Rokok

Gambar untuk rokok :

Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya. Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusanbungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung(walapun pada kenyataanya itu hanya tinggal hiasan, jarang sekali dipatuhi). Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencobacoba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam. Telah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok sangat menyebabkan kecanduan, disamping menyebabkan banyak tipe kanker, penyakit jantung, penyakit pernapasan, penyakit pencernaan, efek buruk bagi kelahiran, dan emfisema.[1][2]

Jenis rokok
Rokok dibedakan menjadi beberapa jenis. Pembedaan ini didasarkan atas bahan pembungkus rokok, bahan baku atau isi rokok, proses pembuatan rokok, dan penggunaan filter pada rokok. Rokok berdasarkan bahan pembungkus.
y y y

Klobot: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun jagung. Kawung: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun aren. Sigaret: rokok yang bahan pembungkusnya berupa kertas.

Sigaret Kretek Mesin (SKM): rokok yang proses pembuatannya menggunakan mesin. satu pres berisi 10 pak. Sigaret Kretek Mesin Light Mild (SKM LM): rokok mesin yang menggunakan kandungan tar dan nikotin yang rendah. dll. dihubungkan dengan mesin pembungkus rokok sehingga keluaran yang dihasilkan bukan lagi berupa rokok batangan namun telah dalam bentuk pak. Contoh: A Mild. dan kemenyan yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. Rokok Kretek: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. Mesin pembuat rokok. Ada pula mesin pembungkus rokok yang mampu menghasilkan keluaran berupa rokok dalam pres. LA Light. Djarum Super. y y y Rokok Putih: rokok yang bahan baku atau isinya hanya daun tembakau yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. 2. Keluaran yang dihasilkan mesin pembuat rokok berupa rokok batangan. Rokok berdasarkan bahan baku atau isi. Pada SKM. Sayangnya. Sigaret Kretek Mesin sendiri dapat dikategorikan kedalam 2 bagian : 1. biasanya. Star Mild. Rokok Klembak: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau. Rokok berdasarkan proses pembuatannya. y y Rokok Filter (RF): rokok yang pada bagian pangkalnya terdapat gabus. Sigaret Kretek Mesin Full Flavor (SKM FF): rokok yang dalam proses pembuatannya ditambahkan aroma rasa yang khas. cengkeh. lingkar pangkal rokok dan lingkar ujung rokok sama besar. material rokok dimasukkan ke dalam mesin pembuat rokok. U Mild. Sederhananya. Clas Mild. y y Sigaret Kretek Tangan (SKT): rokok yang proses pembuatannya dengan cara digiling atau dilinting dengan menggunakan tangan dan atau alat bantu sederhana. Contoh: Gudang Garam Filter Internasional. Rokok Non Filter (RNF): rokok yang pada bagian pangkalnya tidak terdapat gabus. Rokok berdasarkan penggunaan filter. Saat ini mesin pembuat rokok telah mampu menghasilkan keluaran sekitar enam ribu sampai delapan ribu batang rokok per menit.y Cerutu: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun tembakau. dll. Surya Slim. Rokok jenis ini jarang menggunakan aroma yang khas. belum ditemukan mesin yang mampu menghasilkan SKT karena terdapat perbedaan diameter pangkal dengan diameter ujung SKT. .

Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain. dsb. persepsi positif. 3. karena anda adalah orang yang smart / pandai. 2.Efek Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia . sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. pahala. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok: 1. nikotin. sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa. Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok. dan lain sebagainya. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri. 4. Buang Uang Dan Dosa Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Ketagihan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok. y y . Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa. 5. kesehatan. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya. sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Kesimpulan : Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang. karbon monoksida. Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik. Maka bersyukurlah anda jika belum merokok. 6. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar. sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker. yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. kehidupan sosial.Akibat Sebatang Rokok Racun. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya. Candu. sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin.

Batuk-batuk atau sesak napas .Cita rasa / selera makan berkurang .Cita rasa / selera makan berkurang . namun pengaruh CO yang dihirup oleh perokok dengan sedikit demi sedikit. lidah atau bibir Nikotin Nikotin merangsang bangkitnya adrenalin hormon dari anak ginjal yang menyebabkan : . dan Nikotin tersebut berpengaruh terhadap syaraf yang menyebabkan : .Batuk-batuk atau sesak napas . Karbon mono oksida lebih mudah terikat pada hemoglobin daripa da oksigen Oleh sebab itu.Meningkatkan tekanan darah serta kadar kholesterol dalam darah. CO.Jantung berdebar-debar .Meningkatkan tekanan darah serta kadar kholesterol dalam darah. dengan lambat namun pasti akan berpengaruh negatif pada jalan napas dan pada pembuluh darah. Pada seorang perokok tidak akan sampai terjadi keracunan CO. dan tar tersebut tertimbun disaluran itu yang menyebabkan : . tar dan nikotine (yang terjadi juga dari pembakaran tembakau tersebut) dihirup masuk ke dalam jalan napas. Dalam asap rokok yang membara karena diisap. tangan gemetar (tremor) . darah orang yang kemasukan CO banyak. yang disamping asapnya sendiri. tangan gemetar (tremor) . yang disamping asapnya sendiri. tar dan nikotine (yang terjadi juga dari pembakaran tembakau tersebut) dihirup masuk ke dalam jalan napas.Tar yang menempel di jalan napas dapat menyebabkan kanker jalan napas. CO. lidah atau bibir Nikotin Nikotin merangsang bangkitnya adrenalin hormon dari anak ginjal yang menyebabkan : . dan Nikotin tersebut berpengaruh terhadap syaraf yang menyebabkan : .Ibu-ibu hamil yang suka merokok dapat kemungkinan keguguran kandunganny a Tar dan Asap Rokok Tar dan asap rokok merangsang jalan napas. tembakau terbakar kurang sempurna sehingga menghasilkan CO (karbon mono oksida).Gelisah.enghasilkan CO (karbon mono oksida). Tar.Ibu-ibu hamil yang suka merokok dapat kemungkinan keguguran kandungannya Tar dan Asap Rokok Tar dan asap rokok merangsang jalan napas. Tar. sesungguhnya sudah mulai terasa pada waktu orang baru mulai menghisap rokok.Tar yang menempel di jalan napas dapat menyebabkan kanker jalan napas. tang erat dengan terjadinya serangan jantung Gas CO (Karbon Mono Oksida) Gas CO juga berpengaruh negatif terhadap jalan napas dari pembuluh darah. AKIBAT ROKOK Akibat negatif dari rokok. .Jantung berdebar-debar . dan tar tersebut tertimbun disaluran itu yang menyebabkan : .Gelisah. akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen dan orang dapat meninggal dunia karena keracunan karbon mono oksida.

namun pengaruh CO yang dihirup oleh perokok dengan sedikit demi sedikit. dengan lambat namun pasti akan berpengaruh negatif pada jalan napas dan pada pembuluh darah. tar dan nikotine (yang terjadi juga dari pembakaran tembakau tersebut) dihirup masuk ke dalam jalan napas. darah orang yang kemasukan CO banyak. sesungguhnya sudah mulai terasa pada waktu orang baru mulai menghisap rokok. yang disamping asapnya sendiri. dengan lambat namun pasti akan berpengaruh negatif pada jalan napas dan pada pembuluh darah. tangan gemetar (tremor) . tang erat dengan terjadinya serangan jantung Gas CO (Karbon Mono Oksida) Gas CO juga berpengaruh negatif terhadap jalan napas dari pembuluh darah. Pada seorang perokok tidak akan sampai terjadi keracunan CO. akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen dan orang dapat meninggal dunia karena keracunan karbon mono oksida.Tar yang menempel di jalan napas dapat menyebabkan kanker jalan napas. AKIBAT ROKOK Akibat negatif dari rokok. AKIBAT ROKOK Akibat negatif dari rokok. darah orang yang kemasukan CO banyak.Batuk-batuk atau sesak napas . Dalam asap rokok yang membara karena diisap. akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen dan orang dapat meninggal dunia karena keracunan karbon mono oksida. sesungguhnya sudah mulai terasa pada waktu orang baru mulai menghisap rokok. Karbon mono oksida lebih mudah terikat pada hemoglobin daripada oksigen Oleh sebab itu. tar dan nikotine (yang terjadi juga dari pembakaran tembakau tersebut) dihirup masuk ke dalam jalan napas. namun pengaruh CO yang dihirup oleh perokok dengan sedikit demi sedikit.Meningkatkan tekanan darah serta kadar kholesterol dalam darah.tang erat dengan terjadinya serangan jantung Gas CO (Karbon Mono Oksida) Gas CO juga berpengaruh negatif terhadap jalan napas dari pembuluh darah. Dalam asap rokok yang membara karena diisap. tembakau terbakar kurang sempurna sehingga menghasilkan CO (karbon mono oksida).Gelisah.Cita rasa / selera makan berkurang .Jantung berdebar-debar . dan tar tersebut tertimbun disaluran itu yang menyebabkan : . yang disamping asapnya sendiri.Ibu-ibu hamil yang suka merokok dapat kemungkinan keguguran kandungannya Tar dan Asap Rokok Tar dan asap rokok merangsang jalan napas. CO. Karbon mono oksida lebih mudah terikat pada hemoglobin daripada oksigen Oleh sebab itu. . lidah atau bibir Nikotin Nikotin merangsang bangkitnya adrenalin hormon dari anak ginjal yang menyebabkan : . dan Nikotin tersebut berpengaruh terhadap syaraf yang menyebabkan : . Pada seorang perokok tidak akan sampai terjadi keracunan CO. Tar. tembakau terbakar kurang sempurna sehingga menghasilkan CO (karbon mono oksida).

Ibu-ibu hamil yang suka merokok dapat kemungkinan keguguran kandungannya Tar dan Asap Rokok Tar dan asap rokok merangsang jalan napas. tang erat dengan terjadinya serangan jantung Gas CO (Karbon Mono Oksida) Gas CO juga berpengaruh negatif terhadap jalan napas dari pembuluh darah. akan berkurang daya . tangan gemetar (tremor) .Tar yang menempel di jalan napas dapat menyebabkan kanker jalan napas. Tar. Karbon mono oksida lebih mudah terikat pada hemoglobin darip ada oksigen Oleh sebab itu. dengan lambat namun pasti akan berpengaruh negatif pada jalan napas dan pada pembuluh d AAKIBAT ROKOK Akibat negatif dari rokok. dan tar tersebut tertimbun disaluran itu yang menyebabkan : . dan Nikotin tersebut berpengaruh terhadap syaraf yang menyebabkan : .Cita rasa / selera makan berkurang .Batuk-batuk atau sesak napas . CO.Gelisah. darah orang yang kemasukan CO banyak.Gelisah. Karbon mono oksida lebih mudah terikat pada hemoglobin daripada oksigen Oleh sebab itu. tembakau terbakar kurang sempurna sehingga menghasilkan CO (karbon mono oksida). Pada seorang perokok tidak akan sampai terjadi keracunan CO. tar dan nikotine (yang terjadi juga dari pembakaran tembakau tersebut) dihirup masuk ke dalam jalan napas.Meningkatkan tekanan da Gas CO juga berpengaruh negatif terhadap jalan napas dari pembuluh darah.Meningkatkan tekanan darah serta kadar kholesterol dalam darah. tangan gemetar (tremor) . lidah atau bibir Nikotin Nikotin merangsang bangkitnya adrenalin hormon dari anak ginjal yang menyebabkan : .Jantung berdebar-debar .Ibu-ibu hamil yang suka merokok dapat kemungkinan keguguran kandungannya Tar dan Asap Rokok Tar dan asap rokok merangsang jalan napas. dan Nikotin tersebut berpengaruh terhadap syaraf yang menyebabkan : .Jantung berdebar-debar . lidah atau bibir Nikotin Nikotin merangsang bangkitnya adrenalin hormon dari anak ginjal yang menyebabkan : . akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen dan orang dapat meninggal dunia karena keracunan karbon mono oksida. Dalam asap rokok yang membara karena diisap. sesungguhnya sudah mulai terasa pada waktu orang baru mulai menghisap rokok. dan tar tersebut tertimbun disaluran itu yang menyebabkan : .CO. darah orang yang kemasukan CO banyak.Tar yang menempel di jalan napas dapat menyebabkan kanker jalan napas.Batuk-batuk atau sesak napas . Tar. namun pengaruh CO yang dihirup oleh perokok dengan sedikit demi sed ikit.Cita rasa / selera makan berkurang . yang disamping asapnya sendiri.

Pada seorang perokok tidak akan sampai terjadi keracunan CO. Dalam asap rokok yang membara karena diisap. lidah atau bibir Nikotin Nikotin merangsang bangkitnya adrenalin hormon dari anak ginjal yang menyebabkan : .Jantung berdebar-debar . akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen dan orang dapat meninggal dunia karena keracunan karbon mono oksida.Gelisah. Karbon mono oksida lebih mudah terikat pada hemoglobin daripada oksigen Oleh sebab itu. CO.Batuk-batuk atau sesak napas . dan tar tersebut tertimbun disaluran itu yang menyebabkan : . dengan lambat namun pasti akan berpengaruh negatif pada jalan napas dan pada pembuluh darah.Tar yang menempel di jalan napas dapat menyebabkan kanker jalan napas. KIBAT ROKOK Akibat negatif dari rokok. tembakau terbakar kurang sempurna sehingga menghasilkan CO (karbon mono oksida). .Meningkatkan tekanan darah serta kadar kholesterol dalam darah.Cita rasa / selera makan berkurang . Tar. Pada seorang perokok tidak akan sampai terjadi keracunan CO. sesungguhnya sudah mulai terasa pada waktu orang baru mulai menghisap rokok. tangan gemetar (tremor) .Ibu-ibu hamil yang suka merokok dapat kemungkinan keguguran kandunganny a Tar dan Asap Rokok Tar dan asap rokok merangsang jalan napas. dengan lambat namun pasti akan berpengaruh negatif pada jalan napas dan pada pembuluh darah. tar dan nikotine (yang terjadi juga dari pembakaran tembakau tersebut) dihirup masuk ke dalam jalan napas. dan Nikotin tersebut berpengaruh terhadap syaraf yang menyebabkan : .angkutnya bagi oksigen dan orang dapat meninggal dunia karena keracunan karbon mono oksida. tang erat dengan terjadinya serangan jantung Gas CO (Karbon Mono Oksida) Gas CO juga berpengaruh negatif terhadap jalan napas dari pembuluh darah. darah orang yang kemasukan CO banyak. namun pengaruh CO yang dihirup oleh perokok dengan sedikit demi sedikit. yang disamping asapnya sendiri. namun pengaruh CO yang dihirup oleh perokok dengan sedikit demi sedikit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful