P. 1
Asuhan Pada Ibu Nifas

Asuhan Pada Ibu Nifas

|Views: 636|Likes:
Published by Riva Intan

More info:

Published by: Riva Intan on Dec 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/22/2012

pdf

text

original

LIVA MAITA, SST

Standar Kompetensi
‡ Mampu melakukan manajemen askeb, proses fisiologi dan psikologi ibu dalam masa nifas

Kompetensi Dasar
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. Menjelaskan Konsep dasar masa nifas Menjelaskan Proses laktasi dan menyusui Menjelaskan respon orang tua terhadap bayi Menjelaskan perubahan fisiologi masa nifas Menjelaskan proses adaptasi fisiologi & psikologi Mengidentifikasi Kebutuhan dasar ibu nifas Melaksanakan askeb ibu nifas Melaksanakan program tindak lanjut asuhan masa nifas Menjelaskan cara deteksidini komplikasi pd masa nifas & penanganannya Mendokumentasikan hasil asuhan

PENGERTIAN TUJUAN ASUHAN PERAN DAN TANGGUNG JAWAB BIDAN TAHAPAN MASA NIFAS KEBIJAKAN PROGRAM NASIONAL MASA NIFAS .

2003) ` ` . 2002) Masa yg dimulai setelah plasenta keluar dan berakhir.` Dimulai beberapa jam sesudah lahirnya plasenta sampai dengan 6 minggu berikutnya (JHPIEGO. Masa nifas berlangsung selama kira-kira 6 minggu (Varney¶s. Masa nifas berlangsung kira-kira 6 minggu. ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan semula (sblm hamil). (PUSDIKNAKES. 1997) Masa yang di mulai 2 jam setelah persalinan dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil.

3 PROSES PENTING MASA NIFAS Pengecil n r i Kekent l n d r ( emokonsentr si) kemb li normal Proses laktasi atau menyusu .

dan pengobatan komplikasi pada ibu Merujuk Ibu ke asuhan tenaga ahli bilamana perlu Mendukung & memperkuat keyakinan ibu. diagnosa dini. serta memungkinkan ibu untuk mampu melaksanakan perannya dlm situasi keluarga dan budaya yg khusus .` ` ` ` Meningkatkan kesejahteraan fisik dan psikologis ibu dan bayi Pencegahan.

nutrisi. cara dan manfaat menyusui. serta perawatan bayi seharihari Memberikan pelayanan KB . KB. imunisasi.` ` Memberikan pendidikan kesehatan ttg perawatan kesehatan diri.

` Memberikan dukungan baik fisik dan psikologis Pendidik dlm usaha memberikan pendidikan kesehatan trhdap ibu dan keluarga Pelaksanaan asuhan kepada pasien dalam hal tindakan perawatan. pemantauan dan penanganan masalah. rujukan dan deteksi dini komplikasi masa nifas. ` ` .

bulan dan tahun.` Puerperium dini : kepulihan ketika ibu telah diperbolehkan berdiri dan berjalan ( 24 jam s. bisa dlm hitungan mgg. terutama bila selama hamil atau waktu persalinan mempunyai komplikasi . ` ` .d 1 mgg PP) Puerpurium intermedial : kepulihan yg menyeluruh alat-alat genital (4-6 mgg) Remote Puerperium : waktu yg diperlukan untuk pulih dan sehat sempurna. Waktu u/ sehat sempurna.

MENURUT REVA RUBIN Periode Taking In Periode Taking On/Taking Hold Periode Letting Go .

Ibu masih pasif dan tergantung dengan orang lain Perhatian ibu tertuju pada kekhawatiran perubahan tubuhnya Ibu akan mengulangi pengalamanpengalaman waktu melahirkan . 2. 3.1.

5.4. Kurangnya nafsu makan menandakan proses pengembanlian kondisi tubuh tidak berlangsung normal . Memerlukan ketenangan dalam tidur untuk mengembalikan keadaan tubuh ke kondisi normal Nafsu makan ibu biasanya bertambah sehingga membutuhkan peningkatan nutrisi.

Ibu memperhatikan kemampuan menjadi orang tua dan meningkatkan tanggung jawab akan bayinya Ibu menfokusakan perhatian pada pengontrolan fungsi tubuh.Periode Taking On/Taking Hold (hari ke 2-4 setelah melahirkan) 1. BAB dan daya tahan tubuh . 2. BAK.

. 5. menyusui. 4. Ibu berusaha untuk menguasai keterampilan merawat bayi seperti menggendong.3. memandikan dan mengganti popok Ibu cenderung terbuka menerima nasehat bidan dan kritikan pribadi Kemungkinan ibu mengalami depresi postpartum karena merasa tidak mampu membesarkan bayinya.

Periode Letting Go Terjadi setelah ibu pulang ke rumah dan dipengaruhi oleh dudkun gan serta perhatian keluarga Ibu sudah mengambil tanggung jawab dalam merawat bayi dan memahami kebituhan bayi sehingga akan mengurangi hak ibu dalam kebebasan dan hubungna sosial Depresi postpartum sering terjadi pada masa ini .

untuk menilai status ibu dan bayi baru lahir untuk mencegah. .PROGRAM & KEBIJAKAN TEKNIS MASA NIFAS Paling sedikit dilakukan 4 kali kunjungan masa nifas. mendeteksi dan menangani masalah ² masalah yang terjadi.

Kunjungan Minimal 6 ± 8 jam setelah persalinan 6 hari setelah persalinan 2 minggu setelah persalinan 6 minggu setelah persalinan .

Mendeteksi dan merawat penyebab lain perdarahan rujuk jika perdarahan belanjut 3. Mencegah perdarahan masa nifas karena atonia uteri 2.1. Memberikan konseling pada ibuatau salah satu anggota keluarga bagaimana mencegah pedarahan masa nifas karena atonia uteri .

Menjaga bayi tetap sahat dengan cara mencegah hypotermi 7. Melakukan hubungan antara ibu dan bayi baru lahir 6. ia harus tinggal dengan ibu dan bayi baru lahir untuk 2 jam pertama setelah kelahiran .4. Pemberian ASI awal 5. Jika petugas kesehatan menolong persalinan . atau sampai ibu dan bayi dalam keadaan normal .

tidak ada perdarahan abnormal . Menilai adanya tanda ± tanda demam . Memastikan involusi uterus berjalan normal yaitu uterus berkontraksi . fundus di bawah umbilikus . tidak ada bau 2.1. infeksi atau perdarahan abnormal .

tali pusat . Memastikan ibu menyusui dengan baik dan tak memperlihatkan tanda ± tanda penyulit 5. Memberikan konseling pada ibu mengenai asuhan pada bayi .3. Memastikan ibu mendapat cukup makanan. menjaga bayi tetap hangat dan merawat bayi seharí ± hari . cairan . dan istirahat 4.

Sama seperti di atas ( 6 hari setelah persalinan ) Sama Sama seperti di atas ( 6 hari setelah persalinan ) .

x Menanyakan pada ibu tentang penyulit± penyulit yang ia atau bayi alami x Memberikan konseling untuk KB secara dini .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->