P. 1
Buah Khas Indonesia

Buah Khas Indonesia

|Views: 191|Likes:
Published by eny rose

More info:

Published by: eny rose on Dec 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2014

pdf

text

original

Home » Ragam » Buah-buahan Indonesia Yang Enak Dan Jarang Ditemui

Buah-buahan Indonesia Yang Enak Dan Jarang Ditemui
Posted by Shinta Dewi on Sep 11th, 2010Visited 3 times, 3 so far today // No Comment
Buah Cempedak

“cempedak Berbuah Nangka” sebagian pepatah sering menggunakan bahasa itu, namun apakah Cempedak itu sendiri? banyak dari kita orang Indonesia tidak mengetahui itu, Cempedak adalah nama buah yang mirip dengan Nangka namun rasa, batang, dan musim buah nya berbeda. Kalau Cempedak rasanya lebih manis dari Nangka, kalau dari batang, Cempedak mempunyai getah yang lebih cair dibandingkan Nangka. Daunnya pun memiliki bulu-bulu putih yang tipis kalau Nangka daunnya tidak ada bulu-bulu tipis, nah kalau dari segi musim, Cempedak hanya berbuah satu tahun sekali. Cempedak juga cara mengambil isinya beda dari nangka yang agak rumit. Mengambil isi Cempedak tinggak diiris dari atas kebawah kulitnya lalu tarik aja keatas puluk nya (tengah dari buah yang lengket pada buah) maka secara otomatis isinya ikut terangkat semua, tinggal makan deh…

Buah Rukem Buah Rukem. seperti sumatra selatan. Pulau Belitung. . dari manisan Cempedak. dengan pohon yang berduri. dan dengan rasa yang manis. hidup didataran daerah Sumatra. Pulau Bangka. gorengan Cempedak (seperti pisang goreng namun isinya bukan pisang tapi cempedak). Namun apabila masih mentah dan berwarna hijau maka rasanya sepet sekali. Cempedak ini kalau didaerah Indonesia banyak tumbuh didaerah Sumatra. Buah ini biasanya di asin atau pun dimakan mentah.Cempedak dapat dibuat bermacam-macam makanan. Sumatra Utara. bahkan langsung dimakan seperti Nangka juga enak. Pulau Bangka. Pulau Belitung.

Kulitnya pun lebih tipis dari duku. buah ini rasanya manis dan enak. Pohonnya relatif besar dari duku. itu pun jarang kebanyakan hanya sebesar jempolan orang dewasa aja. . secara pisik mirip duku. namun buah ini sangat banyak buahnya dalam tiap satu batang. Buah Kemunting atau Kerak duduk Hidup di daerah yang berpasir berbuah tidak mengenel musim. kalau ditempat lain aku belum lihat. Buah ini biasanya banyak digunakan untuk campuran masak ikan sebagai pengganti asam.Buah Rambai Kalau yang buah yang satu ini rasanya manis-manis masem. namun buahnya berumbai-rumbai kebawah waktu didahannya. Pohonnya relatif kecil paling besar sebesar kaki orang dewasa. Buah ini banyak terdapat didaerah pasiran Pulau Bangka dan Pulau Belitung. secara fisik buah ini kecil-kecil sekital sejempol orang dewasa. dan tumbuh didaerah Pulau Bangka Belitung.

buah ini mirip sekali dengan salak.Buah Kelubi Buah kelubi hidup didaerah perairan yang ada didalam hutan. saking miripnya banyak orang mengira ini adalah buah salak. Buah Manau . namun rasanya sangat asam. atau daerah air payau. hidup didataran pulau Bangka Belitung. biasanya sebelum dimakan buah ini diasinkan dulu untuk menghilangi rasa asamnya.

Buah Rumbia Kalau Buah Rumbia banyak terdapat di indonesia. Jadi buah rumbia adalah buah yang dihasilkan dari pohon sagu. Buah manau dalam satu pohonnya dapat menghasilkan sampai setengah karung.Buah manau adalah buah dari pohon rotan. Jadi kalau langsung dimakan biasa nggak masalah. Biasanya diasinkan dulu untuk menghilangkan rasa sepetnya. karena Rumbia adalah pohon sagu. Kalimantan. dimana buahnya memiliki rasa yang asam-asam manis. Pulau Sumatra. Belitung. Buah ini rasanya manis-manis sepet. Namun sepetnya buah Rumbia ini tidak sebanding dengan sepetnya buah Rukem yang mentah. buah ini enak kalau sudah diasin. Kepulauan Belitung. buah ini biasa dijual didaerah pasar-pasar tradisional yang ada didaerah seperti Bangka. buah manau banyak terdapat didaerah kepulauan Bangka. Kalimantan. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->