Standar Kompetensi 1.

1 Menggunakan Paket Program Grafis dan Multimedia
ADOBE PHOTOSHOP

. CS 2 = versi 9.0. Sampai saat ini. Adobe Photoshop telah dikembangkan sampai dengan versi CS 3. Setelah versi 7.0. photoshop mengganti versinya dengan nama CS (Creative Suite) yang mana versi CS 1 dapat disetarakan dengan versi 8.0 ini.Pengenalan Software Versi Adobe Photoshop yang digunakan di praktikum adalah versi 7.

.Jenis Citra Grafis Dalam dunia grafis dikenal 2 citra grafis yaitu Bitmap dan Vektor.

maka gambar akan menjadi pecah dan tidak halus. maka citra grafis bitmap ini bersifat resolution dependent (tergantung dari resolusi). . Karena berbasis pixel. Jika gambar Bitmap ini diperbesar.Jenis Citra Grafis Bitmap adalah citra grafis yang terdiri dari susunan titik atau dikenal dengan pixel (picture element). Pixel-pixel tersebut ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri dan membentuk pola tertentu.

Paintshop Pro. Painter. maka semakin banyak dan besar jumlah pixel dan resolusinya.Jenis Citra Grafis Jadi semakin besar gambar yang dihasilkan. Contoh software pengolah Bitmap: Adobe Photoshop. dll. . Photopaint.

Ukuran file dari citra vektor ini pun lebih kecil dari Bitmap. Sehingga tidak rusak jika mengalami pembesaran ataupun scaling. Adobe Freehand. CorelDraw. Citra ini tidak tergantung pada resolusi (resolution independent) maupun pixel. Contoh software pengolah Vektor: Adobe Illustrator. dll. .Jenis Citra Grafis Vektor adalah citra grafis yang terbentuk atas garis-garis.

Pada monitor.RESOLUSI Resolusi adalah jumlah pixel dalam satu gambar. 1024 x 768 pixel.ppi). contohnya : 640 x 480 pixel. dll. 800 x 600 pixel. Satuan untuk gambar berbasis pixel adalah dot per inch (. . jumlah pixel biasanya berupa pasangan nomor.dpi) atau pixel per inch (.

.LEMBAR KERJA DI PHOTOSHOP Lembar kerja dalam photoshop disebut dengan canvas. Dari canvas tersebut kita bisa memasukkan atau menambahkan objek lain yang tersusun dalam lembarlembar transparan tersendiri yang dikenal dengan nama layer. Dengan adanya layer ini. kita bisa mengolah 1 objek tanpa mempengaruhi objek yang lain.

.PDD (Photoshop Document) dimana jenis file ini mampu menyimpan seluruh layer-layer dari file yang kita olah.JENIS FILE File asli dari photoshop adalah .PSD atau .

ESP (Encapsulated Post Script) -> format berkas grafik yang berisikan grafik vektor. Adapun beberapa jenis penyimpanan file dalam bentuk lain di photoshop. teks / bitmap. dan kartu memori kamera digital.JPG / JPEG (Joint Photographic Experts Group) -> biasanya digunakan dalam website. PCX (Paintbrush Exchange) . antara lain: BMP (Bitmap) -> representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. GIF (Graphic Interchange Format) -> format gambar yang banyak digunakan. email.

. TIF / TIFF (Tag Image File Format) PSB -> versi terbaru format file dari PSD yang didesain untuk file-file yang ukurannya lebih dari 2 GB. hardware dan sistem operasi. PNG (Portable Network Graphics) -> format penyimpanan citra yang memakai metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut.PDF (Portable Document Format) -> format file yang berupa layout tetap yang digunakan untuk presentasi dokumen 2 dimensi dengan gaya yang berdiri sendiri dalam aplikasi software.

Shortcut… Shortcut di keyboard yang sering digunakan saat bekerja dengan photoshop: CTRL + (+) = zoom in (memperbesar tampilan gambar) CTRL + (-) = zoom out (memperkecil tampilan gambar) CTRL + 0 = mengembalikan ke tampilan ukuran full 1 canvas CTRL + SHIFT + i = inverse (membalik seleksi) CTRL + T = untuk scaling / merubah skala gambar CTRL + D = untuk Deselect (menghilangkan garis seleksi) tombol keyboard D = mengembalikan default color foreground dan background tombol keyboard X = membalik warna antara foreground color dan background color .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful