KANGKUNG : Seratdan pektin, betakaroten, kalsium, fosfor, zatbesi, vitamin B1, vitamin C, sitosterol, hentriakontan.

Menghambat penuaan dan meremajakan sel, memperlancar pembuangan racun dari dalam tubuh, mengatasi gangguan ginjal dan radang saluran kencing, mengobati sembelit. Jika terlalu banyak digunakan sebagai bahan jus, jus akan kental berlendir. KAPRI : kapri biasa, kapri manis / kapri gendut : Betakaroten, klorofil, vitamin B1 dan B2, vitamin C, fosfor, kalium, serat dan pektin, protease inhibitor. Mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol maupun trigliserida darah, mengatasi hipertensi, meningkatkan fungsi organ pencernaan, meredakan sembelit dan gangguan wasir, menurunkan risiko kanker dan membantu mengatasi kanker. SAWI : SAWI HIJAU (CAISIM), SAWI PUTIH (PETSAL) : Betakaroten, vitamin B-kompleks, vitamin C,serat, fosfor, kalsium, magenesium, asam oksalat, asam nikotinat, rorifamada dan rorifona (khususnya dalam saw! putih). Menjaga kesehatan tulang, menurunkan risiko kanker dan membantu mengatasi kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi lendir (dahak, ingus, dll.) berlebihan, menggiatkan fungsi organ pencernaan dan meningkatkan pembuangan racun dari dalam tubuh.

Manfaat Sayur Sawi
y

Kandungan vitamin yang cukup tinggi sangat bagus untuk menunjang kesehatan tubuh. Vitamin paling tinggi yang ada di sayur sawi ini adalah vitamin K, di mana vitamin ini sangat berguna untuk pembekuan darah, sehingga luka akan cepat mengering. Untuk kandungan vitamin C-nya, beberapa ahli mengatakan bahwa kadarnya hampir sama seperti jeruk. Ini sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

y

Kandungan kalsiumnya yang tinggi sangat bagus untuk pembentukan dan menjaga kualitas tulang, sehingga bisa menghambat tulang keropos atau osteoporosis. Manfaat sayur sawi yang tak kalah penting adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab stroke atau penyakit jantung yang mematikan. Selain itu bisa untuk menurunkan kadar gula darah penyebab kencing manis. Sayur sawi memiliki komponen kimia penghambat penyakit kanker. Dari berbagai penelitian, sawi bisa menurunkan resiko terkena berbagai penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker ginjal, kanker paru-paru atau kanker kandung kemih. Serat pangannya yang cukup tinggi bisa membantu proses pencernaan pada perut. Manfaat sayur sawi yang lain adalah mencegah terjadinya penyakit gondok. Sayur sawi memiliki komponen kimia yang bisa mencegah pembengkakan/pembesaran kelenjar tiroid.

y

y

y

y

Daun bayam digunakan untuk membersihkan darah sehabis bersalin. penyakit kanker. mengurangi pembentukan batu empedu sebab bayam kaya magnesium di samping ikan. kacang almon kering. Sayur bayam juga memberikan zat besi pencegah anemia namun zat besi di dalam bayam tidak mudah diserap. alpukat. Secara umum. pisang. . Vitamin ini biasanya menjadi suplemen bagi perempuan yang mengandung untuk melindungi bayi dari cacat pada bagian syaraf. Bayam adalah sumber lutein dan folate yang hebat. kurang darah (anemia) dan gagal ginjal. yang membantu mencegah penyakit jantung & bayi yang lahir cacat.katarak dan bayi lahir cacat. sehingga sangat cocok bagi penderita anemia karena kandungan zat besi sawi mampu meregenerasi hemoglobin dengan sangat baik. Kandungan folic acid yang ada di bayam juga mampu melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang mudah larut dan mengandung B9. Selain itu. memperkuat akar rambut serta mengobati tekanan darah rendah. sayur bayam memiliki khasiat untuk mencegah hilangnya pengelihatan akibat usia yang menua (macular degeneration). bayam dapat meningkatkan kinerja ginjal & melancarkan pencernaan. kismis.y y Sayur sawi termasuk sayur yang memiliki zat besi cukup bagus. Manfaat Bayam lainnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful