MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Disusun oleh: Nur M. Syahrul K. ::SKB-A10:: Setyo Arjanggi ::SKB-A09::

saya mohon maaf yang sebesarnya dan sebelumnya saya mengucapkan terima kasih dan saya juga masih mengharap kritik dan saran dari para pembaca. Oleh karena itu saya mohon bantuan dari para pembaca. Saya sadar bahwa makalah yang saya buat ini masih jauh dari sempurna. Magelang. Saya juga bersyukur atas berkat rezeki dan kesehatan yang diberikan kepada saya sehingga saya dapat mengumpulkan bahan – bahan materi makalah ini dari internet dan sumber lainnya. Demikianlah makalah ini saya buat. Saya telah berusaha semampu saya untuk mengumpulkan berbagai macam bahan tentang Hardware.KATA PENGANTAR Puji dan syukur senantiasa saya ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. karena itu saya mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk menyempurnakan makalah ini menjadi lebih baik lagi. September 2010 Hormat saya Penulis . karena berkat rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini. apabila ada kesalahan dalam penulisan.

2. Input/Output Device (I/O Device) Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran. Peralatan ini umumnya cukup canggih. Adapun contoh dari I/O device adalah: i. maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya. yang disebut juga dengan instruction set. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya.PEMBAHASAN 1. Macam-macam Hardware a. perangkat pemroses. Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik. maupun perangkat keluaran. suatu alat yang bisa dilihat dan diraba olehmanusia secara langsung. Pengertian Hardware Hardware/perangkat keras. Jumlah seluruh tombol pada keyboard ada 104 tombol. merupakan salah satu element dari sistem komputer.Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. yang mendukung proses komputerisasi. Input • Keyboard Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikan kalimat dan symbolsimbol khusus lainnya pada computer dan sebagai perantara antara bahasa manusia ke bahasa pemrograman komputer. . seperti perangkat perangkat masukan.

kecil. • Flashdisk USB flash drive adalah alat penyimpanan data flash tipe NAND yang memiliki alat memori penghubung USB yang terintegrasi.• Mouse adalah perangkat yang berfungsi menggerakan pointer. Flash drive ini biasanya kecil. khususnya disket.Pada mouse terdapat klikan kiri dan klikan kanan. serta lebih dapat . kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte. Per November 2006. Alat ini lebih cepat.menunjukan perintah atau program pada layar monitor.Pada klik kiri 1x berfungsi untuk memilih menu atau icon dan klik kiri 2x untuk membuka menu yang dituju. serta bisa dibaca dan ditulis. dengan kapasitas lebih besar. USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya. ringan.

• Scanner adalah alat yang digunakan untuk melakukan pemindahan suatu objek gambar atau dokumen dan mengkonfersinya dalam bentuk digital .35 mm)." yang merupakan istilah lain dari jenis (nonremovable dari) hard disk drive. disket di 8-inch (200 mm).diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket. inisial yang seharusnya tidak bingung dengan "disk drive tetap. Floppy disk dibaca dan ditulis oleh disk drive floppy atau FDD. dengan cara melewatkan pendeteksi image pada media yang dipindahi. • Floppydisk adalah media penyimpanan data yang terdiri dari disk yang tipis. 5 ¼-inci (133. fleksibel ("floppy") media penyimpanan magnetik terbungkus di shell plastik persegi atau persegi panjang. Diciptakan oleh IBM. dan 3 ½ inci (90 mm) format dinikmati bertahun-tahun sebagai bentuk populer dan di mana-mana penyimpanan data dan .

Sedangkan floppy disk drive masih memiliki beberapa penggunaan terbatas. -ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan -SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. [2] mereka kini telah digantikan oleh sebagian besar USB flash drive. Eksternal Hard Drives. • Kamera Digital . dari pertengahan -tahun 1970an sampai akhir 1990-an. • CD-ROM CD-ROM kepanjangan dari compact disk read only memori yang artinya bahhwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara gari besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI.pertukaran. DVD. CD. terutama dengan peralatan komputer industri warisan. dan kartu memori (seperti Secure Digital).

karaoke sistem. film produksi. • Microphone Adalah transduser akustik-ke-listrik atau sensor yang mengubah suara menjadi sinyal listrik. . VoIP . tape recorder. radio FRS. Emile Berliner menemukan mikrofon pertama digunakan sebagai pemancar suara telepon. dan untuk tujuan non-akustik seperti pemeriksaan ultrasonik atau knock sensor. megafon. alat bantu dengar. di radio dan televisi dan di komputer untuk merekam suara.Adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital. Pada tahun 1876. hidup dan dicatat teknik audio. Mikrofon digunakan dalam berbagai aplikasi seperti telepon. pidato pengakuan.

Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).ii. Output • Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh processor. . • Speaker Merupakan suatu alat untuk menampilkan hasil output jenis suara. • Printer Adalah sarana untuk mencetak apsaja yang terlihat/ditampilkan di monitor.

Peripheral lain dan Central Processing Unit (CPU). Card.b. Casing unit ini disebut juga dengan System Unit. harga computer. Central Processing Unit (CPU) Adalah salah satu bagian computer yang paling penting. Semakin canggih processor computer. jenis komputert. c. harganya akan semakin mahal. Baik tidaknya suatu computer. Cassing unit Merupakan tempat dari semua peralatan computer. karena jenis processor menentukan pula jenis computer. ditentukan terutama oleh jenis processornya. maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya . baik itu Motherboard.

Alat ini tersambung pada outlet listrik anda dan dihubungkan dengan komputer. artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.d. seperti VSAT. UPS (Uninterruptible Power Supply) Disingkat dengan UPS. dan komponen lainnya. dan lain sebagainya. Modem Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya. . e. Ada beberapa macam UPS. Microwave Radio. Alat yang menyediakan dan mengalirkan listrik secara kontinu dan tidak terputus kepada komputer. UPS menggunakan baterai untuk memastikan bahwa komputer akan tetap hidup bahkan pada saat listrik sedang mati. hingga untuk perusahaan besar. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan. namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem". sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. yang ditujukan bagi pengguna di rumah. monitor.

200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4.6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0. Hard Disk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. . Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0.f. Reynold Johnson di tahun 1956.4 MB. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM.6 cm dengan kapasitas 750 GB.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful