Best Practice Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP

)

BEST PRACTICE
PROGRAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PEDESAAN DI DESA MUARA JAMBI KECAMATAN MARO SEBO KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI TAHUN 2010
Desa Muara Jambi merupakan salah satu desa yang berada pada Kecamatan Maro Sebo dan termasuk kedalam kawasan situs Candi Muara Jambi. Desa ini selalu dikunjungi oleh masyarakat dari dan luar Kota Jambi yang hendak melihat situs Candi Maura Jambi. Desa Muara Jambi termasuk ke dalam cluster 43 dari susunan daftar desa sasaran Program PPIP Tahun 2010 untuk Provinsi Jambi. Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) di Desa Muara Jambi untuk pertama kalian disosialisasikan oleh Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Muaro Jambi pada tanggal 08 Juli 2010 dengan difasilitasi oleh Fasilitator Pemberdayaan Fahruzzi Al Ikhsan, ST dan Emi Farida, S. Far. Program ini disambut oleh masyarakat dengan suka cita, hal ini dikarenakan masyarakat sudah berupaya mencari bantuan untuk membiaya pembangunan infrastruktur di Desa Muara Jambi namun sampai PPIP datang tidak ada program dari Pemda yang mampir di desa mereka. Pada awalnya program PPIP penuh liku-liku karena masyarakat harus mandiri dalam merencanakan sendiri apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan masyaraka selama ini. Dengan bantuan fasilitator pemberdayaan masyarakat Desa Muara Jambi didampingi untuk memulai tahapan demi tahapan dari serangkaian kegiatan yang harus dijalani oleh warga Desa Muara Jambi. Awal kegiatan yaitu dengan melakukan rembug-rembug guna mencari akar permasalahan yang terkait dengan infrastruktur perdesaan. I. Hasil rembugrembug warga yang dilakukan nantinya akan dibawa pada forum Musyawarah Desa (Musdes) Pelaksanaan Musdes I pada tanggal 20 Juli 2010 telah melahirkan aktor-aktor pembangunan yang kelak menjadi ujung tombak dari pembangunan infrastruktur perdesaan di Desa Muara Jambi yang di danai oleh program PPIP Tahun 2010. Dari Musdes I terpilihlah anggota Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) yang diketuai oleh :

1

OMS. Pembahasan yang cukup alot bukanlah halangan untuk menemukan kata mufakat karena disitu demokrasi seutuhnya dimana semua pihak berhak mengeluarkan pendapat dan argumennya secara bebas dan bertanggung jawab. Setelah OMS dikukuhkan oleh masyarakat Desa Muara Jambi selanjutnya anggota OMS segera melaksanakan tugas dan amanat yang embankan masyarakat kepada mereka. pada spanduk baru yang dari warna pemberdayaan Spanduk tersebut senantiasa membayangi setiap langkah anggota OMS Desa Muara Jambi. Ibnu Hajar Mustar Hadi Muhta Dengan telah terpilihnya anggota OMS tersebut maka mimpi masyarakat Desa Muara Jambi sepanjang malam akhirnya terwujud juga. Dari Musdes II praktek perencanaan bottom up terlaksana dengan baik dan hal ini mencerminkan bahwasanya pembangunan lebih baik dari bawah ke atas agar sinkronisasi dengan pembangunan yang top down dari pusat.Best Practice Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) Ketua Sekretaris Bendahara Anggota Anggota : : : : : Abdurrahman Bustomi K. Musdes II di Desa Muara Jambi 2 . Musdes II terlaksana dengan lancar sebagai langkah awal kinerja anggota Pada tanggal 23 Agustus dilaksanakan Desa Muara Jambi yang dengan Musdes II yang dihadiri oleh segenap anggota masyarakat semangat kebersamaan mengusulkan berbagai infrastruktur yang mereka rasakan sangat dibutuhkan dan didambakan oleh masyarakat Desa Muara Jambi sejak lama. Tetapi mereka tidak lantas lupa diri karena jiwa dan pikiran anggota OMS terhenti menjadi program masyarakat. Siti Aminah KMS. Banyak generasi yang akan datang mendambakan bantuan pemerintah tersebut dan dengan mengucapkan basmalah Pak Abdurrahman beserta kru memulai aktivitasnya sebagai wakil rakyat untuk program PPIP di Desa Muara Jambi.

dipilihlah pembangunan jalan rabat beton sebagai infrastruktur yang harus didahulukan pembangunannya karena itulah salah satu mimpi besar segenap masyarakat di Desa Muara Jambi. Terima Kasih yang terhingga disampaikan oleh masyarakat Desa Muara Jambi atas datangnya Program PPIP di Desa Muara Jambi. Semangat itu telah lahir dan jangan dikotori dengan tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab. Tahapan demi tahapan dilakukan sesuai dengan pedoman pelaksanaan kegiatan PPIP tahun 2010. Saat ini masyarakat Desa Muara Jambi bergotong royong bersama membangunan infrastruktur yang menjadi pilihan mereka untuk dibangun.Best Practice Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) merupakan cerminan kepolosan masyarakat tentang program pembangunan yang diberikan oleh pemerintah. Sukses PPIP tahun 2010 3 . Antonius yang menyatakan PPIP sebagai program pemberdayaan diandalkan oleh Ditjen Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum karena mekanismenya yang lebih merakyat dan hal ini telah terbukti di Desa Muara Jambi. Pencapaian ini tidak mudah tetapi butuh pengorbanan dan kerelaan semua pihak baik dari fasilitator. Dan akhirnya semangat kegotong royongan itu terlahir kembali dengan semangat dan paradigma baru. Dengan dampingan tiga fasilitator akhirnya PJM dan RKM selesai dan dapat segera dimajukan dalam tahapan selanjutnya yaitu Musdes III. Dari uraian diatas dapat dikatakan proses dan mekanisme pendampingan di Desa Muara Jambi cukup suskes hal ini diperlihatkan dari terlaksananya pembangunan infrastruktur perdesaan yang didanai dari dana BLM PPIP Tahun 2010. Anggota OMS sebagai aktor pembangunan dalam program PPIP ini bekerja bahu membahu layaknya anggota dewan yang sedang menyusun anggaran APBN. tetapi dalam kesempatan ini mereka menyusun PJM dan RKM sebagai cara untuk dapat mengucurkan dana BLM PPIP. Konflik di masyarakat dapat diselesaikan dengan semangat kebersamaan dan musyawarah yang mencerminkan kehidupan masyarakat desa yang kental dengan kebersamaan dan ke gotong royongan. belajar menentukan prioritas Disini Musdes III ini masyarakat mana yang lebih didahulukan Dari hasil Musdes III dibandingkan dengan banyaknya prioritas. aparat pemerintah daerah dan praktisi yang mendampinginya. Maka tepalah apa yang disampaikan oleh Direktur Bina Program Bapak Ir. Mudah-mudahan semua dapat berjalan dengan baik dan tercapainya tujuan mulia dari program pemberdayaan PPIP tahun 2010 di Desa Muara Jambi.

Best Practice Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) Ditulis oleh: Heepy Hariyadi Harahap. ST. M. Eng KMK PPIP Provinsi Jambi Tahun 2010 Jambi. Desember 2010 4 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.