ZAKAT MAL

• Zakat mal adalah zakat harta yang dimilliki oleh seseorang karena sudah sampai nisab/batas seseorang harus mengeluarkan zakat. . • Syarat wajib zakat mal: – – – – – Islam Merdeka Hak milik yang sempurna Telah sampai nisab Masa kepemillikan sudah sampai satu tahun (selain tanaman dan buah-buahan). • Hukum mengeluarkan zakat adalah fardu’ain atas tiap-tiap orang yang cukup syarat-syaratnya.

    NISAB ZAKAT .

setiap 40 ekor 1 ekor bintu labun dan pada setiap 50 ekor 1 ekor hiqqoh – Lebih dari 120 – 129. 3 ekor bintu labun • Zakat Sapi Nishab sapi adalah 30 ekor. Artinya jika seseorang telah memiliki sapi.NishabZakat30-391 ekor sapi jantan/betina tabi’ (a)40591 ekor sapi jantan/betina tabi’ (b)60-692 ekor sapi tabi’ atau tabi’ah70-792 ekor sapi musinnah dan 1 ekor tabi’80-892 ekor sapi musinnahKeterangan : – Sapi berumur 1 tahun. artinya bila seseorang telah memiliki 5 ekor unta maka ia terkena kewajiban zakat. jika jumlah unta yang dimilikinya juga bertambahBerdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Anas bin Malik. masuk tahun ke-2 – Sapi berumur 2 tahun. zakatnya . maka dapat dibuat tabel sbb:NishabZakatKeterangan: – < 5 tidak wajib zakat – Lebih dari 120.Zakat Peternakan • Zakat Unta Nishab unta adalah 5 ekor. maka ia telah terkena wajib zakat. Selanjtnya zakat itu bertambah. masuk tahun ke-3 • Selanjutnya setiap jumlah itu bertambah 30 ekor.

000 • • • • • Besar Zakat = 2. setiap jumlah itu bertambah 100 ekor maka zakatnya bertambah 1 ekor).5 % Contoh : Seorang peternak ayam broiler memelihara 1000 ekor ayam perminggu. sebagaimana halnya sapi.5 % x Rp. artinya bila seseorang telah memiliki 40 ekor kambing/domba maka ia telah terkena wajib zakat. pada akhir tahun (tutup buku) terdapat laporan keuangan sbb: – – – – – Ayam broiler 5600 ekor seharga Rp 15. bebek. burung. dan kambing. maka ia terkena kewajiban zakat sebesar 2.Nishab ternak unggas dan perikanan adalah setara dengan 20 Dinar (1 Dinar = 4.000. 26.000 Stok pakan dan obat-obatan Rp 2.000 Catatan : Kandang dan alat peternakan tidak diperhitungkan sebagai harta yang wajib dizakati. dll) dan Perikanan Nishab pada ternak unggas dan perikanan tidak diterapkan berdasarkan jumlah (ekor). maka dapat dibuat tabel sbb : NishabZakat40-1201 ekor kambing (2th) atau domba (1th)121-2002 ekor kambing/domba201-3003 ekor kambing/domba(Selanjutnya.000..000 Jumlah Rp 31. . Ternak Unggas (ayam. dan pada akhir tahun (tutup buku) ia memiliki kekayaan yang berupa modal kerja dan keuntungan lebih besar atau setara dengan 85 gram emas murni.000. Tapi dihitung berdasarkan skala usaha.000.000.000.25 gram emas murni) atau sama dengan 85 gram emas.Berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW.• Zakat Kambing/domba Nishab kambing/domba adalah 40 ekor.000.000 Piutang (dapat tertagih) Rp 4.000. Artinya bila seorang beternak unggas atau perikanan.000 Uang Kas/Bank setelah pajak Rp 10.= Rp 650.000 Saldo Rp 26. yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dari Anas bin Malik.000 Utang yang jatuh tempo Rp 5.000.

• Syarat zakat hewan : – Sampai haul – Mencapai nisabnya – Digembalakan dan mendapatkan makanan di lapangan tempat pengembalaan terbuka – Tidak dipekerjakan – Tidak boleh memberikan binatang yang cacat dan tua (ompong) – Pembiayaan untuk operasional ternak dapat mengurangi dan bahkan menggugurkan zakat ternak .

Atas bagian yang terpakai tersebut.000 = Rp 250. Bila harga emas Rp 70. dipakai dalam aktivitas sehari-hari sebanyak 15 gr. dengan haul selama satu tahun dan kadar 2. haul selama satu tahun dan kadar  .. setelah genap satu tahun maka ia wajib membayar zakat setara dengan 100 X 2. Jika harga emas saat itu adalah Rp 100. Artinya bila seorang muslim memiliki emas sebesar setidaknya 20 Dinar (85 gram) selama satu tahun ia wajib membayar zakat sebesar 2.5% dari jumlah emasnya tersebut minimal 1/2 Dinar[1] .maka zakat yang harus dikeluarkan sebesar : 105 x 70.000.000 x 2.5 % = 2. • Sebagian emas terpakai • Emas yang dipakai adalah dimaksudkan dalam kondisi wajar dan jumlah tidak berlebihan.5 gram emas.5 % = 183.15 gr = 105 gr.5%. Maka zakat emas yang wajib dikeluarkan oleh wanita tersebut adalah 120 gr . • Contoh perhitungan zakatnya sebagai berikut: Seorang wanita mempunyai emas 120 gr. tidak diwajibkan membayar zakat. • Emas yang tidak terpakai • Yang termasuk dalam kategori ini adalah emas yang tidak digunakan sehari-hari baik sebagai perhiasan atau keperluan lain (disimpan).Zakat Emas dan Perak Emas • Adapun nisab emas sebesar 20 Dinar (85 gram). • Contoh perhitungan zakatnya sebagai berikut: Fulan memiliki 100 gram emas tak terpakai.000.5 X 100.000 maka ia dapat membayar dengan uang sebanyak 2.750 Perak • Nisab perak adalah 200 Dirham (595 gram).

perusahaan. . (catatan nisabnya adalah 85 gram emas X Rp. C.000.. 3. Obligasi adalah kertas berharga (semacam cek) yang berisi pengakuan bahwa bank. Biasanya pendapatan/gaji selalu diterima dalam bentuk mata uang. D..X 2. 6. 6. 500.-. CARA MENGHITUNG ZAKAT PENDAPATAN A. dengan harga saat ini.( sama dengan Rp.5 % atas jumlah terendah dari semua saham/obligasi yang dimiliki selama setahun.per-bulan).5 % dari total pendapatan kotor. Cara menghitung zakat Saham dan Obligasi adalah 2. Sebab roh yang sangat penting dari zakat pendapatan ini dilihat dari harta perolehan atau penghasilan dan bukannya persoalan harta uang simpanan.5 % = Rp. Nisab bagi zakat pendapatan/profesi ini merujuk kepada nilai 85 gram emas.Zakat Pendapatan • SYARAT WAJIB ZAKAT PENDAPATAN 1..000. Mengunakan Cara Menghitung Pendapatan Bersih. Pemberian. Contoh: Jumlah pendapatan kotor dari semua sumber pendapatan setahun sebanyak Rp..000.000. atau pemerintah berhutang kepada pembawanya sejumlah tertentu dengan bungan tertentu pula E. Kadar zakatnya adalah 2. 42. Maka zakatnya adalah Rp. Saham dan Obligasi adalah kertas berharga yang berlaku dalam transaksi-transaksi perdagangan khusus yang disebut BURSA EFEK. Zakat dikeluarkan dengan menghitung semua jumlah pendapatan kotor yang diterima dari semua sumber dalam setahun. 5. Cukup Haul.= Rp. Islam 2. Hasil usaha tersebut termasuk pendapatan. Jadi makna haul disini adalah jarak pengumpulan pendapatan selama satu tahun dan bukannya lamanya menyimpan selam setahun seperti zakat harta simpanan. Kontek haul dalam zakat pendapatan adalah jarak masa satu tahun adalah merupakan jarak pengumpulan hasil-hasil yang diperoleh dari berbagai sumber selama satu tahun. Gaji. untuk itu zakatnya disandarkan kepada nilai emas.000.000. Hasil usaha yang baik sebagai sumber zakat. Milik Sendiri 4. Komisi.-) B.000. pendapatan profesional. Para Fuqoha menerangkan bahwa semua pendapatan tersebut sebagai "Mal Mustafad" yaitu perolehan baru yang termasuk dalam sumber harta yang dikenakan zakat. 6.000.570. Merdeka 3. setelah dikurangi atau dikeluarkan pinjaman untuk membeli saham (jika ada). F. Saham adalah hak pemilikan tertentu atas kekayaan suatu perseroan terbatas (PT) atau atas penunjukan atas saham tertentu. Bonus. Mengunakan Cara Menghitung Pendapatan Kotor. 150. Cukup Nisab. Tiap saham merupakan bagian yang sama atas kekayaan itu. Hasil sewa dan sebagainya. yang terdiri dari kumpulan Honor.

Besarnya adalah 2.5 %.Zakat Barang Tambang • Hasil tambang emas/perak apabila sampai satu nisab wajib dikeluarkan zakatnya pada waktu itu juga. .

Nilai barang tambang tersebut harus mencapai satu nisab uang. meskipun waktu satu tahun penuh (haul) tidak diperhitungkan. akik. Adapun ma’dinadalah pemberian bumi yang terbentuk dari benda lain tetapi berharga. seperti emas. batu permata. timah. intan. batu bara. seperti emas.orang terdahulu di dalam tanah. Termasuk ke dalam harta rikaz ini antara lain berbagai macam harta benda yang disimpan oleh orang. Adapun kadar zakatnya 2. Zakat rikaz wajib tanpa syarat nisab (ukuran jumlah) dan tanpa haul (ukuran waktu). . perak. besi. tetapi zakatnya wajib dikeluarkan pada saat barang-barang/benda-benda itu ditemukan. Dalam harta ma’din.5%. Orang yang menemukan benda. dan pundi-pundi berharga. yaitu 20 misqal (96 gram) untuk emas dan 200 dirham (672 gram) untuk perak. dan minyak bumi. tembaga. perak.Zakat Rikaz (Barang yang Terpendam) • Harta rikaz adalah harta-harta yang terpendam atau tersimpan.benda ini diwajibkan mengeluarkan zakatnya 1/5 bagian.

Daruqutni. seperti karet.daunan. Tanaman bias. kacang tanah. pala. Di Indonesia. bangkuang. cengkih. Adapun nisab basil tanaman adalab lima wasaq (652. Sedangkan kadar pungutan zakatnya adalab 10% apabila tanaman itu disiram air bujan dan 5% jika tanaman itu disiram dengan mempergunakan alat. padi. salak. kelapa sawit. rambutan.buahan yang wajib dikeluarkan zakatnya antara lain adalah: 1. jeruk. kol. lada. maka zakatnya 7. Hasil tanaman dan buah. • • • . ubi jalar. alpukat. alHakim. jelai. kopi. 6. pisang. sya’ir (gandum). 7. zakatnya dikeluarkan di saat memanen hasil tanaman atau buah-buahan. dan bayam. seperti teh dan tembakau. seperti kelapa. 3. kayu jati. kacang bijau. dan anggur kering wajib dikeluarkan zakatnya apabila telah mencapai nisabnya pada . seperti ubi. waktu memanen. Sedangkan tanaman yang kadang-kadang disiram dengan menggunakan alat dan kadang-kadang disiram air hujan dengan perbandingan yang sama. dan kacang kedelai. 2. kurma dan anggur kering” (HR. apel. 4. seperti anggrek dan segala jenis bunga. Buah-buahan. dan al-*Baibaki yang mengatakan babwa periwayatnya dapat dipercaya dan badis ini hadis muttasil). dan pinang. pepaya. durian. Bambu.5%. mentimun. seperti serai (minyak serai) dan. cabe. Mengenai basil pertanian ini. kurma. 5. jagung.Tabrani. bawang. ubi kayu. duku. disepakati babwa semua basil tumbuh-tumbuhan yang bernilai ekonomis wajib dikeluarkan zakatnya. Maka mereka dipersilakan untuk tidak memungut zakat kecuali dari yang empat macam ini: gandum. Daun. dan kayu manis.Zakat Pertanian (Hasil Tanaman dan Buah-Buahan) • Hasil Tanaman dan Buah-Buahan  Gandum. kayu cendana. Hal ini didasarkan pada hadis yang artinya: “Bahwa Rasulullab SAW mengutus mereka ke Yaman untuk mengajari manusia soal agama. Biji-bijian. kentang. Rumput-rumputan.8/653 kg). seperti padi. at. petai. Umbi-umbian dan sayur-sayuran. Tanaman keras.