P. 1
Sepuluh Cara Mengatasi "CRASH" Pada CPU

Sepuluh Cara Mengatasi "CRASH" Pada CPU

|Views: 652|Likes:
Published by WISNU
Cara sederhana tapi efektif untuk mengatasi 'CRASH" komputermu
Cara sederhana tapi efektif untuk mengatasi 'CRASH" komputermu

More info:

Published by: WISNU on Dec 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/21/2013

pdf

text

original

Sepuluh (10) alasan mengapa PC crash

Fatal error: sistem telah menjadi tidak stabil atau sibuk, "Kata-nya." Enter untuk kembali ke Windows atau tekan Control-Alt-Delete untuk me-restart komputer Anda. Jika Anda melakukan ini, Anda akan kehilangan informasi yang belum disimpan pada semua aplikasi yang terbuka. " Anda baru saja diserang oleh Blue Screen of Death. Setiap orang yang menggunakan Microsoft Windows akan terbiasa dengan ini. Apa yang dapat Anda lakukan? Lebih penting lagi, bagaimana anda bisa mencegahnya terjadi?

1. Konflik Perangkat Keras Nomor satu alasan mengapa Windows crash adalah konflik perangkat keras. Setiap perangkat hardware berkomunikasi dengan perangkat lain melalui saluran permintaan interupsi (IRQ). Ini seharusnya unik untuk setiap perangkat. Sebagai contoh, printer biasanya menghubungkan secara internal pada IRQ 7. Keyboard biasanya menggunakan IRQ 1 dan floppy disk drive IRQ 6. Setiap perangkat akan mencoba untuk babi tunggal IRQ untuk sendiri. Jika ada banyak perangkat, atau jika mereka tidak dipasang dengan benar, dua dari mereka mungkin akhirnya berbagi angka IRQ yang sama. Ketika pengguna mencoba untuk menggunakan kedua perangkat pada saat yang sama, sebuah kecelakaan bisa terjadi. Cara untuk memeriksa apakah komputer Anda memiliki hardware konflik adalah melalui rute sebagai berikut: * Start-Settings-Control Panel-System-Device Manager.

Seringkali jika sebuah perangkat memiliki masalah kuning “!“ muncul di sebelah deskripsi dalam Device Manager. Sorot Komputer (di Device Manager) dan tekan Properties untuk melihat nomor IRQ yang digunakan oleh komputer Anda. Jika nomor IRQ tampak dua kali, dua perangkat mungkin akan menggunakannya. Kadang-kadang perangkat mungkin berbagi IRQ dengan sesuatu yang digambarkan sebagai 'IRQ holder for PCI steering'. Hal ini dapat diabaikan. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah untuk menghapus masalah perangkat dan instal ulang. Kadang-kadang Anda mungkin harus menemukan driver yang lebih baru di internet untuk membuat perangkat berfungsi dengan baik. Sebuah sumber yang baik adalah www.driverguide.com. Jika perangkat adalah soundcard, atau modem, maka sering bisa diperbaiki dengan berpindah ke slot yang berbeda pada motherboard (hati-hati tentang membuka komputer Anda, karena Anda dapat membatalkan garansi). Ketika bekerja di dalam komputer anda harus matikan, cabut kabel power dan menyentuh permukaan logam yang tidak dicat untuk melepaskan apapun listrik statis. Untuk menjadi adil bagi Mcft, masalah dengan angka IRQ tidak pembuatannya. Ini adalah masalah warisan akan kembali ke desain PC pertama yang menggunakan IBM 8086 chip. Awalnya hanya ada delapan IRQs. Saat ini ada 16 IRQs di PC. Sangat mudah untuk kehabisan dari mereka. Ada rencana untuk meningkatkan jumlah IRQs dalam desain masa depan. 2. Bad Ram Ram (random-access memory) masalah mungkin membawa pada layar biru kematian dengan pesan yang mengatakan Fatal Exception Error. Sebuah kesalahan fatal menunjukkan masalah hardware yang serius. Kadang-kadang hal ini dapat berarti bagian rusak dan perlu diganti. Tapi kesalahan fatal disebabkan oleh Ram mungkin disebabkan oleh ketidaksesuaian chip. Sebagai contoh, mixing 70-nanosecond (70ns) Ram dengan 60ns Ram biasanya akan memaksa komputer untuk menjalankan semua Ram pada kecepatan lambat. Ini akan sering crash mesin jika Ram yang bekerja terlalu keras. Satu cara sekitar masalah ini adalah untuk memasukkan pengaturan BIOS dan meningkatkan wait state dari Ram. Hal ini dapat membuatnya lebih stabil. Cara lain untuk memecahkan masalah Ram diduga adalah untuk mengatur ulang Ram chip pada motherboard, atau mengambil beberapa dari mereka keluar. Kemudian cobalah untuk mengulangi keadaan yang menyebabkan kecelakaan. Ketika menangani Ram mencoba untuk tidak menyentuh koneksi emas, karena mereka dapat dengan mudah rusak.

pesan error Paritas juga merujuk kepada Ram. Modern Ram chips baik paritas (ECC) atau paritas non (non-ECC). Cara terbaik adalah tidak untuk mencampur dua jenis, karena hal ini dapat menjadi penyebab masalah. pesan error EMM386 lihat masalah memori, tetapi tidak dapat dihubungkan ke Ram yang buruk. Ini mungkin karena masalah memori bebas sering dikaitkan dengan program Dos lama berbasis. 3. Pengaturan BIOS Setiap motherboard ini dilengkapi dengan berbagai pengaturan chipset yang memutuskan di pabrik. Sebuah cara yang umum untuk mengakses pengaturan ini adalah dengan menekan F2 atau menghapus tombol selama beberapa detik pertama dari boot-up. Setelah masuk BIOS, perawatan besar harus diambil. Ini adalah ide yang baik untuk menuliskan pada selembar kertas semua pengaturan yang muncul di layar. Dengan begitu, jika Anda mengubah sesuatu dan komputer menjadi lebih tidak stabil, Anda akan tahu apa pengaturan untuk kembali ke. umum Sebuah BIOS kekhawatiran kesalahan CAS latency. Hal ini mengacu pada Ram. Older EDO (extended data out) Ram memiliki CAS latency 3. SDRAM yang lebih baru memiliki CAS latency 2. Mengatur sosok yang salah dapat menyebabkan Ram untuk mengunci dan membekukan layar komputer. Mcft Windows adalah lebih baik mengalokasikan nomor IRQ dari BIOS apapun. Jika mungkin menetapkan nomor IRQ ke Otomatis pada BIOS. Ini akan mengijinkan Windows untuk mengalokasikan angka IRQ (pastikan BIOS setting untuk Plug and Play OS adalah beralih ke 'ya' untuk memungkinkan Windows untuk melakukan ini.). 4. Hard disk drive Setelah beberapa minggu, informasi pada hard disk drive mulai menjadi sedikit demi sedikit atau terfragmentasi. Ini adalah ide yang baik untuk defragment hard disk setiap minggu atau lebih, untuk mencegah cakram dari menyebabkan satu beku layar. Pergi ke * Start-Program-Accessories-System Tools-Disk Defragmenter Ini akan mulai prosedur. Anda tidak akan dapat untuk menulis data ke hard drive (untuk menyimpan) sementara disk defragmenting, sehingga merupakan ide yang baik untuk menjadwalkan prosedur untuk suatu periode tidak aktif menggunakan Penjadwal Tugas. Penjadwal Tugas harus salah satu ikon kecil di kanan bawah dari halaman pembukaan Windows (desktop). Beberapa kemacetan dan layar membeku disebabkan oleh masalah hard disk dapat diatasi dengan mengurangi-baca di depan optimasi.

Hal ini dapat disesuaikan dengan membuka * Start-Settings-Control Panel-System Icon-Performance-File SystemHard Disk. Hard disk akan memperlambat dan crash jika mereka terlalu penuh. Lakukan beberapa rumah tangga pada hard drive Anda setiap beberapa bulan dan bebas beberapa ruang di atasnya. Buka folder Windows di drive C dan menemukan Temporary Internet Files folder. Menghapus isi (tidak map) dapat bebas banyak ruang. Kosongkan Recycle Bin setiap minggu untuk membebaskan lebih banyak ruang. Hard disk drive harus dipindai setiap minggu untuk sektor kesalahan atau buruk. Pergi ke * Start-Program-Accessories-System Tools-ScanDisk Jika tidak menetapkan Penjadwal Tugas untuk melakukan operasi ini pada malam hari ketika komputer tidak digunakan. 5. Fatal OE pengecualian dan kesalahan VXD Kesalahan Fatal OE pengecualian dan kesalahan VXD biasanya disebabkan oleh masalah kartu video. Hal ini sering kali dapat diselesaikan dengan mudah dengan mengurangi resolusi layar video. Pergi ke * Start-Settings-Control Panel-Display-Setting Di sini Anda harus geser bar area layar ke kiri. Lihatlah pengaturan warna di sebelah kiri jendela itu. Untuk desktop kebanyakan, warna yang tinggi kedalaman 16-bit adalah cukup. Jika layar membeku atau anda mengalami kemacetan sistem itu mungkin karena kartu video. Pastikan tidak memiliki konflik hardware. Pergi ke * Start-Settings-Control Panel-System-Device Manager Di sini, pilih + samping Display Adapter. Sebuah baris teks mendeskripsikan kartu video anda akan muncul. Pilih (membuatnya biru) dan sifat tekan. Kemudian pilih Sumber dan memilih setiap baris di jendela. Cari pesan yang mengatakan Tidak ada Konflik. Jika Anda memiliki perangkat keras kartu video konflik, Anda akan melihat di sini. Berhati-hatilah pada saat ini dan membuat catatan dari semua yang Anda lakukan jika Anda membuat hal-hal buruk. Cara untuk menyelesaikan konflik perangkat keras adalah untuk tidak mencentang kotak Gunakan Otomatis Pengaturan dan tekan tombol Change Settings. Anda sedang mencari pengaturan yang akan menampilkan pesan No Konflik.

Cara lain yang berguna untuk memecahkan masalah video adalah pergi ke * Start-Settings-Control Panel-System-Performance-Graphics Di sini Anda harus memindahkan Akselerasi Hardware slider ke kiri. Seperti biasa, penyebab paling umum dari masalah yang berkaitan dengan kartu grafis adalah driver lama atau rusak (driver adalah sepotong kecil perangkat lunak yang digunakan oleh komputer untuk berkomunikasi dengan perangkat). Carilah produsen kartu video anda di internet dan mencari driver terbaru untuk itu. 6. Virus Sering kali tanda pertama dari infeksi virus adalah ketidakstabilan. Beberapa virus menghapus sektor boot dari sebuah hard drive, sehingga mustahil untuk memulai. Inilah sebabnya mengapa itu adalah ide yang baik untuk membuat Windows start-up disk. Pergi ke * Start-Settings-Control Panel-Add/Remove Program Di sini, mencari Start Up Disk tab. perlindungan virus memerlukan kewaspadaan secara terus menerus. Sebuah scanner virus memerlukan daftar dari tanda tangan virus agar dapat mengidentifikasi virus. Tanda tangan ini disimpan dalam file DAT. File DAT harus diperbaharui mingguan dari situs produsen perangkat lunak antivirus Anda. Program antivirus sangat baik adalah McAfee VirusScan oleh Network Associates (www.nai.com). Lain adalah Norton AntiVirus 2000, dibuat oleh Symantec (www.symantec.com). 7. Printers Tindakan mengirimkan dokumen untuk mencetak menciptakan sebuah file besar, sering disebut sebagai file postscript. Printer hanya memiliki sedikit memori, yang disebut buffer. Hal ini dapat dengan mudah kelebihan beban. Mencetak dokumen juga menggunakan cukup banyak daya CPU. Ini juga akan memperlambat kinerja komputer. Jika printer sedang mencoba untuk mencetak karakter tidak biasa, ini mungkin tidak diakui, dan dapat crash komputer. Kadang-kadang printer tidak akan pulih dari kecelakaan karena kebingungan dalam buffer. Cara yang baik untuk menghapus penyangga adalah untuk mencabut printer untuk sepuluh detik. Boot dari sebuah negara tidak berdaya, juga disebut boot dingin, akan mengembalikan pengaturan default printer dan Anda mungkin dapat melanjutkan.

8. Perangkat Lunak Penyebab umum dari crash komputer adalah perangkat lunak rusak atau buruk-instal. Sering masalah dapat disembuhkan dengan menguninstall perangkat lunak dan kemudian menginstal ulang itu. Gunakan Norton Uninstall atau Uninstall Shield untuk menghapus aplikasi dari sistem anda dengan benar. Ini juga akan menghapus referensi ke program di System Registry dan meninggalkan jalan yang jelas untuk salinan sepenuhnya segar. Registry Sistem dapat dirusak oleh referensi tua ke perangkat lunak usang yang anda pikir telah dihapus. Gunakan Reg Cleaner oleh Jouni Vuorio untuk membersihkan System Registry dan menghapus entri yang usang. Ia bekerja pada Windows 95, Windows 98, Windows 98 SE (Second Edition), Windows Millennium Edition (ME), NT4 dan Windows 2000. Baca instruksi dan menggunakannya dengan hati-hati sehingga Anda tidak melakukan kerusakan permanen pada Registry. Jika Registry rusak Anda harus menginstal ulang sistem operasi Anda. Reg Cleaner dapat diperoleh dari www.jv16.org Seringkali masalah Windows dapat diselesaikan dengan memasukkan Safe Mode. Hal ini dapat dilakukan selama start-up. Bila Anda melihat pesan "Starting Windows" tekan F4. Hal ini akan membawa Anda ke dalam Safe Mode. Safe Mode beban minimal driver. Hal ini memungkinkan Anda untuk menemukan dan memperbaiki masalah yang mencegah Windows dari loading dengan benar. Kadang-kadang menginstal Windows adalah sulit karena tidak cocok pengaturan BIOS. Jika Anda terus mendapatkan pesan kesalahan SUWIN (Windows setup) selama instalasi Windows, kemudian coba masuk BIOS dan melumpuhkan CPU internal cache. Cobalah untuk menonaktifkan Level 2 (L2) cache jika itu tidak berhasil. Ingatlah untuk mengembalikan semua pengaturan BIOS kembali ke pengaturan mantan mereka setelah instalasi. 9. Overheating Central unit pengolahan (CPU) biasanya dilengkapi dengan fans agar mereka tetap dingin. Jika kipas gagal atau jika CPU menjadi tua ini mungkin mulai panas dan menghasilkan jenis tertentu kesalahan yang disebut kesalahan kernel. Ini adalah masalah umum di chip yang telah overclocked untuk beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi daripada mereka yang seharusnya. Satu obat adalah untuk mendapatkan penggemar yang lebih baik lebih besar dan menginstalnya di atas CPU. penggemar Spesialis pendingin / heatsink yang tersedia dari www.computernerd.com atau www.coolit.com

Masalah CPU sering bisa diperbaiki dengan menonaktifkan cache internal CPU pada BIOS. Ini akan membuat mesin berjalan lebih lambat, tetapi juga harus lebih stabil. 10. Power supply masalah Dengan semua konstruksi baru terjadi di sekitar negara yang pasokan listrik telah menjadi terganggu. Sebuah lonjakan listrik atau spike dapat crash komputer semudah pemadaman listrik. Jika ini telah menjadi gangguan bagi Anda, maka pertimbangkan membeli catu daya tak terputus (UPS). Ini akan memberikan catu daya bersih bila ada listrik, dan itu akan memberi Anda beberapa menit untuk melakukan shutdown dikontrol dalam kasus pemadaman listrik. Ini adalah investasi yang baik jika data anda sangat penting, karena pemadaman listrik akan menyebabkan data yang belum disimpan akan hilang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->