A. Pengelolaan Kurikulum 1. Mengapa di SMK ada pelajaran adaptif, normatif, produktif? 2. Tahap Perencanaan a. Menjabarkan GBPP? b.

Menentukan hari libur? c. Menentukan hari kerja? d. Menyusun program kerja? 3. Tahap Pengorganisasiandan koordinasi a. Pembagian tugas dan jadwal mengajar? b. Pembagian jadwal pelajaran? c. Penyusunan jadwal kegiatan kurikulum? 4. Tahap pelaksanaan a. Program supervise (bimbingan untuk guru) b. Bentuk program kegiatannya bagaimana? 5. Tahap pengendalian a. Melakukan evaluasi b. Membuat perencanaan buat kegiatan selanjutnya

B. Pengelolaan tenaga pendidik dan non pendidik a. Analisis kebutuhan? Recruitment? b. Orientasi dan penempatan? c. Pembinaan dan pengembangan buat guru menurut pangkat dan karier? d. Pemberhentian, pensiunan, dan PHK bagaimana? C. Pengelolaan siswa a. Anlisis kebutuhan : -Satu kelas membutuhkan berapa siswa? b. Rekrutmennya bagaiman? c. Penyeleksian hanya menggunakan nilai atau tes tertentu? d. Bagaimana penyeleksian bila melebihi kuota? e. Perlukah kegiatan orientasi bagi siswa baru? Kalau ada seperti apa kegiatannya? Apa tujuan diadakan orientasi? Dan apakah manfaat jika diadakan orientasi? f. Pertimbangan untuk penjurusan dan pembagian kelas bagi siswa baru seperti apa? D. Pengelolaan keuangan 1. Tahap perencanaan a. Dari mana sajakah sumber-sumber keuangan sekolah? b. Apasajakah jenis-jenis pengeluaran sekolah? 2. Penggunaan a. Bagaimana bentuk anggaran keuangan sekolah? b. Siapa penanggungjawab keuangan sekolah? c. Siapa sajakah orang-orang yang terlibat dalam penggunan keuangan sekolah?

Kapan sajakah pengawasan terhadap keungan sekolah dilakukan? 4. kepribadian. y Minat pendidik dalam pengembangan profesi. y Rasio pendidik dan peserta didik. dalam melakukan identifikasi setidaknya perlu diperoleh informasi mengenai: y Jumlah tenaga pendidik dan rinciannya.3. y Kompetensi pendidik (pedagogic. y Kelayakan fisik dan mental pendidik. Siapa yang mengawasi penggunaan keuanan sekolah? b. y Latar belakang pendidikan dan/atau sertifikat keahlian. y Jenis keahlian. . Analisis Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Analisis terhadap pendidik dan tenaga kependidikan dimaksudkan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sumberdaya manusia yang dimiliki oleh sekolah. social) y Rata-rata beban mengajar pendidik. Pengelolaan Tenaga Pendidik A. Apasaja pertimbangan yang ditentukan dalam penetuan besarnya biaya SPP dan kenaikan biaya SPP? E. Pengawasan a. professional. anlisis ini perlu dilakukan agar KTSP yang disusun dan dikembangkan sesuai dengan kemampuan sekolah dan dapat dilaksanankan secara maksimal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful