P. 1
RESENSI NOVEL - Karya 'Komarudin Ibnu Mikam'

RESENSI NOVEL - Karya 'Komarudin Ibnu Mikam'

|Views: 126|Likes:
Published by ahmad_baidowi

More info:

Published by: ahmad_baidowi on Dec 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2010

pdf

text

original

RESENSI NOVEL

³MERIT, YUK!´ Karya : Komarudin Ibnu Mikam

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatNya, sehingga saya dianugerahi kemampuan untuk menyusun Resensi Buku ³Merit, Yuk!´. Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu dalam menyusun resensi buku ini terutama kepada :

1. Kepala SMA NEGERI 1 GEGER Drs. Muhaimin M.Pd.i 2. Wali Kelas XII IPS 3 Hj. Endang Widi Astuti 3. Guru Pengajar Bahasa Indonesia Drs. Ruwijadi.

Saya juga mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan buku ini.

Madiun, Desember 2010

Penyusun

DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL««««««««««««««««««««««««««. i LEMBAR PENGESAHAN«««««««««««««««««««««««... ii MOTTO«««««««««««««««««««««««««««««««. iii LEMBAR PERSEMBAHAN««««««««««««««««««««««« iv KATA PENGANTAR«««««««««««««««««««««««««... v DAFTAR ISI«««««««««««««««««««««««««««««.. vi BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang«««««««««««««««««««««. 1 B. Rumusan Masalah«««««««««««««««««««« 1 C. Tujuan««««««««««««««««««««««««.. 1 BAB 2 ISI A. Tema«««««««««««««««««««««««««. 2 B. Sinopsis««««««««««««««««««««««««. 2 C. Macam Buku yang Diresensi«««««««««««««««« D. Nilai Buku«««««««««««««««««««««««. E. Unsur Intrinstik«««««««««««««««««««««. F. Unsur Ekstrensik««««««««««««««««««««... BAB III PENUTUP A. SIMPULAN 1. Keunggulan Buku«««««««««««««««««««.. 2. Kelemahan Buku«««««««««««««««««««« 3. Manfaat«««««««««««««««««««««««.. 4. Perlu Tidak Buku Dibaca««««««««««««««««. B. SARAN«««««««««««««««««««««««««« DAFTAR PUSTAKA««««««««««««««««««««««««««««

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Meresensi sebuah buku merupakan cara untuk mengetahui apakah buku ini bermanfaat atau tidak. Hal-hal yang perlu diresensi antara lain : tema buku, cover buku, unsur-unsur intrinsik, unsur ekstrinsik, dan judul. Semua itu digunakan untuk mengetahui dan menilai perlu tidaknya buku itu dibaca, oleh karena saya mencoba untuk merensensi buku yang bertemakan percintaan. B. Rumusan Masalah 1. Apakah keunggulan dan kelemahan buku tersebut ? 2. Apakah buku tersebut bermanfaat bagi pembaca ? 3. Unsur - unsur intrinsik dan ekstrinsik apakah yang terkandung dalam buku tersebut ? 4. Apakah buku tersebut layak dibaca khalayak ramai ? C. Tujuan 1. Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan buku. 2. Untuk mengetahui manfaat buku. 3. Untuk mengetahui unsur intrinsik dan ekstrinsik buku. 4. Untuk mengetahui perlu tidaknya buku tersebut untuk dibaca.

BAB II ISI

A. Tema

Buku yang berjudul ³Merit, Yuk!´ ini secara keseluruhan bertemakan percintaan. Didalamnya terdapat pesan moral, cara menghadapi masalah dalam kehidupan, dan kesabaran orang beriman dalam menghadapi masalah.
B. Sinopsis

Judul Penulis Penerbit Tahun Jumlah halaman May I Tell You This ?

: Merit, Yuk! : Komarudin Ibnu Mikam : Qultummedia : 2006 : 94 halaman

Biarkan Takdir-Nya Memilihmu Seorang laki-laki mengirim surat untuk wanita yang dicintainya. Dia biasa memanggilnya dengan sebutan Adinda. Dalam shalat malamnya dia selalu berdoa diberi kebaikan dalam hidupnya. Namun jika tidak dapat bersatu,harapannya tidak ingin saling membenci. Nampaknya dia masih ragu dengan keputusannya untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Dia mengungkapkan kegelisahannya ini kepada Adinda.

Ketika Niat itu Datang Dia tidak dapat menghilangkan bayangan Adinda dari pikirannya. Sepulang kerja dia meminta pendapat kepada ustadz Daud. Dan ustadz itu mengatakan supaya segera menikah agar terhindar dari kemaksiatan. Selain itu, dia merasa takut dengan hadist dan juga Al Quran yang mengatakan bahwa orang yang membujang itu adalah orang paling durhaka. Sehingga dia semakin mantap dengan keputusannya untuk segera menikah. Dahaga Bahagia Keluarga Dia mengirimkan surat yang isinya harapan untuk menjadi keluarga yang bahagia. Akan tetapi dia mengingatkan kepada Adindanya bahwa harta dan kekayaan tidak menjamin kebahagiaan apabila tidak dipergunakan dengan baik. Karena sesungguhnya kebahagiaan yang kekal itu adalah kebahagiaan di akhirat. Dia juga mengatakan lingkungaan pergaulan yang baik akan membuat lingkungan keluarga juga akan lebih baik. Semua yang dia katakan merupakan kemantapannya untuk menjadikannya sebagai istri. Maisyah Memang Susah ³Married is not destination, but it¶s a journey´ Dalam suratnya yang keempat dia menggambarkan tentang kesanggupannya untuk bertanggung jawab mencukupi kebutuhan istri dan anaknya. Dia juga memberikan nasihat kepada Adindanya meskipun kaya tetapi kaya yang dimaksud bukan kaya uang,namun yang dimaksud kaya dalam arti dapat memenuhi kebutuhannya seharihari. Bahkan apabila semua sudah tercukupi sisanya dapat digunakan untuk menyatuni anak yatim. Dan dia berpesan seorang wanita itu tidak harus bekerja keluar rumah,karena tanggung jawab istri adalah mengurus rumah tangganya. Masalah mencari nafkah itu urusan suami kalaupun istri ingin membantu suami,hal itu b isa

dilakukan dengan cara memanfaatkannya dengan mengasah skill dan membuka usaha tanpa mengesampingkan tugas utama sebagai istri. Kamukah yang Dipilih-Nya ? Dia sempat berfikir mencari jodoh yang ideal itu tidak mudah. Sebenarnya jodoh itu sudah ada ketika Allah menggariskannya bersamaan dengan ruh yang ditiupkan kepada kita,tinggal kita yang berusaha. Setiap orang itu menginginkan jodoh yang ideal, namun itu tidak mudah yang penting kita berusaha hasil itu urusan Yang Maha Kuasa. Sayang, Hanya Tuhan yang Sempurna Dia mengatakan kepada Adindanya bahwa manusia tidak pernah ada yang sempurna. Dia juga mengatakan janganlah kecewa ketika melihat fisikku nantinya. Karena kita mencari jodoh itu bukan dilihat dari fisik namun ketulusan hati yang dimiliki. Kamulah Anugerah Terindah Dia bercerita kepada Adindanya ternyata mencari jodoh yang sesuai dengan kriteria kita itu sulit. Bagi dia meskipun tidak sesuai dengan kriteria itu tidak masalah jika itu sudah merupakan Takdir yang terbaik. Dalam pernikahan itu diperlukan kejujuran meskipun menyakitkan daripada ketidakjujuran tetapi terasa nikmat yang nantinya hanya akan membawa kehancuran dalam sebuah keluarga. Visi Keluarga Islam Dia bercerita bahwa sebuah keluarga itu tidak selamanya berjalan dengan indah, namun suatu saat akan mengalami keretakan yang disebabkan oleh masalah sepele yang seharusnya tidak dipermasalahkan. Selain itu akibat orang tuanya

berpisah,banyak anak yang tidak terurus. Maka dari itu dia tidak ingin keluarganya

nanti seperti itu. Sehingga dia mengajak untuk membuat visi agar nantinya keluarga dapat berjalan harmonis. Sepotong Cinta dalam Konflik Dia kembali bercerita kepada Adindanya bahwa adanya konflik dalam suatu kelurga itu pasti ada. Pada saat konflik terjadi dalam suatu keluarga maka kita tidak boleh bersemangat untuk membela diri sampai akhirnya timbul pertentangan. Maka dia menginginkan apabila terjadi konflik dalam keluarganya harus saling pengertian agar konflik yang terjadi tidak semakin besar. Dia juga berpesan agar mau menerimanya dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Dalam surat yang terakhir dia mengajak Adindanya untuk menikah dengan perkataan ³ Merit, Yuk!´.

C. Cover

Buku resensi yang berjudul ³Merit, Yuk!´ ditulis oleh Komarudin Ibnu Mikam, Diterbitkan oleh Qultummedia dengan tebal buku 94 halaman, ilus 19 cm, yang merupakan cetakan pertama.
D. Macam Buku Yang Diresensi

Buku ³Merit , Yuk!´ ini merupakan jenis buku fiksi yang berisi tentang kesabaran seorang demi memperoleh cinta sejatinya.
E. Unsur Intrinsik

1. Tema Dalam buku yang berjudul ³Merit, Yuk!´ ini mengambil tema tentang percintaan. 2. Amanat Dengan membaca cerita ini kita dapat mengambil hikmah bahwa suatu keputusan itu memerlukan proses yang sangat panjang untuk memperoleh hasil yang

baik. Dalam mempertimbangkan suatu keputusan sebaiknya selalu berpegang teguh pada ajaran agama. 3. Alur Alur buku ini maju karena tokoh cerita pada buku ini berawal dari perkenalan dan berakhir dengan sebuah pernikahan. 4. Sudut Pandang Dalam buku ini pengarang menggunakan sudut pandang orang pertama menceritakan ceritanya sendiri. 5. Bahasa Bahasa yang digunakan penulis adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami oleh pembaca. 6. Penokohan a. Aku (seorang laki-laki) Taat beribadah, baik, sopan, bijaksana ( Protagonis ) b. Ustad Daud Baik, bijaksana ( Tritagonis ) c. Adinda Baik, bijaksana, taat beribadah ( Protagonis )
F. Unsur Ekstrinsik

Penulis buku ³ Merit, Yuk!´ ini adalah Komarudin Ibnu Mikam,lahir 20 Januari 1972 di Bekasi dari orang tua Betawi. Kini, tinggal di Babelan, utara Bekasi bersama seorang istri dan dua putranya. Dia ikut bergabung sebagai jurnalis di Tabloid ABADI. Akhirnya dia mampu merilis beberapa buku karyanya sendiri.

G. Nilai Buku

Hal-hal yang terkandung dalam buku ini dapat dikatakan sebagai nilai-nilai buku yang meliputi : kelemahan dan keunggulan buku. a. Kelemahan  Hanya cocok untuk remaja dan dewasa , sebab didalamnya terdapat unsure pernikahan yang tidak cocok untuk dibaca anak kecil.  Terlalu banyak contoh tentang pembaca jenuh.  Tidak disertai gambar sehingga kurang menarik. b. Keunggulan  Cocok untuk dibaca remaja dan dewasa.  Bahasanya mudah dipahami.  Peristiwanya seputar kehidupan manusia.  Buku ini dilengkapi dengan cover yang berisi tentang tebal buku, jumlah halaman, tahun terbit, dan nama penerbit. c. Misi dan Visi buku  Agar mengambil segi positif tentang amanat buku tersebut  Mengajak pembaca mengetahui bagaimana mewujudkan keluarga yang harmonis  Memberikan gambaran kepada pembaca dalam menyelesaikan masalah kehidupan  Mengajak pembaca agar memiliki iman yang teguh dan mengambil keputusan dengan berpegang teguh pada ajaran agama kehidupan orang lain, sehingga membuat

BAB III PENUTUP A . SIMPULAN 1.Keunggulan Buku a.Buku ini dilengkapi dengan cover yang meliputi ukuran dan jumlah halaman. b. Mengandung pesan moral yang mendalam c. Mengandung banyak ajaran agama islam yang telah diterapkan dalam kehidupan. d. Kertas yang digunakan HVS 2.Kelemahan Buku a. Tidak disertai gambar sehingga kurang menarik b. Kurang adanya variasi komedi untuk menghibur pembaca 3.Manfaat a. Mempelajari jenis karya kesusastraan b. Menambah pengetahuan bagi pembaca 4. Perlu tidak buku dibaca a. Buku karya Komarudin Ibnu Mikam ini sangat menolong pembaca khususnya negatife kalangan remaja agar tidak terjerumus pada hal ± hal yang buku, desain sampul,

8

B. SARAN Agar menarik minat para pelajar untuk membacanya, hendaknya tiap pembahasan di novel ini, disertai dengan gambar-gambar.

DAFTAR PUSTAKA Mikam Ibnu Komarudin,2005.Merit, Yuk!.Jakarta:Qultummedia

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->