P. 1
MAKALAH Tentang Jaringan Komputer

MAKALAH Tentang Jaringan Komputer

|Views: 6,322|Likes:

More info:

Published by: Mustofa Tunas Bangsa on Dec 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/15/2013

pdf

text

original

MAKALAH PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

JARINGAN KOMPUTER

Oleh: 1. Mustofa_S1TIS100092 2. Nofan Susanto_S1TIS100086 3. Rosiana Budi Utami_S1TIS100083 4. Tarwan_S1TIS100093

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STIMIK) TUNAS BANGSA BANJARNEGARA ( 2010 )

ABSTRAK Komputer adalah salah satu alat yang dapat membantu kita dalam berbagai hal, salah satunya adalah komunikasi. Komunikasi antar komputer akan sulit kita dapatkan jika tanpa adannya sebuah jaringan. Jaringan itu sendiri memilliki jenis fungsi dan variasi yang bermacam-macam. Untuk itu akan sedikit kita bahas tentang manfaat jaringan jenis-jenis jaringan, fungsi jaringan, komponen jaringan dan variasi jaringan pada computer. Kata kunci: Komputer, jaringan, manfaat jaringan, jenis jaringan, komponen jaringan fungsi jaringan, variasi jaringan.

ii

KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Alloh SWT, karena dengan Rahmat dan karuniaNya penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan khususnya bagi penulis tentang “Jaringan Komputer “. Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada : 1. Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya 2. Orang tua Penulis yang telah mendukung dan membantu penulis. 3. Sutejo, S.Kom selaku dosen pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI) yang telah membimbing dan memberikan ilmunya kepada kami. 4. Rekan-rekan mahasiswa dan semua pihak yang telah membantu

terselesaikannya makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Kami berharap makalah ini dapat memberikan manfaat.

Banjarnegara, 28 November 2010

Penulis,

iii

DAFTAR ISI Halaman HALAMAN JUDUL …………………………………………………………. ABSTRAK …………………………………………………………………… KATA PENGANTAR ………………………………………………………. DAFTAR ISI ………………………………………………………………… BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………. BAB II JARINGAN KOMPUTER…………….………………………………………….. 2.1. Definisi Jaringan Komputer…………………………………… 2.2. Manfaat Adanya Jaringan Komputer……………………… 2.3. Jenis – jenis Jaringan Komputer ……..……………………… 2.4. Komponen – komponen Jaringan Komputer………….. 2.5. Variasi Jaringan Komputer……………………………………. BAB III KESIMPULAN………………………………………………… REFERENSI …………………………………………………………….. 2 2 3 4 6 8 v i ii iii iv 1 2

iv

BAB I PENDAHULUAN Hidup sosial, itulah manusia selalu hidup saling ketergantungan satu sama lain. Tanpa ada hubungan komunikasi antar sesama kita tidak akan tercipta suatu keharmonisan. Banyak cara yang dilakukan untuk bisa saling berkomunikasi dari jaman dahulu masih menggunakan hewan sebagai sarana untuk komunikasi, surat-menyurat hingga sekarang di jaman yang telah serba canggih, kita masih selalu mencari cara bagaimana untuk bisa berkomunikasi dengan cepat, mudah dan efisien. Banyak cara telah ditemukan untuk berkomunikasi seperti fax, handphone, situs internet seperti e-mail, facebook, twiter, dan yang lainya. Bahkan berbagai perusahaan saling berlomba-lomba untuk mempromosikan produk-produk terbaru mereka. Namun kali ini kita tidak akan membahas tentang produk-produk tersebut, didalam makalah ini akan kita bahas secara umum tentang manfaat, jenis dan fariasi dari jaringan.

1

BAB II JARINGAN KOMPUTER 2.1. Definisi Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah penggabungan antara komputer yang satu dengan yang lainya, baik secara kabel maupun nirkabel. 2.2. Manfaat Adanya Jaringan Komputer Jaringan computer, mungkin kita bertanya-tanya untuk apa harus ada jaringan komputer, secara garis besar sebenarnya manfaat jaringan komputer ada dua macam yaitu untuk “ Berbagi sumberdaya dan Sebagai Media komunikasi”.  Mengapa jaringan di manfaatkan untuk berbagi pakai Ada banyak alasan mengapa orang menggunakan jaringan untuk berbagi pakai, diantaranya adalah untuk mempermudah dan menghemat biaya atau keterbatasan jumlah komputer dalam suatu perusahaan. Sebagai contoh dalam 1 kantor ada 10 komputer dan jika setiap pegawai membutuhkan printer, tanpa adanya sebuah jaringan, maka perusahaan membutuhkan 10 printer, dengan adanya jaringan, maka perusahaan hanya butuh 1 printer yang dibagi pakai kesepuluh pegawai tersebut. Artinya perusahaan menghemat biaya sampai 90% hanya dari pengadaan printer. Untuk mempermudah coba kita daftarkan beberapa sumber daya jaringan secara umum : 1. Berbagi file dan printer (file and printer sharing). 2. Berbagi koneksi internet 3. Berbagi Hardware (Misal CD ROM) yang di share 4. Berbagi informasi misal web/Internet/Intranet.  Jaringan sebagai media komunikasi Sebagian besar manusia telah menmanfaatkan jaringan sebagai media komunikasi. Berikut beberapa layanan komunikasi berbasis jaringan internet adalah : 1. Chating, Pesan instant, Email, Forum, milis dan News grup. Semua layanan tadi mempunyai satu fungsi, yaitu berkomunikasi, baik komunikasi kelompok ataupun komunikasi secara pribadi.

2

2. Komunikasi Multimedia Semua komunikasi diatas selain menggunakan media text untuk berkomunikasi, sedangkan untuk komunikasi yang lebih canggih bisa mengandalkan VoIP untuk Komunikasi suara atau teleconference untuk komunikasi Audio Visual. 3. Media kolaborasi Biasanya manfaat ini paling terasa diperusahaan, misal bagi para pekerja dalam satu tim yang bekerja tidak dalam 1 kantor. bentuk ini contohnya adalah kolaborasi online seperti membuat Wiki, Google Wave dan Collaboration Tool yang lain. Seiring dengan perkembangan Internet, manfaatnya pun melebar tidak hanya sebagai media berbagi dan media komunikasi tetapi sebagai media bersosial seperti Facebook, Media bisnis (ecommerce) dan Media Hiburan (entertainment seperti Audio & Video streaming, Game online dsb) 2.3. Jenis-jenis jaringan komputer Jenis jaringan komputer mungkin ada begitu banyak , sehingga kita terlalu sulit jika untuk menyebutkanya satu persatu. Secara umum jaringan komputer terbagi menjadi lima jenis yaitu :  Local Area Network (LAN) Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrikpabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resource, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.  Metropolitan Area Network (MAN) Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.  Wide Area Network (WAN) Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

3

 Internet Sebenarnya terdapat banyak jaringan yang ada di dunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda . Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.  Jaringan Tanpa Kabel Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. 2.4. Komponen jaringan Komputer Jaringan Komputer tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, yaitu :  Komponen Hardware Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel dan topologi jaringan.  Komponen Software A. Perangkat keras jaringan ( hardware ). 1. Repeater Berfungsi untuk menerima sinyal kemudian meneruskan kembali sinyal yang diterima dengan kekuatan yang sama. Dengan adanya repeater, sinyal dari suatu komputer dapat di terima oleh komputer lain yang letaknya berjauhan.

4

2. Hub Fungsinya sama dengan repeater hanya hub terdiri dari beberapa port, sehingga hub disebut juga multiport repeater. Repeater dan hub bekerja di physical layer sehingga tidak mempunyai pengetahuan mengenai alamat yang dituju. Meskipun hub memiliki beberapa port tetapi tetap menggunakan metode broadcast dalam mengirimkan sinyal, sehingga bila salah satu port sibuk maka port yang lain harus menunggu jika ingin mengirimkan sinyal. 3. Bridge Berfungsi seperti repeater atau hub tetapi lebih pintar karena bekerja pada lapisan data link sehingga mempunyai kemampuan untuk menggunakan MAC address dalam proses pengiriman frame ke alamat yang dituju. 4. Switch Fungsinya sama dengan bridge hanya switch terdiri dari beberapa port sehingga switch disebut multiport bridge. Dengan kemampuannya tersebut jika salah satu port pada switch sibuk maka port-port lain masih tetap dapat berfungsi. Tetapi bridge dan switch tidak dapat meneruskan paket IP yang ditujukan komputer lain yang secara logic berbeda jaringan. B. Perangkat lunak jaringan ( software ) 1. Sistem Operasi Sistem operasi adalah perangkat lunak system yang berfungsi untuk melakukan control manajemen terhadap perangkat keras. Secara umum Sistem Operasi adalah software lapisan pertama yang ditempatkan pada memori computer pada saat computer dinyalakan. Sedangkan aplikasi lainya dijalankan setelah Sistem Oprasi dijalankan. Beberapa contoh Sistem Operasi adalah : a. Sistem Operasi Windows b. Keluarga UNIX yang menggunakan Sistem Operasi POSIX, seperti SCO UNIK, Bekeley Software Distribution, GNU/Linux, MacOS/X, GNU/Hurd c. MacOS ( Macintosh Operating system ), merupakan sistem operasi untuk computer keluaran apple.

5

2. Network Adapter Driver Sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan. Sebuah network adapter bisa berupa kartu PCI ataupun terhubung dengan sebuah komputer secara eksternal melalui USB atau parallel port. 3. Protokol Jaringan. Protokol adalah suatu sistem komputer agar komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain,dan kedua komputer tersebut harus mempunyai kesepakatan. Protokol juga bisa menggambarkan atau mendefinisikan apa yang di komunikasikan dan juga kapan terjadinya komunikasi tersebut. Tiga macam protokol yang biasa di jaringan komputer adalah: a. NetBEUI (NetBios Extended User Interface) Ini adalah protokol yang menggunakan aturan penamaan dengan 16 karakter,15 karakter untuk nama dan 1 karakter untuk entity, jaringan ini bersifat local. b. IPX/SPX (internet/sequence packet exchange) Ini hampir sama seperti NetBEUI, hanya kemampuan routing dan remote console.

menambahkan

c. TCP/IP (transmission control protokol/internet protokol) Aturan penamaannya dengan hanya beberapa angka, titik atau di sebut (dot decimal) 2.5. Variasi jaringan Komputer Ada berbagai macam variasi dari jaringan komputer disini saya akan memberikan beberapa contoh variasi jaringan pada komputer adalah :  MULTIPLEXING Multiplexing adalah suatu teknik pengiriman lebih dari satu informasi melalui satu saluran, istilah ini adalah istilah dalam dunia telekomunikasi. Tujuanya adalah untuk penghematan penggunaan saluran fisik. Contoh penerapan dari teknik Multiplexing ini adalah satu helai kabel optik Surabaya-Jakarta bisa dipakai untuk menyalurkan ribuan percakapan telepon. Teknik Multiplexing ada beberapa cara diantaranya adalah :

6

1. Frequency-Division Multiplexing Adalah multiplexing dengan cara menata tiap informasi (suara percakapan satu pelanggan )

2. Wavelength-Division Multiplexing Salah satu teknologi multiplexing dalam komunikasi serat optik yang bekerja dengan mebawa sinyal informasi yang berbeda pada satu serat optik dengan menggunakan panjang gelombang cahaya laser yang berbeda. Dengan ini kapasitas akan meningkat dan memungkinkan bisa untuk berkomunikasi dua arah dengan satu serat optik. Istilah Wavelength-Division Multiplexing biasanya diterapkan ke optical carrier (yang digambarkan berdasarkan panjang gelombangnya), sedangkan frequency-division multiplexing biasanya digunakan pada radio carrier (yang digambarkan berdasarkan frekuensinya).

7

BAB III KESIMPULAN 1. Jaringan komputer adalah penggabungan antara komputer yang satu dengan yang lainya, baik secara kabel maupun nirkabel. 2. Manfaat jaringan komputer ada dua macam yaitu sebagai “ Berbagi sumberdaya dan Sebagai Media komunikasi”. 3. Secara umum jaringan komputer terbagi menjadi lima jenis ( Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN), Internet, jaringan Tanpa Kabel ) 4. Jaringan Komputer tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software

8

Referensi :  http://candra.web.id/?p=68 Minggu, 28 Nopember 2010 19:00 WIB  http://galihakmal.com/index.php/basic/3-jenis-jenis-jaringan-komputer Minggu, 28 Nopember 2010 19:00 WIB  http://sinauonline.50webs.com/cisco%20Komponen%20Jaringan%20Kompu ter.html  Minggu, 28 Nopember 2010 19:00 WIB  http://gina0298.blogspot.com/ Minggu, 28 Nopember 2010 19:00 WIB

v

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->