P. 1
makalah perkembangan motorik

makalah perkembangan motorik

|Views: 3,946|Likes:
Published by evanhungkul

More info:

Published by: evanhungkul on Dec 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/15/2013

pdf

text

original

PERKEMBANGAN GERAK ANAK SEKOLAH DASAR

MAKALAH

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Perkembangan Mototrik.

Oleh, Elvan Alfiansyah 092191396

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN, DAN REKREASI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA 2010

KATA PENGANTAR

Puji serta syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah swt, karena atas seizinnya kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan baik dan lancar, meskipun banyak hal- hal yang tidak dapat kami sampaikan. Materi yang terdapat dalam makalah ini disajikan dengan bahasa yang lugas sehingga mudah dipahami oleh para mahasiswa dan dapat mendukung interaksi khususnya antara kami dan dosen pengajar mengenai pembuatan makalah ini. Walaupun demikian, kami sangat sadar bahwa kerja keras kami masih jauh dari kesempurnaan. Kritik dan saran sangat diperlukan agar kami dapat menghasilk karya an yang lebih baik di masa yang akan datang. Demikian yang dapat kami uraikan mengenai hasil makalah, tidak lupa kami ucapkan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada semua puhak yang telah membantu dalam pengerjaan makalah ini. Mudah- mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin«.

Penulis

Tasikmalaya,

Desember

2010

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ««««««««««««««««««««......... i DAFTAR ISI «««««««««««««««««««««««««« ii BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang ..««««««««««««««««««««. 1 1.2 Tujuan «««««««««««««««««««««««« 1 1.3 Rumusan Masalah «««««««««««««««««««.. 1 BAB II PEMBAHASAN 2.1 Untuk SD kelas I ««««««««««««««««««««. 2 2.2 Untuk SD kelas 2 «««««««««««««««««««« 3 2.3 Untuk SD kelas 3 «««««««««««««««««««« 4 2.4 Untuk SD kelas 4 «««««««««««««««««««« 6 2.5 Untuk SD kelas 5 «««««««««««««««««««« 8 2.6 Untuk SD kelas 6 «««««««««««««««««««« 9 BAB III SIMPULAN DAN SARAN 3.1 Simpulan ««««««««««««««««««««««... 12 3.2 Saran ««««««««««««««««««««««««. 12 DAFTAR PUSTAKA

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Pada dasarnya setiap anak mempunyai ciri khas masing- masing, baik dalam peranan kehidupan sehari ± harinya. Hal ini disebabkan karena setiap individu mempunyai latar belakang yang berbeda, mulai dari lingkunagn keluarga, status ekonominya, serta beberapa aspek yang mampu membuat perkembangan tubuh seorang individu berkembang atau tidaknya. Maka dari itu perlu suatu tatanan bagi setiap anak untuk dapat dipenuhi segala macam kebutuhannya demi perkembangan yang ideal. Perkembangan motorik anak usia sekolah dasar tergantung pada gerak anak itu sendiri, terkadanga anak mau unutk bergerak, terkadanga pula anak sama sekali tidak mau bergerak. Maka dalam masalah seperti ini, di harapkan seorang pengajar agar biosa lebih memberikan motivasi kepada anak untuk tetap bergerak demi terciptanya suasana belajar mengajar yang kondusif, dan selebihnya untuk menjadikan anak bisa lebih terjaga kesehatannya.

1.2 Tujuan

Tujuan disusunnya makalah ini yaitu untuk menambah ilmu pengetahuan khususnya kita sebagai mahasiswa PJKR apabila kita nantinya dihadapkan pada seorang peserta didik mengenai gerak dasar dan perkembangan motoriknya. Mudah ± mudahan makalah ini dapat berguna khususnya bagi mahasiswa PJKR agar nantinya terbiasa dengan lingkungan yang dihadapinya di sekolah dalam kegiatan belajar mengajar.

1.2 Rumusan Makalah

1. Jenis permainan atau olahraga apa yang cocok bagi anak sekolah dasar ? 2. Komponen apa saja yang berpengaruh terhadap perkembangan gerak dasar anak? 3. Faktor ± faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan anak ?

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Untuk SD Kelas I Standar kompetensi : 1. Mempraktikan gerak dasar ke dalam permainan sederhana / aktifitas jasmani dan nilai ± nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 1.1 Mempraktikan gerak dasar jalan, lari, dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri. Indikator : Melakukan gerak dasar lokomotor - Melakukan gerakan jalan - Melakukan gerakan lari Dalam indikator pembelajaran tersebut ada beberapa komponen yang sangat berpengaruh, diantaranya yaitu: 1. Balance (keseimbangan) : Siswa mampu mempertahankan tubuhnya untuk tetap bergerak, misalkan dalam gerakan berjalan ke depan, ke belakang, ke samping, lari ke depan, ke belakang, ke kiri dan ke kanan. 2. General Endurance (daya tahan) : Siswa mampu mengontrol stamina atau dalam kata lain bisa mengatur napasnya agar tidak mudah cape, karena aktifitas berlari tersebut, serta bisa menjaga keseimbangan tubuhnya agar tidak mudah jatuh.

Standar kompetensi : 3. Mempraktikan gerak dasar ke dalam senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai ± nilai yang terkandung di dalamnya. Kompetensi Dasar : 3.2 Mempraktikan gerak dasar keseimbangan dinamis tanpa alat, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri. Indikator : Melakukan gerak dasar berjalan di atas garis lurus berjalan dengan mata ditutup berjalan lurus dengan kaki jinjit

Komponen yang dominan dalam materi pembelajaran ini, yaitu: 1. Balance : Siswa mampu mepertahankan posisi tubuhnya pada saat berjalan di garis lurus ataupun dengan mata tertutup. 2. Sternghth : Kekuatan otot tungkai dan jari- jari kaki sangat diperlukan ketika siswa harus berjalan lurus dengan kaki jinjit

Standar kompetensi : 4. Mempraktikan gerak dasar / mengunkapkan perasaan melalui gerakan berirama dan nilai ± nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 4.1 Mempraktikan gerak dasar / gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik,, serta nilai disiplin, sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri. Indikator : Melakukan gerak dasar - Menirukan gerakan binatang dan gerakan pohon ditiup angin Dalam indikator pembelajaran tersebut da beberapa komponen yang sangat berpengaruh, diantaranya yaitu: 1. Koordinasi : Siswa mampu menirukan berbagai macam gerakan dari apa yang dilihatnya, misalkan menirukan gerakan gajah berjalan, burung terbang, dan pohon yang tertiup angin.

2.2 Untuk SD Kelas 2 Standar kompetensi : 1. Mempraktikan gerak dasar ke dalam permainan sederhana / aktifitas jasmani dan nilai ± nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 1.3 Mempraktikan gerak dasar melempar, menangkap, menendang, menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri. Indikator : Gerakan - Melakukan gerak dasar melempar - Melakukan gerak dasar menangkap

Dalam indikator tersebut, ada beberapa komponen yang sangat dominan untuk erkembangan gerak anak / siswa, komponen tersebut dapat diuraikan sebagai berikut : 1. Power : Siswa mampu melempar sejauh mungkin, sesuai yang dianjurkan oleh gurunya, dalam hal ini otot bisep maupun trisep sangat berpengaruh agar hasil lemparannya bagus. 2. Reaction Time : Kecepatan reaksi siswa dalam menangkap hasil lemparan sangat diperlukan. Hal ini juga berpengaruh terhadap sitem koordinasinya,, karena siswa mampu menangkap bola dengan baik pada waktu yang tepat pula.

Standar kompetensi : 2. Mempraktikan gerak dasar kebugaran jasmani dan nilai ± nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 2.1 Mempraktikan suatu jenis bentuk latihan untuk meningkatkan otot lengan dan otot tungkai dengan mengikuti aturan, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.

Indikator

: Melakukan Gerakan Latihan otot lengan Latihan otot tungkai

Dalam Materi kali ini ada beberapa komponen yang sangat diperlukan : 1. Power : Siswa mampu melatih beberapa otot lengan maupun otot tungkai dalam gerakan seperti, jalan kepiting ke depan, gerobak berjalan, latihan lari ke depan, latihan jalan jongkok. 2. Balance : Keseimbangan tubuh siswa dapat berpengaruh agar hasil dari gerakan ± gerakan tersebut tercapai. 3. Strenghth : Kontraksi otot pada saat melakukan gerakan ± gerakan tersebut harus mampu dimaksimalkan oleh siswa. 4. General Endurance : Daya tahan tubuh siswa sangat diperlukan agar siswa mampu melakukan gerakan ± gerakan tersebut mulai dari awal sampai akhir, karena faktor stamina pun berpengaruh supaya hasil nya memuaskan .

Standar kompetensi : 3. Mempraktikan gerak senam ketangkasan dasar dan nilai ± nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 3.1 Mempraktikan senam ketangkasan sederhana melompat, meloncat dengan isyarat keberbagai arah, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri. Indikator : Melakukan Gerakan Dasar Senam ketangkasan sederhana tanpa alat

Dalam Materi kali ini ada beberapa komponen yang sangat diperlukan : 1. Power : Siswa mampu melatih beberapa otot tungkai dalam gerakan seperti latihan lompat ke depan , loncat ke depan. 2. Flexibility : Kelentukan gerak ruang sendi dan otot sangat lah berpengaruh, hal ini dapat di lihat dari gerkan siswa pada latihan jalan kemudian melompat ke depan, karena ada jeda pada saat berjalan ke melompat. 3. Daya Tahan : Siswa mampu menjaga stamina / energinya selama materi itu di berikan.

2.3 Untuk SD Kelas 3 Standar kompetensi : 1. Mempraktikan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan sederhana dan nilai ± nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 1.2 Mempraktikan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk, menekuk dalam permainan sederhana dan aturan, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.

Indikator

: Gerakkan - Melakukan gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan gerak manipulatif.

Dalam indikator pembelajaran tersebut ada beberapa komponen yang sangat berpengaruh, diantaranya yaitu: 1. Power : Daya ledak otot ini dapat terlihat dari gerkan siswa pada saat gerakan saling mendorong berpasangan, gerakan saling menarik berpasangan. 2. Strenghth : Kekuatan otot pada saat berkontraksi mampu memberikan dorongan atau tarikan yang sangat kuat. 3. Balance (keseimbangan) : Siswa mampu mempertahankan tubuhnya untuk tetap bergerak atau dalam kata lain tidak jatuh pada saat mendorong atau menarik. 4. Flexibility : Kelentukan tubuh siswa dapat terlihat pada saat melakukan sikap lilin, menekuk tubuh, punggung dan lutut.

Standar kompetensi : 1. Mempraktikan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan sederhana dan nilai ± nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 1.2 Mempraktikan kombinasi berbagai gerak dasar melempar, menangkap, dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana dan aturan, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri. Indikator : Gerakkan - Melakukan gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan gerak manipulatif. Dalam indikator pembelajaran tersebut ada beberapa komponen yang sangat berpengaruh, diantaranya yaitu: 1. Power : Daya ledak otot mampu berkontraksi dengan baik pada saat gerakan melempar bola sambil bergerak, dan menendang bola sambil bergerak. 2. Strenghth : Kekuatan otot ± otot pun diperlukan agar hasil lemparan atau tendangannya bagus dan tepat sasaran. 3. Balance : Keseimbangan tubuh yang sangat diperlukan agar siswa tidak jatuh pada saat bergerak. 4. Reaktion Time : Siswa harus menentukan waktu yang tapat untuk melempar, atau menendang agar hasilnya baik serta siswa yang lain mampu menangkap bola tersebut pada waktu yang tepat pula.

Standar kompetensi : 2. Mempraktikan aktifitas kebugaran jasmani secara sederhana dan nilai ± nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar : 2.2 Mempraktikan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta memiliki pengetahuan dengan mengikuti aturan, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri. Indikator : Melakukan Gerakan - Melakukan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan dan keseimbangan secara sederhana. Siswa dapat melakukan berbagai macam gerakan, seperti : lari bolak ± balik memindahkan benda, gerakan jongkok berdiri, bergerak berpindah tempat dengan isyarat. Dalam indikator tersebut ada beberapa komponen yang sangat berpengaruh, diantaranya : 1. Power : Daya ledak otot mampu berkontraksi dengan baik pada saat gerakan lari bolak ± balik memindahkan benda, gerakan jongkok berdiri 2. Strength : Kekuatan otot ± otot pun diperlukan agar berkontraksi dengan baik, terutama otot tungkai, yakni pada gerakan jongkok berdiri secara berulang ± ulang. 3. Balance : Keseimbangan tubuh dapat terlatih dengan gerakan ± gerakan tersebut. 4. Agility : Kelincahan gerak siswa dapat terlihat ketika waktu yang diperoleh dari hasil gerakan tadi sesingkat mungkin. 5. Reaction Time : Siswa mampu mendengar isyarat dengan tertiupnya peluit maka harus lari, dalam gerakan berpindah tempat dengan isyarat. Hal ini juga berpengaruh terhadap sistem perintah / koordinasi masing ± masing siswa.

2.4 Untuk SD Kelas 4 Standar kompetensi : 1. Mempraktikan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga, serata nilai ± nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 1.3 Mempraktikan gerak dasar dalam permainan bola besar sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri. Indikator : Melakukan Gerakan - Bermain sepak bola dengan peraturan yang sederhana atau dimodifikasi. Untuk materi pokok pembelajaran Sepak Bola, ada beberapa komponen yang sangat dominan untuk perkembangan gerak anak / siswa, komponen tersebut dapat diuraikan sebagai berikut : 1. Power : Seorang siswa mampu menendang bola dengan punggung kaki, kaki bagian dalam, kaki bagian luar, baik kaki kanan maupun kaki kiri. 2. Agility : Siswa mampu berlari dan megontrol bola dengan kaki kanan atau kiri. 3. Speed : Kecepatan yang diperlukan pada saat berlari baik membawa bola maupun mengejar bola.

4. Daya Tahan : Siswa mampu mengontrol stamina agar tetap bergerak selama berlari ataupun mengejar bola. 5. Balance : Siswa mampu menjaga posisi tubuhnya agar tetap bergerak, dan tidak mudah jatuh pada saat bergerak tersebut.

Standar kompetensi : 2. Mempraktikan latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan nilai ± nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 2.1 Mempraktikan berbagai bentuk aktifitas / permainan sederhana untuk melatih daya tahan dan kekuatan otot dengan mengikuti aturan, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri. Indikator : Melakukan Gerakan - Melakukan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan otot. Komponen ± komponen yang berpengaruh dalam materi ini, yaitu : 1. Power : Kekuatan otot dapat terlatih ketika siswa melakukan gerakan mengangkat tubuh, gerakan melompat di tempat. 2. Daya Tahan : Siswa mampu mempertahankan posisi tubuhnya melalui gerakan melompat baik menggunakan awalan atau tidak menggunakan awalan. 3. Balance : Keseimbangan tubuh sangatlah berpengaruh agar siswa tidak jatuh dan dapat terlatih dengan gerakan ± gerakan seperti di atas.

Standar kompetensi : 3. Mempraktikan gerak dasar senam lantai dan senam ketangkasan sederhana untuk meningkatkan kebugaran jasmani, serta nilai ± nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 3.1 Mempraktikan kombinasi gerak senam lantai tanpa alat dengan memperhatikan keselamatan, serta disiplin, keberanian, kejujuran, kerjasama, sportivitas, toleransi, dan percaya diri. Indikator : Melakukan Gerakan Roll depan Roll belakang

Komponen ± komponen yang berpengaruh dalam materi ini, yaitu : 1. Srength : Kekuatan otot mampu melakukan berbagai gerakan dasar senam seperti roll depan maupun roll belakang. 2. Balance : Keseimbangan tubuh diperlukan agar hasil putaran tidak berbelok ke kanan atau kiri.

3. Flexibility : Kelentukan tubuh sangat menunjang hasil putaran tersebut, pada hal ini siswa mampu berguling dengan ruang gerak otot dan sendi yang baik agar hasil putarannya baik pula. 4. Power : kekuatan otot lengan dan otot tungkai juga berpengaruh, dan digunakan pada saat gerakan Roll depan dan Roll belakang.

2.5 Untuk SD Kelas 5 Standar kompetensi : 1. Mempraktikan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga, serta nilai ± nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 1.1 Mempraktikan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri. Indikator : Melakukan Gerakan - Bermain Kasti dengan peraturan yang sederhana atau dimodifikasi. Untuk materi pokok pembelajaran Kasti, ada beberapa komponen yang sangat dominan untuk perkembangan gerak anak / siswa, komponen tersebut dapat diuraikan sebagai berikut : 1. Power : Siswa mampu melakukan gerakan melempar bola, memukul dan berlari. 2. Sterength : Kekuatan otot teruji ketika siswa melakukan berbagai macam gerakan tersebut. 3. Speed : Kekuatan otot tungkai sangat diperlukan ketika siswa berlari. 4. Balance : Keseimbangan tubuh mesti tetap terjaga. 5. Agility : Kelincahan gerak siswa terlihat ketika ia berlari dan menghindar dari lawan mainnya. 6. Koordinasi : Siswa mampu menempatkan bola tepat pada saat di pukul dan siswa yang lain menangkapnya.

Standar kompetensi : 1. Mempraktikan latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, dan nilai ± nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 2.1 Mempraktikan berbagai bentuk aktifitas untuk melatih kekuatan otot anggota badan bagian atas dengan mengikuti aturan, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri. Indikator : Melakukan Gerakan - Melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot anggota badan bagian atas. Ada beberapa Komponen yang perlu diperhatikan dalam materi ajar kali ini :

1. Power : Siswa mampu melakukan gerakan Push Up dan Sit Up selama waktu yang ditentukan. 2. Strength : Kekuatan otot lengan, dada, dan perut sangat diperlukan agar hasil gerakannya baik. 3. Flexibility : Kelentukan ruang gerak sendi dan otot berpengaruh terhadap gerakan ± gerakan tersebut. 4. Daya Tahan : Siswa mampu memperthankan staminanya selama waktu yang ditentukan.

Standar kompetensi : 4. Mempraktikan gerak dasar ritmik tersetruktur secara individu dan beregu dengan atau tanpa menggunakan musik dan nilai ± nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 4.1 Mempraktikan gerak dasr ritmik pola jalan, lari dan lompat secara individu dan beregu dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri. Indikator : Melakukan Gerakan - Melakukan gerak dasar ritmik sederhana dengan atau tanpa musik. Komponen ± komponen yang sangat diperlukan , yaitu : 1. Coordination : Siswa mampu bergerak melangkah dengan irama, atau tanpa irama dengan berbagai variasi arah. 2. Balance : Keseimbangan tubuh siswa berpengaruh terhadap hasil gerakan, karena waktu yang mungkin cukup lama. 3. Agility : Siswa mampu bergerak melangkah dengan irama keberbagai variasi arah yang ditentukan. 4. Power : kekuatan otot tungkai dan perut sangat lah berpengaruh untuk menghasilkan gerakan yang baik.

2.6 Untuk SD kelas 6 Standar kompetensi : 1. Mempraktikan berbagai gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Kompetensi Dasar : 1.1 Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuan. Indikator : Melakukan Gerakan - Bermain Tenis Meja dengan peraturan yang sederhana atau dimodifikasi.

Untuk materi pokok pembelajaran Tenis meja, ada beberapa komponen yang sangat dominan untuk perkembangan gerak anak / siswa, komponen tersebut dapat diuraikan sebagai berikut : 1. Power : seorang siswa dapat melatih otot ± otot tubuhnya yakni pada bagian lengan, perut dan kaki. Karena ketiganya sangat berpengareuh terhadap tekhnik dasar pukulan ± pukulan pada permainan tennis meja tersebut. 2. Speed : kecepatan yang diperlukan siswa untuk memukul bola dengan laju yang cepat dan terukur. Di samping itu dapat melatih gerakan ± gerakan kaki untuk dapat melangkah dan bergerak lebih cepat baik ke samping kanan atau kiri, ke depan maupun kebelakang. 3. Daya Tahan : Siswa mampu bermain lebih lama sesuai waktu yang ditentukan oleh pelatih atau pendidiknya. Disamping itu juga mampu menjaga staminanya selama berlatih. 4. Agility : Siswa mampu bergerak lebih cepat baik ke samping kanan atau kiri, ke depan maupun kebelakang untuk penempatan posisi agar bola terpukul dengan baik untuk mematikan seorang lawan tandingnya. Standar kompetensi : 2. Mempraktikkan latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani) dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 2.2 Mempraktikkan berbagai latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai-nilai keselamatan diri pun terjaga. Indikator : Melakukan Gerakan - Latihan gerakan kekuatan Ada beberapa Komponen yang diperlukan dalam materi ajar kali ini, yeitu : 1. Power : Siswa mampu melakukan berbagai macam gerakan seperti Mendorong gerobak, Push-up, Sit-up, Back-up, dan Naik turun tangga. 2. Strength : kekuatan otot ± otot leher, dada, tungkai, dan lengan sangat diperlukan agar hasil gerakan nya baik. 3. Balance : Keseimbangan tubuh harus tetap terjaga, untuk menghasilkan gerakan sebanyak mungkin dalam waktu yang ditentukan.

Standar kompetensi : 6. Mempraktikan berbagai gerak dasar dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Kompetensi Dasar : 6.1 Mempraktikan penerapan tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran Indikator : Melakukan Gerakan - Bermain Bola Voli dengan peraturan yang sebenarnya.

Untuk materi pokok pembelajaran Bola Voli, ada beberapa komponen yang sangat dominan untuk perkembangan gerak anak / siswa, komponen tersebut dapat diuraikan sebagai berikut : 1. Power : Siswa mampu melakukan berbgai macam gerakan seperti service, passing, dan smash. 2. Strength : Kekuatan otot lengan, perut, dan tungkai sangat dilakukan pada saat melakukan smash. 3. Balance : Keseimbangan tubuh siwa dapat terlihat ketika siswa mampu bermain dengan baik. 4. Speed : Siswa mampu berlari mengejar bola yang terlempar jauh dari lapangan permainan. 5. Coordination : adanya koordinasi antara siswa yang satu dengan siswa yang lain, agar mampu menghasilkan permainan yang menarik. 6. Reaction Time : Penemptan waktu yang baik saat melakukan service, passing maupun smash.

BAB III SIMPULAN DAN SARAN

3.1 Simpulan Perkembangan gerak dasar anak usia SD dapat terlihat kala si anak mau bergerak bersama teman ± temannya. Di samping itu ada beberapa komponen yang sangat berpengaruh dalam diri masing ± masing anak, seperti : Speed, Power, General Endurance, Balance, Agility, dll, yang memungkinkan anak mau dan mampu bergerak. Karena setiap anak mempunyai perbedaan dalam memiliki komponen ± komponen kebugaran jasmani tersebut. Jenis permainan atau olahraga yang cocok untuk anak usia sekolah dasar nantinya diharapkan bisa memberikan kebugaran jasmani pada diri anak semakin meningkat, dengan mengikuti berbagai macam olahraga atau jenis permainan tertentu seorang anak lebih mampu bergerak serta nantinya ada perbaikan sistem kesehatan bagi diri seorang anak.

3.2 Saran

Dengan disusunnya makalah ini kami berharap para mahasiswa dapat mengetahui dan mengenal tentang perkembangan gerak dasar seorang anak pada tingkatan usia tertentu. Agar nantinya dapat dimengerti oleh semua mahasiswa untuk pribadinya dan untuk di berikan kepada peserta didiknya di masa yang akan datang. Mudah- mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pengerjaan makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA

www.google.com Rpp, Kurikulum, dan Silabus Penjasorkes SD

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->