P. 1
Negara Jerman

Negara Jerman

|Views: 4,095|Likes:
Published by Athi' Illah

More info:

Published by: Athi' Illah on Dec 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/16/2013

pdf

text

original

Negara Jerman

Pengenalan Negara Jerman

Jerman mempunyai sejarah kenegaraan yang panjang dan unik. Awalnya, Jerman berbentuk Persatuan Jerman. Pada 1871, Jerman berdiri, berbentuk Kekaisaran Jerman. Setelah Perang Dunia II, Kekaisaran Jerman terbagi menjadi dua negara, yaitu Jerman Barat (Republik Federasi Jerman) dan Jerman Timur (Republik Demokrasi Jerman). Kedua negara itu memiliki ideologi yang berbeda. Sejak penyatuan kembali (reunifika si) Jerman Barat dan Jerman Timur pada 1990, Jerman memiliki nama resmi yang dikenal dengan istilah Republik Federasi Jerman. Saat sekarang, Jerman terdiri dari 39 Federasi yang berdaulat. Berlin merupakan ibu kota negara tersebut.
Peran Serta Jerman di Organisasi Dunia

Saat ini, Jerman bergabung sebagai anggota aktif beberapa organisasi dunia di antaranya:
y y y y y

PBB Uni Eropa NATO G8 OECD

Jumlah Penduduk

Dengan jumlah penduduk yang mencapai 82 juta jiwa, Jerman termasuk negara yang berpenduduk terpadat di Eropa. Namun, dengan angka kelahiran 8,18 per 1000 orang, Jerman sedang menghadapi masalah kependudukan yang serius.

Geografi
y

Letak Geografis Negara Jerman

Jerman terletak di Eropa Bagian Tengah dengan batas-batas negara sebagai berikut:
o o o o

Di sebelah utara, berbatasan dengan Denmark. Di sebelah timur, berbatasan dengan Polandia dan Republik Ceko. Di sebelah selatan, berbatasan dengan Austria dan Swiss. Di sebelah barat, berbatasan dengan P erancis, Belgia, Luksemburg, dan Belanda.

y

Topografi Wilayah Jerman
o o

Dataran rendah membentuk topografi daerah bagian Utara Jerman. Dataran tinggi dan beberapa pegunungan membentuk topografi di daerah bagian Tengah Jerman. Pegunungan yang membentuk Pegunu ngan Alpen di daerah bagian Selatan. Puncak tertinggi, yaitu Zugspitze (2.962 m)

o

o y

Sungai di Jerman

Sungai-sungai besar di Eropa yang mengalir di wilayah Jerman, di antaranya:
o

Di sebelah Barat dan Barat Daya, Sungai Rhine mengalir sepanjang 865 km. Di sebelah Timur, sungai Elbe mengalir sepanjang 725 km yang bermuara ke Laut Utara. Sungai Donau mengalir hingga ke Eropa Tenggara.

o

o y

Iklim Jerman

Jerman beriklim subtropis, mengalami empat perubahan musim, yaitu:
o o o o

Musim Semi Musim Panas Musim Gugur Musim Dingin.

Jerman tidak mengalami perubahan suhu yang dramatis. Suhu rata -rata -2° C pada musim dingin dan 30° C pada musim panas.

Sejarah Sistem Perekonomian Jerman

Sejak berdirinya Federal Republik Jerman hingga pertengahan tahun 1960 -an dapat dikatakan sebagai periode pertama penerapan ekonomi pasar sosial. Pada periode ini µbapak¶ ekonomi pasar sosial, Ludwig Erhard serta Andreas Muller-Armack (Sekretaris tetap pada kementerian perdagangan dan bisnis) menduduki posisi yang penting dalam kebijakan ekono mi. Oleh karenanya konsep teori ekonomi pasar sosial dapat dijalankan tanpa ada reduksi atau perubahan. Pada periode pertama ini sektor -sektor yang dianggap penting seperti pertanian, lalulintas, dan gedung perumahan tetap berada diluar mekanisme pasar dan kompetisi terbuka. Pada masa-masa awal pendirian ini memungkinkan menciptakan dan mensahkan perundang-undangan dasar bagi hubungan antara negara dengan ekonomi, yang memungkinkan sistem ekonomi pasar sosial dapat berdiri. Undang undang mengenai Bank Fe deral Jerman (German Bundesbank) dan undang -undang larangan terhadap hambatan kompetisi adalah dua diantara undang -undang penting yang dibuat pada saat itu. Tahun 1950 dapat dikatakan sebagai tahun pencapaian sukses dari sistem ekonomi pasar sosial, dimana salah satu indikatornya adalah tersedianya lapangan kerja yang luas. Perekonomian Jerman berfungsi dengan sangat baik selama beberapa dekade, dan menjadi salah satu negara yang termakmur di dunia. Ekonomi yang berorientasi ekspor mendapatkan peluang yan g lebih luas dengan diciptakannya Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) dengan Perjanjian Ro ma pada Maret 1957. Jerman adalah salah satu anggota pendiri MEE. Namun demikian, dalam perkembangan waktu, istilah "sosial" dalam ekonomi pasar sosial mulai mengambil perkembangannya sendiri. Ia mendorong perekonomian Jerman Barat menuju suatu pengembangan sistem kemakmuran sosial yang bahkan menjadi salah satu yang termahal di dunia. Pemerintahan Federal Jerman Barat dan negara-negara bagian (Länder) mulai memberikan k ompensasi bagi irregularities dalam siklus ekonomi dan pergantiannya kedalam produksi dunia dengan mulai melindungi dan mendukung beberapa sektor dan industri.

Krisisi ekonomi pertama di Jerman mendorong mundurnya Kanselir Ludwig Erhard pada tahun 1966 , yang kemudian disusul dengan koalisi antara CDU dan SPD. Koalisi ini mencoba menghasilkan suatu sintesa antara ³freiburger imperative of competition (teori liberal dari aliran Freiburg) dengan Keynesianic of steering demand effectively. Ide baru ini dapat dirumuskan dalam satu kata yaitu ³Globalsteuerung´ (overall steering-pengendalian menyeluruh). Konsep ini berarti kebijakan ekonomi dan keuangan dapat megambil langkah kebijakan makro sementara pasar dan pengusaha hanya dapat mengambil keputusan dibidang mikro. Beberapa ukuran penting yang ada dalam ³Globalsteuerung´ adalah kebijakan fiscal, kebijakan keuangan, kebijakan ekonomi internasional, dan kebijakan penghasilan. Pada awalnya ³Globalsteuerung´ menunjukkan keberhasilan besar terutama dalam menghadapi krisis ekonomi pada saat itu. Namun ia ternyata tidak mampu benar benar menstabilkan kemajuan kondisi perekonomian pada saat itu. Oleh karenanya Menteri Perdagangan dan Bisnis, Karl Schiller harus mengundurkan diri pada saar itu. Selama tahun 1970 -an kondisi perekonomian internsional, sebagai contoh krisis harga minyak pada tahun 1974 dan 1979 memperburuk kondisi internal ³Globalsteuerung´ dan mendorong bertambahnya angka pegangguran, yang mencapai lebih dari dua juta orang tanpa pekerjaan). Menurunnya angka GNP dan naiknya angka inflasi serta utang negara adalah efek lain yang muncul dari perkembangan tersebut. Kembali, berbagai problem tersebut memunculkan diskusi tentang sebuah perubahan baru terhadap kebijakan social dan ekonomi. Diskusi ini menyangkut tiga komponen utama, yaitu mempertahankan ³Globalsteuerung,´ perluasannya dan pengurangan klaim pengendalian yang dimilikinya. Pada tahun 1970-an, pemerintah bahkan berasumsi untuk memainkan peran yang lebih penting dalam perekonomian. Selama tahun 1980s, Kanselir Helmut Kohl mencoba mengurangi peran negara, dan ia sebagian besar berhasil dengan upayanya tersebut, namun, reunifikasi Jerman sekali lagi membuat pemerintah Jerman berasumsi bagi sebuah peran yang lebih kuat dalam ekonomi. Karenanya, kontradiksi antara istilah "sosial" dan "pasar" tetap menjadi elemen penting dalam perdebatan di Jerman.

Mengacu pada kontradiksi internal yang ada dalam philosopinya, perekonomian Jerman sesungguhnya memiliki sifat konservatif dan dinamis. Ia dikatakan konservatif dalam arti ia dirancang berdasarkan sebagain tradisi Jerman dimana terdapat pertimbangan bagi peran negara dalam ekonomi dan perilaku hati -hati dalam menangani insvestasi dan pengambilan resiko. Ia juga dapat dikatakan dinamis dalam arti ia mengarah pada pertumbuhan ± juga meskipun pertumbuhan tersebut mungkin lambat dan tetap daripada spektakuler. Ia merupakan kombinasi antara kebaikan suatu sistem pasar dengan kebaikan dari sistem kesejahteraan sosial. Pada tahun 1982 koalisi CDU dan FDP berkuas a pada pemerintahan Jerman. Pada masa ini diskusi tentang bagaimana ekonomi pasar sosial seharusnya berubah meliputi tiga aspek; pada satu sisi kelompok keynesian mengklaim untuk mempertahankan ´Globalsteuerung´ dan ekonomi pasar sosial, sementara pada sis i yang lain para pengikut Milton Friedman menyatakan kegagalan dari negara dan menginginkan pengurangan dari ´Globalsteuerung´ serta ekonomi pasar sosial bersama-sama dengan penguatan kekuatan pasar. Pada posisi yang ketiga, kelompok kecil yang berfikir bahwa pasar telah gagal dan oelh karenanya mereka memilih perluasan sektor negara dan intervensi negara dilapangan ekonomi. Hasil dari diskusi ini dapat dijelaskan sebagai kombinasi antara Keynes dan Friedman. Pada tahun -tahun berikutnya perusahaan-perusahaan negara seperti Pos Jerman dan Telkom Jerman diswastanisasi dan ukuran -ukuran sosialpun diturunkan lebih ramping. Kemajuan ekonomi pada periode tersebut dapat dilihat sebagai hasil dari kombinasi kebijakan itu namun juga disebabkan ole h situasi positif ekonomi dunia serta keberhasilan dari integrasi Eropa. Masa ini diakhiri oleh reunifikasi Jerman. Reunifikasi Jerman tercatat sebagai irisan tajam dari berbagai analisa pembangunan dan sejarah Jerman. Melihat pada kebijakan ekonomi dan sosial sedikit berbeda. Bukan pada reunifikasi 1990 sebagai moment yang penting namun pada penyatuan ekonomi dan keuangan beberapa bulan sebelumnya.

Moment tersebut terjadi pada situasi pertumbuhan ekonomi dan angka utang negara yang rendah. Pada permulaannya, situasi diwarnai oleh euphoria unifikasi secara umum dan terbukanya pasar baru di Jerman bagian Timur dan Eropa.

Perekonomian Jerman Saat Ini Ekonomi Pasar Berorientasi Sosial

Undang-Undang Dasar Jerman tidak mengharuskan penerapan tata ekonomi tertentu, namun penerapan sistem ekonomi pasaran bebas yang murni dicegahnya dengan menetapkan prinsip negara sosial. Sejak didirikannya Republik Federal Jerman pada tahun 1949, Ekonomi Pasaran Berorientasi Sosial merupakan dasar politik Jerman di bidang ekonomi. Dengan sistem itu dicoba mengambil jalan tengah antara ekonomi pasaran murni dan sosialisme. Ekonomi Pasaran Berorientasi Sosial dikembangkan dan diterapkan oleh Ludwig Erhard, me nteri ekonomi pertama yang kemudian menjadi Kanselir Federal. Konsep tata ekonomi itu didasarkan atas prinsip kebebasan ekonomi pasaran, yang dilengkapi dengan tindakan penyeimbangan di bidang sosial. Menurut konsep tersebut, di satu pihak pada prinsipnya dimungkinkan pergerakan bebas kekuatan-kekuatan pasar. Namun di pihak lain negara menjamin adanya jaringan sosial sebagai jaminan terhadap risiko.

Ekspor

Fakta yang menunjuk kepada daya saing perusahaan Jerman ialah kuota ekspor dari cabang industri pengekspor terpenting yang meningkat secara berarti sejak tahun 1991. Di cabang konstruksi mesin saja, kuota ekspor meningkat antara tahun 1991 dan 2006 dari 52 persen menjadi 77 persen. Dalam jangka waktu yang sama, kuota ekspor meningkat di industri kimi a dari 50 persen ke 70 persen lebih, di industri mobil dari 43 persen ke 72 persen, dan di industri kelistrikan dari 31 persen ke 47 persen. Secara keseluruhan, kuota ekspor mencapai 35 persen, dan andil Jerman dalam volume perdagangan dunia total mencapai sembilan persen.

Inovasi

Dalam penghasilan yang dicapai dengan produk baru, sektor kendaraan memegang peringkat utama. Sektor itu sendiri mencapai 28 persen dari omzet total yang dihasilkan perekonomian Jerman melalui inovasi produk. Dibandingkan dengan omzet industri kendaraan seluruhnya, produk baru mencapai 56 persen.

Investor Asing

Perusahaan asing tertarik oleh aspek menguntungkan dari pasaran Jerman: Sekitar 22.000 perusahaan internasional bertempat usaha di sini, di antaranya ke -500 perusahaan terbesar di dunia. Antara tahun 2007 dan 2010, konglomerat telekomunikasi Spanyol Telefónica O2 Europe saja menanamkan modal sebesar 3,5 miliar Ero ke dalam perluasan prasarana perteleponan di Jerman, baik yang berbentuk jaringan kabel maupun radiotelefoni. Te rgolong di antara investor asing besar juga produsen chip dari Kalifornia, Advanced Micro Devices (AMD), yang menambah modal investasinya dengan sekitar 2 miliar Ero lagi antara tahun 2006 dan 2009 untuk memperluas pabrik -pabrik chipnya di Dresden. Investasi modal oleh perusahaan asing di Jerman pada tahun 2006 berjumlah total 42,9 miliar dolar AS. Pada kurun waktu yang sama, jumlah proyek investasi langsung yang terdaftar meningkat sebesar 57 persen. Tidak ada negara Eropa lain yang mencapai taraf kenaikan seperti itu.

Kebijakan Ekonomi

Sesuai dengan sistem federal, penentuan dan koordinasi kebijakan di bidang ekonomi dan keuangan merupakan tugas bersama dari federasi, negara bagian dan komune. Mereka berkerja sama dalam berbagai badan. Di samping itu Peme rintah Federal menerima konsultasi dari pakar -pakar ilmu ekonomi yang independen. Setiap bulan Januari Pemerintah Federal mengajukan laporan ekonomi tahunan kepada Bundestag dan Bundesrat. Laporan kepada parlemen itu antara lain menguraikan sasaran yang dituju pemerintah di bidang ekonomi dan keuangan pada tahun yang bersangkutan, dan dasar kebijakan yang direncanakan untuk mencapai sasaran itu. Prasyarat yang harus dipenuhi agar kehidupan ekonomi di Jerman berfungsi dengan baik ialah persaingan bebas. Untu k melindunginya diberlakukan undang-undang antipembatasan persaingan.

Kelompok Setempat

Sejumlah tertentu perusahaan yang memilih lokasi yang saling berdekatan, dinamakan kelompok setempat (cluster). Kelompok setempat ialah jaringan produsen, pabrik komponen dan lembaga penelitian yang dibentuk di sekitar rangkaian penghasil produk. Khususnya dalam hubungan dengan teknologi masa depan, kelompok setempat dianggap sebagai penggerak inovasi. Kelompok

setempat yang telah meraih sukses antara lain industri mobil di Baden -Württemberg, konsentrasi perusahaan di bidang teknik kedokteran di Tuttlingen, ´kawasan chip³ di Dresden, atau kelompok setempat industri bioteknologi di daerah Berlin dan Brandenburg, daerah yang termasuk tempat penelitian dan penerapan ilmu biologi terkemuka di Jerman.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Jerman merupakan negara TIK: Peranti komputer tersedia di 84 persen perusahaan dan 71 persen rumah tangga. Taraf Jerman di bidang itu jauh di atas rata -rata di Eropa: 76 persen penduduk menggunakan komputer, 69 persen memanfaatkan internet. Jerman merupakan juga pasaran terbesar di Eropa di bidang radiotelefoni dan komunikasi online. 94 persen rumah tangga memiliki sambungan telepon via kabel, 81 persen memiliki paling sedikit satu telepon genggam di samping itu. Industri TIK Jerman mempekerjakan sekitar 475.000 orang. Dalam pasaran global untuk teknik informasi dan komunikasi, Jerman memegang bagian sebesar enam persen.

Fakta Tentang Perekonomian Jerman
y

Jerman memiliki pendapatan per kapita (GDP) urutan pertama di Eropa dan urutan ketiga di dunia. Pendapatan itu berasal dari sektor:
o o o

Jasa: 70% (penyumbang paling besar) Industri: 29,1% Pertanian: 0,9%

y

Jerman merupakan negara eksportir dan importir yang menempatkan diri pada urutan kedua terbesar di dunia. Neraca perdangan Jerman surplus sebesar ¼ 165 Triliun. Jerman terkenal dengan industri otomotifnya. Perusahaan -perusahaan otomotif besar dunia tercat at berasal dari negara ini, seperti:
o o o o o

y

Mercedes BMW Volkswagen Audi Porsche

y y

Jerman merupakan rumah bagi banyak industri farmasi besar dunia. Banyak pameran internasional terbesar diselenggarakan di beberapa kota di Jerman. Bursa saham di Frankfurt merupakan salah satu yang paling aktif di dunia. Angka pengangguran tercatat 7,5%. Angka tersebut bisa dikatakan terendah dalam beberapa puluh tahun terakhir.

y y

Negara Prancis

Pengenalan Negara

Nama ³France´ berasal dari Francia Latin, yang berarti ³tanah bangsa Frank´ atau ³Frankland´. Terdapat berbagai teori asal nama Frank. Salah satunya berasal dari kata Proto Jermanik frankon yang diartikan sebagai javelin atau lance karena kapak lempar Frank yang dikenal sebagai francisca. Etimologilainnya adalah bah wa dalam sebuah bahasa Jermanik kuno, Frank berarti ³bebas´ yang merujuk pada budak. Kata ini masih digunakan dalam bahasa Perancis sebagai franc, juga digunakan sebagai penerjemahan ³Frank´ dan nama mata uang lokal, hingga penggunaan euro pada tahun 2000 -an. Tetapi, selain nama etnis Frank berasal dari kata frank, juga mungkin bahwa kata ini berasal dari nama etnis Frank, hubungannya adalah bahwa hanya Frank, sebagai kelas yang berkuasa, memiliki status warga merdeka. Dalam bahasa Jerman, Perancis masih disebut Frankreich, yang berarti ³Kerajaan Bangsa Frank³. Untuk membedakannya dari Kekaisaran Frank Charlemagne, Perancis Modern disebut Frankreich, sementara Kerajaan Frank disebut Frankenreich. Kata ³Frank´ telah digunakan sejak kejatuhan Roma hingga Abad Pertengahan, dari pengangkatan Hugh Capet sebagai ³Raja Frank´ (³Rex Francorium´) menjadi biasa merujuk pada Kerajaan Francia, yang kemudian menjadi Perancis. Raja Capetia menurun dari Robertine, yang memiliki dua raja Frank, dan sebelumnya memegang gelar ³Duke of the Franks´ (³dux Francorum´). Tanah Frank meliputi sebagian Perancis Utara modern tapi karena kekuasaan raja dilemahkan oleh pangeran regional sebutan ini kemudian ditetapkan pada demesne kerajaan sebagai tangan pendek. Hingga akhirnya nama ini diambil untuk seluruh Kerajaan sebagai kekuasaan sentral ditetapkan untuk seluruh kerajaan.

Perancis Metropolitan memanjang dari Laut Mediterania hingga Selat Inggris dan Laut Utara, dan dari Rhine ke Samudera Atlantik. Orang Perancis sering menyebut Perancis Metropolitan sebagai "L'Hexagone" ("Heksagon") karena bentuk geometris teritorinya. Perancis adalah sebuah republik kesatuan semi -presidensial. Ideologi utamanya tercantum dalam Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara. Perancis berbatasan dengan Be lgia, Luksemburg, Jerman, Swiss, Italia, Monako, Andorra, dan Spanyol. Karena memiliki departemen seberang laut, Perancis juga berbagi perbatasan tanah dengan Brazil dan Suriname (berbatasan dengan Guyana Perancis), dan Antillen Belanda (berbatasan dengan Saint-Martin). Perancis juga terhubung dengan Britania Raya oleh Terowongan Channel, yang berada di bawah Selat Inggris. Perancis telah menjadi salah satu kekuatan terbesar dunia sejak pertengahan abad ke-17. Di abad ke-18 dan 19, Perancis membuat salah satu imperium kolonial terbesar saat itu, membentang sepanjang Afrika Barat dan Asia Tenggara, mempengaruhi budaya dan politik daerah. Perancis adalah negara maju, dengan ekonomi terbesar keenam (PDB nominal) atau kedelapan (PPP) terbesar di dunia. Merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia, menerima 82 juta turis asing per tahun (termasuk pelancong bisnis, tapi tak termasuk orang yang menetap kurang dari 24 jam di Perancis). Perancis adalah salah satu negara pendiri Uni Eropa, dan memiliki wilayah terbesar dari semua anggota. Perancis juga negara pendiri Perserikatan Bangsa -Bangsa, dan anggota Francophonie, G8, NATO, dan Uni Latin. Merupakan salah satu lima anggota permanen Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa; juga kekuatan nuklir yang be sar dengan 360 hulu ledak aktif dan 59 pembangkit listrik tenaga nuklir.
Sistem Pemerintahan

Republik Perancis adalah sebuah republik semi -presidensial uniter dengan tradisi demokratis yang kuat. Konstitusi Republik Kelima disetujui melalui referendum tanggal 28 September 1958. Sehingga memperkuat kewenangan eksekutif dengan parlemen. Cabang eksekutif itu sendiri memiliki dua pemimpin: Presiden Republik, yang merupakan Kepala Negara dan dipilih langsung oleh hak pilih universal orang dewasa untuk jabatan selama 5 tahun (sebelumnya 7 tahun), dan Pemerintah, dipimpin oleh Perdana Menteri yang ditunjuk presiden.

Parlemen Perancis adalah sebuah badan legislatif bikameral yang terdiri dari Majelis Nasional (Assemblée Nationale) dan Senat. Deputi Majelis Nasional mewakili konstituensi lokal dan terpilih langsung selama 5 tahun. Majelis memiliki kekuasaan untuk membubarkan kabinet, dan mayoritas anggota Majelis menetapkan pilihan pemerintah. Senator dipilih oleh dewan pemilih untuk jabatan 6 tahun (sebenarnya 9 tahun), dan setengah kursi dimasukkan dalam pemilihan setiap 3 tahun yang dimulai pada September 2008.[11] Kekuasaan legislatif Senat terbatas; dalam penentangan antara kedua pihak, Majelis Nasional memiliki perkataan terakhir, kecuali untuk hukum konstitusional dan lois organiques (hukum yang disediakan langsung oleh konstitusi) dalam beberapa hal. Pemerintah memiliki pengaruh kuat dalam pembentukan agenda Parlemen. Politik Perancis ditandai oleh dua pengelompokkan yang saling menentang secara politik: pertama sayap kiri, dipusatkan di sekitar Partai Sosialis Perancis, dan lainnya sayap kanan, sebelumnya dipusatkan pada Rassemblement pour la République (RPR) dan sekarang Persatuan untuk Gerakan Rakyat (UMP). Cabang eksekutif kebanyakan terdiri dari anggota UMP .

Hubungan Luar Negeri

Perancis adalah anggota Perserikatan Bangsa -Bangsa dan menjabat sebagai salah satu anggota permanen Dewan Keamanan PBB dengan hak veto. Juga anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Sekretariat Komunitas Pasifik (SPC) dan Komisi Samudera Hindia (COI). Negara ini adalah anggota terkait Asosiasi Negara Karibia (ACS) dan anggota utama Organisasi Francophone Internasional (OIF) dari lima puluh satu negara penutur bahasa Perancis. Memiliki kantor pusat OECD, UNESCO, Interpol, Alliance Base dan International Bureau for Weights and Measures. Tahun 1953 Perancis menerima permintaan dari Perserikatan Bangsa Bangsa untuk membuat lambang yang dapat mewakilinya secara internasional. Kemudian lambang Perancis digunakan dan dipakai pada paspor. Kebijakan luar negeri Perancis telah dibentuk oleh keanggotaan Uni Eropa, yang merupakan anggota pendiri. Tahun 1960 -an,Perancis berusaha mengeluarkan Britania Raya dari organisasi itu, karena hanya diperuntukkan benua Eropa. Sejak 1990-an, Perancis telah membuat hubungan dekat dengan Jerman bersatu untuk menjadi penggerak paling berpengaruh di UE, tapi menyaingi Britania dan membatasi pengaruh negara-negara Eropa Timur. Perancis adalah anggota North

Atlantic

Treaty

Organisation,

tapi

dibawah

Presiden

de

Ga ulle,

Perancis

mengeluarkan diri dari komando militer bersama untuk menghindari dominasi kebijakan luar negeri dan keamanannya oleh pengaruh politik dan militer AS. Pada awal 1990-an, negara ini menerima banyak kritik dari negera lain untuk ujicoba nuklir bawah tanahnya di Polinesia Perancis. Perancis menentang keras Invasi ke Irak 2003, mengancam hubungan bilateral dengan AS dan Britania. Perancis mempertahankan pengaruh politik dan ekonomi yang kuat di bekas koloni Afrikanya dan mengirim bantuan ekonomi d an tentara untuk misi penjaga perdamaian di Pantai Gading dan Chad.

Ekonomi Perancis

Ekonomi Perancis menggabungkan perusahaan pribadi ekstensif (hampir 2.5 perusahaan terdaftar) dengan intervensi pemerintah (lihat dirigisme) substansial (meskipun menurun). Pemerintah mempertahankan pengaruh terhadap bagian penting dalam sektor infrastruktur, dengan kepemilikan mayoritas atas firma rel kereta api, listrik, pesawat terbang, dan telekomunikasi. Telah mengendurkan kontrolnya secara bertahap sejak awal 1990 -an. Pemerintah perlahan-lahan menjual saham di France Télécom, Air France, juga industri asuransi, perbankan, dan pertahanan. Sebuah anggota grup negara industri maju G8, Perancis menempati peringkat ekonomi terbesar kelima atau keenam menurut PDB nominal ya ng bergantung pada sumbernya. Perancis bergabung dengan 11 anggotaUE lainnya untuk meluncurkan euro pada tanggal 1 Januari 1999, dengan koin dan uang kertas euro yang menggantikan franc Perancis (õ) pada awal 2002. Menurut OECD, tahun 2004 Perancis adalah pengekspor barang manufaktur terbesar kelima di dunia dan pengimpor terbesar keempat di dunia. Tahun 2003, Perancis adalah penerima investasi langsung asing terbesar ke -2 diantara negara OECD dengan nilai $47 milyar, setelah Luksemburg (dimana investasi la ngsung asing adalah transfer uang ke bank yang terletak di negara itu) tapi di atas Amerika Serikat ($39.9 milyar), Britania Raya ($14.6 milyar), Jerman ($12.9 milyar), atau Jepang ($6.3 milyar). Di tahun yang sama, perusahaan Perancis menginvestasikan $57.3 milyar di luar Perancis, menempatkan Perancis sebagai investor langsung luar terpenting kedua di OECD, setelah Amerika Serikat ($173.8 milyar), dan di atas Britania Raya ($55.3 milyar), Jepang ($28.8 milyar) dan Jerman ($2.6 milyar).

Dalam edisi 2005 OECD in Figures, OECD juga mencatat bahwa Perancis memimpin negara G7 menurut produktivitas (diukur sebagaimana PDB per jam bekerja). Tahun 2004, PDB per jam yang bekerja di Perancis adalah $47.7, di atas Amerika Serikat ($46.3), Jerman ($42.1), Britania Ray a ($39.6), atau Jepang ($32.5). La Défense, Paris adalah jantung ekonomi Perancis. Selain jumlah yang menunjukkan produktivitas per jam yang bekerja lebih tinggi daripada di AS, PDB per kapita Perancis lebih rendah dari PDB per kapita AS, menjadi dapat dibandingkan dengan PDB per kapita negara Eropa lainnya, yang rata-rata 30% di bawah AS. Alasannya adalah bahwa banyak persentase kecil penduduk Perancis yang bekerja bila dibangingkan dengan AS, yang PDB per kapitanya lebih rendah dari Perancis, karena produ ktivitasnya yang tinggi. Faktanya, Perancis memiliki salah satu persentase terendah penduduk berusia 15 -64 tahun yang bekerja diantara negara OECD. Tahun 2004 68.8% penduduk Perancis berusia 15-64 tahun bekerja, bila dibandingkan dengan 80.0% di Jepang, 78 .9% di Britania, 77.2% di AS, dan 71.0% di Jerman. Fenomena ini disebabkan oleh hampir tiga puluh tahun pengangguran massal di Perancis, yang membawa kepada tiga masalah yang mengurangi ukuran penduduk yang bekerja: sekitar 9% penduduk aktif tidak memiliki pekerjaan; siswa menunda selama mungkin masuknya mereka ke dalam pasaran buruh; dan terakhir, pemerintah Perancis memberi berbagai insentif kepada pekerja untuk pensiun pada awal usia 50 tahunan, meskipun semakin dikurangi. Sementara banyak ahli ekonomi mengungkapkan kekecewaannya sepanjang tahun, masalah utama dengan ekonomi Perancis bukanlah produktivitas. Menurut pendapat mereka, yang utama adalah reformasi struktural, untuk meningkatkan ukuran penduduk yang bekerja dari seluruh penduduk. Ahli ekonomi L iberal dan Keynesian memiliki jawaban berbeda mengenai masalah itu. Jam kerja yang rendah dan keseganan pembentukan kembali pasar buruh dianggap sebagai titik lemah ekonomi Perancis dalam pandangan sayap kanan dan jarangnya kebijakan pemerintah yang menetapkan keadilan sosial menurut sayap kiri. Usaha pemerintah terbaru adalah menyesuaikan pasar buruh muda, mengurangi pengangguran, telah ditentang secara penuh. Dengan 81.9 juta turis asing tahun 2007, Perancis menempati peringkat pertama sebagai tujuan turis terbaik di dunia, di atas Spanyol (58.5 juta tahun 2006) dan

Amerika Serikat (51.1 juta tahun 2006). Jumlah 81.9 juta ini tidak termasuk orang yang menetap kurang dari 24 jam di Perancis, seperti orang Eropa Utara yang melintasi Perancis dalam perjalanan ke Spanyol atau Italia selama Musim Panas. Perancis memiliki kota berbudaya tinggi (Paris menjadi yang utama), pantai dan resor tepi laut, resor ski, dan wilayah pedesaan yang dinikmati untuk keindahan dan kenyamanannya (pariwisata hijau). Disamping pariw isata biasa Perancis menarik berbagai peziarah religius ke Lourdes, sebuah kota di département Hautes Pyrénées, yang dikunjungi beberapa juta turis per tahun. Situs pariwisata terkenal meliputi: (menurut peringkat pengunjung per tahun pada tahun 2003): Men ara Eiffel (6.2 juta), Museum Louvre (5.7 juta), Istana Versailles (2.8 juta), Musée d¶Orsay (2.1 juta), Arc de Triomphe (1.2 juta), Centre Pompidou (1.2 juta), Mont -Saint-Michel (1 juta), Château de Chambord (711.000),Sainte -Chapelle (683.000), Château du HautK nigsbourg (549.000), Puy de Dôme (500.000), Musée Picasso (441,000), Carcassonne (362.000). Perancis memiliki industri angkasa penting yang dipimpin oleh konsorsium Eropa Airbus, dan bersama Swedia menjadi satu -satunya kekuatan Eropa (tak termasuk Rusia) yang memiliki pelabuhan antariksa nasional pribadi (Centre Spatial Guyanais). Perancis juga negara Barat yang paling independen energinya karena investasi besar dalam tenaga nuklir (tenaga nuklir di Perancis), yang juga membuat Perancis produsen paling sedikit karbon dioksida diantara tujuh negara industri di dunia. Sebagai hasil investasi besar dalam teknologi nuklir, banyak listrik yang diproduksi di negara itu dibangkitkan oleh pembangkit tenaga nuklir (78.1% pada 2006, meningkat dari 8% tahun 197 3, 24% tahun 1980, dan 75% tahun 1990). Tanah subur yang banyak, pembuatan teknologi modern, dan subsidi UE telah bergabung untuk menjadikan Perancis produsen dan pengekspor hasil pertanian terdepan di Eropa. Gandum, unggas, susu, daging, dan babi, juga in dustri pangan dan anggur yang diakui adalah ekspor pertanian utama Perancis. Subsidi agrikultur UE ke Perancis hampir mencapai $14 milyar. Sejak akhir Perang Dunia Kedua pemerintah melakukan usaha untuk berintegrasi dengan Jerman, secara ekonomi dan politi k. Hari ini kedua negara membentuk apa yang disebut sebagai negara ³inti´ untuk integrasi lebih besar ke Uni Eropa.

Keadaan Perekonomian Perancis Tahun Terakhir

Dengan hampir 63 juta penduduk dan 550.000 km², Perancis adalah Negara ekonomi terbesar ke-5 di seluruh dunia dan menjadi salah satu negara yang paling terbuka untuk investasi asing. Lebih dari satu juta perusahaan terbentuk dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, setara dengan 550 perusahaan baru tiap harinya. Lebih dari 20.000 perusahaan asing tela h memilih Perancis sebagai Negara tujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam investasi. Perancis adalah salah satu Negara dengan prasarana transportasi yang paling tinggi di dunia dan hal tersebut yang membuatnya sebagai pintu gerbang ideal bagi Negara Erop a lainnya yang mancapai 493 juta konsumen. Perancis adalah persimpangan antara Eropa Utara, Mediterania dan daerah pesisir Atlantik dengan satu -satunya negara yang dihubungkan dengan ekonomi utama Eropa, termasuk UK, Jerman, Itali dan Spaniol. Perancis mem punyai 20% produktivitas kerja yang lebih tinggi di bandingkan dengan Negara Eropa lainnya. 7% GDP Perancis di alokasikan untuk pendidikan dan pelatihan para dunia bisnis agar dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan persaingan asing.

French Economic Statistic GDP :

US$ 2.097 trillion (2008) US$ 2.083 trillion (2007)

Pertumbuhan GDP :

0.7 % (2008), di karenakan krisis global, 2.1 % (2007)
GDP per capita:

US$ 32,700 (2008) US$ 33,300 (2007)

GDP per sektor :

Agriculture : 2 % Industri : 20.4 % Jasa : 77, 6 % Investasi: 21.9 % of GDP (2008)

Nilai inflasi :

2.8 % (2008) 1.5 % (2007)

Export:

US$ 601.9 billion (2008) US$ 546 billion (2007) Komoditas export : Perlengkapan mesin dan transportasi, pesawat udara, plastik, bahan kimia, produk farmasi, besi dan baja, minuman. Negara tujuan export : Jerman (14.3 %), Itali (8.7 %), Spanyol (8.3%), UK (7.8 %), Belgia (7.6%), Amerika (5.8%) dan Belanda (4.2%)

Imports:

US$ 692 billion (2008) US$ 600.9 billion (2007) Komoditas import : Perlengkapan mesin, kendaraan, minyak mentah, pesawat udara, plastik, bahan kimia, mebel, tekstil, agro -industri, dll.

KESIMPULAN

Negara Jerman merupakan Negara yang menganut system ekonomi pasar sosial. Konsep tata ekonomi itu didasarkan atas prinsip kebebasan ekonomi pasaran, yang dilengkapi dengan tindakan penyeimbangan di bidang sosial. Menurut konsep tersebut, di satu pihak pada prinsipnya dimungkinkan pergerakan bebas kekuatan kekuatan pasar. Namun di pihak lain negara menjamin adanya jari ngan sosial sebagai jaminan terhadap risiko. Sedangkan untuk negara Prancis menggunakan sistem ekonomi libera l, dimana di Prancis banyak perusahaan ± perusahaan yang melakukan privatisasi. Awalnya pemerintah mempertahankan pengaruh terhadap bagian penting dalam sektor infrastruktur, dengan kepemilikan mayoritas atas firma rel kereta api, listrik, pesawat terbang, dan telekomunikasi. Telah mengendurkan kontrolnya secara bertahap sejak awal 1990-an. Pemerintah perlahan-lahan menjual saham di France Télécom, Air France, juga industri asuransi, perbankan, dan pertahanan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->