P. 1
Teknologi Wan- Jenis Koneksi

Teknologi Wan- Jenis Koneksi

|Views: 981|Likes:
Published by Febrilian Dwi

More info:

Published by: Febrilian Dwi on Dec 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2013

pdf

text

original

No exp : 1 Diagnosa WAN Tehnik Komputer Dan Jaringan 07 Juli 2010

Capture jenis koneksifitas Packet Switch dan Circuit Switch

Febrilian Dwi L 3 TKJ B Inst : Pa Rudi Bu Neti

I. TUJUAN a. Dapat membedakan handshake dari metode Circuit Switch dan Packet Switch. b. Dapat menganalisa kelebihan dari kedua metode tersebut. c. Dapat menganalisa kekurangan dari kedua metode tersebut. d. Dapat menganalisa dan menyimpulkan dari peristiwa Handshake yang terjadi. II. PENDAHULUAN Teknologi WAN Wide area network (WAN) digunakan untuk saling menghubungkan jaringan-jaringan yang secara fisik tidak saling berdekatan terpisah antar kota, propinsi, atau bahkan terpisahkan benua melewati batas wilayah negara satu sama lain. Koneksi antar remote jaringan ini umumnya dengan kecepatan yang sangat jauh lebih lambat dari koneksi jaringan local lewat kabel jaringan. Saat ini banyak tersedia Teknologi WAN yang disediakan oleh banyak operator penyedia layanan (ISP). Menurut definisinya Teknologi WAN digunakan untuk:
y y y y

Mengoperasikan jaringan area dengan batas geography yang sangat luas Memungkinkan akses melalui interface serial yang beroperasi pada kecepatan yang rendah. Memberikan koneksi full-time (selalu ON) atau part-time (dial-on-demand) Menghubungkan perangkat2 yang terpisah melewati area global yang luas.

Teknologi WAN mendefinisikan koneksi perangkat2 yang terpisah oleh area yang luas menggunakan media transmisi, perangkat, dan protocol yang berbeda. Data transfer rate pada komunikasi WAN umumnya jauh lebih lambat dibanding kecepatan jaringan local LAN. Teknologi WAN menghubungkan perangkat2 WAN yang termasuk didalamnya adalah: 1. Router, menawarkan beberapa layanan interkoneksi jaringan-jaringan dan port-port interface WAN 2. Switch, memberikan koneksi kepada bandwidth WAN untuk komunikasi data, voice, dan juga video. 3. Modem, yang memberikan layanan interface voice, termasuk channel service units/digital service units (CSU/DSU) yang memberikan interface layanan T1/E1; Terminal Adapters/Network Termination 1 (TA/NT1) yang menginterface layanan Integrated Services Digital Network (ISDN).

4. System komunikasi dalam teknologi WAN menggunakan pendekatan model layer OSI untuk encapsulation frame seperti halnya LAN akan tetapi lebih difocuskan pada layer Physical dan Data link. Jenis-Jenis Koneksi WAN ‡ Leased Line Leased line disebut sebagai koneksi titik ke titik (PPP) / koneksi yang dedicated yang artinya koneksi yang disediakan khusus untuk pelanggan.

Circuit Switching Sebuah koneksi dari ujung ke ujung yang sud ah terbentuk ke jaringan. Circuit Switching menggunakan modem dial up / ISDN (Intergrated Services Digital Network) dan digunakan untuk transfer data dengan bandwidth kecil.

‡

Packet Switching Sebuah metode switching WAN yang memungkinkan dapat terbagi dengan bandwidth ke perusahaan lain untuk menghemat biaya. Packet Switching dapat dianggap sebagai sebuah jaringan yang dirancang untuk mirip dengan sebuah leased line tetapi dengan harga setara circuit switching.

‡

III. ALAT DAN BAHAN a. Modem DialUp. b. Koneksi Via Ethernet dengan ISP Jalawave. c. Software Capture data (WireShark). IV. LANGKAH KERJA Packet Switch a. Buka Software Capture data nya. b. Pilih capture > interface untuk memilih interface yang akan di capture

c. Pilih interface yang akan di capture lalu klik start.

d. Browsing ke google.co.id

Circuit Switch a. Pasang modem dan instalasi driver modem. b. Konfigurasi user name, password dan apn

nya c. Koneksikan internet dengan modem

d. Buka Software Capture data nya. e. Pilih capture > interface untuk memilih interface yang akan di capture

f. Pilih interface yang akan di capture lalu klik start.

g. Browsing ke google.co.id dan yahoo

V. HASIL PERCOBAAN Packet Switch a. Browsing ke google

b. Browsing ke FaceBook

Circuit Switch a. Terkoneksi

b. Browsing ke google

c. Browsing ke FaceBook

d. Disconnect

VI.

KESIMPULAN Perbedaan mendasar dari packet Switch dan Circuit Switch adalah saat paket pertama dan header nya, ya itu jika Circuit switch adalah pensinkronisasian yang berupa authentikasi username password dan lain-lain setelah itu networking nya. Packet Switch tidak melakukan authentikasi pada kasus ini menggunakan kabel, dan melakukan mengenalan diri dijaringan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->