Sejarah Perusahaan Sejarah PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk.

(PT HM Sampoerna) dimulai pada tahun 1913 oleh Liem Seeng Tee, seorang imigran asal Cina. Ia mulai membuat dan menjual rokok kretek linting tangan di rumahnya di Surabaya, Indonesia. Perusahaan kecilnya tersebut merupakan salah satu perusahaan pertama yang memproduksi dan memasarkan rokok kretek dan rokok putih secara komersial Rokok kretek tumbuh populer dengan pesat. Pada awal 1930-an Liem Seeng Tee mengganti nama keluarga dan perusahaanya menjadi Sampoerna. Setelah usahanya berkembang cukup mapan, Liem Seeng Tee memindahkan tempat tinggal keluarga dan pabriknya ke sebuah kompleks gedung yang telah terbengkalai di Surabaya. Bangunan tersebut kemudian direnovasi, dan dikenal sebagai Taman Sampoerna yang masih memproduksi SKT PT HM Sampoerna. Pada masa perang Dunia II dan penjajahan Jepang, Liem Seeng Tee ditahan dan usahanya ditutup oleh penjajah. Setelah perang berakhir, ia dibebaskan dan memulai usahanya kembali. Namun, pada tahun 1959, tiga tahun setelah Liem Seeng Tee wafat dan setelah perang kemerdekaan berakhir pada akhir 1950-an, perusahaan Liem Seeng Tee kembali terancam bangkrut. Pada tahun tersebut, Aga Sampoerna (putra kedua Liem Sieng Tee) ditunjuk untuk menjalankan perusahaan keluarga Sampoerna dan berhasil membangunnya kembali. Putera kedua Aga, yaitu Putera Sampoerna, mengambil alih kemudi PT HM Sampoerna pada tahun 1978. Di bawah kendalinya, PT HM Sampoerna berkembang menjadi perseroan publik dengan struktur perseroan moderen dan memulai masa investasi dan ekspansi. Dalam proses, PT HM Sampoerna memperkuat posisinya sebagai salah satu produsen rokok kretek terkemuka di Indonesia. Pada bulan Mei 2005, PT Philip Morris Indonesia (anak perusahaan Philip Morris International Inc.) mengakuisisi mayoritas kepemilikan PT HM Sampoerna

LATAR BELAKANG Alasan saya memilih PT.HM Sampoerna adalah salah satu perusahaan rokok terkemuka di Indonesia. Di mana produsen sejumlah merek rokok kretek ternama seperti Sampoerna Hijau, Sampoerna A Mild, dan Raja Kretek yang melegenda, yaitu Dji Sam Soe. Sejak akuisisi perusahaan oleh Philip Morris International pada tanggal 18 Mei 2005, perusahaan ini menjadi bagian dari salah satu perusahaan rokok terbesar di dunia. Kini HM Sampoerna juga mendistribusikan merek Marlboro di Indonesia, yang merupakan merek rokok terlaris di dunia.

pada tahun 1959. PT HM Sampoerna berkembang menjadi perseroan publik dengan struktur perseroan moderen dan memulai masa investasi dan ekspansi. Putera kedua Aga. Setelah perang berakhir. Liem Seeng Tee ditahan dan usahanya ditutup oleh penjajah. Bangunan tersebut kemudian direnovasi. PT Philip Morris Indonesia (anak perusahaan Philip Morris International Inc. PT HM Sampoerna memperkuat posisinya sebagai salah satu produsen rokok kretek terkemuka di Indonesia. dan dikenal sebagai Taman Sampoerna yang masih memproduksi SKT PT HM Sampoerna. .) mengakuisisi mayoritas kepemilikan PT HM Sampoerna Visi dan Misi Analisis SWOT Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa HMS memiliki banyak kekuatan. Pada tahun tersebut. perusahaan Liem Seeng Tee kembali terancam bangkrut. mengambil alih kemudi PT HM Sampoerna pada tahun 1978. ia dibebaskan dan memulai usahanya kembali. Aga Sampoerna (putra kedua Liem Sieng Tee) ditunjuk untuk menjalankan perusahaan keluarga Sampoerna dan berhasil membangunnya kembali. Namun. Dalam proses. Di bawah kendalinya. Pada bulan Mei 2005. Grand strategy HMS adalah kombinasi yakni melakukan unrelated diversification dengan masuk ke bisnis lain dan melepas kerajaan rokoknya. tapi untuk jangka panjang industri rokok tampak kurang berprospek akibat banyaknya ancaman dari lingkungan luar.BAB I PENDAHULUAN Manajemen Strategi Setelah usahanya berkembang cukup mapan. tiga tahun setelah Liem Seeng Tee wafat dan setelah perang kemerdekaan berakhir pada akhir 1950-an. yaitu Putera Sampoerna. Pada masa perang Dunia II dan penjajahan Jepang. Liem Seeng Tee memindahkan tempat tinggal keluarga dan pabriknya ke sebuah kompleks gedung yang telah terbengkalai di Surabaya.

5. Sampoerna memiliki capital yang cukup besar dan jaminan tersedianya modal dibawah naungan perusahaan rokok raksasa dunia. memudahkan perusahaan untuk menjalankan strategi pemasaran dan . Nilai capital yang besar Setelah Philip Morris menjadi pemilik dominan saham perusahaan.A. Kredibilitas Sampoerna tidak dibangun dalam semalam. Kredibilitas perusahaan inilah yang menjadi dasar terbentuknya trust 'kepercayaan' dari para stakeholder yang terbukti menjadi poin krusial dalam pengembangan suatu bisnis. Kualitas Bahan Baku Kualitas bahan baku rokok sampoerna sudah terpercaya. 2. posisi runner-up Gudang Garam 23.4 %. 4. Menguasai pangsa pasar Produk-produk rokok sampoerna secara keseluruhan menguasai pangsa pasar rokok Indonesia dengan pangsa pasar 24. Djarum. kualitas bahan baku menjadi andalan sampoerna untuk bersaing dengan empat perusahaan rokok besar Indonesia lainnya (Gudang garam. Budaya Perusahaan Budaya perusahaan dalam tubuh sampoerna sudah menjadi spirit d corps sampoerna.2 %. Bentoel Prima dan Wismilak). 3.6 dan pada peringkat ketiga Djarum 20. Dengan tersedianya dana yang besar. Dengan adanya budaya perusahaan yang baik maka perusahaan akan mampu bertahan dan berkembang lebih baik lagi. Kredibilitas Perusahaan Perusahaan yang telah berdiri hampir mencapai seratus tahun pastinya memiliki kredibilitas perusahaan yang baik. Dalam kegiatan sehari-hari budaya perusahaan tersebut menjiwai seluruh aktifitas karyawan sehingga kinerja karyawan menjadi lebih efektif dan efisien. tetapi melalui jalan yang panjang dan berbagai prestasi yang telah ditorehkan. Strength 1.

Jak Jazz dan Soundrenaline. sudah terhitung ada tujuh event besar yang harus didanai setiap tahunnya. Dengan adanya event berkala tersebut sampoerna harus menyediakan dana yang cukup besar 5. Pengalokasian yang dipakai sampoerna banyak dipakai untuk membuat suatu event. Proliga. IBL. permintaan turun dan profit menurun.kegiatan operasional perusahaan. 2. Jak jazz. Liga voli Proliga. 3. Java Jazz. Harga cukup mahal ini bersala dari biaya promosi yang besar dan bahan baku yang mahal. Harga yang cukup mahal Harga yang cukup mahal Harga yang cukup mahal menjadi kelemahan sampoerna yang sangat terlihat dimata competitor. kehadiran rokok kretek mild tidak bias menggeser kedudukan rokok putih sebagai rokok no. C. Kurang diminatinya produk rokok SKM mild di Internasional Para perokok luar negeri sudah terbiasa dengan rokok putih dan sudah candu dengan rasa yang diberikan oleh rokok putih. Trend pasar positif untuk rokok Low Tar Low Nicotine (LTLN) di Indonesia Perlu diketahui lagi bahwa rokok akan menyebabkan kecanduan dan kecanduan tersebut tidak hanya . tetapi yang terjadi produk ini tidak memberikan laba yang sesuai harapan seiring berjalannya waktu. tetapi perbedaan harga membuat Dji Sam Soe filter tidak bias menggeser kedudukan Gudang Garam Internasional dari peringkat pertama dan minimnya distribusi dan promosi membuat sangat memperkokoh posisi Gudang Garam Internasional sebagai Champion. 2. Kalahnya pangsa pasar SKM filtered dari para pesaing Walaupun Dji Sam Soe Filtered memilki kualitas tembakau dan cengkeh yang tidak kalah dari para pesaing. Masuknya Philip Morris sebagai mitra bisnis Masuknya Philip Morris yang notabenenya termasuk perusahaan rokok besar dunia. 4. Modal yang cukup besar untuk mengadakan event berkala seperti A mild live wanted. 1 di luar negeri untuk saat ini. terlebih lagi event yang dibuat adalah event berkala (Java Jazz. memudahkan sampoerna untuk mengekspansi bisnisnya ke International melalui bantuan perusahaan Philip Morris. COPA. Opportunity 1. tetapi yang terjadi pertumbuhan rokok tersebut sangat lambat. COPA Dji Sam Soe. Rokok Avolution yang seharusnya harapan dilihat dari launchingnya yang sangat luar biasa utnuk industry rokok Indonesia. Soundrenaline dan Amild live wanted) dengan jangka waktu setahun sekali event tersebut dilaksanakan. Weakness 1. B. IBL. akhirnya malah memberikan kerugian dan memberikan dampak yang negative. Lambatnya pertumbuhan rokok Avolution Rokok Avolution yang seharus menjadi harapan agar dapat bersaing dengan rokok putih.

Tingginya kesadaran kesehatan masyarakat dan gaya hidup yang menganggap rokok LTLN lebih keren memungkinkan perubahan trend pada industry rokok. memungkinkan Sampoerna untuk mengembangkan produk baru apabila ada pasar yang cocok. kecanduan tersebut membuat seseorang tidak bias pindah ke produk lain. dari kubu Bentoel Prima ada Starmild yang berada di posisi ketiga pangsa pasar rokok mild. yang cukup mengancam Sampoerna saat ini. Besarnya kemungkinan pindah sangat tinggi karena tingginya kesadaran akan kesehatan dan rasa dari rokok sampoerna memiliki kemiripan dengan rokok SKM GG Internasional dan Djarum Super. memberikan angin perubahan untuk industry rokok dimasa mendatang karena anak muda yang merokok LTLN saat ini tidak bias pindah ke merk lain dikarenakan dia sudah candu dari rasa yang diberikan rokok tersebut. Kompetitor dari rokok jenis Mild Dilihat dari trend positif rokok mild. Bertambahnya competitor rokok jenis mild . Untuk saat ini produsen rokok besar sudah memproduksi rokok mild. Bertambahnya competitor menambah ketatnya persaingan rokok di Indonesia. bahkan produsen rokok kecil seperti Nojorono Tobacco Indonesia ikut meramaikan industry rokok Indonesia dengan mengusung produk Class Mild yang menduduki peringkat runner-up. Meningkatnya jumlah anak muda yang merokok dan banyak strategi yang diluncurkan produsen LTLN untuk menarik para anak muda dengan event music menyebabkan banyaknya anak muda yang menggemari rokok LTLN. Threats 1. Regulasi dan perda mengenai anti-rokok Perda ini memungkinkan penurunan jumlah perokok dan permintaan atas rokok yang terjadi disuatu daerah yang memiliki perda anti-rokok. Banyaknya spot yang terdapat pada event untuk mempromosikan produk baru Banyaknya event yang diadakan sampoerna menjadi kesempatan bagi sampoerna untuk mempromosikan produk baru tanpa dipungut biaya advertising. akan meningkatkan brand awareness yang dimiliki produk tersbut sehingga memudahkan produk itu dikenal dan diingat customer. 3. Gudang Garam ada Surya Signature. 4. Dengan banyaknya event. Dilihat dari pengertian diatas. akhirnya ada yang tersingkir dari persaingan tersebut. dapat disimpulkan bahwa perokok telah menjadi menyumbang laba tetap untuk perusahan rokok.karena rokoknya tetapi juga karena rasa yang diberikan oleh rokok tersebut. Beralihnya customer rokok competitor ke rokok LTLN Sampoerna Tingginya kesadaran akan kesehatan masyarakat memungkinkan pindahnya customer rokok GG dan Djarum ke rokok LTLN Sampoerna atau A mild. 2. banyak dari produsen rokok mulai merambah pangsa pasar rokok mild. 5. 3. dari pihak Djarum lahir LA Light. Kemungkinan produk baru Besarnya modal yang dimiliki sampoerna dan kerjasamanya dengan Philip Morris. D.

material. dimana manajemn harus memperhatikan unsur-unsur: 1. Berkurangnya event yang disponsori perusahaan rokok Berkurangnya event yang disponsori rokok merupakan impact dari mindset masyarakat yang mendukung anti-rokok dan ingin mengurangi promosi rokok yang terdapat pada event khususnya event anak muda. Aplikasi dari pengertian tersebut adalah organisasi berusaha meminimalkan kekurangan (kelemahan) dan berusaha melakukan adaptasi dengan lingkungansekitar baik mikro maupu makro. Tingginya pajak rokok Tingginya pajak rokok membuat rendahnya daya beli masyarakat terhadap rokok sehingga terjadi penurunan permintaan rokok. money.Pangsa pasar rokok mild yang menjanjikan di masa depan memungkinkan munculnya pendatang baru dalam persaingan industry rokok mild. 5. manajemen strategi dapat diartikan sebagai perencanaan strategi. Faktor yang mempengaruhi Manajemen strategi : . 4. komprehensif. Manajemen adalah ilmu dan seni dengan cara mengorganisasikan manusia untuk mencapai tujuan bersama. machine) 2. Pembahasan Manajemen atau orang lebih mengenalnya sebagai perencanaan. methode. Dengan berkurangnya event yang disponsori perusahaan rokok membuat perusahaan rokok sulit untuk mempromosikan produknya dan seiring berjalannya waktu tingkat awareness akan berkurang. Input yangkurang lebih terdiri dari 6m (man. market. Proses 3. Strategi Strategi adalah suatu kesatuan rencana organisasi yeng menyeluruh. serta berusaha mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh adanya ancaman organisasi lain. Manajemenstrategi Manajemen strategi adalah suatu tindakan manajerial yang mencoba untuk mengembangkan potensi organisasi dalam mengexploitasi peluang yang muncul guna mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. dan terpadu yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi. Output 4.

Evaluasi dan Pengendalian Strategi. penerapan amanjemen strategi yang efektif akan dapat mengurangi kemungkinan kemungkinan yang terjadi di luar kemampuan organisai.Merger atau Penggabungan. Ekspansi bisnis dapat dilakukan dalam beberapa metode. Jenis. -Hostile Take Over atau Pengambil alihan secara Paksa. Kesenjangan dan tumpang tindih kegiatan antar individu dan kelompok berkurang karenapartisipasi dalam perumusan strategi yang memperjelas adanya perbedaan peran masingmasing. 3. Lingkungan external 2. 4. serta untuk meningkatkan keuntungan atau profit perusahaan. Sebagai alat untuk mengkomunikasikan tujuan organisasi kepada pihak-pihakyang berkepentingan. Salah satu manfaat manajemen strategi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan organisasi yang meliputi: 1. 5. menjadi lebih kompetitif. Perluasan atau expansi bisnis diperlukan oleh suatu perusahaan untuk mencapai efisiensi. Analisis Lingkungan Perusahaan atau Organisasi. Lingkungan Internal Manfaat Manajemen Strategi : Berikut adalah beberapa manfaat dalam penerapan manajemen strategi 1. Perumusan Strategi. Penolakan terhadap organisasi berkurang karena seluruh anggota organisasi terlibat langsung dalam perumusan strategi. mengalokasikan sumber-sumber dan penyusunan jangka panjang. Pemilihan dan Penetapan Strategi. Keputusan strategi yang didasarkan padakelompok dapat menghasilkan altenatif terbaik. Mengurangi resiko dan mendidik manajer menjadi pembuat keputusan yang baik 7. Penetapan Visi Misi Perusahaan. 3. Formulasi strategi akan memperkuat kemampuan organisasidalam mencegah dan menyelesaikan permasalahan yang timbul. 2.Beberapa faktor yang mempengaruhi manajemen strategi adalah: 1. . 5.Akuisisi. Dapat menigkatkan kesejahteraan organisasi 2. yakni : . Membantu meningkatkan komunikasi. Proses manajemen strategi: Manajemen strategi meliputi 5 Proses sebagai berikut: 1. 4. . serta Pengertian Ekspansi Bisnis antara lain adalah : . . 6. *) Macam . koordinasi.Spin Off. 2.Leverage Buyout.

. Hostile Take Over atau Pengambil Alihan Secara Paksa. Contoh : Aqua diakuisisi oleh Danone. jenis-jenis merger : a. Leverage buy out adalah teknik pengusaan perusahaan dengan metode pinjaman atau utang yang digunakan pihak manajemen untuk membeli perusahaan lain. Akuisisi Akuisisi adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor. 3. Contoh : pabrik komputer gabung dengan pabrik computer. Hostile take over adalah suatu tindakan akuisisi yang dilakukan secara paksa yang biasanya dilakukan dengan cara membuka penawaran atas saham perusahaan yang ingin dikuasai di pasar modal dengan harga di atas harga pasar. Pizza Hut oleh Coca-Cola. Leverage Buyout. Merger Horisontal Perusahaan dalam satu industri membeli perusahaan di level operasi yang sama. 4. sedangkan yang lemah akan mengaburkan identitas yang dimilikinya. Akuisisi sering digunakan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau jaminan produk akan diserap oleh pasar. Perusahaan yang dominan dibanding dengan perusahaan yang lain akan tetap mempertahankan identitasnya. Merger Vertikal Perusahaan masih dalam satu industri tetapi beda level atau tingkat operasional. Contoh : Restoran cepat saji menggabungkan diri dengan perusahaan peternakan ayam. b. Terkadang suatu perusahaan target dapat dimiliki tanpa modal awal yang besar. Pengambilalihan secara paksa biasanya diikuti oleh pemecatan karyawan dan manajer untuk diganti orang baru untuk melakukan efisiensi pada operasional perusahaan. Contoh : perusahaan pengobatan alternatif bergabung dengan perusahaan operator telepon seluler nirkabel 2. c. Merger Konglomerasi Tidak ada hubungan industri pada perusahaan yang diakuisisi.1. Bertujuan untuk meningkatkan profit perusahaan dari berbagai sumber atau unit bisnis. Merger Atau Penggabungan Merger adalah penggabungan dari dua atau lebih perusahaan menjadi satu kesatuan yang terpadu. dan lain-lain.

yang tidak tergolong dalam kategori manapun. Melalui A-Mild PT HM Sampoerna Tbk mengambil langkah berani untuk membuat sebuah kategori baru. SKM dan SPM). dan sigaret putih mesin (SPM). CEO Colman Handoko yang juga mantan Direktur Pemasaran HMS. Bentoel.´ ungkap Surja S. Handoko. Muhammad Warsianto. Peluncuran ini mengagetkan banyak pihak. A-Mild merupakan rokok rendah nikotin (Low Tar Low Nicotine) pertama di Indonesia dengan komposisi tar/nikotin 14 mg/1. jelas HM Sampoerna tidak main-main. Tbk membuat gebrakan dengan meluncurkan A-Mild ke pasaran. salah satu tokoh di balik lahirnya A-Mild. . Dibutuhkan waktu hingga lebih dari dua tahun untuk proses persiapannya. mengatakan bahwa sejak awal A-Mild memang sudah dirancang untuk menjadi produk yang tidak ada duanya di pasar domestik saat itu. Pasalnya produk A-Mild merupakan produk yang unik. sehingga A-Mild dianggap sebagai rokok yang tidak mempunyai rasa. di akhir tahun 1989. Gudang Garam. yaitu sigaret keretek tangan (SKT). tepatnya pada tanggal 18 Desember 1989.0 mg. sebut saja Djarum. Maklum. saat itu tidak ada benchmark produk yang dapat dijadikan acuan. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. HM Sampoerna juga melakukan perubahan pada kemasan A-Mild dengan mengurangi isi 20 batang menjadi 16 batang. Namun demikian kehadiran A-Mild sebagai pelopor rokok rendah nikotin ternyata tidak langsung diikuti oleh para kompetitornya. Yang ada hanya berbagai survey dan riset yang melibatkan konsumen. termasuk di antaranya uji buta yang tidak hanya dilakukan sekali. ³A-Mild menghadapi tantangan berat karena konsumen memposisikan dirinya sebagai rokok putih. sigaret keretek mesin (SKM) reguler. Untuk inovasi produknya yang satu ini. industri rokok telah diramaikan oleh banyak produsen ternama. dari tiga kategori besar rokok yang ada saat itu.Strategi Sampai dengan tahun 1989. Tidak hanya kompetitor. termasuk di pasar internasional. konsumen pun kurang memberikan sambutan yang baik. sehingga kesannya kurang macho. dan Sampoerna. PT HM Sampoerna. Mereka bahkan seolah-olah mencibir pada rokok yang pertama kali mengusung motto Taste of the future itu. terutama industri rokok saat itu. yakni SKM mild. tapi beberapa kali di beberapa kota. karena saat itu konsumen sudah terbiasa dengan jenis rokok yang sudah ada (SKT. Tidak heran. Tidak hanya pada komposisi.

HM Sampoerna memiliki pangsa pasar sebesar 28.0 % di pasar rokok Indonesia. Kami bangga atas reputasi kami dalam kualitas. Kami meraih tujuan ini dengan terus mencari apa yang diinginkan oleh para konsumen.000 karyawan di Indonesia. Pada tahun 2007. Sampoerna adalah untuk menawarkan pengalaman merokok yang terbaik kepada para perokok dewasa di Indonesia. berdasarkan hasil Audit Ritel AC Nielsen. inovasi dan kesempurnaan.TUJUAN tujuan PT. HM Sampoerna memiliki lebih dari 30. . dan memberikan produk terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka.

karena sampoerna hanya menduduki posisi ketiga sebagai produsen rokok kretek.6 Triliun. Merangkul Pesaing Utama Strategi yang dilakukan Philips Morris adalah mengurangi persaingan secara signifikan dengan cara merangkul pesaing atau tepatnya menghilangkan pengaruh pesaing. namun yang terjadi pada akuisisi 40 % saham Sampoerna oleh Philips Morris adalah kesediaan membeli saham pada harga tinggi sebesar Rp.600 dan harga tersebut 20% diatas harga pasarnya.600. konsumsi rokok putih tidak terlalu mengembirakan dan bahkan memiliki trend menurun. HM. pertumbuhan tersebut akan berdampak kepada kedua jenis produk baik rokok putih maupun rokok kretek. Dana yang sangat besar untuk sebuah aksi merangkul dan meniadakan pesaing utama. pertama ± Philips Morris membeli saham sampoerna dengan harga premium yaitu 20 % diatas harga pasar. Philips Morris merupakan industri rokok besar di Amerika Serikat dengan produksi utamanya adalah rokok putih. terlebih apabila akhirnya berhasil memenangkan tender offering untuk menguasai 100 % saham Sampoerna. Kedua ± Sampoerna melepaskan kepemilikannya disaat perusahaan tersebut sedang berada dipuncak kesuksesan dan ketiga ± Sampoerna menjual sahamnya kepada perusahaan yang berfokus di produksi rokok putih dan bukan kepada sesame perusahaan rokok kretek. Industri rokok sekaliber Philips Morris dengan kekhususan di produksi rokok putih tidak akan pernah meninggalkan core businessnya sebagai produsen rokok putih. Itulah sebabnya dengan akuisisi yang sangat mahal pada harga saham Rp.5 triliun.AKUISISI SAMPOERNA ± PHILIP MORRIS Akuisisi PT. Untuk kasus Indonesia. tetapi juga masyarakat Indonesia. . Aksi tersebut menyebabkan saham Sampoerna langsung melonjak drastis. Yang dilakukan Philips Morris dalam hal mengakuisisi Sampoerna ini adalah memperbesar pangsa pasar melalui pertumbuhan anorganik. 10. Sampoerna memproduksi 41 milliar batang rokok kretek. Dengan perubahan kepemilikan tersebut. Pada tahun 2004. Philips Morris mengeluarkan dana tunai sebesar Rp. Hal ini memberi gambaran bagi kita bahwa Philips Morris sangat antusias dalam akuisisi ini dan besarnya ekspektasi Philips Morris terhadap proses bisnisnya pasca akuisisi tersebut.perlembar untuk mengusai 40 % saham Sampoerna. 46. angka produksi rokok putih jauh dibawah. Sampoerna tidak hanya mengagetkan kalangan pasar modal. Pesaing akan berubah menjadi dirinya sendiri karena Sampoerna akan menjadi Philips Morris. 18.. 10. artinya produksi dari satu perusahaan saja sekaliber Sampoerna jauh melampaui total produksi rokok putih nasional. Akuisisi 40 % saham Sampoerna oleh Philips Morris menjadi hal yang menarik. Dengan melakukan akuisisi ini. Apabila dibandingkan dengan produksi rokok kretek. Akusisis di harga premium Sebagian pelaku bisnis menginginkan melakukan pembelian di harga rendah untuk selanjutnya dapat menjualnya di harga tinggi. Akuisisi ini juga berkepentingan untuk meningkatkan volume penjualan dan pangsa pasar rokok putih produk Philips Morris. Philips Morris secara langsung mendongkrak pertumbuhan bisnisnya. Sampoerna secara otomatis hilang dari daftar pesaing dan pada saat yang bersamaan menjadi perusahaan yang harus digarap seutuhnya untuk meningkatkan volume penjualan dan memperbesar pangsa pasar baik rokok kretek maupun rokok putih. Dengan mempertimbangkan sisa saham sebesar 60% yang akan ditender maka total kebutuhan dana yang dibutuhkan Philips Morris untuk akuisisi Sampoerna adalah sebesar Rp.

lebih kuat dan sebagainya. Philips Morris pasca akuisisi mendistribusikan rokok putihnya dengan membawa nama atau brand Sampoerna agar lebih mudah diterima pasar. . Ancaman pertama adalah Peraturan Pemerintah DKI yang menerapkan larangan merokok. terutama produksi Sampoerna sudah terdistribusi dengan baik di pasaran nasional. Dengan akuisisi ini. penyebaran rokok kretek. Akuisisi juga memiliki kelemahan dan ancaman walaupun akuisisi tersebut dilakukan antar perusahaan besar. Atas dasar kalkulasi bisnis. Kehilangan sumber penghasilan ini secara berkelanjutan akan mengakibatkan peningkatan pengangguran bagi para petani cengkeh dan pekerja di pertanian cengkeh. banyak hal yang dapat dilakukan. Philips Morris akan menerapkan strategi khusus untuk memperluas pasar rokok putihnya dan bukan rokok kretek karena tanpa berbuat hal yang signifikan. akuisisi yang dilakukan Philips Morris terhadap Sampoerna lebih condong diamati sebagai sebuah kekuatan dimana pasca akuisisi perusahaan akan menjadi lebih baik. sementara pasar cenderung mengkonsumsi rokok kretek maka tidak ada pilihan lain kecuali menggandeng atau mengakuisisi industri rokok kretek skala besar yang berpengaruh secara nasional. Mungkin saja pada saatnya nanti akan muncul nama Marlboro Sampoerna. Berbekal dengan nama Sampoerna yang sudah sangat eksis di pasar. 84/agustus 2005). Mengapa? Menyikapi persaingan yang sangat tajam. Marlboro Dji Sam Soe atau nama lain dengan tetap membawa brand Sampoerna dan yang pasti adalah bahwa Philips Morris akan fokus untuk membuat gerakan rokok putih lebih leluasa di pasar dan pelan-pelan berusaha untuk mengantikan kecenderungan pasar untuk mengkonsumsi rokok kretek dan beralih ke rokok putih. Untuk menguasai bisnis rokok putih ini. Sangat mungkin Sampoerna pasca akuisisi memodifikasi produksi dan penjualan rokok putih seperti yang saat ini diterapkan Sampoerna untuk rokok kretek. Mereka harus mencari terobosan agar bisnis rokok putih dapat tetap eksis dipasar khususnya pasar Indonesia. Ancaman selanjutnya dari pergeseran konsumsi rokok kretek ke rokok putih ini adalah kemerosotan kemakmuran bagi petani cegkeh dan komponen lain dalam rokok kretek karena lama kelamaan kebutuhan untuk cegkeh tersebut akan semakin menurun. Tidak perlu melakukan modifikasi strategi di bisnis rokok kretek Sampoerna karena perusahaan yang diakuisisi adalah perusahaan yang sedang berada diambang suskes dan jutru sebaliknya. Biaya tidak akan menjadi kendala untuk meredam persaingan karena lebih baik mengeluarkan biaya yang besar saat ini daripada menanggung kerugian yang semakin parah dan berkelanjutan dimasa yang akan datang. Ancaman kedua adalah taktik untuk memporakporandakan pesaing sehingga produksi dan konsumsi rokok kretek nasional menjadi terpuruk. Dapat dibayangkan berapa besarnya penuruna kebutuhan cengkeh yang selama ini bisnis industri rokok kretek. Apabila perda ini benar-benar dilakukan secara tegas maka dapat dibayangkan berapa banyak volume penjualan Sampoerna pasca akuisisi yang akan berkurang yang sekaligus akan menurunkan kinerja koorporat. Philips Morris tidak akan bersedia meratapi penurunan portofolio bisnisnya dari waktu kewaktu. Apabila hal ini terjadi maka sangat besar kemungkinan akan mempengaruhi industri rokok kretek keseluruhan karena inisiasi perubahan untuk penggeseran pola konsumsi rokok kretek ke rokok putih berasal dari industri besar sekelas Sampoerna. strategi yang dimiliki industri rokok kretek inilah yang akan menjadi bekal bagi peningkatan pertumbuhan volume konsumsi rokok putih.Ancaman Akuisisi Menyoroti kekuatan kedua perusahaan. (Sumber dari majalah Bank & manajemen edisi no.

perseroan juga mencatatkan peningkatan rugi selisih kurs capai 146. Dji Sam Soe memang unik.320 per lembar sahamnya. kalau Dji Sam Soe termahal di Indonesia. harga saham dengan kode emiten SGRO berhasil menguat Rp40 atau naik 3. Mengapa bisa begitu ? Soalnya. Peningkatan laba bersih perseroan didorong oleh penjualan perseroan tahun 2008 yang meningkat hingga 43.516 miliar.400 miliar. jika dibandingkan pada periode sebelumnya Rp1. Hal itu seperti diungkapkan dalam laporan keuangan perseroan.C.460 miliar.20 persen menjadi Rp611. Pada perdagangan IHSG sesi kedua akhir pekan kemarin.49 persen menjadi Rp773. Anda pasti tahu Dji Sam Soe bukan? Itulah roko kretek paling mahal di dunia. di Jakarta.35 persen menjadi terkoreksi Rp7. bila dibandingkan periode sebelumnya Rp16. Melonjaknya penjualan dan beban pokok perjualan perseroan berimbas pada naiknya laba kotor perseroan tahun 2008 yang ikut naik capai 56.630 miliar. hanya di Indonesia yang bikin rokok kretek. bila dibandingkan periode tahun sebelumnya yang mencatatkan Rp215.4556 miliar.789 miliar.13 persen ke level Rp1. yang dipublikasikan. bila dibandingkan periode tahun sebelumnya Rp494.STRATEGI PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO) berhasil membukukan peningkatan laba bersih perseroan tahun 2008 hingga 104.598 triliun. tapi life-cycle-nya masih belum masuk tahap declining.104 triliun.17 persen menjadi Rp2.514 triliun. pasti juga termahal di seluruh dunia.435 miliar. dibandingkan periode tahun sebelumnya yang mencatatkan Rp1.34 persen menjadi Rp439. Jadi.085 miliar. laba usaha perseroan tahun 2008 melonjak 51. Brand ini sudah berumur lebih dari 80 tahun. dibandingkan periode tahun sebelumnya yang membukukan Rp404.288 triliun. Sementara itu. . Kendati demikian. Selain itu.13 persen menjadi Rp1. beban pokok penjualan perseroan tahun 2008 mengalami peningkatan 37. Sabtu (28/3/2009).

bahkan harus. disadari bahwa rokok tembakau inilah yang justru merupakan kekuatan bagi sampoerna. Harapan Putera tentunya kalau Dji Sam Soe pada suatu saat harus turun panggung. bukan sebagai the ultimate smoking pleasure. melainkan mungkin sebagai the healthiest smoking pleasure. sebagai tulang punggung Sampoerna. memang perlu. low nicotine. Dji Sam Soe. Dulu. Sering menyebut Dji Sam Soe sebagai the ultimate smoking pleasure. . bisa dipastikan bahwa pada suatu ketika penjualan Dji Sam Soe. Menjadi berbeda. pada saat ini bisa mencapai 80% dari total omset. Karena itu. yang sarat nikotin dan tar. harus dijelaskan di mana letak perbedaan dimaksud. yang sekarang mulai mendapat pasaran. Sampoerna pernah mencoba meluncurkan produk baru. Tapi. yang memakai kandungan saus cukup banyak. yaitu A-Mild. sangat bangga akan brand Dji Sam Soe. yang merupakan generasi ketiga di perusahaan keluarga ini. secara konsep pemasaran. tapi gagal. mereka melancarkan kampanye besar-besaran untuk menyatakan Sampoerna adalah ³rokok tembakau´. akan menurun. bahakan naik terus. diharapkan A-Mild akan naik. Putera sebenarnya ingin mengatakan bahwa perbedaan itu letaknya pada keaslian rokok tersebut. Kalau kesadaaran konsumen akan kesehatan meningkat. dia sulit kembali ke rokok kretek merek lain. yang suka ³menentang´ arus. bisa dikatakan sebagai ide brilyan Putera. Mengapa? Kalau orang sudah sampai pada Dji Sam Soe. Ia juga meramal. Produk A-Mild. bukan rokok saus. Dengan demikian. banyak yang ingin tahu apa sebenarnya yang berbeda. Putera Sampoerna. yang merupakan rokok kretek pertama di Indonesia yang low tar. waktu Sampoerna mengkalim diri sebagai ³kami memang beda´ . Naiknya penjualan Dji Sam Soe dan dibarengi dengan tumbuhnya A-Mild inilah sebenarnya yang berada di belakang kenaikan harga saham Sampoerna di bursa. Akhirnya. juaga mempunyai harapan besar di masa datang. yang terasa ampang.Belakangan. Lahirnya A-Mild. Sampoerna menyiapkan senjata kedua. Maka. Kampanye ³how low can you go´ akan memperkuat persepsi di benak konsumen bahwa A-Mild adalah rokok pertama yang rendah kandungan nikotinnya. Dji Sam Soe akan jadi brand terakhir kalu orang sudah meninggalkan rokok kretek kelak.

Waktu itu. Willem Soeryadjaya. Tujuan diversifikasi sebenarnya adalah mengurangi risiko bisnis sambil merajut sinergi. mau punya bank. di urutan pertama pembayar pajak penhahsilan terbesar di Indonesia untuk tahun fiskal 1993. Biar saja Sampoerna Plaza berganti menjadi Wisma Mulia. . Tapi. mau punya pabrik biskuit. salah seorang pemegang saham Sampoerna. sekarang yang terjadi justru sebaliknya. bahkan juga mau punya perusahaan konsultan. yang waktu itu juga punya ambisi besar dengan SummaGroup. selama puluhan tahun. memakan Putera untung cepatt sadar. Prestasi perusahaan tersebut tercermin pada naiknya harga saham di bursa dan terpilihnya dua pemegang saham Sampoerna dalam daftar 10 terbesar pembayar pajak. kalau dilakukan tanpa perhitungan cermat dan penuh emosi. Mau punya properti. Keberhasilan Sampoerna inij juga tidak lepas dari sadarnya Putera untuk cepat-cepat back to basic. justru bisa berbahaya. hal itu pula yang merupakan konstributor utama tercantumnya nama Tante Sien. Putera sendiri urutan keenam. yang penting dengan back to basic. mau masuk courier service. yang sudah dibina ayahnya. Sampoerna sebagai perusahaan publik pun cukup kontroversial di mata masyarakat. biar saja Bank Sampoerna menghilang. au punya perusahaan transportasi. Anda masih ingat kan waktu Sampoerna ingin cepat berdiversifikasi ke segala bidang. media massa meramaikan isu ³pemalsuan´ rokok impor yang melAnda perusahaan ini. biar saja Sampoerna Executive Resources Center bubar. dan kembali ke core-business. Baru beberapa waktu lalu. Hasilnya ternyata jauh lebih baik. Sampoerna berhasil maju. Putera ingin jadi konglomerat dalam waktu singkat. Kegagalan Edward dengan Summa³korban´ hilangnya Astra Group.Tidak diragukan lagi. Bahkan ada kesan adu cepat dengan Edward Suryajaya.