SATUAN ACARA PERKULIAHAN PENDIDIKAN AGAMA II (IBADAH & AKHLAQ) Nama Mata Kuliah Dosen Standar Kompetensi : Pendidikan Agama

II : Alim Roswantoro, S.Ag., M.Ag. : Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan ruang lingkup Ibadah dan Akhlaq serta menerapkannya dalam kehidupan beragama Kompetensi Dasar : 1. Mahasiswa mampu memahami pengertian dan ruang lingkup ibadah baik yang mahdhah maupun ghairu mahdah, 2. Mahasiswa mampu memahami pengertian dan ruang lingkup akhlaq baik menyangkut perilaku moral terhadap diri sendiri, sesama manusia, negara, alam sekitar, dan bahkan profesi. 3. Mahasiswa mampu mengapresiasi nilai-nilai ibadah dan akhlaq daam Islam dan cakap menerapkannya dalam dalam kehidupan beragama. Materi Pokok : 1. Pengertian dan ruang lingkup Ibadah 2. Ibadah Mahdhah (Sholat, Puasa, Zakat, Haji) 3. Ibadah ghairu mahdhah (Perbuatanperbuatan/pekerjaan-pekerjaan sebagai realisasi dari ibadah mahdhah dalam kehidupan sehari-hari dan sosial. 4. Pengertian dan ruang lingkup akhlaq 5. Akhlaq Mahmudah dan Madzmumah 6. Akhlaq Karimah,Pembangunan Pribadi yang berkualitas, dan Peacebuilding Indikator Keberhasilan : 1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ibdadah dan akhlaq 2. Mahasiswa dapat menjelaskan sasaran dan ruang lingkup Ibadah dan akhlaq serta menyebutkan manfaat dari keduanya bagi kehidupan manusia 3. Mahasiswa dapat menjelaskan dan menunjukkan perbedaan dan hubungan antara ibadah mahdhah, ibadah ghairu mahdhah, dan akhlaq 4. Mahasiswa dapat memahami ibadah dan akhlaq, menunjukkan implikasi mendasar keduanya, serta mengetrapkan keduanya dalam kehidupan real baik individual maupun social. Media Pembelajaran : Spidol, whiteboard, in focus, OHP, kertas dan alat pembelajaran lainnya. Strategi Pembelajaran : Power of two, Snowballing, Brainstorming, Active debate, Everyone is a teacher here, Poster comment, Reading guide. Evaluasi : One paragraph summary, Empty outline, Memory matrix, fill in the blank Topik Perkuliahan :

1991. Brill. hakikat. Penilaian : Nilai akhir adalah gabungan antara kehadiran (10%). Yogyakarta. Yogyakarta: LkiS. Surabaya: Bina Ilmu. Prinsip-prinsip Etik Islam dan Peacebuilding. Ibadah dan Akhlak dalam Islam.Pertemua n I II III IV V VI Topik Perkenalan. terj. kedudukan. dan nilai kemanfaatan secara individual dan sosial 2. Ujian Akhir Semester(UAS) VII VIII IX X XI XII Sumber bacaan : Aunur Rahim Faqih dan Amir Mu’allim (ed. Ibadah ghairu mahdhah (ibadah dalam arti luas): aktivitas manusia sehari-hari sebagai cermin kualitas ibadah mahdhah Ujian Tengah Semester(UTS) Pengertian Akhlaq dan ruang lingkupnya. 2000. Qur’anic Ethics. Haji : Syarat. dan prinsip-prinsip ‘Ibadah Sholat : Syarat. Dar. dan kebersamaan). UII Press. dan nilai kemanfaatan secara individual dan sosial. Akhlãq Al-Mu’min. Nabi saw. serta kaitannya dengan istilah moral dan etika Etika Islam dan Etika Naturalistik: Pemahaman Komparatif Akhlaq terhadap Tuhan. Sayyid Sabiq. tugas (20%). hakikat. zakat dan potensi ekonomi umat islam. jenis dan lain-lain. Qodri A. ujian tengah semester (30 %). dedikasi. 2002.. Azizy. dan diri sendiri.J. Fikih Akhlak. tetangga. 2000. Jakarta: Qisthi Press. 1983. Jakarta: Bulan Bintang. saudara. Hasbi Ash-Shiddiqie. T. edisi Indonesia Semulia Akhlak Nabi SAW oleh Imam Mukhtar. dan Profesi (profesional. Kuliah Akhlaq. 1954. Kuliah Ibadah : Ibadah ditinjau dari Segi Hukum dan Hikmah. ‘alam (lingkungan hayati dan non hayati). rukun. orientasi kuliah. dan ujian akhir semester (40 %) . Yunahar Ilyas.M. Majid Fakhry. terj. Ethical Theories in Islam. jenis dan lain-lain. rukun. jenis dan lain-lain. Mustafa al-‘Adawy. dan nilai kemanfaatan secara individual dan sosial.. Islam dan Permasalahan Sosial Mencari Jalan Keluar.). Solo: AQWAM. Salim Bazemol dan Taufik Damas. hakikat. jenis dan lain-lain. produktivitas. dan kontrak belajar Pengertian Ibadah dan kaitannya dengan aqidah Tauhid dan konteks perubahan masyarakat ‘Arab pra-Islam ke masyarakat ‘Arab pasca Islam. kedudukan. 2005. rukun. 1. Bashir A. Sholat sebagai sarana evaluasi diri dan pengawasan moral melekat Puasa: Syarat. kedudukan. Amru Khalid. hakikat. Akhlaq terhadap sesama manusia (orang tua. rukun. 2006. Yogyakarta: LPPI. masyarakat publik) Akhlaq terhadap negara. kedudukan. Zakat : Syarat. dan nilai kemanfaatan secara individual dan sosial.Leiden: E. Delhi: Adam Publishers and Distributors. A. Fiqh Al-Sunnah.

jenis dan lain-lain.. masyarakat publik) Akhlaq terhadap negara. kedudukan. kedudukan. dan nilai kemanfaatan secara individual dan sosial 4. Haji : Syarat. hakikat. kedudukan. zakat dan potensi ekonomi umat islam. dan nilai kemanfaatan secara individual dan sosial. Sholat sebagai sarana evaluasi diri dan pengawasan moral melekat Puasa: Syarat. kedudukan. dan nilai kemanfaatan secara individual dan sosial. dan diri sendiri. rukun. dan Profesi (profesional. Nabi saw. rukun. jenis dan lain-lain. produktivitas. 3. Zakat : Syarat. hakikat.Pertemua n I II III IV V VI Materi Tugas Perkenalan. dan prinsip-prinsip ‘Ibadah Sholat : Syarat. hakikat. Ujian Akhir Semester(UAS) VII VIII IX X XI XII . jenis dan lain-lain. dan nilai kemanfaatan secara individual dan sosial. Ibadah ghairu mahdhah (ibadah dalam arti luas): aktivitas manusia sehari-hari sebagai cermin kualitas ibadah mahdhah Ujian Tengah Semester(UTS) Pengertian Akhlaq dan ruang lingkupnya. saudara. serta kaitannya dengan istilah moral dan etika Etika Islam dan Etika Naturalistik: Pemahaman Komparatif Akhlaq terhadap Tuhan. Akhlaq terhadap sesama manusia (orang tua. hakikat. rukun. dan kontrak belajar Pengertian Ibadah dan kaitannya dengan aqidah Tauhid dan konteks perubahan masyarakat ‘Arab pra-Islam ke masyarakat ‘Arab pasca Islam. jenis dan lain-lain. Prinsip-prinsip Etik Islam dan Peacebuilding. rukun. tetangga. ‘alam (lingkuangan hayati dan non hayati). orientasi kuliah. dedikasi. dan kebersamaan).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful