P. 1
Politik Dinasti Dalam NKRI

Politik Dinasti Dalam NKRI

|Views: 109|Likes:

More info:

Published by: Saindra Arsa Gumilang on Dec 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2012

pdf

text

original

Home Group 16 Noke Devina Nurisna Hasanah Putri Wijayanti Ryandika Aldilla Nugraha Raden Aqsa Aditya Gunadarma

Riris Riany

23 November 2010

Pengertian Kebijakan Pilkada Solusi Politik Dinasti Demokrasi Pancasila Da ak Latar Belakang Hakikat Demokrasi .

2. Politik dinasti merupakan kesalahan pemerintah. Pemerintah tidak selektif dalam pengajuan pencalonan legislatif. 5. 4. Politik dinasti mengakibatkan terancamnya stabilitas demokrasi pancasila dan monopoli politik. .1. Politik dinasti dilakukan karena kekuasaan semata dan tidak ingin hilang eksistensinya. 3. Politik dinasti bukan bentuk demokrasi.

.Politik din sti adalah suatu sistem penurunan kekuasaan ataupun tahta yang diberikan kepada keluarga atau sanak saudara untuk terus memegang kekuasaan.

.Didorong oleh rasa ingin atas kekuasaan yang sudah mereka ambil tetap diraih oleh keluarganya. Biasanya para penerus tidak memikirkan apakah dirinya mempunyai kemampuan tentang politik dan apakah dirinya bisa menerapkan ilmunya. karena itu mereka tidak memikirkan sikap diri mereka apakah mereka layak menjadi penerus/tidak.

` ` ` pengaruh besar terhadap perkembangan bangsa banyak kursi legislatif yang di duduki oleh orang yang tidak kompeten di bidangnya dan akhirnya merugikan negara dan rakyat para anggota legislatif bersikap apatis menyusahkan rakyat Karena ketidakpercayaan rakyat dan mengakibatkan kasta kehidupan .

seharusnya pemerintah mengaturnya secara eksplisit. Akan tetapi. . juga tindakan nepotisme. karena dinasti politik pada dasarnya hampir sama dengan nepotisme. pernyataan tersebut kurang tegas. Hal ini secara tersirat menunjukkan bahwa dinasti politik pada dasarnya tidak disetujui.pasal 28 menyebutkan bahwa seorang kepala daerah dilarang untuk melakukan perbuatan yang menguntungkan diri sendiri maupun keluarga.

komisi pemilihan umum seharusnya lebih menambah persyaratan calon legislatif yang sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi seorang wakil rakyat.sus h untuk menghilangkan dinasti politik. Dengan demikian rakyat indonesia dapat menggunakan hak pilihnya secara bijak dengan menggunakan hati nurani selain itu. kita mempunyai hak dan kewajiban untuk memilih wakil rakyat sebagai penyalur aspirasi mereka. untuk mewujudkan demokrasi di Indonesia yang telah tercampur oleh dinasti politik. tetapi pada hakikatnya semua dikembalikan pada r ky t. . sehingga para elit politik tidak semena-mena mencalonkan anggota keluarganya untuk maju menggantikan posisinya. Sebagai rakyat Indonesia.

oleh rakyat. Demokrasi Pancasila dapat menjadi paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia. Demokrasi dapat kembali menjadi hakikatnya yakni dari rakyat. .Demokrasi di Indonesia seharusnya dapat menjadi arahan hidup terutama dalam bidang politik. untuk rakyat.

. dan untuk rakyat sebagai bentuk ide l demokr si semakin jauh dari h kik tnya. Upaya untuk menciptakan kekuasaan dari rakyat. Dengan kata lain. Politik dinasti semakin menegaskan bahwa sentralisasi kekuasaan pelan tapi pasti akan tetap tumbuh. laju demokrasi secara gamblang menghadapi m s l h.Politik dinasti menunjukan bahwa desentralisasi kekuasaan belum terdistribusi secara merata kepada semua pihak. oleh rakyat.

Semu SEMUA BENAR :D Ben r .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->