CIRI-CIRI UMUM

:

-

tipe sel: sel Prokariotik (sama dengan bakteri) Uniseluler dan Multiseluler Memiliki pigmen fikosianin Klorofil tidak di dalam kloroplas, tetapi tersebar di seluruh sitoplasma
CONTOH SPESIES

1. Alga biru uniseluler - Chroococcus -> hidup di air/kolam yang tenang - Gloeocapsa -> hidup pada batu atau epifit pada tumbuhan lain 2. Alga biru uniseluler berkoloni - Polycistis - Spirulina -> dapat diolah menjadi makanan kesehatan (food suplement) 3. Alga biru berbentuk benang - Oscillatoria - Nostoc commune - anabaena azollae dan anabaena cycadae bersimbiosis dengan Azolla pinnata dan Cycas rumphii. Simbiosis Anabaena azollae dnegan Azolla pinnata sebagai alternatif pupuk Urea, karena simbiosis ini dapat meningkatkan kadar Nitrogen di lahan persawahan. Monera adalah sebuah kelompok organisme yang inti selnyamasih belum memiliki membran inti disebut organisme Prokariotik. Ada 2 organisme yang tergolong Monera, yaitu :

1.
2.

Bakteri ..... Ganggang Biru (Cyanophyta)

A. Archaea (Archaebacteria) 1. Prokariotik artinya tidak mempunyai membran inti 2. Dinding selnya sama sekali tidak terbuat dari peptidoglikan 3. Bersifat anaerob, mampu menghasilkan ATP 4. Sukar dibiakkan di laboratorium 5. Archaea kebal terhadap beberapa antibiotik yang berpengaruh pada bakteri, tetapi sensitif terhadap beberapa antibiotik yang berpengaruh pada eukarya. 6. Hidup di lingkungan ekstrim seperti lingkungan dengan kadar garam tinggi, lingkungan panas, dan lingkungan dengan kadar asam tinggi. 5. Cara reproduksinya yaitu: a. Reproduksi Aseksual/vegetatif Caranya dengan pembelahan biner atau pembelahan langsung (tanpa melalui tahapan seperti mitosis). b. Reproduksi Seksual/generatif Caranya dengan konjugasi, pembelahan secara langsung materi genetik di antara dua sel bakteri melalui jembatan sitoplasma. B. Bakteri (Eubacteria) 1. Merupakan sel prokariotik. 2. Dinding sel bakteri mengandung peptidoglikan 3. Bakteri sensitif terhadap antibiotik antibakteri tradisional tetapi kebal terhadap kebanyakan antibiotik yang berpengaruh pada eukarya. 4. Cara reproduksi bakteri yaitu: a. Reproduksi Aseksual/vegetatif Caranya dengan pembelahan biner atau pembelahan langsung (tanpa melalui tahapan seperti mitosis). b. Reproduksi Seksual/generatif Caranya dengan konjugasi, pembelahan secara langsung materi genetik di antara dua sel bakteri melalui jembatan sitoplasma.

Hidup di air tawar. Dapat bersimbiosis seperti dengan lumut hati. pemindahan materi genetik dengan perantara virus. Hidup dalam bentuk uniseluler/koloni/filamen 4. Tidak memiliki flagel tetapi bersifat motil 5. jamur dan invertebrata 7. ialah pemindahan sebagian materi genetik atau DNA atau hanya satu gen bakteri ke bakteri lain dengan proses fisiologi yang kompleks o Transduksi. Menghasilkan antibiotik C. Berperan sebagai perintis/pioner b. contoh: Oscillatoria c. udang. terutama yang berbentuk filamen. 5. transduksi. Memfiksasi N2 bebas dari udara . dan ikan kecil c. Rekombinasi DNA selain dengan proses konjugasi ada proses lain yaitu transformasi. Ukuran lebih besar daripada sel prokariotik 1-50 mikron 3. Mempunyai pigmen fikosianin 2. Bagi manusia dapat dijadikan sebagai bahan pangan yaitu protein sel tunggal (single sel protein). Membentuk asam sulfat dari S d. Peranan bakteri antara lain : a. yang kemudian disebut proses paraseksual. contoh: Gleocapsa b. o Transformasi. Peran ganggang biru-hijau dalam kehidupan : a. Pembelahan sel. Fermetasi makanan e. contoh: Spirullina d. laut dan tanah-tanah lembap 6. Pembentukan spora. Membentuk senyawa nitrat c. Rekombinasi DNA Rekombinasi artinya bergabungnya dua DNA dari sumber yang berbeda. Dalam ekosistem air tawar sebagai produsen bagi zooplankton. Dapat mengikat N2 b. paku-pakuan. Reproduksi ganggang biru-hijau terbagi 3 : a. Ganggang hijau-biru (Cyanobacteria) 1. terutama yang bersel satu.c. dilakukan jika lingkungan kurang menguntungkan 8. Fragmentasi.