LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK ESTER

Disusun oleh : Saiyaf Fakhri A 230210090032

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJAJARAN 2010

Teori Dasar Esterifikasi adalah salah satu jenis reaksi dimana reaksi tersebut untuk menghasilkan ester. senyawa aroamatik dan lain-lain. bersifat sangat lambat. Hal-hal inilah yang nantinya akan kita jadikan variable percobaan untuk mengetahui bagaimana pembentukan ester yang optimal. Esterifikasi Macam-macam reaksi esterifikasi yaitu antara lain y y y Reaksi antara asam karboksilat dengan suatu alcohol Reaksi antara asil klorida dengan alcohol atau fenol Reaksi antara suatu anhidrida asam dengan fenol III. Alat dan Bahan Alat : .Spatula .Pipet . Ester dapat dihasilkan dengan cara mereaksikan antara sebuah alcohol dengan asam karboksilat yang dapat dituliskan sebagai berikut Pentingnya kita melaksanakan praktikum esterifikasi didasarkan pada sifat sifat reaksi esterifikasi yang khas yaitu sifat reaksi yang reversible/dapat balik.Pembakar bunsen Bahan : . Tujuan Percobaan Tujuan dari percobaan ini adalah untuk mengetahui senyawa ester dengan menggunakan metode pemisahan minyak pisang II. Oleh karena itu ita perlu untuk mempelajari reaksi esterifikasi dalam skala laboratorium dan mengetahui aplikasinya di Industri. Aplikasi pembentukan ester sangatlah banyak di industry.Kawat kasa . Sebuah asam karboksilat mengandung gugus -COOH. dan pada sebuah ester hidrogendi gugus ini digantikan oleh sebuah gugus hidrokarbon dari beberapa jenis. Misalkan dalam proses dasar saat pembuatan plastic. Ester merupakan sebuah hidrokarbon yang diturunkan dari asam karboksilat.Rak tabung .I.Tabung reaksi .Timbangan .

Metanol . Reaksi yang dapat dituliskan : . Tambahkan perlahan dan hati-hati 15-2.Asam salisilat IV. Hasil : Hasil dan Pembahasan Hasil percobaan positif berupa bau yang khas yang menyerupai bau pisang. Panaskan perlahan campuran tersebut di atas penangas air atau nyala api kecil. 2.Asam asetat glasial . dan 3ml iso-amil alkohol. V. Beri nama ester tersebut. 3. Pembahasan : Tidak ada perubahan yang spesifik saat dicampurnya asam asetat glasial dengan iso amil alkohol. Prosedur kerja 1. Tempatkan 2 ml asam asetat glasial. ke dalam tabung reaksi 150mm.tetes H2SO4 pekat.H2SO4 . Jika baunya berubah. produknya adalah ester. I-C5 H11 OH. CH3COOH. 4. Namun perubahan mulai terlihat ketika H2SO4 ditambahkan ke dalam larutan.Iso-amil alkohol . Mulai tercium aroma bau pisang yang menandakan hasil positif..

Berperan pada saat pembuatan biodiesel DAFTAR PUSTAKA http://blog.html . Sebagai pelarut atau solven 2. Aplikasi reaksi esterifikasi di Industri yaitu 1.com/article/esterifikasi. Kesimpulan Pencampuran antara iso amil alkohol dengan asam asetat glasial ditambah dengan H SO4 pekat 2 menghasilkan aroma minyak pisang.VI.infokedokteran. Pemberi rasa pada makanan 3.com/jafarsodiq/2010/03/24/penjelasan-singkat-praktikum-esterifikasi/ http://www.beswandjarum.