DASAR-DASAR KOMUNIKASI

yakni kegiatan menyampaikan dan menerima pesan. Hovland : Upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegar asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat dan sikap Komunikasi menurut Joseph A. yang menimbulkan efek dan kesempatan untuk arus balik.Komunikasi menurut Carl I. yang mendapat distorsi dari gangguan-gangguan dalam suatu konteks. . De Vito: Kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau lebih.

decoder dan destination . encoder. massage. Laswell : Cara yang terbaik untuk menerangkan kegiatan komunikasi adalah menjawab pertanyaan ³Who Says What In Which Channel To Whom Whith What Effect´ Pengaruh Komunikasi dalam Paul Lazzarsfeld: Konsep yang diperkenalkan oleh Lazzarsfeld hingga kini masih diterapkan yaitu konsep Two Step Flow of Communication.Komunikasi dalam paradigma Harold D. Komunikasi menurut Shannon dan Weaver: Proses komunikasi manusia berlangsung melalui komponen-komponen source.

.Komunikasi dalam model Wilbur Schramm : Schramm mengetengahkan konsep The bullet Theory of Communication. bagaikan sirkuit listrik yang meneruskan elektron kepada filamen dan membuat lampu pijar menyala. Seorang propagandis dapat menembakan peluru komunikasi yang ajaib itu kepada pendengar atau penonton.

Models of Communication yAristotelian view of communication .

yShannon's communication model .

.

ySCHRAMM COMMUNICATION MODEL .

LINGKUP ILMU KOMUNIKASI 1. Komponen komunikasi a. Media d. Komunikator b. Pesan c. Komunikan e. Efek .

Komunikasi Massa d. PROSES KOMUNIKASI a.Komunikasi Persona b.Proses secara primer b.Komunikasi Kelompok c.2.Proses secara sekunder 3.Komunikasi Medio . BENTUK KOMUNIKASI a.