafis atas urutan pengoperasian logis (logical operation) ytang

proses transformasi dan 4. penyimpanan data Sumber dan tujuan data Simbol dan sumber tujuan dalam DFD mewakili sebuah organisasi atau individu yang mengirim atau menerima data yang dipergunakan atau dihasilkan sistem. DIAGRAM ARUS DATA (DATA FLOW DIAGRAM) Diagram arus data (data flow diagram-DFD) secara grafis mendeskripsikan arus data di dalam sebuah organisasi. dan 97. diagram arus data (DFD) dan bagan alir adalah dua alat pengembangan dan dokumentasikan yang paling sering digunakan. dan mereka menggunakan keduanya. Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa 62.dilakukan program. Sebuah entitas dapat merupakan sumber dan tujuan. komputer saat menjalankan sebuah Berdasarkan suatu penelitian. Lebih dari 92% pemakai puas dengan penggunaan DFD dan bagan alir. arus data 3.5% professional bidang informasi menggunakan DFD. DFD dipergunakan untuk mendokumentasikan sistem yang telah ada dan untuk merencanakan sistem yang baru. .6% menggunakan bagan alir. sumber dan tujuan data 2. Elemen-elemen Dalam Diagram Arus Data DFD disusun dari empat elemen dasar yaitu : 1.

diwakili oleh lingkaran. . Proses yang mentransformasi data dari masukan ke keluaran. Lingkaran ini disebut pula gelembung (bubble) Tempat penyimpanan data diwakili oleh dua garis horizontal. Arus data Proses transformasi Penyimpanan data Arus data Arus data (data flow) mewakili arus data antara pemrosesan.simbol Diagram Arus Data simbol Nama Sumber dan tujuan data Penjelasan Orang dan organisasi yang mengirim data ke dan menerima data dari system yang diwakili oleh bujur sangkar.Simbol. Data yang melewati penyimpanan data. penyimpanan. serta baik sumber atau tujuan data. harus bergerak melalui bentuk pemrosesan data-atau melalui sebuah proses transformasi. Tujuan data juga disebut sebagai kotak penampungan data (data sink) Arus data masuk atau keluar dari suatu proses diwakili oleh garis lengkung. serta sumber dan tujuan data. atau oleh garis lurus dengan tanda panah di ujungnya.

Pelanggan (A) Proses pemba yaran (C) Perbar upiutan g usaha Manager bagian kredit (K) mpa Penyi nan Uang (E) Bank (J) Proses Proses mewakili transformasi data terlihat pada contoh gambar diatas bahwa proses pembayaran (C) dari pelanggan dan membaginya menjadi data pengiriman uang .

penyimpanan. Kamus data (data dictionary) Arus data dan penyimpanan data secara umum merupakan kumpulan elemen-elemen data. Diagram tersebut menunjukkan system pemrosessan data dan entitas eksternal yang merupakan sumber serta tujuan dari input dan output system. DFD dengan tingkat tertinggi disebut sebagai diagram konteks (konteks diagram). . Tempat penyimpanan data Tempat penyimpanan data (data store) adalah tempat menyimpan data baik permanent atau temporer.serta penyimpanan uang (yang meliputi cek dan slip penyimpanan dalam proses pembayaran).DFD tidak memperlihatkan media penyimpanan secara fisik (seperti disk dan kertas). Kamus data terdiri dari deskripsi seluryh elemen data. Diagram konteks memberikan pandangan secara ringkas kepada pembaca suatu system. dan arus data di dalam sebuah system.

Gambar diagram konteks (context diagaram) Pemrosesan Penggajian di S & S Lembaga Peerintah Departeme m departemen Pegawai SDM Bank .

ringkas.Laporan Pajak Dan Pembayaran Kartu Waktu Formulir Kerja Pegawai Baru Sistem Pemrosesan Penggajian Cek untuk Pegawai Formulir Perubahan Pegawai Cek untuk Penggajian Lap. Bagan alir .dan logis.Penggajian Manajemen BAGAN ALIR (FLOWCHART) Bagan alir (Flowchart) adalah teknik analisis yag dipergunakan untuk mendeskripsikan beberapa aspek dari system informasi secara jelas.

atau dicetak dengan komputer. Juga dipergunakan untuk mewakili jurnal dan buku besar dalam bagan alir dokumen.dan arus data yang melalui system. SIMBOL-SIMBOL BAGAN ALIR Simbol Nama Keterangan Simbol input/output Dokumen Dokumen atau laporan: dokumen tersebut dapat dipersiapkan dengan tulisan tangan. seperti terminal. atau layer.menggunakan serangkaian symbol standar untuk mendeskripsikan melalaui gambar prosedur pemrosesan transaksi yang digunakan perusahaan. Jurnal / buku besar Fungsi input atau output apapun di dalam bagan alir program.monitor. . Beberapa dokumen tembusan dari satu Digambarkan dengan cara menumpuk simbol dokumen dan mencetak nomor dokumen di bagian depan sudut kanan atas. Tampilan informasi yang ditampilkan oleh peralatan outpurt on-line . Pengentikan on-line (on-line keying) Memasukkan (entry) data melalui peralatan on-line seperti terminal atau personal computer. Input / output .

Simbol tampilan dan pengetikan online dipergunakan bersama untuk mewakiliterminal atau personal komputer. Pita Transmisi (transmittal tape) secara menual memepersi – apkan nilai total untuk pengendalian. Simbol Simbol pemrosesan Nama Keterangan .Terminal atau personal komputer.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.