ANALISA ZAT PADAT TERLARUT A.

PENDAHULUAN TDS adalah ukuran dari jumlah material yang dilarutkan dalam air. Bahan ini dapat mencakup karbonat, bikarbonat, klorida, sulfat, fosfat, nitrat, kalsium, magnesium, natrium, ion-ion organik, dan ion-ion lainnya. Tingkat tertentu dalam air ion ini diperlukan untuk kehidupan akuatik. Perubahan dalam konsentrasi TDS dapat berbahaya karena densitas air menentukan aliran air masuk dan keluar dari sel-sel organisme. Namun, jika konsentrasi TDS terlalu tinggi atau terlalu rendah, pertumbuhan kehidupan banyak air dapat dibatasi, dan kematian dapat terjadi. Serupa dengan TSS, TDS konsentrasi tinggi juga dapat mengurangi kejernihan air, memberikan kontribusi pada penurunan fotosintesis, gabungkan dengan senyawa beracun dan logam berat, dan menyebabkan peningkatan suhu air. TDS dapat digunakan untuk memperkirakan kualitas air minum, karena mewakili jumlah ion di dalam air. Air dengan TDS tinggi seringkali memiliki rasa yang buruk dan / atau kesadahan air tinggi, dan dapat mengakibatkan efek pencahar. B. TUJUAN Untuk mengetahui kadar zat padat terlarut dalam air sampel (zat padat yang lolos filter dengan ukuran 10 m). C. TINJAUAN PUSTAKA a. Parameter TDS (Total Disolved Solid) merupakan parameter fisik kualitas baku dan merupakan ukuran zat terlarut (baik zat organik maupun anorganik, misalnya : garam). Yang terdapat pada sebuah larutan. TDS meter menggambarkan jumlah zat terlarut part per milion (ppm) atau sama dengan miligram per liter (mg/L) pada air. Aplikasi utama TDS adalah dalam studi kualitas air untuk aliran, sungai dan danau, walaupun TDS umumnya dianggap bukan sebagai polutan utama (misalnya tidak dianggap terkait

walaupun memerlukan banyak waktu dan mengakibatkan ketidaktepatan jika proporsi TDS tinggi yang terdiri atas titik didih bahan kimia organik yang rendah. kalium dan klorida. aliran air dari tanah yang tercemar. yang akan menguap bersama dengan air. d. Gravimetry Metode gravimetric merupakan metode pengukuran TDS yang paling akurat dan melibatkan penguapan cairan pelarut untuk meninggalkan residu yang kemudian dapat ditimbang dengan menggunakan presisi analitas saldo (biasanya mampu mengukur dengan keakuratan 0. fosfat. nitrat. Dalam keadaan paling umum garam anorganik terdiri dari sebagian besar TDS. dan metode gravimetric sesuai untuk digunakan sebagai pemeriksaannya. namun memberikan rasa spesifik terhadap air. Senyawa kimia TDS merupakan total zat terlarut yang terdiri dari zat organik dan anorganik. Bentuk di alam TDS sering ditemukan dalam bentuk larutan yang berasal dari limpasan air pertanian. Metode pemeriksaan Ada dua macam metode yang digunakan untuk mengukur kualitas suatu larutan. Tampilan air yang mengandung TDS tinggi seringkali tidak merubah warna air (kelihatan jernih). . Untu mengukur TDS. Yang lebih umum adalah konstituen kimia kalsium. c. yang terdapat dalam limpasan air hujan dan limpasan dari iklim bersalju. natrium.0001 gram). Metode ini umumnya adalah metode yang terbaik.dengan efek kesehatan). Pembentukan TDS secara alami yaitu dari pelapukan batu dan tanah. tetapi digunakan sebagai indikasi karakteristik estetika air minum dan sebagai indikator agregat kehadiran array yang luas dari kontaminan kimia. b. Contoh sederhana dari air yang mengandung TDS tinggi adalah air laut dan air payau. sumber pencemar air dari pabrik atau pengolahan limbah pabrik. metodenya adalah : 1.

Standar baku mutu Air dapat diklasifikasikan berdasarkan berdasarkan jumlah TDS per liter : untuk air tawar < 1500 mg / L dan air payu < 5000 mg / L. yang dapat diukur dengan menggunakan konvensional konduktivitas meter atau TDS meter. y Padatan tersuspensi akan mengurangi penetrasi sinar matahari ke dalam air. maka akan terjadi akumulasi garam di dalam ginjal manusia dalam waktu lama. yaitu air menjadi seperti garam. Dampak terhadap kesehatan TDS tidak berdampak langsung pada kesehatan karena efek kandungan TDS di dalam air addalah memberi rasa pada air. METODE a) Bahan y Contoh air b) Alat y y y Cawan porselin Oven Desikator .2. Ion dari konsentrasi padatan terlarut dalam air menciptakan kemampuan pada air untuk menghasilkan arus listrik. biasanya digunakan untuk pengukuran sepuluh persen akurasi. yaitu mempengaruhi egenerasi oksigen serta fotosintesis. Ketika laboratorium berkorelasi dengan pengukuran TDS. g. e. Electrical conductivity Konduktivitas listrik air secara langsung berhubungan dengan konsentrasi padatan terlarut yang terionisasi dalam air. konduktivitas memberikan nilai perkiraan untuk TDS konsentrasi. Sehingga lama kelamaan akan mempengaruhi fungsi fisiologis ginjal. terutama dapat menghambat resapan air dalam tanah dengan cara menutupi pori-pori. Sehingga jika air yang tidak sengaja mengandung TDS terminum. Dampak terhadap lingkungan y Kandungan TDS dapat berdampak buruk pada lingkungan. f. D.

PEMBAHASAN G. E. DAFTAR PUSTAKA . 3) Sampel yang lolos dari filter kertas tuangkan ke dalam caawan dengan volume < 200 ml. 5) Timbang. KESIMPULAN DAN SARAN H. 2) Dinginkan dalam desikator dan timbang segera. HASIL PENGAMATAN DAN PERHITUNGAN a) Hasil Pengamatan b) Perhitungan Dengan menngunakan rumus:      A = Berat cawan dan residu setelah pemanasan B = Berat cawan kosong C = ml sampel F. 4) Cawan yang berisi sampel tersebut diuapkan dan keringkan dalam oven.y y y y Timbangan Fiber Glass Penjepit Gelas Ukur c) Cara Kerja 1) Cawan digunakan pada suhu 550oC selama 1 jam dan kemudian pindahkan pada oven dengan suhu 105 oC.

Besarannya dinyatakan dalam minus logaritma dari konsentrasi ion H. C. yang kalau diperhatikan lebih jauh. Karena untuk menuliskan 0. Berikut adalah beberapa cara pangananan pH. PENDAHULUAN pH merupakan suatu ekpresi dari konsentrasi ion hidrogen (H+) di dalam air.(negatif) dibelakang angka maka dikalikan lagi dengan tanda . Tetapi karena ada tanda . .000001 bagian dari total larutan. Oleh karena itu. Sebagai contoh. TINJAUAN PUSTAKA a) Penanganan pH Penanganan atau pengubahan nilai pH akan lebih efektif apabila alkalinitas ditanganai terlebih dahulu. itu artinya konsentrasi H dalam air tersebut adalah 0. sehingga dengan diketahuinya nilai pH maka kita akan tahu apakah air tersebut sesuai atau tidak untuk menunjang kehidupan mereka. pH adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan alkalinitas atau keasaman suatu zat sebagai peringkat pada skala 0-14.(minus) sehingga diperoleh angka positif 6. Besaran pH berkisar dari 0 (sangat asam) sampai dengan 14 (sangat basa/alkalis).pH A.000001 terlalu panjang maka angka tersebut dilogaritmakan sehingga manjadi -6. kalau ada pernyataan pH 6. Nilai pH kurang dari 7 menunjukkan lingkungan yang masam sedangkan nilai diatas 7 menunjukkan lingkungan yang basa (alkalin). Sedangkan pH = 7 disebut sebagai netral. Selain itu ikan dan mahluk-mahluk akuatik lainnya hidup pada selang pH tertentu. Ph sangat penting sebagai parameter kualitas air karena ia mengontrol tipe dan laju kecepatan reaksi beberapa bahan di dalam air. TUJUAN Untuk mengetahui kadar keasaman dan kebasaan contoh air. B. pH diartikan sebagai "-(minus) logaritma dari konsenstrasi ion H". Sehingga dituliskan menjadi pH = .log (H+). cenderung mengarah pada penanganan kesadahan atau alkalinitas.0.

seperti 3. Semua metode ini tidak cocok untuk menentukan pembangunan pH pada waktunya. Metode yang paling akurat untuk menentukan pH mengukur perubahan warna dalam percobaan laboratorium kimia. pertama kali harus dilakukan pengukuran KH.y Penurunan pH Untuk menurunkan pH. Apabila nilia pH terlalu tinggi (lebih dari 8) sedangkan KH tergolong bagus ( antara 6-12)maka hal ini merupakan petunjuk terjadinya proses keseimbangan yang buruk. Ketika kertas didorong ke dalam larutan itu akan berubah warna. y Peningkatan pH Menaikkan pH dapat dilakukan dengan memberikan aerasi yang intensif. Sama fungsinya seperti daun ketapang.03. b) Metode untuk menentukan pH Ada beberapa metode yang berbeda untuk mengukur pH. Setiap warna yang berbeda menunjukkan nilai pH yang berbeda. yang mampu menentukan nilai-nilai pH yang lebih kecil. melewatkan air melewati pecahan koral.07 dan 2. . seperti 5. Atau dengan menambahkan dekorasi berbahan dasar kapur seperti tufa. kayu pohon asam dan sejenisnya. bisa juga dilakukan dengan mengganti sebagaian air dengan air yang berkesadahan rendah. Salah satunya adalah dengan menggunakan indikator pH ketenangan kertas.5 atau 8. Atau dengan melakukan penggantian air. biasanya yang digunakan adalah peat moss (gambut yang berasal dari moss). atau air suling (air destilata). atau pasir koral. Apabila nilai KH terlalu tinggi (12 atau lebih) maka KH tersebut perlu diturunkan terleibh dahulu. air hujan atau air yang direbus. Metode ini sangat tidak akurat dan tidak cocok untuk menentukan nilai pH lebih tepat. Dengan metode ini dapat menentukan nilai pH.5. air bebas ion. yang biasanya secara otomatis akan diikuti oleh menurunnya nilai pH. Penurunan pH dapat dilakukan dengan melalukan air melewati gambut (peat). Bogwood adalah semacam kayu yang dapat memliki kemampuan menjerap kesadahan. Selain itu bisa juga dapat dilakukan dengan menambahkan bogwood kedalam akuairum. Itulah mengapa ada sekarang tes-string yang tersedia. pecahan kulit kerang atau potongan batu kapur.

Ketika suatu zat asam kuat akan memberikan lebih banyak ion H + ke dalam air. ion akan terpisah. akan memberikan sebuah ion hidrogen pada air. Beberapa elektroda berisi gel yang memiliki properti yang sama seperti 3M-cairan. Dalam fluida terdapat perak dan platina kabel. Jumlah ion hidrogen bahwa air akan menerima menentukan pH. Air akan daripada menjadi asam. . Asam dan basa Ketika asam masukkan air. Ketika natrium hidroksida memasuki air akan terpisah ke dalam natrium dan ion hidroksida. PH-elektroda Sebuah elektroda pH adalah sebuah tabung yang cukup kecil untuk memasukkannya ke dalam botol-botol sampel. karena mengandung membran kecil. H + dan OH-ion akan masuk elektroda melalui membran ini. Itu sebabnya suhu juga disajikan pada pH meter.1. Basa juga mengalami pemisahan ion mereka ketika memasuki air. 2. Ion akan menciptakan sedikit muatan positif dan muatan negatif yang sedikit di setiap ujung elektroda. Hal ini akan menurunkan pH air. hidrogen klorida akan terpisah menjadi ion hidrogen dan klorin. Ketika sebuah zat asam berakhir di air. Basa kuat akan memberikan lebih OH-. Jenis khusus yang terletak di dalam cairan elektroda. Sistem ini sangat rapuh. Sebagai contoh. Potensi adalah co-tergantung pada suhu larutan. Ketika memasuki substansi dasar air itu akan mengambil ion hidrogen. Ini terkait dengan pH meter melalui sebuah kabel. ini biasanya "3M Kalium Klor". Potensi pungutan menentukan jumlah H + dan OH-ion dan saat ini ditentukan pH akan muncul secara digital pada pH meter.

pH. Akibatnya.D. PENDAHULUAN Salinitas adalah kadar garam terlarut dalam air.05 Air payau 3 %3 Air saline 5 %> 5 % Brine < 0. substrat dan lain-lain. Salinitas suatu kawasan menentukan dominansi makhluk hidup pada daerah tersebut. selain suhu.05 %0. PEMBAHASAN G. curah hujan. TUJUAN C. presipitasi dan topografi suatu perairan. Satuan salinitas adalah per mil (Å). METODE a) Bahan y y Contoh air Air suling b) Alat y y pH-meter Beakerglass c) Cara Kerja E. salinitas suatu perairan dapat sama atau berbeda dengan perairan lainnya. KESIMPULAN DAN SARAN H.05 . Salinitas dipengaruhi oleh pasang surut. laut dan payau. yaitu jumlah berat total (gr) material padat seperti NaCl yang terkandung dalam 1000 gram air laut Salinitas merupakan bagian dari sifat fisikkimia suatu perairan. DAFTAR PUSTAKA SALINITAS A. misalnya perairan darat. Kisaran salinitas air laut adalah 30-35Å. HASIL PENGAMATAN DAN PERHITUNGAN F. estuari 5-35Å dan air tawar 0. Suatu kawasan dengan salinitas tertentu didominasi oleh suatu spesies tertentu terkait dengan tingkat toleransi spesies tersebut terhadap salinitas yang ada. TINJAUAN PUSTAKA Salinitas air berdasarkan persentase garam terlarut Air tawar < 0.5-5%. B. penguapan.05 %0.

TUJUAN C. listrik.id/public/ITS-Undergraduate-9622-1505100040- Chapter1. TINJAUAN PUSTAKA a. PEMBAHASAN G. Jadi konduktivitas meningkat sebagai spesies ion terlarut air.pdf.005-.05 S / m 3. http://digilib. HASIL PENGAMATAN DAN PERHITUNGAN F.D. Khas konduktivitas perairan: 1.ac.its. air suling Biasa dalam keseimbangan dengan karbon dioksida dari udara memiliki konduktivitas sekitar 10 x 10-6 W-1m *-1 (20 dS / m). METODE a) Bahan y Contoh air b) Alat y Conductivity c) Cara Kerja . Satuannya adalah Siemens per meter [S] m / di SI dan millimhos per [mmho centimeter] cm / dalam adat unit AS. Air konduktivitas Air murni adalah bukan konduktor listrik yang baik. Ultra air murni 5. diakses tanggal 30 juni 2010 CONDUCTIVITY A. KESIMPULAN DAN SARAN H. Definisi dan deskripsi Konduktivitas suatu zat didefinisikan sebagai 'kemampuan atau kekuatan untuk melakukan atau mengirimkan panas. Air laut 5 S / m D. Karena arus listrik diangkut oleh ion dalam larutan. DAFTAR PUSTAKA I. dengan konduktivitas meningkat sebagai konsentrasi ion meningkat. Minum air . PENDAHULUAN B. No Name. Pendahuluan. b. METODE E.5 ° 10-6 S / m 2. atau suara'. simbol adalah k atau s.

Secara mikroskopis. Empat macam termometer yang paling dikenal adalah Celsius. . PEMBAHASAN G. baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan di tempat berupa getaran.1. Angka elektroda dari sampel dan bilas dengan aquades E. Sambungkan alat dengan sumber listrik 2. Celupkan elektroda ke dalam sampel sampai cukup terendam 5. Reumur. KESIMPULAN DAN SARAN H. Baca angka pada skala. Isi beakerglass 100ml dan isi dengan sampel 3. DAFTAR PUSTAKA PEMERIKSAAN SUHU A. Makin tingginya energi atom-atom penyusun benda. Tekan tombol pengukuran untuk turbiditas dan tombol perkalian (x1 . PENDAHULUAN Suhu menunjukkan derajat panas benda. makin tinggi suhu benda tersebut. 8. Fahrenheit dan Kelvin. x10) dengan satuan Us/cm. Setel alat pada conductivitymeter 6. Suhu juga disebut temperatur yang diukur dengan alat termometer. 7. kemudian kalikan dengan perkalian yang dipilih. Setiap atom dalam suatu benda masing-masing bergerak. Bilas elektroda dengan sampel yang akan diukur 4. HASIL PENGAMATAN DAN PERHITUNGAN F. Mudahnya. semakin tinggi suhu suatu benda. suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. semakin panas benda tersebut.

TUJUAN Untuk mengetahui suhu pada contoh air. . diamkan sesaat sampai angka yang ditunjukkan konstan. PEMBAHASAN G. HASIL PENGAMATAN DAN PERHITUNGAN F. Parameter Air. 2003.com/applications/ultrapure/conductivity/water-conductivity.http://www. C.htm. diakses tanggal 21 jui 2010. http://www. DAFTAR PUSTAKA Noname. METODE a) Bahan y Contoh air b) Alat y Termometer c) Cara Kerja y Celupkan termometer ke dalam sampel yang akan diukur sambil digoyangkan sesekali. E. TINJAUAN PUSTAKA D. KESIMPULAN DAN SARAN H.B.o-fish.com/parameter_air.htm.lenntech.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful