P. 1
25tabloid pc mild

25tabloid pc mild

|Views: 1,142|Likes:
Published by Muharruddin
komputer, sorware, teknologi it
komputer, sorware, teknologi it

More info:

Published by: Muharruddin on Dec 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/01/2013

pdf

text

original

TABLOID KOMPUTER TERLARIS DI INDONESIA

POWERED BY

Edisi 25/2009 • 17-30 Desember 2009

PLUS CD
Freeware, Patch, PCMAV 2.2a + Build4, Free Antivirus + Update, Tiny Core Linux

Rp12.000 (Jawa-Bali-Lampung) • Rp13.000 (Luar Jawa-Bali-Lampung)

Mengenal Sistem dan Software Content Man agement System

+ 4 HALA MAN

Kuis TTS berhadiah 5 Unit berhadiah Mini SD card VENOMRX 1GB untuk 5 orang
Sponsored by: Asiaraya Computronics

XP Quick Fix Plus

TIP MENCARI APLIKASI IDAMAN DI INTERNET DENGAN BITTORRENT
Asrock M3A785GXH/128M
Menarik dan dilengkapi teknologi multi-GPU

Atasi Masalah di XP, Hanya Dengan Satu Tombol

CorelDraw X4

Membuat Ilustrasi USB Flash Disk

PHP

HIS iCooler x4 HD4890 1GB GDDR5
Solusi pendinginan yang ekstrem
Dasar-dasar Pembuatan Website Social Networking

Redaksional Editorial/Surat Pembaca Aktual
Selamat Datang...Welcome...Huãnyíng Guãnglín...Yõkoso...Hwangyong-hamnida!
“Take and give”, “what you give you get back”; saling memberi, dan saling menerima. Itu adalah kiasan yang bisa diidentikkan dengan sistem yang digunakan dalam jaringan BitTorrent. Semenjak diperkenalkan di tahun 2001, BitTorrent telah menjadi fenomena besar dalam dunia file sharing. Walaupun BitTorrent juga identik dengan konten-konten ilegal dan bajakan, sampai dikejar secara hukum oleh berbagai perusahaan rekaman dan perusahaan film, di BitTorrent juga terdapat berbagai konten legal, dan jarang Anda temui di web biasa. Sebagai menu utama edisi ini, penjelasan seputar BitTorrent bisa Anda ikuti untuk turut bermain di dalam BitTorrent. Tapi ingat, gunakan ilmu tersebut secara bijak. Tidak terasa, dalam waktu kira-kira seminggu lagi, Natal akan tiba. Segenap pimpinan dan staf tabloid PC Mild turut mengucapkan “Selamat Hari Natal” bagi Anda yang merayakannya. Semoga damai menyertai kita semua.

PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB Anton R. Pardede REDAKTUR EKSEKUTIF Rully Novrianto SIDANG REDAKSI Alexander P.H. Jularso, Aditya Wardhana, Denie Kristiadi, Gamal Rizaldi, Joko Nurjadi, Suherman, Supriyanto, Wawa Sundawa, Sylvia Inamora, Tri Waluyo, Zaky Abdurrahman REDAKTUR SENIOR Effendy Kho, Rusmanto Maryanto KONTRIBUTOR Basuki Rahmat, Bonafacius S. Ryanto, Gunung Sarjono, Lili, Muhammad Imansyah, Rini Asmara, Salman Faisal, Tri Haryati, Windra Swastika PRA PRODUKSI & BAHASA Arie Ishami TATA LETAK & DESAIN Dhany Sudharmanto (Koord.), Lely Yulaena, Mardiana SEKRETARIAT REDAKSI Evawani U. Putri IKLAN & KOMERSIAL Indran B. Sapto (Account Executive), Febriyanti (Sekretariat) KEUANGAN Deetje Monoarfa (Manajer), Albert Sulistyo, Ngafiv, Tety Winarni, Untung PERSONALIA & UMUM Ekawati (Koord.), Suhaedin, Supandi PENERBIT Mario Alisjahbana, PT Dian Digital Media, Jakarta MAU NGASIH UNDANGAN/MASUKAN/PERTANYAAN? Gedung Warta Lt. 4 Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 315-3731 ext. 127-131. Fax: (021) 315-3732 E-mail: pcmild@pcmedia.co.id INGIN BERIKLAN/BEKERJA SAMA? Gedung Warta Lt. 2 Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 315-3731 ext. 105-107. Fax: (021) 315-3732 E-mail: iklan@pcmedia.co.id INGIN MENJADI AGEN? Sirkulasi Pinpoint Publications (DPKU) Jl. Rawagirang No. 8, Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur-13930 Telp: (021) 4682-6816, 7079-6499. Fax: (021) 4682-8919 E-mail: sirkulasi@pcmedia.co.id INGIN MENCARI EDISI LAMA? Prima Buku, layanan pesan-antar buku & majalah: Gd. Warta Lt. 1, Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 3190-4075. Fax: (021) 390-8883. SMS: 0813-115-23230 E-mail: pesan@primabuku.co.id PENCETAK PT Dian Rakyat, Jakarta
Tabloid PC Mild diterbitkan dwi-mingguan oleh Pinpoint Publications. Pinpoint Publications juga menerbitkan majalah komputer bulanan PC Media, majalah opensource & network bulanan InfoLINUX, seri Extra, Buku PC Media dan Buku InfoLINUX. Dilarang mereproduksi seluruh atau sebagian materi di media ini dalam bentuk dan dengan tujuan apapun. Pinpoint Publications tidak terafiliasi dengan perusahaan atau produk yang diuji coba di tabloid PC Mild. Seluruh staf tabloid PC Mild tidak memiliki investasi pada perusahaan atau produk yang diuji coba. Hasil uji coba produk yang dimuat di tabloid PC Mild tidak terkait dengan iklan atau hubungan bisnis perusahaan/produk tersebut dengan tabloid PC Mild. Kecuali disebutkan, uji coba dilakukan tabloid PC Mild pada produk dan layanan yang tersedia pada saat ini. Pinpoint Publications menjunjung tinggi nilai integritas dan kode etik wartawan Indonesia, untuk itu dalam menjalankan tugasnya seluruh staf kami tidak dibenarkan menerima atau meminta imbalan dalam bentuk apapun dari relasi/narasumber.

Anton R. Pardede
Group Chief Editor

Anton R. Pardede

PCMAV (1)
Kenapa virus autorun.inf tidak bisa terdeteksi, dan tidak bisa dibersihkan di PCMAV? Padahal sudah di-copy dari CD-nya, tapi tetap saja sama hasilnya. Yandi via e-mail autorun.inf dapat diciptakan oleh virus yang berbeda-beda, biasanya autorun.inf hanyalah satu dari beberapa file yang diciptakan sebuah virus. Jika Anda memiliki sampel virus yang menciptakan autorun.inf yang dimaksud, silakan kirimkan ke redaksi@pcmedia.co.id untuk dianalisis lebih lanjut.

petunjuk fungsi tombol-tombol di keyboard? Broto via e-mail 1. Jawabannya adalah tergantung dari dana yang Anda miliki. Semua video card yang berbasis PCI Express, bisa digunakan. 2. Anda bisa mempelajarinya dari buku-buku TIK untuk SMA kelas X, XI, XII.

Spek PC untuk 10 Tahun ke Depan
Bisakah saya diberitahu mengenai spesifikasi komputer yang tepat untuk menjalankan programprogram teknik, seperti AutoCAD, STAADPRO, PLAXIS, GRASP, STABLE, dan sebagainya? Yang penting, spesifikasinya tidak ketinggalan zaman untuk 10 tahun ke depan! Kira-kira, berapa kisaran harganya? Adi via e-mail Di PC Media ada rubrik yang menampilkan spek PC rakitan berdasarkan dana dan kebutuhan. Untuk kebutuhan Anda, spek itu setidaknya butuh 30 juta ke atas. Tapi kalau untuk 10 tahun ke depan, sepertinya tidak mungkin. Karena perkembangan komputer sangat cepat, bahkan dalam hitungan bulan.

PCMAV (2)
Saat saya menjalankan PCMAV-RTP ada pesan “Services cannot be installed”. Juga saat menjalankan PCMAV, ada perintah untuk mematikan System Restore. Apa maksudnya? Jusuf Budianto via e-mail Alternatif berikut bisa dicoba, masuk ke folder C:\windows\ system32, hapus file RTPScan.dll dan RTPSvc.exe, lalu jalankan kembali PCMAV-RTP. Untuk System Restore, fitur tersebut harus dimatikan, untuk memastikan tidak ada virus yang hidup kembali saat Anda me-restore sistem.

nVIDIA Cuda
Untuk mnggunakan fitur nVIDIA Cuda di laptop/notebook, dedicated video card tipe apa yang support untuk fitur tersebut? Apakah nVIDIA GeForce 9300M GS sudah support? Andrew via e-mail Daftar lengkap video card nVIDIA yang sudah mendukung Cuda, bisa dilihat di www.nvidia.com/object/cuda_learn_products.html. 9300M GS sudah mendukung Cuda.

PCMAV (3)
Kenapa PC saya setelah booting PCMAV malah tidak bisa jalan? Ketika saya scan dengan PCMAV for Induc yang saya dapatkan dari PC MILD edisi 19, rupanya saya terkena virus tersebut. Saya coba delete, dan berhasil. Tetapi PCMAV-nya masih juga tidsk jalan. Apakah karena Induc? Hadi Rachmadanni via e-mail Bisa jadi file PCMAV telah termodifikasi karena terinfeksi virus tertentu (tidak selalu Induc). Untuk itu, Anda harus meng-copy kembali PCMAV dari CD/DVD orisinal, dan lakukan scan ulang.

Foto Jadi Gambar Kartun
1. Program apa yang bisa mengedit foto menjadi gambar seperti kartun? Dimana saya bisa mendapatkannya? 2. Mengapa jika PC dimatikan, selalu muncul wms idle, dan harus klik End now jika ingin di-shutdown? Alven via e-mail 1. Banyak layanan online yang bisa melakukan hal ini, contohnya www.faceyourmanga.com, www.weeworld.com, http://befunky. com/, www.cartoonme.com/en/, dan tentu saja Adobe Illustrator. 2. Ada aplikasi yang aktif di background, dan berjalan secara otomatis.

Bikin Video Tutorial
1. Saya mau belajar membuat video tutorial, bagaimana caranya? Software apa yang dipakai? 2. Saya menggunakan antivirus Avira update. Pada saat menscan, berhenti di progres 37%? Tolong dijelaskan. 3. Saya gunakan PCMAV, tidak mau jalan, terhenti di progres 56%. Bagaimana ini? Maliki via e-mail 1. Anda bisa gunakan CamStudio. Gratis, dan bisa di-download dari http://camstudio.org/. 2&3. Sepertinya Anda menjalankan kedua antivirus itu secara berbarengan. Jalankan satu antivirus saja.

Keyboard Laptop Error
Laptop saya muncul tulisan “ERROR STUCK KEY 7B”. Imbasnya, keyboard jadi mati, tidak bisa digunakan. Ditambah sound laptop juga tidak terdengar suara: 1. Apa maksudnya ERROR STUCK KEY 7B? 2. Apa masih bisa di-setting ulang atau memang sudah terkena hardware sehingga harus diganti komponennya? Opik via e-mail Sepertinya ada salah satu tombol yang posisinya tidak kembali ke semula, alias masih dalam keadaan tertekan. Pastikan semua tombol kembali ke posisi semula. Jika tidak bisa juga, Anda harus mengganti keyboard-nya.

Cari Video Card
Saya ingin bertanya: 1. Untuk processor Intel Dual Core 5200 (2.5 Ghz), mobo Intel D946GZIS bagusnya memakai video card apa, supaya bisa lancar untuk memainkan game-game? 2. Dimana saya bisa mendapatkan buku/info petunjuk pengoperasian komputer, cara menginstal aplikasi atau buku/info

2

25/2009

How It Works Aktual
• Akses BPL akan membawa ko-

neksi broadband menggunakan kabel, dan memungkinkan perusahaan penyedia listrik untuk mengontrol sistem listrik di dalam rumah/kantor. Transmisi data berkecepatan tinggi menggunakan kabel listrik, memunculkan potensi untuk menghubungkan semua perangkat elektrik yang tercolok di dalam rumah. Bayangkan jika perangkat-perangkat elektrik di rumah Anda memiliki fasilitas auto power atau timer, seperti alarm rumah, saklar lampu, mesin pembuat kopi, atau bahkan mesin cuci bisa berkomunikasi satu sama lain melalui sebuah koneksi berkecepatan tinggi. Pagi hari akan terlihat benar-benar berbeda.
Jauh sebelum kabel telepon tetap (fixed line), kabel listrik (power line) telah lebih dulu mengalir ke rumah-rumah dan gedung-gedung kantor. Namun, justru kabel telepon tetaplah yang lebih dulu digunakan sebagai jalan masuk koneksi Internet (last mile) ke perumahan dan perkantoran.

bertahun-tahun untuk memonitor kinerja kabel listrik. Saat ini, bahkan telah ada solusi jaringan yang mentransfer data menggunakan kabel listrik untuk perumahan dan perkantoran. Para pengembang teknologi BPL bekerja sama dengan perusahaan penyedia listrik di AS tengah bekerja untuk mewujudkan BPL. Terdapat beberapa pendekatan yang berbeda untuk mengatasi rintangan yang muncul, ketika mentransmisi data melalui kabel listrik.

Menghindari Interferensi
Seperti perusahaan telekomunikasi, perusahaan penyedia listrik juga memiliki kabel yang terbentang di seluruh dunia. Perbedaannya, perusahaan kabel listrik menjangkau lebih banyak tempat ketimbang serat optik yang dimiliki perusahaan telekomunikasi. Kenyataan ini jelas menjadikan kabel listrik sebagai kendaraan yang paling berpotensi untuk menyediakan koneksi Internet ke tempat-tempat yang belum terjangkau oleh serat optik. Kabel merupakan salah satu komponen dari jaringan yang dimiliki oleh perusahaan penyedia listrik. Selain kabel, jaringan listrik menggunakan generator, stasiun kecil atau gardu, transformer atau trafo, dan perangkat penyambung lainnya untuk membawa listrik dari pembangkit menuju dinding-dinding rumah dan kantor. Ketika listrik meninggalkan pembangkit, dia bergerak menuju gardu, baru kemudian didistribusikan ke

Padahal, jika kita jeli dan memanfaatkan kabel listrik sebagai last mile, tentulah penetrasi Internet berpita lebar (broadband) akan jauh lebih efektif dan merata. Dengan teknologi broadband over power lines (BPL), siapa pun tinggal mencolokkan PC ke sembarang stop kontak (electrical outlet), dan secara instan dapat segera menikmati Internet berkecepatan tinggi. De-

ngan mengawinkan prinsip-prinsip teknologi radio, wireless networking dan modem, para pengembang bisa menciptakan cara untuk mengirimkan data melalui kabel listrik ke perumahan dan perkantoran dengan kecepatan berkisar antara 500 Kbps hingga 3 Mbps (setara dengan kecepatan DSL). Dengan sedikit modifikasi pada kabel listrik, pengembang BPL bisa bekerja sama dengan perusahaan penyedia listrik dan ISP untuk mewujudkan koneksi broadband kepada setiap pelanggan. Pada titik ini, usulan untuk menjadikan kabel listrik sebagai last mile menawarkan dua jenis layanan: • menghubungkan perangkat-perangkat elektrik di dalam rumah/ kantor.

Metode Lawas
Biasanya, ISP-ISP besar menyediakan jalur serat optik dari perusahaan telekomunikasi untuk membawa data dari dan ke Internet, atau mungkin ke media lain (telepon, DSL, atau tv kabel) ke rumah Anda. Gagasan untuk menggunakan kabel listrik AC (alternating current) untuk mentransfer data sendiri bukanlah hal baru. Dengan membundel energi radio-frequency (RF) pada jalur yang sama dengan arus listrik, data dapat ditansmisikan tanpa perlu menggunakan jalur data terpisah. Hal ini bisa terjadi karena arus listrik dan getaran RF memiliki frekuensi yang berbeda. Keduanya tidak saling menginterferensi. Perusahaan penyedia listrik telah menggunakan teknologi ini selama

kabel-kabel transmisi bertegangan tinggi. Ketika digunakan untuk mentansmisi koneksi broadband, kabel bertegangan tinggi inilah yang menjadi penghalang pertama. Listrik yang mengalir pada kabel bertegangan tinggi ini berkisar antara 155 ribu hingga 765 ribu volt. Jumlah ini sangat tidak cocok untuk mentransmisi data. Seperti yang dijelaskan di atas, arus listrik dan RF menggunakan frekuensi yang berbeda. Agar data dapat ditransmisikan secara jernih dari satu titik ke titik lain, dibutuhkan jalur yang mendukung spektrum radio untuk bergetar tanpa terinterferensi oleh sumber lain. Ratusan ribu volt listrik tersebut tidak bergetar di frekuensi yang tetap. Arus listrik dalam jumlah tersebut melibas semua spektrum. Bila dia bergerak di spekrum yang digunakan RF, dipastikan sinyal transmisi data akan drop atau bahkan hancur berantakan. BPL mem-bypass masalah ini dengan menghindari penggunaan bersama kabel bertegangan tinggi. Sistem ini menurunkan tegangan data menjadi 7.200 volt, atau sama dengan arus listrik yang dialirkan pada kabel bertegangan menengah. MI
Informasi Lebih Lanjut

• http://computer.howstuffworks.

com/bpl.htm
• www.hometownconnections.

com/utility/broadband.html
• www.wave-report.com/tutorials/

bpl.htm

25/2009

3

Aktual Aneka Ragam/News in 60 Seconds

Inilah Definisinya!
Canonical
Perusahaan swasta yang didirikan (dan didanai) oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth, untuk mempromosikan proyek-proyek perangkat lunak gratis. Canonical terdaftar di wilayah Isle of Man, dan mempekerjakan staf di seluruh dunia, bersama dengan kantor utama di London, kantor dukungan di Montreal, dan tim OEM di Lexington, Massachusetts, Amerika Serikat.

Google Gandeng Canonical
Sejumlah pihak mungkin melihat sistem operasi Google Chrome akan menjadi kompetitor dari distribusi sistem operasi Linux yang ada saat ini. Akan tetapi tidak demikian dengan Canonical, perusahaan yang ada di balik Ubuntu, salah satu distribusi Linux terpopuler. Mereka malah bekerja sama dengan Google untuk mengembangkan Google Chrome OS. Para pengembang Ubuntu di perusahaan tersebut telah bekerja sama dengan tim Chrome, sebelum Google mengumumkan rencana mereka mengembangkan sistem operasi untuk netbook. Setelah Google mengumumkan bahwa mereka meng-open source-kan sistem operasi Chrome, Canonical memutuskan untuk mempublikasikan keterlibatan mereka di pengembangan sistem operasi yang bersangkutan.

Twitter Berbayar di Jepang
Twitter akan menerapkan model berbayar pada layanannya di Jepang. Pengguna premium bisa menarik bayaran kepada pengguna lainnya yang ingin membaca pesan-pesan tweet, dan akses ke link gambar

Chrome OS dengan jiwa Linux

Friendster
Situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas untuk membuat profil, dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Ide penamaannya berasal dari nama Napster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita, dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.

Chrome merupakan proyek besar. Meski terlibat, bukan berarti Canonical lebih mengutamakan Chrome dibandingkan Ubuntu. Canonical akan terus fokus melanjutkan pengembangan distribusi Linux mereka. Melengkapi Ubuntu yang hadir untuk partner OEM, Canonical bersama Google akan menghadirkan sistem operasi untuk perangkat berbasis Chrome OS.
Info: www.softpedia.com

atau video yang di-upload-nya. Hal tersebut diungkapkan DG Mobile, anak perusahaan Digital Garage yang menjadi mitra Twitter di Jepang, dalam konferensi Mobidec2009 belum lama ini. Penerapan model berbayar itu akan dimulai Januari tahun depan. Rencananya, pengguna premium bisa mengatur agar pesan-pesan ringan tetap bisa bebas diakses siapa pun, namun tidak untuk pesan-pesan penting, seperti yang dilengkapi link alamat web eksternal, gambar, atau video eksklusif. Tarif yang dikenakan bervariasi, antara 100-1000 Yen. Twitter akan mengambil bagi hasil atas transaksi berbayar ini sebesar 30%. Selama ini, layanan Twitter versi Jepang memang yang paling menjanjikan pemasukan cepat bagi situs microblogging tersebut. Khusus layanannya di Jepang, didesain sedikit berbeda daripada versi global, dan telah menjual halaman iklan dan banner dengan tarif antara 5.50033.000 dollar AS.
Info: www.media.asia.com

Layanan Twitter di Jepang lebih kaya fitur

UE Kejar Format Buku Digital
Uni Eropa masih berupaya agar hak cipta buku format digital tidak jatuh ke tangan perusahaan swasta. Rencana untuk memulai proses digitalisasi lintas Eropa, saat ini sudah berkembang. Selain proses digitalisasi, sejumlah proyek terkait kepemilikan buku-buku digital itu juga sudah dimulai atau direncanakan. Meski belum satu pun berhasil mencapai tujuan yang diinginkan, Uni Eropa tidak menyerah, dan para anggotanya sepakat untuk membentuk sebuah komite. Menteri Kebudayaan Prancis, Frederic Mitterrand, kepada harian lokal Journal du Dimanche, mengatakan bahwa ada kepentingan untuk menjadikan proyek itu sebagai pekerjaan yang dikerjakan pemerintah. Mendigitalkan buku tersebut terlalu penting untuk diAmbisi Eropa mendigitalkan seluruh buku

Google Chrome OS
Sistem operasi open source yang didesain oleh Google untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web. Antarmuka pengguna mengambil pendekatan minimalis, mirip dengan Chrome browser web. Karena browser akan menjadi satu-satunya aplikasi yang tinggal di perangkat, Google Chrome OS ini ditujukan untuk pengguna yang menghabiskan sebagian besar waktu komputer mereka di Internet.

serahkan pada sebuah perusahaan swasta. Kenyataan bahwa perusahaan yang punya potensi mendapatkan hak cipta atas buku digital adalah perusahaan Amerika, semakin membuat situasi semakin buruk. Uni Eropa menolak memberikan komentar atas revisi persyaratan soal lisensi yang sekarang hanya melibatkan buku-buku yang diterbitkan di AS, Inggris, Kanada, dan Australia.
Info: www.softpedia.com

Google Batasi Akses Berita
Google secara resmi mengumumkan akan membolehkan para penerbit konten berita untuk mengatur batasan jumlah artikel yang bisa dibaca pengakses secara gratis, melalui mesin pencarian Google. Langkah ini hadir di tengah-tengah ramainya pembahasan di antara kelompok perusahaan media yang mengklaim mesin pencarian mengambil untung dari indexing laman berita online. Chief Executive News Corporation, Rupert Murdoch, adalah salah satu yang paling keras mengkritik Google,

dan aggregator berita lainnya. Dia bahkan berpikir untuk menghapus konten surat kabar miliknya dari pencarian Google. Google kemudian berinisiatif mengeluarkan program pembatasan akses berita bernama First Click Free. Melalui program ini, aggregator bisa membuat indeks konten website, namun membatasi akses para peselancar dunia maya. Awalnya, program ini membuat pengguna Internet bisa mengakses artikel secara gratis pada klik pertama. Sekarang, Google telah meng-update program tersebut sehingga penerbit bisa membatasi pengakses untuk mengakses tak lebih dari lima halaman per hari, tanpa berlangganan atau mendaftar.
Info: www.dailytech.com

Ubuntu
Salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd. (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”.

Gara-gara Murdoch, berita jadi tidak gratis

News in 60 Seconds
Sony akan mempelopori terobosan video 3D, setelah menandatangani kerja sama dengan badan sepak bola dunia FIFA. Isi kesepakatan tersebut, Sony berhak merekam dan mendistribusikan 25 pertandingan selama Piala Dunia berlangsung, Juni-Juli tahun depan. Setelah sekian lama, Microsoft dan Yahoo! akhirnya mencapai kata sepakat. Situs pencarian Internet yang dimiliki Yahoo! akan segera dikuasai oleh Microsoft selama 10 tahun ke depan. Jika berhasil, maka Yahoo bisa menghemat US$ 500juta hingga U$S700 juta. Tim Nusantara Online yang didukung oleh Kementerian Ristek, telah menyiapkan sebuah game engine bernama Angel Lite, dan buku petunjuk membuat game secara cuma-cuma. Angel Lite merupakan versi generik dari game engine Angel yang dikembangkan oleh Tim Sangkuriang, salah satu tim di balik Nusantara Online. RIM digugat oleh Prism Technologies ke International Trade Commission (ITC) AS. Mereka mengklaim BlackBerry Enterprise Solution dan sistem keaslian wireless RIM melanggar paten mereka. Masalah ini berpotensi menyebabkan perangkat BlackBerry dan produk RIM lainnya dilarang beredar di AS atau storerooms online. Google mulai memungkinkan hasil pencariannya di-refresh dengan data real time. Hal ini dilakukannya kurang lebih dua bulan, sejak menjalin kerja sama untuk menampilkan data dari Twitter. Pencarian real time adalah evolusi alamiah dari pencarian secara umum. Apple akhirnya berhasil membeli situs musik Lala.com, yang merupakan penyedia aplikasi musik streaming dengan kecepatan lumayan. Selain menyediakan musik untuk di-download, dan di-stream, Lala dikabarkan memungkinkan pengunjungnya streaming daftar lagu, hanya dengan biaya 10 sen per lagu.

4

25/2009

Aneka Ragam Aktual

Friendster Dijual
Akhir tahun ini, Friendster dikabarkan akan dijual ke investor dari Asia. Layanan jejaring sosial tersebut memang tak lagi mencorong di negara asalnya di AS, dan lebih diminati pengguna di Asia. Hampir setengah pengguna Friendster yang mencapai 100 juta, berasal dari Asia. Menurut sumber, di antara calon pembeli yang cukup kuat peluang-

nya, antara lain Tencent Holdings, perusahaan Internet terbesar di Cina yang nilai bisnisnya mencapai 25 miliar dollar AS. Facebook dikabarkan juga tertarik, namun menarik tawarannya karena terganjal masalah hak cipta dan persaingan yang ketat. Nilai penjualannya diperkirakan tak kurang dari 100 juta dollar AS. Padahal estimasi nilai bisnis Friendster sendiri pada Juli
Friendster sedang menunggu pembeli

lalu, bernilai sampai 210 juta dollar AS. Enam tahun lalu, Friendster dikabarkan juga pernah ditawar Google. Namun, nilai penawarannya hanya 30 juta dollar AS.
Info: www.reuters.com

Toshiba-Intel Bikin Game
Toshiba mengumumkan kerja sama mereka dengan Intel. Kedua perusahaan teknologi perangkat keras terkemuka tersebut berkolaborasi untuk membuat game. Bertajuk Tokyo Time Warp, game yang dapat dimainkan secara gratis tersebut tersedia di situs jejaring sosial terpopuler saat ini, Facebook. Toshiba dan Intel menjanjikan game

LG Tutup Pabrik PC
LG electronic telah menghentikan produksi personal computer (PC) mereka. LG akan beralih ke produksi sistem navigasi seperti GPS untuk kendaraan. Kendati demikian, LG tetap akan memasarkan PC buatannya, dan melimpahkan seluruh proses produksinya ke perusahaan-perusahaan lokal dan Taiwan. Sejumlah pabrik yang dipakai untuk memproduksi PC di Kunshan, sebuah kota di wilayah provinsi Jaingsu, Cina, akan segera beralih ke produksi GPS tersebut. Upaya LG dilatarbelakangi kebijakan untuk memangkas biaya operasional. LG diperkirakan akan fokus pada pasar ponsel dan televisi.

Sebelumnya, LG berambisi mendongkrak pangsa pasar ponselnya hingga 10%. Salah satu cara untuk mewujudkan ambisi tersebut, dengan lebih fokus menawarkan ponsel berharga miring. Tahun 2009, LG menargetkan menjual lebih dari 100

juta handset. Sedangkan pada tahun 2008 lalu, LG menjual sekitar 100,7 juta ponsel. LG sendiri mengklaim mengantongi sekira 8,5% pasar ponsel.
Info: www.timesofindia.indiatimes.com

yang menarik untuk penggemar game berbasis role play, adventure, dan arcade sekaligus. Tokyo Time Warp memiliki latar belakang campuran antara Tokyo di masa lalu, dan Tokyo saat ini. Setiap area menawarkan tantangan yang berbeda dengan level kesulitan yang berbeda-beda pula, dan bergantung pada karakter yang dipilih. Pemain bisa meningkatkan seluruh level skill mereka di dalam permainan, dengan cara menyelesaikan berbagai tantangan, menjawab berbagai kuis dengan benar, serta mengundang teman untuk mendaftar dan bergabung dengan merea di dalam gaem tersebut. Anda dan rekan yang bermain, khususnya yang tinggal di kawasan Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina bisa saling bersaing, dan memperebutkan berbagai hadiah. Termasuk Toshiba Portege T130, notebook berbasis processor Intel Core 2 Duo yang baru saja diluncurkan. Jika tertarik untuk memainkan game ini, silakan temukan informasi lebih lanjut di www.tokyotimewarp.com. Sebelum bermain, pastikan Anda sudah menginstalasikan Flash terbaru pada browser Anda.
Info: www.vr-zone.com

LG fokus pada ponsel dan GPS

Game untuk Facebook makin populer

25/2009

5

Aktual Around the World/Fast Fact

Cina

Singapura

Australia

Indonesia

Imbalan untuk Pelapor Website Porno
Pemerintah Cina menawarkan imbalan hingga 10 ribu yuan atau sekitar 13,8 juta rupiah untuk pengguna Internet yang melaporkan website berisi pornografi. Alhasil, dalam waktu 24 jam pertama, hotline yang menampung laporannya dibanjiri lebih dari 500 telepon, dan 13 ribu petunjuk. Hotline yang ditangani oleh Internet Illegal Information Reporting Centre itu mencari website yang kontennya berisi materi-materi pornografi atau mengiklankan produk-produk berkaitan dengan seks. Namun sebagai dampak atas upaya pemberantasan materi-materi perusak moral ini, justru pengguna Internet sana malah tergerak untuk mencari konten porno secara online. Cina memang dikenal keras dalam memberantas hal-hal yang berkaitan dengan pornografi, penipuan, dan aktivitas politik yang menyinggung pemerintah. Di awal tahun ini, Cina memberikan peringatan keras terhadap Google dan Baidu karena search engine-nya turut menampilkan hasil pencarian yang berhubungan dengan pornografi. Info: news.yahoo.com

SIM Card Daur Ulang
Tiga operator seluler di Singapura menyatakan minatnya untuk menggunakan SIM card yang fisiknya bisa didaur ulang. Ketiga operator yang berminat tersebut adalah SingTel, MobileOne, dan StarHub. Dalam pernyataan yang kami kutip dari ZDNet, SingTel sendiri sebenarnya sudah menggunakan materi kertas yang ramah lingkungan, dan bisa didaur ulang untuk voucher isi ulangnya. Bulan lalu, perusahaan yang berbasis di Belanda, Gemalto, memperkenalkan smartcard dan SIM card yang dibuat dari bahan daur ulang, dan bisa dibuat kembali tanpa menghasilkan emisi yang beracun. Menurut juru bicara Gemalto kawasan Asia, sudah ada permintaan dan minat dari konsumen-konsumen mereka di seluruh dunia. Tidak dijelaskan berapa perbandingan harga antara kartu yang bisa didaur ulang, dan kartu konvensional. Tapi ke depannya selama masa evaluasi, faktor-faktor seperti biaya, ketersediaan kartu, dan kemasan akan menjadi bahan yang bisa dipertimbangkan. Rencananya, kartu-kartu ini mulai diproduksi massal pada kuartal pertama 2010. Info: zdnetasia.com

Pencekalan Game Aliens vs. Predator
Game Aliens vs. Predator buatan Rebellion, resmi dicekal peredarannya di Australia karena kontennya yang dianggap terlalu sadis. Australian Classification Board, badan yang menangani sistem rating di Australia, mengumumkan bahwa Aliens vs. Predator kontennya terlalu sadis untuk dimasukkan ke dalam rating MA15+. Karena di sana tidak ada rating 18+, maka artinya game tersebut dipastikan tidak akan beredar. Pihak Rebellion mengutarakan kekecewaannya atas putusan ini, dan tetap bersikeras tidak akan menyensor game kreasi mereka agar bisa dijual di Australia. Alasan mereka adalah game ini memang ditujukan untuk gamer dewasa, jadi tidak ada yang perlu disensor. Pihak Rebellion menginginkan game ini semirip mungkin dengan film aslinya yang memang seram, penuh adegan sadis, dan menakutkan. Sebelumnya, game Left 4 Dead 2 buatan Valve juga mengalami hal yang sama dengan Aliens vs. Predator. Mereka diberi opsi, apakah ingin menyensor game mereka atau tidak boleh dijual di Australia. Akhirnya, Valve pun tunduk dan menyensor game buatan mereka itu. Info: arstechnica.com

Kewajiban Mengutamakan Penggunaan Software Open Source
Dalam pembangunan pusat sarana dan prasarana penyediaan jasa akses Internet di ibu kota kecamatan, Depkominfo telah mengeluarkan beberapa ketentuan awal yang diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo No. 48/PER/M.KOMINFO/11/2009 tentang Penyediaan Jasa Akses Internet Pada Wilayah Pelayanan Universal Telekomunikasi Internet Kecamatan. Ketentuan tersebut, antara lain Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) menyediakan downlink sekurang-kurangnya 256 Kbps, dan uplink 128 Kbps. Latency maksimal 750 ms, dan packet loss maksimal 2%, yang semuanya diukur dari server PLIK ke SIMMLIK (Sistem Informasi Manajemen dan Monitoring Layanan Internet Kecamatan). Selain ketentuan awal itu, masih ada lagi 28 ketentuan yang ditetapkan oleh Depkominfo. Tapi yang paling ditekankan adalah penggunaan belanja modal sekurang-kurangnya 35% untuk pembelanjaan produksi dalam negeri, dan mengutamakan penggunaan software berbasis open source. Info: postel.go.id

Fast Fact
350 juta pengguna sudah berha- lain yang berhasil diperoleh adalah Versi final Office 2010 sendiri rensil diraih Facebook baru-baru ini. Hal ini disampaikan langsung oleh Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, melalui surat terbuka yang muncul di setiap halaman pengguna Facebook. Dalam surat itu juga diberitahukan, dalam beberapa minggu mendatang Facebook akan meningkatkan setting privasinya, dan menghapuskan sistem regional network. (blog.facebook.com) adanya 3 juta pertandingan secara online setiap harinya, dengan total 113 juta pertandingan semenjak dirilis. Di Februari 2010, FIFA 10 akan menambah mode terbarunya atau Ultimate Team, melalui Xbox LIVE Marketplace dan PlayStation Network. Di mode terbaru itu, pemain bisa menyusun timnya sendiri dan saling bertukar pemain secara online. (news.softpedia. com) cananya akan dirilis pada Juni 2010. Bagi Anda yang juga ingin mencicipi versi beta Office 2010, bisa mendaftarkan diri di www.microsoft. com/office/2010/en/default.aspx. (internetnews.com) 1979, sebuah perusahaan bernama Shugart Technologies didirikan, yang saat ini kita kenal sebagai Seagate. Produk Seagate kali pertama diluncurkan pada tahun 1980, dengan seri ST-506 yang memiliki kapasitas 5 MB, dan form factor 5,25 inci. Untuk memperingati ulang tahunnya ini, Seagate mengadakan kontes foto dimana pesertanya wajib mengirimkan sebuah foto dirinya, teman, atau keluarga yang diambil pada tahun 1979. Sebagai hadiahnya, Seagate memberikan 5 harddisk portable FreeAgent Go 320 GB, dan 50 kaos. (media. seagate.com) terkecil platform x86 yang ada saat ini. VIA sebagai pengembangnya memberi nama form factor ini sebagai mobile-ITX, yang merupakan generasi penerus Pico ITX yang memiliki ukuran 10 cm x 7,2 cm. Biarpun kecil, mobile ITX ini sudah mendukung berbagai input/output, mulai dari USB, CRT, TTL LCD, PCIe, SPI, LPC, COM, SDIO, IDE, PS/2, SMB, GPIO, Audio, DVI, hingga LVDS. (via.com.tw)

30 tahun lalu di bulan Desember 6 cm x 6 cm, menjadi small factor

4,5 juta copy FIFA 10 telah terjual dalam kurun waktu dua bulan, semenjak waktu perilisannya. Dimana 1,7 juta terjual di minggu pertamanya di wilayah Eropa. Rekor

1 juta download berhasil dicapai oleh Office 2010 beta dalam waktu 2 minggu, semenjak diumumkan resmi tanggal 18 November di acara Professional Developers Conference.

5 tahun lalu atau tepatnya 4 Desember 2004, Digg.com mulai online. Digg adalah sebuah website news aggregator dimana penggunanya bisa mem-bookmark sebuah cerita atau berita dari website lain, dan pengguna lain bisa turut mengomentari berita itu. Digg.com didirikan oleh Kevin Rose di San Fransisco, AS. Kini Digg.com sudah dikunjungi lebih dari 40 juta pengunjung setiap bulannya. Untuk memperingatinya, walikota San Fransisco menjadikan tanggal 4 Desember sebagai hari Digg.com. (digg.com)

6

25/2009

Hardware Aktual

Processor Intel 48-core
Tidak tinggal diam dan berpuas diri dengan keberhasilan dominasi seri processor Intel Core, belum lama ini Intel menginformasikan hasil demonstrasi ekperimental terbarunya, yaitu sebuah processor dengan 48core processor di dalamnya. Processor dengan 48-core ini disebut “Singlechip Cloud Computer” oleh Intel, dan memiliki kemampuan proses komputasi sekitar 10 hingga 20 kali lebih hebat dibandingkan processor Intel Core yang tersedia sekarang. Wajar, mengingat jumlah core processor yang tersedia pada processor ini. Tujuan jangka panjang penggunaan 48-core processor ini adalah untuk pengembangan penggunaan komputer dengan aplikasi baru, dan human-machine interface di masa mendatang. Meski tidak akan tersedia untuk kebanyakan pengguna komputer dalam waktu dekat ini, processor eksperimental dengan 48core ini akan disebarkan oleh Intel ke setidaknya 100 pihak di tahun 2010 mendatang, untuk bidang penelitian akademis, dan pengembangan di bidang industri untuk pengembangan software aplikasi dan model pemrograman untuk processor dengan banyak core di masa mendatang. Dengan menyediakan prototype

processor 48-core untuk pengembangan software dan pemrograman, akan membantu pihak pengembang untuk membuat aplikasi yang dapat dengan efektif memanfaatkan banyak core yang tersedia pada processor. Para pengembang dari Intel, HP, dan Yahoo! Open Cirrus sudah berkolaborasi mengembangkan aplikasi cloud memanfaatkan processor Intel Architecture dengan 48-core ini, menggunakan Hadop, software framework dari Java untuk aplikasi terdistribusi dengan proses data yang intensif. Intel dan Microsoft pun juga bekerja sama untuk lebih mengeksplorasi pemanfaatan processor dengan banyak core, seperti processor ini di masa mendatang. Meski memiliki demikian banyak core processor, processor ekperimental ini tetap efisien dalam konsumsi daya. Processor 48-core ini hanya membutuhkan daya 125 Watt saat bekerja dengan kinerja terbaiknya, dan hanya membutuhkan sekitar 25 Watt saat idle. Konsumsi daya yang sama dengan konsumsi daya yang dibutuhkan processor Intel terkini yang tersedia di pasaran.
Info: www.intel.com

Viewsonic VOT530 dan VOT550
Tidak lagi hanya berkutat dengan produk kategori display, khususnya untuk produk monitor LCD yang dikenal dengan baik oleh pengguna PC di Indonesia, Viewsonic belakangan ini cukup giat memperkenalkan produk PC lainnya. Viewsonic VOT530 dan Viewsonic VOT550 adalah dua mini PC terbaru yang diperkenalkannya belum lama ini. Mini PC yang mengedepankan fungsi multimedia ini patut dipertimbangkan untuk menjadi alternatif HTPC di rumah Anda. Dengan dimensi 165 x 50 x 165 mm, berat 1,4 kg, selain ringkas juga memiliki konsumsi daya yang

hemat. Dibandingkan dengan PC kebanyakan dengan case tower, mini PC ini akan menghemat sekitar 45% konsumsi daya. Sedangkan dari sisi penggunaan material, ukurannya yang ringkas akan membutuhkan bahan baku plastik hanya sekitar 50% dibandingkan kebanyakan PC biasa dengan case tower. Kedua mini tower ini memiliki spesifikasi serupa. Menggunakan processor Intel Core 2 Duo T6600 2,2 GHz yang dikombinasikan dengan chipset Intel GM45. Mini PC dengan sistem operasi Windows 7 Home Premium ini dilengkapi dengan konektivitas Gigabit Ethernet dan WiFi 802.11b/g/n. Perbedaan utamanya ada pada kapasitas memory, media penyimpanan harddisk dan dukungan drive optik yang digunakan. Viewsonic VOT530 dilengkapi memory 2 GB DDR2 SDRAM, harddisk 320 GB SATA AMD maupun Intel yang menginginkan kapasitas memory yang lebih besar dengan kecepatan yang lebih tinggi. Produk dengan kapasitas 4 GB per keping modul memory ini setara

Mini PC yang mengedepankan multimedia

dan DVD +/- RW Super Multi Drive. Sedangkan Viewsonic VOT550 dilengkapi memory 4 GB DDR2 SDRAM, harddisk 500 GB SATA, dan drive optik Blu-ray. Untuk melengkapi fungsi utama untuk menikmati multimedia, keduanya dilengkapi dengan remote control yang tersedia pada paket penjualannya.
Info: www.viewsonic.com

Lexar Crucial 4GB DDR3 1333MHz
Semakin banyak produsen memory yang memperkenalkan modul memory DDR3 dengan kecepatan yang semakin menjanjikan kinerja yang lebih baik. Belum lama ini, produk Lexar Crucial 4GB DDR3 1333MHz diperkenalkan. Diperuntukkan untuk pengguna PC yang sudah menggunakan processor generasi terkini, baik dari

dengan rating PC3-10600. Baik pengguna processor Intel Core i5 atau Core i7, juga pengguna processor Advanced Micro Devices AM3 dapat memanfaatkan Lexar Crucial 4GB DDR3 1333MHz ini. Terutama yang menggunakan sistem operasi 64-bit, mengingat keterbatasan kebanyakan sistem operasi 32bit dalam hal mengakses jumlah kapasitas memory yang terpasang pada PC.
Info: news.softpedia.com

Processor Intel dengan 48-core

Setara rating PC3-10600

25/2009

7

Aktual Hardware

Inilah Definisinya!
Hot Swap
Hot swap adalah istilah yang biasa digunakan untuk komponen pada sistem yang dapat dilepas ataupun diganti, tanpa memerlukan proses shutdown atau restart ataupun interupsi lain pada sistem. Untuk kebanyakan PC, beberapa perangkat yang menggunakan interface Universal Serial Bus (USB) memungkinkan hot swap, contohnya seperti mouse, keyboard, atau printer.

Micron RealSSD C300
Belum lama ini, Micron memperkenalkan produk solid state drive (SSD) terbarunya, yaitu Micron RealSSD C300. Keistimewaan dari Micron RealSSD C300 ini dibandingkan SSD lain dengan interface SATA adalah ini produk pertama yang memanfaatkan interface SATA 6 Gb/s. Digunakannya interface SATA 6 Gb/s pada Micron RealSSD C300 ini memungkinkannya menghasilkan kinerja yang jauh lebih tinggi. Dengan spesifikasi read speed hingga 355 MB/s, dan write speed hingga 215 MB/s. Selain menggunakan interface SATA 6 Gb/ s, kinerja tingginya juga didukung dengan penggunaan multi-level cell (MLC) NAND flash memory yang diproduksi dengan teknologi proses

Supermicro SC847A
Super Micro Computer, nama yang lebih dikenal untuk solusi komputasi enterprise, terutama untuk penggunaan di data center, belum lama ini memperkenalkan sebuah produk storage data dengan pendekatan baru. Supermicro SC847A adalah media penyimpanan yang memiliki ukuran 4U dengan total drive bay 3,5 inci untuk harddisk hot swap sebanyak 36 buah. Jumlah drive bay yang tersedia, 24 di antaranya terletak di bagian depan, sedangkan 12 drive bay sisanya terletak di bagian belakang. Terdapat 9 drive bay tambahan

Micron RealSSD C300 menggunakan interface SATA 6 Gb/s

nVIDIA PureVideo HD
Kombinasi antara proses decoding video high definition acceleration dengan post-processing yang menghadirkan gambar yang jernih, pergerakan video yang mulus, warna yang akurat, dan skala gambar yang presisi pada produk dengan teknologi nVIDIA PureVideo HD.

manufaktur 34 nm. Sedangkan untuk controller, pada Micron RealSSD C300 menggunakan ONFI 2.1 highspeed synchronous NAND. Sampel produk Micron RealSSD C300 kini sudah tersedia dalam jumlah terbatas untuk kalangan tertentu. Micron RealSSD C300 akan tersedia dengan form factor 1,8 dan 2,5 inci, dengan pilihan kapasitas 128 GB dan 256 GB. Dijadwalkan produk ini akan tersedia meluas di pasaran pada kuartal pertama tahun 2010 mendatang.
Info: www.micron.com

lainny,a namun tidak dapat diakses semudah 36 drive bay lainnya. Jumlah drive bay yang ditawarkan pada produk ini tentunya menjadi solusi menarik pada data center, terutama untuk alasan penghematan tempat. Selain jumlah drive bay yang banyak, redundant power supply yang digunakan memiliki tingkatan Platinum Level, dengan tingkat efisiensi tidak kurang dari 94%. Produk ini juga masih dapat menampung 7 low profile add on card, atau setidaknya 4 add on card berukuran standar. Untuk memastikan interkoneksi yang cepat, produk ini menggunakan interface SAS pada tiap harddisk. Bayangkan, berapa kapasitas yang dapat dicapai produk ini untuk menjadi bagian aplikasi SAN, NAS, Cloud storage, SaaS, disaster recovery, ataupun iSCSI?
Info: supermi cro.com

BD-59 Blu-ray/DVD Flippable
PC3-10600
DDR3 SDRAM DIMM dengan Double Data Rate 3(DDR3) DRAM memiliki frekuensi data dua kali lipat dari clock frekuensi. Sebagai contoh untuk penamaan PC3-10600 dengan 1333MHz data, dan 667MHz clock untuk address dan control.

Perang antara Blu-ray dan HD DVD telah usai cukup lama, di tahun 2007 yang silam. Namun, faktanya

Prototype
Setelah proses desain, maka rancangan sebuah produk biasanya melalui proses ini. Sebuah prototype perlu dibuat untuk menguji fungsionalitasnya, dan beberapa hal lain sebelum versi final untuk kemudian dipasarkan akan diproduksi ke pasar. Proses prototype dapat meminimalkan kesalahan desain juga pengembangan desain, sekiranya dibutuhkan; sebelum produk diproduksi secara masal. Beberapa pendekatan prototype dapat digunakan, tidak semua harus dibuat dalam skala dan fungsionalitas seutuhnya, tergantung dari kategori produk yang akan dibuat dan pertimbangan lainnya.

penyerapan pasar, khususnya untuk Blu-ray player di Indonesia, belum seluas DVD player. Alasan harga dan beberapa faktor lainnya menjadi penyebab Blu-ray player belum menjadi pilihan favorit penikmat hiburan di rumah untuk semua lapisan. Namun belum lama ini, pihak Universal sebagai pihak yang memegang lisensi beberapa judul film dari rumah produksi terkemuka, memperkenalkan format BD-59 Blu-ray/DVD Flippable, yang setiap kepingnya terdiri dari 2 sisi, satu sisi 50 GB Blu-ray, dan sisi yang lain 9 GB DVD. Dengan format ini, memungkinkan Universal mengemas sebuah film dalam satu keping. Spesial fitur yang tersedia juga dapat dinikmati oleh pengguna baik dengan DVD player maupun Blu-ray player. Rencananya, Universal akan mulai menggunakan format BD-59 Blu-ray/DVD Flippable untuk Bourne Trilogy, yang mulai akan diperkenalkan pada bulan Januari 2010.
Info: www.engadget.com

Total 45 drive bay harddisk 3,5 inci, dengan ukuran 4U

AMD ATI Radeon HD 5670
AMD ATI Radeon HD 5670 adalah video card yang semakin melengkapi seri AMD Radeon HD 5000 bagi pengguna PC. Meski belum diluncurkan secara resmi, beberapa informasi mengenai video card AMD ATI Radeon HD 5670 sudah mulai beredar. Video card AMD ATi Radeon HD 5670 menggunakan GPU Redwood yang dibuat dengan teknologi proses manufaktur 40 nm. Dilengkapi dengan 400 stream processor, dengan VRAM menggunakan memory GDDR5 dengan interface memory 128-bit. Video card AMD ATI Radeon HD 5670 menyediakan port konektor DVI, HDMI, dan D-Sub. Meski belum diluncurkan secara resmi, beberapa situs online

mengklaim telah menguji produk ini. Dibandingkan dengan AMD ATI Radeon HD 4670 512 MB, video card-nya menunjukkan peningkatan kinerja yang cukup signifikan, sekitar 20%. Sayangnya, belum ada informasi resmi mengenai harga ataupun jadwal akan diperkenalkannya AMD ATI Radeon HD 5670 ini. Namun diperkirakan, AMD ATI Radeon HD 5670 akan diperkenalkan di awal tahun 2010 mendatang.
Info: news.softpedia.com

DVD di satu sisi, Blu-ray disc di sisi yang lain

Graphic card ATI Radeon HD 5670 varian terbaru mendatang dari AMD

Rocketfish WirelessHD Adapter
Interface HDMi dalam waktu singkat menjadi interface yang paling banyak digunakan untuk beragam perangkat yang mendukung High Definition. Kemudahan mengoneksikan perangkat untuk sinyal digital video sekaligus audio, membuat HDMI menjadi pilihan yang ideal dibandingkan dengan koneksi digital ataupun analog lain yang telah dikenal sebelumnya. Kemudahan untuk sisi pengguna dengan interface HDMI ini akan semakin nyaman dengan diperkenalkannya Rocketfish WirelessHD Adapter. Menggunakan teknologi WirelessHD, Rocketfish WirelessHD Adapter dapat
Koneksi HDMI nirkabel, maksimal 10 m

U
Rack unit atau U adalah satuan yang mendeskripsikan tinggi perangkat yang biasanya digunakan untuk dipasang pada rack server 19-inch rack atau 23-inch rack. 1U setara dengan ketinggian tidak lebih dari 1,75 inci atau 44,45 mm.

dengan mudah menghubungkan antarperangkat tanpa kabel. Tinggal menghubungkan kabel HDMI ke port HDMI pada Rocketfish WirelessHD Adapter yang akan mentransmisikan melalui frekuensi 60GHz, dengan jarak maksimal antarperangkat 10 m. Rocketfish WirelessHD Adapter ini dapat mentransmisikan full 1080p/60fps HD content, mendukung Deep Color, 7.1 surround sound audio channel, Dolby TrueHD, dan DTSHD Audio.
Info: softpedia.com Harga: $599,99

Zotac GeForce GT 220 Zone Edition
Video card Zotac GeForce GT 220 Zone Edition adalah video card dengan solusi pendingin pasif dari Zotac yang belum lama ini diluncurkan. Sesuai dengan namanya, video card GeForce GT 220 ini sudah mendukung DirectX 10.1 dan teknologi HDMI 1.3a. Produk ini melengkapi jajaran seri Zotac GeForce Zone Edition yang memiliki keistimewaan mengombinasikan kinerja dengan

tingkat kebisingan yang minim saat beroperasi, baik untuk keperluan gaming maupun menjadi komponen bagian dari home theater PC (HTPC), terutama dengan dukungan HDMI 1.3a. Termasuk di dalamnya, antara lain adalah xvYCC, DeepColor, digital 8-channel LPCM audio output, dan nVIDIA PureVideo HD. Bekerja pada core clock 625 MHz, dan bekerja dengan shader clock 1360 MHz. Dilengkapi dengan VRAM 1 GB DDR2 dengan memory interface 128-bit. Video card ini menggunakan interface PCI Express 2.0. Tentunya, Zotac GeForce GT 220 Zone Edition juga sudah DirectX 10.1 dengan Shader Model 4.1, OpenGL 3.2 kompatibel, nVIDIA CUDA & PhysX ready, dan nVIDIA PureVideo HD technology.
Info: www.zotac.com

Dengan solusi pendingin pasif, tingkat kebisingan minim

8

25/2009

Hardware Aktual

VIA Mobile-ITX Form Factor
Form factor mini ITX kini tidak lagi menjadi form factor terkecil untuk standar industri PC, dengan diperkenalkannya form factor mobile ITX oleh VIA belum lama ini. Form factor yang dikembangkan oleh VIA adalah
Form factor mobile ITX dengan ukuran 60 x 60 mm

standar spesifikasi form factor yang juga dapat digunakan oleh produsen lain di masa mendatang, Form factor mobile ITX menggunakan PCB dengan ukuran 60 x 60 mm yang ditujukan untuk penggunaan PC berukuran ringkas dengan desain modular, yang memungkinkan untuk merancang sebuah perangkat yang sangat ringkas, ringan , namun memiliki sekumpulan fitur dan konektivitas yang cukup lengkap. Desain modular yang digunakan terbagi dua bagian utama yang sederhana, yaitu modul CPU dan modul I/O. Ini memudahkan pihak pengembang produk yang menggunakan form factor mobile ITX ini mengembangkan produk dengan kekuatan proses komputasi, dan konektivitas I/O yang sesuai dengan produk yang card dengan dual GPU kedua dari AMD yang mendukung DirectX 11, setelah sebelumnya memperkenalkan ATi Radeon HD5970. Sama-sama diinformasikan akan menggunakan dual GPU dengan nama sandi Cypress, namun untuk ATi Radeon HD5950 hanya akan menggunakan 1440 shader unit pada masingmasing GPU. Video card ATi Radeon HD5950 dengan dual GPU ini akan dilengkapi dengan memory
Dual GPU HD5950 diperkirakan akan hadir tahun 2010

dirancang. Modul CPU yang digunakan akan mengintegrasikan fungsi core CPU, chipset, dan memory. Sedangkan modul I/O akan meliputi fungsi dukungan untuk display, HD Audio, IDE, USB 2.0, PCI Express, SMBus, GPIO, LPC, SDIO, dan PS2. Dengan menggunakan VIA Processor Platform, memungkinkan konsumsi daya yang rendah dan rancangan solusi pendingin fanless (pasif), sehingga memungkinkan desain yang ringkas dan tingkat kebisingan yang minim. Mobile ITX juga memungkinkan keseluruhan sistem hanya mengandalkan power supply dengan daya 12W yang juga berukuran sangat ringkas, dan hanya menghasilkan panas yang minim saat beroperasi, sekaligus menekan biaya produksi sistem secara keseluruhan.
Info: www.via.com.tw

Tiga nVIDIA Quadro FX Terbaru
Untuk video card khusus kalangan gamer, nVIDIA bisa dibilang tertinggal dibanding pesaingnya, karena sampai sekarang belum secara resmi memperkenalkan video card dengan GPU yang mendukung DirectX 11. Namun untuk kalangan profesional, video card dari nVIDIA tetap memiliki tempat tersendiri. Belum lama ini, nVIDIA memperkenalkan beberapa video card terbaru untuk workstation, baik berupa desktop maupun laptop. nVIDIA Quadro FX 380 LP adalah video card yang dikhususkan untuk pengguna workstation desktop, sedangkan Quadro FX 3800M dan Quadro FX 2800M untuk workstation laptop. Ketiga video card yang diperkenalkan kali ini lebih dikhususkan untuk peningkatan kinerja bagi pengguna workstation yang menggunakan aplikasi dari Autodesk. nVIDIA Quadro FX 380 LP adalah

AMD ATi Radeon HD5950
Video card dengan dual GPU menjadi idaman banyak pengguna PC yang mendambakan kinerja graphic yang mengesankan. Belum lama ini, informasi akan hadirnya varian ATi Radeon HD5950 dari AMD semakin menguat. Diinformasikan bahwa AMD sedang mengembangkan ATI Radeon HD5950 yang akan menjadi video

2 GB GDDR5. Untuk sementara, belum ada informasi mengenai perbandingan kinerja ATi Radeon HD5950 dibandingkan dengan ATi Radeon HD5970 ataupun dua buah video card ATi Radeon HD5850 dengan konfigurasi CrossFire.
Info: www.techpowerup.com

video card dengan form factor low profile untuk kalangan entry-level. Video card workstation dengan harga relatif terjangkau, sekitar $169 ini, diklaim memiliki kinerja dengan AutoCAD 2009 10 kali lebih cepat dibanding menggunakan video card biasa untuk consumer. Video card yang dilengkapi VRAM 512 MB ini hanya mengonsumsi daya 28W. Quadro FX 3800M dan Quadro FX 2800M yang digunakan untuk mobile workstation dilengkapi dengan 128 CUDA core untuk kemampuan komputasi paralel yang maksimal. Mampu menghadirkan kedalaman warna 30-bit atau setara dengan jumlah warna lebih dari 1 miliar warna. Dilengkapi dengan VRAM 1 GB, cocok untuk aplikasi graphic 3D yang intensif, seperti Autodesk Revit Architecture, Inventor, dan Moldflow. Untuk konsumsi daya, dilengkapi dengan PowerMizer 9.0, power management pintar yang memungkinkan meningkatkan daya tahan baterai dengan kinerja yang optimal.
Info: www.nvidia.com

Video card worstation terbaru dari nVIDIA

Dapatkan di Toko dan Kios Majalah Terdekat!

EDISI 01/2010 DENGAN DVD

25/2009

9

Aktual Mobile & Komunikasi

Inilah Definisinya!
Bluetooth V2.1 + EDR
Memiliki backward compatibility dengan Bluetooth 1.1. Perbedaan utama pada digunakannya Enhanced Data Rate (EDR), sehingga memungkinkan transfer data hingga 3.0 Mbit/s. Dengan kecepatan transfer yang meningkat, waktu yang dibutuhkan untuk transfer data juga lebih singkat, dan secara tidak langsung akan menghemat konsumsi daya untuk kebanyakan perangkat mobile yang mengadopsinya.

Fujitsu LifeBook UH900
Oleh Fujitsu, produk ini disebut sebagai Handheldp PC. Ultra Mobile PC (UMPC) dengan ukuran 204 x 106,5 x 23,8 mm ini hanya memiliki berat kurang dari 500 gram. Meski memiliki ukuran yang sangat ringkas dan ringan, Fujitsu

HDMI
HDMI (High-Definition Multimedia Interface) adalah interface video sekaligus audio dengan sinyal digital data tanpa kompresi data, berbeda dibandingkan standar analog yang selama ini digunakan seperti RF (radio frequency) dengan kabel coaxial, composite video, dan S-Video. Selain pada PC, HDMI juga digunakan pada perangkat elektronik lainnya seperi set-top box, Blu-ray Disc player, video game console (seperti PlayStation 3 dan Xbox 360). Dengan HDMI, cukup menggunakan satu kabel untuk koneksi video sekaligus audio (hingga 8 channel digital audio).

LifeBook UH900 sudah dilengkapi dengan dukungan komunikasi 3,5G. Dengan layar sentuh 5,6 inci, namun mampu memberikan tampilan resolusi WXGA. Selain dapat menggunakan pen stylus, Fujitsu LifeBook UH900 juga memiliki fitur seperti layaknya notebook layar sentuh terkini, dengan fungsi multi-touch. Produk dengan processor Intel Atom Z530 ini juga dilengkapi dengan software ThinkFree Mobile untuk mengedit dan mengakses file dokumen teks, presentasi dan spreadsheet. Produk dengan sistem operasi Windows 7 ini menggunakan solid state drive (SSD) berkapasitas 62 GB sebagai media penyimpanan utama. Fujitsu DVD sharing dapat dimanfaatkan untuk mengakses DVD drive dengan koneksi nirkabel yang terpasang pada PC lainnya.
Info: www.fujitsu.com

Netbook Acer dengan OS Google Chrome?
Belum lama ini, Acer memperkenalkan Aspire One D250, netbook dengan dual boot operating system (OS), yaitu Windows XP dan Android. Aspire One D250 memiliki spesifikasi processor Intel Atom N280 1,66 GHz chipset Intel Mobile 9456SE yang terintegrasi dengan graphic controller Intel GMA 950, memory 1 GB DDR2 RAM, dan kapasitas harddisk 160 GB. Namun di masa mendatang, Acer tidak mengandalkan OS Android yang memang lebih ditujukan untuk smartphone, bukan untuk netbook. Rencananya di pertengahan tahun 2010, Acer akan menghadirkan netbook dengan OS Google Chrome, dan diklaim akan menjadi netbook
Acer akan menjadi salah satu merek netbook pertama yang menggunakan OS Chrome

pertama yang menggunakan OS tersebut. Belum lama ini, Google juga telah menyampaikan informasi OS Chrome, dijadwalkan akan diluncurkan secara resmi di bulan November 2010 mendatang. Namun, beberapa situs sudah menyediakan preview OS Chrome yang dapat dicoba sendiri, apabila sekiranya Anda sudah ingin melihat kemampuan OS yang satu ini.
Info: www.pclaunches.com

Fujitsu LifeBook UH900 dengan multitouch pada layar sentuhnya

Asus Eee PC 1201N
Meski sudah diluncurkan secara resmi, Asus Eee PC 1201N belum tersedia di pasar secara meluas. Beberapa situs online terkemuka seperti Amazon.com baru menerima pesanan pre-order, sekitar pertengahan bulan Januari 2010 mendatang. Informasi seputar spesifikasi yang ditawarkan Asus Eee PC 1201N,

Multi-touch
Multi-touch adalah metode interaksi yang banyak digunakan pada PC atau smartphone terkini. Multi-touch digunakan baik pada perangkat dengan layar sentuh ataupun touch pad yang digunakan pada kebanyakan notebook terkini. Berbeda dengan interaksi terdahulu, dengan multitouch sensor pada layar sentuh atau touch pad memungkinkan mendeteksi pergerakan lebih dari satu jari sekaligus. Pergerakan dua jari akan diterjemahkan menjadi fungsi khusus seperti zoom, scroll, dan fungsi lain yang dapat didefinisikan. Multi-touch kali pertama diperkenalkan oleh produk Apple.

antara lain menggunakan processor dual core Intel Atom 330 1,6 GHz dikombinasikan degan chipset nVIDIA ION. Berbeda dengan netbook kebanyakan, Asus Eee PC 1201N memiliki layar 12,1 inci yang dapat menampilkan resolusi 1366 x 768. Asus Eee PC 1201N juga dilengkapi dengan port HDMI. Dilengkapi dengan memory 2 GB, dan pilihan harddisk berkapasitas 250 GB atau 320 GB. Fitur tambahan lainnya juga lengkap. Konektivitas nirkabel yang dimilikinya mendukung Bluetooth V2.1 + EDR dan WiFi menggunakan slot microSD card (mendukung SD dan SDHC hingga kapasitas 8 GB). Memiliki dimensi sekitar 4 x 4 x 0,8 inci dengan berat sekitar 127 gram, membuatnya ideal menjadi teman keseharian penggunanya. Dengan menggunakan catuan daya dari 2 baterai AAA, diklaim mampu bertahan untuk penggunaan selama 90 jam nonstop. Harganya pun cukup menarik. Keterbatasan layar monochrome membuatnya hanya optimal untuk menampilkan teks. Itu sebabnya, WikiReader juga dibuat khusus untuk menampilkan teks.
Info: thewikireader.com Harga: $99

IEEE802.11b/g/n. Baterai 6-cell dengan kapasitas 63Wh memungkinkan Asus Eee PC 1201N dapat bertahan beroperasi hingga 5 jam. Asus Eee PC 1201N yang memiliki berat sekitar 1,46 kg ini akan tersedia dengan 4 pilihan warna, yaitu hitam, perak, biru, dan merah.
Info: www.liliputing.com

Asus Eee PC 1201N mulai tersedia preorder di Amazon.com

WikiReader
Beragam kalangan kini mulai menikmati informasi yang tersedia di Wikipedia secara yang lebih nyaman dan mudah dapat dinikmati, dengan memanfaatkan WikiReader. WikiReader adalah sebuah gadget yang memungkinkan penggunanya bisa mendapatkan informasi yang tersedia di Wikipedia, tanpa akses Internet. Gadget yang dikembangkan oleh Openmoko ini dilengkapi dengan layar sentuh 3,5 inci LCD monochrome. Gadget ini menggunakan processor Epson S1C33 E07 yang dilengkapi dengan 8 KB + 2 KB internal memory, 64 KB Flash memory untukfirmware, dan 32 MB SDRAM memory. Untuk media penyimpanan,
Informasi Wikipedia dalam genggaman

Dapatkan di Toko dan Kios Majalah Terdekat!

EDISI 12/2009 DENGAN DVD 8 GB

Pre-order
Proses pemesanan produk yang dilakukan sebelum produk dirilis secara resmi. Proses pre-order biasanya dilakukan untuk produk yang populer. Proses pre-order bagi calon pengguna memastikan mereka agar tidak kehabisan produk tersebut, saat diluncurkan secara resmi ke pasar. Keuntungan bagi produsen dan penjual, dapat memperkirakan antusias dari pasar dan jumlah produk yang dapat diserap pasar pada saat peluncuran resmi. Tingkat pre-order yang tinggi juga dapat digunakan untuk publisitas marketing khsusunya untuk produk tersebut.

10

25/2009

Audio/Video/Foto Aktual

Panasonic Lumix ZR1
Produsen kamera digital Panasonic baru saja meluncurkan seri Lumix ZR1. Selain memiliki teknologi pendeteksi wajah, kamera ini juga menawarkan kepraktisan. Kamera ini memiliki ukuran mungil, karena hanya memiliki dimensi 5,4 cm x 9,7 cm x 2,6 cm. Untuk pengoperasiannya pun mudah, cukup dengan mengaktifkan

Intelligent Auto (IA) mode, maka kamera akan secara otomatis mengaktifkan enam deteksi dan koreksi, termasuk power O.I.S yang membuat gambar tetap tajam, meski gambar diambil di malam hari. Lumix ZR1 juga dilengkapi dengan lensa 25 mm wide-angle, 8x optical zoom, kecepatan autofocus kira-kira 0,27 detik, dan waktu start-up dengan kecepatan tinggi 1,1 detik. Kamera ini juga memiliki resolusi sebesar 12,1 megapixel. Soal kapasitas penyimpanan, kamera ini menggunakan memory eksternal SD/SDHC maksimum 32 gigabyte (GB), dan memory internal sebesar 40 MB. Kamera ini telah dijual di pasaran dunia.
Harga: N/A Info: www.panasonic.com

Scanner Agfa
AgfaPhoto memperkenalkan 4 model scanner portabel terbarunya yang mudah dibawa, dan mudah untuk menyimpan gambar ataupun dokumen dalam hitungan menit saja. Model-model terbaru tersebut meliputi AgfaPhoto AS1110 berwarna hitam, dan AgfaPhoto AS1111 berwarna putih. Keduanya dapat mem-scan foto berukuran 10 x 15, dan hanya memproses data dalam waktu 5 detik, dengan resolusi 1800 x 1200px. Sedangkan untuk 2 model lainnya, yaitu AS1300 dan AS1300 Pro yang terlihat lebih cocok untuk mereka yang profesional, mampu untuk men-scan gambar, kartu nama,

dan dokumen berukuran A4, dapat memproses 3 halaman saja dalam 1 menit, dengan resolusi 600dpi. Dokumen-dokumen yang telah discan tersebut akan disimpan dalam format PDF, RTF, Word ataupun HTML. Untuk model AS1110 dan AS1111 dibanderol dengan kisaran harga 79.99 EURO. Sedangkan untuk model AS1300 dipasarkan dengan kisaran harga 99.99 EURO. Yang terakhir, untuk model AS1300Pro dibanderol dengan kisaran harga 119.99 EURO.
Harga: 79 EURO-119 EURO Info: www.agfa.com

Inilah Definisinya!
Autofocus
Merupakan sistem pada kamera atau lensa, atau kombinasi kamera dan lensa yang ketepatan fokusnya ditentukan oleh alat elektronik dan motor. Kamera komersil pertama dengan fasilitas autofocus adalah kamera compact merek Konica C35 AF yang diperkenalkan di tahun 1978. Sedangkan kamera SLR dengan autofocus TTL yang pertama adalah Pentax ME-F, yang dikeluarkan di tahun 1980, namun kamera ini hanya mendukung autofocus pada lensa zoom AF tertentu saja. Saat ini, hampir semua produsen kamera dan lensa memproduksi sistem kamera yang dilengkapi dengan lensa autofocus.

Praktis dengan banyak fitur

DPI

CONTEX XD2490
CONTEX meluncurkan seri produk scanner terbarunya, bernama XD2490. Produk ini merupakan kesatuan solusi mesin scanner, copy serta e-mail, untuk skala industri teknik sipil dan arsitek. Scanner yang dirancang untuk memuat kertas berukuran A1 (24 inci) ini, dapat men-scan gambar berwarna dengan kecepatan 3 ppm (paper per minute), Black & White 7 ppm, dan resolusi 1200 dpi (dots per inch). CONTEX XD2490 diyakini dapat menjadi jawaban yang tepat untuk mempermudah proses distribusi dokumen. Desain CONTEX XD2490 terbuat dari material yang ringan dan tangguh, sehingga tidak mudah rusak saat harus berpindah-pindah lokasi. Cara pemasangannya dan pengoperasiannya pun mudah. Diklaim, pengguna tak akan memakan banyak waktu hanya untuk menyalakan scanner CONTEX

Scannner portabel super cepat

BagAmp

Scanner khusus arsitek

XD2490. Produk ini menggunakan teknologi CIS (Contact Image Sensor) yang mempermudah perawatan. Dengan semua kelangkapan fitur dan kualitas yang tersedia, produk scanner CONTEX XD2490 ditawarkan dengan harga US$3.900.
Harga: US$3900 Info: www.contex.com

Collins Amerika memperkenalkan BagAmp, sistem amplifier portabel yang ditujukan bagi para musisi. Amplifier ini memiliki fitur “Audio Piston”, teknologi yang menghilangkan kebutuhan akan cincin karet yang biasanya digunakan untuk menahan speaker berbentuk kerucut pada tempatnya. Driver flat berukuran 3 inci, diklaim dapat menghasilkan suara yang mirip dengan Harga: US$700 driver banyak 5 inci. Info: www.bagamp.com Sistem PA mengintegrasikan 8 driver diatur dalam bentuk Amplifier untuk musisi yang sering berpergian

vertikal, sementara speaker ini hanya berukuran 8,2 x 3,4 x 36,0 inci. Konstruksi komposit membantu menjaga berat speaker di bawah 25 lbs, yang meliputi tas, stand, dan kabel daya. Pengguna dapat memilih dari dua saluran input, 1/4-inci atau XLR plugs, dengan dukungan untuk 48 volts ketika menggunakan kondensor mics. Gain -10dB pada switchable tersedia untuk setiap saluran, bersama dengan tombol-tombol khusus untuk EQ, reverb, dan gain. BagAmp dapat dibeli dengan harga sekitar US$700, termasuk tas dan stand yang dapat dilipat.

Ukuran cetak atau video yang menilai titik kepadatan, khususnya jumlah titik individu yang dapat ditempatkan dalam rentang satu linier inci (2,54 cm). Nilai yang cenderung berkolerasi dengan DPI adalah resolusi gambar, tetapi hanya berhubungan secara tidak langsung. Karena unit display warna menggunakan tiga sub-pixel berwarna (merah, hijau dan biru) per pixel, maka pengukuran DPI sering disalahgunakan, terutama di pasar otomotif.

HTML
Sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web.

FujiFilm FinePix S200EXR
FujiFilm FinePix baru saja meluncurkan model S200EXR. Kamera digital Fuji ini memiliki fitur ultra long zoom dengan lensa 14.3x optical zoom, dan lensa wide berukuran 28 mm. Kamera beresolusi 12 megapixel ini memiliki sensor gambar EXR, EXR Priority, EXR Auto Mode, dan memiliki tingkat kepekaan cahaya ISO 12.800. Selain itu, fitur lainnya adalah Optical Image Stabilization untuk mengurangi efek goyang. Kamera

ini juga dapat mengambil gambar bergerak dengan kecepatan tinggi, dan bisa mendeteksi wajah. Selain itu, kamera ini memiliki slot untuk kartu SD dan SDHC. Sensor EXR yang tertanam di badan kamera dibuat agar serasi dipasangkan dengan lensa zoom 14.3x milik Fuji. FinePix S200EXR dilengkapi layar LCD sebesar 2,7 inci. Selain itu, juga dilengkapi fitur kemampuan memotret menggunakan setting manual. Fotografer pun dengan mudah memilih kecepatan dan diafragma untuk menghasilkan foto sesuai dengan yang diinginkan.
Harga: N/A Info: www.fujifilm.com

Canon SELPHY
Compact Photo Printer
Hadir tiga rangkaian terbaru Canon SELPHY Compact Photo Printer, yaitu CP780, CP790, dan ES40. Canon SELPHY CP780 mengakomodasi berbagai tipe kartu memory. Juga dilengkapi mini built-in editing suite – Portrait Image Optimizer, yaitu fitur yang dapat digunakan untuk mengatur pencahayaan, kontras dan saturasi warna foto, termasuk koreksi backlit

dan red-eye otomatis sebelum foto dicetak. Selphy CP790 hadir dengan warna lime green, dan dilengkapi dengan Lithium-Ion rechargeable battery. Printer ini juga dapat mencetak dari berbagai tipe kartu memory, bahkan langsung dari telepon genggam sekali pun tanpa kabel, melalui koneksi IrDA atau bluetooth adapter. Sedangkan Selphy ES40 Photo printer memiliki resolusi cetak 300 x 600 dpi, dan mengusung teknologi face detection yang otomatis mengoreksi warna dan tingkat pencahayaan pada wajah dalam gambar, sekaligus mengoreksi red eye. Dilengkapi dengan layar 3.5 inci LCD screen, dan voice guidance.
Harga: CP780 (Rp1.190.000), CP790 (Rp1.675.000), ES40 (Rp2.150.000) Info: www.canon.com

PDF
Portable Document Format adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993, untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen 2D yang meliputi teks, huruf, citra, dan grafik vector 2D. Pada Acrobat 3D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen 3D. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008, dengan kode ISO 320001:2008.

Kamera compact pesaing DSLR

Printer praktis dengan hasil cetak menawan

25/2009

11

Aktual Gadget

Inilah Definisinya!
Drive Bay
Slot yang biasanya terdapat pada bagian atas depan pada PC Case, yang berfungsi sebagai tempat untuk harddisk, floppy drive, maupun drive optik.

Tao Digital Photo Keychains
Untuk sebuah gantungan kunci yang unik, Tao Digital Photo Keychains bisa dijadikan alternatif yang ideal. Khususnya bagi Anda yang ingin memiliki gantungan kunci dengan tampilan berbeda dengan gantungan kunci orang yang Anda kenal. Tao Digital Photo Keychains me-

Layar Sentuh
Layar sentuh (touch screen) adalah display yang mampu mendeteksi lokasi koordinat sentuhan. Ini memungkinkan touch screen sekaligus menjadi input device, menggantikan keyboard atau mouse. Selain pada PC, touch screen juga digunakan pada beragam perangkat mobile, termasuk PDA dan smart phone. Beberapa varian lain yang mirip adalah memanfaatkan penggunaan stylus, untuk meningkatkan akurasi pendeteksian koordinat.

miliki dimensi 54 x 40 x 11 mm, dilengkapi dengan layar display LCD diagonal 1,5 inci, yang mampu menampilkan gambar dengan resolusi 128 x 128 pixel, atau setara dengan ponsel kelas menengah belakangan ini. Tao Digital Photo Keychains memiliki memory internal dengan kapasitas 8 MB Untuk dapat memasukkan gambar ke dalam media penyimpanan yang terintegrasi dengan Tao Digital Photo Keychains cukup mudah. Dengan mengandalkan port USB yang juga berfungsi untuk melakukan proses dengan jari-jari sekitar 6 inci dan tinggi sekitar 20 cm. Untuk catuan daya dapat menggunakan AC power adapter atau menggunakan 3 buah baterai AAA. Sebagai sumber cahaya, Star Theater Pro Home Planetarium ini mengandalkan LED. Pada paket penjualan Star Theater Pro Home Planetarium disertai dengan 2 image disc, yaitu Starfield dan Earth/Moon/Sun disc. Tambahan image disc lain juga tersedia secara terpisah. Star Theater Pro Home Planetarium dilengkapi dengan sleep timer, yang akan otomatis mati, sesuai dengan waktu yang ditentukan penggunanya. Ideal untuk pengantar tidur Anda di bawah pancaran sinar bulan dan bintang.
Info: www.thinkgeek.com Harga: $169,99

Gambar favorit dapat hadir di gantungan kunci

recharge. Jika baterai dalam kapasitas penuh, ia dapat menampilkan gambar secara non-stop, kurang lebih sekitar 4 jam, dan dapat bertahan

lebih lama lagi jika fungsi mode sleep diaktifkan.
Info: www.iwantoneofthose.com

Star Theater Pro Home Planetarium
Kini, Anda dapat membawa indahnya pemandangan langit masuk ke dalam rumah. Star Theater Pro Home Planetarium adalah perangkat yang dibutuhkan untuk penikmat pemandangan di malam hari, ataupun yang gemar mengunjungi planetarium. Star Theater Pro Home Planetarium ini memiliki ukuran yang ringkas,

Razer Imperator
Untuk urusan produk mouse, khususnya untuk kalangan gamer, Razer bukan lagi nama yang asing lagi. Belum lama ini, Razer memperkenalkan mouse gaming terbarunya, yaitu Razer Imperator. Mouse laser ini berdimensi 123 x 71 x 42 mm, memiliki desain yang dikhususkan untuk pengguna yang menggunakan mouse dengan tangan kanan. Razer Imperator yang memiliki tingkat sensitivitas mouse hingga 5600 DPI ini dilengkapi dengan 7 tombol yang dapat menyimpan program macro. Ke7 tombol itu disebut Razer sebagai tombol Hyperesponse, sedangkan perintah macro disimpan pada Razer Synapse, yaitu onboard memory yang tersedia pada Razer Imperator ini.

LCD
Singkatan dari Liquid Crystal Display, terbuat dari lapisan reactive berisi liquid-crystal yang diapit oleh electrode. Sesuai dengan muatan pada electrode, membuat cairan liquid-crystal, berubah menjadi antara gelap dan transparan.

Di bagian bawah mouse yang bersentuhan langsung dengan mouse pad, dilapisi dengan lapisan Teflon Ultraslick sehingga pergerakan mouse lebih leluasa saat digunakan oleh penggunanya. Mouse dengan dominasi warna hitam dihiasi dengan pendaran cahaya warna biru ini memang tampil beda, dan akan membantu penggunanya semakin nyaman dengan bentuknya yang ergonomis.
Info: www.razerzone.com

Macro
Urutan perintah penekanan tombol keyboard yang disimpan menjadi sebuah perintah. Pada game, macro biasanya terdiri dari urutan aksi yang dilakukan, mengurangi aktivitas penekanan tombol yang perlu dilakukan oleh penggunanya.

Planetarium
Planetarium adalah wahana simulasi yang menyajikan pertunjukan dan peragaan simulasi perbintangan atau benda-benda langit dengan pergerakan relatif yang disebabkan karena rotasi dan revolusi bumi. Selain di Jakarta, tepatnya di area Taman Ismail Marzuki, planetarium lainnya di Indonesia ada di Kutai, Kalimantan Timur, dan Surabaya, Jawa Timur.

Mouse gaming terbaru dari Razer

Appstand
Planetarium pribadi di rumah Anda

Scythe Kama Cabinet
Coba perhatikan kembali PC case yang Anda gunakan. Hitung ada berapa banyak drive bay yang masih tidak termanfaatkan. Scythe menyadari hal tersebut, dan mencoba menawarkan Scythe Kama Cabinet. Scythe Kama Cabinet akan memanfaatkan slot drive bay 5,25 inchi yang tersisa, dan menyulapnya menjadi ruang laci kecil penyimpan serba guna yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. Laci kecil ini dapat menyimpan 16 keping CD atau DVD. Tentunya, penggunanya

Sensitivitas Mouse
Dalam dunia PC, ukuran sensitivitas mouse menggunakan satuan yang lebih tepat disebut count per inch (CPI), dan bukan istilah dot per inch (DPI) yang sering digunakan, dan ditemukan pada spesifikasi sebuah mouse. Sensitivitas mouse menyatakan jumlah langkah pointer yang dikirimkan mouse ke PC, saat bergerak sejauh 1 inci. Jika pergerakan satu langkah pada mouse sama dengan pergerakan kursor satu pixel, maka CPI baru setara dengan DPI karena pergerakan langkah pointer pada mouse sejauh satu inci akan sama dengan pergerakan cursor sejauh satu inci juga. Semakin besar sensitivitas sebuah mouse semakin cepat pergerakan kursor, ataupun dengan pengaturan setting pointer speed dapat berarti meningkatnya sensitivitas dari mouse.

juga dapat memanfaatkannya untuk menyimpan USB flash disk (UFD), memory card reader ataupun perangkat lain yang sering tersebar dengan tidak rapi di sekitar meja komputer Anda. Scythe Kama Cabinet tersedia dalam 4 pilihan warna dan material, untuk menyesuaikan dengan bagian depan PC case yang digunakan. Mulai dari warna hitam dan perak dengan bahan alumunium, dan warna hitam dan perak dari bahan plastik.
Info: news.softpedia.com

Begitu banyak aksesoris untuk gadget dari Apple yang tersedia di pasaran. Aksesoris yang satu ini, dari sisi teknologi tidaklah menampilkan sebuah teknologi baru yang istimewa. Namun dari sisi ide menghasilkan sesuatu yang baru, dan menarik untuk disimak. Nama aksesoris untuk iPhone 3G atau iPhone 3GS ini cukup sederhana, yaitu Appstand. Sesuai dengan namanya, Appstand adalah sebuah aksesoris alat bantu untuk memosisikan iPhone. Seperti terlihat

pada gambar, desain dasarnya adalah sebuah frame foto, namun tanpa pelapis kaca atau plastik. Namun dengan demikian, banyak aplikasi iPhone yang berfungsi multimedia. Appstand ini mempermanis iPhone, setidaknya jika dibandingkan saat diletakkan begitu saja di atas meja. Dengan tidak digunakannya pelapis tambahan di bagian depan, penggunanya tetap dapat mengakses melalui layar sentuh pada iPhone dengan leluasa. Termasuk untuk tombol dan kabel charger. Untuk sementara, Appstand baru tersedia dalam pilihan warna hitam.
Info: www.koyono.com Harga: $19,99

Memanfaatkan drive bay 5,25 inci yang tidak terpakai

Menyulap iPhone menjadi frame foto digital

12

25/2009

Game Aktual

Making History II: The War of the World
Dua tahun lalu, developer Muzzy Lane merilis classroom tool untuk mengajar siswa mengenai motivasi berbagai negara selama masa Perang Dunia II. Tool ini akhirnya menjadi game strategi komersial yang dikenal sebagai Making History: The Calm & The Storm, dilengkapi berbagai sektor seperti industri, ekonomi, sumber daya, penelitian, dan manajemen diplomatis. Pemain bebas memilih negara yang eksis pada masa perang antara tahun 1936-1945. Game ini menuai

review positif sebagai game dengan detail sejarah yang lengkap. Tahun ini, Muzzy Lane menyelesaikan sekuelnya, The War of the World. Seperti game sebelumnya, ini adalah turn based strategy game yang yang memperbolehkan pemain untuk mengubah sejarah. Salah satu skenarionya adalah The German Question yang mengambil tempat pada tahun 1933, ketika agresi Jerman melawan negara-negara lain dimulai. Game ini sangat fleksibel untuk membiarkan pemain memilih sendiri negaranya. Pastikan Anda memilih dengan bijaksana untuk memastikan memenangkan skenario yang ada.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 3.0 GHz atau ekivalen, RAM 1 GB, Video Memory 128 MB, Sound Card DirectX kompatibel. Harga: $39.99 Genre: Turn based strategy game Info: www.making-history.com/

King’s Bounty: Armored Princess
Melanjutkan game petualangan King’s Bounty: The Legend yang dirilis tahun 2008 silam, King’s Bounty: The Armored Princess merupakan lanjutan dari petualangan Anda di dunia Endoria. Jika sebelumnya Anda untuk melayani raja Darion, kali ini tambahan karakter yang dapat Anda mainkan adalah putri Amelie, putri sang raja sendiri. Ketika bahaya besar mengancam dunianya, Amelie nekad pergi menyusuri dunia misterius Teana untuk mengikuti mentornya, ksatria Bill Gilbert. Di sini, sang Putri akan menghadapi ratusan rintangan seperti monster monster lapar dan pasukan musuh, tanpa seorang pun dapat menolong. Hanya berbekal kekuatan
Gunakan Pegasus untuk menemukan lokasi-lokasi tersembunyi dari udara

dan pengetahuan yang dimilikinya. Game dilengkapi dengan narasi yang atraktif dan efek visual yang sesuai, serta makhluk fantasi yang lebih beragam. Sebagian dari mereka akan menjadi teman Anda, misalnya saja Pet Dragon yang awalnya lucu dan tidak berbahaya, namun akan berubah menjadi sangat berbahaya, dan merupakan senjata terkuat Amelie.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 2.6 GHz atau ekivalen, RAM 512 MB, Video Memory 128 MB, Sound Card DirectX kompatibel Harga: $29.99 Genre: Turn based strategy Info: www.kings-bounty.com/eng/princess/

Inilah Definisinya!
2D Platform
Atau disebut juga platformer, merupakan genre video game awal yang mulai diperkenalkan pada tahun 1980an. Salah satu karakteristik khasnya adalah melompat dari satu bagian platform ke platform lainnya dengan tujuan tertentu. Ketika genre ini kali pertama populer, karakter hanya bergerak dari kiri ke kanan. Setelah melewati berbagai generasi, platformer kini dapat dimainkan dengan berbagai cara yang lebih modern.

Classroom Tool
Media yang digunakan untuk menciptakan virtual classroom yang bertujuan untuk membantu para siswa membayangkan situasi dan kondisi yang ingin disampaikan dalam materi pelajaran. Pada umumnya, berupa visualisasi yang mudah dipahami dengan penjelasan yang detail.

Tampilan lengkap lokasi penempatan tentara dan perkembangan kota

Master of Orion
yang dinamis pun akan dikonstruksi dengan setiap objek lingkungan, untuk memperkuat interaksi pemain dengan dunia game. Alur cerita non-linear membuat pemain bebas mengeksplorasi dunia game, tanpa storyline yang harus diikuti. Dalam game, pemain akan melewati gua, desa, dan berbagai lokasi yang terekam di dalam mini map. Anda dapat menggunakan teleport atau kuda untuk jalan pintasnya. Yang unik lagi dari game ini adalah keberadaan sistem alchemy yang memungkinkan pemain mengombinasikan berbagai bahan untuk membuat racun, senjata, jebakan, dan bom.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 3.0 GHz atau ekivalen, RAM 1 GB, Video Memory 128 MB, Sound Card DirectX kompatibel Harga: $29.99 Genre: Action RPG Info: www.twoworlds2.com

Lucidity
Game ini berkisah dalam dunia surreal gadis kecil bernama Sofi. Memainkan Lucidity, pemain akan dibawa ke dalam petualangan imajinasi Sofi, gadis yang dipenuhi keinginan untuk menjelajahi dunia baru, tak peduli rintangan apa yang mungkin menghadang di jalannya. Dalam game puzzle 2D platform yang menantang ini, tugas pemain adalah menjaga Sofi tetap selamat dalam perjalanannya. Anda tidak akan mengendalikan Sofi secara langsung, namun Anda harus menggunakan berbagai variasi objek, dan menempatkan potongan potongan puzzle yang dihasilkan secara acak. Dengan cara ini Anda dapat menciptakan jalan melewati dunia
Pastikan Sofi dapat tetap berjalan aman, dengan bantuan berbagai objek

mimpi yang cantik. Anda akan merasakan bahwa kreativitas benar-benar diasah untuk menempatkan setiap objek dengan cara terbaik, karena tidak akan tahu apa objek berikutnya yang akan didapatkan. Satu kesalahan saja, maka Sofi akan berakhir terjerumus ke dalam jurang atau terjebak di jalan buntu. Visualisasi game ini digambarkan apik, seperti ilustrasi buku cerita anak-anak yang dihidupkan dalam animasi.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 2.0 GHz atau ekivalen, RAM 512 MB, Video Memory 64 MB, Sound Card DirectX kompatibel Harga: $19.99 Genre: 2D Platformer, Puzzle Info: www.lucasarts.com/company/release/ news20090911.htm

Two Worlds II
Melanjutkan sukses role playing game Two Worlds yang dirilis dua tahun silam, Two Worlds II akan rilis pada pertengahan tahun 2010. Walaupun masih ber-setting fantasi 3D Antalorian, Reality Pump selaku developer berencana menciptakan dunia Antalorian yang berbeda dari sebelumnya, menciptakan kesan lebih realistis. Contohnya ketika karakter berjalan di tanah yang basah, jalannya akan sedikit terhambat dibandingkan ketika berjalan di area kering. Efek suara

Game science fiction yang dirilis pada tahun 1993 silam oleh MicroPose yang ditujukan untuk sistem operasi MSDOS dan Apple Macintosh. Tujuan game ini adalah memimpin satu dari sepuluh ras untuk mendominasi galaksi. Menggunakan interface point and click sederhana atau shortcut keyboard. Dua sekuel telah diciptakan pada akhir tahun 1990-an, yaitu Master of Orion II:Battle of Antares dan Master of Orion III, dan menuai review positif sebagai salah satu game favorit sepanjang waktu.

Science Fiction
Salah satu genre fiksi yang populer, namun berbeda dengan fantasi, elemen-elemen imajinasi dalam genre science fiction memiliki kemungkinan terjadi secara ilmiah. Pada umumnya, cerita dengan genre ini biasanya mengambil setting masa depan, luar angkasa, perjalanan menembus waktu, dan sebagainya, menggunakan teknologi baru yang belum terealisasi pada masa sekarang, seperti nanotechnology, kecepatan cahaya, robot, dan sebagainya.

Eksplorasi dunia game sebebas mungkin, termasuk menjelajahi side quest

Armada 2526
Bagi Anda yang merupakan fans berat game science fiction, game ini dapat dibayangkan sebagai gabungan game lama Master of Orion dan Total War. Anda akan bertualang dalam perjalanan antarbintang dan mengeksplorasi galaksi, dengan tujuan mermperluas teritori Anda. Untuk mempermudah pemahaman gamer baru kurang familiar dengan game-game science fiction, game ini juga memasukkan tutorial singkat dengan versi mudah, ketika Anda harus menghadapi konflik dengan musuh.

Dalam perjalanan, Anda harus mengadakan penelitian, melakukan hubungan diplomatis dan perdagangan, menemukan koloni baru,

dan tentu saja selalu ada rival yang merintangi jalan, dan mencari konflik dengan Anda. Kali pertama memulai game, Anda hanya akan disediakan

sebuah planet kecil,dan pesawat penjelajah untuk dikendalikan. Pilihan yang dapat diambil untuk mengembangkan planet kecil Anda akan sangat terbatas. Begitu Anda mulai memperbesar wilayah Anda, Anda bahkan dapat menciptakan lebih banyak pesawat untuk melakukan penjelajahan di bagian lain galaksi.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 2.0 GHz atau ekivalen, RAM 512 MB, Video Memory 128 MB, Sound Card DirectX kompatibel Harga: $39.99 Genre: Real-Time Strategy Info: www.ntronium.com/Armada2526%20Home.html

Turn Based Strategy
Salah satu genre dalam dunia game yang biasanya digunakan pada jenis wargame. Khususnya pada wargame yang menggunakan strategic level. Jenis genre ini dapat diklasifikasikan lagi menjadi beberapa bagian, seperti Turn based tactic dan tactical roleplaying game. Contoh-contoh game dengan genre ini adalah Poxnora, Silent Storm, dan UniWar. Karakteristik game ini adalah mengarahkan pemain untuk menyelesaikan tugas yang diberikan menggunakan operasi dan taktik militer.

Gunakan peta bintang untuk mengetahui lokasi planet dan objek luar angkasa

25/2009

13

Aktual Freeware

Inilah Definisinya!
Flock
Sebuah browser web yang mengkhususkan diri pada penyediaan fitur social networking dan fitur web 2.0 lainnya pada interface-nya. Browser ini dibuat berbasiskan kode browser Mozilla Firefox. Browser flock ini sangat cocok digunakan oleh mereka yang sering menggunakan social networking seperti Facebook, Twitter, Youtube, Myspace dan lainnya. Karena terdapat beberapa fitur yang akan memudahkan penggunanya mengakses situs favoritnya, kemudahan mengakses Facebook, kemudahan pencarian video di Youtube dan beberapa fitur lainnya, akan memudahkan para penggunanya. Dan karena berbasiskan Mozilla Firefox, maka kita pun dapat menambahkan add-on untuk melengkapi add-on yang sudah ada. Flock dapat di-download secara gratis dan tersedia untuk Windows, Mac OS X dan Linux.

MSE Update Utility 1.1
Microsoft Security Essentials dirancang oleh Microsoft agar proses update-nya dibarengi dengan proses Windows Update. Pada kenyataannya, banyak pengguna Windows yang mematikan fitur Windows Update ini. Dengan di-disable-nya Windows Update, tentunya juga berdampak pada update database Microsoft Security Essential sehingga harus update secara manual. Update secara otomatis ada baiknya, bila dapat direncanakan atau

dijadwalkan. Kini update otomatis terhadap Microsoft Security Essential dapat diatur perencanaannya, tanpa harus dilakukan manual sekali pun Windows Update dalam kondisi disable, melalui bantuan utilitas MSE Update. Adapun interval update yang dapat dipilih user, antara lain harian, mingguan, bulanan ataupun tiap kali Windows startup. Aplikasi ini bekerja secara background, dan akan memberikan pesan apabila proses selesai. Pastikan sistem operasi memiliki .Net Framework 3 untuk dapat mempergunakan utilitas update ini.
Harga: Gratis Ukuran File: 696 KB Download: www.softpedia.com/get/ Others/Signatures-Updates/MSEUpdate-Utility.shtml

FavBackup 2.0.0
Untuk kemudahan backup dan restore terhadap konfigurasi browser, user dapat menggunakan aplikasi FavBackup. Aplikasi ini memampukan user dengan mudah mem-backup dan restore bookmark, history, cookies, password, user prefereces, dan elemen lainnya dalam web browser atau dapat dikatakan profile user pada browser. User dapat leluasa melakukan pemilihan atas backup dan restoore elemen yang tersimpan dalam browser. FavBackup mendukung banyak browser, di antaranya Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera, Safari, dan Flock. User tak perlu melakukan instalasi apapun untuk dapat menggunakan FavBackup. User interface yang dimiliki FavBackup cukup sederhana. Di

Backup dan restore elemen browser dengan mudah

Disertakan di CD edisi 25/2009 Menjadwalkan update database Microsoft Security Essentials dengan mudah

dalamnya terdapat dua toolbar, satu di antaranya untuk memilih jenis browser, dan yang lainnya untuk pemilihan proses, yaitu backup, full backup, restore ataupun full restore.
Harga: Gratis Ukuran File: 4,9 MB Download: www.favbrowser.com/FavBackup.exe

Disertakan di CD edisi 25/2009

Microsoft Security Essentials
Antivirus gratis yang dikeluarkan oleh Microsoft guna menggantikan Windows Live OneCare yang tidak gratis alias berbayar. MSE dulunya bernama Morro yang menyediakan proteksi dari virus, spyware, rootkit, dan trojan untuk Windows XP ke atas. Versi stabilnya saat ini adalah versi 1.0.1611.0.

Monitor Off Utility 1.0
Hampir semua perangkat elektronik membutuhkan listrik untuk dapat berfungsi, termasuk komputer. Salah satu bentuk usaha penghematan dalam penggunaan komputer adalah mematikan komponen komputer yang tidak sedang digunakan, misalnya monitor. Umumnya, monitor telah mendukung fitur power saving di saat kondisi standby dalam hitungan waktu. Mode saving tersebut kini dapat diatur kapan pun user inginkan, dengan penggunaan Monitor Off Utility.
Mengatur kapan monitor harus dimatikan

Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu mematikan secara langsung monitor karena secara otomatis aplikasi ini menangani power monitor untuk dipadamkan, ketika menerima respons atau perintah hotkey atau shortcut dari user. Anda pun dapat mengaktifkan screen saver ataupun mengunci PC workstation, selain mematikan monitor di saat tidak bekerja dengan PC.
Harga: Gratis Ukuran File: 366 KB Download: www.dekisoft.com/Downloads/ MonitorOff-setup.exe

VHD Attach 1.00
Dukungan secara native terhadap pembuatan virtual harddisk (VHD) telah tersedia di Windows 7. Adapun virtual harddisk sendiri berupa file .vhd yang sama digunakan pada platform virtualisasi seperti pada virtual PC dan virtual server. Kedua aplikasi tersebut dapat mendukung keberadaan sistem operasi lain di dalam sistem operasi

Disertakan di CD edisi 25/2009

TCP
Singkatan dari Transmission Control Protocol. Yaitu satu dari protokol utama pada protokol internet. TCP menyediakan kemudahan dan pengantaran aliran data yang cepat. TCP mengatur interaksi antara web server dan web client. Serta membagi HTTP menjadi beberapa pecahan yang lebih kecil yang disebut segmen, untuk dikirim pada client tujuan.

yang memiliki virtual harddisk. Pada sistem operasi utama, virtual harddisk ini tampil layaknya merupakan harddisk yang berdiri sendiri, dapat dibentuk primary dan secondarynya sehingga siap digunakan oleh aplikasi virtual PC untuk instalasi sistem operasi di dalamnya. Pada context menu file virtual harddisk Windows 7, secara default tidak menyertakan opsi attach dan detach atau sering dikenal dengan mounting dan unmounting. Opsi tersebut baru bisa didapati bila menambahkan aplikasi lain yang mendukung yaitu VHD Attach. Aplikasi tambahan ini dapat digunakan untuk memudahkan tahapan mounting, dan mounting melalui context menu.
Harga: Gratis Ukuran File: 427 KB Download: www.jmedved.com/download/ vhdattach100.exe

Disertakan di CD edisi 25/2009

XBRL
eXtensible Business Reporting Language, adalah suatu standar terbuka berbasis XML yang mendukung pemodelan informasi serta ekspresi makna semantik yang biasanya dibutuhkan oleh pelaporan bisnis. Salah satu penggunaan XBRL adalah untuk mendefinisikan serta pertukaran informasi keuangan seperti laporan keuangan. Komunikasi ini ditentukan oleh metadata yang disusun dalam taksonomi. Taksonomi tersebut menggambarkan definisi konsep laporan individu serta hubungan antara konsep-konsep tersebut dan makna semantik lainnya. XBRL menggunakan sintaks XML serta teknologi berbasis XML lainnya seperti XML schema, xlink, xpath, namespace, dll untuk menjelaskan pengertian semantiknya. Spesifikasi XBRL dikembangkan dan dipublikasikan oleh XBRL International, Inc. (xii).

Device Doctor 1.0.0.1
Hardware yang terpasang pada PC membutuhkan driver untuk dapat bekerja optimal dengan sistem operasi. Tak berbeda dengan software lainnya, driver pun memerlukan update untuk perbaikan kinerja ataupun bugs. Update driver tidak seperti Windows update yang secara otomatis mengingatkan tentang keberadaan update terbaru. Sehingga driver harus di-update manual, dan

mengecek ke official website produsen hardware. Untuk kemudahan deteksi keberadaan driver baru bagi hardware, user dapat memanfaatkan kemampuan aplikasi yang dikenal dengan Device Doctor. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memiliki peran layaknya seorang dokter dalam menangani analisis hardware, dan melakukan update secara otomatis bilamana mendeteksi keberadaan update terbaru. Termasuk di dalamnya update WHQL (Microsoft Certified) dan non-WHQL driver. Proses download driver oleh Device Doctor dapat dilakukan dengan cepat dan berjalan tiap waktu, dikarenakan semua driver telah berada di cache.
Harga: Gratis Ukuran File: 4,6 MB Download: www.devicedoctor.com/ download/DeviceDoctor_Setup.exe

Option mounting dan unmounting VHD pada context menu file

Directory List & Print 1.9.9.16
Pendataan direktori ataupun file yang tersimpan dalam drive akan sulit diperoleh, terlebih bila user memiliki kapasitas harddisk yang besar, disertai partisi yang cukup banyak. Tujuan pendataan tersebut untuk mengetahui adanya duplikasi folder dan file yang tersimpan ataupun untuk memudahkan seleksi atas file ataupun folder yang nantinya akan dihapus untuk efisiensi penggunaan kapasitas harddisk. Tentunya pendataan manual akan sulit dilakukan, mengingat user harus menelusuri satu per satu drive, folder, dan subfolder. Gunakan aplikasi Directory List & Print yang
Pembuatan daftar isi direktori dan file yang mudah dan cepat

mampu membuat daftar isi dari direktori dan subdirektori di dalamnya, dengan cara yang mudah dan cepat. Directory List & Print meng-copy ke dalam clipboard, daftar report file, dan direktori dapat diekspor ke dalam program lainnya ataupun dibaca secara langsung melalui aplikasi Microsoft Word dan Excel.
Harga: Gratis Ukuran File: 411 KB Download: www.infonautics.ch/directorylistprint/ DirectoryListPrintEN.zip

Disertakan di CD edisi 25/2009

Disertakan di CD edisi 25/2009 Update device driver secara otomatis dan cepat

14

25/2009

Freeware Aktual

Windows Utilities Launcher 1.1
Mengakses utility Windows dapat dimudahkan dan dipercepat, dengan bantuan aplikasi khusus. Salah satunya dikenal dengan Windows Utilitites Launcer. Aplikasi ini me-listing semua utilitas Windows yang tergabung dalam control panel melalui gabungan shortcut yang ditempatkan dalam start menu Windows. User dapat mengakses utilitas Windows dengan satu klik mouse saja. User hanya perlu mengekstrak file exe Windows Utilitites Launcer, tempatkan pada sebuah folder program file, dan buatlah sebuah shortcut.
Akses utilitas Windows dengan cepat dan mudah

Aplikasi ini dapat berjalan otomatis bersamaan dengan startup Windows serta di-minimize dengan mudah tampil pada system tray. Untuk penggunaan, pastikan terlebih dahulu sistem operasi user telah terinstal.Net Framework versi 3.5.
Harga: Gratis Ukuran File: 1,3 MB Download: http://bit.ly/8PDt3S

XP Quick Fix Plus
Perbaikan atas kerusakan yang terjadi pada sistem komputer harus ditangani segera, agar tidak semakin

memburuk. Kerusakan biasa terjadi akibat serangan aplikasi berbahaya yang menjangkiti sistem operasi, baik berasal dari koneksi Internet, LAN ataupun perangkat removable media seperti flash disk. Aplikasi berbahaya, termasuk di dalamnya virus, melumpuhkan task manager ataupun registry editor

Disertakan di CD edisi 25/2009

dimana keduanya biasa diakses user untuk memerangi virus. User dapat mengusahakan perbaikan dengan mempergunakan aplikasi tertentu, salah satunya dikenal dengan XP Quick Fix Plus. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bekerja cepat, ringan dan berukuran kecil, tanpa perlu instalasi dalam penggunaannya. Aplikasi ini menyediakan 40 pilihan penanganan kerusakan umum pada Windows XP, dan ditampilkan keseluruhannya pada jendela utamanya. Seandainya gagal mengatasi masalah, aplikasi ini dipastikan tidak akan berisiko mempengaruhi sistem operasi. Utilitas commmand line (QFC.EXE) juga disertakan di dalamnya sebagai opsi kedua, yang dapat digunakan user apabila user interface tidak dapat tampil.
Harga: Gratis Ukuran File: 550 KB Download: www.softpedia.com/get/Tweak/ System-Tweak/XP-Quick-Fix-Plus.shtml

Disertakan di CD edisi 25/2009

Windows Surface Scanner
Kerusakan fisik pada harddisk biasanya dideteksi dengan adanya bad sector, dan sering ditandai dengan system freeze yang frekuensinya sering. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk tujuan diagnosis harddisk adalah Windows Surface Scanner. Setelah mengetahui bad sector,

selanjutnya dapat diambil tindakan perbaikan menggunakan utilitas Windows Check Disk. Jangan pernah sekali pun menghentikan proses scan drive pada Windows Surface Scanner yang sedang berjalan dengan brute force karena dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah, namun sebaiknya lakukan penghentian scan secara sementara.
Harga: Gratis Ukuran File: 1,8 MB Download: www.dtidata.com/free_data_ recovery_software/windows_ surface_scanner.exe

Mengatasi masalah di XP secara cepat

Transmute 1.66
Melihat banyaknya bookmark yang tersimpan pada salah satu browser favorit, tentunya sulit untuk dapat beralih kepada browser lainnya. User akan kesulitan melakukan pemindahan bookmark tersebut dari browser lama ke browser yang baru, karena harus meng-input kembali satu per satu. Solusi atas kesulitan tersebut diatasi dengan kehadiran aplikasi baru, yaitu Transmute. Aplikasi ini mampu melakukan konversi bookmark yang tersimpan di satu browser ke browser lain yang berbeda. Adapun konversi bookmark tersebut lebih dikenal dengan impor dan ekspor, dan mendukung beragam browser, di antaranya Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, Seamonkey, XBRL, Konqueror, Chromium, Apple Safari, dan Flock.

Tak hanya mampu meng-overwrite bookmark, namun juga dapat menambahkan bookmark yang telah ada. Aplikasi ini dikatakan cukup aman digunakan karena menyediakan option backup sebelum perubahan dilakukan atas bookmark sehingga bila terjadi kesalahan user dapat mengembalikan ke kondisi

awal bookmark. Pastikan user memiliki .Net Framework 2.0 sebelum menggunakan Transmute.
Harga: Gratis Ukuran File: 1,9 MB Download: www.gettransmute.com/download/ Transmute166Setup.zip

Disertakan di CD edisi 25/2009

Disertakan di CD edisi 25/2009 Diagnosis keberadaan bad sector penyebab hang

MyPorts 2010 Build 1.03.01
Proses yang berjalan pada beberapa aplikasi melibatkan port yang ada pada sistem operasi. Adapun jumlah port yang ada sangat banyak sehingga tak heran bila aplikasi berbahaya pun turut memanfaatkannya. Untuk mengenali proses yang memanfaatkan port sehingga memudahkan user melakukan monitoring perlu bantuan software khusus, dan salah satunya dikenal dengan MyPort. Aplikasi ini didesain khusus untuk melakukan pemeriksaan port TCP dan UDP sistem, dan menampakkan port yang terbuka atau

sedang terpakai. Informasi yang ditampilkan dalam interface MyPort, diantaranya status koneksi, local port, local address, remote port, remote address, dan process yang memanfaatkan port. Cukup baik dan membantu user untuk mengetahui keberadaan trojan, keyloggers, dan malware lainnya yang melakukan sabotase pengiriman data. Tiap dua detik, MyPort secara otomatis mengaktifkan fungsi scan, terlihat real time monitoring sehingga monitoring port sistem dapat berlangsung terus-menerus.
Harga: Gratis Ukuran File: 1,7 MB Download: www.fewbyte.com/myports_free_ 10103.zip

Melakukan pemindahan bookmark dengan cepat dan mudah, antar-browser yang berbeda

Pernyataan CD
Penggantian CD
Bila mendapatkan CD yang rusak saat pembelian, silakan hubungi redaksi PC Mild di Gedung Warta Lt. 4, Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430. Telp: (021) 315-3731 ext. 127131. Fax: (021) 315-3732. E-mail: pcmild@pcmedia.co.id. Untuk yang berdomisili di Jakarta, kami sarankan datang langsung ke redaksi dengan membuat perjanjian terlebih dahulu. Pelanggan yang berada di luar Jakarta, silakan kirim CD yang rusak ke alamat di atas. Cantumkan alamat lengkap serta nomor telepon Anda. Batas pengembalian CD minimal dua minggu setelah kami menerima CD Anda. lebih lanjut tentang penggunaan program tersebut, silakan kunjungi website pembuat program atau membaca file Help yang biasanya sudah disertakan masing-masing program.

Disertakan di CD edisi 25/2009

Dukungan Teknis
PC Mild tidak memberikan dukungan teknis atau panduan terhadap program yang ada di dalam CD. Jika memiliki masalah atau ingin mengetahui

Bebas Virus
CD PC Mild sudah melalui proses pemeriksaan virus yang terpercaya dan bebas dari bentuk malware lain seperti spyware, adware, dan lain-lain.

Memonitor aktivitas proses yang memanfaatkan port sistem

25/2009

15

Aktual Patch/Security Update

Inilah Definisinya!
CUDA
Compute Unified Device Architecture adalah arsitektur parallel computing yang dikembangkan NVIDIA. Tujuannya sederhana, agar GPU dapat diakses oleh software dan dimanfaatkan sebagai sarana pemrosesan data yang bekerja secara paralel dengan processor. CUDA dapat dianggap sebagai middleware atau perantara. Aplikasi yang hendak memanfaatkan GPU NVIDIA, cukup mengakses CUDA saja. CUDA yang akan mengatur penggunaan GPU dan pemanfaatan resource-nya. Pada software yang dibangun dengan C, hanya dibutuhkan sedikit modifikasi agar dapat memanfaatkan CUDA. Sementara itu, CUDA juga sudah dipersiapkan untuk kompatibel dengan DirectX 11 dan OpenCL. CUDA sudah ada di dalam driver terbaru. Hingga saat ini, CUDA dapat diaktifkan pada GPU NVIDIA seri 8, 9, dan Quadro.

The Sims 3 World Adventures 2.2.8
Keragaman gaya hidup manusia dihadirkan dalam game simulasi, dan salah satunya yang terkenal adalah The Sim. Para pemain dapat mencoba pengalaman baru penuh tantangan yang disajikan dalam game The Sim, entah itu berpetualang ke suatu tempat, belajar kebudayaan yang berbeda, aktivitas outdoor dan indoor, hingga melakukan pencarian benda berharga. Hingga saat ini, versi The Sim

terus berkembang, dan telah mencapai versi 3, disertai dengan ekspansinya yang dikenal dengan World Adventure. Tak berbeda dengan game lainnya, game ini pun tanggap dengan kebutuhan perbaikan, dengan segera merilis patch terbarunya, yaitu versi 2.2.8. Patch ini menyertakan perbaikan atas pesan error code 16, saat penyimpanan file.
Spesifikasi Minimum: Windows XP, processor 2 Ghz, Harddisk 3,5 GB, VGA 128 MB support pixel shader, DirectX 9.0c Ukuran File: 18,5 MB Nama File: sims3wa228002001_from_ 2086002001.zip Nama Pembuat: EA Download: www. strategyinformer.com/pc/ sims3worldadventures/ patch/33803.html

PhysX System Software 9.09.30

dan telah kompatibel dengan Windows 7. Tak berbeda dengan update pada software lainnya, versi ini pun menyertakan update, antara lain update .dll untuk sdk 2.8.1, dan runtimes untuk SDK 2.8.3.

Disertakan di CD edisi 25/2009 Perbaikan pesan error code 16

Encapsulated Postcript
Atau EPS adalah suatu format file grafis, yang dapat berisikan vektor, teks ataupun bitmap. Suatu file EPS pada intinya adalah suatu file PostScript yang memenuhi pembatasan tambahan. Batasan-batasan yang dimaksud bertujuan membuat software menjadi lebih mudah untuk melakukan embedding file EPS dalam suatu dokumen Postscript lain. EPS mendukung berbagai macam modus pewarnaan, misalnya RGB, Lab, CMYK, Duplex, Warna Berindeks, dan Skala Abu-abu. Selain itu EPS juga menuruni kemampuan PostScript dalam menyajikan berbagai jenis font atau tulisan. File EPS ditandai dengan extension .eps atau .epsf, di mana yang terakhir merupakan kependekan dari Encapsulated PostScript File. Isi dari file EPS dituliskan dalam format teks polos sehingga merupakan suatu format yang nyaman untuk dihasilkan oleh suatu program aplikasi buatan sendiri.

Call of Duty World at War - 1.7 Patch
Salah satu game first person shooter berlatar peperangan dunia kedua adalah Call of Duty: World at War. Pemain dalam game menjalankan misi khusus memerangi kediaman tentara Jepang. Dalam fitur multiplayer, ternyata game ini pun memerlukan perbaikan, dan salah satu patch yang telah dirilis belum lama ini adalah versi 1.7. Patch ini melakukan perbaikan pada crash exploit MP Server, crash voice chat di saat tidak ada default recording device yang terseleksi,
Perbaikan crash dan error fitur multiplayer

error duplicate qport, dan disable team switching. Perlu diketahui, patch ini hanya melakukan update instalasi versi sebelumnya, yaitu 1.6.
Spesifikasi Minimum: Windows XP, Intel PIV 3.0 GHz, RAM 512 MB, Harddisk 8 GB, Video Card nVIDIA GeForce 6600 GT/ATi Radeon 1600 XT Ukuran File: 16,48 MB Nama File: CoDWaW-1.6-1.7-PatchSetup.exe Nama Pembuat: Treyarch Download: www.strategyinformer.com/pc/ patches/callofduty5/patch.html

Untuk mendapatkan tampilan sempurna, objek pada aplikasi game Spesifikasi Minimum: Windows XP, GeForce dibutuhkan dukungan software khu- 8600 GT sus, salah satunya adalah nVIDIA Ukuran File: 34,5 MB PhysX. Beberapa video card nVIDIA Nama File: PhysX_9.09.30_SystemSoftwareyang minimal mendukung PhysX, [Guru3D].exe antara lain GeForce 8600 GT, Nama Pembuat: nVIDIA GeForce 9600 GT, dan GeForce Download: http://downloads.guru3d. 220 GT. com/nVIDIA-PhysX-System-Software-9.09.30Aplikasi ini memungkinkan pe- download-2432.html nampakan objek fisik, seperti efek Disertakan di CD edisi 25/2009 rambut terurai saat angin bertiup, efek ledakan disertai butiran debu di udara, dan sejumlah efek realistis lainnya pada game. Lebih dari 150 game dapat bekerja dengan software PhysX. Versi software ini terus mengalami update. Hingga saat ini telah mencapai versi 9.09.30, Update .dll untuk sdk 2.8.1 dan runtime sdk 2.8.3

Windows XP SP3 (KB972187)
Para cybercrime memanfaatkan fitur browser yang kini telah mampu menayangkan file multimedia secara langsung sehingga menempatkan file multimedia berbahaya pada salah satu halaman website yang kemungkinan dikunjungi user. Hal tersebut telah diketahui mampu mempengaruhi sistem operasi user yang memiliki Windows Media Format Runtime versi 9, 9.5 dan 11

Disertakan di CD edisi 25/2009

pada beberapa produk Windows, dan salah satunya adalah Windows XP SP3. Proses instalasi aplikasi, perubahan data ataupun pembentukan account baru yang full control mungkin saja terjadi sebagai bentuk dari remote code execution, namun bergantung privileges user yang sedang aktif saat itu. Menanggapi hal tersebut, Microsoft telah mengusahakan perbaikan dalam bentuk update yang dikenal dengan KB972187.
Spesifikasi Minimum: Windows XP SP3 Ukuran File: 574 KB Nama File: WindowsXP-WindowsMediaKB972187-x86-ENU.exe Nama Pembuat: Microsoft Download: http://bit. ly/4MoiIq

Disertakan di CD edisi 25/2009 Update Windows Media Format Runtime versi 9,9.5 dan 11

Waspada terhadap File EPS
Sulit bagi user untuk membedakan mana file tipuan dan mana yang asli, terlebih bila file tersebut berekstensi file yang familiar digunakan. Belum lama ini telah terdengar kabar aplikasi desain terkenal, yaitu Adobe Illustrator menghadapi ancaman celah keamanan. Awalnya, user akan mengalami buffer overflow di saat membaca file encapsulated postcript (.eps) berbahaya yang disertai dengna string DSC comment yang terlampau panjang sehingga memicu exploit code injection menggunakan privilege user. Exploit berjalan menggunakan port jaringan 4444 pada komputer user yang menjadi korban, dan memberikan akses pada cybercrime melakukan remote sistem. Sejauh ini, celah keamanan tersebut diketahui berpengaruh pada kedua produk Adobe Illustrator khusus Windows, yaitu versi CS3 (13.0.0) dan CS4 (14.0.0), dan belum diketahui berdampak pula pada Mac OS. Hingga saat ini belum hadir perbaikan, meski pihak Adobe telah diinformasikan. Oleh karena itu user harus waspada. Untuk antisipasi, ada baiknya user tidak membuka fle-file .eps yang berasal dari sumber yang tidak dikenal. (honline.com)
Ancaman dari port 4444

OpenCL
Open Computing Language adalah suatu bahasa universal yang memakai bahasa program C yang digunakan untuk pemanfaatan fitur pengolahan data menggunakan chip GPU. Chip GPU dinilai lebih efektif untuk kalkulasi daripada processor general seperti generasi x86. Bahasa ini memungkinkan pengembang memanfaatkan kekuatan GPU untuk mengerjakan pekerjaan yang melampaui kebutuhan grafis biasa.

nVIDIA ForceWare 195.62
Salah satu driver update yang dirilis nVIDIA belum lama ini adalah nVIDIA ForceWare versi 195.62. Update ini menambahkan dukungan akselerasi GPU bagi video HD yang disertai dengan Adobe Flash 10.1 beta, dukungan GeForce GT 240, dukungan openCL 1.0 bagi GeForce Series 8, dukungan fitur CUDA Toolkit 3, dukungan SLI, dan multi-GPU pada beberapa game. Termasuk di dalamnya Borderlands, Call of Duty: Modern Warfare 2, dan FIFA Soccer 10. Perbaikan performa pun turut
Perbaikan performa dan dukungan SLI dan multi-GPU pada beberapa game

disertakan dalam update ini, salah satunya berdampak pada game Need for Speed: Shift. Bagi pengguna Windows Vista/7 64-bit, silakan gunakan yang versi 64-bit.
Spesifikasi Minimum: Windows Vista Ukuran File: 105,91MB Nama File: 195.62_desktop_win7_winvista_ 32bit_english_whql.exe Nama Pembuat: nVIDIA Download: www.nvidia.com/object/win7_ winvista_32bit_195.62_whql.html

SDK
Software Development Kit adalah merupakan sekumpulan tool untuk membuat software. Biasanya terdapat tool untuk compile source code, debugger, resource file manager dan masih banyak lagi. SDK biasanya berupa suatu instalasi file yang cukup besar karena beberapa terdapat dokumentasi dan contoh dari penggunaan SDK itu.

Disertakan di CD edisi 25/2009

16

25/2009

Blog Aktual

Bebas Rokok
Batangan berisi rajah tembakau ini telah menjelma menjadi buah simalakama. Dilarang akan meru-

gikan negara, pengusaha, pekerja, dan tentu saja penikmat rokok. Dibiarkan akan merugikan kesehatan warga negara, termasuk mereka yang tidak menikmati asap bermuatan tar dan nikotin ini. Tak pelak, buah simalakama ini menjadi kontroversi publik. Salah satunya terlihat jelas dalam pengesahan Undang-undang Kesehatan baru-baru ini. Lupakan masalah politik dan lobi-lobi industri rokok yang beromset gigantis. Mari kita kaji fakta-fakta rokok di blog Bebas Rokok. Dari namanya saja Anda tentu sudah bisa menebak, kemana opini tentang rokok akan dibawa. Ya, blog ini menyajikan serangkaian informasi menarik seputar aktivitas penghentian kebiasaan buruk menghisap asap tembakau. Anda yang ingin berhenti merokok, bisa memulainya dari blog ini.
Info: http://bebasrokok.wordpress.com

Suara dari Jalanan
Salah satu hikmah reformasi adalah terbukanya keran berekspresi yang memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk menyampaikan pendapatnya. Banyak blog yang memanfaatkan kesempatan yang sempat hilang ini, dengan menyampaikan pandangan-pandangan kritis dalam ranah politik. Salah satunya adalah blog Che Gen-

dovara. Blog yang mengusung tagline Suara Perlawanan dari Jalanan ini berisi kumpulan artikel kritis seputar gerakan mahasiswa, trio politikhukum-dan-HAM, lingkungan, dan napza. Anda yang terbiasa membaca artikel-artikel serius pasti terbius dengan sajian kritis blog ini. Blog ini tidak boleh dilewatkan begitu saja bagi Anda yang ingin menambah wawasan, dan mengasah pisau analisis dalam dunia politik, hukum, dan HAM.
Info: http://gendovara.com

Inilah Definisinya!
Blogware
Weblog software. Aplikasi yang dirancang untuk memudahkan pembuatan dan pemeliharaan blog. Sebagai content management system (CMS) spesialis, aplikasi ini mendukung penulisan, pengeditan, dan pempublikasian posting blog dan komentar, dengan fungsi khusus untuk manajemen image, sindikasi web, serta moderasi posting dan komentar.

Blogwalker
Sebutan untuk para netter yang memiliki hobi mengunjungi blogblog. Mereka biasanya berangkat dari sebuah blog, kemudian mengklik link yang disediakan di blogroll.

CMS
Singkatan dari Content Management System. Sekumpulan tool yang didesain untuk membuat, memodifikasi, mengorganisasi informasi dari sebuah website. Untuk menggunakan CMS, seseorang dituntut untuk memahami seluk belu HTML dan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah website. Saat ini banyak aplikasi CMS yang disediakan secara cumacuma, misalnya Mambo, Joomla!, WordPress, dan lain-lain.

Membantu pencandu rokok menghentikan kebiasaannya

Juragan Medis
Tidak dapat dimungkiri, bahwa tema kesehatan merupakan primadona di dunia maya. Demikian pula dengan blog yang mengusung tema ini, yang kerap mendapat perhatian khusus dari para blogwalker. Juragan Medis adalah salah satu blog yang bisa memenuhi hasrat peminat informasi kesehatan. Blog yang ditulis oleh calon dok-

ter ini tergolong padat informasi. Artikel-artikel seputar kesehatan diklasifikasikan dalam kategori Kesehatan Pria, Kesehatan Umum, Kesehatan Wanita, Obat-obatan, dan Teknologi Kesehatan. Di luar posting spesifik di atas, blog ini juga menyediakan kanal khusus untuk menampung tulisan-tulisan umum dalam kategori Refleksi. Meski tidak menyediakan kanal untuk berkonsultasi, informasi-informasi di sini bisa menyegarkan keingintahuan Anda seputar kesehatan.
Info: www.juraganmedis.com

Drupal
Artikel serius seputar politik, hukum, dan HAM

WordPress Menangi CMS Award
Lagi, prestasi ditorehkan oleh WordPress di penghujung 2009 ini. Blogware besutan Matt Mullenweg dan Mike Little ini berhasil mengantungi US$4 ribu sebagai pemenang umum 2009 Open Source CMS Award yang digelar oleh Packt Publishing, penerbit buku spesialis CMS. Kontes ini menerima 12 ribu nominasi dan 23 ribu suara untuk lima kategori yang diadakannya. Selain keluar sebagai juara umum, WordPress didapuk sebagai runnerup pertama dalam kategori Best Open Source PHP CMS, yang dimenangi oleh Drupal. Prestasi ini tentu saja sangat membanggakan karena baru kali pertama dalam lima tahun terakhir, WordPress bisa menggusur Joomla! dalam kategori ini. Tantangan selanjutnya pun tiba bagi WordPress, yakni menggusur posisi si embun biru Drupal. Waktulah yang akan membuktikannya. [Info: http://www. packtpub.com/award]

Sebuah software sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang didistribusikan dibawah lisensi GPL, Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Drupal dapat di-download secara bebas dan dapat digunakan secara bebas juga, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur dan mengorganisir berbagai jenis dari konten pada website.

Informasi-informasi segar seputar kesehatan

Joomla!
Sistem manajemen konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka dan ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di Internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL. Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili yang mengandung arti “kebersamaan”.

Gudangnya Informasi
Blog sedianya merupakan catatan pribadi mengenai segala sesuatu yang dianggap menarik dan bermanfaat untuk dibaca oleh orang lain. Oleh karenanya, blog tradisional memang tidak mengenal tema tertentu. Itulah yang dipertahankan oleh blog Babesajabu. Blog ini tidak mengkhususkan diri

pada tema khusus, dan membuka diri terhadap segala jenis topik. Meski demikian, blog ini tidak berisi curhat pribadi, atau kumpulan ceritacerita keseharian yang --maaf-- tidak berguna bagi khalayak umum. Blog ini memuat berbagai informasi yang unik dan menarik, yang menambah wawasan pengetahuan pembacanya, mulai dari sejarah Nusantara, kesehatan, komputer dan Internet, hingga fakta-fakta unik dari sebuah peristiwa atau kasus tertentu.
Info: http://babesajabu.wordpress.com

Tak bertema, tapi tetap menyajikan informasi menarik

25/2009

17

Aktual Bookmark

Inilah Definisinya!
GUI
Graphical User Interface. Nama generik untuk semua interface komputer yang menggunakan grafis, jendela (window), icon, dan alat penunjuk (pointing device) menggantikan interface dengan karakter murni (command line). GUI kali pertama dikembangkan oleh Xerox, dan kali pertama digunakan pada komputer Mac OS.

Kids Natural News
Kebiasaan makan sejak kecil akan berpengaruh besar terhadap kesehatan seseorang saat dewasa dan tua. Oleh karena itu, orang tua sangat dianjurkan untuk memperhatikan asupan makanan anak-anak mereka sejak kali pertama mengenal makanan pendamping air susu ibu. Website KidsNaturalNews.com menyediakan informasi yang dibutuh-

kan oleh orang tua, terkait makanan yang menyehatkan untuk anak, khasiat aneka bumbu dan herba, vitamin, serta penemuan mutakhir di bidang gizi dan nutrisi untuk mengoptimalkan kesehatan anak. Website ini percaya bahwa cara terbaik untuk mencegah penyakitpenyakit kronis seperti kanker, hepatitis, obesitas, dan diabetes pada orang dewasa, adalah dengan memberikan pengasuhan dan makanan yang sehat sejak masa kanak-kanak. Bagaimana dengan Anda?
Info: http://kidsnaturalnews.com

Hawaii Karate
Anda masih ingat film The Karate Kid? Film yang dibintangi oleh Ralph Macchio dan Pat Morita ini menceritakan bagaimana seorang remaja AS, Daniel LaRusso, yang mempelajari karate langsung dari imigran asal Okinawa, Mr. Miyagi, untuk membela seorang gadis. Ada banyak hal dari film ini yang secara tidak langsung terkait dengan

website Hawaii Karate Museum, misalnya Pat Morita bukanlah orang Jepang, melainkan penduduk asli kepulauan Hawaii, serta karate adalah seni bela diri yang berasal dari Okinawa. Website ini mendokumentasikan menyeberangnya seni bela diri tangan kosong ini (karate secara bahasa berarti tangan kosong) dari Okinawa ke Hawaii. Di sini, Anda dapat melihat foto-foto karateka Jepang yang mengajarkan karate kepada sudara serumpun mereka di Hawaii.
Info: http://museum.hikari.us

IIS
Internet Information Services atau Internet Information Server. HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Layanan ini merupakan layanan terintegrasi dalam Windows 2000 Server, Windows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam application layer.

Melatih pola hidup sehat dan alami, sejak masa kanak-kanak

Dokumentasi menyeberangnya karate dari Okinawa ke Hawaii

Parapsychology
Sejak zaman baheula, manusia selalu tertantang untuk menguak rahasia dunia lain yang tak tercerap oleh inderanya. Informasi-informasi yang bersifat supranatural kerap mendapat perhatian lebih dan dipercaya begitu saja, meski belum tentu kebenarannya. Ramalan suku Maya tentang kiamat 2012 atau syair-syair Nostradamus

Social Networking
Sebutan lain terhadap website komunitas. Sebelumnya, website komunitas hanya didasari oleh kesamaan minat di antara para anggotanya, yang mendapatkan informasi atau berita, serta berkomunikasi melalui forum. Kemudian muncul website komunitas yang dapat menghubungkan antara satu anggota dengan anggota lainnya yang juga dilengkapi dengan daftar kontak/ teman. Intinya, website komunitas ini dapat memberikan susunan jaringan yang dimiliki oleh seorang anggotanya. Website-website inilah yang kemudian lebih dikenal dengan online social networking.

misalnya, banyak dipercaya oleh manusia modern. Kepercayaan atau kepenasaran manusia terhadap kekuatan lain di luar dunianya inilah yang melahirkan sebuah pseudosains yang bernama parapsychology. Nah, ingin tahu lebih dalam tentang apa itu parapsychology? Silakan buka website Parapsychological Association. Website ini menerangkan apa dan bagaimana dunia parapsychology itu sebenarnya, seperti telepati, psikokinesis, pengobatan jarak jauh, dan lain-lain.
Info: www.parapsych.org

Mary Celeste
Pada 4 Desember 1872, kapal dagang Dei Gratia menemukan sebuah kapal yang terkatung-katung di tengah Samudera Atlantik. Semua terlihat wajar dan normal: layarnya masih tertancap, muatannya masih utuh, dan tertata untuk di bawa ke pasar Eropa. Satu hal yang janggal dari kapal bernama Mary Celeste ini, yakni semua penumpangnya hilang! Pada-

hal cuaca di daerah ditemukannya kapal ini baik-baik saja, dan tidak ditemukannya bekas-bekas terjadinya kekerasan. Bagaimana mungkin hal ini bisa terjadi? Ada apa dengan kapal Mary Celeste yang berlayar dari New York menuju Italia tersebut? Simak kisah selengkapnya dari kisah misteri di laut yang sampai saat ini belum terungkap di website Mary Celeste - Fact not Fiction. Temukan juga teori-teori yang muncul berkenaan dengan kejadian janggal ini.
Info: www.maryceleste.net

Menguak kekuatan dari dunia lain

Web Server
Software server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web, yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Web server yang terkenal di antaranya adalah Apache dan IIS. Apache merupakan web server antar-platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows. Web server juga dapat berarti komputer yang berfungsi seperti definisi di atas.

Egyptian Museum
Jejak peradaban kuno Mesir yang telah berusia lebih dari lima millenium masih bisa kita tilasi sampai hari ini. Diduga lebih dari dua juta objek dari peradaban yang pernah eksis di sepanjang Sungai Nil pada 3150 SM kini tersimpan di lebih dari 850 museum, dan tersebar di 69 negara. Website The Global Egyptian Museum berupaya menyatukan objek-

objek yang terserak tersebut dalam satu database museum virtual, yang bisa dikunjungi kapan dan oleh siapa saja. Website ini merupakan proyek jangka panjang yang digawangi oleh International Committee for Egyptology (CIPEG). Di website ini, Anda bisa melihat 1314 objek peninggalan, serta sebuah glosarium yang memuat lebih dari 400 item penjelasan istilah, dan topik Mesir kuno. Cukup banyak objek yang bisa diakses dalam format video 3D yang disertai dengan narasi dari arkeolog.
Info: www.globalegyptianmuseum.org

Teori-teori seputar misteri lenyapnya penumpang kapal Mary Celeste

Write & Publish Book
Menulis dan mempublikasikan buku tentu bukanlah perkara yang mudah. Buktinya, dari sekian kaum terpelajar, hanya segelintir dari mereka yang mampu menulis dengan baik. Dari sekian yang mampu membuat tulisan yang baik, hanya sedikit yang bisa mempublikasikannya sebagai buku. Teori menulis dan mempublikasikan buku memang bisa dipe-

lajari. Namun, tidak semua yang mempelajari teori tersebut bisa mempraktikkannya. Itulah kenyataan dalam dunia kepenulisan dan perbukuan di mana pun dan kapan pun. Bagaimana dengan Anda? Jika Anda memiliki ide yang bagus dan hendak menuliskan dan mempublikasikannya, tidak ada salahnya untuk menilik tip-tip yang disajikan dalam website Write and Publish Your Book. Siapa tahu Anda bisa keluar sebagai yang sedikit dari segelintir penulis yang berhasil mempublikasikan buku!
Info: www.writeandpublishyourbook.com

Widget
Kata bentukan baru dari “window gadget”. Elemen GUI yang menampilkan informasi di halaman web atau desktop. Seperti halnya gadget, widget biasanya berukuran mini dan menjalankan fungsi khusus, misalnya menampilkan informasi web browser, processor, dan sebagainya.
Museum virtual kebudayaan Mesir kuno

Tip-tip menulis dan mempublikasikan buku

18

25/2009

Bookmark Aktual

Check Facebook
Baru-baru ini, pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, melayangkan surat terbuka kepada para pengguna layanan social networking ini, yang berisi ucapan terima kasih karena pengguna Facebook telah mencapai angka 350 juta. Bagi pengguna yang ingin memanfaatkan Facebook sebagai media marketing atau pembentuk opini, angka tersebut sangat signifikan. Anda tentu masih ingat dengan cause atau halaman dukungan terhadap Bibit-Chandra yang berhasil mengumpulkan lebih dari satu juta facebooker tanah air, bukan? Terlepas dari keseriusan facebooker yang bergabung dengan gerakan maya

tersebut, paling tidak kasus BibitChandra mendapat perhatian dari satu juta lebih penduduk Indonesia. Tapi, tahukah Anda berapa sesungguhnya pengguna Facebook dari Indonesia? Berapa kisaran usia mereka? Berapa persen share pengguna laki-laki dan perempuan? Ingin tahu itu semua? Bila ya, segera buka website Check Facebook

yang menampilkan peta demografi pengguna layanan social networking ini. Menurut website ini, pengguna Facebook dari Indonesia berjumlah 11.759.980 (saat tulisan ini dibuat), dan menempati ranking ke-7 pengguna terbanyak di dunia.
Info: www.checkfacebook.com

Daily Mugshot
Para pencandu YouTube pasti ngeh dengan video yang menampilkan foto wajah (mugshot) seorang gadis yang diambil setiap hari selama setahun penuh. Foto tersebut kemudian dijadikan video berdurasi tidak lebih dari satu menit yang menampilkan perubahan wajah si empunya foto selama 365 hari. Video tersebut ternyata menarik perhatian para pengguna YouTube lainnya, dan mereka pun membuat karya yang sama. Memotret wajah sendiri setiap hari, mengumpulkannya selama setahun, dan menjadikannya sebuah tayangan gambar bergerak tentu bukan perkara sepele. Dibutuhkan ketelatenan yang tinggi untuk mendisplinkan diri berdiri di depan kamera, menyimpannya ke dalam PC, dan mengurutkannya secara kronologis. Namun, berkat website Daily Mugshot, perkara yang menun-

Peta demografi pengguna Facebook dari seluruh dunia

Ecosia, Search Engine Peduli Lingkungan
Perubahan iklim, pemanasan global, dan konservasi hutan adalah isu-isu penting yang menuntut keterlibatan kita semua. Bisakah Anda berperan, meski hanya duduk di depan PC setiap harinya? Jawabannya, bisa! Caranya, mulai detik ini gunakanlah Ecosia sebagai search engine Anda! Search engine yang baru diluncurkan awal Desember 2009 ini bertujuan untuk membantu pelestarian hutan hujan tropis di Brasil. Setiap kali menggunakan search engine ini, berarti Anda telah menyelamatkan 2 meter persegi hutan hujan tropis. Delapan puluh persen penghasilan search engine yang didukung oleh Bing dan Yahoo! ini akan disumbangkan kepada World Wildlife Fund (WWF) untuk melindungi hutan hujan tropis. Sampai tulisan ini dibuat, Ecosia telah menyelamatkan 175.638 m² hutan hujan tropis yang dialiri oleh Sungai Amazon ini. Lebih dari setengah hujan hutan tropis di Brasil dibabat dalam 50 tahun terakhir, atau lebih besar dari wilayah Inggris. Kini, saatnya Anda bertindak. [Info: www.ecosia.com]

tut disiplin keras itu menjadi lebih mudah dan sederhana. Anda ingin membuat serial mugshot seperti itu? Tidak ada kata terlambat sama sekali. Anda bisa memulainya hari ini dengan mendaftarkan diri di website di atas, dan memulai pengambilan gambar perdana. Anda cukup duduk di depan PC yang telah dipersenjatai dengan webcam, dengan ponsel kamera, atau dengan kamera digital biasa. Setelah dijepret, foto akan segera masuk ke dalam database account Anda di website ini. Anda pelupa? Tenang, website ini akan mengirimkan pesan pengingat (reminder) kepada Anda untuk segera berpose di depan kamera setiap harinya. Selanjutnya, website ini akan memasukkan setiap foto baru Anda, dan meng-generate-kan videonya secara otomatis. Uniknya, Anda bisa menampilkan video tersebut sebagai widget di Facebook, Blogger, atau blog pribadi. Anda juga bisa melihat langsung video serial foto Anda, dan pengguna lain langsung dari website ini. Menarik, bukan?
Info: www.dailymugshot.com

Memfasilitasi sifat narsisme para netter

Windows 7 Update
Bagaimana pendapat Anda setelah menjajal Windows 7? Semakin tertantang untuk bereksplorasi dengan system operasi teranyar dari Microsoft ini, atau justru sebaliknya ingin segera kembali ke Windows XP yang telah terlanjur akrab? Apapun reaksi Anda setelah mencicipi Windows 7, semuanya pasti disebabkan oleh seabreg fitur baru yang diusungnya, bukan? Bila Anda memilih opsi pertama, dan ingin tahu lebih dalam jeroan system operasi ini, tak ada salahnya untuk mengintip sajian website Windows 7 Update. Bagi yang baru menginstal atau baru merencanakan untuk menginstal Windows 7, dan ingin melihat gambaran kasar fitur-fitur baru yang dikandungnya, Anda bisa langsung meloncat ke kanal Windows 7 Features dengan mengklik link yang ada pada bar menu di sisi kiri halaman index. Di halaman tersebut, Anda akan disodorkan sederet topik fitur baru, seperti Federated Search, Smart Card, Handwriting Recognition, Microsoft Desktop Optimization

Pack (MDOP), AppLocker, XP Mode, dan masih banyak lagi. Bagi yang ingin langsung mempraktikkan tip dan trik Windows 7, dapat langsung masuk ke kanal Windows 7 Tips and Tricks. Kanal ini berisi beberapa topik tip trik seperti bagaimana membuat folder terkompresi, membakar file image ISO, dan membuat disc untuk memperbaiki sistem (system repair). Selain itu, terdapat beberapa file PDF berisi tip trik Windows 7 yang bisa Anda download. Masih di halaman yang sama, Anda akan menemukan beberapa shortcut penting untuk menjalankan perintah di sistem operasi ini. Selain membongkar fitur-fitur gres serta tip dan trik Windows 7, Anda juga bisa membaca berita-berita aktual seputar sistem operasi ini, review software yang menantang untuk dijalankan di atas platform Windows 7, petunjuk dasar bagi pengguna awam, dan masih banyak lagi. Bila memiliki pertanyaan yang belum terpecahkan dengan meng-oprek sendiri, Anda bisa melayangkannya ke website ini melalui form yang disediakan. Jawaban atas pertanyaan tersebut akan dijadikan topik baru dalam pembahasan tip dan trik.
Info: www.windows7update.com

Panduan penggunaan serta tip dan trik Windows 7

25/2009

19

Aktual Linux & Open Source

Inilah Definisinya!
ACPI
Advanced Configuration and Power Interface (ACPI), merupakan sebuah spesifikasi industri yang terbuka yang mengizinkan para desainer perangkat lunak untuk mengintegrasikan fiturfitur manajemen daya dalam sebuah sistem komputer, mencakup perangkat keras, sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasi. Sistem operasi yang mendukung ACPI adalah Windows 98 Second Edition, Windows Millennium Edition, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, serta GNU/Linux dengan kernel versi 2.4.x.

Extend Firefox
Mozilla Project telah mengadakan sebuah kontes yang bertema Extend Firefox, yang dikhususkan untuk pengembangan dan inovasi di dalam penelusuran web lewat add-on pada Firefox 3.5. Hadiah telah diberikan bagi developer yang membuat fitur baru dengan menggunakan kemampuan Firefox 3.5, dan dapat mendemonstrasikan inovasi-inovasi, serta penggunaan open standard. Kategori yang dia-

FLOSS
Free and open source software atau bisa juga disebut dengan F/OSS, FOSS, atau FLOSS (free/libre/open source software) adalah sebuah software dengan lisensi yang bebas untuk memberikan pengguna akses untuk mempelajari, mengubah, dan mengembangkan desain yang dimiliki lewat ketersediaan source code yang ada. Lisensi free software dan open source digunakan oleh banyak paket software.

dakan di antaranya add-on pendatang terbaik, pengembangan add-on terbaik, add-on belanja terbaik, dan add-on pendidikan, dan permainan terbaik. Pemenang untuk Add-on terbaik diraih oleh Chris Finke dengan FireFound, Jeferson Hultmann dengan Multifox, Hsiao-Ting Yu dengan Voyage. FireFound mengirimkan lokasi mesin Anda ke sebuah server aman, dengan pemikiran jika mesin Anda dicuri, mesin tersebut dapat mengirimkan lokasi terakhir dengan menggunakan Geolocation API Firefox untuk membantu melacak keberadaan mesin tersebut. Untuk kategori pengembangan juga ada 3 pemenang grand-prize, yaitu Smart Find oleh Antonio Gomes, Book Burro oleh Jesse Andrews, dan Speed Dial oleh Josep Del Rio.
Info: http://ostatic.com

Dukungan untuk LPIA Berakhir
Beberapa waktu lalu, Steve Kowalik mewakili Canonical memberitahukan bahwa pada distro Ubuntu yang akan datang, yaitu 10.04 (Lucid Acid), tidak akan memiliki dukungan untuk arsitektur LPIA. Namun untuk saat ini, dukungan untuk arsitektur LPIA tetap ada pada seri Ubuntu 9.10 (Karmic Koala). Keputusan ini diambil karena banyak pengguna yang tidak begitu tertarik pada Low-Power Intel Architecture. Oleh karena itu, pengembang memilih untuk menghentikan dukungan ini. Canonical telah menambahkan dukungan untuk LPIA sejak beberapa tahun yang lalu, dan pernah digunakan pada proyek Ubuntu Mobile untuk CPU mobile Intel dengan dukungan untuk lower-

power architecture. LPIA atau LowPower Intel Architecture hampir sama dengan arsitektur IA32, atau dikenal dengan i386 atau x86, namun tidak sama pada optimisasi waktu kompilasi. Canonical tidak merekomendasikan pengguna LPIA untuk memperbarui mesin mereka ke rilis Ubuntu 10.04, dikarenakan masih banyak keterbatasan.
Info: linux.softpedia.com

Lomba Add Ons Firefox terbaik

Keputusan untuk kepentingan bersama

Mandriva Flash 2010

Geolocation
Identifikasi lokasi geografis dunia nyata pada sebuah komputer yang terkoneksi ke Internet, perangkat mobile, dan lain-lain. Data alamat IP geolocation dapat mengandung informasi, seperti negara, wilayah, kota, kode pos, latitude, longitude, dan timezone. Geolocation dapat dilakukan dengan menghubungkan suatu lokasi geografis dengan alamat Internet Protocol, MAC address, RFID, dan sebagainya.

Mandriva kini melirik pasar hardware. Pada pengumuman peluncuran di website www.mandriva.com, tertanggal 26 November 2009, Mandriva telah mengeluarkan produk Mandriva Flash 2010. Mandriva Flash 2010 ideal bagi pengguna yang sering bepergian, dan ingin selalu membawa desktop Mandriva 2010 dalam saku. Ketika dihubungkan ke port USB, tunggu beberapa saat, dan sistem operasi Mandriva Linux 2010 siap untuk digunakan. Mandriva Flash 2010 8 GB bisa digunakan untuk menginstalasikan distro Mandriva 2010 ke dalam workstation pengguna, hanya dengan be- Serasa membawa desktop berapa klik. Mandriva Linux dalam saku

Flash ini bisa juga dipakai pada sistem Windows. Mandriva Flash 2010 memberikan 6 GB sebagai alokasi ruang kosong untuk dapat digunakan sebagai penyimpanan dokumen ataupun yang lainnya. Mandriva Flash 2010 memiliki lokalisasi dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Belanda, dan lain-lain. Mandriva Flash 2010 ini telah tersedia pada Mandriva Store dengan harga berkisar US$ 59,90, dan memiliki garansi selama 5 tahun.
Info: linux.softpedia.com

Kernel Linux 2.6.32
Linuz Torvalds, lead developer Kernel Linux, mengumumkan rilis dari Kernel Linux 2.6.32 yang kini sudah dapat di-download. Rilis kernel ini membawa sejumlah perkembangan untuk filesystem Brtfs, dan memiliki dukungan untuk arsitektur S+core dan ACPI 4.0, dukungan untuk Kernel shared memory atau kernel samepage merging yang akan mengurangi penggunaaan memory ketika menggunakan mesin virtual yang identik, dan 3D untuk kartu grafis ATi Radeon seri 2000, 3000, dan 4000, serta dukungan untuk Intel Moorestiwn. Fitur Devtmps juga memungkinkan untuk

booting tanpa Udev, dan membuat kernel Linux menjadi lebih cepat, dan masih banyak lagi perkembangan lainnya. Menjadikan kernel Linux menjadi lebih baik untuk para pengguna Linux diseluruh penjuru dunia. Linus memberi informasi kalau perubahan terbesar pada perubahan dari 2.6.32 sejak 2.6.31, yaitu perubahan untuk dukungan Brtfs, dan semua per-bdi writeback, yang dikontrol oleh struktur data writeback_ control, untuk menginstrusikan apa yang akan dilakukan oleh kode writeback. Untuk daftar lengkap hardware baru yang didukung, driver tambahan, dan lainnya, dapat dilihat pada url http://kernelnewbies.org/ Linux_2_6_32.
Info: linux.softpedia.com

Dukungan untuk filesystem Brtfs

Ubuntu Mobile
Ubuntu Mobile Internet Device Edition adalah sebuah distribusi ubuntu yang direncanakan untuk dapat berjalan pada platform Intel Mobile Internet Device, mungkin komputer x86 mobile yang akan memiliki dasar pada processor Intel Atom. Di dalamnya akan menggunakan framework GNOME Hildon sebagai dasar GUI.

GUADEC 2010
GUADEC, yang dikenal sebagai konferensi tahunan GNOME, untuk tahun 2010 rencananya akan diadakan di The Hague, Belanda, dari tanggal 24-30 Juli 2010. Konferensi yang akan datang ini diharapkan dapat dihadiri oleh lebih dari 500 peserta untuk mendiskusikan, dan mengarahkan masa depan dari poyek GNOME. GUADE akan mendatangkan anggota dari pengembangan GNOME dan komunitas pengguna pastinya, komunitas FLOSS dari proyek lokal, organisasi, dan perusahaan. Konferensi akan me-

USB
Singkatan dari Universal Serial Bus adalah sebuah spesifikasi untuk menghubungkan komunikasi di antara perangkat dan sebuah host pengontrol (kebanyakan personal computer). USB ditujukan untuk mengganti beberapa port serial dan paralel. USB dapat menghubungkan perangkat computer, seperti mouse, keyboard, kamera digital, printer, flash drive, dan hard drive external.

nuju ke GNOME 3.0 yang akan diluncurkan pada September 2010. Dengan memakai tema 3.0, tiga tema pokok untuk GUADEC 2010, yaitu, Pemerintah, Pendidikan, dan Pengguna. Konferensi akan diadakan di Haagse Hogeschool, institusi pendidikan kejuruan tertinggi di wilayah tersebut, dengan daya tariknya pada open source. Untuk informasi dan pendaftaran bisa dilihat pada situs GUADEC, mulai dari 6 Januari 2010. GUADEC telah berusia 11 tahun, dan mengikuti jejak sukses Gran Canaria Desktop Summit (GCDS).
Info: www.lxer.com

Agenda Virtualisasi Red Hat
Dengan mengusung tema “Breaking Down Virtualization Barrier with Red Hat”, pada 13 November 2009, di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Red Hat mengadakan seminar teknologi virtualisasi pada Red Hat Enterprise Linux 5 (RHEL 5). Hadir sebagai pembicara, Arun Kumar, Senior Director Services & Pre-Sales Red Hat Asia Pasifik/ Jepang, dan Patrick Lim, General Manager Red Hat ASEAN. Acara ini banyak membicarakan seputar solusi virtualisasi bagi pengguna yang telah mendaftar atau Subscription ke layanan RHEL 5. Menurut Arun Kumar, untuk memperkuat solusi virtualisasi, pada September 2008, Red Hat telah mengakuisisi Qumranet, Inc. Red
Solusi virtualisasi dari Red Hat

Hat juga telah mengakuisisi KVM, dan SolidICE/SPICE. Ke depannya, Red Hat akan menggunakan KVM sebagai basis teknologi virtualisasinya. Untuk pengguna RHEL 5 yang sebelumnya sudah menggunakan Xen, tetap akan didukung sampai batas waktu yang tidak terbatas. Patrick Lim juga menjelaskan kalau Jakarta Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia) akan segera menggunakan Red Hat. Hal ini dapat menjadi bukti kepercayaan untuk pengguna lain yang ingin menggunakan Red Hat, karena perusahaan saham seperti Bursa Efek Indonesia selalu terhubung secara online. Sup

Persiapan menuju GNOME 3.0

20

25/2009

Liputan Harga Pasar

Aktual
Harga
50 61 82 50 66 86 50 48 49 54 51 94 98 111 68 53 286 385 229 73 255 65 118 75 235 68 125 165 235 348 275 106 465 400 127 150 103 115 146 153 168 190 196 161 144 224 215 220 269 283 200 215 54 63 186 92 94 122 125 117 308 152 158 138 159 63 67 71 71 75 77 305 106 363 145 72 125 69 145 150 145

Daftar Harga Komputer & Periferal
Produk Spesifikasi PROCESSOR Harga Produk
ASROCK 945G-DVI 71 87 66 70 106 129 179 184 205 203 243 43 51 145 113 114 113 124 149 175 203 283 1.549 169 175 199 245 245 339 235 315 595 299 585 595 55 62 62 73 68 75 87 99 ASROCK ConRoe1333-D667 R1.0 ASROCK ConRoe1333-DVI/H ASROCK ConRoe945G-DVI ASROCK ConRoe945PL-GLAN ASROCK ConRoeXFire-eSATA2 ASROCK G31M-GS ASROCK G31M-S ASROCK G31M-VS ASROCK G41M-S ASROCK N73V-S ASROCK P45DE ASROCK P45TS ASROCK Penryn1600SLI-1100DB ASROCK Wolfdale 1333-GLAN ASROCK Wolfdale1333-D667 ASROCK X48TurboTwins-WiFi ASUS Maximus Extreme ASUS Maximus II Gene ASUS P5B-MX ASUS P5E ASUS P5GC-MX ASUS P5GD2-X ASUS P5GZ-MX ASUS P5K Premium WIFI ASUS P5KPL-AM ASUS P5P43TD (Green) ASUS P5Q ASUS P5Q Deluxe ASUS P5Q Premium ASUS P5Q3 Deluxe/WiFi ASUS P5QL SE ASUS Striker II Extreme ASUS Striker II Formula 117 83 69 109 77 87 75 143 50 99 105 152 144 224 77 92 64 133 74 78 76 122 65 113 80 112 118 110 238 198 117 128 49 93 82 75 112 116 275 250 112 85 93 116 128 104 136 115 53 DFI LP UT X48-T2R DFI LP UT X48-T3RS DFI LT X38-T2R DFI LT X48-T2R ECS GF7050VT-M5 FOXCONN G31MX-K FOXCONN Mars GIGABYTE GA-EP31-DS3L GIGABYTE GA-EP41-UD3L GIGABYTE GA-EP43-DS3L GIGABYTE GA-EP43T-UD3L GIGABYTE GA-EP43-UD3L GIGABYTE GA-EP45-DQ6 GIGABYTE GA-EP45-DS3LR GIGABYTE GA-EP45T-UD3LR GIGABYTE GA-EP45-UD3L GIGABYTE GA-EP45-UD3R GIGABYTE GA-G31M-ES2C GIGABYTE GA-G31M-ES2L GIGABYTE GA-G31M-S2C GIGABYTE GA-G31M-S2L GIGABYTE GA-G41-ES2L GIGABYTE GA-P31-ES3G GIGABYTE GA-P35T-DQ6 GIGABYTE GA-P43-ES3G GIGABYTE GA-X48-DQ6 INTEL DB43LD INTEL DG31PR/B INTEL DG41MJ INTEL DG41RQ/B LGA775, ATI RS600, FSB 1333, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 6400, Dual Channel, Intel Core 2 Duo & Core Quad Support LGA 775, Intel P35, FSB 1600/1333/1066/800 MHz, DDR2 & 3 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P35, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3/DDR2 Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio LGA775, Intel 865GV, FSB 800, AGP 8x, VGA, SATA 150, NIC, USB 2.0, Audio, DDR400, Dual Channel INTEL DG45FC INTEL DG45ID/B INTEL DQ45CB DFI Blood Iron P45-T2RS DFI DK X38-T2R DFI LP DK P35-T2 DFI LP DK P35-T2RS DFI LP DK P45-T2RS Elite DFI LP DK P45-T2RS Plus DFI LP DK P45-T3RSB PLUS DFI LP DK X48-T2RS DFI LP DK X48-T2RSB PLUS DFI LP JR GF9400-T2RS DFI LP JR-P45-T2RS DFI LP LT X48-T3RS DFI LP UT P45-T2RS DFI LP UT P45-T3RS

Kurs US$1 = Rp9.530 per 8 Desember 2009
Spesifikasi

AMD
AMD Athlon 64 X2 5200+ (AM2) AMD Athlon 64 X2 6000+ (AM2) AMD Athlon II X2 240 AMD Athlon II X2 245 AMD Phenom II X2 550 Black Edition AMD Phenom II X3 720 Black Edition AMD Phenom II X4 940 Black Edition AMD Phenom II X4 955 Black Edition AMD Phenom II X4 965 AMD Phenom X4 9500 AMD Phenom X4 9600 AMD Sempron 140 Clock Speed 2.6GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB x2, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) 3.0GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2 (TRAY) 2.8GHz, FSB 2000MT/s, 2MB L2 Cache, Socket AM3 2.9GHz, FSB 2000MT/s, 2MB L2 Cache, Socket AM3 3.1GHz, 6MB L3 Cache, Socket AM3 2.8GHz, 1.5MB L2 Cache, Socket AM3 3.0GHz, 2MB Cache, Quad Core, Socket AM2+ 3.2GHz, 6MB L3 Cache, Socket AM3 3.4GHz, 2MB L2 Cache, Socket AM3 2.2GHz, 4MB Cache, Quad Core, Socket AM2 2.3GHz, 4MB Cache, Quad Core, Socket AM2 2.7GHz 1.8 GHz, FSB 800 MHz, 512Kb Cache, Dual Core, Socket LGA 775 2.33 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 [TRAY] 2.66 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 2.8 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 2.8 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 (Tray) 2.93 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 3.06 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 3.0 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.16 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.3 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.2 GHz, FSB 1600 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA771 (No HSF) 2.33 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66 GHz, FSB 1333MHz, 6 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.83 GHz, FSB 1333MHz, 6 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.83 GHz, FSB 1333 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 3 GHz, FSB 1333 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66 GHz, w/o QPI, w/o HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1156 2.80 GHz, w/o QPI, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1156 2.93 GHz, w/o QPI, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1156 2.66 GHz, QPI 4.8, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 2.93 GHz, QPI 4.8, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 3.06 GHz, QPI 4.8, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 1.8 GHz, FSB 800 MHz, 1 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 (Tray, No HSF) 2.0 GHz, FSB 800 MHz, 1 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.2 GHz, FSB 800 MHz, 1 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.5 GHz, FSB 800 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 (Tray) 2.5 GHz, FSB 800 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.6 GHz, FSB 800 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.80 GHz, FSB 1066 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.93 GHz, FSB 1066 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775

Intel
INTEL Celeron E1400 INTEL Core 2 Duo E6550 INTEL Core 2 Duo E7300 INTEL Core 2 Duo E7400 INTEL Core 2 Duo E7400 INTEL Core 2 Duo E7500 INTEL Core 2 Duo E7600 INTEL Core 2 Duo E8400 INTEL Core 2 Duo E8500 INTEL Core 2 Duo E8600 INTEL Core 2 Extreme QX9775 INTEL Core 2 Quad Q8200 INTEL Core 2 Quad Q8400 INTEL Core 2 Quad Q9400 INTEL Core 2 Quad Q9505 INTEL Core 2 Quad Q9550 INTEL Core 2 Quad Q9650 INTEL Core-i5 750 INTEL Core-i7 860 INTEL Core-i7 870 INTEL Core-i7 920 INTEL Core-i7 940 INTEL Core-i7 950 INTEL Pentium E2160 INTEL Pentium E2180 INTEL Pentium E2200 INTEL Pentium E5200 INTEL Pentium E5200 INTEL Pentium E5300 INTEL Pentium E6300 INTEL Pentium E6500

MOTHERBOARD

AMD Soket AM2
ASROCK A780FullDisplayPort ASROCK A780FULLHD ASROCK A780GM-LE ASROCK A790GXH/128MB ASROCK ALiveNF7G-FullHD ASROCK ALiveXFire-eSATA2 ASROCK AM2NF6G-VSTA ASROCK M3A790GXH/128M ASROCK N68-S BIOSTAR TA790GX XE BIOSTAR TA790GX128M DFI LP DK 790FXB-M2RS DFI LP JR 790GX-M2RS DFI LP UT 790FX-M2R ECS A780GM-A ECS A780GM-A Ultra ECS A780VM-M3 ECS A790GXM-A ECS GF8200A GIGABYTE GA-M52L-S3 GIGABYTE GA-M52L-S3P GIGABYTE GA-M57SLI-S4 GIGABYTE GA-M61PME-S2P GIGABYTE GA-M78SM-S2H GIGABYTE GA-MA74GM-S2H GIGABYTE GA-MA770-UD3 GIGABYTE GA-MA78GM-DS2H GIGABYTE GA-MA78GM-US2H GIGABYTE GA-MA790FXT-UD5P GIGABYTE GA-MA790GP-UD4H J&W JW-790GX-EXTREME J&W JW-790GXT-FUSION MANLI 6100-VALUE MSI K9AG Neo2 Digital MSI K9NBPGM ZOTAC GeForce 8200 AM2+, AMD 780G Chipset, FSB HTB 2600MHz, USB 2.0, Audio, LAN AM2+, AMD 780G + SB700 Chipset, Integrated AMD RV610 graphics, FSB HTB 2600MHz, USB 2.0, Audio, LAN AM2+, AMD 780G/SB700 Chipset, Integrated AMD Radeon HD 3200 graphics, FSB HTB 2600MHz, USB 2.0, Audio, LAN AM2+ / AM2,AMD Phenom™ FX ,DDR2 Dual Channel, SATA II, US 2.0, Audio AM2+, NVidia GeForce 7050 Chipset, FSB HT 1000MHz, USB 2.0, Audio AM2, AMD 480X CrossFire, FSB 1000, PCIe x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel AM2, NVIDIA nForce 405, FSB 1000, PCIe x16, SATAII 300, RAID, NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel AM3, AMD 790GX, FSB 5200MT/S, DDR3 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio AM2+, NVidia 7025, FSB 1000MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio, RAID AM2+, AMD 790GX AM2+, AMD 790GX, Dual Channel DDR2, SATA II, RAID, Audio, USB 2.0 AM2+, AMD 790FX Chipset, FSB Hyper Transport 3.0 & 1.0, DDR2, SATA, RAID, USB 2.0 940 AM2+, AMD 790GX Chipset, FSB Hyper Transport 3.0 & 1.0, DDR2 667/800/1066 MHz, SATA RAID 0, RAID 1 and RAID 0+1, USB 2.0 940, AMD 790FX Chipset, FSB Hyper Transport 3.0 & 1.0, Dual Channel DDR2 800, SATA 300 RAID, USB 2.0, FireWire AM2, AMD 780G, FSB 5200MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio AM2+, AMD 780G AM2, AMD 780V, FSB 5200MT/s, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, SATA, RAID, Audio AM2+, AMD 790GX, FSB 5200MT/s, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, SATA, RAID, Audio AM2+, GeForce 8200, FSB 5200MT/s, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, SATA, RAID, Audio AM2, NVIDIA® nForce 520LE, Dual Channel, USB 2.0, Audio AM2, NVidia nForce 520LE AM2, NVIDIA nForce 570 SLI, PCIe x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel AM2, NVidia GeForce 6100, FSB 1333/1066MHz, SATA 300, USB 2.0, Audio, Dual Channel AM2, NVIDIA GeForce 8200 Chipset, FSB 5200/2000 MT/s, Dual Channel DDR2, USB 2.0, RAID, Audio, LAN AM2, AMD 740G Chipset, FSB 5200/2000 MT/s, Dual Channel DDR2, USB 2.0, RAID, Audio, LAN AM2+, AMD 770, FSB 5200/2000MT/s, DDR2 Dual Channel SATA II, RAID, FireWire, USB 2.0, Audio AM2, AMD 780G Chipset, FSB 5200/2000 MT/s, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, LAN, FireWire AM2+, AMD 780G, FSB 5200/2000 MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio AM2, AMD 790FX AM2+, AMD 790GX, FSB 5200/2000 MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA, RAID, FireWire, USB 2.0, Audio AM2+, AMD 790GX, HyperTransport 3.0/1.0, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio AM2+, AMD 790GX, HyperTransport 3.0/1.0, DDR2 & DDR3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio AM2, Nvidia GeForce 6100, FSB 2000 HyperTransport, PCI-e x16, VGA, SATA , RAID, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel AM2, AMD 690G, FSB 2000 HyperTransport, PCI-Express X16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel AM2 (BULK) AM2+ AM3, AMD 790GX, FSB 5200MT/S, DDR3 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio AM3, AMD 785G, AM3, AMD 790FX, HyperTransport 3.0, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio AM3, AMD 790FX, FSB 5200MT/s, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio AM3, AMD 790GX AM3, AMD 790GX, Hyper Transport 5200MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA II, Audio, USB 2.0 AM3, NVidia nForce 720D, FSB 5200/2000MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio AM3, AMD 785G AM3, AMD 7985G

AMD Soket AM3
ASROCK M3A780GXH/128MB ASROCK M3A785GXH/128M ASUS Crosshair III Formula ASUS M4A79T Deluxe BIOSTAR TA790GX-A3+ BIOSTAR TA790GXB A2+ GIGABYTE GA-M720-US3 GIGABYTE GA-MA785GM-US2H GIGABYTE GA-MA785GT-UD3H

Intel Socket LGA775
ASROCK 4Core1333-FullHD ASROCK 4Core1600P35-WIFI ASROCK 4Core1600Twins-P35 ASROCK 775i65GV

LGA775, Intel 945G, FSB 1066, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 667, Dual Channel, Intel Core 2 Duo & Conroe Support LGA775, Intel 945GC A2, FSB 1333, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 5300, Dual Channel, Intel Dual Core & Core 2 Duo Support LGA775, Intel 945G, FSB 1333, PCI Express x16, VGA, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 667, Dual Channel LGA775, Intel 945G, FSB 1066, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE, USB 2.0, Audio, DDR2 667, Dual Channel LGA775, Intel 945PL, FSB 800, PCI Express x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 533, Dual Channel LGA775, Intel 945P, FSB 1066, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE, USB 2.0, Audio, DDR2 667, Dual Channel LGA775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio (BULK) LGA775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA775, Intel G31, FSB 1333/1066/800, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA775, Intel G41, FSB 1333/1066/800/533MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, NVidia GeForce 7050, FSB 1333/1066/800, DDR2 Memory, SATA, Audio, USB 2.0 LGA 775, Intel P45, Dual Channel DDR2, FSB 2000/1600/1333/1066/800MHz, SATAII, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 2000/1600/1333/1066MHz, DDR2 & 3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, NVidia nForce 650i SLI, 1600/1333/1066/800 FSB, DD2, Dual Channel Memory, Audio, USB 2.0 LGA 775, Intel 945GC, 1333/1066/800/533MHz FSB, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel 945GC A2, FSB 1333/1066/800/533 MHz, DDR2 Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333MHz, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X38 Chipset, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB, Audio, 2.0, RAID LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/1800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, FireWire, eSATA, Audio LGA775, Intel 946GZ, FSB 800, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 667, Dual Channel Intel X38 Chipset, LGA 775, Cross Fire, ATX Factor, Dual Channel 800MHz LGA775, Intel 945GC, FSB 800, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 533, Dual Channel LGA775, Intel 915P, FSB 800, PCI-e x16, SATA 150, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 667, Dual Channel (BULK) LGA775, Intel 945GZ, FSB 800, PCI-e x16, VGA, SATA 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 553, Dual Channel (BULK) LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, Dual GbE, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 1066, Dual Channel LGA 775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio, Express Gate LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, RAID, Audio LGA 775, NVIDIA nForce 790i Ultra SLIâ„¢, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR3, USB 2.0, FireWire, Audio LGA 775, NVidia NForce 780i, FSB 1333/1066/800MHz, SATA 300, USB 2.0, FireWire, Audio, Dual Channel DDR2 800 LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA 775, Intel X38 Chipset, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II 300 LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID 0, RAID 1, RAID 0+1 and RAID 5, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0 LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, SATA II, RAID 0, RAID 1, RAID 0+1 and RAID 5, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48 Express, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, Raid, USB 2.0 LGA 775, Intel X48 Express, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, Raid, USB 2.0, FireWire LGA 775, NVIDIA GeForce 9400 chipset, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, DDR2 Dual Channel, SATA, Raid, LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, SATA II 300, RAID LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio, Firewire LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, SATA II, RAID 0, RAID 1, RAID 0+1 and RAID 5, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48 Express, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, FireWire LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, USB 2.0, Audio, SATA II, RAID, Firewire LGA 775, Intel X38, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, FireWire, Dual Channel, Audio LGA 775, Intel X48 Express chipset, FSB 1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR2 800, SATA II 300, USB 2.0, FireWire, Audio LGA 775, NVidia GeForce 7050, FSB 1333/1066/800/533MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, RAID, USB 2.0, Audio LGA775, Intel G31, FSB 1333/1066/800 MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P35 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P31, FSB 1333, PCIe x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, DES ( Dynamic Energy Saver ), Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel LGA775, Intel G41, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio, SATA II 300 LGA775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 774, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066MHz, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3Dual Channel, RAID, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P45 Chipset, FSB 1333/1066/800MHz, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, RAID, USB 2.0, FireWire, Audio LGA 775, Intel G31, FSB 1600(O.C)/1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR2, Audio, USB 2.0, SATA LGA775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel G31, FSB 1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR2, Audio, USB 2.0, SATA LGA 775, Intel G31 Chipset, FSB 1333/1066/800Mhz, Audio, USB 2.0, VGA, LAN, 6x SATA Controller LGA775, Intel G41, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P31, FSB 1333/1066/800 MHz, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA775, Intel P35, PCIe x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR3 1333, Dual Channel LGA775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, SATA 300, Dual Channel, USB 2.0, Audi LGA775, Intel B43, FSB 1333, PCIe x16, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 6x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support LGA775, Intel G31, FSB 1333, PCIe X16, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 4x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA775, Intel G41, FSB 1333, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 8x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support LGA775, Intel G41, FSB 1333, PCIe X16, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 4x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA775, Intel G45, FSB 1333, HDMI, VGA, GbE NIC, 8-ch Audio, 6x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support LGA775, Intel G45, FSB 1333, PCIe X16, HDMI+DVI, GbE NIC, 8-ch Audio, RAID, 6x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA775, Intel Q45, FSB 1333, PCIe X16, DVI-I+DVI-D, GbE NIC, 6-ch Audio, RAID, 12x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support

25/2009

21

Aktual
Produk
INTEL DQ45CB/B INTEL DQ45EK/B J&W JW-IG31-MKII J&W JW-IP43-S J&W JW-P45D2-ULTRA J&W JW-P45PRO-FUSION MANLI MCP73V MSI G31M3-LS V2 MSI G41M4-F MSI P43 Neo-F MSI P45 Neo2-2FR MSI P45 Neo3-FR MSI PM8M3-V

Liputan Harga Pasar
Spesifikasi
LGA775, Intel Q45, FSB 1333, PCIe X16, DVI-I+DVI-D, GbE NIC, 6-ch Audio, RAID, 12x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA775, Intel Q45, FSB 1333, PCIe X16, DVI-I+DVI-D, GbE NIC, 6-ch Audio, RAID, 10x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA775, Intel G31, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P43, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, NVidia nForce 610i MCP Chipset, GeForce 7050 GPU, DDR2 Single Channel, USB 2.0, Audio, RAID LGA775, Intel G31, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA775, Intel G41, DSB 1333/1066/800Mhz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, FireWire, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA775, VIA P4M800, FSB 800, AGP 8x, SATA 150, NIC, USB 2.0, Audio, DDR400 (BULK)

Harga
140 155 47 66 109 87 53 63 77 92 154 120 52

Produk
PIXELVIEW GeForce 8400GS PIXELVIEW GeForce 8400GS 512 PIXELVIEW GeForce 8500GT 1GB HDMI PIXELVIEW GeForce 8500GT 512 PIXELVIEW GeForce 8500GT Ultra 256 PIXELVIEW GeForce 8600GT PIXELVIEW GeForce 8800GT PIXELVIEW GeForce 8800GT Ultra PIXELVIEW GeForce 9400GT PIXELVIEW GeForce 9500GT PIXELVIEW GeForce 9600 GSO PIXELVIEW GeForce 9600GT PIXELVIEW GeForce 9600GT 1GB PIXELVIEW GeForce 9800GT SPARKLE GeForce 9400GT 1GB SPARKLE GeForce 9400GT 512MB SPARKLE GeForce 9500GT SPARKLE GeForce 9600GT 512MB SPARKLE GeForce GT220 SPARKLE GeForce GT220 SPARKLE GeForce GTS 250 SPARKLE GeForce GTX260 SPARKLE GeForce GTX260 ZOTAC 9600 GT 512MB Synergy ZOTAC 9800 GTX+ ZOTAC GeForce 9500GT 512MB DDR2 ZOTAC GeForce 9500GT 512MB DDR3 ZOTAC GeForce 9600GT Supreme ZOTAC GeForce 9800GT ZOTAC GeForce 9800GT ECO 512 ZOTAC GeForce 9800GT ECO SYNERGY 1GB ZOTAC GeForce GTS 250 ZOTAC GeForce GTS 250 ZOTAC GeForce GTX 275 ZOTAC GTX295

Spesifikasi
8400GS, 256MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 8400GS, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 8500GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Output, HDMI, PCI-e x16 8500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 8500GT, 256MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 8600GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 8800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 8800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9400GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600 GSO, 384MB DDR3, 192-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 1GB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GT, 512MB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, Dual DVI, HDCP, HDMI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, HDMI, HDCP, HDTV GT220, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 GT220, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX260, 1792MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600 GT, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, PCIe x16 9800GTX+, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 9800GT, 1GB DDR3 GTS 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 275, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX295, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4770, 512MB DDR5, 128-bit, DVI, HDMI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV Output, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4350, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4350, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 2GB DDR5, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD5850, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD5870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 HD4770, 512MB DDR5, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD3650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, CrossFireX HD4350, 512MB DDR2, 64-bit, PCI-e x16 2.0 HD4650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4650, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, DVI, PCI-e x16 2.0 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, PCI-e x16 HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, PCI-e x16 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0, TURBO HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD5770, 1GB DDR5, 128-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 HD5850, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD5870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4770, 512MB DDR5, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 D4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD3650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 HD3650, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 HD3850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 X1650PRO, 512MB DDR2, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 HD 2400 PRO, 512MB DDR2, VGA, TV out, DVI-I, UVD, Blu-Ray, HDMI, HDCP, HD Audio, PCI-e x16 HD 3850, 256 MB GDDR 3, 256 bit, DVI-TV-Output, PCI-e x16 2.0 HD 3870, 512MB GDDR 4, 256 bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 HD 4850, 512MB DDR3, 256-bit, HDMI, Dual DVI-I, HDTV-out, HDMI HD 4870, 512MB DDR5, 256-Bit, Dual DVI-I, HDTV, HDMI, HDCP, PCI-e x16 2.0 HD3450, 256MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 HD3650, 256MB GDDR3, 128-bit, Dual DVI, TV-Output, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD3650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, PCI-e x16 HD3870, 512MB GDDR4, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, HDCP, PCI-e x16 2.0 HD3870 X2, 1GB GDDR3, 256-bit, Dual DVI, TV-Out, Blu-Ray, HDTV, HDCP, HDMI, HD Audio HD4550, 512MB DDR3, 64-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4650, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4770, 512MB DDR5, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0

Harga
38 45 84 65 72 97 207 212 56 103 127 147 197 177 54 50 59 96 84 77 144 225 189 94 134 60 66 99 122 117 127 165 145 260 510 80 108 97 142 147 214 320 318 295 40 61 57 75 124 65 77 150 153 237 262 49 93 99 200 179 255 530 285 295 320 435 144 49 41 59 66 84 124 140 129 185 165 210 245 254 270 200 332 435 91 124 225 82 92 152 212 309 53 35 114 178 174 295 34 64 42 198 347 68 81 63 65 76 84 134 110 199

VIDEO CARD

NVIDIA PCI Express
ASUS EN8600GT MAGIC/HTP/512M ASUS EN9400GT/DI/512M ASUS EN9500GT MAGIC/DI/512M ASUS EN9500GT TOP/DI/512M ASUS EN9600GSO MAGIC/HTDP/512M ASUS EN9600GT MATRIX/HTDI/512M ASUS EN9600GT/HTDI/512M ASUS ENGTS250/DK/HTDI/512M ASUS ENGTX295/2DI/1792MD3 BIOSTAR GeForce 9400GT 1GB BIOSTAR GeForce 9400GT 512 BIOSTAR GeForce 9500GT 1GB BIOSTAR GeForce 9600GT BIOSTAR GeForce 9800GT BIOSTAR GeForce GT 210 BIOSTAR GeForce GT 220 BIOSTAR GeForce GTS 250 DIGITAL ALLIANCE GeForce 7200GS 256MB DIGITAL ALLIANCE Geforce 7300GT Sonic DIGITAL ALLIANCE Geforce 7950 GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 8400GS DIGITAL ALLIANCE GeForce 8400GS 256MB DIGITAL ALLIANCE Geforce 8500GT Sonic 256MB DIGITAL ALLIANCE GeForce 9400GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 9500GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 9600GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 9600GT Sonic 1GB DIGITAL ALLIANCE GeForce 9600GT Sonic 512 DIGITAL ALLIANCE GeForce 9800GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 9800GT DIGITAL ALLIANCE GeForce GTS 250 Green DIGITAL ALLIANCE GeForce GTX 275 DIGITAL ALLIANCE GeForce GTX 285 DIGITAL ALLIANCE GTS 250 DIGITAL ALLIANCE GTX 260 216SP Sonic DIGITAL ALLIANCE GTX 260 216SP Sonic DIGITAL ALLIANCE GTX 295 GIGABYTE GeForce 9500GT DDR3 GIGABYTE GV-N250ZL-1GI GIGABYTE GV-N26-896H-B GIGABYTE GV-N295-18I-B GIGABYTE GV-N94TOC-1GH GIGABYTE GV-N94TOC-1GI GIGABYTE GV-N95TD3-512I GIGABYTE GV-N95TOC-512i GIGABYTE GV-N96TZL-512i GIGABYTE GV-N98TOC-1GH GIGABYTE GV-N98TZL-512H GIGABYTE GV-N98XPZL-1GH GIGABYTE GV-NX84G256H GIGABYTE GV-NX86S256H GIGABYTE GV-NX96T1GHP GIGABYTE GV-NX98X512H-B LEADTEK WINFAST GeForce GTS 250 LEADTEK WINFAST GeForce GTX 275 LEADTEK WINFAST GeForce GTX 285 LEADTEK WINFAST GeForce GTX 295 LEADTEK WINFAST GTX 280 LEADTEK WINFAST PX7200GS TDH 256MB LEADTEK WINFAST PX8400GS 256MB LEADTEK WINFAST PX8400GS 512MB LEADTEK WINFAST PX8500GT 512MB LEADTEK WINFAST PX8600GT 256MB LEADTEK WINFAST PX9400GT 512 DDR2 LEADTEK WINFAST PX9500GT 512 DDR3 LEADTEK WINFAST PX9600 GT LEADTEK WINFAST PX9600GT LEADTEK WINFAST PX9800 GT LEADTEK WINFAST PX9800 GTX+ MANLI GeForce 7200GS MANLI GeForce 9400GT MANLI GeForce 9500GT MANLI GeForce 9600GT MANLI GeForce GTS 250 MANLI GeForce GTS 250 MANLI GeForce GTX 260 MANLI GeForce GTX 275 MANLI GeForce GTX 295 8600GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 9400GT, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 9600 GSO, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, Dual DVI, HDTV, TV-Out, HDMI GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 295, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 9500GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 GT210, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 GT220 1GB DDR3, 128-bit, DVI, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 7200GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 7300 GT, 256MB DDR3, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 7950 GT, 512MB DDR3, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 (BULK) 8400GS, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 8400GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 8500 GT, 256MB DDR3, DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 9500GT, 1GB DDR2, 128-bit 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTS 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 275, 896MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 200, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 260, 1792MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 200 x2, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTS 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 295, 1792MB DDR3, 2x 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800 GT, 1GB DDR3, 256Bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800 GTX+, 1GB DDR3, 256Bit, DVI, TV-Out, HDPC, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 8400GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 8600GTS, 256MB GDDR3, Dual DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 9600GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GTX, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDTV, HDCP, PCI-e x16 2.0 GTS 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 275, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 285, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 295, 1792MB, 896-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 7200 GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 8400GS, 256MB GDDR2, DVI, TV-Out, Fan, PCIe x16 8400GS, 512MB GDDR2, DVI, TV-Out, Fan, PCIe x16 8500GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, Heatpipe, PCIe x16 8600GT, 256MB DDR3, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 9600 GT, 1024MB GDDR3, 256-bit, DVI, HDTV 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, PCI-e x16 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit 7200GS, 256MB DDR2, 64-bit, DVI, TV Out, PCI-e x16 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, Dual DVI, TV-Out, PCI-e x16 GTX 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 GTX 275, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 295, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 80 64 84 98 96 169 134 185 560 55 47 60 79 106 49 80 129 29 48 303 38 33 56 54 65 97 127 117 137 120 152 255 364 157 207 263 502 98 193 365 565 70 70 91 74 120 160 179 224 44 102 155 233 180 290 410 535 395 27 38 41 64 88 58 73 130 110 125 145 28 48 67 99 168 149 205 255 512

ATI PCI Express
ASUS EAH4650/DI/1GD2 ASUS EAH4670/DI/1GD3 ASUS EAH4670/DI/512M ASUS EAH4770 FORMULA/DI/512MD5 ASUS EAH4830/HTDP/512MD3 ASUS EAH4850/HTDI/512M ASUS EAH4870 DK/HTDI/1GD5 ASUS EAH4870/HTDI/512M ASUS EAH4890/HTDI/1GD5 BIOSTAR HD4350 BIOSTAR HD4650 BIOSTAR HD4650 BIOSTAR HD4670 BIOSTAR HD4850 DIGITAL ALLIANCE HD4650 DIGITAL ALLIANCE HD4670 DIGITAL ALLIANCE HD4870 DIGITAL ALLIANCE HD4870 Green DIGITAL ALLIANCE HD4890 DIGITAL ALLIANCE HD4890 Sonic GIGABYTE GV-R435OC-512i GIGABYTE GV-R467D3-512I GIGABYTE GV-R467ZL-1GI GIGABYTE GV-R485OC-1GH GIGABYTE GV-R485ZL-512H GIGABYTE GV-R487D5-1GD GIGABYTE GV-R487X2-2GH-B GIGABYTE GV-R489-1GH-B GIGABYTE GV-R489OC-1GD GIGABYTE GV-R585D5-1GD-B GIGABYTE GV-R587D5-1GD-B GIGABYTE HD4770 HIS HD3650 512MB HIS HD4350 HIS HD4650 HIS HD4650 HIS HD4670 ICEQ DDR3 HIS HD4850 512 Platinum HIS HD4850 512MB DDR3 IceQ4 HIS HD4850 iCooler IV 512 HIS HD4870 1GB DDR5 Platinum HIS HD4870 512 Platinum HIS HD4870 IceQ4+1GB HIS HD4890 HIS HD4890 Turbo HIS HD4890 Turbo+ 1GB HIS HD5770 HIS HD5850 HIS HD5870 MANLI HD4670 MANLI HD4770 MANLI HD4870 POWERCOLOR HD3650 POWERCOLOR HD3650 Extreme POWERCOLOR HD3850 POWERCOLOR HD4850 POWERCOLOR HD4870 PCS+ POWERCOLOR X1650Pro 512MB SAPPHIRE HD 2400 1GB HM SAPPHIRE HD 3850 256MB SAPPHIRE HD 3870 512MB SAPPHIRE HD 4850 (Blue PCB DUAL Slot Fan Cooler) SAPPHIRE HD 4870 TOXIC 512MB Vapor Chamber SAPPHIRE HD3450 1GB Hyper Memory SAPPHIRE HD3650 SAPPHIRE HD3650 512 DDR2 SAPPHIRE HD3870 Toxic SAPPHIRE HD3870 X2 SAPPHIRE HD4550 SAPPHIRE HD4650 1GB SAPPHIRE HD4650 HDMI HM 1GB SAPPHIRE HD4650 HM 1GB SAPPHIRE HD4670 SAPPHIRE HD4670 1GB Arctic Cooling SAPPHIRE HD4770 Arctic Cooling SAPPHIRE HD4830 SAPPHIRE HD4850 1GB

22

25/2009

Liputan Harga Pasar
Produk
SAPPHIRE HD4850 X2 SAPPHIRE HD4870 1GB SAPPHIRE HD4890 SAPPHIRE HD5750 SAPPHIRE HD5770 SAPPHIRE HD5850 SAPPHIRE HD5870 SAPPHIRE RADEON X1550 SAPPHIRE X1550 SAPPHIRE X1650 PRO 512MB DDR2 XFX HD4650 XFX HD4670 XFX HD4770 XFX HD5850

Aktual
Harga
Rp. 1,745,000 Rp. 1,895,000 Rp. 1,695,000 Rp. 2,699,000 Rp. 2,745,000 Rp. 2,745,000 Rp. 2,945,000 Rp. 2,245,000 Rp. 3,150,000 Rp. 2,250,000 Rp. 3,100,000 Rp. 1,095,000 Rp. 5,595,000 Rp. 4,895,000 Rp. 2,195,000 Rp. 2,885,000 Rp. 3,895,000 Rp. 2,915,000 Rp. 2,195,000 Rp. 3,195,000 Rp. 2,100,000 Rp. 4,950,000 Rp. 1,725,000 Rp. 1,590,000 Rp. 2,100,000 Rp. 1,775,000 Rp. 2,945,000 Rp. 4,450,000 Rp. 1,295,000 Rp. 1,245,000 Rp. 1,345,000 Rp. 2,590,000 Rp. 1,495,000 Rp. 2,145,000 Rp. 1,675,000 Rp. 2,545,000 Rp. 2,645,000 Rp. 2,195,000 Rp. 1,845,000 Rp. 1,695,000 Rp. 1,075,000 Rp. 1,790,000 Rp. 1,495,000 Rp. 1,500,000 Rp. 4,355,000 Rp. 1,230,000 Rp. 1,495,000 Rp. 2,095,000 Rp. 3,795,000 Rp. 3,685,000 Rp. 3,290,000 Rp. 4,400,000 Rp. 2,495,000 Rp. 2,695,000 Rp. 2,780,000 Rp. 2,499,000 Rp. 3,245,000 Rp. 3,565,000

Spesifikasi
HD4850, 2GB DDR3, 2x 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD5750, 1GB DDR5, 128-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 HD5770, 1GB DDR5, 128-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 HD5850, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 HD5870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 X1550, 256MB DDR2 (HyperMemory 1GB), DVI, TV-Out, PCI-e x16 X1550, 256MB DDR2, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 X1650, 512MB DDR2, 128 bit, DVI, TV-Out, PCIe x16 HD4650, 512MB DDR2, HDTV, TV Out, Dual-Link DVI, PCIe x16 HD4670, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 HD4770, 512MB DDR5, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD5850, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0

Harga
405 240 299 165 196 300 420 28 30 40 65 89 158 315

Produk
KODAK EasyShare M1073 IS Black KODAK EasyShare M1093 KODAK EasyShare M863 Black KODAK EasyShare V1073 KODAK EasyShare V1233 KODAK EasyShare V1273 KODAK EasyShare Z1012 IS KODAK EasyShare Z1085 IS KODAK Easyshare Z812 IS

Spesifikasi
10.2 Megapixel, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 32MB Internal, MMC/SDHC Card Slot, USB 2.0 10 Megapixel, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 3.0” LCD Color, Li-Ion Battery, 32MB Internal Memory, SD/SDHC Slot 8.2 Megapixel, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 16MB Internal Memory, USB 2.0, SD/SDHC/MMC Slot, Video, 2.7” LCD. 10 Megapixel, 3x Optical Zoom, 32MB Internal Memory, SD/SDHC Slot, Li-Ion Battery, USB 2.0. 12.1 Megapixels, 3X Optical Zoom, 5X Digital Zoom, 32MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display - FREE Memory 1GB, Softcase 12 Megapixels, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, SD/MMC Slot,3.0” Touchscreen LCD, USB 2.0 10 Megapixel, 12x Optical Zoom, SD/SDHC Slot, 32MB Internal Memory, Li-Ion Battery, USB 2.0. 10 Megapixel, 5x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 2.5” LCD Color, 32MB Internal Memory, SD/SDHC Slot. 8.2 Megapixel, 12x Optical Zoom, 4.2 Digital Zoom, SD Slot, 32MB Internal Memory, FREE Memory 1GB & Softcase 8.1 Megapixel, 12x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 21MB Internal Memory, SD/SDHC Slot, Li-Ion battery, USB 2.0 10 Megapixels, 15x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 44MB Internal Memory, SD Card Slot, Video Recording, 3.0” LCD Display 8.0 Megapixels, 3.6x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 20MB Internal Memory, SD/SDHC Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display 13.5 Megapixels, 4x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 48MB Internal Memory, SD/SDHC Memory Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD 12.1 Megapixels, 24x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 47MB Internal Memory, SD/SDHC Memory Card Slot, Video Recording, 3” Vari-angle LCD 10 Megapixels, 3x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 44MB Internal Memory, SD Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 10 Megapixels, 3x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 44MB Internal Memory, SD Card Slot, Video Recording, 3.0” LCD Display 12.2 Megapixels, 4x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 45MB Internal Memory, SD Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display 10.1 Megapixels, 5x Optical Zoom, 5.6x Digital Zoom, 14.7MB Internal Memory, xD and micro SD Card Compatible, Video Recording, 2.7” LCD Display. Free Micro SD 4 gb. 10 Megapixels, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 48MB Internal Memory, xD and micro SD Card Compatible, Video Recording, 2.7” LCD Display. 10 Megapixels, 7x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, xD and micro Card Compatible, Video Recording, 3.0” LCD Display. 8 Megapixels, 5x Optical Zoom, 5.6x Digital Zoom, 14.8MB Internal Memory, xD and Micro SD compatible Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display. Free Micro SD 4 gb. 12 Megapixels, 3.6x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, xD and micro Card Compatible, Video Recording, 2.7” LCD Display. 8 Megapixel, 3x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 20.5MB Internal, xD Picture Slot, 2.5” LCD USB 2.0 10 Megapixel, 3x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 20.5MB Internal, xD and Micro SD compatible, 2.4” LCD, USB 2.0. 10 Megapixels, 3x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, xD and micro Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display. 8.0 Megapixels, 5x Optical Zoom, 20x Digital Zoom, 20.5MB Internal Memory, xD Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display. Free Xd card 1 GB 12 Megapixels, 5x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, xD and micro Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display. 10 Megapixels, 20x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, xD Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display. 8.1 Megapixel, 3x Optical Zoom, 3x Digital Zoom, 2.4” TFT LCD, 2x AA Baterries, 11MB Internal Memory, SD/SDHC Slot 8.1 Megapixels, 3x Optical Zoom, 3x Digital Zoom, 9MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, 2.5” LCD Display 10.2 Megapixels, 3x Optical Zoom, 3x Digital Zoom, 11MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, 2.5” LCD Display 8.2 Megapixels, 5x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 190MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 3.0” LCD Display 7.2 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 16MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 7.2 Megapixels, 3.6x Optical Zoom, 18x Digital Zoom, 450MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 3.0” LCD Display 8.2 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 10MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 10.1 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 20MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.4” LCD Display 12.4 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 20MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 8.1 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 20MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 10.2 Megapixels, 3x Optical Zoom, 3x Digital Zoom, 9MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, 2.7” LCD Display 10.1 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 45MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 6.0 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 16MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 8.1 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 20MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display 8.2 Megapixels, 5x Optical Zoom, 55x Digital Zoom, 20MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 7.1 Megapixel, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 2.5” TFT LCD, USB 2.0, Lithium-Ion Battery 9.1 Megapixels, 10x Optical Zoom, 30x Digital Zoom, 15MB Internal Memory, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 3.0” LCD 7.2 Megapixels, 3x Optical Zoom, 2x Digital Zoom, Memory Stick Duo/Memory Stick Pro Duo Slot, 2.4” LCD TFT 10.1 Megapixels, 3x Optical Zoom, 6x Digital Zoom, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 2.4” LCD. 12.1 Megapixels, 4x Optical Zoom, 8x Digital Zoom, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 2.7” LCD. 10.1 Megapixel, 5x Optical Zoom, 10x Digital Zoom, 3.5” LCD 4MB Internal, MS Duo/PRO Duo Slot, USB 2.0 10.1 Megapixel, 4x Optical Zoom, 8x Digital Zoom, 3.5” LCD, 4GB Internal, MS Duo/PRO Duo Slot, USB 2.0 10 Megapixel, 4x Optical Zoom, 3x Digital Zoom, 15MB Internal Memory, Memory Stick Pro Slot,USB 2.0 12.1 Megapixel, 4x Optical Zoom, 10x Digital Zoom, 3.5” LCD, 4MB Internal, MS Duo/PRO Duo Slot, USB 2.0 8.1 Megapixels, 5x Optical Zoom, 10x Digital Zoom, 15MB Internal Memory, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 2.7” LCD 10.1 Megapixels, 5x Optical Zoom, 10x Digital Zoom, 15MB Internal Memory, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 2.7” LCD, Free 1GB Memory 12.1 Megapixels, 4x Optical Zoom, 8x Digital Zoom, 15MB Internal Memory, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 2.7” LCD 12.1 Megapixels, 4x Optical Zoom, 8x Digital Zoom, 15MB Internal Memory, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 3.0” LCD 12.1 Megapixels, 5x Optical Zoom, 10x Digital Zoom, 11MB Internal Memory, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 2.7” LCD 12.1 Megapixels, 5x Optical Zoom, 10x Digital Zoom, 11MB Internal Memory, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 3.0” LCD

MEMORY

DDR 2
A-DATA 1GB DDR2 800 Gaming A-DATA 1GB Kit DDR2 800 Extreme A-DATA 2GB Kit DDR2 800 Extreme A-DATA 4GB Kit DDR2 800 Extreme A-DATA DDR2-800X 1GB Kit A-DATA DDR2-800X-2GB Kit CORSAIR CM2X2048-6400C5 CORSAIR TWIN2X2048-6400 Gaming Series, 1GB, DDR 800 PC2-6400 Extreme, 2x 512MB, DDR2 800 PC-6400 Extreme, 2x 1GB, DDR2 800 PC-6400 Extreme, 2x 2GB, DDR2 800 PC-6400 X Series, 2x 512MB, PC2-6400 X Series, 2x 1GB, PC2-6400 2GB Kit DDR2 800, PC-6400 2x 1024MB DDR2 800 PC2-6400, TWIN2X, Black Heat Spreader, Special Tunned for Asus A8N/P5N Series CORSAIR TWIN2X2048-6400C4DHX 2x 1GB DDR2 800 PC-6400, CL 4, XMS2 DHX Series CORSAIR TWIN2X2048-8500C5D 2x 1024MB DDR2 1066 PC-8500, TWIN2X, Dominator CORSAIR TWIN2X4096-6400C4DHX 2x 2GB DDR2 800, PC6400, CL4, XMS2DHX Series CORSAIR TWIN2X4096-8500C5DF 2x 2GB DDR2 1066 PC-8500, CL5, Dominator, Airflow Fan CORSAIR VS1GB667D2 1GB DDR2 667 PC-5300, Value Select CORSAIR VS256MB533D2 256MB DDR2 533 PC-4200, Value Select CORSAIR VS2GB667D2 2GB DDR2-667 SDRAM PC-5300 CRUCIAL Ballistix 2GB Kit PC-6400 2x 1GB DDR2 800, PC-6400, BL2KIT12864AA80A CRUCIAL Ballistix 4GB Kit PC-6400 2x 2GB DDR2 800, PC-6400, BL2KIT25664AA80A CRUCIAL Ballistix Tracer 2GB Kit PC-8500 2x 1GB DDR2 1066, PC-8500, BL2KIT12864AL1065 CRUCIAL Ballistix Tracer 4GB Kit PC-6400 2x 2GB DDR2 800, PC-6400, BL2KIT25664AL80A GSKILL 1GB DDR2 PC-6400 Value 1GB DDR2 800 PC2-6400, Value, CL 5 GSKILL 2GB DDR2 PC-6400 Value 2GB DDR2 800 PC2-6400, Value, CL 5 KINGSTON KHX6400D2K2/4G 4GB Kit DDR2 800, PC-6400, HyperX KINGSTON KVR667D2N5/1G 1024MB DDR2 667 PC-5300, Value RAM KINGSTON KVR667D2N5/2G 2048MB DDR2 667 PC-5300 KINGSTON KVR667D2N5/512 512MB DDR2 667 PC-5300, Value RAM KINGSTON KVR667D2N5K2/2G 2x1GB DDR2 667 PC-5300, Value RAM KINGSTON KVR800D2N5/1G 1024MB DDR2 800 PC-6400, Value RAM KINGSTON KVR800D2N5/2G 2GB DDR2, PC-6400 KINGSTON KVR800D2N5/512 512MB DDR2 800 PC-6400, Value RAM KINGSTON KVR800D2N6/1G 1GB DDR2 800, PC-6400 CL6 MCPRO 1GB PC-5300 1GB DDR2 667 PC-5300 MVM 1024MB PC-5300 1024MB DDR2 667 PC-5300 MVM 1024MB-PC 6400 1024MB DDR2 800 PC-6400 MVM 2048MB - PC 6400 2048MB DDR2 667 PC-6400 MVM 2GB DDR2 PC-5300 2GB DDR2 667 PC-5300 MVM 512MB PC-5300 512MB DDR2 667 PC-5300 MVM 512MB PC-6400 512MB DDR2 800 PC-6400 TEAM TEDD1024M800HC5 1GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader TEAM TEDD2048M800HC5DC 2x 1GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader TEAM TEDD4096M800HC5DC 4GB Kit 800 (2 x 2GB) PC2-6400, Elite, CL5, Heat Spreader TEAM TEDDD2048M800HC5 2GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader TEAM TXDD2048M1066HC5DC 2x 1GB DDR2 1066 PC2-8500, Xtreem, CL 5, Heat Spreader TEAM TXDD2048M1200HC5DC 2x 1GB DDR2 1200 PC2-9600, Xtreem, CL 5, Heat Spreader V-GEN 1024MB PC-4200 1024MB DDR2 533 PC-4200, 16 IC V-GEN 1024MB PC-5300 16IC 1024MB DDR2 667 PC-5300, 16 IC V-GEN 1024MB PC-6400 1024 MB DDR2 800 PC-6400, 16 IC V-GEN 2GB PC-5300 2GB DDR2 533 PC-5300, 16 IC V-GEN 2GB PC-6400 2GB DDR2 PC-6400, 16 IC V-GEN 512MB PC-4200 512MB DDR2 533 PC-4200, 8 IC V-GEN 512MB PC-5300 512MB DDR2 667 PC-5300, 8 IC V-GEN 512MB PC-6400 512MB DDR2 800 PC-6400, 8 IC VISIPRO 1GB PC-5300 1GB DDR2 667 PC-5300, 8 IC VISIPRO 1GB PC-6400 1GB DDR2 800 PC-6400, 16 IC VISIPRO 2GB PC-5300 2GB DDR2 667 PC-5300, 16 IC VISIPRO 2GB PC-6400 2GB DDR2 800 PC-6400 VISIPRO 512MB PC-5300 512MB DDR2 667 PC-5300 26.50 23 49 89 28 48 56 60 75 89 126 167 30 18 52 70 100 80 115 25 41 118 29 52 20 49 30 53 20 29 19 23 21 47 44 13 13 30 55 96 51 Rp. 900000 134 Rp. 198000 Rp. 275000 Rp. 285000 Rp. 490000 Rp. 495000 Rp. 118000 Rp. 150000 Rp. 155000 Rp. 285000 Rp. 290000 Rp. 495000 Rp. 500000 Rp. 140000 Rp. 1,305,000 96 87 105 65 Rp. 750000 Rp. 975000 Rp. 3,500,000 215 103 375 88 165 38.50 125 Rp. 2,650,000 Rp. 3,195,000 Rp. 2,295,000 Rp. 3,995,000 Rp. 4,345,000 Rp. 1,675,000 Rp. 2,245,000 Rp. 2,345,000 Rp. 1,295,000 Rp. 5,545,000 Rp. 4,395,000 Rp. 3,195,000 Rp. 1,295,000 Rp. 1,150,000 Rp. 1,245,000 Rp. 2,099,000

KODAK EasyShare Z8612 IS NIKON CoolPix L100 NIKON CoolPix L19 NIKON CoolPix P6000 NIKON CoolPix P90 NIKON CoolPix S220 NIKON CoolPix S230 NIKON CoolPix S620 OLYMPUS µ 1010 Black OLYMPUS µ 1040 Black OLYMPUS µ 1060 Black OLYMPUS µ 840 Black OLYMPUS µ TOUGH 8000 Silver OLYMPUS FE-20 Black OLYMPUS FE-25 Silver OLYMPUS FE-3000 Gold OLYMPUS FE-330 Silver OLYMPUS FE-5010 Black OLYMPUS SP 570 SAMSUNG Digimax S860 Silver SAMSUNG ES10 Black SAMSUNG ES15 Silver SAMSUNG i85 Silver SAMSUNG L730 Red SAMSUNG L74 Black SAMSUNG L830 Silver SAMSUNG NV15 SAMSUNG NV20 SAMSUNG NV8 SAMSUNG PL50 Silver SAMSUNG S1030 SAMSUNG S630 Silver SAMSUNG S830 Black SAMSUNG S85 Black SANYO VPC-E760 Gold SONY CyberShot DSC-H50 SONY CyberShot DSC-S730 SONY CyberShot DSC-S930 Black SONY CyberShot DSC-S980 Silver SONY CyberShot DSC-T500 Black SONY CyberShot DSC-T700 Grey SONY CyberShot DSC-T77 Silver SONY CyberShot DSC-T900 Red SONY CyberShot DSC-W150 SONY CyberShot DSC-W170 Gold SONY CyberShot DSC-W220 Silver SONY CyberShot DSC-W230 Silver SONY CyberShot DSC-W270 Silver SONY CyberShot DSC-W290 Black

SPEAKER
ALTEC LANSING VS3251 CREATIVE Inspire T6100 CREATIVE Inspire T6160 CREATIVE Inspire T6200 CREATIVE SBS A500 DIVOOM XFORCE 1H EDIFIER M3350 EDIFIER S550 LOGITECH G51 LOGITECH X-540 LOGITECH Z-5500 SONICGEAR Blue Thunder II R SONICGEAR Enzo 7000 SONICGEAR Spectra 2000 SONY SRS-D511 CANON Digital Ixus 100 IS Red CANON Digital Ixus 110 IS Silver CANON Digital Ixus 85 IS CANON Digital Ixus 980 IS Black CANON Digital Ixus 990 IS Silver CANON PowerShot A1000 IS CANON PowerShot A2000 IS Silver CANON PowerShot A2100 IS Black CANON PowerShot A480 Black CANON PowerShot SX1 IS CANON PowerShot SX10 IS CANON PowerShot SX110 IS KODAK EasyShare C1013 KODAK EasyShare C180 KODAK EasyShare C913 KODAK EasyShare M1033 Black 5.1 Speaker System, 70 Watts RMS 5.1 Multimedia Speaker System - 8 Watts RMS + 26 Watts RMS (subwoofer) 5.1 Speaker System, 6 Watts RMS per channel (5 channels), 20 Watts RMS subwoofer 5.1 Speaker, Front/rear satellites 4x 7.5 Watts, Centre satellite speaker 18 Watts, Subwoofer 22 Watts 5.1 Multimedia Speaker System - 6 Watts RMS + 17 Watts RMS (subwoofer) 5.1 Speaker System, 100 Watts RMS 5.1 Speaker Systems, 5Wx4 + 10W + 15W 5.1 Speaker System, 32Wx5 + 120W 5.1 Gaming Speaker System with Control Pod, 155 Watts RMS 5.1 Surround Speaker System with Control Pod, 70 Watts RMS 5.1, 500 W rms, THX, Dolby Digital, DTS, digital input, optic out 5.1 Speaker System, 80 Watts RMS 5.1 Speaker System, 170 Watts RMS 5.1 Speaker System, 28 Watts RMS 5.1 Speaker System, 50 Watts RMS

KAMERA POKET
12.1 Megapixels, 3X Optical Zoom, 4X Digital Zoom, SD/MMC Card Slot, 2.5” TFT LCD. 12.1 Megapixels, 4X Optical Zoom, 4X Digital Zoom, SD/MMC Card Slot, 2.8” TFT LCD. 10.0 Megapixels, 3X Optical Zoom, 4X Digital Zoom, SD/MMC Card Slot, 2.5” LCD. 14.7 Megapixels, 3.7X Optical Zoom, 4X Digital Zoom, SD/MMC Card Slot, 2.5” TFT LCD. 12 Megapixels, 5X Optical Zoom, 4X Digital Zoom, SD/MMC Card Slot, 3.0” TFT LCD. 10 Megapixel, 4x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, SD/SDHC/MMC Slot, 2.5 TFT LCD. 10 Megapixel, 6x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, SD/SDHC/MMC Slot, 3.0 TFT LCD. 12.1 Megapixel, 6x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, SD/SDHC/MMC Slot, 3.0 TFT LCD. 10 Megapixels, 3.3X Optical Zoom, , SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 10 Megapixels, 20x Optical Zoom, SD/MMC Slot, HDMI, 3.0” TFT LCD. 10 Megapixels, 4x Digital Zoom, 2.5 “ TFT LCD, SD/MMC Slot, 4x AA Baterry, USB 2.0 9 Megapixels, 4x Digital Zoom, 3.0” TFT LCD, SD/MMC Slot, USB 2.0, AA Alkaline Battery 10 Megapixel, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 2.4” LCD Color, 2x Alkaline Battery, 16MB Internal Memory, SD/SDHC Slot 10.1 Megapixels, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 16MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, 2.5” LCD Display, FREE Charger 9 Megapixel, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 2.4” LCD, 16MB Internal, SD/MMC Slot, USB 2.0 HARGA kompetitif 10 Megapixel, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 3.0 LCD Color, Lithium-Ion Battery, 32MB Internal Memory, SD/SDHC Slot

—Harga diambil dari bhinneka.com. Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Kurs US$ diambil dari klikbca.com

25/2009

23

Hardware Tes: Motherboard
Asrock M3A785GXH/128M
PS2 Keyboard D-Sub Port Side Speaker Rear Speaker Out LineIn Out LAN Port S/PDIF Port HDMI Port

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Performa
PCMark05 Rating PCMark05 CPU Test Suite PCMark05 Memory Test Suite PCMark05 Harddisk Test Suite Quake 4 HOCdemo Medium Quality (800x600) PCMark05 Graphics 3DMark06 Score 1024 x 768 (32 bit) Total Bobot Performa 7.00% 2.00% 2.00% 2.00% 5.00% 3.00% 4.00% 25.00% 2.50% 1.67% 1.67% 2.92% 0.83% 0.83% 1.25% 2.08% 3.75% 0.83% 0.42% 2.08% 0.83% 1.67% 0.83% 0.83% 1.67% 3.33% 30.00% 10.00% 10.00% 5.00% 5.00% 5.08% 4.92% 10.00% 3.00% 2.00% 5.00% 15.00% 7175.00 5162.00 6149.00 4409.00 26.93 3619.00 1922.00 Total Nilai Performa 2x PCI, 1x PCIe x1, 3x PCIe x16 Gigabit LAN Triple PCIe 4 / DDR3 / 16GB 1 / pin header 0/12 / 6 Onboard + 6 Pinheader 2 7 Port, 2 Kabel SATA / 1 / 1, Jenis Biasa Tidak 1 / Windows/Vista Ya Ya 8 Kanal Ya / Tidak Ada Kabel Optical / 2 Tidak Ada, Backpanel I/O, Total Nilai Perlengkapan Ya, biasa Total Nilai Overclock Hardware Total Nilai Energy Saving Biasa Biasa Total Nilai Handling 3 Tahun Feature, gambar, manual,troubleshooting, where to buy di indonesia Total Nilai Service Total Nilai Harga 24.89 7.38 6.51 7.90 15.17 10.79 12.28 84.92 5.56 2.78 5.56 7.04 1.53 0.00 4.38 6.94 8.10 1.76 0.00 3.24 2.78 5.56 2.78 1.39 3.61 4.17 67.15 78.23 78.23 82.99 82.99 31.09 42.49 73.58 36.00 40.00 76.00 90.91

Harga: US$100 Info: Astrindo Senayasa (021) 612-1330 www.asrock.com

USB Port

DVI-I Port

Firewire Port

Microphone eSATA S/PDIF Port Coaxial Port LineOut

Interkoneksi

CrossFire X, sideport memory, performa keseluruhan lumayan

Perlengkapan minim

Perlengkapan

3A785GXH/128M menandakan adanya penggunaan sideport memory DDR3 sebanyak 128 MB secara onboard di PCB motherboard. . Produk ini diperkuat 3 buah slot PCIe X16. Jadi, Crossfire-X sudah dapat diaktifkan pada motherboard. Hal ini bisa dikatakan sebagai kelebihan tersendiri. Pada produk ini juga dapat kita saksikan sebuah SLI/Crossfire switch card yang berguna untuk mengaktifkan SLI atau Crossfire, namun metode ini terbilang tertinggal, dikarenakan sudah banyak produk

M

motherboard lain yang langsung terintegrasi switching prosesnya Untuk solusi pendingin, hanya masingmasing chipset saja yang dilengkapi heatsink berbahan alumunium tanpa kipas, sedangkan MOSFET dibiarkan saja tanpa ada perlindungan. Untuk cakupan daya atau power phase, hanya disediakan sebanyak 5 unit saja, dan dirasa memang agak kurang sehingga untuk cakupan daya PCIe X16 ditambahkan sebuah slot molex untuk penambah daya discrete graphic, apabila kekurangan daya.

Jumlah Slot LAN Card OnBoard Konfigurasi Multi-Video Card Jumlah / Tipe / Max Memory Jml. Port Serial & pemasangannya Jml. Port Paralel & pemasangannya Jml. Port USB (integrasi/pinheader) Jml. Port FireWire (integrasi/pinheader) Jml. Port SATA & Kabel / Port eSATA & Bracket Jml. Kabel IDE/Floppy & jenis kabel Konektor Game Port / IR Jml. & jenis Software/Driver Tersedia RAID Controller Video card OnBoard Konfigurasi Channel Audio Audio pinheader Bracket Panel Depan & Kabel Port SPDIF & Kombinasi SPDIF Indikator & extra Lainnya Total Bobot Perlengkapan

Spesifikasi
Model Manufaktur CPU Support FSB Support Chipset Memory Graphic Interface Slot / Port Storage Integrated Graphics RAID Controller Paket Penjualan On-Board Audio On-Board LAN BIOS Form Factor Asrock M3A785GXH/128M ASRock Inc AMD Athlon II / Phenom II, Soket AM3 Hyper-Transport 3.0 (HT 3.0) Technology AMD 785G + SB710 4 x DIMM, DDR3 1600(OC)/1333/1066/800 non-ECC, un-buffered memory / 16GB PCI Express x16 2.0 3x PCI Express 2.0 x16, 1 x PCI Express 2.0 x1, 2 x PCI D-Sub, DVI-D, HDMI, Optical SPDIF Out, IEEE 1394, eSATAII, 6x USB 2.0, RJ-45 LAN. eSATA II Integrated ATI Radeon™ HD 4200 GPU, Built-in 128MB DDR3 1333(OC)/1200MHz SidePort Memory SATA RAID 2x CD Driver, IDE+Floppy Cables, 2x SATA Cables, I/O Shield. 7.1 CH Windows® Vista™ Premium Level HD Audio (ALC888 Audio Codec) Realtek RTL8111DL AMIBIOS 1MB 305mm x 245mm

Overclock
Tersedia Paket pengaturan OverClock Total Bobot Overclock

Energy Saving
Tersedia Fitur Energy Saving Total Bobot Energy Saving

Handling Buku Manual
Kualitas buku manual

Handling Operasional
Handling operasional Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

78.14

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

78.14
US$100

Spesifikasi Pengujian: QuadCore AMD Phenom II X4 Black Edition 955, GeForce 8800 GT, Team Group Xtreem-D3-1600 (Dual Channel @1333MHz Total 2GB), WD Raptor 74GB, Microsoft Windows 7 RC Build 7100

DFI LP BI 785G-M35
S/PDIF Coaxial Port PS2 Mouse D-Sub Port Rear Speaker Side Speaker Out LineIn Out LAN Port

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Performa
PCMark05 Rating PCMark05 CPU Test Suite PCMark05 Memory Test Suite PCMark05 Harddisk Test Suite Quake 4 HOCdemo Medium Quality (800x600) PCMark05 Graphics 3DMark06 Score 1024 x 768 (32 bit) Total Bobot Performa 7.00% 2.00% 2.00% 2.00% 5.00% 3.00% 4.00% 25.00% 2.50% 1.67% 1.67% 2.92% 0.83% 0.83% 1.25% 2.08% 3.75% 0.83% 0.42% 2.08% 0.83% 1.67% 0.83% 0.83% 1.67% 3.33% 30.00% 10.00% 10.00% 5.00% 5.00% 5.08% 4.92% 10.00% 3.00% 2.00% 5.00% 15.00% 6988.00 5167.00 6213.00 4414.00 30.58 3835.00 2054.00 Total Nilai Performa 2x PCI, 1x PCIe x1, 1x PCIe x16 Gigabit LAN single PCIe 4 / DDR3 / 16GB 1 / pin header 0/4 / 4 Onboard + 0 Pinheader 0 6 Port, 2 Kabel SATA / 1 / 0, Jenis Round Tidak 0 / Windows/Vista Ya Ya 8 Kanal Ya / Tidak Ada Kabel Optical+Coaxial / 3 Tidak Ada, Backpanel I/O, Total Nilai Perlengkapan Ya, biasa Total Nilai Overclock Hardware Total Nilai Energy Saving Biasa Biasa Total Nilai Handling 3 Tahun Feature, gambar, manual,troubleshooting, where to buy di indonesia Total Nilai Service Total Nilai Harga 24.24 7.39 6.58 7.91 17.22 11.43 13.12 87.90 2.78 2.78 2.78 7.31 1.53 0.00 1.81 0.00 4.63 1.85 0.00 2.78 2.78 5.56 2.78 1.39 4.86 4.17 49.77 83.87 83.87 81.82 81.82 20.73 42.49 63.21 36.00 40.00 76.00 84.64

Harga: US$120 Info: Firstcom (021) 62203662 www.dfi.com.tw

DVI-I Port PS2 HDMI Port Keyboard S/PDIF Port

USB Port

Microphone S/PDIF Coaxial Port LineOut

Interkoneksi

Kinerja sangat baik, sideport memory

Tidak ada crossfire discrete, per lengkapan minim

Perlengkapan
Jumlah Slot LAN Card OnBoard Konfigurasi Multi-Video Card Jumlah / Tipe / Max Memory Jml. Port Serial & pemasangannya Jml. Port Paralel & pemasangannya Jml. Port USB (integrasi/pinheader) Jml. Port FireWire (integrasi/pinheader) Jml. Port SATA & Kabel / Port eSATA & Bracket Jml. Kabel IDE/Floppy & jenis kabel Konektor Game Port / IR Jml. & jenis Software/Driver Tersedia RAID Controller Video card OnBoard Konfigurasi Channel Audio Audio pinheader Bracket Panel Depan & Kabel Port SPDIF & Kombinasi SPDIF Indikator & extra Lainnya Total Bobot Perlengkapan

ari jajaran Blood Iron, produk DFI ini terbilang cukup minimalis. Di sisi dimensi walaupun ia terbilang kecil, namun untuk memory masih disediakan 4 slot DIMM DDR3. Dikarenakan produk ini hanya menyediakan sebuah slot PCIe X16, maka motherboard dari DFI ini hanya mampu mengaktifkan Hybrid Crossfire saja. Untuk sistem pendingin, produk dari DFI ini hanya melindungi masing-masing chipset-nya dengan heatsink alumunium, dan

D

pada MOSFET tidak dilengkapi heatsink. Solid kapasitor juga sudah diintegrasikan pada seluruh kapasitor, juga untuk CPU power phase dilengkapi hingga 4 unit CPU power phase. Di sisi kinerja, untuk pengujian sintetic test PCMark Vantage Memory dan harddisk memperoleh skor yang mendekati sempurna, juga untuk performa video card onboard sudah lumayan baik di kelasnya. Sayangnya untuk perlengkapan paket dan handling produk masih kurang baik.

Spesifikasi
Model Manufaktur CPU Support FSB Support Chipset Memory Graphic Interface Slot / Port Storage Integrated Graphics RAID Controller Paket Penjualan On-Board Audio On-Board LAN BIOS Form Factor DFI LP BI 785G-M35 DFI Inc. AMD Athlon II / Phenom II, Soket AM3 Hyper-Transport 3.0 (HT 3.0) Technology AMD 785G + SB710 4x DDR3, Supports DDR3 1600(O.C.)/1333/1066/800 MHz / 16GB PCI Express x16 2.0 PCI Express x16 slot, PCI Express x1 slot, 2x PCI slots HDMI, coaxial S/PDIF, optical S/PDIF, VGA, DVI-I, 4x USB 2.0, RJ45 LAN SATA Integrated ATI Radeon™ HD 4200 graphics core, 128MB DDR3 Sideport memory SATA RAID CD Driver, Quick Installation Guide, I/O Shield, IDE Round Cable, 2x SATA+Converter Power Cables Realtek ALC885 High Definition audio CODEC, 8-channel audio output JMicron JMC250 PCIE Gigabit LAN controllers AwardBIOS 1MB 305mm x 245mm

Overclock
Tersedia Paket pengaturan OverClock Total Bobot Overclock

Energy Saving
Tersedia Fitur Energy Saving Total Bobot Energy Saving

Handling Buku Manual
Kualitas buku manual

Handling Operasional
Handling operasional Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

72.20

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

72.20
US$120

Spesifikasi Pengujian: QuadCore AMD Phenom II X4 Black Edition 955, GeForce 8800 GT, Team Group Xtreem-D3-1600 (Dual Channel @1333MHz Total 2GB), WD Raptor 74GB, Microsoft Windows 7 RC Build 7100

24

25/2009

Tes: Video Card Hardware
Digital Alliance HD4670 512MB GDDR3
Performa
800x600 (noAA+16xAF) 3DMark Vantage
Harga: US$78 Info: Megacom (021) 612-7712 www.dagraphic.com

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

5.00% 2.50% 5.00% 5.00% 5.00% 2.50% 5.00% 5.00% 35.00% 2.00% 4.00% 1.00% 3.00% 2.00% 3.00% 1.00% 2.00% 1.00% 1.00% 20.00% 0.50% 0.50% 1.00% 0.25% 0.75% 0.50% 1.50% 5.00% 2.70% 2.30% 5.00% 35.00%

9709.00 1387.00 41.00 48.00 6281.00 1148.00 35.00 28.00 Total Nilai Performa 512 MB GDDR3 1.2ns 128-bit Aktif dual DVI-I, Video out Tidak ada VGA~DVI Adapter, Video-Out~TV-Out Adapter Tidak ada Tidak ada Total Nilai Perlengkapan 42 73 single slot Manual Biasa Biasa Ya Total Nilai Handling 1 Tahun Download Driver, Manual, List Distributor/retail Total Nilai Service Total Nilai Harga

10.30 4.79 5.28 8.16 10.30 5.02 7.46 9.30 60.61 2.50 10.00 5.00 10.00 8.00 15.00 0.00 2.00 0.00 0.00 52.50 8.33 6.16 20.00 3.00 10.00 7.00 20.00 74.50 18.00 46.00 64.00 98.24

Interkoneksi

Unigine Tropics Demo OpenGL Crysis Warhead S.T.A.L.K.E.R. Clear Sky Benchmark 1024x768 (noAA+16xAF)

Harga murah

Paket minimalis, performa masih kurang

3DMark Vantage Unigine Tropics Demo OpenGL Crysis Warhead S.T.A.L.K.E.R. Clear Sky Benchmark Total Bobot Performa

S

alah satu video card seri low-end kami coba hadirkan pada edisi kali ini. Tentunya, hal ini akan cocok bagi Anda yang menginginkan solusi grafis yang terjangkau. Produknya sendiri datang dari Digital Alliance, yang masih dalam jajaran keluarga AMD Radeon HD4600. Produk ini masih menggunakan clock GPU reference sebesar 750 MHz, namun pada memory GDDR3 clock rate terjadi penurunan speed sebesar 27MHz atau dari kecepatan reference terendah di-900MHz ke873MHz. Hal ini sepertinya dikarenakan penggunaan

chip memory yang lebih murah sehingga harga jual produk dapat ditekan. Selain itu, heatsink fan yang dipakai terlihat kurang meyakinkan, hanya diperkuat heatsink berbahan alumunium single slot, dan sebuah kipas kecil. Namun jangan berkecil hati dulu, terbukti walaupun heatsink fan yang diberikan sangat ekonomis, namun dalam operasinya sama sekali tidak bermasalah. Beralih ke tabel pengujian, memang perolehan skor masih kurang meyakinkan, namun wajar saja mengingat produk ini masih menggunakan bandwidth memory 128-bit.

Perlengkapan
Kapasitas Memory Tipe Memory Access Time Memory Bus Width Cooling System Konektor VIVO Adapter dan Kabel Software Game Total Bobot Perlengkapan

Handling

Spesifikasi
Model Manufaktur GPU Interface Connector Kapasitas RAM Jenis RAM Core Clock Memory Clock Paket Penjualan Memory Interface RAMDAC Konfigurasi Core Multi-Video card General Optimizations DirectX & OpenGL Version Max FSAA Mode Digital Alliance HD4670 512MB GDDR3 Digital Alliance AMD ATI RADEON HD 4670 PCI Express x16 2.0 512 MB GDDR3 750MHz 1746MHz CD Driver, User Manual, VGA~DVI Adapter, Video-Out~TV-Out Adapter 128-bit 2x 400MHz 320 SP, 32 TMU, 8 ROP Ya, CrossFire Shader Model 4.1, HDR, Ati Avivo DirectX 10.1 / OpenGL 3.0 14x

GPU Idle Temperature (celcius) GPU Full Threads Temperature (celcius) Instalasi Hardware Instalasi Driver Kualitas Buku Manual Deskripsi pada chapter Instalasi di Buku Manual Pengaturan Driver Option Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

73.02

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

73.02
US$78

Spesifikasi Pengujian: Intel Core i7 Extreme 965, Asus P6T Deluxe V2, Team Group Tri-Elite-1333 (Triple Channel 6GB), WD (Raptor 74GB), Windows 7 Build 7100 (x64).

HIS iCooler x4 HD4890 1GB GDDR5
Performa
1280x1024 (noAA+16xAF) 3DMark Vantage
Harga: US$235 Info: Asiaraya Computronics (021) 601-9408 www.hisdigital.com/id/

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

5.00% 2.50% 5.00% 5.00% 5.00% 2.50% 5.00% 5.00% 35.00% 2.00% 4.00% 1.00% 3.00% 2.00% 3.00% 1.00% 2.00% 1.00% 1.00% 20.00% 0.50% 0.50% 1.00% 0.25% 0.75% 0.50% 1.50% 5.00% 2.70% 2.30% 5.00% 35.00%

7927.00 1100.00 28.00 31.00 5477.00 672.00 16.00 19.00 Total Nilai Performa 1024 MB GDDR5 1ns 256-bit Extra Cooler dual DVI-I, video out Tidak ada HDMI~DVI Adapter, VGA~DVI Adapter, 6-pin Power Adapter, 8-pin Power Adapter, TV-Out~Video-Out Adapter. Tidak ada Tidak ada Total Nilai Perlengkapan 60 80 memerlukan dua slot auto Biasa Biasa Ya Total Nilai Handling 1 Tahun Download Driver, Manual, List Distributor/retail Total Nilai Service Total Nilai Harga

12.86 6.69 7.84 13.42 12.88 5.73 9.94 14.29 83.64 5.00 20.00 5.00 15.00 10.00 15.00 0.00 5.00 0.00 0.00 75.00 6.00 7.50 20.00 5.00 10.00 7.00 20.00 75.50 18.00 46.00 64.00 80.99

Unigine Tropics Demo OpenGL
Interkoneksi

Crysis Warhead S.T.A.L.K.E.R. Clear Sky Benchmark 1600x1200 (4xAA+16xAF)

Perbandingan harga dan performa yang baik, HSF unik dan efisien

-

3DMark Vantage Unigine Tropics Demo OpenGL

P

roduk ini menitikberatkan pada penggunaan rancangan heatsink fan terbaru yang sangat efektif dalam pembuangan panas GPU. Heatsink fan custom yang digunakan produk ini merupakan fitur terbaru yang dibuat HIS. Awalnya, fitur solusi pendingin custom yang beradik-kakak dengan teknologi IceQ ini dinamakan iCooler saja. Namun, untuk saat ini sudah mencapai iCooler X4, dan sudah berevolusi sebanyak 5x generasi. iCooler X4 merupakan regenerasi dari teknologi iCooler X3, yang masih menggunakan 3-buah heat-

pipe. Maka pada iCooler X4, heatpipe yang terpasang pada alumunium heatsink berjumlah 4-buah. Untuk kinerja, pada gaming test Crysis memang masih di bawah 60% untuk resolusi rendah, hal ini lebih dikarenakan kapasitas memory produk ini yang hanya 1 GB, mengingat pengujian HOC Crysis Warhead: Airfield memang lebih mengutamakan kapasitas memory besar. Namun untuk sintetic dan gaming test lainnya, kami rasa sudah lumayan.

Crysis Warhead S.T.A.L.K.E.R. Clear Sky Benchmark Total Bobot Performa

Perlengkapan
Kapasitas Memory Tipe Memory Access Time Memory Bus Width Cooling System Konektor VIVO Adapter dan Kabel Software Game Total Bobot Perlengkapan

Spesifikasi
Model Manufaktur GPU Interface Connector Kapasitas RAM Jenis RAM Core Clock Memory Clock Paket Penjualan Memory Interface RAMDAC Konfigurasi Core Multi-Video card General Optimizations DirectX & OpenGL Version Max FSAA Mode HIS iCooler x4 HD4890 1GB GDDR5 Hightech Information System Ltd. All rights reserved. AMD ATI Radeon HD 4890 (RV790 XT, 55nm) PCI Express x16 2.0 1024 MB GDDR5 850MHz 3900MHz CD Driver, Quick Installation Guide, HDMI~DVI Adapter, VGA~DVI Adapter, 6-pin Power Adapter, 8-pin Power Adapter, TV-Out~Video-Out Adapter. 256-bit 2x 400MHz 800 SP, 40 TMU, 16 ROP Ya, CrossFire Shader Model 4.1, HDR, Ati Avivo DirectX 10.1 / OpenGL 3.0 14x

Handling
GPU Idle Temperature (celcius) GPU Full Threads Temperature (celcius) Instalasi Hardware Instalasi Driver Kualitas Buku Manual Deskripsi pada chapter Instalasi di Buku Manual Pengaturan Driver Option Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

79.60

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

79.60
US$235

Spesifikasi Pengujian: Intel Core i7 Extreme 965, Asus P6T Deluxe V2, Team Group Tri-Elite-1333 (Triple Channel 6GB), WD (Raptor 74GB), Windows 7 Build 7100 (x64).

25/2009

25

Workshop BitTorrent

Inilah Definisinya!
Megaupload
Website one-click hosting berbasis di Hongkong yang didirikan pada tahun 2005. Layanan gratisnya mengizinkan user untuk meng-upload file hingga 2 GB, tapi tidak bisa men-download file yang besarnya lebih dari 1 GB.

Podcast
Personal on Demand Broadcast. Teknologi ini menyediakan layanan siaran multimedia (radio, televisi, dan lainlain) melalui WWW. Podcast didapatkan dengan cara berlangganan berlangganan atau melalui RSS. Kebanyakan Podcast berupa file audio MP3.

RapidShare
Website one-click hosting Jerman yang dioperasikan di Swiss dan didanai oleh pendapatan dari pengguna yang membayar. Rapidshare adalah salah satu website file sharing terbesar di dunia dengan penyimpanan sebesar 4,5 Petabyte. Menurut Alexa, Rapidshare. com adalah website yang paling banyak dikunjungi ke-12 di dunia. Rapidshare menyediakan ruang sampai 100 MB per file. Untuk layanan gratis, pengguna menunggu sampai jatah slot tersedia, karena biasanya dibatasi per alamat IP.

Semenjak diperkenalkan tahun 2001 oleh Bram Cohen, BitTorrent menjadi salah satu metode berbagi file (file sharing) yang sangat revolusioner.

K

RC
Singkatan dari Release Candidate, versi software yang berpotensi menjadi produk final dan siap dirilis kecuali ada bug fatal yang muncul. Pada tahap ini semua fitur software tersebut sudah berfungsi dan kodenya sudah komplit. Istilah lain yang dipakai oleh Apple untuk tahap ini adalah golden master.

ita sebagai pengguna komputer tentu sudah sangat familiar dengan aktivitas file sharing, baik itu melalui e-mail, FTP, atau lewat layanan-layanan seperti RapidShare, Megaupload, 4shared, dan sebagainya. Semua aktivitas tadi bergantung pada satu komputer utama yang bertindak sebagai pusat (hosting), dan bertugas mendistribusikan file ke komputer lain yang terhubung dengan pusat itu. Pada BitTorrent, ada sesuatu yang memiliki perbedaan besar. Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan BitTorrent, bisa bertindak sebagai pihak yang men-download file, dan sekaligus sebagai pihak yang

mendistribusikan file. Sebagai analogi, perhatikan contoh berikut. Saya ingin membaca sebuah buku, tapi saya hanya punya bab I saja. Terus saya mencari orang lain yang punya bab selanjutnya. Setelah ketemu, ternyata orang-orang itu juga tidak memiliki keseluruhan bab secara lengkap. Lantas kita saling berbagi dan melengkapi bab yang dibutuhkan sehingga masing-masing mendapat satu buku yang utuh dan lengkap. Untuk lebih lengkapnya lagi, kami pernah membahas cara kerja BitTorrent di rubrik How It Works edisi 18/2007. Di Workshop edisi ini, kami akan menyajikan bahasan seputar BitTorrent. Walaupun BitTorrent digunakan untuk file sharing, kami tidak menganjurkannya untuk berbagi file secara ilegal. Jadi, manfaatkan sebaikbaiknya pengetahuan yang Anda dapat, dan gunakan secara bijak.

Dasar-dasar BitTorrent
Pahami Bahasa di BitTorrent Sebelum terjun ke dalam dunia BitTorrent, sangat dianjurkan agar Anda memahami dulu bahasa pergaulan di BitTorrent. • Torrent: adalah sebuah file kecil berukuran puluhan KB dengan ekstension .torrent. Di dalam torrent ini berisi informasi file yang ingin di-download, seperti namanya, ukurannya, lokasi download, dan lain-lain. Torrent ini fungsinya seperti peta yang digunakan oleh BitTorrent client untuk mengumpulkan pecahan file yang dibutuhkan. • BitTorrent client: aplikasi paling penting untuk bermain di dunia BitTorrent. BitTorrent client akan membaca informasi yang ada di dalam file torrent, dan men-download-nya. Ada banyak sekali BitTorrent client, BitSpirit, BitComet, Vuze, Rufus, ABC, dan masih banyak lagi lainnya. Tapi yang paling populer digunakan adalah uTorrent. Aplikasi inilah yang nanti akan menjadi bagian dari bahasan kita. • Peer: komputer yang berpartisipasi dalam men-download, dan meng-upload file dalam waktu yang bersamaan. • Leech: pengguna yang berhenti men-sharing file atau memutuskan hubungan begitu mereka mendapatkan file-nya secara utuh. Karena semakin sedikit orang yang sharing, maka proses download akan menjadi lebih lama. Oleh karena itu, aksi leech ini sangat tidak dianjurkan. • Seed: pengguna yang sudah memiliki file secara komplit, dan men-sharingnya kembali dengan pengguna lain. • Swarm: kumpulan pengguna yang saling terhubung untuk men-download, dan meng-upload. Di dalamnya termasuk peer, seed, dan leech. • Share ratio: rasio besarnya data yang telah di-upload dibagi dengan data yang telah di-download. Bila sebuah torrent mendapatkan rasio 1+, artinya pengguna torrent tersebut telah meng-upload data lebih banyak daripada download-nya. Dan ini adalah hal yang bagus. Sebaliknya, jika di bawah 1, maka pengguna itu lebih banyak download daripada upload. • Tracker: layanan yang menginformasikan siapa yang punya file dan siapa yang membutuhkan. Jadi, tracker bertindak sebagai jembatan antara leech dan seed. Beberapa tracker ada yang bersifat publik, dan ada yang bersifat privat. Yang bersifat publik antara lain OpenBitTorrent, The HiddenTracker, OpenBitTorrent.kg, PublicBitTorrent, dan BitTrk. • Index: sesuai namanya, index menampilkan daftar file torrent yang bisa dicari. Biasanya index di-hosting di sebuah website. Dimana Mencari Torrent? Seperti yang sudah dijelaskan, untuk men-download konten yang diinginkan, Anda harus mencari file torrent-nya terlebih dahulu. Sangat dianjurkan untuk mencari torrent di website yang bertindak sebagai penyimpanan file torrent. Selain bisa diandalkan, torrent yang didapat juga biasanya berkualitas bagus sehingga sewaktu di-download file-nya tidak korup. Sebuah website torrent yang bagus biasanya sudah menyaring torrent yang sudah bersih. Berikut akan kami sajikan beberapa website torrent yang berisi kontenkonten legal. • www.legaltorrents.com: mengkhususkan diri di media dan seni digital berkualitas yang menggunakan lisensi terbuka. Sistem keanggotaannya ada yang gratis, dan ada yang bayar.

Transparent Proxy
Sebuah proxy yang tidak memodifikasi request seperti yang biasa dibutuhkan untuk otentifikasi dan identifikasi.

Vuze
Dulunya bernama Azureus, adalah aplikasi BitTorrent client yang digunakan untuk mentransfer file via protocol BitTorrent. Vuze dibuat menggunakan Java, dan menggunakan engine Azureus. Sebagai tambahan untuk melakukan BitTorrent, Vuze juga mengijinkan pengguna untuk menampilkan, menayangkan, dan berbagi isi video dalam kualitas DVD dan HD. Vuze dirilis kali pertama dengan nama Azureus pada Juni 2003.

Windows File Protection
Sebuah sistem di Windows 2000/ XP/2003 yang bertujuan mencegah sebuah aplikasi menimpa file penting milik Windows.

• www.legittorrents.info: berisi berbagai konten legal mulai podcast sampai software berstatus RC. • linuxtracker.org: sesuai namanya, tracker ini berisi torrent yang berkaitan

26

25/2009

BitTorrent Workshop
• mininova.org: memiliki reputasi dalam menyaring torrent palsu. Juga termasuk salah satu website torrent tertua, dan terbersih. Malas mencari torrent secara satu per satu di website yang sudah disebutkan tadi? Bukan masalah, ada search engine yang khusus mencari file torrent. Cara kerjanya sederhana, search engine mengumpulkan data-data dari beberapa website penyedia torrent. • torrentscan.com: mengumpulkan informasi torrent dari 15 website torrent.

dengan Linux. • www.publicdomaintorrents.com: berisi torrent untuk konten yang sudah tidak memiliki hak cipta. Kebanyakan isinya adalah torrent untuk film.

• vertor.com: singkatan dari Verified Torrents. Sesuai namanya, vertor menyediakan torrent yang bersih, bebas virus, dan berkualitas. • torrent-finder.com: mencari torrent lebih banyak lagi. Tercatat, Torrent Finder mencari dari 182 website torrent dan tracker.

• demonoid.com: salah satu website torrent yang cukup populer. Cuma sayangnya, agar bisa mencari torrent di sini Anda harus melakukan registrasi. Proses registrasinya tidak terbuka setiap saat, dan membutuhkan invitasi dari pengguna yang sudah mendaftar. Saat tulisan ini dibuat, Demonoid sedang dalam masa maintenance. • isohunt.com: salah satu pemain besar di dunia torrent. Tapi saat ini, sama seperti PirateBay, juga sedang mendapat tuntutan hukum. • bt.etree.org: berisi torrent untuk pecinta musik. • tela.sugarmegs.org: hampir sama dengan etree.

• torrentz.com: dengan tampilannya yang sederhana, Torrentz mengklaim mengumpulkan informasi dari 926 live tracker.

Nah, yang berikut ini kami sajikan beberapa website torrent yang identik dengan konten ilegal, walaupun tidak torrent-nya bersifat ilegal. • thepiratebay.org: website torrent yang paling kontroversial, dan dikejar sana sini oleh para penegak hak cipta. Meskipun kontroversial, PirateBay adalah website paling populer di dunia torrent.

Bermain Torrent
Instalasi uTorrent BitTorrent client yang akan kita gunakan sebagai contoh disini adalah uTorrent. Aplikasi ini bisa di-download dari www. utorrent.com/downloads dengan file berukuran 282 KB. tepat dengan bantuan dari DSLReports. Sebelum melakukan aksi ini, pastikan tidak ada aplikasi yang aktif menggunakan koneksi Internet, seperti download manager atau messenger. Klik Run speed test.

1Jalankan installer-nya, dan lakukan proses instalasi seperti biasa.

Pilih instal, Guide dilakukan pengujian, akan hasil tesnya. akan Anda memilih kecepatan yang 3juga bahwa browser Anda telah dilengkapi dengan Flash 2Setelahmembantuakan muncul jendela Speed upload yang player. salah satu server yang masih tersedia slot-nya. Pastikan 4Setelah pada gambar, kami mendapatmunculKb/s (kilobit/ Seperti 418 25/2009

27

Workshop BitTorrent
Download Torrent Langsung ke tujuan utama, kini kita akan memaparkan cara men-download torrent. Buka salah satu website torrent yang tadi sudah kami paparkan, dan cari torrent yang diinginkan. Sebagai contoh, kami menggunakan thepiratebay.org. Setelah ketemu torrent yang diinginkan, klik SE, agar urutannya dibuat sesuai dengan jumlah seed. Pastikan jumlah seed lebih banyak dari leech, agar proses download menjadi lebih cepat.

1

3Selanjutnya, klik Allow another program.
Klik torrent yang diinginkan, di halaman berikutnya klik DOWNLOAD THIS TORRENT. Ingat, yang di-download di sini baru torrent-nya saja, bukan konten aslinya. detik) untuk download, dan 172 Kb/s untuk upload. Yang apabila diterjemahkan, kami bisa men-download data sebesar 52,25 KB/s (Kilobyte/detik), dan meng-upload data sebesar 21,5 KB/s. Lakukan tes ini 2-3 kali untuk mendapatkan kecepatan rata-ratanya. pilih yang mendekati Pilih uTorrent di daftar disajikan. Jika tidak 5Di Connection Type, dengansettingtadi diuji. kecepatan download sesuai yang 4Browse, dan arahkan keyangexe milik uTorrent. ada, klik file tombol Add 3Jalankan uTorrent, klik yang barusan torrent , dan arahkan ke file torrent di-download.

2

jendela yang muncul, 4Diingin di-download Andatentukan lokasi penyimpanannya di bagian Save as. juga bisa memilih file mana saja yang melalui torrent itu. Klik .

5Kembali .ke jendela sebelumnya, pilih uTorrent, dan klik muncul di dalam programs. Beri centang di Public 6Sekarang, uTorrent sudahkolom Private dandaftar Allow, lalu klik .

6

Sekarang klik Test if port is forwarded properly. Jika ternyata laporannya menghasilkan error , itu arti-

Kembali ke uTorrent, 7Speed Guide. klik menu Options, Lalu lakukan kembali tes port forward. Seandainya masih error, ganti port-nya dengan angka lain. Angkanya harus 10000 ke atas.

nya Anda berada di balik firewall atau ISP Anda memang memblokirnya.

8 9Di bagian Connection, beri centang pada Randomize port each start.
Atau bisa menggunakan random port. Klik menu Options, Preferences.

5Proses download pun akan dimulai.

7Klik guide. Speed

untuk menutup setting

1 klik Allow 2Di panel sebelah kiri,Firewall. a program or feature through Windows
28

Berbicara mengenai port forwarding, banyak pengguna yang mengeluhkan kenapa kecepatan download mereka lambat sekali. Hal ini disebabkan karena bila port forwarding-nya error atau tidak terbuka, itu artinya mereka berada di belakang firewall, dan hal ini tidak bagus. Kenapa tidak bagus? Karena saat ada peer atau pengguna lain yang ingin mengambil data dari Anda, koneksinya diblokir oleh firewall. Dengan semakin banyak peer yang diblokir firewall, maka otomatis jumlah seed-nya semakin sedikit. Oleh sebab itulah kenapa kecepatan download-nya menjadi semakin pelan. Windows sendiri sudah memiliki fitur firewall yang built in. Berikut ini akan kami tampilkan cara meloloskan uTorrent dari firewall Windows. Windows yang kami gunakan adalah Windows 7. Buka Control Panel, dan klik Windows Firewall.

10

Restart uTorrent lalu lakukan tes forwarding lagi.

Masih error juga? Pastikan tidak ada lagi firewall selain di Windows yang menghalangi Anda. Jika masih error juga atau tidak terbuka, maka ada beberapa kemungkinan: • Beberapa ISP memiliki kebijakan untuk memblokir koneksi dari port tertentu. Cari tahu apakah ISP yang Anda pakai memberlakukan kebijakan ini. • Koneksi Internet wireless yang menggunakan satelit atau sejenisnya sudah di dalam kondisi terlindung oleh firewall. • Beberapa ISP juga ada yang menaruh pelanggannya di balik transparent proxy, sehingga port checker tidak bisa mendeteksi port forward secara tepat.

Setelah proses download selesai, biarkan BitTorrent client Anda tetap aktif. Karena secara otomatis file yang sudah Anda download itu, akan di-seed ke peer lain. Jika sudah selesai tapi BitTorrent client-nya dimatikan, itu namanya curang. Di komunitas torrent, aksi ini disebut sebagai hit and run. Kalau Anda mau meminta, juga harus mau memberi. Biarkan BitTorrent itu aktif selama beberapa jam, atau setidaknya share ratio untuk setiap torrent sudah mencapai 1. Akan tetapi lain halnya jika Anda menggunakan koneksi Internet yang berbasis quota. Bila BitTorrent client-nya tetap aktif, maka secara tidak langsung ia akan memakan bandwith Anda sedikit demi sedikit. Membuat Torrent Sendiri Kalau tadi kita sudah belajar bagaimana caranya “meminta”, sekarang kita akan pelajari caranya “memberi”. Torrent bisa

25/2009

BitTorrent Workshop
hidup karena ada orang yang bersedia dengan susah payah memberikan file yang dia punya untuk di-download oleh orang lain. Caranya mudah, kok.

1Klik icon Create New Torrent. Beri nama file torrent-nya , dan . jendela muncul, tory. 2Dipilih file yang direktori klik Add File atau Add Direc- 5 Lalu atau yang akan di-seed. selanjutnya ada meng-upload 6Langkah torrent. Beberapalahwebsitebisatorrent torrent-nya ke website mengharuskan proses registrasi dahulu sebelum Anda meng-upload torrent.
Kali ini, kita akan menggunakan Fenopy.com untuk meng-upload torrent tersebut tanpa harus registrasi. Buka http://fenopy. com/submit/index.html, dan ikuti petunjuknya. langkah ketiga 7Sampai diklik Choose , (Step 3), dan arahkan ke file torrent yang barusan kita buat. deskripsi 8Beri judul danLalu klik yang sesuai. Upload Torrent. menggunakan 9Anda bisa yang dibuat di file torrent uTorrent atau menggunakan

file torrent yang diberikan oleh Fenopy. Harap diingat, selama Anda melakukan seeding, jangan matikan uTorrent atau memindahkan lokasi file yang sedang di-seed.

Di masukkan URL tracker yang Bagian ini sangat penting, sebab kalau An3pilih.bagian Tracker, dalam tracker, bagaimanatorrentAnda da tidak dimasukkan ke orang lain bisa tahu torrent Anda. Kami akan menggunakan tracker dari PublicBitTorrents dan OpenBitTorrent. Tuliskan URL keduanya dengan cara dipisah barisnya.

4Beri centang pada Start seeding, dan klik Create and save as.
Mengatur Bandwidth dan Rasio yang Relevan Bila tidak diatur, BitTorrent bisa memakan bandwidth yang cukup besar. Di malam hari mungkin fine-fine saja, tapi kalau di siang hari...hmmm, Anda bisa kembali ke zaman koneksi 56 kbps. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada pengaturannya di uTorrent. Tekan Ctrl+P untuk masuk ke dalam Preferences. Di dalamnya pilih Bandwidth.

Tip & Trik
memang memblokir koneksi ke BitTorrent, atau kebijakan yang diterapkan oleh admin jaringan. Tapi tidak ada pihak yang memblokir akses ke HTTP. Nah, bila Anda ingin mendownload dari BitTorrent tanpa harus terhubung ke jaringan BitTorrent, inilah caranya. Buka www.furk.net, lalu tulis keyword file yang ingin dicari. com. Dimana jika Anda membayar fasilitas premium mereka, maka proses download bisa menjadi lebih kencang, bisa diresume, tidak ada proses menunggu, dan batasan-batasan lainnya. Meningkatkan Jumlah Koneksi Windows XP membatasi jumlah koneksi TCP-nya tidak lebih dari 10. Buat pengguna torrent hal ini tentu menyusahkan. Sebab torrent akan bekerja lebih baik apabila terkoneksi ke dalam jumlah yang lebih banyak secara simultan. Ada sebuah patch yang bisa mengatasi masalah ini. Patch tersebut bisa didownload di www.lvllord.de/?lang=en&url=downloads dengan file berukuran 39 KB. Download, dan ekstrak file ZIP-nya. Lalu jalankan file bernama EvID4226Patch.exe.

1 1 Upload Limiting 2Di bagian GlobalLimiting, Ratenilainya sesuaidan Global Download Rate atur yang Anda inginkan, dan sesuai dengan kecepatan koneksi Internet yang
Anda gunakan. Nilai tersebut diukur dalam satuan Kilobyte per detik. Nilai 0 berarti unlimited.

Pindah ke bagian Queueing, di mengatur 3share ratio yanglagi jadi seed karenasini Anda bisaAnda sudah diinginkan. Begitu share ratio itu terpenuhi, Anda tidak perlu bisa dibilang memenuhi kewajiban Anda dengan meng-upload kapasitas lebih besar atau setidaknya sama dengan yang sudah didownload. Di Seed While, atur ratio-nya sesuka Anda. 100% sama dengan 1. Jangan lupa beri tanda centang di Limit the upload rate, dan beri nilai 0.

Anda yang di-download, klik Direct Download. 2Setelah hasilnya ditampilkan dan HTTP sudah memilih mana 1 command prompt yang muncul, Anda 2Di jendela apakah ingin mengubah limitnya menjadiakan ditawarkan 50. Limit tersebut bisa antara 50-100, terserah Anda.

berikutnya, tunggu link-nya 3Di halaman dan klik sampai muncul, Free Download. sama se4Selanjutnya,download perti proses file pada umumnya. Apa yang ditawarkan oleh furk.net ini cukup unik. Karena mereka berperan sebagai proxy sementara yang akan men-download file dari torrent, ditaruh di server mereka, dan Anda bisa mendownload dari server mereka. Jadi, Anda tidak perlu BitTorrent client atau terhubung ke jaringan client. Furk.net juga memiliki konsep yang sama dengan Rapidshare.

Penjadwalan Download Jam kerja dan akhir pekan adalah jadwal yang padat untuk lalu lintas Internet di Indonesia. Oleh karena itu, kita butuh penjadwalan agar proses download dan upload bisa berjalan pada kecepatan yang semestinya. Dalam melaksanakan penjadwalan ini, komputer harus dalam keadaan menyala. Buka lagi Preferences, dan pilih Scheduler.

3Bila ada Windows File Protection muncul, klik Can cel. uTorrent, buka Preferences, dan 4Sekarang diCari item bernama net.max_halfopen. Dipilih Advanced. situ, Anda bisa lihat nilainya sudah berubah menjadi sama dengan
-

yang tadi di-patch.

1 Beri Enable Scheduler. 2sesuaicentang pada yang dibatasi. Warnai kotaknya dengan petunjuk yang disediakan. Isi pula besarnya data (dalam Kilobyte)

Patch ini hanya berlaku di Windows XP SP2 dan SP3. Di Windows Vista dan 7, nilainya langsung bisa diatur dari dalam uTorrent.
Informasi Lebih Lanjut

Download Torrent lewat HTTP Ada masa dimana Anda tidak bisa melakukan koneksi ke dalam jaringan BitTorrent. Masalahnya bisa dari pihak ISP yang

www.maximumpc.com/article/features/20_essential_tricks_ and_skills_every_bittorrent_user_should_know

25/2009

29

Windows 7

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Drive Letter
Proses pemberian nama dalam bentuk alfabet yang berfungsi mengidentifikasikan disk drive physical dan logical atau partisi dalam penamaan file sistem. Penggunaannya dapat ditemukan secara umum pada sistem operasi Microsoft.

Windows 7
Mengubah Delay Time Live Preview
Ketika Anda menempatkan kursor pada aplikasi yang sedang berjalan di taskbar, sebuah thumbnail kecil aplikasi akan muncul berupa live preview dari aplikasi berjalan.

textbox Value 5Pada opsi Decimal. data, masukkan nilai waktu dalam milidetik, dan pilih

Untuk memodifikasi rentang delay time dari live preview tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini: and files. 1Klik tombol Start, dan ketik regedit pada textbox Search programs

Link Feedback
Pada Windows 7 versi beta 1, sebuah link feedback akan ditampilkan pada setiap jendela aplikasi yang terbuka, dengan tujuan melakukan perbaikan yang diperlukan pada sistem. User yang telah mencoba versi awal Windows yang baru diluncurkan tersebut, dapat mengirimkan feedback yang dibutuhkan Microsoft dalam pengembangan selanjutnya.

2

Di dalam Registry Editor, navigasikan kursor pada pencarian key berikut ini: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\ CurrentVersion\Explorer\Advanced.

6Restart komputer Anda untuk mengaplikasikan perubahan.

Logoff
Jika login adalah proses mengakses sistem komputer kali pertama dimana user melakukan akses ke sistem komputer, maka logoff adalah proses ketika akses tersebut tidak lagi diperlukan. Proses ini berjalan dengan menutup akses ke sistem, setelah sebelumnya melakukan login. Istilah ini juga digunakan pada pengaksesan website. Ketika user melakukan logoff dari website yang membutuhkan identifikasi, masa cookies selama sesi tersebut akan dihapus untuk keamanan.

sebelah Value. 3Klik kanan pada panel baru ini kanan, dan pilih New-DWORD (32-bit) Namakan value DWORD Th umbnailLivePreviewHoverTime. kanan pilih 4Klik Modify.value tersebut, dan

Windows 7
Mengatur Kalibrasi Display
Tip berikut ini akan menunjukkan kepada Anda cara melakukan kalibrasi pada tampilan monitor Anda. Kalibrasi warna berfungsi untuk menjamin semua warna ditampilkan dengan sempurna pada layar monitor.

Kalibrasi Warna
Pengukuran atau penyesuaian color response dari sebuah device, baik berupa input maupun output yang bertujuan untuk mendapatkan hasil terbaik dari standar warna yang ada. Device yang dikalibrasi pada umumnya dikenal sebagai calibration source. Bentuk umum penggunaan kalibrasi dalam computing adalah pada monitor, scanner, dan printer. Tujuannya adalah untuk menghasilkan duplikasi gambar yang identik dalam saturasi warna, dibandingkan dengan file original pada display monitor.

Untuk ini, kita akan menggunakan fitur bawaan dari Windows 7, yaitu Display Color Calibration yang akan memperbaiki warna tampilan dengan melakukan pengaturan pada berbagai variasi color setting:

Next untuk melanjutkan. muncul, sesuaikan 8Di gambar yangcolor cast, klik Next. Color Balance di monitor untuk menghilangkan

1

Klik tombol Start, ketik dccw pada textbox Search programs and files. Klik program dccw.exe.

klik Next 2Terusbagianandsampai pada Find the brightness contrast for your display. Klik Next.

3Anda akan dihadapkan pada pilihan berikut, baca instruksinya, dan
klik Next. tingkatan brightness monitor Anda se4Aturada perbedaan anhingga tara warna baju dan latar belakangnya, serta tanda X di belakangnya bisa terlihat. Klik Next.

Print Screen
Seringkali disingkat dengan Prt Scr, Prnt Scrn, adalah key yang ditampilkan pada kebanyakan keyboard PC. Pada umumnya, ditempatkan satu kelompok dengan key Break dan Scroll Lock. Di bawah sistem operasi berbasis interface grafis, menggunakan key ini akan menyebabkan konten pada layar dapat diduplikasi berupa image bitmap, dan ditampilkan pada aplikasi lain yang mendukung.

5

Berikutnya, Anda akan melihat instruksi pengaturan Contrast. Klik .

telah terkalibrasi tanda centang 9TampilanClearType Tunerdengan sempurna, hilangkanperubahan teks. pada opsi jika Anda tidak melakukan Klik Finish.

6Sesuaikanpadatingkatan contrast monitor Anda, serta usahakan kerutan dan kancing yang ada di baju orang itu masih tetap terlihat. Klik .

7Berikutnya adalah Color Balance, klik
25/2009

30

Tip & Trik

Windows 7

Windows 7
Print Screen Full Mode pada WMC
Ketika Anda menjalankan Windows Media Center dengan mode Full Screen dan melakukan Print Screen pada layar, output yang muncul hanya akan berupa layar hitam.

kanan pada area 3Klik (32-bit) DWORDkosong di sebelah kanan, dan pilih New Value.

Untuk mengaktifkan fungsi Print Screen pada mode Full Screen, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1Klik tombol Start, dan masukkan input regedit pada 4kanan, danvalue baru tersebut EnablePrintScreen. Klik textbox. Beri nama pilih Modify. Pada 5Klik textbox Value Data, isi dengan nilai 1. . Di dalam jendela Registry Editor, arahkan pada key 2berikut ini: HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Cur- 6Restart komputer Anda. rentVersion\Media Center\Service\Video\. 2Navigasikan kursor Anda menuju link berikut ini: HKEY_ 4Ubah nilai Value Data menjadi 0 CURRENT_USER\Control Panel\Desktop. Windows 7 Menghilangkan Link Feedback Cari FeedbackToolEnabled pada area di sebelah kanan. 3panelvalue dengan namaKlik kanan, dan pilih Modify pada value tersebut.
Jika Anda belum meng-upgrade sistem operasi Windows 7 Anda dari versi beta, maka pada setiap jendela yang terbuka akan muncul Link Feedback.

, klik OK.

Untuk menghilangkan link ini secara instan, Anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini: Ketik regedit 1and files. pada textbox Start-Search programs

registry, dan lakukan logoff 5Tutup mengaplikasikan perubahan. pada komputer Anda untuk

Windows 7
Mengubah posisi Drive Letter
Tip berikut ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengubah penempatan Drive letter. Secara default, Drive Letter selalu ditunjukkan setelah Drive Name.

ShowDriveLettersFirst. 4Beri namatersebut, dan pilih Modify. Klik kanan pada 6Restart komputer Anda. value baru 7Buka Windows Explorer untuk melihat perubahan yang terjadi.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengubah posisi Drive Letter di belakang Drive Name:

1Ketik regedit files.

pada Start-Search

programs

and

2Temukan lokasi key berikut ini: HKEY_LOCAL_MACHINE\ SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ Explorer. 3
Pada panel sebelah kanan, klik pada area kosong, dan pilih New-DWORD (32-bit) Value.

5Masukkan nilai 4

, dan klik

.

25/2009

31

Office

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Building Block
Desain template yang sudah built-in di dalam Microsoft Word 2007, dan mengizinkan Anda untuk membuat dokumen yang terlihat professional dalam waktu yang cepat dan mudah. Yang termasuk ke dalam Building block adalah halaman cover, header, footer, text box, dan watermark. Anda juga bisa menambahkan desain Anda sendiri.

Microsoft Word
Bikin Cover yang Menarik
“Jangan menilai buku dari sampulnya”. Peribahasa tersebut sepertinya kurang tepat untuk tip yang akan kami sajikan berikut ini. Karena dengan cover yang menarik, tentu akan lebih menarik minat orang yang membacanya.

akan dimunculkan kalender. desain menggunakan 5Keseluruhansesuaiblock.cover ini tiapkita. Untuk sistem building Artinya blok yang ada bisa diatur dengan keinginan memasukkan gambar ke dalam blok tertentu, klik dua kali bloknya.

1

Buat dokumen baru, pilih tab Insert, dan klik Cover Page. Akan dimunculkan 15 cover yang bisa dipilih.

6Dalam tab Format, klik Shape Fill, dan pilih Picture.

7Arahkan ke file gambar.
PostScript
Adalah page description language yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Postcript sebagai bahasa primer dalam mencetak dokumen untuk printer laser, dan dapat disesuaikan untuk memproduksi gambar. Postcript juga bahasa yang distandarisasi untuk desktop publishing karena mendukung cetakan dengan resolusi tinggi. Hal ini menguntungkan bagi objek berorientasi vektor grafis. PostScript sendiri diciptakan tahun 1982 oleh John Warnock dan Charles Geschke sebagai rangkaian bahasa program yang dinamis. Ada tiga versi dasar Postcript yakni Poscript Level 1, Poscript Level 2 dan Postscript Level 3. Tingkatan itu menunjukkan perkembangan dan dukungan teknologi yang makin disempurnakan. PS level 3 lahir tahun 1997 yang mendukung berbagai macam jenis font, lebih baik dalam menangani grafis termasuk beberapa fitur yang mampu mempercepat proses cetak.

Maka hasil akhirnya akan seperti ini.

Untuk menaruhnya langsung di halaman pertama, klik kanan cover yang diinginkan, dan pilih Insert at beginning of document. Setelah memilih cover yang diinginkan, Anda bisa memasukkan dan mengedit berbagai elemennya. Seperti tanggal, judul, nama, gambar, dan sebagainya.

2 3

4Khusus untuk field yang berkaitan dengan tanggal, saat diklik, maka
Microsoft Word
Lindungi Dokumen Agar Tidak Bisa Diedit
Ingin punya dokumen yang isinya boleh dilihat oleh orang lain, tapi tidak boleh diedit sedikit pun tanpa seizin Anda? Gampang.

Untuk melakukan hal ini, kita akan menggunakan fitur bernama Protect Document. dalam Review, 1DiEditing. tab Restrictpilih Protect Document – Formatting and Di task pane yang to a selection 2Limit formattingmuncul, beri centang of styles, dan klik Settings. Di 3klikkotak Formatting Restrictions, None. Enforcing Protection. Lalu berikan password sesuka Anda. Untuk membuka pro 6Stop Protection. teksinya, klik OK, kembali ke 4Klik only danBeri type of task pane. centang Allow this editing in the document, dan pilih No Changes (read only).

Symbol
Satu dari empat font standar yang tersedia di printer berbasis PostScript. Symbol berisi alfabet Yunani lengkap (termasuk huruf besar dan kecil), dan sekumpulan simbol matematika yang sering digunakan. Symbol bisa digolongkan sebagai font serif dengan gaya Times Roman.

Task Pane
Fitur baru yang diperkenalkan pada Microsoft Office XP. Task pane terletak di sebelah kanan kertas kerja. Task pane memberikan kemudahan bagi user untuk menggunakan perintah, megumpulkan informasi, dan memodifikasi dokumen. Sebuah task pane dapat memuat satu atau beberapa halaman, dan setiap halaman dipisahkan dalam sebuah section.

dan masukkan password-nya.

proses 5Untuk memulai Start proteksi, klik Yes,

32

25/2009

Tip & Trik

Office

Microsoft Word
Membuat Bullet Sendiri
Microsoft Word 2007 memberikan berbagai fleksibilitas kepada penggunanya untuk membuat sesuatu secara custom. Bila mau, kita juga bisa membuat bullet sendiri, sesuai dengan yang kita inginkan.

diubah ukurannya menjadi 15 x 15 pixel, dan disimpan dalam format GIF. Anda bisa melakukan hal ini dengan bantuan Photoshop, CorelDraw, dan sebagainya. Bila sudah siap, klik .

8Arahkan ke file gambar tadi, klik Add.
bagian Define New 1Di tab Home, Bullet.Paragraph, klik Bullet, dan pilih

dan atur warna serta ukurannya sesuai keinginan Anda. di kumpulan bullet. Simbol 4Sekarang, lihat kembalidigunakan sebagai bullet. yang tadi dipilih, sudah bisa

9Untuk mencarinya, ketik nama file-nya, dan gambar siap menjadi bullet.

yang muncul, klik Symbol. 2Di jendela dijadikan sebagai bullet. yang ingin

Lalu pilih simbol ingin bullet yang Anda bullet tersebut dari gambar. Pilih 5Tidakjuga bisa membuatdibuat dari simbol? Bukan masalah. Picture.

Klik OK. Sama seperti font, bullet 3warna, dan diubah ukurannya. Pilihtersebut juga bisa diberi Font ,

Microsoft Word
Sembunyikan Teks dengan Mudah
Ada kalanya kita ingin menyembunyikan beberapa bagian dari dokumen agar tidak bisa dilihat orang saat ditunjukkan.

6Dalam jendela yang muncul, pilih gambar yang diinginkan. Klik OK. gambar sendiri yang bullet (misalnya foto tersebut sudah 7Atau bila Anda punyaAnda), pastikan gambaringin dijadikan 4Seketika itu juga teks akan disembunyikan dari dokumen, bukan dihapus.

Contohnya, saat presentasi ada bagian yang ingin disembunyikan sementara. Nanti setelah presentasi selesai, bagian itu bisa dimunculkan lagi seketika tanpa harus copy-paste ulang dari dokumen cadangan. dokumen berikut ini. diberi warna merah 1Perhatikan contoh akan kita sembunyikan. Paragraf yang

Untuk memunculkannya kembali, blok semua teks dengan menekan Ctrl+A, dan hapus centang pada Hidden. Atau bisa juga dengan cara klik Office button, Word Options.

5

6Di bagian Display, beri centang pada Hidden Text.

2Blok bagian yang disembunyikan, lalu klik kanan, dan pilih font.

3Beri centang pada Hidden.
25/2009

33

CorelDraw X4

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Color Palette
Palet warna di sebelah kanan kertas kerja yang terdiri dari berbagai warna solid untuk mengisi warna objek maupun outline.

CorelDraw X4
Membuat Ilustrasi Flash Disk
Ada banyak cara untuk membuat desain ilustrasi vektor agar gambar tampil semirip mungkin dengan aslinya. Salah satunya adalah melalui teknik tracing, artinya menjiplak gambar/foto aslinya dengan menjejak garisgarisnya yang membentuk satu keutuhan objek.

nya (seleksi objek, klik kanan tanda silang pada Color palette di sebelah kanan kertas kerja). bertahap, buat objek-objek seperti dalam Bezier Tool atau 9Secara gambar dengan yang sama sepertidengan langkah dan teknis di atas, lalu gandakan dan posisikan sesuai gambar. Warnai seperti dalam gambar atau sesuaikan dengan kebutuhan ilustrasi Anda. Dengan Interactive Transparency 10tertentu sepertiefek transparan pada objekTool, berikan objek dalam gambar. Klik drag

Cara lainnya, gunakan imajinasi tanpa menjiplak atau hanya dengan melihat objek yang akan divisualisasikan. Satu tools yang cukup ampuh untuk menggambar ilustrasi di software CorelDraw X4, yakni Bezier Tool. Selebihnya untuk pewarnaan, kita gunakan gradasi dengan Interactive Fill Tool, dan Interactive Transparency Tool. Membuat Badan Buka dokumen baru (Ctrl + N) dengan ukuran ruang kerja sesuai kebutuhan Anda.

Ellipse Tool
Fasilitas/tools yang disediakan software CorelDraw untuk membuat objek elips maupun lingkaran.

1 lah persegi panjang. 2Dengan Rectangle Tool, buatLalu, tumpulkan sudutnya dengan

ke arah tertentu pada objek yang akan diberi efek transparan. menggunakan tool ampuh buat bar. 11Masihobjek-objek seperti dalam gamBezier, Dengan Interactive 12Fiilobjek tersebut seTool (G), kami mewarnai demikian rupa dengan pilihan warna hitam dan 70% black, yang kesemuanya dapat diatur melalui opsi di property bar. Warnai juga objek di sisi paling atas sesuai kebutuhan Anda, dengan teknik yang sama menggunakan Interactive Fill Tool. Hilangkan outline-nya. terlihat lebih nyata, buat objek-objek pantulan cahaya 13Agar objek pada(kilap) dengan Bezier Tool, lalu beri efek transparan beberapa bagian kilap tersebut. Buat semuanya tanpa outline. Setelah itu, lakukan grouping. Klik drag keseluruhan area objek (Ctrl + A), klik kanan pilih Group (Ctrl+G). Saatnya membuat tutup flash disk. Pertama, buatlah objek seperti dalam gambar. Buat lagi objek di sisi seperti dalam gambar, lalu letakkan di lapisan belakang (klik kanan > Order > To back of layer [Shift + PgDown]). buat objek untuk melengkapi tutup flash disk tersebut dengan teknik 15Berturut-turut,seperti sebelumnya. Dengan dan langkah yang sama ini, ilustrasi terlihat seperti objek bersudut pandang 3D. Lengkapilah dengan objekobjek yang mendukung ilustrasi tersebut (nantinya akan menjadi efek pantulan). Warnai satu 16mewarnaisatu perdasarseperti didahuluPertama, dengan teknik gradasi atas. kami bagian terlebih dengan Interactive Fill Tool (G), dan menghilangkan outline-nya. Kemudian, warnai flat sisanya tanpa efek gradasi, dan beri efek transparan. Gunakan feeling dan insting seni Anda dalam melakukan proses pewarnaan dan pemberian efek ini. tambahkan 17Lalu,dalam gampada efek cahaya sisi seperti bar, dengan menduplikasi objek dan memberinya efek transparansi. sesuai kebutuhan 18Posisikan semua objek. Untuk Anda, grouping mempercantik ilustrasi, Anda dapat menambahkan efek bayangan pada ilustrasi dengan Interactive Shadow Tool.
Disertakan di CD edisi 25/2009

Grouping
Menyeleksi dan mengumpulkan objek menjadi satu area kelompok (pengelompokkan objek).

Shape Tool (F10), klik drag salah satu sudut objek persegi tersebut untuk membentuk sudut tumpul (rounded corner). Atau isilah Value/ nilai sekitar 30-35 di property bar (bagian atas kertas kerja) sebagai alternatif proses rounded corner. Interactive Contour Tool di samping kertas 3Pilih untuk mendapatkan efekklik dragtoolbox (bagian ke arah bagian kerja). Dengan tools tersebut, objek persegi dalam, duplikat yang proporsional. Isi nilai jumlah Contour sebanyak 1, dengan jarak (Contour Offset) 0,5 mm saja. terseleksi, pilih di Add perspective, lalu dalam (garis-garis bantu) 4Objek masih dalam keadaanakan muncul gridmenu bar, Effects >dalam ilustrasi Anda. Klik drag sudut-sudut di sisi kanan untuk mendapatkan efek perspektif. Untuk menyunting efek perspektif tersebut juga bisa menggunakan Shape Tool (F10). Buat sudut perspektif seperti dalam gambar. kanan di lalu pilih contour group 5Klik(Ctrl +Break objek Contour, apart K) untuk memisahkan objek Contour dengan objek utama/ aslinya. persegi bagian 6PosisikanLaluobjekpanjangBezier dalam. dengan Tool, buatlah seperti dalam gambar, kemudian beri warna yang sesuai. menggunakan 7Masih Untukobjek seperti Bezier Tool, buat dalam gambar. memperhalus sudut, dan lengkungan garis objek, gunakan Shape Tool, lalu konversi nodes menjadi kurva (klik kanan pada titik poros/nodes, lalu pilih To curve) . Modifikasi lengkungan garis objek tersebut dengan Shape Tool.

Interactive Shadow Tool
Fasilitas dalam software Corel Draw, yang memberikan efek bayangan pada objek dengan kepekatan dan letak jatuh bayangan yang dapat diatur dengan kondisi serta nilai tertentu.

Nodes
Titik poros yang menentukan lengkung pada objek vektor.

Outline
Garis garis pinggir, yang mengikuti/ mengelilingi bentuk objek dengan nilai ketebalan tertentu

14

Shape Tool
Fasilitas untuk memanipulasi garis lengkung vektor dengan memanfaatkan titik poros (nodes) pada objek vektor.

Text Tool
Adalah fasilitas dalam software CorelDraw untuk menulis/membuat teks. Dalam software CorelDraw, teks terbagi dalam dua kategori, yakni artistic text, merupakan teks yang dapat diolah secara artistik dengan menambahkan efek spesial seperti blend, extrude. Sedangkan paragraph text adalah teks yang dapat diolah dan diatur layaknya dalam program olah kata (misal MS word).

Trim
Fasilitas yang digunakan untuk memotong objek vektor dengan meniadakan objek yang tertumpuk/overlap.

Weld
Fasilitas dalam software CorelDraw untuk mengombinasikan 2 objek atau lebih menjadi satu objek tunggal dengan satu kurva dan satu outline (bentuk gabungan dari 2 objek tadi). Dimana warna objek dan warna outline bergantung pada objek sumber (source object) dan objek target (target object).

persegi panjang bagian luar 8Seleksidibuat tadi (klik satu peryang (berwarna abu-abu) dan objek baru saja satu objek yang dituju sambil menekan Shift), lalu lakukan operasi Trim untuk memotong garis-garis yang berlebih pada objek. Hilangkan bagian outline-

34

25/2009

Tip & Trik

CorelDraw X4

CorelDraw X4
Membuat Monitor
Seri tutorial kali ini akan menunjukkan langkah-langkah mudah membuat ilustrasi monitor PC. Beberapa langkah tetap menggunakan tools klasik yang biasa digunakan untuk membuat ilustrasi agar objek terlihat cukup realis, yakni interactive transparency tools dan efek-efek pewarnaan gradasi.

Pilih keseluruhan objek, lalu lakukan pengelompokkan/Grouping (Ctrl+G). Objek masih dalam keadaan terseleksi, pilih di menu bar, Effects > Add perspective, lalu dalam akan muncul grid (garis bantu) dalam ilustrasi Anda. Klik drag sudut-sudut di sisi kanan untuk mendapatkan efek perspektif. Untuk menyunting efek perspektif tersebut juga bisa menggunakan Shape Tool (F10). Un11Lakukan proses objek grouping pada tersebut (Ctrl+U). Buat satu buah persegi lagi (duplikasi dari persegi panjang bagian dalam) dengan klik drag objek persegi dari bagian sudutnya agar mendapatkan ukuran yang proporsional, lalu klik kanan. Posisikan sedikit ke sisi kanan. pewarnaan. 12SaatnyadiInteractive Pilih Fill Tool toolbox, klik drag pada objek yang ingin diberi warna, pilih warna sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk memodifikasi warna gradasi pada efek Interactive Fill Tool, cukup klik drag saja warna tertentu dari color palette (sebelah kanan kertas kerja) menuju grid (garis bantu) Interactive Fiil Tool tersebut. Untuk persegi panjang bagian dalam kami beri warna 40% black dari color palette. persegi warna gradasi Interactive Fiil Tool 13Duplikasidenganjugapanjang bagian dalam, lalu beri(untuk memilih warna dapat menggunakan palette di property bar sebagai alternatif), posisikan seperti dalam gambar, lalu beri outline sesuai kebutuhan dengan warna 70% black. Untuk memberi outline, cukup klik kanan pada warna yang Anda pilih di color palette. Untuk keterangan warna dan outline, bisa dilihat pada status bar bagian bawah kertas kerja. objek Bezier 14Buat lagi denganseperti dalam gambar dengan laluTool. Tool, beri warna putih, hilangkan outline-nya, beri efek transparan Interactive Transparency Pilih opsi Preset transparan uniform di property bar.

9

16

Duplikasi/gandakan objek lingkaran, beri warna yang lebih terang, dan posisikan seperti dalam gambar. Untuk satu lingkaran paling ujung, warnai dengan gradasi radial, agar seperti lampu penunjuk.

10

Hanya 2 tools sebagai senjata yang mumpuni, tentunya ditambah hal yang terkonsep dalam imajinasi. dokumen baru (Ctrl + N) 1Buka dengan ukuran ruang kerja sesuai kebutuhan Anda. Rectangle Tool (F6), lalu panjang 2Pilihbuat persegi proporsi dengan ukuran yang sesuai ilustrasi yang akan dibuat. Dengan Tool 3dut objekklikShapetersebut satu(F10), drag salah su persegi un tuk membentuk sudut tumpul (rounded corner). Atau isilah Value sekitar 5-7 di property bar (bagian atas kertas kerja) sebagai alternatif proses rounded corner. Interactive Con4Pilih Tool di toolbox (batour gian samping kertas kerja). Dengan tools tersebut, klik drag objek persegi ke arah bagian dalam untuk mendapatkan efek duplikat yang proporsional. Isi nilai jumlah Contour sebanyak 2, dengan jarak (Contour Offset) 1,0 mm saja. di objek 5Klik kanan pilih Break Contour, lalu Contour Group Apart (Ctrl + K), untuk memisahkan objek Contour dengan objek utama/ aslinya. Sekali lagi klik kanan, pilih Ungroup All tuk 6misahkan tiap objek undan me tersebut. Anda bisa menyesuaikan ukuran objek tersebut jika diperlukan, agar objek persegi paling luar terlihat sedikit lebih besar. Klik drag sambil menekan Shift agar mendapatkan ukuran yang proporsional. persegi bersudut dengan 7Buat lagi tumpul, panjang mengulangi langkah sebelumnya. Ini untuk membuat bagian panel bawah monitor. Sesuaikan nilai rounded cornernya dengan kebutuhan. Kemudian posisikan sesuai dalam gambar.

Dengan langkah dan tools yang sudah digunakan 17warna gradasi buatlah denganseperti dalamAnda. Khusus sebelumnya, objek gambar, dan beri sesuai kebutuhan untuk membuat objek selain lingkaran dan persegi, gunakan Bezier Tools.

tabung mo 18Buat objekmemperhalus nitor dengan Bezier Tool. Untuk sudut dan lengkungan garis objek, gunakan Shape Tool, lalu konversi nodes menjadi kurva (klik kanan pada titik poros/nodes, lalu pilih To curve). Modifikasi lengkungan garis objek tersebut dengan Shape Tool.

-

proses duplikat objek sebanyak 3 buah, lalu beri pe 19Untuktersebutpewarnaan objek tabung, buatlah warnaan seperti dalam gambar. Urutkan lapisan objek seperti dalam

persegi panjang paling luar, dan persegi yang 8Pilih saja dibuat (klik satu peroperasiobjek yang panjangsambil baru satu dituju menekan Shift), lalu lakukan penggabungan dengan mengklik opsi Weld di property bar.

gambar, tumpuk ketiga objek tersebut menjadi sejajar (pilih ketiga objek tersebut, lalu tekan C lalu E). Sebagai finishing, untuk mempercantik ilustrasi monitor Anda, berikan elemen tambahan berupa teks (Text Tool [F8]) dan elemen lainnya agar tampil lebih realis, dengan langkah-langkah yang sudah Anda coba sebelumnya.
Disertakan di CD edisi 25/2009

Untuk membuat ilustrasi tombol, buat objek lingkaran dengan Ellipse Tool (F7). Posisikan seperti dalam gambar, lalu warnai sesuai kebutuhan Anda.

15

25/2009

35

Freeware

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Bookmark
Fasilitas pada web browser untuk menyimpan alamat website yang menarik atau sering dikunjungi. Dengan bookmark, seorang pengguna tidak perlu mengetikkan atau mengingat alamat lengkap website yang sering dikunjunginya. Untuk memasukkan sebuah alamat ke dalam daftar bookmark, pengguna dapat menekan tombol Ctrl + D di web browser. Bookmark juga dikenal dengan istilah Favourite.

MozillaHistoryView v1.18
Melacak Jejak Browsing
Sulit mengingat kembali url penting atau terhilang akibat suatu sebab, ketika dibutuhkan? Tak perlu repot karena dapat diusahakan secara cepat dan mudah, dengan pembacaan file history melalui aplikasi MozillaHistoryView.

Situs-situs favorit yang dikunjungi user biasanya ditambahkan dalam daftar bookmark atau favorit. Melalui file history-lah pengguna browser dapat dilacak akses url-nya, dengan kata lain dapat dijadikan bahan pengawasan. Apabila Anda menggunakan browser buatan Mozilla, pencarian kembali dapat dilakukan dengan mudah dengan melihat file history melalui aplikasi MozillaHistoryView. MozillaHistoryView berukuran 44 KB, dan bisa didownload dari www.nirsoft.net/utils/MozillaHistoryView.zip.

Bila disimpan dalam format txt, maka hasilnya akan terlihat seperti ini. dapat dengan mudah mengakses kembali halaman 5Useryang tampil,history di MozillaHistoryView. Pilih salah situs yang tersimpan pada satu item history kemudian klik kanan, dan pilih open link in web browser, atau dengan menekan tombol F6.

File Torrent
Sebuah metafile yang berisi informasi tentang file yang ingin Anda download. Kebanyakan file torrent berukuran hanya beberapa kilobyte saja yang berisi tentang besarnya file, informasi download dan info lainnya. Dengan adanya file torrent ini, memungkinkan kita untuk men-download file sebenarnya (yang diinformasikan di dalam file torrent ini), jadi file torrent file ini bukankah file sebenarnya yang ingin Anda download.

dan ekstrak menemukan salah telah Anda 1Download, tentukan. file MozillaHistoryView.zip pada folder yang 6Untuk history pun dapat satu url dari sekian banyak url yang tersimpan dalam mudah dilakukan, dengan menekan Ctrl+F. Tentukan keyword dan option pencarian pada jendela dialog Find. Jalankan file MozillaHistoryView.exe yang berada dalam folder hasil 2ekstrak file archive, dan jendela utama segera tampil. Secara otomatis,
Disertakan di CD edisi 25/2009

History
Catatan dari apa saja yang pernah dilakukan oleh sebuah aplikasi. Misalnya pada web browser, history berisi catatan website mana saja yang pernah dikunjungi. Atau pada antivirus, history biasanya berisi catatan kapan dan antivirus bekerja, dan virus apa saja yang berhasil ditemukan, serta apa tindakan yang dilakukan oleh antivirus terhadap virus tersebut.

MozillaHistoryView membaca file-file history dari browser Mozilla yang ditampilkan dalam bentuk tabel secara detail. laporan dalam format fi html secara 3MozillaHistoryView dapatle menghasilkan otomatis, dengan mengklik menu View, kemudian klik HTML Report - All item untuk report keseluruhan item atau HTML Report selected items untuk sebagian item saja. Laporannya akan terlihat seperti ini. pada jendela 4Informasi yangkeditampilkan itemleyang inginMozillaHistoryView juga dapat disimpan dalam format fi lain, baik keseluruhan data ataupun sebagian. Seleksi terlebih dahulu disimpan, kemudian klik kanan, dan pilih Save selected items.

TorrentFetcher 1.02
Cara Singkat Download File Torrent

kali 3Dari hasil yang ditampilkan, klikfiduatorrentpada torrent yang ingin didownload. Maka secara otomatis le tersebut akan disimpan di direktori yang sudah Anda tentukan.

HTML
Singkatan HyperText Markup Language. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat dokumen web menggunakan hypertext yang nantinya akan diletakkan dalam world wide web. Dokumen web biasanya berisi sejumlah data berupa teks, gambar, suara dan penyediaan link terhadap halaman website lainnya. HTML merupakan varian dari SGML.

Tak ingin melihat iklan yang menjengkelkan saat mencari torrent pada situs? Beralihlah menggunakan aplikasi desktop TorrentFetcher yang mendukung pencarian torrent secara cepat, mudah, sederhana, dan tentunya tanpa terganggu dengan iklan.

URL
Uniform Resource Locator. Rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim BernersLee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dapat mereferensikan link ke WWW. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas. Format URL secara detail dideskripsikan pada standar Internet RFC 3986.

Situs-situs torrent biasanya tak hanya menyediakan informasi torrent, namun juga menyertakan berbagai iklan sehingga memberi kesan mengganggu. TorrentFetcher menawarkan kemudahan pencarian torrent hanya dengan melalui desktop, tak perlu membuka browser. User dapat memanfaatkan kemudahan pencarian berdasarkan kategori yang tersedia, dan batasan jumlah result yang ditampilkan pada jendela TorrentFetcher. Hasil pencarian ditandai dengan pewarnaan hijau maupun merah, yang memberi arti dimana kualitas torrent baik ataupun tidak untuk di-download. TorrentFetcher berukuran 420 Kb, dan bisa di-download dari http://downloads.zinious.com/ TorrentFetcher_1.02__setup.exe.

4Bila Anda ingin torrent tersebut langsung digunakan oleh BitTorrent client, maka di menu Torrent, beri centang pada Start immediately after download. Begitu Anda mengklik dua kali pada torrent yang diinginkan, secara otomatis BitTorrent client yang Anda pakai akan langsung terbuka, dan men-download-nya untuk Anda.
Disertakan di CD edisi 25/2009

1Download, dan jalankan file TorrentFetcher_1.02__setup.exe untuk memulai instalasi. pencarian masukan field Search, 2Untuk melakukandan jumlahtorrent, kemudiankeyword padaSearch. tentukan kategori result, klik tombol

36

25/2009

Tip & Trik: Ubuntu 9.10

Linux & Open Source

Ubuntu 9.10
Setting Repository Ubuntu 9.10
Ingin mengetahui cara mengonfigurasi repositoy? Simak petunjuk berikut.

deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu karmic-backports main restricted universe multiverse deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu karmic-proposed main restricted universe multiverse

Inilah Definisinya!
apt-get
Advanced Packaging Tool atau APT atau apt-get, merupakan sistem manajemen paket berbasis Command Line Interface (CLI) yang dapat digunakan oleh sistem berbasis Debian, dan distro turunannya. APT dapat mempermudah proses instalasi paket di Ubuntu dengan secara otomatis mencari ketergantungan paket yang dibutuhkan oleh paket yang akan diinstalasi. Sebelum dapat menginstalasi suatu paket dengan APT, pengguna diharuskan melakukan konfigurasi sumber repositori terlebih dahulu.

proses instalasi 9.10 dari PC Mild edisi 1Setelah mengetahui digunakan sebagaiUbuntu serverkonfigurasirepository sebelumnya, selanjutnya Anda dapat melakukan repository Ubuntu 9.10 yang akan default software Ubuntu 9.10. Nantinya, perintah sudo apt-get install [nama-paket-yangakan-di-instal] yang sering digunakan dalam pembahasan Tip & Trik PC Mild Ubuntu 9.10 ini, akan merujuk ke server repository ini. Simpan hasil perubahan file 910-local.html, Anda dapat melihat beberapa repository Ubuntu 9.10 3perintah berikut untuk meng-update index paket dari repository server 2Pada url http://ganaspati.blogspot.com/2009/11/update-repository-ubuntu- yang baru saja Anda tambahkan: /etc/apt/sources.list di atas, lalu jalankan yang terdapat di jaringan IIX. Pilih salah satu repository server yang terdapat pada daftar tersebut, lalu tambahkan ke dalam file /etc/apt/sources.list. Sebagai contoh di sini, penulis menggunakan repository Ubuntu 9.10 yang terdapat di www.foss-id.web.id (Telkom). $ gksudo gedit /etc/apt/sources.list www.foss-id.web.id (Telkom) deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu karmic main restricted universe multiverse deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu karmic-updates main restricted universe multiverse deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu karmic-security main restricted universe multiverse Proses konfigurasi repositori selesai dilakukan. Kini Anda siap melakukan instalasi paket dengan menggunakan perintah apt-get install [namapaket], dengan Synaptic Package Manager, atau Ubuntu Software Center. Sebagai contoh penggunaan apt-get, jalankan perintah berikut untuk menginstalasikan paket VLC media player: $ sudo apt-get install vlc $ sudo apt-get update

Software Repository

4

Lokasi penyimpanan dari paket software yang digunakan sebagai tempat untuk men-download paket aplikasi yang akan diinstalasi oleh client pengguna software repository tersebut. Dalam sebuah software repository, biasanya sudah terdapat ribuan aplikasi beserta dengan index paket yang berisi daftar paket yang terdapat di dalamnya. Untuk menggunakan, pengguna tinggal mengedit file konfigurasi yang diarahkan ke software repository yang akan digunakan.

Ubuntu 9.10
Menggunakan Ubuntu Software Center
Mari gunakan fitur terbaru yang terdapat di Ubuntu 9.10 ini!

Synaptic Package Manager
lalu klik button panah. Lanjutkan dengan mengklik button Install untuk menginstalasikan paket AcidRip DVD Ripper tersebut.
Aplikasi berbasis GTK+ yang berfungsi sebagai front-end dari aplikasi Advanced Packaging Tool (apt). Synaptic biasanya digunakan sebagai sistem manajemen paket berbasis Debian, termasuk di antaranya distro Ubuntu. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan proses instalasi, uninstall aplikasi, dan menambahkan daftar repository paket.

1

Salah satu fitur terbaru yang terdapat di Ubuntu 9.10 adalah sudah disertakannya aplikasi Ubuntu Software Center. Dengan aplikasi ini, para pengguna Ubuntu 9.10 dapat dengan mudah menginstalasikan paket yang diinginkan.

dapat menggunakan Ubuntu 2Sebelumpastikan proses Setting Repository Software Center, Ubuntu 9.10 telah Anda lakukan dengan baik. Untuk menjalankan Ubuntu Software Center, klik menu Applications | Ubuntu Software Center. Paket AcidRip DVD Ripper akan segera di-download dari repository server, dan dilanjutkan dengan proses instalasi paket AcidRip DVD Ripper yang telah ter-download.

Ubuntu Software Center
Dulu dikenal sebagai Ubuntu Software Store, merupakan aplikasi berbasis GTK+ yang berfungsi sebagai antarmuka dari program Advanced Packaging Tool (APT) yang digunakan sebagai sistem manajemen paket distro Debian. Ubuntu Software Center dapat digunakan untuk melakukan proses instal/uninstall paket, dan menambah repository software.

3Pada halaman Ubuntu Software Center, Anda dapat melihat beragam kategori software yang
terdapat di Ubuntu 9.10. Untuk menginstalasikan paket (misal AcidRip DVD Ripper), Anda tinggal mengklik kategori software tersebut (dalam contoh ini kategori Sound & Video). Pilih paket yang ingin diinstall (dalam contoh ini AcidRip DVD Ripper),

Proses instalasi AcidRip DVD Ripper dari Ubuntu Software Center telah berhasil diinstal. Lakukan hal yang sama untuk menginstalasikan paket yang lain. paket yang ingin diinstal 4Setelahdiberi tanda centang, lanjutkan sudah dengan mengklik button Apply untuk menginstalasikan paket tersebut. akan segera di-download, 5Paketdiinstalasikan ke dalam sistem dan Ubuntu 9.10 Anda.

4

Ubuntu 9.10
Menggunakan Synaptic Package Manager
Gunakan Synaptic Package Manager sebagai alternatif dari apt-get.

untuk 1Jika tidak terbiasa dengan perintah apt-get untuk menginstalasikan paket, 6Ulangi langkah yang sama lain. Anda dapat menggunakan Synaptic Package Manager. menginstalasikan paket yang 2Untuk menjalankan Synaptic Package Manager, Anda dapat mengklik menu | | . Synaptic Package Manager, Anda dapat melihat 3Dari halamankategori paketberikut dengan menginstalasikan salahdapat beragam kategori paket, daftar paket yang diinstalasi dalam tersebut. Untuk satu paket, beri tanda centang pada paket yang ingin diinstal, lalu pilih Mark for Installation. Jika terdapat pesan kalau paket tersebut membutuhkan paket lain untuk ditandai untuk diinstalasikan juga, klik saja Mark.

VLC
VLC media player atau biasa disingkat VLC, merupakan aplikasi media player bersifat free dan open source, yang dibuat oleh VideoLAN project. VLC dapat digunakan sebagai player multimedia bersifat portabel, encoder, dan streamer, dan sudah mendukung banyak format file audio-video codec, seperti DVD, VCD, dan berbagai protocol streaming lainnya.

25/2009

37

Pemrograman

Tip & Trik: PHP

Inilah Definisinya!
.Net Framework
Sebuah komponen yang dapat ditambahkan ke Windows atau telah terintegrasi ke dalam Windows (mulai dari Windows Server 2003 ke atas). Kerangka kerja ini menyediakan sejumlah besar solusi-solusi program untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan umum suatu program baru, dan mengatur eksekusi program-program yang ditulis secara khusus untuk framework ini. .NET Framework adalah kunci penawaran utama dari Microsoft, dan dimaksudkan untuk digunakan oleh sebagian besar aplikasi-aplikasi baru yang dibuat untuk platform Windows. Pada dasarnya, .NET Framework memiliki 2 komponen utama: CLR dan .NET Framework Class. Tujuan pengembangannya adalah untuk berbagai macam aplikasi, serta menjalankan aplikasi generasi mendatang termasuk pengembangan aplikasi XML Web Services.

PHP
Dasar-dasar Pembuatan Situs Jejaring Sosial
Situs jejaring sosial seperti Facebook, MySpace ataupun Twitter, sepertinya telah menjadi candu tersendiri bagi penggunanya. Beberapa tidak dapat memulai rutinitas hariannya sebelum membuat situs jejaring sosial untuk membaca kabar-kabar terbaru dari teman-temannya.

Kesuksesan dari situs jejaring sosial, membuat banyak pengembang web membuat situs serupa. Namun tentu saja pioneer, dan mereka yang punya diferensiasilah yang akan lebih digemari. Sulitkah membuat situs jejaring sosial? Dengan menggunakan PHP (bahasa pemrograman yang juga digunakan oleh Facebook) dan MySQL, kita akan menerapkan konsep sederhana dari suatu situs jejaring sosial, di mana user dapat mendaftar, login, dan menampilkan jumlah serta nama teman.

echo “<strong><ul>”; for ($i = 0; $i < mysql_numrows($res); $i++) { $row = mysql_fetch_assoc($res); echo “<li>”.$row[‘teman’].”</li>”; } $query = “SELECT * FROM teman WHERE teman = ‘”.$userInput.”’;”; $res = mysql_query($query); $tot += mysql_numrows($res); for ($i = 0; $i < mysql_numrows($res); $i++) { $row = mysql_fetch_assoc($res); echo “<li>”.$row[‘userID’].”</li>”; } echo “</ul></strong><br>”; echo “Jumlah teman: “.$tot; } } } fungsi createTable, kita buah 4Dengan memanfaatkanadalah tabel yang berisi akan membuat duakedua tabel. Tabel pertama data user (dengan field UserID, Password, Nama, TanggalEntry, dan JamEntry), dan tabel merupakan tabel teman (dengan field UserID, Teman, TanggalEntry, dan JamEntry). Tabel Teman ini menunjukkan siapa berteman dengan siapa. Setelah membuat tabel, kita isikan data teman secara manual. Tentu pada penerapannya, kita perlu membuat sebuah form untuk melakukan registrasi. Simpan file ini dengan nama data.php: <?php require(“function.php”); createTable(“user”, array(“UserID”, “Password”, “Nama”, “TanggalEntry”, “JamEntry”), array(“char(10)”, “char(40)”, “char(40)”, “date”, “time”)); insert(“user”, array(“kwek”,md5(“kwek”),”Kwek Bebek”)); insert(“user”, array(“kwak”,md5(“kwak”),”Kwak Bebek”)); insert(“user”, array(“kwik”,md5(“kwik”),”Kwik Bebek”)); insert(“user”, array(“kwok”,md5(“kwok”),”Kwok Bebek”)); createTable(“teman”, array(“userID”,”teman”, “tanggal”, “jam”), array(“char(10)”,”char(10)”, “date”, “time”)); insert(“teman”,array(“kwak”,”kwek”)); insert(“teman”,array(“kwak”,”kwik”)); insert(“teman”,array(“kwak”,”kwok”)); insert(“teman”,array(“kwek”,”kwok”)); ?> Dari data di atas, tabel user akan berisi 4 buah record, yaitu kwek, kwak, kwok, dan kwik. Lalu dari tabel Teman, kita menyisipkan 4 buah record, yaitu kwak berteman dengan kwek, kwak berteman dengan kwik, kwak berteman dengan kwok dan kwek berteman dengan kwok. yaitu dapat gunakan menyimulasikan user melakukan Agar akan 5Fungsi terakhir, saat loginfungsi login login.file kita praktis, kitaleuntuk panggil langsung fungsi ke dalam sebuah php. Simpan fi php dengan nama testlogin.php: <html> <head> <title>Faceduuk</title> </head> <body> <?php require(“function.php”); login2(“kwak”, “kwak”); ?> </body> </html> berikut merupakan tampilan yang didapatkan untuk pemang6Tampilandiubah menjadi login2(“kwek”,”kwek”); jika pemanggilan gilan login kwak. Gambar berikutnya menunjukkan fungsi login
Disertakan di CD edisi 25/2009

1

Langkah-langkah untuk membuatnya adalah: Kita buat suatu fungsi bernama createTable untuk membuat tabel pada database MySQL faceduuk: <?php function createTable($table_name, $field_name, $field_type) { $query = “CREATE TABLE IF NOT EXISTS “.$table_name.” (“; for ($i = 0; $i < count($field_name); $i++) { $query .= $field_name[$i].” “.$field_type[$i]; if ($i != count($field_name)-1) $query .= “, “; } $query .= “)”; mysql_connect(“localhost”, “root”, “”); mysql_select_db(‘faceduuk’); mysql_query($query); echo $query; } createTable(“user”, array(“UserID”, “Password”, “Nama”, “TanggalEntry”, “JamEntry”), array(“char(10)”, “char(40)”, “char(40)”, “date”, “time”)); ?>

GIMP
GNU Image Manipulation Program, adalah perangkat lunak yang diedarkan secara bebas dan dapat digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan seperti manipulasi foto, penggabungan gambar, dan pembuatan gambar. GIMP mempunyai banyak kemampuan. GIMP dapat digunakan sebagai program menggambar sederhana, program manipulasi foto sekualitas pakar, sistem pemrosesan batch online, pembuat gambar secara massal, pengubah format gambar, dan lain-lain. Plug-in dan ekstensi dapat ditambahkan dengan mudah. GIMP ditulis dan dikembangkan di bawah X11 dan platform UNIX, tetapi dapat juga berjalan di MS Windows dan Mac OS X.

kedua yang akan kita insert. Tujuan dari fungsi 2Fungsiadalahdipanggil untuk buat adalah fungsiyang telah di-entry user ke insert memasukkan data pada tabel. Pada saat proses pendaftaran, fungsi ini akan menyimpan data dalam table: function insert($tabel, $ins) { mysql_connect(“localhost”, “root”, “”); mysql_select_db(‘faceduuk’); $tanggal = date(“Y-m-d”); $jam = date(“G:i:s”); $data = “”; for ($i=0; $i<count($ins); $i++) { $data .= “’”.$ins[$i].”’,”; } $query = “INSERT INTO “. $tabel . “ VALUES (“.$data.” ‘”.$tanggal.”’, ‘”.$jam.”’);”; mysql_query($query); } ketiga adalah fungsi saat 3Fungsiini dengan function.php: user melakukan login. Simpan kumpulan fungsi function login2($userInput, $pass) { mysql_connect(“localhost”, “root”, “”); mysql_select_db(‘faceduuk’); $query = “SELECT * FROM user WHERE userID = ‘”.$userInput.”’;”; $res = mysql_query($query); if (mysql_numrows($res) <= 0) { echo “UserID is not available.<br />”; } else { $pass2=md5($pass); $row = mysql_fetch_assoc($res); if ($row[‘Password’]==$pass2) { echo “<h1>Selamat datang, “. $row[‘Nama’] . “</ h1>”; echo “<br>Teman Anda:<br>”; //cari teman $query = “SELECT * FROM teman WHERE userID = ‘”.$userInput.”’;”; $res = mysql_query($query); $tot = mysql_numrows($res);

MySpace
Situs social networking yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video. MySpace bermarkas di Beverly Hills Amerika Serikat. MySpace kini dimiliki oleh News Corporation. Sejarahnya berawal pada saat peluncuran Friendster di tahun 2002, beberapa orang yang saat ini menjadi karyawan MySpace memutuskan untuk meniru Friendster. Di bulan Agustus 2003, versi pertama MySpace diluncurkan.

MySQL
Sebuah software sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual di bawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

38

25/2009

Tip & Trik: Visual Basic .net

Pemrograman

Visual Basic .net
Mengenal Brush pada VB.Net
Dalam software pengolah citra seperti Photoshop atau GIMP, dikenal fasilitas Brush yang digunakan untuk memberi warna suatu objek dengan warna, pola, atau gambar tertentu. Yang menarik, dalam .Net Framework juga dikenal Brush yang hasilnya tidak kalah dengan Brush pada software pengolah citra.

Imports System.Data Imports Imports Imports Imports Imports System.Drawing System.Windows.Forms System.ComponentModel System.Drawing.Drawing2D System.IO

ForwardDiagonal Horizontal Vertical End Enum Private Sub BrushesForm_Paint(ByVal sender As Object, ByVal e As PaintEventArgs) Handles MyBase.Paint Dim g As Graphics = e.Graphics Dim x As Integer = 0 Dim y As Integer = 0 Dim width As Integer = Me.ClientRectangle.Width Dim height As Integer = Me.ClientRectangle.Height / 5 Dim whiteBrush As Brush = System. Drawing.Brushes.White Dim blackBrush As Brush = System. Drawing.Brushes.Black Dim rect As Rectangle = New Rectangle(50, 30, 200, 200) Dim lBrush As LinearGradientBrush = New LinearGradientBrush(rect, Color.Blue, Color.Green, LinearGradientMode.Vertical)

Public Class BrushesForm Protected Overrides Sub OnPaint(ByVal e As System.Windows.Forms.PaintEventArgs) Dim g As Graphics = e.Graphics Dim hBrush1 As HatchBrush = New HatchBrush(HatchStyle.DiagonalCross, Color. Chocolate, Color.Red) Dim hBrush2 As HatchBrush = New HatchBrush(HatchStyle.DashedHorizontal, Color. Green, Color.Black) Dim hBrush3 As HatchBrush = New HatchBrush(HatchStyle.Weave, Color.BlueViolet, Color.Blue) g.FillEllipse(hBrush1, 20, 80, 60, 20) Dim rect As Rectangle = New Rectangle(0, 0, 200, 100) Dim point1 As PointF = New PointF(50.0F, 250.0F) Dim point2 As PointF = New PointF(100.0F, 25.0F) Dim point3 As PointF = New PointF(150.0F, 5.0F) Dim point4 As PointF = New PointF(250.0F, 50.0F) Dim point5 As PointF = New PointF(300.0F, 100.0F) Dim curvePoints As PointF() = {point1, point2, point3, point4, point5} g.FillPolygon(hBrush2, curvePoints) End Sub End Class

Tip kali ini adalah mencoba mendemokan berbagai macam brush yang dikenal pada VB.Net. Tugas utama dari sebuah Brush pada .Net framework adalah mengisi sebuah kurva tertutup (entah bujursangkar, persegi panjang, atau elips). Method-method pada Class Graphics dapat digunakan untuk mewarnai bangun-bangun tersebut dengan model brush tertentu. Beberapa method yang dapat digunakan adalah: FillRectangle, FillEllipse, FillPolygon, FillPie, dan FillPath. Untuk menggunakan method tersebut, panggil method tersebut dengan memberikan nilai brush sebagai parameter, diikuti dengan lokasi dan dimensi dari bangun yang hendak di-fill. Contoh sederhana dari kode untuk mewarnai suatu segi empat: Private Sub Form1_Paint(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms. PaintEventArgs) Handles MyBase.Paint e.Graphics.FillRectangle(SomeBrush, 20, 20, 200, 160) End Sub Demo selengkapnya adalah sebagai berikut: project baru yang mempunyai sebuah form 1Buat sebuahdemo penggunaan SolidBrush. Ketikkan kode kosong. Ubah nama form menjadi BrushesForm. Kita akan menggunakan berikut: Public Class BrushesForm Private Sub BrushesForm_Paint(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms. PaintEventArgs) Handles MyBase.Paint Dim g As Graphics = e.Graphics Dim sdBrush1 As SolidBrush = New SolidBrush(Color.Red) Dim sdBrush2 As SolidBrush = New SolidBrush(Color.Green) Dim sdBrush3 As SolidBrush = New SolidBrush(Color.Blue) g.FillEllipse(sdBrush2, 20, 40, 60, 70) Dim rect As Rectangle = New Rectangle(0, 0, 200, 100) g.FillPie(sdBrush3, 0, 0, 200, 40, 0.0F, 30.0F) Dim point1 As PointF = New PointF(50.0F, 250.0F) Dim point2 As PointF = New PointF(100.0F, 25.0F) Dim point3 As PointF = New PointF(150.0F, 5.0F) Dim point4 As PointF = New PointF(250.0F, 50.0F) Dim point5 As PointF = New PointF(300.0F, 100.0F) Dim curvePoints As PointF() = {point1, point2, point3, point4, point5} g.FillPolygon(sdBrush1, curvePoints) End Sub End Class Tampilan yang didapatkan dari kode di atas adalah: Brush yang kedua adalah Dengan 2Tipe yang berbeda.bisa memberikan HatchBrush.ubah kode HatchBrush, kita warna latar belakang dan pola Masih pada form yang sama, di atas menjadi kode berikut: Imports System Imports System.Collections

Tampilan yang didapatkan adalah sebagai berikut: berikutnya 3Demo Brush berikut: Ketikkan kode Imports Imports Imports Imports Imports Imports Imports Imports Imports adalah LinearGradientBrush.

System System.Collections System.ComponentModel System.Windows.Forms System.Data System.Configuration System.Resources System.Drawing System.Drawing.Drawing2D

g.FillRectangle(lBrush, rect) g.DrawString(lBrush.ToString(), Me.Font, blackBrush, x, y) End Sub End Class Tampilan untuk kode di atas adalah sebagai berikut:
Disertakan di CD edisi 25/2009

Public Class BrushesForm Enum LinearGradientMode BackwardDiagonal

25/2009

39

Software

Mengenal Content Management System

Mengenal Content Management System
Bagi banyak perusahaan, saat ini website merupakan identitas di Internet. Informasi dapat disampaikan dan diterima dengan lebih cepat berkat adanya website. Yang menjadi masalah kemudian adalah pengelolaan informasi pada website menjadi kompleks, ketika pemutakhiran dilakukan secara periodik. Content Management System (CMS) dapat menjadi solusi yang tepat.

Template web cukup baik untuk desain awal, dengan isi website yang tidak terlalu banyak. Namun, ketika isi dari website menjadi semakin kompleks, Anda tidak dapat mengandalkan template web. Anda memerlukan sebuah tool yang berfungsi sebagai template, namun juga memberikan kemudahan lain untuk mengelola isi dari website. Tool tersebut diistilahkan dengan Content Management System. Solusi CMS Istilah Content Management System (atau dalam Bahasa Indonesia Sistem Manajemen Konten) sebenarnya tidak hanya mengacu pada pengelolaan konten web, namun secara umum adalah software untuk mengelola konten dalam arti yang luas, baik itu dokumen, film, gambar, data ilmiah, dan sebagainya. Pada artikel ini, CMS mengacu pada web CMS, yaitu alat bantu berupa software yang dikhususkan untuk melakukan pengelolaan konten website. Sebuah CMS standar dapat melakukan pengelolaan konten web berupa: Pengaturan desain dengan menggunakan template. Seperti halnya template web, CMS umumnya juga mempunyai berbagai macam template. Beberapa template berbayar, beberapa gratis. Namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa template CMS yang satu dengan CMS yang lain tidaklah sama strukturnya, sehingga sebuah template CMS hanya dapat digunakan pada CMS yang sama. Gambar berikut merupakan demo dari template CMS Joomla.

pada umumnya membuat kemudahan dalam membuat atau mengedit suatu konten (yang nantinya tampil pada halaman website). Editor WYSIWIG (What You See Is What You Get) menjadi standar umum pada CMS , sehingga bagi user yang

akta yang tidak berlebihan jika ada yang mengatakan bahwa membuat website yang bagus dan aman dari nol adalah pekerjaan yang sulit, dan memakan banyak waktu. Bahkan bagi seorang pengembang web yang terampil sekalipun, membuat website hanya dengan bermodalkan editor, pengolah gambar, dan memulai semuanya dari 0, bukanlah pekerjaan yang ringan. Serasa seperti harus “reinventing the wheel” (menemukan roda) untuk mencipta kendaraan – yang berarti membutuhkan waktu dan sumber daya lain dengan cukup besar. Sementara bagi sebagaian besar orang (client), mereka tidaklah punya banyak waktu untuk menunggu. Solusi Template Web Salah satu solusi yang ada untuk merancang web dengan cepat adalah dengan menggunakan template web. Template web merupakan wadah atau pola dari web yang hendak dibuat. Pengembang web (atau siapapun yang ingin membuat web) perlu men-download atau membeli (jika template web tersebut berbayar). Informasi atau isi dari template web merupakan informasi yang umum, dan dapat diubah sesuai dengan keinginan dari pengembang web. Dengan berbekal pengetahuan HTML dan CSS, user dapat melakukan perubahan template web dengan bebas. Beberapa situs yang menawarkan template web secara cuma-cuma adalah: www.freewebtemplates.com/ , www.

F

1

dalam mengedit Karena pakan hal sebuah maka CMS 2Kemudahanterpenting pada konten. website,konten meru-

freewebsitetemplates.com/ , dan www.templatemonster.com/ . Di situ, Anda dapat men-download template web, dan memodifikasinya untuk situs pribadi Anda.

40

25/2009

Mengenal Content Management System
tidak mengerti HTML dapat tetap membuat konten dengan berbagai variasi. Kemudahan dalam penambahan fitur. Fitur-fitur tambahan pada sebuah website seperti kalender, shoutbox, modul pencarian suatu kata kunci, statistik pengunjung, polling, forum, dan sebagainya merupakan komponen yang dapat dengan mudah ditambahkan, dan diatur letaknya pada website dengan menggunakan CMS. Sama seperti template, fitur atau komponen ini spesifik pada CMS tertentu, sehingga suatu komponen pada suatu CMS tidak dapat digunakan pada CMS jenis yang lain. Gambar berikut merupakan salah satu Berdasarkan tujuannya, CMS dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu: - CMS Portal, merupakan CMS yang digunakan untuk membangun halaman portal atau halaman web yang berisi informasi. Kekuatan dari CMS Portal ditekankan pada kemampuan dan kekayaan fitur untuk mengelola konten. Secara umum, CMS Portal lebih banyak daripada kategori-kategori yang lain. Beberapa contoh CMS Portal yang cukup populer adalah Joomla, Drupal, Mambo, dan Xoops. Salah satu CMS portal buatan Indonesia yang telah go international adalah Endonesia.

Software

3

TextPattern, dan LifeType. - CMS Image Galleries. Penggunaan CMS Image Galleries dikhususkan untuk mengelola konten berupa gambar. Kemudahan yang ditawarkan adalah pengaturan gambar serta fitur-fitur, seperti slideshow, thumbnail generator, preview, dan tak ketinggalan fitur theme untuk mengubah desain galeri foto. Coppermine 1.4.25 , ZenPhoto 1.2.6, dan Gallery

contoh website yang dibuat dengan CMS, dan tambahan fitur pencarian, statistik, polling, dan jam. Yang dimaksud dengan delegasi adalah hak 4Delegasi. konten.pengguna untuk berkontribusi terhadap akses atau level pengelolaan Beberapa contoh level pengguna adalah level super administrator (yang berarti berhak untuk melakukan semua perubahan tanpa ada batasan), level administrator (dapat menambahkan konten), level manager (yang hanya dapat melakukan pengeditan, namun tidak dapat menambah), dan sebagainya. Standard Upgrade. Agar selalu 5Web sebuah CMS juga memungkinkanmengikuti standar web, untuk melakukan upgrade ke versi yang lebih tinggi, tanpa harus kehilangan konten ataupun desain yang sudah ada. Pada CMS dikenal istilah back-end dan front-end. Front-end mengacu pada halaman yang dilihat oleh pengakses website. Sedangkan back-end merupakan halaman yang diperuntukkan oleh pengembang website untuk mengelola konten. Melalui back-end inilah perubahan seperti mengubah template, menambah atau mengubah konten /fitur, mengelola user, mengubah judul website, dan sebagainya dilakukan. Karena begitu pentingnya halaman back-end, maka untuk melakukan pengaksesan halaman back-end harus mempunyai user dan password yang tepat. Back-end pada masing-masing CMS

- CMS Forum/Bulletin Board, merupakan CMS yang digunakan untuk membangun forum diskusi. Content pada CMS Forum/Buletin Board sepenuhnya diisi oleh user yang terdaftar atau diistilahkan dengan “user-generated content”. Ini berbeda dengan CMS Portal yang sebagian besar content dibuat oleh pengelola website. Beberapa contoh CMS Forum/ Bulletin Board yang cukup populer adalah phpBB , MyBB, dan bbPress.

2.3 merupakan beberapa CMS Image Galleries yang banyak digunakan. - CMS Learning Management. Learning Management System merupakan software yang digunakan untuk menyampaikan bahan pembelajaran melalui Internet. Dengan Learning Management System, diharapkan suatu kelas menjadi lebih dinamis dengan melakukan pembelajaran interaktif melalui Internet. CMS Learning Management merupakan CMS yang digunakan sebagai wadah pembuatan sistem elearning dengan cepat. Fitur yang menjadi andalan pada CMS Learning Management ini adalah kemudahan dalam pengelolaan topik pembelajaran untuk online course, seperti student self-service, training workflow, penilaian secara online, dan pembelajaran kolaboratif. Moodle merupakan CMS

- CMS Blog. Blog umumnya dikelola oleh individu dengan konten berbagai topik sesuai dengan ketertarikan dari individu tersebut. Pada blog dimungkinkan bagi pengunjung untuk memberikan komentar sehubungan dengan konten. CMS Blog merupakan CMS untuk mengelola blog, termasuk di dalamnya pengelolaan konten /posting, pemberian komentar, gambar, dan link ke blog lain. Beberapa CMS blog yang termasuk populer adalah Wordpress, Nucleus CMS ,

Learning Management open source yang paling banyak digunakan saat ini. Contoh yang lain dari CMS Learning Management adalah Atutor. - CMS eCommerce. Adanya CMS eCommerce memungkinkan kita untuk membangun toko online dengan mudah dan cepat. Kegiatan-kegiatan yang umum dilakukan dalam ecommerce, seperti mengelola tampilan untuk display barang, pemberian discount khusus, pengelolaan stok, dan laporan pendapatan dapat diakses dengan mudah melalui halaman back-end. Beberapa CMS eCommerce yang populer adalah osCommerce, ZenCart, OpenCart, dan Magento. Penutup Kapan sebaiknya menggunakan CMS, dan kapan sebaiknya menghindari CMS? Untuk website dengan konten yang statis tanpa perubahan yang terlalu banyak, maka menggunakan CMS terlalu berlebihan. Pertimbangan lain adalah kebutuhan ruang untuk instalasi CMS. Hampir semua CMS mensyaratkan adanya database server, seperti MySQL atau SQL Server. Kebutuhan ruang untuk suatu CMS juga tidak bisa dibilang kecil. Sebuah CMS dapat menghabiskan space dari 5 MB hingga 20 MB, yang masih belum termasuk di dalamnya database yang digunakan untuk menampung data. Namun, jika Anda membutuhkan suatu website dengan konten yang dinamis dan selalu di-update secara reguler, CMS adalah pilihan yang tepat. Dengan waktu yang relatif singkat, CMS dapat mewujudkan keinginan Anda untuk membangun suatu website yang elegan dan aman!
Penulis, Windra Swastika, merupakan dosen tetap Sistem Informasi di Universitas Ma Chung, Malang
Informasi Lebih Lanjut

mempunyai struktur pengelolaan yang berbeda. Gambar berikut menunjukkan back-end pada CMS Drupal ,

Joomla , dan Nuke Evolution. Kategori CMS Beberapa CMS dirilis secara proprietary atau berbayar, namun CMS yang dirilis secara open source juga tidak kalah banyak.

• www.opensourcecms.com/ • http://en.wikipedia.org/wiki/Web_content_management_ system

25/2009

41

Software

Software-software Open Source Web CMS

Software-software Open Source Web CMS
Sama seperti bisnis software yang lain, ketika pengembang melihat meningkatnya kebutuhan akan software web CMS, maka mereka berlomba-lomba untuk memberikan fitur-fitur terbaiknya dalam web CMS buatannya. Lalu muncul pula dua kubu web CMS, yang berbayar dan open source, yang dikembangkan beramai-ramai oleh pengembang yang tertarik dengan web CMS tersebut.

B

eberapa kategori software web CMS yang dibahas di sini adalah kategori portal (yang merupakan kategori web CMS dengan jumlah terbanyak), e-commerce, forum/ bulletin board, dan CMS Management Learning.

Joomla!
Pengembang: Joomla Team Versi rilis terbaru: 1.5.15 (4 Nov. 2009) Ukuran: 6.4 MB (archived) Lisensi: GNU GPL Website: www.joomla.org

Joomla dikategorikan sebagai portal untuk menangani berbagai macam konten, mulai dari teks sederhana, foto, musik, video, ataupun dokumen. Seperti yang ditulis dalam situs resminya, keuntungan utama dalam menggunakan CMS (Joomla!) adalah bahwa Anda dapat mengelola semua konten tersebut dalam bentuk web, dengan nyaris tanpa memerlukan keterampilan teknis maupun pengetahuan dalam pemrograman web. Beberapa aplikasi nyata dari apa yang bisa Joomla! kelola adalah situs web korporat atau portal, majalah, koran atau publikasi online, e-commerce, situs web untuk bisnis skala kecil, situs untuk organisasi non-profit, homepage pribadi atau keluarga. Dengan dukungan pengembang di seluruh dunia, saat ini Joomla! mempunyai lebih dari 3.000 extensions (atau plugins), modul serta komponen yang membuat web standar Joomla! mempunyai tambahan fungsi, seperti melakukan backup website, menerjemahkan konten, menampilkan kalender, menambahkan kode Google AdSense, dan sebagainya. Beberapa situs populer yang menggunakan Joomla sebagai web portalnya adalah portal green search engine yang beralamat di www.greenmaven.com , IHOP (jaringan restoran) yang

CSM Award pada tahun 2009. Sementara Joomla! dan Wordpress harus berbagi di posisi runner-up. Meski demikian, menurut beberapa pengguna pemula, Drupal dibilang terlalu sulit karena mempunyai konsep dan terminologi yang secara khusus hanya berlaku pada Drupal. Sebagai contoh, pada Drupal dikenal Node. Node merupakan satuan konten yang dapat berupa blog, topik forum, berita, halaman statis, gambar, video, audio, maupun flash. Istilah Taxonomy pada Drupal mengacu pada pengategorian konten, misalnya satuan konten dapat berkategori Politik, Ekonomi, Sains, atau Agama. Istilah Hook mungkin adalah istilah yang nyaris tidak begitu diperhatikan oleh user biasa. Hook pada Drupal merupakan konsep penting bagi developer, yaitu suatu metode agar setiap modul dapat menambahkan fungsi tertentu. Penambahan dilakukan dengan cara mengaitkan fungsi tersebut pada hook yang dimiliki sistem Drupal. Setiap modul dapat menambah menu baru dengan cara mendefinisikan fungsi modul_menu, yang akan menjamin Drupal tidak lupa memperhitungkan keberadaan menu tersebut ketika diperlukan. Situs yang dibuat oleh Drupal dan di-hit cukup banyak pengunjung adalah http://ubuntu.com dan http://seobook. beralamat di www.ihop.com , Fakultas Ekonomi UI di www. fe.ui.ac.id/ , dan desain furniture Senso yang beralamat di

www.sensointeriors.co.za. Drupal
Pengembang: komunitas Drupal Versi Rilis terbaru: 6.14 (16 Sep. 2009) Ukuran: 1.03 MB (archived) Lisensi: GNU GPL Website: www.drupal.org

Drupal merupakan web CMS yang menjadi juara pertama “Best Open Source PHP CMS” yang diselenggarakan oleh

42

25/2009

Software-software Open Source Web CMS
ada 14.000 situs yang mempergunakan osCommerce sebagai situs belanja online. Saat ini, menurut laporan di website resmi osCommerce, setidaknya 224.800 pemilik usaha kecil dan menengah menggunakan osCommerce untuk situs ECommerce mereka. Solusi pengembangan situs ECommerce secara sederhana dan mudah sehingga osCommerce membuat banyak usaha kecil atau menengah memercayakan situs penjualan mereka ke osCommerce. Kunci kesuksesan dari osCommerce adalah kemudahan dan pemenuhan kebutuhan untuk bisnis online. Beberapa fitur dari osCommerce yang menjadikan osCommerce layak untuk dijadikan situs online shopping adalah kemudahan instalasi, jumlah produk dan kategori yang tidak terbatas, dukungan multi-currency, dukungan Secure transaction dengan SSL (Secure Socket Layer), fungsi perhitungan pajak yang lengkap, kemampuan backup dan restore data, memungkinkan opsi pengiriman seperti berdasarkan berat, harga atau tujuan serta kompabilitas dengan browser-browser populer. Beberapa pesaing dari osCommerce sebagai web CMS berkategori ECommerce yang juga menggunakan PHP dan MySQL sebagai pondasi pengembangannya adalah ZenCart dan OpenCart. Beberapa live shop yang menggunakan osCommerce adalah Google Store yang menjual berbagai pernak-pernik Google (www.google-store.com/) , Unimall yang menjual perangkat

Software

populer di kalangan akademis dengan statistik per Bulan Maret 2009, 52.153 situs yang terdaftar pada situs Moodle dengan 30.176.528 user, dan 2.770.832 materi pengajaran (courses). Moodle didesain untuk para pendidik membuat materi pengajaran online dengan berbagai macam variasi interaksi antara pendidik dengan peserta didik. Dikemas dalam sistem open source dan desain yang modular, Moodle menjadi mudah untuk dikembangkan, dan ditambahkan fungsinya sesuai dengan kebutuhan. Pendekatan pembelajaran yang diberikan Moodle adalah pendekatan paedagogi. Penekanan dilakukan pada aspek bahwa peserta didik bukanlah secara pasif menerima materi pengajaran, namun dapat berkontribusi terhadap pengalaman pembelajaran. Bahkan memungkinkan untuk memberikan komentar pada materi pengajaran yang ada (ataupun memberikan kontribusi materi pengajaran), seperti halnya Wiki. Pendiri dari ilmukomputer.com, Romy Satrio Wahono, menggunakan Moodle sebagai bentuk pembelajaran pada eUnivesity yang juga didirikannya. Alamat situs eUniversity ini ada di http://university.romisatriawahono.net/. Beberapa

com. Yang menarik, pada bulan Oktober 2009, sistem administrasi dari Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama mengadopsi Drupal sebagai situs resmi dari gedung putih, yang beralamat www.whitehouse.gov.

materi pembelajaran di dalamnya, antara lain Objectoriented Programming, Object-oriented Anaylsis and Design, Web Programming, Game Design and Development, dan sebagainya. Penutup Seringkali, hanya dengan membaca review mengenai web CMS, tidaklah cukup untuk benar-benar mengetahui kualitas web CMS tersebut. Selalu men-download web CMS untuk kemudian diinstal di komputer juga bukanlah cara yang praktis. Ada sebuah web yang secara khusus menampung semua web CMS dari berbagai kategori, dan hal terbaiknya adalah bahwa semua web CMS yang ada pada web ini tersedia versi demonya, baik untuk front-end maupun back-end (halaman admin). Kita dapat mencoba membuat data dummy pada halaman admin, dan melihat pengaruhnya pada front-end secara langsung. Alamat web tersebut ada di www.opensourcecms.com/. Sesuai dengan namanya, semua web CMS yang ada pada web ini bersifat open source. Sedangkan untuk yang web CMS yang komersial, ada di www.commercialcms.com/. Kedua situs ini dapat hidup karena bagi pengembang web CMS yang ingin memperkenalkan web CMS buatannya, mereka dapat mengupload-nya pada web ini, untuk kemudian pengunjung dapat menguji coba. Boleh dikatakan, kedua situs merupakan situs terbaik untuk mengenal dan mencoba web CMS sebelum memutuskan untuk men-download (atau membeli bagi web CMS komersial), dan menginstal di komputer atau web server.
Penulis, Windra Swastika, merupakan dosen tetap Sistem Informasi di Universitas Ma Chung, Malang

phpBB
Pengembang: phpBB Group Versi Rilis terbaru: 3.0.6 (17 Nov. 2009) Ukuran: 2.3 MB (archived) Lisensi: GNU GPL Website: www.phpbb.com

Sejak dibuat pada tahun 2000, phpBB berkembang menjadi web CMS dengan kategori bulletin board yang paling banyak digunakan untuk forum diskusi di Internet. Awalnya, seorang hobist bernama James Atkinson mengembangkan bulletin board untuk website pribadinya. Beberapa temannya kemudian bergabung untuk mengembangkannya, dan mulai merilis versi pertamanya melalui http://SourceForge.net. Saat ini, versi phpBB yang paling stabil adalah phpBB 3, dengan fitur utama desain yang modular pada control panel admin, control panel moderator dan control panel user, mendukung berbagai DBMS (MySQL, Microsoft SQL Server, Oracle, PostgreSQL, Firebird dan SQLite), memungkinkan level subforum tanpa batasan, serta kemampuan untuk membuat custom-defined BBCode. phpBB mengenal istilah MOD, yaitu modifikasi kode untuk phpBB yang dibuat oleh komunitas phpBB sebagai perluasan fungsi dari phpBB standar. Tim MOD phpBB menerima hasil modifikasi dari komunitas untuk divalidasi, dan modifikasi yang memenuhi standar Tim MOD akan disediakan untuk di-download dari PHP MOD Database. osCommerce
Pengembang: Harald Ponce de Leon Versi rilis terakhir: 3.0 Alpha 5 (14 Maret 2009) Ukuran: 2.2 5MB Lisensi: GNU GPL Website: www.osCommerce.com

komputer dan software (www.unimall.de/). Di Indonesia sendiri ada beberapa toko online yang memanfaatkan osCommerce, yaitu alat kesehatan yang menjual berbagai macam alat kesehatan (www.alatkesehatan.com/) , dan Garuda Sakti yang menjual

berbagai macam hardware (www.garudasakti.com/) Moodle
Pengembang: Martin Dougiamas Versi rilis terakhir: 1.9.6 (21 Oktober 2009) Ukuran: 2.25 MB Lisensi: GNU GPL Website: www.moodle.org

Sesuai dengan namanya, osCommerce merupakan web CMS pada kategori ECommerce atau belanja online. Sejarahnya diawali pada tahun 2000, Harald Ponce de Leon, seorang Jerman mulai mengembangkan aplikasi osCommerce. Sebagai salah satu CMS ECommerce yang tertua, populeritas osCommerce dengan cepat meningkat. Tercatat pada tahun 2008, sudah

Moodle merupakan kepanjangan dari Modular ObjectOriented Dynamic Learning Environment, dan mengkhususkan pada web CMS kategori E-Learning atau juga dikenal sebagai Virtual Learning Environment. Moodle cukup

Informasi Lebih Lanjut

• www.opensourcecms.com • www.commercialcms.com

25/2009

43

Kuis

TTS
Kupon Kuis TTS PC MILD 25/09

Mendatar 1. Algoritma analisis link milik Google 5. Packet Internet Gropher 9. Software untuk keperluan RSS feed 10. Country code top-level domain untuk Tuvalu 11. Country code top-level domain untuk Kiribati 12. Fitur di Office yang mengelompokkan kata-kata bermakna sama 14. Country code top-level domain untuk Romania 15. RapidShare 17. Software pembuat PDF dari Adobe 18. Sektor pertama dari sebuah hard disk 19. Autofocus 20. Country code top-level domain untuk Jerman 21. Country code top-level domain untuk Panama 23. Sebelum Megabyte 24. Top Level Domain untuk organisasi Menurun 1. Opsi tambahan yang diikutsertakan pada satu perintah atau fungsi 2. Penerus PCMCIA 3. PC yang dikembangkan oleh Amiga Corporation di tahun 1982 4. Country code top-level domain untuk Kenya 6. Input Output 7. Top Level Domain untuk pemerintah AS 8. Komputer desktop berkemampuan tinggi yang dirancang untuk dipakai oleh satu orang saja 10. Pihak ketiga 13. Software yang menyembunyikan proses dan file dari OS tempat dia bernaung 16. Protokol yang digunakan untuk mengirim e-mail 22. Country code top-level domain untuk Angola

Setelah TTS dilengkapi dengan benar, susunlah huruf dari kotak-kotak berwarna kuning secara berurutan sesuai abjad yang tersedia di bawah ini. Susun menjadi
Nama sebuah perusahaan yang bergerak di infrastruktur jaringan :
A B C D E F G H

[A]

CARA MENJAWAB (Pilih Salah Satu): Pelanggan Indosat (Matrix, IM3, Mentari, StarOne); Telkomsel (Halo, Simpati, As); XL (Xplor, Bebas, Jempol); Flexi; Mobile-8 (Fren); Esia kirim SMS ke 7669: MILD<spasi>25<spasi>JAWABAN<spasi>NAMA Contoh: MILD 25 KOMPUTER BUDI

Untuk kartu pos Redaksi PC [B] Jakarta 10430,dikirim kekupon kuisMILD,diJl. Kramat IV No.11, sertakan TTS pojok kanan atas. SMS dan kartu pos diterima selambat-lambatnya 31 Desember 2009. Nama pemenang diumumkan pada PC Mild 01/2010 yang terbit 14 Januari 2010. Tarif premium Rp2.000++ per SMS. Gunakan pulsa Anda secara bijak. Jawaban TTS edisi 23/2009 Mendatar 1. SCSI 3. WPA 4. BHO 6. MTBF 8. RESTART 11. ADDRESSBOOK 13. BAUDRATE 14. AG 15. ANTIALIAS 20. NETBEUI 21. THESAURUS Menurun 1. SAMBA 2. SMB 3. WORKSTATION 5. TASKMANAGER 7. FORMULA 9. SEO 10. THX 12. DEBUG 16. NFS 17. LOTUS 18. MIME 19. FAT PENGUMUMAN PEMENANG EDISI 23/2009 Jawaban: THEORA Masing-masing pemenang mendapatkan 1 unit Memory Stick ProDuo VENOMRX 512 MB yang dipersembahkan oleh Asiaraya Computronics: Togi Hwijanto 07116060xxx 088803002xxx Wahyu Nuryanto 08985443xxx Yunus 085646188xxx

Dapatkan!

5 Unit Mini SD Card VENOMRX 1GB untuk 5 orang pemenang yang dipersembahkan oleh Asiaraya Computronics
Asiaraya Computronics: Mangga Dua Mall Lt 4 A-62, Telp: 021-6019408 www.alamraya.co.id

Pemenang harap menghubungi sekretariat PC Mild di Telp. 0213153731 ext. 127 atau e-mail ke evawani.putri@pcmedia.co.id untuk konfirmasi pengambilan hadiah paling lambat 17 Januari 2010. Hadiah yang tidak diklaim dinyatakan hangus.

OUT ! NOW

ion 1 Edit
st

MAJALAH KHUSUS BAGI YANG MENGUPAS PAKET APLIKASI MICROSOFT OFFICE LEBIH MENDALAM DAN PENUH DENGAN LANGKAH-LANGKAH, TIP&TRIK, DAN SOLUSI.

BELI SEGERA MAJALAH OFFICE THE UNOFFICIAL MAGAZINE EDISI 01 DAN TEMUKAN HIDDEN PROJECT OFFICE LABS DAN BOCORAN TENTANG PAKET TERBARU OFFICE 2010. DISERTAI CD BERISI: - PULUHAN FREEWARE - 999 CLIPARTS - UPDATE KEAMANAN - LANGUAGE PACK

Untuk pesan langsung hubungi:
Prima Buku Telp: (021) 3190-4075 Fax: (021) 390-8883 SMS: 0813-115-23230 pesan@primabuku.co.id

Untuk beriklan hubungi:
Indran BS / Lala (021) 313-3731 ext 105-107 iklan@pcmedia.co.id

SOLD

OUT

Kumpulan artikel, workshop dan tutorial mengenai Photoshop. Berguna sebagai panduan Anda ketika memodifikasi foto atau grafis secara singkat. Di dalam majalah ini disertakan ratusan plugins untuk Photoshop.

Kupas tuntas paket aplikasi opensource OpenOffice. org 3.1.0. Tutorial lengkap dan praktis tentang Writer, Calc, Impress, Draw, Math, dan Base untuk keperluan aktivitas kantor maupun sebagai alternatif MS-Office.

Kenali dan pahami keamanan sistem operasi Windows XP agar Anda tidak mudah terserang virus, malware dan penyusup. Majalah ini akan memaparkan secara terotitis disertai praktek langsung.

44

25/2009

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->