P. 1
Contoh Proposal Warnet

Contoh Proposal Warnet

|Views: 164|Likes:
Published by yo2_laxana

More info:

Published by: yo2_laxana on Dec 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/11/2012

pdf

text

original

PROPOSAL

PENDIRIAN USAHA

WARNET & GAME CENTER

1

A.PENDAHULUAN
Sebagai seorang insan yang beriman dan bertaqwa maka telah menjadi kewajiban bagi diri kita semua untuk mencari rezeki dengan tangan kita sendiri, dan Islam yang menjadi landasan perjuangan kami mengatur hal ini sebagaimana firman Allah SWT : “…Dan kami jadikan tidurmu untuk istirahat, dan kami jadikan malam sebagai pakaian, dan kami jadikan siang untuk mencari penghidupan…….” (QS. An Naba’ : 9-11). Rasulullah SAW pun bersabda: “Tiada seorang makan makanan yang lebih baik, kecuali hasil usahanya sendiri. Dan Nabi Allah Daud AS juga makan dari hasil tangannya sendiri” (HR.Bukhori). Saat ini kondisi perekonomian sangat jauh tertinggal dan negara-negara kapitalis berupaya terus menguasai perekonomian dunia dan terus memperluas cengkeramannya hingga ke negeri-negeri muslim termasuk Indonesia. Perekonommian semacam ini jelas bertentangan dengan fitrah ekonomi umat yang berlandaskan dengan Al Qur’an dan Sunnah dengan prinsip Ta’awunnya, dan memajukan perekonomian kapitalis tak ubahnya dengan memberikan kemakmuran kepada umat yang terang-terangan memusuhi umat Islam. Berangkat dari kesadaran tersebut saya dengan pengetahuan dan keahlian yang kami peroleh dan menjalankan unit – unit usaha yang bergerak dibidang training TI, mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang bergerak dibidang teknologi informasi, berupaya untuk bangkit bersama saudara-saudara yang lain membangun perekonomian yang kokoh agar dapat mandiri seluas-luasnya untuk kepentingan bersama melalui suatu perserikatan usaha jasa (Biro Jasa) yang terdiri dari gabungan SDM (Sumber Daya Manusia) berkualitas yang berpengalaman dibidangnya masingmasing.

2

B.

NAMA USAHA
Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “Joker-Net” dengan badan usaha berbentuk Perorangan.

C.RENCANA LOKASI USAHA
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memeuhi syarat sebagai berikut :

Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama.

Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran. Lokasi berdekatan dengan perpustakaan atau toko buku. Lokasi berada ditengah kawasan perumahan penduduk


Lokasi yang kami prioritaskan adalah di depan pasar Sumber Arta Kalimalang dengan pertimbangan : •

Dilokasi belum ada warnet dalam radius 2 KM. Lokasi dekat dengan perguruan tinggi Disekitar lokasi terdapat beberapa sekolah Lokasi berada ditengah kawasan perumahan dan pasar yang ramai.

• •

3

D.

TARGET PELANGGAN
Target pelanggan warnet ini adalah : pelajar dan mahasiwa disekitarnya. Mereka adalah menggunakan internet untuk hiburan semata yang frekwensinya cukup tinggi. Umumnya mereka hanya membuka program chatting dan situs serta bermain games.

E.

JENIS USAHA
Jenis usaha yang direncanakan sesuai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki adalah : 1. Warung Internet & Game Centre Jenis usaha ini adalah Usaha Inti (core bussines), dimana seluruh investasi fisik dialokasikan untuk usaha ini (aspek finansial terlampir). 2. Pendidikan Komputer 3. Penjualan alat – alat komputer, Accessoris dan lain - lain 4. Service Komputer 5. Dan lain sebagainya, disesuiakan dengan kebutuhan pasar dan anggaran yang tersedia.

Target kami adalah setiap bulan menambah cabang usaha baru, walau tidak menutup kemungkinan pada bulan yang sama ddirikan beberapa cabang usaha sekaligus.

4

F. KEUNGGULAN KAMI
Kami memiliki keunggulan antara lain : Semua instalasi software, jaringan LAN, router dan proxy server dapat kami lakukan sendiri, dengan demikian tidak perlu menganggarkan dana untuk jasa dari pihak ketiga.

G. PERANGKAT KERAS DAN LUNAK
Perangkat keras yang akan digunakan dalam komputer ini adalah :

Komputer Pentium 4 / Athlon sebanyak 15 unit, server Pentium 3 second 1 unit dan komputer Pentium 4 untuk billing 1 unit beserta printer.

• •

Perangkat jaringan. Koneksi internet menggunakan Telkom Speedy dengan kecepatan 256 dengan 2 koneksi atau wirelles jaringan dengan kecepatan 512 kbps

Sistem operasi yang akan digunakan adalah Windows Xp Home Edition.

H.

DANA & LABAMODAL & KEUNTUNGAN
Modal yang kami butuhkan untuk medirikan warnet ini sebesar adalah Rp.

90.000.000 (sembilan puluh juta rupiah), dengan jumlah saham sebanyak 1.000.000 lembar dengan nilai nominal Rp. 90. dengan perkiraan laba bersih minimal Rp. 6.000.000 ,- per bulannya. Sehingga usaha diperkirakan akan BEP pada bulan ke 13.

5

I. BAGI HASIL
Prosentase bagi hasil yang kami tawarkan adalah 40% untuk pemodal dan 60% untuk pengelola, dengan demikian pemodal diperkirakan akan mendapatkan keuntungan sedikitnya Rp 6,86 / lembar saham perbulan.

J. SURAT PERJANJIAN
Demi keamanan investasi, kami menawarkan surat perjanjian yang ditandatangani oleh pemodal dan pengelola dan dibubui materai secukupnya agar mempunyai kekuatan hukum. Ketentuan dasar surat perjanjian kami sertakan dalam lampiran.

K. PENUTUP
Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Terimakasih

6

Lampiran 1 KETENTUAN UMUM USAHA WARNET

Istilah dalam ketentuan ini harus disepakati oleh pemodal dan pengelola, atau bahkan bila perlu dilampirkan dalam surat perjanjian.

1. Pengertian a. Pemodal adalah seseorang atau beberapa orang atau lembaga yang berkewajiban memberikan modal kepada pengelola. Pemodal merupakan pemilik perusahaan. Pemodal mendapatkan bagi hasil sebesar 40% dari laba bersih. b. Pengelola adalah seseorang atau beberapa orang yang berkewajiban mengelola usaha ini. Pengelola berhak mendapatkan bagi hasil 60% dari laba bersih. Tugas pengelola adalah melaksanakan pekerjaan manajerial. c. Karyawan adalah seseorang atau beberapa orang yang berkewajiban melaksanakan pekerjaan teknis. Karyawan berhak mendapatkan gaji tetap perbulan. d. Free Lancer adalah orang yang direkrut untuk melaksanakan pekerjaan tertentu. Freelancer dibayar berdasarkan prosentase dari pendapatan atas pekerjaannya. e. OutSourcing adalah pelimpahan pekerjaan kepada pihak ketiga. f. Laba bersih adalah omzet setelah dikurangi dengan biaya operasional, biaya defisit dan angsuran sewa ruko.
Laba bersih Omzet

_

b.operasional

_

b.defisit

_

b. angs sewa ruko

Biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk operasional perusahaan rutin, antara lain : • Gaji karyawan • Rekening PAM, PLN. Telepon, akses internet, iuran rutin • Biaya service segala peralatan yang rusak • Operasional administrasi • Biaya promosi • Dan semua biaya lain untuk kepentingan perusahaan selain biaya defisit, angsuran sewa ruko, dan pembelian alat. h. Apabila ada kerusakan aset maka diperlukan biaya untuk memperbaikinya yang terdiri dari : • Biaya spare part yaitu biaya pembelian alat baru, biaya ini diambil dari dana defisit • Biaya service yaitu biaya jasa perbaikan, biaya ini diambil dari dana pendapatkan kotor pada bulan berjalan dan dalam laporan keuangan masuk sebagai biaya operasional
g. 7

i.

Pekerjaan dibagi menjadi 2 macam : Pekerjaan manajerial yaitu pekerjaan membuat rancangan strategi perusahaan dan mengatur pekerjaan karyawan. • Pekerjaan teknis yaitu pekerjaan yang melaksanakan pekerjaan teknis rutin.

Ketentuan khusus : 1. Dalam melaksanakan pekerjaan rutin usaha, pengelola berhak mengambil 2 orang karyawan yang digaji perbulan, 1 orang diambil pada saat mulai pendirian perusahaan dan 1 orang lagi setelah 2 bulan berjalan. 2. Apabila pengelola harus mengerjakan pekerjaan yang bersifat teknis selain dari usaha rental internet, maka pengelola berhak mendapatkan bagi hasil langsung atau gaji langsung dari pekerjaan tsb. Keterangan : Semua aset perusahaan ini adalah milik pemodal, dan nilai aset pada saat didirikan nilai aset sama sekali tak ada pertangung jawaban oleh pengelola.

8

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->