TUGAS OSTEOLOGY

DISUSUN OLEH : SLAMET WAHID KASTURY G 501 10 005

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS TADULAKO 2010 PALU

KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang mana atas berkat. Maka saran dan kritikan yang membangun sangat diharapkan oleh penulis sebagai bahan pembelajaran untuk kedepannya. rahmat dan ridhoNyalah saya dapat menyelesaikan makalah materi mata kuliah ISBD yang berjudul ³Obat herbal VS Obat kimia´ makalah ini berisi uraian mengenai perkembangan zaman bagi kehidupan manusia dari mulai pemakaian obat herbal dan sekarang beralih ke obat kimia. termasuk tulisan yang disusun oleh penulis ini. Tak lupa pula saya ucapkan rasa terima kasih kepada Dosen pembimbing mata Kuliah ISBD yang telah membimbing kami sehingga bisa menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Sangat penulis sadari. bahwa tidak ada sesuatu hal yang sempurna. Palu. November 2010 Penulis I .

.......................................................................................................... ....... 3 11 11 ii ......................................................................................................................................... ............. .................. 2 BAB II : Pembahasan BAB III : Penutup BAB IV : Daftar Pustaka ..................... Tujuan ............................................DAFTAR ISI Kata Pengantar Daftar Isi BAB I : Pendahuluan ..................................................................... Latar Belakang .............................. i ii 1 A........................................................ .... ......................................................................... ................ Rumusan Masalah ............... 1 B............................................................................................................................................................................ 2 C...............

keindahan. walaupun saat diobati mungkin sembuh sejenak. Latar Belakang Peradaban adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan bagian-bagian atau unsur kebudayaan yang dianggap halus. Rumusan Masalah Dalam makalah ini saya mencoba membahas beberapa masalah antara lain : uraian pendapat para pakar kedokteran tentang obat-obat kimia Akan dibahas mengenai pengertian obat dan tumbuhan jintan hitam yang memiliki banyak khasiat. Beberapa dapat disembuhkan dengan alat dan obat mutahir. sehingga pasien tergantung pada alat. Dampak positif tak perlu dipungkiri lagi. Faktor seseorang beralih dari obat-obat kimia ke obat herbal dan perbedaan kedua obat tersebut . Dunia komersialisasi telah merasuk ke dalam kedokteran dan rumah-rumah sakit. Globalisasi menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab. obat dan dokter itu dan uang terus mengalir dari kantong pasien ke kantong 'penyembuh sementara'. Kebudayaan bersifat dinamis. teknologi. Segi kesehatan tidak terkecuali. di pihak lain banyak pula penyakit yang tak dapat disembuhkan dengan alat dan obat mutahir. indah dan maju. dan mereka secara sadar telah mengabaikan sisi potensi pasien dengan memanfaatkan ke-awam-an pasien akan potensi dirinya.BAB I PENDAHULUAN A. Banyak alat dan obat-obatan digunakan untuk mengobati penyakit yang gejalanya dapat diamati pada tubuh pasien. Faktor utama dalam perubahan ini adalah adanya globalisasi. dipecahkan dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan. Wacana globalisasi sebagai sebuah proses ditandai dengan pesatnya perkembangan sains sehingga ia mampu mengubah dunia secara mendasar. Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan. Dunia modern yang serba cepat secara tak disadari telah mengubah sebagian besar pola hidup. B. spiritual yang terlihat pada masyarakatnya. Konsep kebudayaan adalah perkembangan kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu yang tercermin dalam tingkat intelektual. Oleh sebab itu ia dapat mengalami perubahan atau pergeseran. kepribadian dan cara berpikir orang-orang yang terlibat di dalamnya. Kehadiran IPTEK mempercepat akselerasi proses globalisasi ini. Globalisasi adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Akibatnya banyak pula ragam penyakit yang muncul. Makin canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi telah kita rasakan dampaknya.

Tujuan .C.

Hospital) ³Obat-obatan kimia hanyalah pereda.´ . H. y Obat Kimia .yaitu : y Obat herbal Pengertian obat herbal secara umum adalah obat jadi atau ramuan bahan alam yang berasal dari tumbuhan.´ .´ .BAB II PEMBAHASAN 1. karena dibalik penyakit ada penyebabnya. Sedangkan menurut UndangUndang Kesehatan No. Richard C. luka atau kelainan badaniah dan rohaniah pada manusia atau hewan dan untuk memperoleh atau memperindah badan atau bagian badan manusia Adapun pengertian dari Obat Herbal dan Obat Kimia.´ 2. M. (Mass.D. ³Obat-obatan kimia bisa dikatakan tidak begitu penting karena sifatnya hanya menekan gejala penyakit. Racun kimia apapun yang dimasukkan dalam tubuh manusia harus segera dibereskan walaupun ia mengurangi gejala. Mereka hanya menekan tanda bahaya alami tubuh ketika muncul masalah kesehatan. menghilangkan. Gen. M. Berdasarkan SK Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. Rasa sakit mu ngkin hilang. menyembuhkan penyakit atau gejala penyakit. membebaskan gejala. Obat-obat kimia dimata para pakar . Page. mencegah. sediaan galenik atau campuran bahan-bahan tersebut yang secara tradisional telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman. Charles E.D. Dan untuk penyebab inilah obat-obatan kimia tak pernah bisa menjangkaunya. ³Obat-obatan tidak pernah menyembuhkan penyakit. atau memodifikasi proses kimia dalam tubuh. M.VII/71. mengurangkan.D. 23 tahun 1992. Cabot. M.D. Daniel. 193/Kab/B. Pengertian tentang obat Obat adalah benda yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit. yang dikatakan Obat ialah suatu bahan atau paduan bahan-bahan yang dimaksudkan untuk digunakan dalam menetapkan diagnosis. tapi tanpa disadari pasien malah makin parah kondisinya. ³Bagian terbesar dari semua penyakit kronis disebabkan dari obat-obatan kimia beracun yang menekan gejala-gejala penyakit akut. Kress. Robert Henderson.

dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. gangguan . Rosululloh SAW. aromatic nigellone. Evektifitasnya hingga 72 % jika dibandingkan dengan plasebo hanya 7 %. 58 % asam lemak esensial termasuk omega 3 dan 6. Pada tahun 1993. yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich. Tajul Aris Yang (Malaysia) mengatakan. Habbatussauda juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia. Dengan demikian Habbatussauda dapat dijadikan untuk penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti kanker dan AIDS. Habbatusauda (Black Cumin) mengandung 100 zat berkhasiat seperti aromatic. Meningkatkan daya ingat. Habbatusauda ini obat dari segala penyakit kecuali kematian. dll. vitamin. enzyme. Bukhori-Muslim) Dr. thymochine. menetralisir halusinasi pengaruh obat-obatan kimiawi. konsentrasi dan Kewaspadaan Dengan kandungan asam linoleat (omega 6 dan asam linoleat (Omega 3). Dr Basil Ali dan koleganya dari College of Medicine di Universitas King Faisal. Salah satu kandungan habbatussauda adalah sterol yang berfungsi sintesa dan bioaktivitas hormon. Habbatusauda adalah penyembuh segala macam penyakit. Berbentuk biji hitam yang telah dikenal ribuan tahun dan digunakan secara luas untuk mengobati berbagai macam penyakit. Gejala ringan seperti keracunan dapat berupa diare. (HR. Omega yang terkandung dalam Habbatusauda lebih besar 10 kali lipat daripada DHA dan EPA Diantara manfaat habbatussauda : Menguatkan sistem kekebalan Jinten Hitam (Habbatussauda) dapat meningkatkan jumlah se-sel T. mineral.Adalah obat yang terdiri dari senyawa-senyawa kimia yang obat ini kesembuhannya bersifat sementara. Dengan demikian mengkonsumsikan Habbatussauda dapat meningkatkan kekebalan tubuh. mempublikasikan dalam jurnal Pharmasetik Saudi. y Habbatussauda (Black Cumin) Habbatussauda' adalah salah satu tanaman obat yang termasuk dari pengobatan Nabi Shalallahu 'alaihi wa Sallam. paru-paru dan otak. Keampuhan extract Habbatussauda diakui Profesor G Reimuller. Menetralkan Racun dalam Tubuh Racun dapat menganggu metabolisma dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati. Meningkatkan Bioaktifitas Hormon Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endoktrin. bersabda : Sungguh. Habbatusssauda merupakan nutrisi bagi sel otak berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. yang masuk dalam peredaran darah. meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.tidak pertutup kemungkinan obat kimia ini bisa menyembuhkan satu jenis penyakit tapi menimbulkan penyakit-penyakit baru. pusing. dll.

ahli immunologi dari Universitas Munich. Ia melakukan pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi. Melancarkan Air Susu Ibu Kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatussauda dapat melancarkan air susu ibu. inferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibody. protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung. Kristal-kristal ini dapat menghambat protemkinase C. Tahun 1992. dan asma sembuh setelah diberi minyak Nigella (Habbatussauda). 6. minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella. Anti Tumor Pada Kongres kanker International di New Delhi . Kali ini dilakukan Dr Med. Penelitian yang dilakukan oleh Nirmal Chakravaty MD tahun 1993 membuktikan kristal dari niggelone memberikan efek suppressive. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare. habbatussauda dapat merangsang sumsum tulang dan selsel kekebalan. sebuah zat yang memicu pelepasan histamin. ginjal. gangguan tidur. Dalam praktiknya Dr Schleincher memberikan resep habbatussauda kepada pasien yang menderita influenza. Peter Schleincher. Mengatasi gangguan Tidur dan Stress Saponin yang terdapat di dalam habbatussauda memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat. Penelitian ini kemudian di publikasikan dalam literature penelitian di Universitas Potchestroom tahun 1989. Minyak yang dibuat dari Habbatussauda dapat mengisolasi ditymoquinone. Penelitian lain membuktikan hal serupa. Nutrisi bagi manusia . Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma bronchial. Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri Habbatussauda mengandung minyak atsiri dan volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. 9 yang terdapat dalam habbatussauda merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin. terutama pada musim hujan anak akan mudah terkena flu dan pilek. jerawat. otot tubuh dan syaraf. Tambahan Nutrisi Pada Ibu Hamil dan Balita Pada masa pertumbuhan anak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan system kekebalan tubuh secara alami. minyak habbatussauda diperkenalkan ilmuwan kanker Immunobiologi Laboratory dari California Selatan. dan dapat menghilangkan stress. jurnal Farmasi Pakistan memuat hasil penelitian yang membuktikan minyak volatile lebih ampuh membunuh strainbakteri V Colera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotik seperti Ampicillin dan Tetracillin. Habbatussauda mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh. Kandungan Omega 3. sebuk. Anti Histamin Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronchial.pernafasan dan menurunkan daya konsentrasi. Hasilnya cukup meyakinkan 70 % yang menderita alergi terhadap.

karena banyak penyakit yang divonis dokter sulit disembuhkan "dokter angkat tangan" ternyata dengan obat herbal bisa disembuhkan. Lebih diutamakan untuk penyakit-penyakit yang bersifat akut (butuh pertolongan segera) seperti asma akut. Tidak mau atau takut dioperasi padahal dokter memvonis operasi untuk kasus Kanker. infeksi akut dan lain-lain. Habbatussauda dapat mencukupinya. Untuk pengobatan terhadap suatu penyakit kita hendaknya juga tidak terlalu terpaku hanya mengandalkan obat-obatan kimia. . Berikut adalah perbedaan antara obat kimiawi dan obat alami : Obat Kimia : 1 . 3. Bersifat symptomatis yang hanya untuk mengurangi penderitaannya saja 3. Sudah Bosan berobat secara Medis (kedokteran) dan belum mendapatkan kesembuhan. terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas sel otak agar tidak cepat pikun. batu ginjal. Faktor seseorang pindah dari obat kimia ke obat herbal dan perbeda an dari kedua obat tersebut Beberapa alasan yang membuat orang atau penderita penyakit memilih pengobatan Alternatif Alami tersebut adalah : 1. bila tepat penyakit akan sembuh. Habbatussauda mengandung 15 macam asam amino penyusun isi protein termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial. patah tulang. Bersifat paliatif artinya penyembuhan yang bersifat spekulatif. Asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup oleh karena itu dibutuhkan suplemen tambahan. 3. 4. kista. tumor. Pengobatan Alternatif Alami dipandang lebih aman bagi tubuh karena tidak menyebabkan efek samping karena menggunakan terapi dan bahan-bahan yang alami berupa tanaman obat serta jus buah dan sayuran. Menghindari pengobatan medis (Penggunaan Obat Kimia) yang mempunyai efek samping terhadap tubuh jika dikonsumsi dalam waktu yang lama.Habbatussauda kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi sangat ideal untuk lansia. bila tidak tepat akan menjadi racun yang berbahaya. prostat dll.Lebih diarahkan untuk menghilangkan gejala-gejala penyakitnya saja 2. 4. 2. diare akut.

Sinusitis.Bersifat rekonstruksi atau memperbaiki organ dan membangun kembali organ-organ. baik tunggal atau campuran. Tumor. pemulihan penyakit. jaringan atau sel yang rusak. Efek samping hampir tidak ada. 3. Kimiawi dan Farmakologinya).5. Darah Tinggi. 4. kerusakan ginjal. terutama jika dipakai terus menerus dalam waktu yang lama. asal diramu oleh herbalis yang ahli dan berpengalaman dan jika penggunaannya benar. 6. 5. namun bersifat destruktif artinya melemahkan organ tubuh lain. penyakit komplikasi menahun. . 7. tanaman obat pendekatan dalam penggunaannya sebagai obat lebih banyak ditekankan pada aspek farmakologinya yaitu : Fungsi dalam proses pengobatan. Bersifat kuratif artinya benar-benar menyembuhkan karena pengobatannya pada sumber penyakit. Berdasarkan pengalaman emperis. Diarahkan pada sumber penyebab penyakit dan perbaikan organ yang rusak 2. namun bersifat tajam dan reaktif (mudah bereaksi) sedangkan tubuh bersifat organis dan kompleks. Efek samping secara langsung atau terakumulasi ini karena obat kimia sendiri terdiri dari bahan kimia yang murni. Bahan kimia tidak bersifat organis (alami) dan murni. 6. Konsumsi bahan kimia untuk tubuh ³Terpaksa´ dilakukan dengan berbagai batasan artinya: selama dapat diterima atau ditoleransi oleh tubuh. Reaksi lambat tetapi bersifat konstruktif atau memperbaiki dan membangun kembali organ-organ yang rusak. Hepatitis. bahan kimia bukan makanan dan bukan minuman. Lebih diutamakan untuk pencegahan penyakit. dan mengakibatkan lemak darah dan lain-lain Obat Herbal : 1. Hal ini karena Tanaman Obat bersifat kompleks dan organis yang cocok bagi tubuh manusia yang bersifat kompleks dan organis. Sehingga Tanaman Obat dapat disetarakan dengan makanan. Tanaman obat sangat efektif untuk penyakit yang sulit disembuhkan dengan obat kimia seperti: Kanker. Efek samping yang dapat ditimbulkan : iritasi lambung dan hati. Herpes. Dengan demikian bahan kimia bukan nerupakan bahan yang benar-benar cocok untuk tubuh. Penggunaan bahan kimia sebagai obat sekarang secara global dirasakan dan diakui kelemahannya yaitu menciptakan efek samping langsung atau terakumulasi. Diabetes. Bau badan dll. lisan dan tulisan kemudian diteliti dari berbagai aspek (Botani. Reaksi cepat. Stroke. Darah rendah.

Hidup dalam masyarakat yang damai. Kehidupan manusia yang tergantung pada kimia atau senyawa obat-obatan tidak dapat memperoleh kembali sebuah tubuh yang sehat. B. Kesimpulan Dari apa yang telah kita bahas saya dapat menyimpulkan bahwa KEMBALI PADA KEHIDUPAN NATURAL Sudahlah jelas untuk memulai bahwa penyakit adalah sebuah refleksi keseimbangan alami dari sifatnya telah keluar batas. Penyembuhan tersebut adalah dibawah kontrol dokter dan tergantung pada belas kasih/kebaikannya. Saran tidaklah dimaksudkan untuk menolak kecanggihan obat-obatan. Masyarakat manusia telah kehilangan sumber dan sifat aslinya. menyingkirkan semua keterbatasan. efek nya akan berlawanan dari apa yang diharapkan. mendapat pelakuan terhormat. Tak perduli apakah penyembuhan melalui metode Tiongkok kuno atau metode modern barat. Alternatif satu-satunya untuk masyarakat manusia adalah intopeksi dan mendapat kembali sifat kemanusiaan seperti yang telah hilang. alat dan ilmu bedah mutahir. Untuk mempengaruhi perubahan menuju kehidupan yang lebih baik. jika umat manusia terus menerima senyawa kimia sebagai pengobatan untuk masalah kesehatan dalam masyarakat. Seseorang tidak akan mendapat pemulihan kesehatan tetapi hanya akan ditekan sebab sebenarnya dari penyakit seseorang dan ditunda perhitungannya. seseorang harus menyingkirkan pikiran memiliki. herbal atau pengobatan kimia. dan hidup dengan berbudi luhur. Seseorang harus menjadi berbudi luhur dan baik. Baik. Bagaimanapun.BAB III PENUTUP A. memperoleh kembali insting alami seseorang. seperti akupun tur. tetapi bermaksud memberikan semacam 'warning' bahwa janganlah kita terlalu cepat . harus ada perubahan dari hidupnya. Jika seseorang berharap untuk mengurangi penderitaan dan menyingkirkan penyakit. Hanya ketika umat manusia mengenali bahwa mereka tergelincir keluar dari sifat asli mereka dan sekali lagi ada prinsip dari "Sejati. Sabar" akan membuat mereka kembali mendapatkan kesehatan dan keseimbangan alami. memperoleh tubuh yang sehat. dan mendapatkan kembali karakter ningrat adalah seluruh andalan dari kebahagiaan.

Farmasi UGM. Seminar Sehari ³Reevaluasi dan Reformulasi Obat Tradisional Indonesia´. 2002..id/ind/pd_tanobat/view. 1989. Avaiable at http://www. Penggunaan obat harus disesuaikan dengan kebutuhan. Obat Tradisional Tidak Tanpa Bahaya. Saya menyadari bahwa teknologi mutahir sangat banyak manfaatnya. DAFTAR PUSTAKA Dzulkarnain B. 2.. tapi tanpa kesehatan segalanya menjadi tidak berarti.php?mnu=2&id=106 . iptek. Reformulasi Obat Tradisional. Kombinasi keduanya tetap disarankan untuk mendapatkan hasil yang optimal.http : //rudct. obat kimia atau herbal.tripod. salah satunya penyakit dalam kaitannya dengan kondisi mental pasien (penyakit psikosomatis atau psikogenik). 3-6) Maheshwari H.com.59 (hlm.htm Pramono S.. Pemanfaatan Obat Alami : Potensi dan Prospek Pengem-bangan.Perbedaan ini bukan membuat kita memilih satu diantara dua. net. 2001. 2002. Devi dan Melati. Pandai-pandailah menjaga kesehatan.13 No.mengambil keputusan sebelum melihat penyebab yang pasti dan kemampuan potensi diri sendiri dalam proses kesembuhan penyakit./sem2_012/hera_maheshwari. Yogyakarta Rusmin. Bila yang dibutuhkan kecepatan. maka obat kimia bisa digunakan sebagai pilihan. Pemanfaatan Obat Vol. dengan berkonsultasi kepada herbalis/ ahlinya. Majalah Obat Tradisional & Fak.Cermin Dunia Kedokteran No. Sebagai pasien kita harus waspada terhadap segi komersialisasi di bidang kesehatan. Agustus 2007).Namun bila yang dihadapi adalah penyakit yang kompleks dan menahun maka obat herbal adalah pilihan yang diutamakan. tetapi juga tak dapat dipungkiri bahwa teknologi mutahir belum tentu dapat menyembuhkan segala macam penyakit.Kesehatan bukan segala-galanya.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.