Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Garis-garis Besar Program Pengajaran
Nama Matakuliah Nomor Matakuliah Semester Jumlah Kredit Jumlah Pertemuan/ minggu Status mata kuliah Prasyarat/ ko-syarat Kompetensi Buku acuan/ rujukan Tujuan Instruksional Umum Praktikum Fisika Dasar PHY101P 2 1sks 1 kali (@ 150 menit) Wajib (K): Fisika Dasar 1,3,4,7,8 [1] Petunjuk Praktikum Fisika Dasar Mahasiswa dapat mengatur rangkaian, bahan percobaan, dan peralatan percobaan dalam laboratorium, dapat menjelaskan cara kerja alat-alat ukur, metode pengukuran dan pemakaian teori kesalahan. • Mahasiswa dapat menyebutkan dan dapat menggunakan jenis-jenis alat ukur, mengukur hambatan dalam voltmeter, amperemeter, dan baterai dan dapat menghitung kesalahannya. • Mahasiswa dapat menganalisis rangkaian elektronika berdasarkan hukum Ohm, dapat menjelaskan dan menentukan sifat-sifat fisika serta mengukur suatu besaran beserta kesalahannya dalam voltameter, lampu pijar. • Mahasiwa dapat menentukan besarnya koefisen gasekan, resultan gaya, koefisien pegas, frekuensi resonansi, panjang gelombang, dan indeks bias zat cair. • Mahasiswa dapat menentukan termometer sederhana dan menera termometer tersebut dengan termometer Celcius.

Tujuan Instruksional Khusus

Deskripsi Kegiatan Mgg Topik bahasan Ke

Tugas Mahasiswa mengumpulkan pertanyaan awal, mengerjakan tes awal yang diberikan asisten , dan mendengarkan penjelasan tentang tata cara peminjaman peralatan praktikum, tata cara praktikum, pembuatan laporan sementara dan resmi, proses penilaian, serta penjelasan tentang teori kesalahan pada proses pengukuran. Mahasiswa mengumpulkan pertanyaan awal yang ada pada petunjuk praktikum, mengerjakan tes awal yang diberikan asisten , dan melakukan praktikum dan membuat laporan sementara Mahasiswa mengumpulkan laporan resmi praktikum sebelumnya, pertanyaan awal praktikum yang akan dilakukan yang ada pada petunjuk praktikum, mengerjakan tes awal yang diberikan asisten , dan melakukan praktikum dan membuat laporan sementara. Mahasiswa mengumpulkan laporan resmi praktikum sebelumnya, pertanyaan awal praktikum yang akan dilakukan yang ada pada petunjuk praktikum, mengerjakan tes awal yang diberikan asisten , dan melakukan praktikum dan membuat laporan sementara.

Rujukan

1

Pengenalan peralatan praktikum, pengukuran, dan kesalahannya.

[1] Pendahuluan

2

Hukum Ohm

[1] Bab I

3

• Hambatan dalam Amperemeter dan Voltmeter • Hambatan dalam baterai

[1] Bab II [1] Bab III

4

Voltameter

[1] Bab IV

Praktikum Fisika – hal. 1 / 5

pertanyaan awal praktikum yang akan dilakukan yang ada pada petunjuk praktikum. mengerjakan tes awal yang diberikan asisten . Mahasiswa mengumpulkan laporan resmi praktikum sebelumnya. pertanyaan awal praktikum yang akan dilakukan yang ada pada petunjuk praktikum. dan melakukan praktikum dan membuat laporan sementara. mengerjakan tes awal yang diberikan asisten . mengerjakan tes awal yang diberikan asisten . Mahasiswa mengumpulkan laporan resmi praktikum sebelumnya. mengerjakan tes awal yang diberikan asisten . dan melakukan praktikum dan membuat laporan sementara. 2 / 5 . mengerjakan tes awal yang diberikan asisten . pertanyaan awal praktikum yang akan dilakukan yang ada pada petunjuk praktikum. dan melakukan praktikum dan membuat laporan sementara. UTS Mahasiswa mengumpulkan laporan resmi praktikum sebelumnya. [1] Bab V [1] Bab VI [1] Bab VII [1] Bab VIII [1] Bab IX [1] Bab X [1] Bab XI [1] Bab XII [1] Bab XIII Praktikum Fisika – hal. pertanyaan awal praktikum yang akan dilakukan yang ada pada petunjuk praktikum.5 Lampu Pijar 6 Arus Transien 7 Transformator 8 Koefisien Gesekan 9 Meja Gaya 10 Pegas 11 Termometer 12 Resonansi 13 Kisi Difraksi Mahasiswa mengumpulkan laporan resmi praktikum sebelumnya. mengerjakan tes awal yang diberikan asisten . mengerjakan tes awal yang diberikan asisten . dan melakukan praktikum dan membuat laporan sementara. Mahasiswa mengumpulkan laporan resmi praktikum sebelumnya. Mahasiswa mengumpulkan laporan resmi praktikum sebelumnya. Mahasiswa mengumpulkan laporan resmi praktikum sebelumnya. pertanyaan awal praktikum yang akan dilakukan yang ada pada petunjuk praktikum. pertanyaan awal praktikum yang akan dilakukan yang ada pada petunjuk praktikum. mengerjakan tes awal yang diberikan asisten . pertanyaan awal praktikum yang akan dilakukan yang ada pada petunjuk praktikum. dan melakukan praktikum dan membuat laporan sementara. Mahasiswa mengumpulkan laporan resmi praktikum sebelumnya. dan melakukan praktikum dan membuat laporan sementara. dan melakukan praktikum dan membuat laporan sementara. pertanyaan awal praktikum yang akan dilakukan yang ada pada petunjuk praktikum. pertanyaan awal praktikum yang akan dilakukan yang ada pada petunjuk praktikum. dan melakukan praktikum dan membuat laporan sementara. dan melakukan praktikum dan membuat laporan sementara. mengerjakan tes awal yang diberikan asisten . Mahasiswa mengumpulkan laporan resmi praktikum sebelumnya.

Penilaian: • Penilaian Seluruh Proses Praktikum (60%) Terdiri dari : Tes Awal dan Pertanyaan Awal : Aktivitas Praktikum Laporan Resmi • 3. • UAS : Seluruh materi praktikum 2. • Pertanyaan Awal : Teori dasar atau pemahaman awal yang diperlukan sebelum melakukan tiap topik praktikum (Soal terdapat pada petunjuk praktikum). dan melakukan praktikum dan membuat laporan sementara. mengerjakan tes awal yang diberikan asisten . UAS [1] Bab XIV Catatan : 1. pertanyaan awal praktikum yang akan dilakukan yang ada pada petunjuk praktikum. 3 / 5 . Materi ujian • Tes Awal : Materi yang berhubungan dengan praktikum yang dilakukan (Soal diberikan oleh asisten praktikum).14 Indeks Bias Zat Cair Mahasiswa mengumpulkan laporan resmi praktikum sebelumnya. UAS (40%) : : 33 1 % 3 (Tes Awal 50% dan Pertanyaan Awal 50%) 33 % 33 1 % 3 1 3 Catatan penting lain : (Bila ada) Praktikum Fisika – hal.

8 1.4. Mahasiswa dapat menentukan tetapan waktu τ .4.4.4.8 1.3. 4 / 5 . 7 Mahasiswa mampu menghitung efisiensi tranformator dan menunjukkan hubungan antara efisiensi terhadap perubahan tegangan atau kuat arus pada transformator. Mahasiswa dapat menentukan hambatan dalam voltmeter. Mahasiswa dapat menentukan nilai rasistansi lampu pijar.3. Mahasiswa dapat menjelaskan hukum Snellius.8 1.4.8 [1].3. Mahasiswa dapat membuat grafik hubungan tegangan yang terpakai dan hambatan 5 lampu pijar. Mahasiswa dapat menyebutkan dan dapat menggunakan jenis-jenis alat ukur. Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh hambatan dalam baterai pada rangkaian listrik. Mahasiswa dapat membuat grafik hubungan tegangan yang terpakai dan kuat arus. Mahasiswa dapat menghitung daya yang terpakai.4. Mahasiswa dapat membuat grafik hubungan tegangan dan daya yang terpakai Mahasiwa dapat mengambarkan grafik hubungan antara perubahan tegangan dan waktu.7. dan baterai. Mahasiswa dapat menentukan termometer sederhana dan menera termometer tersebut 11 dengan termometer Celcius.3.4.7.3. Mahasiswa dapat menentukan kan koefisien gesekan statis dan kinetis antara dua 8 bidang yang saling bergesekan.4.8 1. amperemeter. Mahasiswa dapat menentukan panjang gelombang cahaya dengan menggunakan kisi 13 difraksi.7.7.7.3. Kompetensi 1.8 1.7.3.7. Mahasiswa dapat menentukan cepat rambat bunyi di udara dan frekuensi garputala 12 dengan menggunakan percobaan resonansi.3.3.7.4. Mahasiwa dapat mengambarkan grafik hubungan antara perubahan kuat arus dan 6 waktu.3.8 1.7. Petunjuk Praktikum Fisika Dasar Rincian Tujuan Instruksional Khusus N Tujuan Instruksional Khusus o.8 1.8 1.4.4.3.8 1.3.7.7.3.8 Praktikum Fisika – hal.4.4.3.8 1. Mahasiswa dapat menjelaskan terjadinya aliran listrik pada peristiwa elektrolisa dan 4 dapat menentukan tara kimia listrik tembaga. dan 1 dapat menghitung kesalahannya 2 Mahasiswa dapat menganalisis rangkaian elektronika berdasarkan hukum Ohm. 14 Mahasiswa mampu menentukanindeks bias zat cair dengan menggunakan cermin cekung. Mahasiswa mampu menentukan resultan gaya dan kaitannya dengan kesetimbangan 9 translasi.7.4. N P dan NS.7.8 1.7.3.8 1.8 1. Mahasiswa dapat menentukan hubungn antara gaya yang meregangkan sebuah pegas 10 dengan pertambahan panjangnya. Mahasiswa dapat menunjukkan hubungan antara EP dan E S. Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh hambatan dalan amperemeter dan voltmeter 3 pada pengukuran kuat arus dan tegangan pada rangkaian listrik.4.Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Satuan Acara Pengajaran Nama Matakuliah Nomor Matakuliah Semester Jumlah Kredit Jumlah Pertemuan/ minggu Status mata kuliah Prasyarat/ ko-syarat Dosen E-mail dosen Kompetensi Buku acuan/ rujukan Praktikum Fisika Dasar PHY101P 2 1 sks 1 kali (@ 150 menit) Wajib (K): Fisika Dasar Tim Dosen 1.7.

Hambatan dalam Amperemeter dan Voltmeter 3. Hambatan dalam baterai Voltameter Lampu Pijar Arus Transien Transformator UTS Koefisien Gesekan Meja Gaya Pegas Termometer Resonansi Kisi Difraksi Indeks Bias Zat Cair UAS [1]. sambil diskusi. Materi ujian • Tes Awal : Materi yang berhubungan dengan praktikum yang dilakukan (Soal diberikan oleh asisten praktikum). UAS (40%) : : 33 1 % 3 33 1 % 3 33 1 % 3 (Tes Awal 50% dan Pertanyaan Awal 50%) Catatan penting lain : (Bila ada) Praktikum Fisika – hal. • Pertanyaan Awal : Teori dasar atau pemahaman awal yang diperlukan sebelum melakukan tiap topik praktikum (Soal terdapat pada petunjuk praktikum). sambil diskusi. • UAS : Seluruh materi praktikum 2. fisika serta penjelasan menggunakan white board. Petunjuk Praktikum Fisika Dasar Catatan : 1. dan kesalahannya.1. Teknik Penyampaian Penjelasan menggunakan white board. Petunjuk Praktikum Fisika Dasar 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 Hukum Ohm 3.Deskripsi Kegiatan TIK 1 Topik bahasan/ sub topik bahasan Pengenalan peralatan praktikum. Penilaian: • Penilaian Seluruh Proses Praktikum (60%) Terdiri dari : Tes Awal dan Pertanyaan Awal : Aktivitas Praktikum Laporan Resmi • 3. Praktikum tiap kelompok di lab. fisika serta penjelasan menggunakan white board. 5 / 5 . sambil diskusi dan tanya jawab. dan tanya jawab bila diperlukan Rujukan [1].2. pengukuran. dan tanya jawab bila diperlukan Praktikum tiap kelompok di lab.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful